koleksi hand tools........

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 8:48
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 8:18
Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 7:58 mau tambah kabel grounding. mumpung WFH
nanti pakai scon dan selain dijepit scon juga disolder agar semua penampang serabut kabel terhubung dengan timah.

Ada yang pengalaman DIY? sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja.
Mobilnya ANKI/Innova dan Mobilio/HRV
kabel grounding.jpg

Lihat grounding Honda dari minus aki cuma ke body mobil, dari body mobil baru balik ke mesin
Kalau Innova dari minus aki ke body dan satu lagi entah kemana.

sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja?
Anki kayanya ga krusial om, Toyota ud masi ckup banyak

Mending pasang utk hrv ama mobilio, pelit skali saya liat, cuman kabel sebiji ke body saja, itupun kabel kecil imut2, ga besar diameternya
Bener om. Honda itu aneh masak dari minus aki keluar cuma 1:
1. keluar cuma 1 kabel ke body mobil
2. dari body mobil ada kabel ground balik ke mesin

Kalau Innova dari minus aki keluar 2 cabang.
1. satu ke body mobil,
2. satunya lagi kayanya ikut kabel kemana mana dia
Yg anki, satu ke body, satu lg ke mesin om dan dipecah ke body jg, dr mesin pun jg ad yg ke girbok matic.. ini yg saya appreciate dr anki, niat banget, bahkan ipah tua saya aj ga segitu banyak, cuman ke body 2 titik doank, tp masi tetep lebi banyak dr hrv

Kl d hrv, saya hanya tambah ke girbok matic dan ke alternator, simple saja
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 8:15
@ omnibus

Kl steering rack hoki2an om, bnyak jg gapapa koq.. saya punya waktu itu emg ud cacat dr odo muda, klutuk2 cuman makin lama makin kenceng

Beres waktu itu sempet vonis emg cacat dr bushing swing arm, tp anehnya ga retak, jadinya saya blg ga usa d ganti .. ketauan pas odo 70an rebu, pas skalian mau ganti as roda, bushing plastik steering racknya sudah pecah lama ampe oblak..

Mending kasi ke beres aj om kerjain nya, kan masi garansi.. waktu itu saya liat mreka ampe turunin sub frame, stabilzer dkk.. trakir saya minta suru spooring gratis
betul om untung2an ..... apalagi liat itu bushing plastik ringkih banget kayanya.

saya lg timbang2 mau ksh ke beres atau kerjain sendiri. tadi sdh sampai lepasin tie rod dr knuckle, ditest tarikdorong ga bunyi rack end nya. tinggal buka boot clamp yg oetiker itu tp krn ga punya spare nya jd ga jadi. mau sy intip dulu kl gampang tanpa turunin rack/subframe ya mending kerjain sendiri. masalahnya kl turunin subframe hrs punya engine holding bar krn engine mounting blkg dilepas juga.

penasaran bisa dikodok on board ga ya. semua sih pada off board di video artinya mustahil on board ya hahahaha

oya ane udah cekin semua as roda, strut mounting atas, bushung stabil, link stabil semua oke. udah 99% yakin rack steer bushing.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Jun 02, 2020 16:34

di rmh sy yg di jkt ada alat sedot oli, keliatan busanya banyak beda dr yg lain.

Image

untung om jauh... kalo enggak, saya jitak karena bikin ngiler punya begituan....
:big_cry:


singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 7:56
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....

Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil

regards,
singachu

ganti dengan bahan teflon belum tentu masalah selesai.
terkadang bushing plastik masih sehat, tetapi setelan di steering rack yang bermasalah.
ada baut besar di steering rack yang berfungsi mengatur jarak antara batang rack dengan pinion gear, itu musti pas nyetelnya. kalo terlalu longgar bisa glodakan. kerapetan malah jadi kaya muscle steering.


Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 8:48

-

Honda itu aneh masak dari minus aki keluar cuma 1:
1. keluar cuma 1 kabel ke body mobil
2. dari body mobil ada kabel ground balik ke mesin

Kalau Innova dari minus aki keluar 2 cabang.
1. satu ke body mobil,
2. satunya lagi kayanya ikut kabel kemana mana dia

keduanya nggak masalah, asalkan besaran kabel cukup dan permukaan tempat kabel nempel bersih dari coating. plus, sambungan bener-bener kenceng nggak asal nempel.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Jun 03, 2020 11:41
Omnibus wrote: Tue Jun 02, 2020 16:34

di rmh sy yg di jkt ada alat sedot oli, keliatan busanya banyak beda dr yg lain.

untung om jauh... kalo enggak, saya jitak karena bikin ngiler punya begituan....
:big_cry:


emang ga capek sih om pake begituan tp kompresornya musti yg besar. msh ada tuh komoresor ABAC italy 3 phase 5 HP. listriknya boros wkwkwkwk
marmut wrote: Wed Jun 03, 2020 11:41
singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 7:56
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....

Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil

regards,
singachu

ganti dengan bahan teflon belum tentu masalah selesai.
terkadang bushing plastik masih sehat, tetapi setelan di steering rack yang bermasalah.
ada baut besar di steering rack yang berfungsi mengatur jarak antara batang rack dengan pinion gear, itu musti pas nyetelnya. kalo terlalu longgar bisa glodakan. kerapetan malah jadi kaya muscle steering.
kenapa ga dari tadi ini ngomongnya ..... beneran sy udah mau buka itu setelan speleng tapi ga jadi krn kok yakin bgt bushing plastik lucknat yg jd biang keladinya.

ya udah besok terpaksa angkat lagi tuh mobil ...... :big_bored:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

lahhh yg ntu belom beres ini udah dateng ..... mana sakit gigi lagi.... :wkkk:

yg penting hati senang ..... 3S kl kata om kompre ..... suka senang sikaattt

IMG_20200603_192028.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 12:08

kenapa ga dari tadi ini ngomongnya ..... beneran sy udah mau buka itu setelan speleng tapi ga jadi krn kok yakin bgt bushing plastik lucknat yg jd biang keladinya.

ya udah besok terpaksa angkat lagi tuh mobil ...... :big_bored:

:big_biglaugh:













:ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 10:44
Yg anki, satu ke body, satu lg ke mesin om dan dipecah ke body jg, dr mesin pun jg ad yg ke girbok matic.. ini yg saya appreciate dr anki, niat banget, bahkan ipah tua saya aj ga segitu banyak, cuman ke body 2 titik doank, tp masi tetep lebi banyak dr hrv

Kl d hrv, saya hanya tambah ke girbok matic dan ke alternator, simple saja
Pertimbangan apa ke alternator dan girbox om?
Fotoin kalau gak merepotkan om
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 14:35
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 10:44
Yg anki, satu ke body, satu lg ke mesin om dan dipecah ke body jg, dr mesin pun jg ad yg ke girbok matic.. ini yg saya appreciate dr anki, niat banget, bahkan ipah tua saya aj ga segitu banyak, cuman ke body 2 titik doank, tp masi tetep lebi banyak dr hrv

Kl d hrv, saya hanya tambah ke girbok matic dan ke alternator, simple saja
Pertimbangan apa ke alternator dan girbox om?
Fotoin kalau gak merepotkan om
bantu jawab om ..... nempel/dekat yg ada arus besar (alternator, lampu hi watt tambahan, klakson sirine aftermarket hi watt) dan yg dekat control unit (ecu, transmisi, body control module, dsb)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Jun 03, 2020 14:03

:big_biglaugh:













:ngacir:
udah mbah, langsung ta kerjain. tetep ga bisa, masih bunyi. confirm udah bushing plastik, ga ada suspect lain.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 15:03
Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 14:35
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 10:44
Yg anki, satu ke body, satu lg ke mesin om dan dipecah ke body jg, dr mesin pun jg ad yg ke girbok matic.. ini yg saya appreciate dr anki, niat banget, bahkan ipah tua saya aj ga segitu banyak, cuman ke body 2 titik doank, tp masi tetep lebi banyak dr hrv

Kl d hrv, saya hanya tambah ke girbok matic dan ke alternator, simple saja
Pertimbangan apa ke alternator dan girbox om?
Fotoin kalau gak merepotkan om
bantu jawab om ..... nempel/dekat yg ada arus besar (alternator, lampu hi watt tambahan, klakson sirine aftermarket hi watt) dan yg dekat control unit (ecu, transmisi, body control module, dsb)
tepat skali jawaban om omni

utk posisi saya ga bisa fotoin krn posisi nya musti copotin air filter box dan satu lagi nyempil di blakang alternatornya, tp sebenernya terserah mau dipasang dmana, asal jangan di kutub positip aki, atau yg arus positif
Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 15:05
marmut wrote: Wed Jun 03, 2020 14:03
udah mbah, langsung ta kerjain. tetep ga bisa, masih bunyi. confirm udah bushing plastik, ga ada suspect lain.
kl gt lgs claim aj om, gratis koq, lmayan dapet steering rack gratis .. kl masi ga gratis, gebrak meja
jaman skrg, ngomong bae2 dtolak, gebrak meja bertindak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 12:23 lahhh yg ntu belom beres ini udah dateng ..... mana sakit gigi lagi.... :wkkk:

yg penting hati senang ..... 3S kl kata om kompre ..... suka senang sikaattt


IMG_20200603_192028.jpg
shock gas ya om ? ga malah jd keras tuh ?

saya ga tau karakter spring nya vrz itu letoy atau ud kaku, tp kl di ipah jadul saya, entah karakter spring nya ud letoy atau emg letoy dr baru, dipakein shock gas malah enak, dan ini cuman bole buat shock blakang doank, kl shock depan wajib oli, kl ga , persis naek delman
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed Jun 03, 2020 11:41
ganti dengan bahan teflon belum tentu masalah selesai.
terkadang bushing plastik masih sehat, tetapi setelan di steering rack yang bermasalah.
ada baut besar di steering rack yang berfungsi mengatur jarak antara batang rack dengan pinion gear, itu musti pas nyetelnya. kalo terlalu longgar bisa glodakan. kerapetan malah jadi kaya muscle steering.

mbah,

stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu

trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 15:27
shock gas ya om ? ga malah jd keras tuh ?

saya ga tau karakter spring nya vrz itu letoy atau ud kaku, tp kl di ipah jadul saya, entah karakter spring nya ud letoy atau emg letoy dr baru, dipakein shock gas malah enak, dan ini cuman bole buat shock blakang doank, kl shock depan wajib oli, kl ga , persis naek delman
karakter spring tdk kaku, malah sy cocok. justru shock nya yg response nya telat dan rebound nya kurang absorb. ga tau ini shock oem nya single or double action.

ome ada 2 tipe, yg sport dan classic. yg sport terlalu keras, sy ambil yg classic. cross my fingers cocok.
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 15:28
marmut wrote: Wed Jun 03, 2020 11:41
mbah,

stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu

trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?
di bagian blkg rack yg menghadap firewall.

ati2 jgn salah langkah kaya sy wkwkwk..... kan ada mobil yg baut setelannya di dalam baut yg gede. ga taunya mobil kita itu langsung. Jd mur gede kendorin tp jangan sampai lepas asal baut 14 di tengah bisa muter, trus stel nya yg baut 14 di tengah. dikiiiiit aja muternya. clockwise utk mengencangkan (free play/backlash mengecil) dan counterclockwise utk mengendorkan (free play/backlash membesar). abis itu mur gede nya kencengin lagi utk ngelock.

tdk perlu spooring krn cuma ngatur backlash pinion vs rack gear.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: koleksi hand tools........

Post by yanuarra »

Ahh rack steering.. bener kata mbah marmut.. taun kmren setir mobil ane keluhan agak berat.. itu si montir cuma ngolong sambil bawa kunci.. bentaran doang.. dah gitu suruh coba eh iya entengan..
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: koleksi hand tools........

Post by yanuarra »

Klo ane udah ada spare nih bushing steering racknya....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Wed Jun 03, 2020 16:02 Klo ane udah ada spare nih bushing steering racknya....
wow sampe nyetok ya om ..... trus gantinya dimana?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 15:41
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 15:27
shock gas ya om ? ga malah jd keras tuh ?

saya ga tau karakter spring nya vrz itu letoy atau ud kaku, tp kl di ipah jadul saya, entah karakter spring nya ud letoy atau emg letoy dr baru, dipakein shock gas malah enak, dan ini cuman bole buat shock blakang doank, kl shock depan wajib oli, kl ga , persis naek delman
karakter spring tdk kaku, malah sy cocok. justru shock nya yg response nya telat dan rebound nya kurang absorb. ga tau ini shock oem nya single or double action.

ome ada 2 tipe, yg sport dan classic. yg sport terlalu keras, sy ambil yg classic. cross my fingers cocok.
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 15:28
marmut wrote: Wed Jun 03, 2020 11:41
mbah,

stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu

trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?
di bagian blkg rack yg menghadap firewall.

ati2 jgn salah langkah kaya sy wkwkwk..... kan ada mobil yg baut setelannya di dalam baut yg gede. ga taunya mobil kita itu langsung. Jd mur gede kendorin tp jangan sampai lepas asal baut 14 di tengah bisa muter, trus stel nya yg baut 14 di tengah. dikiiiiit aja muternya. clockwise utk mengencangkan (free play/backlash mengecil) dan counterclockwise utk mengendorkan (free play/backlash membesar). abis itu mur gede nya kencengin lagi utk ngelock.

tdk perlu spooring krn cuma ngatur backlash pinion vs rack gear.
mantepp

besok saya coba stel ahh

ini si ipah tua saya beratt nya melebihi si fuso kepala kuning.. mau saya kendorin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 8:36 Capture.JPG

handtools lagi, iseng beli dongkrak ulir model 'innova'
berat banget, perasaan dulu punya innova muternya enteng. Udah kasih oli rendem semalaman.
Entengan dikit, tapi begitu 32cm, berat sampe ga bisa putar 1 tangan, 2 tangan pegang engkolnya kayak muter setir....
testing max aja sih sampe 40cm, sebenernya ga perlu setinggi itu udah keangkat 2 roda depan fwd.

Sempet coba dongkrak buaya kecil 2 ton buat dongkrak samping untuk angkat roda depan avanza, eh ga sampai melayang bannya....
pakai dongkrak gunting malah lebih bisa.

...........
yah yg puter gitu berat n lama om hehehe ..... mending dongkrak botol hidrolik itu aja sy ga pernah suka.

kl ga sampai ban nggantung pakai ganjel balok kayu aja om
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: koleksi hand tools........

Post by Jambangan »

Omnibus wrote: Sat May 30, 2020 15:26
Jambangan wrote: Sat May 30, 2020 14:39
Rush jadul mod
Sama aja kan kyk avanza?
Pernah bongkar shockbreaker avanza mod?
ga susah kok om ..... malah kl yg belakang itu santai bgt ngerjainnya.

kl tentang kunci2 nomer brp sy ga pernah tau krn sy punya satu set jd bawa aja semua
Udah nonton di youtube om kyknya sih ga terlalu sulit wkwkwk
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 15:28

stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu

trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?


tergantung mobil. lain mobil, lain posisi. ini ada contoh kepunyaan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox :


2020-06-04 09.43.27.jpg

panah kuning ke roda kanan (depan tentunya), panah biru ke setir.


20200604_093213.jpg

sebelum puter-puter, alangkah baiknya ditandain dulu supaya inget posisi awal.

kalo ipah, posisi bautnya berlawanan dengan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox ini.
karena nggak punya SST-nya, saya pake ini :


20200604_093331.jpg

supaya lebih leluasa, buka dulu bracket pegangan pipa power steering yang ke chassis pake kunci 10 mm, setelah itu kendorin nipple pipanya yang ke pompa power steering pake kunci pas (17 mm atau 19 mm saya lupa), geser pipanya trus kencengin lagi nipple-nya supaya P.S fluid nggak netes.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: koleksi hand tools........

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 16:09
yanuarra wrote: Wed Jun 03, 2020 16:02 Klo ane udah ada spare nih bushing steering racknya....
wow sampe nyetok ya om ..... trus gantinya dimana?
Gantinya di bengkel biasa om..tp spesialis ex taksi gitu. mobil ane kan yaris tuh byk common partsnya sm new vios.. Nah biasanya nanya kesana dlu tuh..krn dia ada akses ke sparepart blueb**d. Nah blueb**d kan ada disupport toyota tuh partnya. Ini aja dpt rack end, tie rod, stabilizer link original tp lebih murah dripd beres. Bushing rack steer jg dri dia sih. Ktnya original..
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: koleksi hand tools........

Post by yanuarra »

Siang ini nggarap mesin cuci :big_biglaugh:
IMG_20200604_121709.jpg
Asem males ngerakitnya lagi :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: koleksi hand tools........

Post by Kaleng »

Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 10:03
singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 7:56
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....

Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil

regards,
singachu
ah persis spt yg di video sy posting itu yg org medan ya. emang katanya penyakitnya itu krn bahannya plastik. kl diganti akan begitu lagi. dan konon part tsb ga ada bushingnya aja tp hrs beli assy.

tp ada yg bilang kl diganti teflon setir akan jd berat. kecuali ada tempat spesialis yg bikin dr teflon tp tetap ada O-ring nya nah itu baru oke.

Om Singachu, kira2 bongpas bushing itu susah ga? sy alat lengkap sampai bongpas rack end dan boot nya. cuma kata yg pernah bongkar, diameter rumah rack lbh kecil drpd diameter bushing itu. ada video nya ga om?

update:
eh dapet videonya om.... wah ini bisa dilakukan on-board ga ya? tantangan ini.

yg diganti teflon mungkin sudah sy lakukan di mobilio saya, krn sudah direkondisi rack steernya. efeknya setelah rekondisi putaran setir jadi lebih berat, gak tau mengurangi umur motor EPS gak. dan saya jg gak tau rekondisi ini ganti pakai teflon atau PU.
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 10:03
singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 7:56
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....

Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil

regards,
singachu
ah persis spt yg di video sy posting itu yg org medan ya. emang katanya penyakitnya itu krn bahannya plastik. kl diganti akan begitu lagi. dan konon part tsb ga ada bushingnya aja tp hrs beli assy.

tp ada yg bilang kl diganti teflon setir akan jd berat. kecuali ada tempat spesialis yg bikin dr teflon tp tetap ada O-ring nya nah itu baru oke.

Om Singachu, kira2 bongpas bushing itu susah ga? sy alat lengkap sampai bongpas rack end dan boot nya. cuma kata yg pernah bongkar, diameter rumah rack lbh kecil drpd diameter bushing itu. ada video nya ga om?

update:
eh dapet videonya om.... wah ini bisa dilakukan on-board ga ya? tantangan ini.

iya teflonnya memang seret, pertamanya akan berat, tapi lama2 katanya makin enteng.

Nah kalau liat yang ngerjain sepertinya mudah buat mereka, tapi ya memang udah hari2 pegang understel mungkin beda ya. Aku ga videoin waktu itu. dan ga tau pasti yang diganjel apa waktu ada yang muter setir dari dalam.
Masangnya sepertinya kok juga gampang, ya ga merhatikan lagi sih.
marmut wrote: Wed Jun 03, 2020 11:41
singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 7:56
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....

Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil

regards,
singachu

ganti dengan bahan teflon belum tentu masalah selesai.
terkadang bushing plastik masih sehat, tetapi setelan di steering rack yang bermasalah.
ada baut besar di steering rack yang berfungsi mengatur jarak antara batang rack dengan pinion gear, itu musti pas nyetelnya. kalo terlalu longgar bisa glodakan. kerapetan malah jadi kaya muscle steering.

iya, kebanyakan yang report balik kalau ada problem biasanya jarang, karena beneran solved harusnya diliat long term.
Dari bbrp baca2 ada yang beneran solved, ada yang kumat lagi. Sama seperti ganti steering rack claim ganti segelundung, setahun udah bunyi lagi.

Berarti langkah awal coba di setel yang sekiranya blom muscle steering dan bunyi ilang dulu ya ?
Kaleng wrote: Thu Jun 04, 2020 6:04
yg diganti teflon mungkin sudah sy lakukan di mobilio saya, krn sudah direkondisi rack steernya. efeknya setelah rekondisi putaran setir jadi lebih berat, gak tau mengurangi umur motor EPS gak. dan saya jg gak tau rekondisi ini ganti pakai teflon atau PU.
sejak ganti sampai sekarang udah berapa lama ?


sebenernya itu bushing bisa kita kasih pelumas sendiri untuk perawatan ga ya ?
lepas boot plastik terus kasih oli ?

regards,
singachu
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 15:23
Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 15:03
Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 14:35

Pertimbangan apa ke alternator dan girbox om?
Fotoin kalau gak merepotkan om
bantu jawab om ..... nempel/dekat yg ada arus besar (alternator, lampu hi watt tambahan, klakson sirine aftermarket hi watt) dan yg dekat control unit (ecu, transmisi, body control module, dsb)
tepat skali jawaban om omni

utk posisi saya ga bisa fotoin krn posisi nya musti copotin air filter box dan satu lagi nyempil di blakang alternatornya, tp sebenernya terserah mau dipasang dmana, asal jangan di kutub positip aki, atau yg arus positif
Foto dari atas saja om. sambil dijelasin singkat