lawyerone wrote: Fri Jul 17, 2020 13:46
DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 4:45
lawyerone wrote: Fri Jul 17, 2020 3:44
Bukan itu sih om
Saya sempet kuras ATF pake mesin flush habis 10 liter lebih. Di km 40rb, dan ATF udah hitam. Di mobil lain.
Pertanyaan saya: ketika Innova udah jalan 90rb km (tanpa pernah di flush), saya kebayang itu ATF pasti udah oxidated. Apakah ada resiko karena tekanan dari mesin Flush, ada bagian2 yang rontok dari transmisi? Is it safe enough?
90 rebu mah saya rasa masi gapapa lah, d luar negeri sana malah orang2 d genjot lebi sinting lg, mreka dbilang 60 rebu miles ganti yah beneran 60 rb baru dganti (tau sendiri miles itu jauhh lebi tinggi dr km)
Justru matic itu yg plg bahaya kl sala isi atf, atau worst case kecampur aer , nah ini baru rontok beneran kampasnya
Tapi di Indo (Jakarta) kan macet om, hahahahaha. Jadi aman ya flush pake mesin?
Aman2 aja om, sejauh yg saya amatin dr mobil saya yg udah flush ATF justru worry free ya. Krn mekanik2 udh sering nanganin flush atf pake mesin. Kl std saya sih maks 60rb harus flush, lbh cepet lebih baik misal tiap 40rb km. Justru mekanik zaman now itu pd ga tau kl ada flush manual, pdhl flushing manual lbh hemat oli ATF jg walaupun ga menjamin ATF di jeroan gearbox 100 persen baru ya, spt itung2an om omnibus.
Sharing aja om, saya wkt itu di ertiga 2014, dg kondisi oli atf di karter salah spek (tarikan berat, transmisi dengung, timbul suara transmisi kasar) dan agak ngga disiplin jg karena dr 2014 sampe 58rb km cuma pernah ganti atf di karter sekali itu udah ngga enak banget om. Ditambah warna ATFnya sendiri udah kearah ungu pucet (masih dibilang BAIK sama mekanik beres dr warnanya), akhirnya flush ATF pake Q8 JK langsung plong dan mobil bs lari ngacir.
Juga pernah di yaris bakpao AT, sama bengkel langganan ternama di jateng krn cm tau serahin mobil diberi ATF shell spirax S3. Ini slh satu ATF terbusuk yg pernah saya pake. Dr flush sampe jalan 40rb ga pernah ganti yg di karter, krn pikir sy wkt itu warnanya masih merah. Yg saya amatin stl pakai 20rb km tarikan mulai ngga enak, shifting gigi sering bingung dan cenderung nahan kl di turunan. Stl saya analisa dan liat di botolnya, ternyata juga salah spek. Yaris bakpao mintanya ATF WS, lah spirax S3 complynya ke ATF T-4 tok walaupun udah dexron III.
Dr case yaris ini saya juga matahin pemahaman mekanik kl sejauh ATF udah dexron III bisa dipake, padahal yg bener harus comply sama tipe spesifik yg ada di buku panduan (walaupun ngga menutup kemungkinan di mobil tertentu buku panduan suggest ke dexron III udah cukup, kl ga salah avanza lama begitu).
Buat om, biar gearbox awet sebaiknya sih flush aja om di innova. Walaupun innova itu scr mekanikal dg kondisi begitu istilahnya cuma geli2 doang saking reliablenya wkwkwkw. At least mestinya kl udah flush tarikan jauh lebih enak, dibanding kl cuma ganti di karter yg dampaknya ga seberapa. Selain itu kl memungkinkan karternya dibuka, terus dibersihin sekalian bak karter sama filter (strainer) ATFnya, cuma hrs dipelajarin dl kl innova yg hrs dipersiapin apa buat buka karternya (pesen paking, model bukaan bautnya dkk).
Penasaran om, itu yg jalan 40rb atf udah item di mobil apa ya?