Mobil '07 yang bisa menghadang Livina & Car of the Year

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

geli2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Oct 01, 2006 7:39

Post by geli2 »

Leonhearts wrote:Sebenarnya gl bukan menghadang tapi hanya memberikan sedikit perlawanan pada innova. Terbukti innova tetap laris manis. Faktanya orang indo masih tetap memilih mpv yang memiliki space comfort. Memang gl itu fan to drive. Saya jg dah test drive. Tetapi sebagai fungsi mbl penumpang. Kalo gl yg menikmati mobil yg nyetir doang tetapi innova yang jadi penumpang bs menikmati nyamannya space yg luas. Bagi yang pake supir pasti lebih pilih inova tapi bagi yang suka nyupir sendiri ya gl tp dgn mengabaikan kenyamanan 6 penumpang.
Setuju bung.

Memang GL tidak akan membunuh Innova. Tapi yang harus diakui, justru pihak Honda yang paling merasakan dampak dari kehadiran GL. Karena kalau bicara pembunuhan, Stream telah merasakan akibatnya.

Untuk menghadang Innova, sepertinya GL tidak dirancang untuk itu. Buktinya kapasitas produksi awalnya oleh NMI cuma 1500 per bulan.
<Start><IFRAME></IFRAME><End>
geli2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Oct 01, 2006 7:39

Post by geli2 »

Leonhearts wrote:Yang akan menghadang gl di taon 07 ini adalah gl itu sendiri karena sudah terlalu overexpected dan ujung2nya yang akan mengecewakan konsumennya. Kalo taon depan airwave dan logan akan menghadang
Tidak setuju dengan yang ini ...

Saya sudah menerima dan menggunakan GL 1.8 XV MT hampir 2 minggu. Kesannya : Tidak sia-sia saya menunggu ini mobil selama 4 bulan! Saya dan keluarga sangat menikmati mobil ini. Padahal sebelumnya saya sudah mempersiapkan mental, kalau-kalau saya overexpected dengan ni mobil.

Oh ya, saya juga member pasif di milis GL. Sepertinya semua member yang sudah menerima mobil sangat senang dengan mobilnya. Rasanya belum ada konsumen GL (yang sudah menerima mobil) baik di forum maupun di milis yang kecewa dengan ini mobil akibat expetasi berlebihan.

mm.., malah mungkin saya pikir, dulu saya agak underestimated dengan ini mobil (kebanyakan baca forum kali heheh)
<Start><IFRAME></IFRAME><End>
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

geli2 wrote:Memang GL tidak akan membunuh Innova. Tapi yang harus diakui, justru pihak Honda yang paling merasakan dampak dari kehadiran GL. Karena kalau bicara pembunuhan, Stream telah merasakan akibatnya.

Untuk menghadang Innova, sepertinya GL tidak dirancang untuk itu. Buktinya kapasitas produksi awalnya oleh NMI cuma 1500 per bulan.
kalo menurut gw, stream gak "dibunuh" oleh GL cuma kebetulan aja masa edar stream model thn 2002-2007 udah abis...dan gak tau kenapa, stream mdl baru harganya melambung ke kisaran 200an atas/300an jd HPM memutuskan gak memasukkan stream mdl baru karena dianggap terlalu mahal untuk pasar Indonesia.
gosipnya, HPM mao masukkin Honda Airwave (Small/compact MPV) taon depan...nah ini bisa jadi ancaman serius buat GL.

Memang sepertinya kondisi stream diatas timingnya bertepatan dengan peluncuran GL jdi banyak yg berpikir bahwa GL "membunuh" stream.

Tp mungkin jg keputusan HPM u/ tidak memasukkan stream baru tepat, karena kalau dipikir pakai logika, susah juga stream bersaing dgn GL dgn mengunakan mesin, model, dan teknologi yg hampir sama tapi dgn harga yg jauh lebih mahal. Lain halnya dengan MPV lain semisal Innova yang punya competitive advantage lain yaitu keleluasaan kabin yg notabene GL gak punya.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

geli2 wrote:
Leonhearts wrote:Yang akan menghadang gl di taon 07 ini adalah gl itu sendiri karena sudah terlalu overexpected dan ujung2nya yang akan mengecewakan konsumennya. Kalo taon depan airwave dan logan akan menghadang
Tidak setuju dengan yang ini ...

Saya sudah menerima dan menggunakan GL 1.8 XV MT hampir 2 minggu. Kesannya : Tidak sia-sia saya menunggu ini mobil selama 4 bulan! Saya dan keluarga sangat menikmati mobil ini. Padahal sebelumnya saya sudah mempersiapkan mental, kalau-kalau saya overexpected dengan ni mobil.

Oh ya, saya juga member pasif di milis GL. Sepertinya semua member yang sudah menerima mobil sangat senang dengan mobilnya. Rasanya belum ada konsumen GL (yang sudah menerima mobil) baik di forum maupun di milis yang kecewa dengan ini mobil akibat expetasi berlebihan.

mm.., malah mungkin saya pikir, dulu saya agak underestimated dengan ini mobil (kebanyakan baca forum kali heheh)
Mungkin maksud bung leonheart adalah kita jangan terlalu over-ekspektasi thd suatu mobil...perasaan boleh senang, tapi logika harus jalan terus....dan jgn selalu menganggap bahwa dgn membeli GL, kita mendapat produk dengan value yang lebih daripada harga yang kita bayarkan (alias NMI sebegitu baiknya sehingga cuma ngambil profit margin yg sangat2 tipis u/ GL ini)

maksud sy, GL itu termasuk produk baru di sini ...belom teruji dgn kondisi, cuaca, dan kondisi jalan2 di indonesia. Semua pemakai GL kan belom ada yang nembusin 6 bulan ownership dan perlu diingat kalo yg namanya mobil baru pastinya masih enak sekali rasanya (ditambah scr psikologi ada perasaan senang dapet mobil baru setelah nunggu bbrp bulan inden)........

Gl perlu diuji dulu apakah bisa menjadi mobil ideal u/ pasar Indonesia.....jangan spt kasus kebanyakan merek2 mobil amerika 10 thn yl: 4 tahun pertama sangat2 enak/nyaman, setelah itu mulai falling apart.
Last edited by Risol1 on Wed Aug 08, 2007 5:38, edited 1 time in total.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Semua yg diomong disini ada benarnya dan juga ada salahnya .. tinggal lihat dan dicerna saja .. info yg baik diambil... yg buruk ga usah dilihat :P

Tp bener kok.. GL ga bisa dibilang best of the best .. plg cuma bisa masuk kategori one of the best choice at the moment.

Nah menurut prediksi gw secara pribadi.. untung NMI plg tipis di variant GL 1.8MT mesin MR18DE 6speed... coba aja deh cari semua mobil merk dan type apapun yg sudah beredar mau SUV, MPV, SEDAN apapun deh... yg mesinnya 1.8L gearbox 6Speed berharga 165jtan, sptnya baru GL satu2 deh... pls correct me if wrong.

Yup its one of best choice .. value for money, at least for me :P
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
liongkiky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19

Post by liongkiky »

Risol1 wrote:
geli2 wrote:Memang GL tidak akan membunuh Innova. Tapi yang harus diakui, justru pihak Honda yang paling merasakan dampak dari kehadiran GL. Karena kalau bicara pembunuhan, Stream telah merasakan akibatnya.

Untuk menghadang Innova, sepertinya GL tidak dirancang untuk itu. Buktinya kapasitas produksi awalnya oleh NMI cuma 1500 per bulan.
kalo menurut gw, stream gak "dibunuh" oleh GL cuma kebetulan aja masa edar stream model thn 2002-2007 udah abis...dan gak tau kenapa, stream mdl baru harganya melambung ke kisaran 200an atas/300an jd HPM memutuskan gak memasukkan stream mdl baru karena dianggap terlalu mahal untuk pasar Indonesia.
gosipnya, HPM mao masukkin Honda Airwave (Small/compact MPV) taon depan...nah ini bisa jadi ancaman serius buat GL.

Memang sepertinya kondisi stream diatas timingnya bertepatan dengan peluncuran GL jdi banyak yg berpikir bahwa GL "membunuh" stream.

Tp mungkin jg keputusan HPM u/ tidak memasukkan stream baru tepat, karena kalau dipikir pakai logika, susah juga stream bersaing dgn GL dgn mengunakan mesin, model, dan teknologi yg hampir sama tapi dgn harga yg jauh lebih mahal. Lain halnya dengan MPV lain semisal Innova yang punya competitive advantage lain yaitu keleluasaan kabin yg notabene GL gak punya.
setuju, stream(honda) memang kalo product life cycle nya sudah habis dan sudah ada generasi barunya, walaupun yg lama masih ada demand, tidak akan diproduksi lagi.
tapi teknologi, design, & performance drive di stream 2nd gen masih jauh diatas GL kemana2 deh, it's a sports 7seater.
User avatar
liongkiky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19

Post by liongkiky »

sidalausa wrote:
FortunerMan wrote:Cadillac Escalade, Toyota Landcruiser...masih banyak kok yg ngetop2 ladder frame SUV...Jeep Wrangler pun masih ladder frame. Dua2nya (ladder frame baik monocoque) ada kelebihan dan kekurangan.
Kenapa Innova yg MPV dipake-in ladder frame, yg mestinya dipake di SUV kelas berat? Kalo perkiraaan saya karena Kijang itu kan sebenarnya mobil niaga juga, sekalian dipake mobil keluarga. Jadinya sebenernya Innova skrg ini true to its roots, sebagai mobil niaga/keluarga.
disitulah kelebihannya toyota om, pengamatan pasarnya sungguh cermat, sudah baca khan buku tentang toyota way..?
penuh inovasi dalam mencengkeram pasarnya sehingga berpuluh-puluh tahun kita disuguhi dengan produknya yang memang memenuhi kebutuhan keluarga mopun untuk niaga. dan kita memang menikmatinya.

beberapa tahun belakangan, innova mulai meng global... ya... go intl...
di Amman - Yordania, baliho innova terpampang dengan megahnya
di Jeddah - Mekkah - Arab Saudi, innova sudah ada berkeliaran...

tentunya innova yang 2.7 dengan segala features nya yang lebih lengkap lagi.

keren khan... produk Indonesia sudah meng global... :e-clap::e-clap::e-clap:

ya semoga jaya neh innova ....!!!

itulah kelebihan toyota, orientednya profit banget di mana2.
tepat membidik target pasar nya, yah kebanyakan volumenya di negara berkembang, yg masih mau terima sebagian produk dgn teknologi lebih lama.
knp mobil2 SUV/MPV ladder frame disamping kurang fun-to-drive, ini jg jadi berbobot berat yg out-performed jika di tes/review,
perlu mesin lebih besar, perlu suspensi lebih besar, sistem pemindah daya lebih besar, bearings/komponen bergerak lebih besar, rem lebih besar, ruangan utk "membenamkan" frame nya juga lebih besar =>penampang-bahan bagian2 bodi(juga material dll) lebih besar, merugikan aerodinamika - saftey & bbm.
mknya mobil ladder frame biasanya lebih boros, biaya fluida2/ban/rem dll juga dapat lebih mahal; selain user, negara yg mengimpor ini semua juga kena.
contoh cadillac escalade, tidak gesit, limbung, =>mengurangi kedinamisan, akibatnya boros bbm, ujung2nya hi-cost & pencemaran lingkungan. (ini disaat produsen lain mati2an menambah "mpg"/mile per gallon pd setiap unit nya dgn segala cara even to reach more 1 mpg)
krn faktor2 ini, ladder frame sbnrnya lebih cocok untuk penggunaan khusus spt Off road. kalo penggunaan on-road/light off road vehicle, monocoque jauh lebih banyak advantages.
dan suatu saat nanti kijang innova juga akan pakai monocoque, sama spt mpv toyota lain.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

liongkiky wrote:
Risol1 wrote:
geli2 wrote:Memang GL tidak akan membunuh Innova. Tapi yang harus diakui, justru pihak Honda yang paling merasakan dampak dari kehadiran GL. Karena kalau bicara pembunuhan, Stream telah merasakan akibatnya.

Untuk menghadang Innova, sepertinya GL tidak dirancang untuk itu. Buktinya kapasitas produksi awalnya oleh NMI cuma 1500 per bulan.
kalo menurut gw, stream gak "dibunuh" oleh GL cuma kebetulan aja masa edar stream model thn 2002-2007 udah abis...dan gak tau kenapa, stream mdl baru harganya melambung ke kisaran 200an atas/300an jd HPM memutuskan gak memasukkan stream mdl baru karena dianggap terlalu mahal untuk pasar Indonesia.
gosipnya, HPM mao masukkin Honda Airwave (Small/compact MPV) taon depan...nah ini bisa jadi ancaman serius buat GL.

Memang sepertinya kondisi stream diatas timingnya bertepatan dengan peluncuran GL jdi banyak yg berpikir bahwa GL "membunuh" stream.

Tp mungkin jg keputusan HPM u/ tidak memasukkan stream baru tepat, karena kalau dipikir pakai logika, susah juga stream bersaing dgn GL dgn mengunakan mesin, model, dan teknologi yg hampir sama tapi dgn harga yg jauh lebih mahal. Lain halnya dengan MPV lain semisal Innova yang punya competitive advantage lain yaitu keleluasaan kabin yg notabene GL gak punya.
setuju, stream(honda) memang kalo product life cycle nya sudah habis dan sudah ada generasi barunya, walaupun yg lama masih ada demand, tidak akan diproduksi lagi.
tapi teknologi, design, & performance drive di stream 2nd gen masih jauh diatas GL kemana2 deh, it's a sports 7seater.
Terus siapa dong yg telah "mulai membunuh" Innova di semester I 2007.
Dari data "Toyota Whole Sales Peformance in 2007" yang dirilis Toyota Astra Motor (TAM), penjualan Yaris turun jadi 4,260 unit (2007) dari 7,247 unit (2006). Sedangkan Innovar turun jadi 17,908 dari 21,725 unit dan Fortuner (4x2) jadi 876 dari 2,128 serta Fortuner (4x4) jadi 153 dari 239 unit. Padahal total pasar segmen 4x2 periode Januari - Juni meningkat jadi 57,947 dari 47,330 unit tahun 2006(data dari "Market Peformance in 2007").

http://www.mobilku.com tgl 10 jul 2007
Penjualan mobil nasional naik 32%. Logikannya, Penjualan Innova dianggap normal (sama dgn rata2 pertumbuhan mobil lain) kalo penjualan nya naik 32%. Ini malah turun 20%.

Siapa tuh gencect2 Innova ?... Ayo.. ngaku...! Ntar tak laporin bu guru lho.. :D :D
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

kalo nurut aku GL sih gak menghadang Innova. cuman nakut2in doank n sedikit makan pasarnya. soalnya persepsi orang indonesia tentang mobil MPV itu blm berubah. harus besar, sesuai dengan kebiasaan keluarga di sini yg kalo pergi sekeluarga, apalagi pulang kampung.... trus banjir, jalanan rusak n banyak lagi deh.

mangkanya kan sdh pernah dikasih tau oleh Nissan, dulunya waktu dirancang GL tujuannya menghadang Innova, tapi setlah melihat Avanza lebih besar pasarnya, maka GL digeser. jadi kalo aku lihat, GL digeser ke tengah2 antara Avanza n Innova. nurutku malah cukup pintar. toh segmen ini msh kosong.

soal fun to drive, setuju banget. GL ini fun to drive banget.

soal over expectation. jadi ingat jaman dulu waktu GL masih gosip2. yah dulu kalo pada bilang GL over expectation, kita liat saja nanti honda airwave meet expectation apa engga... hihihi. kalo bener2 airwave utk menghadang GL, lebih bagus lagi... saya malah setuju. supaya GL diupgrade...hehehe
geli2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Oct 01, 2006 7:39

Post by geli2 »

Risol1 wrote: Mungkin maksud bung leonheart adalah kita jangan terlalu over-ekspektasi thd suatu mobil...perasaan boleh senang, tapi logika harus jalan terus....dan jgn selalu menganggap bahwa dgn membeli GL, kita mendapat produk dengan value yang lebih daripada harga yang kita bayarkan (alias NMI sebegitu baiknya sehingga cuma ngambil profit margin yg sangat2 tipis u/ GL ini)
Jika ini himbauan, saya setuju. Karena soal ini (overexpectasi) sudah sangat sering saya baca di forum ini. Dan selalu diulang-ulang :shock:

Tapi jika himbauan ini perlu dikemukakan (kembali) karena ada yang ngomong GL bagus, ini justru timbul tanda tanya.
Soal logika: Kalau orang ngomong yang bagus2 soal GL maka orang itu selalu menganggap bahwa dgn membeli GL, kita mendapat produk dengan value yang lebih daripada harga yang kita bayarkan (alias NMI sebegitu baiknya sehingga cuma ngambil profit margin yg sangat2 tipis u/ GL ini).

Nah Jika saya ngomong space Innova jau lebih besar dari GL, kenapa kok gak ada himbauan (lagi) seperti diatas.

persamaan logikanya :
senang dengan mobil yang dibelinya + Belum ada yg kecewa di milis/forum ===> over-expektasi ===> perlu dihimbau (lagi)

Mudah-mudahan bukan begitu cara berpikirnya . Ini langsung merah raportnya kalu gini.

Mungkin sebaiknya dimengerti bahwa selera dan demands setiap individu berbeda. Dan relakan kalau orang lain punya pilihan yang berbeda.

Sorry OOT

Lagi soal stream dan logika :
Logika-nya: Cycle artinya siklus,perputaran. Kalo udah ga ada lagi (jgn ngomong diluar masih ada, karena kita ngomongin Indonesia, dimana GL berada) berarti dah mati.

Soal Pemikiran bahwa orang Indonesia masih berpikir MPV itu harus luas seluas-luasnya mungkin sudah mulai ada pergeseran. Logikanya ada 12.000 orang Indonesia mengambil keputusan untuk ambil GL dalam 4 bulan terakhir.



-_-v peace
<Start><IFRAME></IFRAME><End>
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

jadi 12rb ++ orang kaga bego kan? hehehe..
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

maxx wrote: Harga listnya jok kulit 5.6jtan .. tp perlu diketahui.. GL ultimate tidak full kulit.. tp kombinasi dg semikulit u/ bagian pinggir2nya.
Makanya gw ambil 1.8XV MT.. tinggal ngulitin sendiri .. harga resmi 5.6jt itu bisa dapat full genuine leather termasuk ngulitin stirnya.. :P
Iya deh yg Juragan Kulit,
Btw, ini bukan ttg detail Jok Kulit/semi kulitnya-nya, tapi masalah nilainya, kan pertanyaan bung Leonheart yg katanya GL Ultimate overpriced dibanding Grand Vitara JX.
tentunya dicoba dgn menguraikan dari perbedaan2 yg ada.

Ok,
saya coba jwb lagi ya Bro Leonheart :

Mungkin kalo GL Ultimate pake Gearbox 5 speed (GV JX khan 5 Speed) harganya bisa turun lagi 10jt?
cmiiw... :)
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

geli2 wrote: Lagi soal stream dan logika :
Logika-nya: Cycle artinya siklus,perputaran. Kalo udah ga ada lagi (jgn ngomong diluar masih ada, karena kita ngomongin Indonesia, dimana GL berada) berarti dah mati.
Memang benar stream dah mati........tapi bukan karena dibunuh GL atau karena HPM terlalu takutnya dengan kehadiran GL, lalu produksi stream distop.
yg bener itu stream mati karena emang siklusnya dah abis, dan penggantinya harganya mahal. stream mati karena corporate decision.
Last edited by Risol1 on Wed Aug 08, 2007 16:14, edited 1 time in total.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

geli2 wrote:Jika ini himbauan, saya setuju. Karena soal ini (overexpectasi) sudah sangat sering saya baca di forum ini. Dan selalu diulang-ulang :shock:

Tapi jika himbauan ini perlu dikemukakan (kembali) karena ada yang ngomong GL bagus, ini justru timbul tanda tanya.
Soal logika: Kalau orang ngomong yang bagus2 soal GL maka orang itu selalu menganggap bahwa dgn membeli GL, kita mendapat produk dengan value yang lebih daripada harga yang kita bayarkan (alias NMI sebegitu baiknya sehingga cuma ngambil profit margin yg sangat2 tipis u/ GL ini).

Nah Jika saya ngomong space Innova jau lebih besar dari GL, kenapa kok gak ada himbauan (lagi) seperti diatas.

persamaan logikanya :
senang dengan mobil yang dibelinya + Belum ada yg kecewa di milis/forum ===> over-expektasi ===> perlu dihimbau (lagi)

Mudah-mudahan bukan begitu cara berpikirnya . Ini langsung merah raportnya kalu gini.

Mungkin sebaiknya dimengerti bahwa selera dan demands setiap individu berbeda. Dan relakan kalau orang lain punya pilihan yang berbeda.
gak ada yang menghimbau.....sy cm mengingatkan spy kita gak mata gelap dan tetep bisa melihat suatu produk dgn kepala dingin/logika.......jgn melihat produk cm dengan feeling

sy gak mengingatkan org2 yg berkomentar ttg innova karena:
1. Thread ini bukan bicara/membahas ttg Innova....thread ini bicara ttg LIVINA......
2. Orang2 yg bicara ttg kelebihan Innova hanya menitik beratkan/memuji innova dari segi SPACE yg lebih besar dr GL(FAKTA yg gak bisa disanggah)....orang2 tsb tidak bicara bahwa innova lebih fun to drive dari GL, lebih comfort dari GL, dimasukkin 6-7 orang dewasa spacenya msh sgt comfortable...(yg adalah ukuran kualitatif yg setiap orang punya pikiran berbeda2).

Tapi point yg paling penting, saya cm mengingatkan kalo livina adalah produk baru yang masih perlu waktu untuk membuktikan dirinya......bukan sy mao menjelekkan LIVINA atau mengatakan bahwa LIVINa lebih jelek dari Innova....soalnya banyak sekali mobil yang 3-4 tahun pertama memang enak sekali tapi habis itu mulai falling apart...
so, tolong kalo mao quote comment saya, quote lah yang lengkap, jangan cuma sepotong2, soalnya bisa menimbulkan mis-communication.
risol1 wrote:Mungkin maksud bung leonheart adalah kita jangan terlalu over-ekspektasi thd suatu mobil...perasaan boleh senang, tapi logika harus jalan terus....dan jgn selalu menganggap bahwa dgn membeli GL, kita mendapat produk dengan value yang lebih daripada harga yang kita bayarkan (alias NMI sebegitu baiknya sehingga cuma ngambil profit margin yg sangat2 tipis u/ GL ini)

maksud sy, GL itu termasuk produk baru di sini ...belom teruji dgn kondisi, cuaca, dan kondisi jalan2 di indonesia. Semua pemakai GL kan belom ada yang nembusin 6 bulan ownership dan perlu diingat kalo yg namanya mobil baru pastinya masih enak sekali rasanya (ditambah scr psikologi ada perasaan senang dapet mobil baru setelah nunggu bbrp bulan inden)........

Gl perlu diuji dulu apakah bisa menjadi mobil ideal u/ pasar Indonesia.....jangan spt kasus kebanyakan merek2 mobil amerika 10 thn yl: 4 tahun pertama sangat2 enak/nyaman, setelah itu mulai falling apart.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

Maksud saya dgn over ekspektasi adalah: jgn lah terlalu memposisikan Livina terlalu tinggi, karena setiap produk pasti punya kelemahan masing2 . Dan juga supaya pada saat kelemahan2 itu datang, kita jgn terhempas jatuh terlalu dalam....

soalnya saya belom pernah melihat satu produk lain yg begitu diagung-agungkan spt livina di forum ini.....

sekali lagi sbg salah seorang penggemar otomotif, sy cm mengingatkan bukan menghimbau....siapa sih saya bisa menghimbau??.... :e-naughty:
geli2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Oct 01, 2006 7:39

Post by geli2 »

gak ada yang menghimbau.....sy cm mengingatkan spy kita gak mata gelap dan tetep bisa melihat suatu produk dgn kepala dingin/logika.......jgn melihat produk cm dengan feeling
mm.. cuma mengingatkan toh? Ok bos, tetap saya setuju.
sy gak mengingatkan org2 yg berkomentar ttg innova karena:
1. Thread ini bukan bicara/membahas ttg Innova....thread ini bicara ttg LIVINA......
2. Orang2 yg bicara ttg kelebihan Innova hanya menitik beratkan/memuji innova dari segi SPACE yg lebih besar dr GL(FAKTA yg gak bisa disanggah)....orang2 tsb tidak bicara bahwa innova lebih fun to drive dari GL, lebih comfort dari GL, dimasukkin 6-7 orang dewasa spacenya msh sgt comfortable...(yg adalah ukuran kualitatif yg setiap orang punya pikiran berbeda2).
1. thread ini membahas mobil-mobil yang bisa menghadang GL, termasuk innova yang kalo anda baca, disinggung juga dalam thread ini.
2. Pendekatan Kwantitatif dari livina yang nyata adalah konsumsi BBM. Comfort-nya yang dijargonkan NMI sayangnya adalah masalah subjektif. (Jangan suruh orang pake logika-nya saja kalo soal ini. Rasakan sendiri bedanya )
Tapi point yg paling penting, saya cm mengingatkan kalo livina adalah produk baru yang masih perlu waktu untuk membuktikan dirinya......bukan sy mao menjelekkan LIVINA atau mengatakan bahwa LIVINa lebih jelek dari Innova....soalnya banyak sekali mobil yang 3-4 tahun pertama memang enak sekali tapi habis itu mulai falling apart...
so, tolong kalo mao quote comment saya, quote lah yang lengkap, jangan cuma sepotong2, soalnya bisa menimbulkan mis-communication.
Nah ini kan sudah saya katakan saya setuju. Tidak ada yang miss komunikasi.
Yang saya quote kan adalah masalah logikanya. Kenapa? Mungkin anda tidak menyadari, dengan menulis ...perasaan boleh senang, tapi logika harus jalan terus...., artinya anda merasa perlu untuk mengingatkan member SM yang kebetulan pemilik Livina untuk mempergunakan logikanya. Logika apa? Logika ekspektasi tadi... yang sudah bosan rasanya dibahas dari jaman baheula dan rasanya gak ada ada lagi member sini yang tidak mempergunakan logikanya dalam hal membeli livina.
Mohon pengertiannya kalu member disini sudah sangat ngeh soal livina termasuk logika pengambilan keputusan pembelian livina.

Ini OOT terakhir dari saya. Mat tidor bos2
<Start><IFRAME></IFRAME><End>
kikipik
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Apr 23, 2007 6:56

Post by kikipik »

inti dari segala inti ,hehehehe , bung leonhearts vs bung sithlord bakal rame berat nih , tinggal dikasih pedang , kita bisa liat show yg berdarah-darah , hehehe .. sorry OOT asli :twisted: :lol: :P
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

geli2 wrote:1. thread ini membahas mobil-mobil yang bisa menghadang GL, termasuk innova yang kalo anda baca, disinggung juga dalam thread ini.
2. Pendekatan Kwantitatif dari livina yang nyata adalah konsumsi BBM. Comfort-nya yang dijargonkan NMI sayangnya adalah masalah subjektif. (Jangan suruh orang pake logika-nya saja kalo soal ini. Rasakan sendiri bedanya )
1. Tp mobil-mobil tersebut dicompare ke livina kan? dari judulnya aja dah jelas. maksudnya livina jadi pusat/benchmark untuk compare mobil2 lain.
2. Kalo mengenai konsumsi BBM, akselerasi 0-100, atau informasi yang sifatnya FAKTA, saya gak pernah membantah alias selalu setuju. Dan saya jg akui di postingan lalu bahwa livina lebih irit dan kencang......Tapi kalo sesuatu yang bersifat kualitatif misalnya joy of ride atau comfort level, kita gak bisa menyamaratakan pendapat orang lain bahwa livina lebih enak juga karena sekali lagi orang beda2....

Jangan juga seolah2 kita mao memaksakan pendapat kita ke orang lain dengan mengatakan "Comfort-nya yang dijargonkan NMI sayangnya adalah masalah subjektif. (Jangan suruh orang pake logika-nya saja kalo soal ini. Rasakan sendiri bedanya". Menurut saya, pasti ada saja orang yang bilang bahwa mobil lain lebih comfort dari livina walaupun udah TD Livina karena ukuran "comfort" itu berbeda2 buat setiap orang.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

geli2 wrote:Yang saya quote kan adalah masalah logikanya. Kenapa? Mungkin anda tidak menyadari, dengan menulis ...perasaan boleh senang, tapi logika harus jalan terus...., artinya anda merasa perlu untuk mengingatkan member SM yang kebetulan pemilik Livina untuk mempergunakan logikanya. Logika apa? Logika ekspektasi tadi... yang sudah bosan rasanya dibahas dari jaman baheula dan rasanya gak ada ada lagi member sini yang tidak mempergunakan logikanya dalam hal membeli livina.
Mohon pengertiannya kalu member disini sudah sangat ngeh soal livina termasuk logika pengambilan keputusan pembelian livina.

Ini OOT terakhir dari saya. Mat tidor bos2
Saya bukan hanya mao mengingatkan member SM yg pemilik Livina saja, tapi sy mao mengingatkan semua member (yg punya livina ataupun tidak) dan menjadikan postingan ini sbg bahan perenungan. Jadi tolong jangan dianggap sy hanya menyerang satu pihak aja (dalam hal ini pemilik livina), saya cm mao melihat sebuah product secara fair dan objektif. dan menurut saya, tulisan yg fair dan objektif lebih mudah dibuat oleh orang yang tidak punya kedua produk yang sedang dibandingkan.

Finally, Kita jg sama2 hrs belajar menerima/menghargai pendapat org lain walaupun gak sealiran dgn kita.....namanya jg forum otomotif. :D

Met tidur juga bro! :D
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

gw awam banget nih soal otomotif tp pas nyoba GL enak banget,stirnya, suspensinya,posisi pengemudinya. beberapa yg gw perhatiin yg agak minus ;ada suara skuter pas gigi 1, stir kurang center/agak ke kiri dan settingan default koplingnya bikin mesin sering mati (kurang lebar range-nya). tapi berhubung gw pasangan muda dan pas masukin ke garasi juga mentok jadi gw gakikut2an indent. tunggu livina 5 seater (sambil ngamati reliability GL dan ASS NMI) atau all new jazz/wish/all new avanza.
menurut gw emang saat ini GL belum ada yg menghadang scr head to head.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Mike wrote:
maxx wrote: Harga listnya jok kulit 5.6jtan .. tp perlu diketahui.. GL ultimate tidak full kulit.. tp kombinasi dg semikulit u/ bagian pinggir2nya.
Makanya gw ambil 1.8XV MT.. tinggal ngulitin sendiri .. harga resmi 5.6jt itu bisa dapat full genuine leather termasuk ngulitin stirnya.. :P
Iya deh yg Juragan Kulit,
Btw, ini bukan ttg detail Jok Kulit/semi kulitnya-nya, tapi masalah nilainya, kan pertanyaan bung Leonheart yg katanya GL Ultimate overpriced dibanding Grand Vitara JX.
tentunya dicoba dgn menguraikan dari perbedaan2 yg ada.

Ok,
saya coba jwb lagi ya Bro Leonheart :

Mungkin kalo GL Ultimate pake Gearbox 5 speed (GV JX khan 5 Speed) harganya bisa turun lagi 10jt?
cmiiw... :)
OK Om.

soal Gearbox.. mungkin maksudnya OmMike GL Ultimate MT 6speed sedangkan GV JX 5speed .. gitu kali yah.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

To Risol1 & Geli2:
Met pagi om.. moga2 stlh dibawa tidur sdh buat adem pikiran.. :)

Bukan saya ingin menggurui anda berdua .. yakin dari tulisan diatas, anda berdua punya pengalaman dan wawasan yg luas. Bila ditarik dari kesimpulan tulisan anda berdua intinya .. manusia itu berbeda satu dengan lainnya .. variety of behaviour... dimana semuanya akan ditentukan oleh selera, kebutuhan, keinginan dan kemampuan.

Rasanya lebih seru bila kita bicarakan yg sesuai topicnya... mobil baru apa yg dapat menghadang Livina... apa kelebihannya dan kekuranganya, bukan lagi membicarakan bagaimana kita melihat/memandang atau menilai sebuah produk . .krn setiap orang berbeda2 caraya. Tentu saja kita bicarakan kelebihan dan kekurangan sebuah produk sesuai fakta dan realita yg dapat diukur dan dibuktikan ... bukan dari "soal perasaan yg jadi tolak ukur"

Peaceee
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Post by Leonhearts »

Sebenarnya gl memang memposisikan diri diantara avanza dan innova. Tapi petinggi NMI dah keburu bilang innova killer. Makanya mereka yang kebanyakan pemakai inova yg mau beralih ke gl jd kecewa karena kebutuhan pemakai innova semata2 hanya comfort space. Kalo utk merebut pembeli avanza saya rasa tdk mungkin soalnya vanza itu mobil yg sangat2 murah utk pembeli awam yang pas2an yang kegunaan mereka pada mobil hanya sebatas fungsi bukan nyaman. Mereka pasti tak rela atau mungkin kurang duit tambah 20-30jtan. Makanya waktu pertama kali GL dipublikasikan ke publik iklan2 inova banyak sekali karena parno penjualannya hancur tapi sekarang TAM dah sadar gl bukan utk bersaing dgn inova maupun vanza tetapi gl adalah segmen tersendiri. Makanya iklan2 dah berkurang deh.
coba andaikan gl penumpangnya bisa 7 org dgn nyaman. Innova pasti mati kutu dan beriklan ria terus.

Rata2 semua mobil yg m/t dan a/t beda 10jt. Lalu kenapa 6m/t gl terpaut 10jt dgn 4a/t. Kalo memang disebut yg 6m/t lebih mahal 10jt dari 5m/t mobil laen berarti harus sama dong harga yang 6m/t dgn 4a/tnya.

back to topic. Gw liat airwave kabin spacenya lebih luas dari avanza sedikit. Kalo benar awal taon keluar gl pasti mati kutu. Dan gl mobil yang akan booming dalam waktu yg singkat saja. Itu karena kasi fitur yang tanggung sampe spion elektrik tidak ada, kabin super sempit, material biasa2 saja tapi harga selangit.
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

maxx wrote:To Risol1 & Geli2:
Met pagi om.. moga2 stlh dibawa tidur sdh buat adem pikiran.. :)

Bukan saya ingin menggurui anda berdua .. yakin dari tulisan diatas, anda berdua punya pengalaman dan wawasan yg luas. Bila ditarik dari kesimpulan tulisan anda berdua intinya .. manusia itu berbeda satu dengan lainnya .. variety of behaviour... dimana semuanya akan ditentukan oleh selera, kebutuhan, keinginan dan kemampuan.

Rasanya lebih seru bila kita bicarakan yg sesuai topicnya... mobil baru apa yg dapat menghadang Livina... apa kelebihannya dan kekuranganya, bukan lagi membicarakan bagaimana kita melihat/memandang atau menilai sebuah produk . .krn setiap orang berbeda2 caraya. Tentu saja kita bicarakan kelebihan dan kekurangan sebuah produk sesuai fakta dan realita yg dapat diukur dan dibuktikan ... bukan dari "soal perasaan yg jadi tolak ukur"

Peaceee
Satu kata saja komentar dr saya: SETUJU!
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

Leonhearts wrote:Rata2 semua mobil yg m/t dan a/t beda 10jt. Lalu kenapa 6m/t gl terpaut 10jt dgn 4a/t. Kalo memang disebut yg 6m/t lebih mahal 10jt dari 5m/t mobil laen berarti harus sama dong harga yang 6m/t dgn 4a/tnya.

back to topic. Gw liat airwave kabin spacenya lebih luas dari avanza sedikit. Kalo benar awal taon keluar gl pasti mati kutu. Dan gl mobil yang akan booming dalam waktu yg singkat saja. Itu karena kasi fitur yang tanggung sampe spion elektrik tidak ada, kabin super sempit, material biasa2 saja tapi harga selangit.
Mungkin biaya produksi gearbox 5mt dengan 6mt hampir sama bro jadinya gak terlalu mempengaruhi harga jual...perlu diingat Nissan Motors pasti membuat/memesan beribu2 bahkan beratus2 ribu gearbox 6mt sehingga cost per unitnya bisa ditekan.

bicara mengenai Airwave, kalo honda bisa memasarkan Airwave dengan harga bersaing dengan avanza (110-120an jt), otomatis logikanya airwave pun pasti dispec down abis2an......mungkin jauh lebih rendah daripada spec down GL....apalagi HPM jg terkenal dengan perush yang punya profit margin per unitnya cukup tinggi
dan jangan kita bandingkan dengan CBUnya yg dah beredar disini dengan harga bekas masih diatas 200jt....

HPM jg harus berhati2 kalo mao spec down airwave, karena ada satu titik dimana spec down bisa jadi boomerang walaupun dikompensasi dgn harga yg semakin murah (titik terendah dimana konsumen bisa mentolerir fitur2 yang dikurangi)....setidaknya mesin hrs 1500cc dan fitur2 standar spt power window harus ada.

Tapi intinya konsumen lah yg diuntungkan karena banyak pilihan.