Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya jg selalu pake busi ini di Great Corolla. Ada banyak yg compatible, cuma rasanya ini busi yg paling pas buat di Great Corolla saya.
Tipe yg saya pake itu BKR6EGP.
memang hrs coba2 ya om .... dan baru tau ini kl toyota cocok dgn ngk. dulu sy pernah pake corolla twin cam karbu itu kl pake ngk selalu fouling hitam, kl pake denso aman. begitu juga pas punya ipah. sampai sy pikir itu cocok2an dgn coil set nya juga barangkali krn didevelop bareng sbg oem pair.
sy paham kl busi ada compatibility chart nya tp maksud sy tetap ada bedanya misal denso heat range 16 vs ngk 5 atau denso 20 vs ngk 6 tetap tdk sama 100% itu heat range kedua merk itu. dr pengalaman sih gitu, pdhl maunya sih pake ngk krn kan dia khusus bikinnya busi kl denso kan campur2 jd ada feeling kl busi ngk lbh superior drpd busi denso. cuma feeling, fakta belum tentu hehe
Saya jg selalu pake busi ini di Great Corolla. Ada banyak yg compatible, cuma rasanya ini busi yg paling pas buat di Great Corolla saya.
Tipe yg saya pake itu BKR6EGP.
memang hrs coba2 ya om .... dan baru tau ini kl toyota cocok dgn ngk. dulu sy pernah pake corolla twin cam karbu itu kl pake ngk selalu fouling hitam, kl pake denso aman. begitu juga pas punya ipah. sampai sy pikir itu cocok2an dgn coil set nya juga barangkali krn didevelop bareng sbg oem pair.
sy paham kl busi ada compatibility chart nya tp maksud sy tetap ada bedanya misal denso heat range 16 vs ngk 5 atau denso 20 vs ngk 6 tetap tdk sama 100% itu heat range kedua merk itu. dr pengalaman sih gitu, pdhl maunya sih pake ngk krn kan dia khusus bikinnya busi kl denso kan campur2 jd ada feeling kl busi ngk lbh superior drpd busi denso. cuma feeling, fakta belum tentu hehe
Mungkin kalo dibandingin NGK dan Denso dengan spesifikasi yg sama sih bakal sama aja hasilnya. Cuma dr segi opsi jenis busi itu NGK lebih banyak sih ada yg biasa, g-power, iridium, laser platinum, laser iridium dll
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Pengalaman dulu di motor Supra X 125 Karbu, antara Denso dan NGK sih lebih enak NGK. Ini perbandingannya untuk busi dengan jenis dan heat range yang sebanding, yaitu sama2 iridium (Denso IU20 vs NGK CPR6EA-9IX) dengan BBM Pertamax Plus. Karena motor 1 silinder, jadi kalau ada perbedaan lebih terasa.
Kelebihan NGK di durability yg lebih baik dari Denso (NGK sampai 20ribu KM masih enak, Denso di 15rb KM juga sudah berkurang performanya) dan perasaan sih akselerasi lebih kencang NGK. Oiya harga Denso dan NGK juga biasanya lebih mahal NGK utk yg Iridium (bisa selisih 20ribu per busi).
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
blloewy wrote: Tue Jun 02, 2020 7:14
busi Engine BatuMakam di Beres lumayan harganya 110 rebu per ea dikali 4 pc.
terakhir ganti di 80k km dari mobil baru liat history pemilik sebelumnya dan ngga tau yg skrg thn brp lama.
so fat sdh dipake 9k km msh aman.
kira2 iridium Denso ama NGK bagusan mana ya?
Yg dipake skrg sich Denso katanya Beres BatuMakam.
Asal aseli n tipe sejenis (sama2 standard misalkan), merk2 ternama mirip2 aja om.... Yg penting nilai panas, panjang busi, dan gap sesuai spek...
Saya dah pernah pake 3 merk busi....
Bawaan oem mazda (tapi NGK aslinya), cmn pake sampe 30k abis itu iseng ganti ke brisk.
Brisk premium evo, tewas di 25k. Entah ni busi aneh cmn 25k dah bikin brebet.
NGK ga sengaja tewas karena kerendam DCS
Sekarang lg pake BOSCH baru jalan 15k.
Pas masi baru...semuanya sama aja...sama2 enteng tarikan
azu wrote: Wed Jun 03, 2020 2:46
Pengalaman dulu di motor Supra X 125 Karbu, antara Denso dan NGK sih lebih enak NGK. Ini perbandingannya untuk busi dengan jenis dan heat range yang sebanding, yaitu sama2 iridium (Denso IU20 vs NGK CPR6EA-9IX) dengan BBM Pertamax Plus. Karena motor 1 silinder, jadi kalau ada perbedaan lebih terasa.
Kelebihan NGK di durability yg lebih baik dari Denso (NGK sampai 20ribu KM masih enak, Denso di 15rb KM juga sudah berkurang performanya) dan perasaan sih akselerasi lebih kencang NGK. Oiya harga Denso dan NGK juga biasanya lebih mahal NGK utk yg Iridium (bisa selisih 20ribu per busi).
Kl saya dl pengalaman patah busi nikel 2 kali ama denso bawaan ipah lama, yg NGK nikel d hrv perna busi lupa dibuka ampe 3 taon macet dan jalan sejauh 40an rebu, dibuka paksa ga patah dan busi masi blom mati
Akhirnya ikut saran mods hansen, yg denso nikel ganti pake yg twin tip, ud made in japan
blloewy wrote: Tue Jun 02, 2020 7:14
busi Engine BatuMakam di Beres lumayan harganya 110 rebu per ea dikali 4 pc.
terakhir ganti di 80k km dari mobil baru liat history pemilik sebelumnya dan ngga tau yg skrg thn brp lama.
so fat sdh dipake 9k km msh aman.
kira2 iridium Denso ama NGK bagusan mana ya?
Yg dipake skrg sich Denso katanya Beres BatuMakam.
Waktu baru angkat C24, saya langsung bawa ke Nissan Halim.
Ganti busi (LFR5A-11) cuma 25rb per pc.
Trus iseng ke Atrium beli busi yg sama. Masak 100rb per pc??? Apa krn dusnya Nissan yak?
adityabp wrote: Tue Jun 16, 2020 6:57
Waktu baru angkat C24, saya langsung bawa ke Nissan Halim.
Ganti busi (LFR5A-11) cuma 25rb per pc.
Trus iseng ke Atrium beli busi yg sama. Masak 100rb per pc??? Apa krn dusnya Nissan yak?
coba ke BeRes masdut ... minta busi buat cx-3/cx-5/2.... 500 rb per pcs, backdoor orang mazda 450 ribu per pcs.... babi bener ....
ke amazon tempo hari saya beli barang warehouse mereka (asli), 600 ribu dapet 4 dah ongkir + pajak pula.... gelok yg d indo ambil dari planet mars pa gimana ....
memangnya kl di beres pasang busi pakai torque wrench om?
iyap klo di beres soekarno hatta bandung, mereka pk torque wrench.
dari oil pan sampai buat kaki2 juga mereka pakai.
gw demen sama nih beres
Jarang2 tuh beres pake TW
Saya perna servis d imora ama pluit aj ga perna beres pasang busi, 2 2 nya kendor banget, ampe ring washer busi nya aj ga gepeng, d buka nya jg gampang banget
azu wrote: Wed Jun 03, 2020 2:46
Pengalaman dulu di motor Supra X 125 Karbu, antara Denso dan NGK sih lebih enak NGK. Ini perbandingannya untuk busi dengan jenis dan heat range yang sebanding, yaitu sama2 iridium (Denso IU20 vs NGK CPR6EA-9IX) dengan BBM Pertamax Plus. Karena motor 1 silinder, jadi kalau ada perbedaan lebih terasa.
Kelebihan NGK di durability yg lebih baik dari Denso (NGK sampai 20ribu KM masih enak, Denso di 15rb KM juga sudah berkurang performanya) dan perasaan sih akselerasi lebih kencang NGK. Oiya harga Denso dan NGK juga biasanya lebih mahal NGK utk yg Iridium (bisa selisih 20ribu per busi).
Kl saya dl pengalaman patah busi nikel 2 kali ama denso bawaan ipah lama, yg NGK nikel d hrv perna busi lupa dibuka ampe 3 taon macet dan jalan sejauh 40an rebu, dibuka paksa ga patah dan busi masi blom mati
Akhirnya ikut saran mods hansen, yg denso nikel ganti pake yg twin tip, ud made in japan
denso twin tip ini interval pake-nya brp km om? krn saya browsing2 ga ketemu info-nya
cuma secara harga kl ga salah mirip2 ama platinum
azu wrote: Wed Jun 03, 2020 2:46
Pengalaman dulu di motor Supra X 125 Karbu, antara Denso dan NGK sih lebih enak NGK. Ini perbandingannya untuk busi dengan jenis dan heat range yang sebanding, yaitu sama2 iridium (Denso IU20 vs NGK CPR6EA-9IX) dengan BBM Pertamax Plus. Karena motor 1 silinder, jadi kalau ada perbedaan lebih terasa.
Kelebihan NGK di durability yg lebih baik dari Denso (NGK sampai 20ribu KM masih enak, Denso di 15rb KM juga sudah berkurang performanya) dan perasaan sih akselerasi lebih kencang NGK. Oiya harga Denso dan NGK juga biasanya lebih mahal NGK utk yg Iridium (bisa selisih 20ribu per busi).
Kl saya dl pengalaman patah busi nikel 2 kali ama denso bawaan ipah lama, yg NGK nikel d hrv perna busi lupa dibuka ampe 3 taon macet dan jalan sejauh 40an rebu, dibuka paksa ga patah dan busi masi blom mati
Akhirnya ikut saran mods hansen, yg denso nikel ganti pake yg twin tip, ud made in japan
denso twin tip ini interval pake-nya brp km om? krn saya browsing2 ga ketemu info-nya
cuma secara harga kl ga salah mirip2 ama platinum
Wahh ama platinum mahh jauhh, ini twintip cuman stengah nya platinum koq harganya
memangnya kl di beres pasang busi pakai torque wrench om?
iyap klo di beres soekarno hatta bandung, mereka pk torque wrench.
dari oil pan sampai buat kaki2 juga mereka pakai.
gw demen sama nih beres
Jarang2 tuh beres pake TW
Saya perna servis d imora ama pluit aj ga perna beres pasang busi, 2 2 nya kendor banget, ampe ring washer busi nya aj ga gepeng, d buka nya jg gampang banget
beres honda emang owner / manajemen nya beda2 sih ya.
jadi SOP juga beda2.
padahal punya TW di bengkel kan suatu kewajiban
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iyap klo di beres soekarno hatta bandung, mereka pk torque wrench.
dari oil pan sampai buat kaki2 juga mereka pakai.
gw demen sama nih beres
Jarang2 tuh beres pake TW
Saya perna servis d imora ama pluit aj ga perna beres pasang busi, 2 2 nya kendor banget, ampe ring washer busi nya aj ga gepeng, d buka nya jg gampang banget
beres honda emang owner / manajemen nya beda2 sih ya.
jadi SOP juga beda2.
padahal punya TW di bengkel kan suatu kewajiban
mungkin dipikir manajemen para mekaniknya sdh "jago mainin perasaan" .......
Saya perna servis d imora ama pluit aj ga perna beres pasang busi, 2 2 nya kendor banget, ampe ring washer busi nya aj ga gepeng, d buka nya jg gampang banget
beres honda emang owner / manajemen nya beda2 sih ya.
jadi SOP juga beda2.
padahal punya TW di bengkel kan suatu kewajiban
mungkin dipikir manajemen para mekaniknya sdh "jago mainin perasaan" .......
Soal main perasaan, IMHO justru kalo ngencengin busi gak perlu pake perasaan krn sampe titik tertentu busi emg dah gak bisa diputer lebih kenceng lagi. Beda dgn ngencengin mur yg tetep bisa diputer walaupun perasaan bilang dah cukup kenceng.
adityabp wrote: Tue Jun 16, 2020 6:57
Waktu baru angkat C24, saya langsung bawa ke Nissan Halim.
Ganti busi (LFR5A-11) cuma 25rb per pc.
Trus iseng ke Atrium beli busi yg sama. Masak 100rb per pc??? Apa krn dusnya Nissan yak?
coba ke BeRes masdut ... minta busi buat cx-3/cx-5/2.... 500 rb per pcs, backdoor orang mazda 450 ribu per pcs.... babi bener ....
ke amazon tempo hari saya beli barang warehouse mereka (asli), 600 ribu dapet 4 dah ongkir + pajak pula.... gelok yg d indo ambil dari planet mars pa gimana ....
Sialnya, saya baru tau harga busi beres cuma segitu setelah saya beli busi di Atrium.
Gara2x iseng bongkar buku servis trus gak sengaja nemu bon servisnya.
Makanya dah saya blacklist tuh toko. Sial bener dah.
adityabp wrote: Tue Jun 16, 2020 6:57
Waktu baru angkat C24, saya langsung bawa ke Nissan Halim.
Ganti busi (LFR5A-11) cuma 25rb per pc.
Trus iseng ke Atrium beli busi yg sama. Masak 100rb per pc??? Apa krn dusnya Nissan yak?
coba ke BeRes masdut ... minta busi buat cx-3/cx-5/2.... 500 rb per pcs, backdoor orang mazda 450 ribu per pcs.... babi bener ....
ke amazon tempo hari saya beli barang warehouse mereka (asli), 600 ribu dapet 4 dah ongkir + pajak pula.... gelok yg d indo ambil dari planet mars pa gimana ....
Sialnya, saya baru tau harga busi beres cuma segitu setelah saya beli busi di Atrium.
Gara2x iseng bongkar buku servis trus gak sengaja nemu bon servisnya.
Makanya dah saya blacklist tuh toko. Sial bener dah.
beli busi batu makam di kibulin harganya ? kayanya saya tau nehh toko nya yg mana, yg sebelah toko nya skrg jualan spare part honda yah om ?
perna jual busi nikel merk champion ke saya sbiji nya 85 rebu, blg nya itu busi iridium jenis baru, pake dus batu makam jg, bahkan dus nya pake part number busi iridium yg denso bawaan
adityabp wrote: Thu Jun 18, 2020 8:09
Soal main perasaan, IMHO justru kalo ngencengin busi gak perlu pake perasaan krn sampe titik tertentu busi emg dah gak bisa diputer lebih kenceng lagi. Beda dgn ngencengin mur yg tetep bisa diputer walaupun perasaan bilang dah cukup kenceng.
umm nganu om .... ngencengin busi itu bukan sekencang2nya sampai ga bisa muter.
cylinder head dgn bahan aluminum jg rawan slek kl melewati batas krn bahan aluminum itu soft. torque range nya 18 s/d 25 Nm. Dan itu kl sdh sesuai spec lalu dikencangkan manual sekuat tenaga msh bisa muter jauh....apalagi kl pake ratchet gagang panjang aww i feel good ...... tp ya say goodbye sm cylinder head nya ....
imho justru masang busi termasuk salah satu yg paling perlu torque wrench, kl bicara proper SOP.
adityabp wrote: Thu Jun 18, 2020 8:09
Soal main perasaan, IMHO justru kalo ngencengin busi gak perlu pake perasaan krn sampe titik tertentu busi emg dah gak bisa diputer lebih kenceng lagi. Beda dgn ngencengin mur yg tetep bisa diputer walaupun perasaan bilang dah cukup kenceng.
umm nganu om .... ngencengin busi itu bukan sekencang2nya sampai ga bisa muter.
cylinder head dgn bahan aluminum jg rawan slek kl melewati batas krn bahan aluminum itu soft. torque range nya 18 s/d 25 Nm. Dan itu kl sdh sesuai spec lalu dikencangkan manual sekuat tenaga msh bisa muter jauh....apalagi kl pake ratchet gagang panjang aww i feel good ...... tp ya say goodbye sm cylinder head nya ....
imho justru masang busi termasuk salah satu yg paling perlu torque wrench, kl bicara proper SOP.
Setuju sekali om...cm kalo ga punya torque wrench..sy pake patokan yg di dus busi aja..kl ga salah kan kencengin pake tangan dulu kl udh mentok baru kencengin lg pake kunci busi kl ga salah 1/4 - 1/2 putaran dah..
Torque wrench wishlist tp mahal bgt wkwk..