Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 7:58
mau tambah kabel grounding. mumpung WFH
nanti pakai scon dan selain dijepit scon juga disolder agar semua penampang serabut kabel terhubung dengan timah.
Ada yang pengalaman DIY? sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja.
Mobilnya ANKI/Innova dan Mobilio/HRV
kabel grounding.jpg
Lihat grounding Honda dari minus aki cuma ke body mobil, dari body mobil baru balik ke mesin
Kalau Innova dari minus aki ke body dan satu lagi entah kemana.
sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja?
Anki kayanya ga krusial om, Toyota ud masi ckup banyak
Mending pasang utk hrv ama mobilio, pelit skali saya liat, cuman kabel sebiji ke body saja, itupun kabel kecil imut2, ga besar diameternya
Bener om. Honda itu aneh masak dari minus aki keluar cuma 1:
1. keluar cuma 1 kabel ke body mobil
2. dari body mobil ada kabel ground balik ke mesin
Kalau Innova dari minus aki keluar 2 cabang.
1. satu ke body mobil,
2. satunya lagi kayanya ikut kabel kemana mana dia
Yg anki, satu ke body, satu lg ke mesin om dan dipecah ke body jg, dr mesin pun jg ad yg ke girbok matic.. ini yg saya appreciate dr anki, niat banget, bahkan ipah tua saya aj ga segitu banyak, cuman ke body 2 titik doank, tp masi tetep lebi banyak dr hrv
Kl d hrv, saya hanya tambah ke girbok matic dan ke alternator, simple saja
Kl steering rack hoki2an om, bnyak jg gapapa koq.. saya punya waktu itu emg ud cacat dr odo muda, klutuk2 cuman makin lama makin kenceng
Beres waktu itu sempet vonis emg cacat dr bushing swing arm, tp anehnya ga retak, jadinya saya blg ga usa d ganti .. ketauan pas odo 70an rebu, pas skalian mau ganti as roda, bushing plastik steering racknya sudah pecah lama ampe oblak..
Mending kasi ke beres aj om kerjain nya, kan masi garansi.. waktu itu saya liat mreka ampe turunin sub frame, stabilzer dkk.. trakir saya minta suru spooring gratis
betul om untung2an ..... apalagi liat itu bushing plastik ringkih banget kayanya.
saya lg timbang2 mau ksh ke beres atau kerjain sendiri. tadi sdh sampai lepasin tie rod dr knuckle, ditest tarikdorong ga bunyi rack end nya. tinggal buka boot clamp yg oetiker itu tp krn ga punya spare nya jd ga jadi. mau sy intip dulu kl gampang tanpa turunin rack/subframe ya mending kerjain sendiri. masalahnya kl turunin subframe hrs punya engine holding bar krn engine mounting blkg dilepas juga.
penasaran bisa dikodok on board ga ya. semua sih pada off board di video artinya mustahil on board ya hahahaha
oya ane udah cekin semua as roda, strut mounting atas, bushung stabil, link stabil semua oke. udah 99% yakin rack steer bushing.
di rmh sy yg di jkt ada alat sedot oli, keliatan busanya banyak beda dr yg lain.
untung om jauh... kalo enggak, saya jitak karena bikin ngiler punya begituan....
singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 7:56
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....
Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil
regards,
singachu
ganti dengan bahan teflon belum tentu masalah selesai.
terkadang bushing plastik masih sehat, tetapi setelan di steering rack yang bermasalah.
ada baut besar di steering rack yang berfungsi mengatur jarak antara batang rack dengan pinion gear, itu musti pas nyetelnya. kalo terlalu longgar bisa glodakan. kerapetan malah jadi kaya muscle steering.
Honda itu aneh masak dari minus aki keluar cuma 1:
1. keluar cuma 1 kabel ke body mobil
2. dari body mobil ada kabel ground balik ke mesin
Kalau Innova dari minus aki keluar 2 cabang.
1. satu ke body mobil,
2. satunya lagi kayanya ikut kabel kemana mana dia
keduanya nggak masalah, asalkan besaran kabel cukup dan permukaan tempat kabel nempel bersih dari coating. plus, sambungan bener-bener kenceng nggak asal nempel.
singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 7:56
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....
Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil
regards,
singachu
ganti dengan bahan teflon belum tentu masalah selesai.
terkadang bushing plastik masih sehat, tetapi setelan di steering rack yang bermasalah.
ada baut besar di steering rack yang berfungsi mengatur jarak antara batang rack dengan pinion gear, itu musti pas nyetelnya. kalo terlalu longgar bisa glodakan. kerapetan malah jadi kaya muscle steering.
kenapa ga dari tadi ini ngomongnya ..... beneran sy udah mau buka itu setelan speleng tapi ga jadi krn kok yakin bgt bushing plastik lucknat yg jd biang keladinya.
ya udah besok terpaksa angkat lagi tuh mobil ......
kenapa ga dari tadi ini ngomongnya ..... beneran sy udah mau buka itu setelan speleng tapi ga jadi krn kok yakin bgt bushing plastik lucknat yg jd biang keladinya.
ya udah besok terpaksa angkat lagi tuh mobil ......
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 10:44
Yg anki, satu ke body, satu lg ke mesin om dan dipecah ke body jg, dr mesin pun jg ad yg ke girbok matic.. ini yg saya appreciate dr anki, niat banget, bahkan ipah tua saya aj ga segitu banyak, cuman ke body 2 titik doank, tp masi tetep lebi banyak dr hrv
Kl d hrv, saya hanya tambah ke girbok matic dan ke alternator, simple saja
Pertimbangan apa ke alternator dan girbox om?
Fotoin kalau gak merepotkan om
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 10:44
Yg anki, satu ke body, satu lg ke mesin om dan dipecah ke body jg, dr mesin pun jg ad yg ke girbok matic.. ini yg saya appreciate dr anki, niat banget, bahkan ipah tua saya aj ga segitu banyak, cuman ke body 2 titik doank, tp masi tetep lebi banyak dr hrv
Kl d hrv, saya hanya tambah ke girbok matic dan ke alternator, simple saja
Pertimbangan apa ke alternator dan girbox om?
Fotoin kalau gak merepotkan om
bantu jawab om ..... nempel/dekat yg ada arus besar (alternator, lampu hi watt tambahan, klakson sirine aftermarket hi watt) dan yg dekat control unit (ecu, transmisi, body control module, dsb)
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 10:44
Yg anki, satu ke body, satu lg ke mesin om dan dipecah ke body jg, dr mesin pun jg ad yg ke girbok matic.. ini yg saya appreciate dr anki, niat banget, bahkan ipah tua saya aj ga segitu banyak, cuman ke body 2 titik doank, tp masi tetep lebi banyak dr hrv
Kl d hrv, saya hanya tambah ke girbok matic dan ke alternator, simple saja
Pertimbangan apa ke alternator dan girbox om?
Fotoin kalau gak merepotkan om
bantu jawab om ..... nempel/dekat yg ada arus besar (alternator, lampu hi watt tambahan, klakson sirine aftermarket hi watt) dan yg dekat control unit (ecu, transmisi, body control module, dsb)
tepat skali jawaban om omni
utk posisi saya ga bisa fotoin krn posisi nya musti copotin air filter box dan satu lagi nyempil di blakang alternatornya, tp sebenernya terserah mau dipasang dmana, asal jangan di kutub positip aki, atau yg arus positif
udah mbah, langsung ta kerjain. tetep ga bisa, masih bunyi. confirm udah bushing plastik, ga ada suspect lain.
kl gt lgs claim aj om, gratis koq, lmayan dapet steering rack gratis .. kl masi ga gratis, gebrak meja
jaman skrg, ngomong bae2 dtolak, gebrak meja bertindak
Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 12:23
lahhh yg ntu belom beres ini udah dateng ..... mana sakit gigi lagi....
yg penting hati senang ..... 3S kl kata om kompre ..... suka senang sikaattt
IMG_20200603_192028.jpg
shock gas ya om ? ga malah jd keras tuh ?
saya ga tau karakter spring nya vrz itu letoy atau ud kaku, tp kl di ipah jadul saya, entah karakter spring nya ud letoy atau emg letoy dr baru, dipakein shock gas malah enak, dan ini cuman bole buat shock blakang doank, kl shock depan wajib oli, kl ga , persis naek delman
marmut wrote: Wed Jun 03, 2020 11:41
ganti dengan bahan teflon belum tentu masalah selesai.
terkadang bushing plastik masih sehat, tetapi setelan di steering rack yang bermasalah.
ada baut besar di steering rack yang berfungsi mengatur jarak antara batang rack dengan pinion gear, itu musti pas nyetelnya. kalo terlalu longgar bisa glodakan. kerapetan malah jadi kaya muscle steering.
mbah,
stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu
trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 15:27
shock gas ya om ? ga malah jd keras tuh ?
saya ga tau karakter spring nya vrz itu letoy atau ud kaku, tp kl di ipah jadul saya, entah karakter spring nya ud letoy atau emg letoy dr baru, dipakein shock gas malah enak, dan ini cuman bole buat shock blakang doank, kl shock depan wajib oli, kl ga , persis naek delman
karakter spring tdk kaku, malah sy cocok. justru shock nya yg response nya telat dan rebound nya kurang absorb. ga tau ini shock oem nya single or double action.
ome ada 2 tipe, yg sport dan classic. yg sport terlalu keras, sy ambil yg classic. cross my fingers cocok.
stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu
trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?
di bagian blkg rack yg menghadap firewall.
ati2 jgn salah langkah kaya sy wkwkwk..... kan ada mobil yg baut setelannya di dalam baut yg gede. ga taunya mobil kita itu langsung. Jd mur gede kendorin tp jangan sampai lepas asal baut 14 di tengah bisa muter, trus stel nya yg baut 14 di tengah. dikiiiiit aja muternya. clockwise utk mengencangkan (free play/backlash mengecil) dan counterclockwise utk mengendorkan (free play/backlash membesar). abis itu mur gede nya kencengin lagi utk ngelock.
tdk perlu spooring krn cuma ngatur backlash pinion vs rack gear.
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 15:27
shock gas ya om ? ga malah jd keras tuh ?
saya ga tau karakter spring nya vrz itu letoy atau ud kaku, tp kl di ipah jadul saya, entah karakter spring nya ud letoy atau emg letoy dr baru, dipakein shock gas malah enak, dan ini cuman bole buat shock blakang doank, kl shock depan wajib oli, kl ga , persis naek delman
karakter spring tdk kaku, malah sy cocok. justru shock nya yg response nya telat dan rebound nya kurang absorb. ga tau ini shock oem nya single or double action.
ome ada 2 tipe, yg sport dan classic. yg sport terlalu keras, sy ambil yg classic. cross my fingers cocok.
stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu
trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?
di bagian blkg rack yg menghadap firewall.
ati2 jgn salah langkah kaya sy wkwkwk..... kan ada mobil yg baut setelannya di dalam baut yg gede. ga taunya mobil kita itu langsung. Jd mur gede kendorin tp jangan sampai lepas asal baut 14 di tengah bisa muter, trus stel nya yg baut 14 di tengah. dikiiiiit aja muternya. clockwise utk mengencangkan (free play/backlash mengecil) dan counterclockwise utk mengendorkan (free play/backlash membesar). abis itu mur gede nya kencengin lagi utk ngelock.
tdk perlu spooring krn cuma ngatur backlash pinion vs rack gear.
mantepp
besok saya coba stel ahh
ini si ipah tua saya beratt nya melebihi si fuso kepala kuning.. mau saya kendorin
handtools lagi, iseng beli dongkrak ulir model 'innova'
berat banget, perasaan dulu punya innova muternya enteng. Udah kasih oli rendem semalaman.
Entengan dikit, tapi begitu 32cm, berat sampe ga bisa putar 1 tangan, 2 tangan pegang engkolnya kayak muter setir....
testing max aja sih sampe 40cm, sebenernya ga perlu setinggi itu udah keangkat 2 roda depan fwd.
Sempet coba dongkrak buaya kecil 2 ton buat dongkrak samping untuk angkat roda depan avanza, eh ga sampai melayang bannya....
pakai dongkrak gunting malah lebih bisa.
...........
yah yg puter gitu berat n lama om hehehe ..... mending dongkrak botol hidrolik itu aja sy ga pernah suka.
kl ga sampai ban nggantung pakai ganjel balok kayu aja om
stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu
trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?
tergantung mobil. lain mobil, lain posisi. ini ada contoh kepunyaan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox :
2020-06-04 09.43.27.jpg
panah kuning ke roda kanan (depan tentunya), panah biru ke setir.
20200604_093213.jpg
sebelum puter-puter, alangkah baiknya ditandain dulu supaya inget posisi awal.
kalo ipah, posisi bautnya berlawanan dengan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox ini.
karena nggak punya SST-nya, saya pake ini :
20200604_093331.jpg
supaya lebih leluasa, buka dulu bracket pegangan pipa power steering yang ke chassis pake kunci 10 mm, setelah itu kendorin nipple pipanya yang ke pompa power steering pake kunci pas (17 mm atau 19 mm saya lupa), geser pipanya trus kencengin lagi nipple-nya supaya P.S fluid nggak netes.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra wrote: Wed Jun 03, 2020 16:02
Klo ane udah ada spare nih bushing steering racknya....
wow sampe nyetok ya om ..... trus gantinya dimana?
Gantinya di bengkel biasa om..tp spesialis ex taksi gitu. mobil ane kan yaris tuh byk common partsnya sm new vios.. Nah biasanya nanya kesana dlu tuh..krn dia ada akses ke sparepart blueb**d. Nah blueb**d kan ada disupport toyota tuh partnya. Ini aja dpt rack end, tie rod, stabilizer link original tp lebih murah dripd beres. Bushing rack steer jg dri dia sih. Ktnya original..
singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 7:56
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....
Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil
regards,
singachu
ah persis spt yg di video sy posting itu yg org medan ya. emang katanya penyakitnya itu krn bahannya plastik. kl diganti akan begitu lagi. dan konon part tsb ga ada bushingnya aja tp hrs beli assy.
tp ada yg bilang kl diganti teflon setir akan jd berat. kecuali ada tempat spesialis yg bikin dr teflon tp tetap ada O-ring nya nah itu baru oke.
Om Singachu, kira2 bongpas bushing itu susah ga? sy alat lengkap sampai bongpas rack end dan boot nya. cuma kata yg pernah bongkar, diameter rumah rack lbh kecil drpd diameter bushing itu. ada video nya ga om?
update:
eh dapet videonya om.... wah ini bisa dilakukan on-board ga ya? tantangan ini.
yg diganti teflon mungkin sudah sy lakukan di mobilio saya, krn sudah direkondisi rack steernya. efeknya setelah rekondisi putaran setir jadi lebih berat, gak tau mengurangi umur motor EPS gak. dan saya jg gak tau rekondisi ini ganti pakai teflon atau PU.
singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 7:56
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....
Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil
regards,
singachu
ah persis spt yg di video sy posting itu yg org medan ya. emang katanya penyakitnya itu krn bahannya plastik. kl diganti akan begitu lagi. dan konon part tsb ga ada bushingnya aja tp hrs beli assy.
tp ada yg bilang kl diganti teflon setir akan jd berat. kecuali ada tempat spesialis yg bikin dr teflon tp tetap ada O-ring nya nah itu baru oke.
Om Singachu, kira2 bongpas bushing itu susah ga? sy alat lengkap sampai bongpas rack end dan boot nya. cuma kata yg pernah bongkar, diameter rumah rack lbh kecil drpd diameter bushing itu. ada video nya ga om?
update:
eh dapet videonya om.... wah ini bisa dilakukan on-board ga ya? tantangan ini.
iya teflonnya memang seret, pertamanya akan berat, tapi lama2 katanya makin enteng.
Nah kalau liat yang ngerjain sepertinya mudah buat mereka, tapi ya memang udah hari2 pegang understel mungkin beda ya. Aku ga videoin waktu itu. dan ga tau pasti yang diganjel apa waktu ada yang muter setir dari dalam.
Masangnya sepertinya kok juga gampang, ya ga merhatikan lagi sih.
singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 7:56
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....
Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil
regards,
singachu
ganti dengan bahan teflon belum tentu masalah selesai.
terkadang bushing plastik masih sehat, tetapi setelan di steering rack yang bermasalah.
ada baut besar di steering rack yang berfungsi mengatur jarak antara batang rack dengan pinion gear, itu musti pas nyetelnya. kalo terlalu longgar bisa glodakan. kerapetan malah jadi kaya muscle steering.
iya, kebanyakan yang report balik kalau ada problem biasanya jarang, karena beneran solved harusnya diliat long term.
Dari bbrp baca2 ada yang beneran solved, ada yang kumat lagi. Sama seperti ganti steering rack claim ganti segelundung, setahun udah bunyi lagi.
Berarti langkah awal coba di setel yang sekiranya blom muscle steering dan bunyi ilang dulu ya ?
Kaleng wrote: Thu Jun 04, 2020 6:04
yg diganti teflon mungkin sudah sy lakukan di mobilio saya, krn sudah direkondisi rack steernya. efeknya setelah rekondisi putaran setir jadi lebih berat, gak tau mengurangi umur motor EPS gak. dan saya jg gak tau rekondisi ini ganti pakai teflon atau PU.
sejak ganti sampai sekarang udah berapa lama ?
sebenernya itu bushing bisa kita kasih pelumas sendiri untuk perawatan ga ya ?
lepas boot plastik terus kasih oli ?
Pertimbangan apa ke alternator dan girbox om?
Fotoin kalau gak merepotkan om
bantu jawab om ..... nempel/dekat yg ada arus besar (alternator, lampu hi watt tambahan, klakson sirine aftermarket hi watt) dan yg dekat control unit (ecu, transmisi, body control module, dsb)
tepat skali jawaban om omni
utk posisi saya ga bisa fotoin krn posisi nya musti copotin air filter box dan satu lagi nyempil di blakang alternatornya, tp sebenernya terserah mau dipasang dmana, asal jangan di kutub positip aki, atau yg arus positif