Hehe soalnya gejala yg om sebutkan, saya pernah ngalamin juga.. yah itu compressor dah tewas sbenernya, besar kemungkinan karena condenser yg bocor bukan dr evap biasanya kalau mzd 2 sky..
Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Jun 02, 2010 13:27
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Wah .. makasih infonya om .. saya cek ke bengkel kalau gitujosomba wrote:Hehe soalnya gejala yg om sebutkan, saya pernah ngalamin juga.. yah itu compressor dah tewas sbenernya, besar kemungkinan karena condenser yg bocor bukan dr evap biasanya kalau mzd 2 sky..
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat May 09, 2020 1:28
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Car
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Mohon sarannya om
Mobil saya lc vxr80 masalah utama kabin depan ga dingin acnya sedangkan kabin belakang ac nya dingin, padahal part udah diganti mulai kondensor, compressor.kelistrikannya juga ada masalah posisi ac mati, compressor masih nyala kelistrikannya
Mobil saya lc vxr80 masalah utama kabin depan ga dingin acnya sedangkan kabin belakang ac nya dingin, padahal part udah diganti mulai kondensor, compressor.kelistrikannya juga ada masalah posisi ac mati, compressor masih nyala kelistrikannya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Mon Mar 18, 2019 22:08
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Calya
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Halo om om sekalian,
Saya punya jimny jangkrik dengan kondisi sudah terpasang ac, namun ada beberapa pertanyaan yang selalu muncul dalam benak saya tentang instalasi ac di jimny saya sendiri :
1. Apakah sebenarnya aman/boleh meletakkan kondensor dibawah kolong mobil? Dulu instalatur ac mobil yang telah saha percaya bilang posisi seperti itulah idealnya instalasi kondensor untuk jimny saya mengingat ruang mesin saya yang sudah habis spacenya karena telah memakai mesin dengan kapasitas agak besar dan juga saya memakai kondensor yang ukurannya lebih besar...
2.dengan posisi kondensor yang cukup jauh jaraknya antara ruang mesin dan kolong mobil apakah sebaiknya saya harus menggunakan kompresor yang lebih besar atau tetap pakai yang sekarang saja? sekarang ini saya memakai kompresor asli punya jimny.
3. Kompresor saya setiap ac dinyalakan selalu terdengar bunyi 'krrrrrrrk' seperti ada bunyi besi beradu didalamnya dan agak sedikit ada rembes bercak oli di bagian bagian kompressornya apakah ini normal atau memang sudah tidak sehat sehingga harus ganti kompressor?
Mungkin kira kira itu pertanyaan saya, karena saya heran kenapa ac di jimny saya tidak pernah bisa sedingin mobil mobil jaman sekarang, barangkali ada masukan dari om2 sekalian untuk instalasi ac di jimny saya. Terimakasih sebelumnya

Saya punya jimny jangkrik dengan kondisi sudah terpasang ac, namun ada beberapa pertanyaan yang selalu muncul dalam benak saya tentang instalasi ac di jimny saya sendiri :
1. Apakah sebenarnya aman/boleh meletakkan kondensor dibawah kolong mobil? Dulu instalatur ac mobil yang telah saha percaya bilang posisi seperti itulah idealnya instalasi kondensor untuk jimny saya mengingat ruang mesin saya yang sudah habis spacenya karena telah memakai mesin dengan kapasitas agak besar dan juga saya memakai kondensor yang ukurannya lebih besar...
2.dengan posisi kondensor yang cukup jauh jaraknya antara ruang mesin dan kolong mobil apakah sebaiknya saya harus menggunakan kompresor yang lebih besar atau tetap pakai yang sekarang saja? sekarang ini saya memakai kompresor asli punya jimny.
3. Kompresor saya setiap ac dinyalakan selalu terdengar bunyi 'krrrrrrrk' seperti ada bunyi besi beradu didalamnya dan agak sedikit ada rembes bercak oli di bagian bagian kompressornya apakah ini normal atau memang sudah tidak sehat sehingga harus ganti kompressor?
Mungkin kira kira itu pertanyaan saya, karena saya heran kenapa ac di jimny saya tidak pernah bisa sedingin mobil mobil jaman sekarang, barangkali ada masukan dari om2 sekalian untuk instalasi ac di jimny saya. Terimakasih sebelumnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kayak temen saya nih keluhan di M2 nya, tp begitu ngeliat harga kompresornya langsung gentar dehjosomba wrote: Wed Jul 01, 2020 13:19Nimbrung omardianzer wrote: Wed Jul 01, 2020 13:05 Om @kemuningauto , mau tanya, mobil saya mazda 2 skyaktif, saat berangkat dari rumah ac normal dinging, setelah di pakai jalan beberapa km tiba tiba angin sepoi sepoi yg terasa. Esoknya di bawa ke bengkel ac di cek freon kosong. Nah sama bengkel ac di test kebocoran pake angin dan di check tekanan .. udah ditungguin 15 menit jarum pengukur tekanan gak turun turun. Akhirnya diisi ulang lg freon dengan analisa bengkel kemungkinan ada kebocoran halus di evaporator. Cuma tidak lsg di ganti evap karena ternyata harus bongkar dashboard total. Kira kira ada analisa lain om ? Suara kompressor memang sepertinya lebih kasar dari biasa.
kek gini ndak?

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Yoi om... Syukur2 masi bisa klaim..evanbngdor wrote: Sun Jul 05, 2020 0:48
Kayak temen saya nih keluhan di M2 nya, tp begitu ngeliat harga kompresornya langsung gentar deh
![]()
Kalau dah gabisa klaim sih memang agak2 wassalam sama harga part compressornya...
Untuk condenser alias biang keroknya, kalau menurut om kemuning masi ada merk2 alternatip sih...

-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Jun 16, 2020 5:48
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Mazda 2 GT Skyactiv
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kalau Ac pertama mobil di start bau apek kenapa ya
Filter kabin sudah ganti baru
Filter kabin sudah ganti baru
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
justru kl ud tau kompresor bawaan nya terkenal letoy,josomba wrote: Sun Jul 05, 2020 14:15Yoi om... Syukur2 masi bisa klaim..evanbngdor wrote: Sun Jul 05, 2020 0:48
Kayak temen saya nih keluhan di M2 nya, tp begitu ngeliat harga kompresornya langsung gentar deh
![]()
Kalau dah gabisa klaim sih memang agak2 wassalam sama harga part compressornya...
Untuk condenser alias biang keroknya, kalau menurut om kemuning masi ada merk2 alternatip sih...
sblom garansi abis kompresor nya harus di italian tune up donk
injek gas ampe redline sambil mati nyalain AC..
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Evavorator mungkin sdh kotor, dan ducting sdh banyak debujimmytjong wrote:Kalau Ac pertama mobil di start bau apek kenapa ya
Filter kabin sudah ganti baru
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Hmm, kok mbah klep bs menerka apa yg saya lakukan sih...DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:21
justru kl ud tau kompresor bawaan nya terkenal letoy,
sblom garansi abis kompresor nya harus di italian tune up donk
injek gas ampe redline sambil mati nyalain AC..

Itu dia mbah yg saya lakukan pas tau bisa klaim....iseng n penasaran...


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Eh tau2 jebol nya pas hari pertama setelah garansi habisDOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:21justru kl ud tau kompresor bawaan nya terkenal letoy,josomba wrote: Sun Jul 05, 2020 14:15Yoi om... Syukur2 masi bisa klaim..evanbngdor wrote: Sun Jul 05, 2020 0:48
Kayak temen saya nih keluhan di M2 nya, tp begitu ngeliat harga kompresornya langsung gentar deh
![]()
Kalau dah gabisa klaim sih memang agak2 wassalam sama harga part compressornya...
Untuk condenser alias biang keroknya, kalau menurut om kemuning masi ada merk2 alternatip sih...
sblom garansi abis kompresor nya harus di italian tune up donk
injek gas ampe redline sambil mati nyalain AC..

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Fix di mesin problemnya, ISC, Throttle Body, kabel2 juga bisa. Dibawa ke bengkel mesin yg ada scanner dan paham. Pasti ketemu.supriyadi wrote:Mojon sarannya Om
Mobil kawan vios gen 1, kemarin waktu pulkam katanya ICS nya kena, nggak mau idle rpm. Sama bengkel sementara diby pass katanya. Tadi dah siap ganti ICS, rpm normal. Tapi kalo AC dihidupkan rpm langsung drop & AC pun gak dingin. Getaran mesin terasa sampai kabin. Kalo kondisi mobil jalan AC normal, dingin
Idle rpm mesin 800an, begitu AC dionkan drop ke 600an
Mohon pencerahannya Om, AC yang kena atau ICS setelannya gak pas. Terimakasih
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Dari bawah wiper (panggangan sate) ada celah bisa masuk tikus, tp susah dibilang sih karena gatau historynya itu mobil ya. Apa pernah nongkrong di tempat yg banyak tikusnya misalnya, pintu atau jendela dibuka terus seharian jadi tikus masuk. Agak ga mungkin sih kalo ketutup semua tp bs masuk ke saluran AC.IGedeAmat wrote:Waktu servis AC 2 bulan lalu, di sebelah mobil saya ada Avanza masuk bengkel AC dengan keluhan;kemuningauto wrote: Tue Jun 16, 2020 15:07 KM masih di bawah 50k, Magnet Clutch berulah. Ternyata kabel Pressure Switch digigit tikus. Susah emang kalo suruh lawan kehendak tikus, semaunya aja jalan2.
IMG_20200614_151526.jpgIMG_20200614_151532.jpgIMG_20200614_151541.jpg
tikus modar di dalem saluran AC, bau bangke nya bener2 hueek...
kata yg punya udah dibongkar dan dibersihin, baunya gak mau ilang..
Apa saluran AC emang ada lobang buat tikus masuk om ?
atau tikusnya bikin jalan sendiri ke dalem ?
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Suara Compressor lebih kasar dr biasanya karena berkurangnya Oli Compressor yang disebabkan kebocoran. Mazda 2 Skyactiv agak jarang bocor di Evaporator. Coba suruh cek Condenser (Kondensor), sering banget bocor di situ buat Mazda 2 yg biasa maupun Sky.ardianzer wrote:Om [mention]kemuningauto [/mention] , mau tanya, mobil saya mazda 2 skyaktif, saat berangkat dari rumah ac normal dinging, setelah di pakai jalan beberapa km tiba tiba angin sepoi sepoi yg terasa. Esoknya di bawa ke bengkel ac di cek freon kosong. Nah sama bengkel ac di test kebocoran pake angin dan di check tekanan .. udah ditungguin 15 menit jarum pengukur tekanan gak turun turun. Akhirnya diisi ulang lg freon dengan analisa bengkel kemungkinan ada kebocoran halus di evaporator. Cuma tidak lsg di ganti evap karena ternyata harus bongkar dashboard total. Kira kira ada analisa lain om ? Suara kompressor memang sepertinya lebih kasar dari biasa.
Dicek aja ada ngga flek2 item2 oli kaya rembes di kondensornya, soalnya kalo bocor di kondensor pasti ada flek rembesnya keliatan dan kalo dicek bocor dengan angin belum tentu turun saat itu tekanan psi nya (khusus untuk kebocoran di kondensor).
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
- Filter Cabin yg diganti rutin.krniawnhdr wrote:pernah nebeng ANKI diesel temen kantor, wangi ac nya (tanpa pengharum) kerasa lebih fresh dibanding ac mobil saya dirumah yang juga ANKI diesel.
apa ini karena faktor filter ac nya saja atau ada faktor lain ya?
soalnya lebih relaxing aja rasanya pas didalam dan di mobil ANKI temen dia ngga pakai pengharum apapun..
please advise
- Kebersihan Evaporator dan Blower.
- Kebersihan kabin.
- Kebersihan jok.
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
LC nya udah Dual Climate? Coba dicek lg masih ada kebocoran ngga di sistem AC nya. Dan satu lg, dicek juga kinerja Motor Actuator Blender (pemisah antara Heater dan AC). Coba dicek Evaporatornya dulu tp, lebih cenderung ke bocor sih drpada Motor Actuator Blender kalo di LC.Wgn81 wrote:Mohon sarannya om
Mobil saya lc vxr80 masalah utama kabin depan ga dingin acnya sedangkan kabin belakang ac nya dingin, padahal part udah diganti mulai kondensor, compressor.kelistrikannya juga ada masalah posisi ac mati, compressor masih nyala kelistrikannya
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
1. Ngga begitu aman sebenernya, pernah beberapa kali masang buat Jimny Jangkrik, selalu diusahain depan radiator sih.Brebed wrote:Halo om om sekalian,
Saya punya jimny jangkrik dengan kondisi sudah terpasang ac, namun ada beberapa pertanyaan yang selalu muncul dalam benak saya tentang instalasi ac di jimny saya sendiri :
1. Apakah sebenarnya aman/boleh meletakkan kondensor dibawah kolong mobil? Dulu instalatur ac mobil yang telah saha percaya bilang posisi seperti itulah idealnya instalasi kondensor untuk jimny saya mengingat ruang mesin saya yang sudah habis spacenya karena telah memakai mesin dengan kapasitas agak besar dan juga saya memakai kondensor yang ukurannya lebih besar...
2.dengan posisi kondensor yang cukup jauh jaraknya antara ruang mesin dan kolong mobil apakah sebaiknya saya harus menggunakan kompresor yang lebih besar atau tetap pakai yang sekarang saja? sekarang ini saya memakai kompresor asli punya jimny.
3. Kompresor saya setiap ac dinyalakan selalu terdengar bunyi 'krrrrrrrk' seperti ada bunyi besi beradu didalamnya dan agak sedikit ada rembes bercak oli di bagian bagian kompressornya apakah ini normal atau memang sudah tidak sehat sehingga harus ganti kompressor?
Mungkin kira kira itu pertanyaan saya, karena saya heran kenapa ac di jimny saya tidak pernah bisa sedingin mobil mobil jaman sekarang, barangkali ada masukan dari om2 sekalian untuk instalasi ac di jimny saya. Terimakasih sebelumnya [emoji120][emoji120]
2. Pake Xenia 1.0 biar dinginnya bagus tp ngga berat buat mesin.
3. Tidak sehat. Dicek kebocoran2 yg keliatan dari flek di Compressornya dulu deh, bisa seal2 body, shaft seal, tergantung spotnya.
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Harus diturunin Evaporatornya, dibersihin. Biasanya udah kotor banget, atau terlalu lama ngga diservice. Apalagi kalo keadaan kabin kurang terjaga kebersihannya, atau pernah pake parfum2 mobil yg ditempel di grill itu juga kurang bagus sebenernya, karena ngga sedikit yg liquid parfumnya masuk malah jatoh ke Evaporator, lama2 jadi bau asem / kecut kalo AC nyala.jimmytjong wrote:Kalau Ac pertama mobil di start bau apek kenapa ya
Filter kabin sudah ganti baru
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kondensor kalo imitasi bisa pake brand Yaruki, Protech, Kasuya. (3 brand ini buat imitasi yg termasuk bagus).josomba wrote:Yoi om... Syukur2 masi bisa klaim..evanbngdor wrote: Sun Jul 05, 2020 0:48
Kayak temen saya nih keluhan di M2 nya, tp begitu ngeliat harga kompresornya langsung gentar deh
![]()
Kalau dah gabisa klaim sih memang agak2 wassalam sama harga part compressornya...
Untuk condenser alias biang keroknya, kalau menurut om kemuning masi ada merk2 alternatip sih...
Kalo Mazda 2 mahal emg Compressornya kisaran 4-5jtan, mana susah lg kalo mau diganti pake Compressor mobil lain ngakalinnya.
Mendingan X-Over / SX-4 walaupun Compressor aslinya merk Mats*ush*ta (Panasonic) dan harganya 8jt di dealer (cuma dealer yg punya), masih bisa diganti pake Compressor Escudo, Ertiga, APV. Banyak pilihan dan lebih hemat.
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om, mobil saya ertiga 2014. Selama ini perawatan AC cuma pake filter AC dr baru (udah diganti bbrp kali, yg sekarang masih bagus dan bersih krn belum 1th ganti), udah ganti oli kompresor/freon(?) pake dupont suva bening. Sekarang nginjek th ke6 kl awal jalan harus fan speed di 2, stl 20 menit baru bs turun ke fan speed 1. Ada yg perlu dimaintenance krn umur dan treatment yg saya lakuin? Apa filter AC yg kisi2nya rapet (sy pake sakura abu2) ngaruh ke hembusan anginnya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Filter AC yg Carbon ya? Emang pasti lebih menghambat udara, lebih rapet soalnya. Kalo saya pribadi lebih suka pake yg biasa merk Denso. Kalo bersihin Evaporatornya sekali2 boleh sih, udah 6 tahun juga kan soalnya. Terus selanjutnya tinggal ganti2 Filter Cabin aja yg rutin.erwinign wrote:Om, mobil saya ertiga 2014. Selama ini perawatan AC cuma pake filter AC dr baru (udah diganti bbrp kali, yg sekarang masih bagus dan bersih krn belum 1th ganti), udah ganti oli kompresor/freon(?) pake dupont suva bening. Sekarang nginjek th ke6 kl awal jalan harus fan speed di 2, stl 20 menit baru bs turun ke fan speed 1. Ada yg perlu dimaintenance krn umur dan treatment yg saya lakuin? Apa filter AC yg kisi2nya rapet (sy pake sakura abu2) ngaruh ke hembusan anginnya?
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Evap depan sama evap dobel blowernya ya om? Perlu bongkar dashboard ga ya?kemuningauto wrote: Mon Jul 06, 2020 15:19Filter AC yg Carbon ya? Emang pasti lebih menghambat udara, lebih rapet soalnya. Kalo saya pribadi lebih suka pake yg biasa merk Denso. Kalo bersihin Evaporatornya sekali2 boleh sih, udah 6 tahun juga kan soalnya. Terus selanjutnya tinggal ganti2 Filter Cabin aja yg rutin.erwinign wrote:Om, mobil saya ertiga 2014. Selama ini perawatan AC cuma pake filter AC dr baru (udah diganti bbrp kali, yg sekarang masih bagus dan bersih krn belum 1th ganti), udah ganti oli kompresor/freon(?) pake dupont suva bening. Sekarang nginjek th ke6 kl awal jalan harus fan speed di 2, stl 20 menit baru bs turun ke fan speed 1. Ada yg perlu dimaintenance krn umur dan treatment yg saya lakuin? Apa filter AC yg kisi2nya rapet (sy pake sakura abu2) ngaruh ke hembusan anginnya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Evap Depannya aja dulu. Kalo yang ngerti bisa gausah bongkar dashboard. Tapi kalo blm biasa mekaniknya, harus buka dashboard buat Ertiga.erwinign wrote:Evap depan sama evap dobel blowernya ya om? Perlu bongkar dashboard ga ya?kemuningauto wrote: Mon Jul 06, 2020 15:19Filter AC yg Carbon ya? Emang pasti lebih menghambat udara, lebih rapet soalnya. Kalo saya pribadi lebih suka pake yg biasa merk Denso. Kalo bersihin Evaporatornya sekali2 boleh sih, udah 6 tahun juga kan soalnya. Terus selanjutnya tinggal ganti2 Filter Cabin aja yg rutin.erwinign wrote:Om, mobil saya ertiga 2014. Selama ini perawatan AC cuma pake filter AC dr baru (udah diganti bbrp kali, yg sekarang masih bagus dan bersih krn belum 1th ganti), udah ganti oli kompresor/freon(?) pake dupont suva bening. Sekarang nginjek th ke6 kl awal jalan harus fan speed di 2, stl 20 menit baru bs turun ke fan speed 1. Ada yg perlu dimaintenance krn umur dan treatment yg saya lakuin? Apa filter AC yg kisi2nya rapet (sy pake sakura abu2) ngaruh ke hembusan anginnya?
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Bagusjosomba wrote: Sun Jul 05, 2020 23:25Hmm, kok mbah klep bs menerka apa yg saya lakukan sih...DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:21
justru kl ud tau kompresor bawaan nya terkenal letoy,
sblom garansi abis kompresor nya harus di italian tune up donk
injek gas ampe redline sambil mati nyalain AC..![]()
Itu dia mbah yg saya lakukan pas tau bisa klaim....iseng n penasaran...![]()
Alumni universitas asemreges nambah satu lg
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Hahahaha. Biar masih bisa claim yak.DOHC wrote:Bagusjosomba wrote: Sun Jul 05, 2020 23:25Hmm, kok mbah klep bs menerka apa yg saya lakukan sih...DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:21
justru kl ud tau kompresor bawaan nya terkenal letoy,
sblom garansi abis kompresor nya harus di italian tune up donk
injek gas ampe redline sambil mati nyalain AC..![]()
Itu dia mbah yg saya lakukan pas tau bisa klaim....iseng n penasaran...![]()
Alumni universitas asemreges nambah satu lg
IG: @kemuningauto