Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kalo ada yg minat Amsoil ASM Sign series 0W20 API SN
saya ada simpan 4 quart yg API SN (sebelum yg SN+)
Free delivery utk Jkt
DC = 150 rb / quart
PM aja jika ada yg minat
saya ada simpan 4 quart yg API SN (sebelum yg SN+)
Free delivery utk Jkt
DC = 150 rb / quart
PM aja jika ada yg minat
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1839
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Haha dulu kijang saya juga begini om...di flush isiin obat & idle 15mnt masih ga luntur..isi meditran sx pake jalan 2000km ga luntur juga..tp mesin ga kenapa2..coklatMetalik wrote: Fri Apr 24, 2020 14:25 IMG_20200424_141034.jpg
IMG_20200424_140924.jpg
Jadi yg begini namanya kerak oli toh...
Emang sih setaun terakhir cuma jalan 1000 km
Udh niat mau diflush dr dulu lah dalah lupa terus....
Terakhir pas ganti rante keteng ama montirnya disikat pake sikat kawat..ini yang makan waktu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kijang 7K-E om
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Udh brp lama sejak dibersihin? Skrg muncul item2 lg gak?MSU wrote: Sat Apr 25, 2020 5:56
Haha dulu kijang saya juga begini om...di flush isiin obat & idle 15mnt masih ga luntur..isi meditran sx pake jalan 2000km ga luntur juga..tp mesin ga kenapa2..
Terakhir pas ganti rante keteng ama montirnya disikat pake sikat kawat..ini yang makan waktu
Ini udh mending sih, kalau diraba pk jari ga terlalu tebel. Sblmnya sih lbh tebel & oli suka telat naik...
Agak mending sejak ganti merk oli & gantinya jangan lbh dr 1 taun. Dulu pk oli artis & gantinya ngikut 5000 km yg bisa sampe 2 taun...

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Sat Apr 07, 2018 3:06
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: L15Z
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Om mo tanya, sudah dijelaskan salah satu penyebab kerak oli karena sering kena macet dan sering rpm rendah. Klo utk menghindarinya di honda matic cvt apakah harus digeber di posisi L atau S ? Terima kasih
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kerak kl ud tebel emg satu2 nya jalan bongkar mesin.. tp mumpung lg wfh, coba aj kerjain yg gampang2.. buka tutup cover head, pake stik eskrim kerok sikit2 trus diserok.. lalu buka oil pan, kerok jg pake stik eskrim pelan2.. gampang koq
biasa kerak itu demen ngerumpi d daerah head ama strainer oil pan, ini yg bkin bahaya jalur oli mampet..
biasa kerak itu demen ngerumpi d daerah head ama strainer oil pan, ini yg bkin bahaya jalur oli mampet..
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Yup saya dulu gitu, taruh di L aja.. S masih bisa melaju kenceng kalau rpm dipol-in...Peter10 wrote: Sat Apr 25, 2020 9:22 Om mo tanya, sudah dijelaskan salah satu penyebab kerak oli karena sering kena macet dan sering rpm rendah. Klo utk menghindarinya di honda matic cvt apakah harus digeber di posisi L atau S ? Terima kasih


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1839
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Dulu yg di kijang saya ga bisa pake stik es krim om..montirnya sampe pake sikat kawat..makanya dulu ganti rantai keteng doank jd lama hahaDOHC wrote: Sat Apr 25, 2020 10:17 Kerak kl ud tebel emg satu2 nya jalan bongkar mesin.. tp mumpung lg wfh, coba aj kerjain yg gampang2.. buka tutup cover head, pake stik eskrim kerok sikit2 trus diserok.. lalu buka oil pan, kerok jg pake stik eskrim pelan2.. gampang koq
biasa kerak itu demen ngerumpi d daerah head ama strainer oil pan, ini yg bkin bahaya jalur oli mampet..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1839
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Udh 1 tahunan om...terakhir ganti oli seingat saya masih bersih. Memang mobil dipake jarak pendek mulu....mgkn 1thn <10rb km..kalo oli skrg sy pake hx6 sejak hx7 ganti jd 5w-40coklatMetalik wrote: Sat Apr 25, 2020 8:33Udh brp lama sejak dibersihin? Skrg muncul item2 lg gak?MSU wrote: Sat Apr 25, 2020 5:56
Haha dulu kijang saya juga begini om...di flush isiin obat & idle 15mnt masih ga luntur..isi meditran sx pake jalan 2000km ga luntur juga..tp mesin ga kenapa2..
Terakhir pas ganti rante keteng ama montirnya disikat pake sikat kawat..ini yang makan waktu
Ini udh mending sih, kalau diraba pk jari ga terlalu tebel. Sblmnya sih lbh tebel & oli suka telat naik...
Agak mending sejak ganti merk oli & gantinya jangan lbh dr 1 taun. Dulu pk oli artis & gantinya ngikut 5000 km yg bisa sampe 2 taun...![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Ini penampakan di ane om, msh lumayan di mesin umur 10 taun Btw klo smpe turun mesin ongkosnya 3-4 jt ya om bersihin kerak oli?DOHC wrote: Sat Apr 25, 2020 10:17 Kerak kl ud tebel emg satu2 nya jalan bongkar mesin.. tp mumpung lg wfh, coba aj kerjain yg gampang2.. buka tutup cover head, pake stik eskrim kerok sikit2 trus diserok.. lalu buka oil pan, kerok jg pake stik eskrim pelan2.. gampang koq
biasa kerak itu demen ngerumpi d daerah head ama strainer oil pan, ini yg bkin bahaya jalur oli mampet..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Yg mana aja om bebas..yg penting mepet redlinePeter10 wrote: Sat Apr 25, 2020 9:22 Om mo tanya, sudah dijelaskan salah satu penyebab kerak oli karena sering kena macet dan sering rpm rendah. Klo utk menghindarinya di honda matic cvt apakah harus digeber di posisi L atau S ? Terima kasih


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Pengalaman di OGL si raja ngelitik, sudah bosan ane italian tune up di "jalan rata" karena kurang efektif.
Suatu saat waktu mau pergi ke puncak yang jalanannya banyak tanjakan & di tol jagorawi juga sejak bayar tol itu jalannya menanjak. Mobil isi 4 dewasa & 2 anak kecil + bagasi full. Bensin isi pertamax plus (dulu blom ada pertabo) + 1 botol octane booster.
Sesudah balik dari puncak sukses bikin ngelitik hilang... hanya karena si raja ngelitik, selang gak lama dia kumat lagi [emoji16]
Ane rasa itu oktane bensin bisa jadi 100 kali yah, saat di tol bawa high speed 120-140 dengan over drive off otomatis RPM jadi tinggi, sempet brebet sebentar mesin di tol bikin ane kaget kirain bisa meleduk ini mesin [emoji38]
Nah italian tune up ini menurut ane akan sangat2 efektif apabila mobil pada posisi full loaded (berat) + jalanan menanjak (lebih curam lebih baik) sehingga torsi mesin selalu berada di peaknya terus menerus.
Saat menanjak curam RPM dari tinggi perlahan2 akan terus menurun nah injak pedal gas sampe mentok, nanti dia akan otomatis turunkan gigi ke yang lebih rendah & RPM akan meraung tinggi lagi, pada titik ini menurut ane itu kerak2 di ruang bakar bisa lepas. Sempet brebet juga mesin saat lagi italian tune up di tanjakan curam tapi hanya sebentar.
Baliknya kan turunan panjang, kasih gigi rendah otomatis RPM juga naik tinggi karena beban mobil juga berat, hanya saat turunan torsi mesin tidak bekerja semaksimal saat tanjakan curam tapi tinggal toel2 gas dikit mesin sudah bisa meraung2 di high RPM.
Besoknya ane isi bensin lagi (premium or pertalite ane lupa) bawa mobil berasa mesin lebih laju/ringan/lebih responsif & knocking hilang, wah senang juga ane... cuman selang 1 atau 2 bulan kambuh lagi itu ngilitiknya si HR15DE. Oli lupa waktu itu pakai apa, kayanya Eneos 5w-30.
Suatu saat waktu mau pergi ke puncak yang jalanannya banyak tanjakan & di tol jagorawi juga sejak bayar tol itu jalannya menanjak. Mobil isi 4 dewasa & 2 anak kecil + bagasi full. Bensin isi pertamax plus (dulu blom ada pertabo) + 1 botol octane booster.
Sesudah balik dari puncak sukses bikin ngelitik hilang... hanya karena si raja ngelitik, selang gak lama dia kumat lagi [emoji16]
Ane rasa itu oktane bensin bisa jadi 100 kali yah, saat di tol bawa high speed 120-140 dengan over drive off otomatis RPM jadi tinggi, sempet brebet sebentar mesin di tol bikin ane kaget kirain bisa meleduk ini mesin [emoji38]
Nah italian tune up ini menurut ane akan sangat2 efektif apabila mobil pada posisi full loaded (berat) + jalanan menanjak (lebih curam lebih baik) sehingga torsi mesin selalu berada di peaknya terus menerus.
Saat menanjak curam RPM dari tinggi perlahan2 akan terus menurun nah injak pedal gas sampe mentok, nanti dia akan otomatis turunkan gigi ke yang lebih rendah & RPM akan meraung tinggi lagi, pada titik ini menurut ane itu kerak2 di ruang bakar bisa lepas. Sempet brebet juga mesin saat lagi italian tune up di tanjakan curam tapi hanya sebentar.
Baliknya kan turunan panjang, kasih gigi rendah otomatis RPM juga naik tinggi karena beban mobil juga berat, hanya saat turunan torsi mesin tidak bekerja semaksimal saat tanjakan curam tapi tinggal toel2 gas dikit mesin sudah bisa meraung2 di high RPM.
Besoknya ane isi bensin lagi (premium or pertalite ane lupa) bawa mobil berasa mesin lebih laju/ringan/lebih responsif & knocking hilang, wah senang juga ane... cuman selang 1 atau 2 bulan kambuh lagi itu ngilitiknya si HR15DE. Oli lupa waktu itu pakai apa, kayanya Eneos 5w-30.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Tinggal yg daerah cover head sih, kalo di karter udh dibersihin waktu ganti paking carterDOHC wrote: Sat Apr 25, 2020 10:17 Kerak kl ud tebel emg satu2 nya jalan bongkar mesin.. tp mumpung lg wfh, coba aj kerjain yg gampang2.. buka tutup cover head, pake stik eskrim kerok sikit2 trus diserok.. lalu buka oil pan, kerok jg pake stik eskrim pelan2.. gampang koq
biasa kerak itu demen ngerumpi d daerah head ama strainer oil pan, ini yg bkin bahaya jalur oli mampet..
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Mobil apa nih om?yanuarra wrote: Sat Apr 25, 2020 12:21Ini penampakan di ane om, msh lumayan di mesin umur 10 taunDOHC wrote: Sat Apr 25, 2020 10:17 Kerak kl ud tebel emg satu2 nya jalan bongkar mesin.. tp mumpung lg wfh, coba aj kerjain yg gampang2.. buka tutup cover head, pake stik eskrim kerok sikit2 trus diserok.. lalu buka oil pan, kerok jg pake stik eskrim pelan2.. gampang koq
biasa kerak itu demen ngerumpi d daerah head ama strainer oil pan, ini yg bkin bahaya jalur oli mampet..
IMG_20200424_141557.jpg
Btw klo smpe turun mesin ongkosnya 3-4 jt ya om bersihin kerak oli?
Masih mayan bersih nih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Yaris lawas om..mesin 1nz-feJambangan wrote: Sat Apr 25, 2020 13:01Mobil apa nih om?yanuarra wrote: Sat Apr 25, 2020 12:21Ini penampakan di ane om, msh lumayan di mesin umur 10 taunDOHC wrote: Sat Apr 25, 2020 10:17 Kerak kl ud tebel emg satu2 nya jalan bongkar mesin.. tp mumpung lg wfh, coba aj kerjain yg gampang2.. buka tutup cover head, pake stik eskrim kerok sikit2 trus diserok.. lalu buka oil pan, kerok jg pake stik eskrim pelan2.. gampang koq
biasa kerak itu demen ngerumpi d daerah head ama strainer oil pan, ini yg bkin bahaya jalur oli mampet..
IMG_20200424_141557.jpg
Btw klo smpe turun mesin ongkosnya 3-4 jt ya om bersihin kerak oli?
Masih mayan bersih nih
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
yanuarra wrote: Sat Apr 25, 2020 12:21
Ini penampakan di ane om, msh lumayan di mesin umur 10 taun
IMG_20200424_141557.jpg
Btw klo smpe turun mesin ongkosnya 3-4 jt ya om bersihin kerak oli?
ini normal om.
daripada keluar uang juta-juta buat ngebelah mesin, mending makan nasi padang pake dendeng batokok di restoran padang marco.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Itu mahh bersih itungan nya omyanuarra wrote: Sat Apr 25, 2020 12:21Ini penampakan di ane om, msh lumayan di mesin umur 10 taunDOHC wrote: Sat Apr 25, 2020 10:17 Kerak kl ud tebel emg satu2 nya jalan bongkar mesin.. tp mumpung lg wfh, coba aj kerjain yg gampang2.. buka tutup cover head, pake stik eskrim kerok sikit2 trus diserok.. lalu buka oil pan, kerok jg pake stik eskrim pelan2.. gampang koq
biasa kerak itu demen ngerumpi d daerah head ama strainer oil pan, ini yg bkin bahaya jalur oli mampet..
IMG_20200424_141557.jpg
Btw klo smpe turun mesin ongkosnya 3-4 jt ya om bersihin kerak oli?
Ongkos kl cuman bersihin yg d klep ama carter oli mah bsa gratis om, wong cuman modal konci 10 doank ama stik eskrim
Kl mau bersihin total ampe jalur oli d enjin blok tuh baru skalian turunin mesin
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kl sering2 ginibenzz89 wrote: Sat Apr 25, 2020 12:35 Pengalaman di OGL si raja ngelitik, sudah bosan ane italian tune up di "jalan rata" karena kurang efektif.
Suatu saat waktu mau pergi ke puncak yang jalanannya banyak tanjakan & di tol jagorawi juga sejak bayar tol itu jalannya menanjak. Mobil isi 4 dewasa & 2 anak kecil + bagasi full. Bensin isi pertamax plus (dulu blom ada pertabo) + 1 botol octane booster.
Sesudah balik dari puncak sukses bikin ngelitik hilang... hanya karena si raja ngelitik, selang gak lama dia kumat lagi [emoji16]
Ane rasa itu oktane bensin bisa jadi 100 kali yah, saat di tol bawa high speed 120-140 dengan over drive off otomatis RPM jadi tinggi, sempet brebet sebentar mesin di tol bikin ane kaget kirain bisa meleduk ini mesin [emoji38]
Nah italian tune up ini menurut ane akan sangat2 efektif apabila mobil pada posisi full loaded (berat) + jalanan menanjak (lebih curam lebih baik) sehingga torsi mesin selalu berada di peaknya terus menerus.
Saat menanjak curam RPM dari tinggi perlahan2 akan terus menurun nah injak pedal gas sampe mentok, nanti dia akan otomatis turunkan gigi ke yang lebih rendah & RPM akan meraung tinggi lagi, pada titik ini menurut ane itu kerak2 di ruang bakar bisa lepas. Sempet brebet juga mesin saat lagi italian tune up di tanjakan curam tapi hanya sebentar.
Baliknya kan turunan panjang, kasih gigi rendah otomatis RPM juga naik tinggi karena beban mobil juga berat, hanya saat turunan torsi mesin tidak bekerja semaksimal saat tanjakan curam tapi tinggal toel2 gas dikit mesin sudah bisa meraung2 di high RPM.
Besoknya ane isi bensin lagi (premium or pertalite ane lupa) bawa mobil berasa mesin lebih laju/ringan/lebih responsif & knocking hilang, wah senang juga ane... cuman selang 1 atau 2 bulan kambuh lagi itu ngilitiknya si HR15DE. Oli lupa waktu itu pakai apa, kayanya Eneos 5w-30.
Bagusan oli transmisi jg lebi cepet d ganti om.. kl ga rontok tuh
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Iya om masih bersihDOHC wrote: Sun Apr 26, 2020 1:28Itu mahh bersih itungan nya omyanuarra wrote: Sat Apr 25, 2020 12:21Ini penampakan di ane om, msh lumayan di mesin umur 10 taunDOHC wrote: Sat Apr 25, 2020 10:17 Kerak kl ud tebel emg satu2 nya jalan bongkar mesin.. tp mumpung lg wfh, coba aj kerjain yg gampang2.. buka tutup cover head, pake stik eskrim kerok sikit2 trus diserok.. lalu buka oil pan, kerok jg pake stik eskrim pelan2.. gampang koq
biasa kerak itu demen ngerumpi d daerah head ama strainer oil pan, ini yg bkin bahaya jalur oli mampet..
IMG_20200424_141557.jpg
Btw klo smpe turun mesin ongkosnya 3-4 jt ya om bersihin kerak oli?
Ongkos kl cuman bersihin yg d klep ama carter oli mah bsa gratis om, wong cuman modal konci 10 doank ama stik eskrim
Kl mau bersihin total ampe jalur oli d enjin blok tuh baru skalian turunin mesin

Jd makin pingin beli torque wrench biar proper ngenceng2in

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Glodok masi pd tutup (dipaksa tutup ama gabener), terpaksa ane jg tunda dl beli torque wrench.. itu yg d toko daring pd beda jauhh harganya, malesin bgtyanuarra wrote: Sun Apr 26, 2020 5:37Iya om masih bersihDOHC wrote: Sun Apr 26, 2020 1:28Itu mahh bersih itungan nya omyanuarra wrote: Sat Apr 25, 2020 12:21
Ini penampakan di ane om, msh lumayan di mesin umur 10 taun
IMG_20200424_141557.jpg
Btw klo smpe turun mesin ongkosnya 3-4 jt ya om bersihin kerak oli?
Ongkos kl cuman bersihin yg d klep ama carter oli mah bsa gratis om, wong cuman modal konci 10 doank ama stik eskrim
Kl mau bersihin total ampe jalur oli d enjin blok tuh baru skalian turunin mesin![]()
Jd makin pingin beli torque wrench biar proper ngenceng2in![]()
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kaga sering Om, itu aja cuman 1x selama punya OGL, maksud ane sambil menyelam minum air, sambil jalan2 ke gunung sekalian tune up [emoji4] karena italian tune up di jalan rata + tanpa beban yang berarti pada mesin, menurut ane tidak/kurang efektif aja sih.DOHC wrote:Kl sering2 ginibenzz89 wrote: Sat Apr 25, 2020 12:35 Pengalaman di OGL si raja ngelitik, sudah bosan ane italian tune up di "jalan rata" karena kurang efektif.
Suatu saat waktu mau pergi ke puncak yang jalanannya banyak tanjakan & di tol jagorawi juga sejak bayar tol itu jalannya menanjak. Mobil isi 4 dewasa & 2 anak kecil + bagasi full. Bensin isi pertamax plus (dulu blom ada pertabo) + 1 botol octane booster.
Sesudah balik dari puncak sukses bikin ngelitik hilang... hanya karena si raja ngelitik, selang gak lama dia kumat lagi [emoji16]
Ane rasa itu oktane bensin bisa jadi 100 kali yah, saat di tol bawa high speed 120-140 dengan over drive off otomatis RPM jadi tinggi, sempet brebet sebentar mesin di tol bikin ane kaget kirain bisa meleduk ini mesin [emoji38]
Nah italian tune up ini menurut ane akan sangat2 efektif apabila mobil pada posisi full loaded (berat) + jalanan menanjak (lebih curam lebih baik) sehingga torsi mesin selalu berada di peaknya terus menerus.
Saat menanjak curam RPM dari tinggi perlahan2 akan terus menurun nah injak pedal gas sampe mentok, nanti dia akan otomatis turunkan gigi ke yang lebih rendah & RPM akan meraung tinggi lagi, pada titik ini menurut ane itu kerak2 di ruang bakar bisa lepas. Sempet brebet juga mesin saat lagi italian tune up di tanjakan curam tapi hanya sebentar.
Baliknya kan turunan panjang, kasih gigi rendah otomatis RPM juga naik tinggi karena beban mobil juga berat, hanya saat turunan torsi mesin tidak bekerja semaksimal saat tanjakan curam tapi tinggal toel2 gas dikit mesin sudah bisa meraung2 di high RPM.
Besoknya ane isi bensin lagi (premium or pertalite ane lupa) bawa mobil berasa mesin lebih laju/ringan/lebih responsif & knocking hilang, wah senang juga ane... cuman selang 1 atau 2 bulan kambuh lagi itu ngilitiknya si HR15DE. Oli lupa waktu itu pakai apa, kayanya Eneos 5w-30.
Bagusan oli transmisi jg lebi cepet d ganti om.. kl ga rontok tuh
Sempat kepikir mungkin angkot2 yang wara wiri di jalur puncak yang bebannya extra berat angkut full loaded penumpang, pas turun mesin kemungkinan besar kerak/sludge free kali yah di jeroan mesinnya, tiap hari italian tune up forever... tanjakan & turunan terus gak habis2 [emoji23]
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Tue Aug 13, 2019 3:55
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: K15B
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Ijin bertanya:
Alphard gen 2 2008, 2.4 untuk oli matic dan mesin yg cocok apa ya
Alphard gen 2 2008, 2.4 untuk oli matic dan mesin yg cocok apa ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11779
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
konon buat bersihin ruang bakar water vapor lbh efektif drpd solvent cleaner macam carb spray atau injector cleaner. lg mau coba gmn uap air dr water boiler bisa ane masukin lewat throttle body. ada sih alat steam generator tp agak mehong.
sisanya mesin dlm penggunaan sehari2 hrs antara 2000-4000 rpm ..... sesekali geber ke 5000 rpm. dibawah itu bisa rentan bikin carbon fouling dr pembakaran tdk sempurna.
kl sludge dan kerak ada engine yg emang doyannya bikin itu mau diapain jg. paling bisa menjaganya dgn pake oli full syn group iv pao-based dan interval gantinya jgn lewat 7000 km.
ingat2 pepatah "rubbish in, rubbish out" kl masukin oli cupu ya hasilnya amsyiong
sisanya mesin dlm penggunaan sehari2 hrs antara 2000-4000 rpm ..... sesekali geber ke 5000 rpm. dibawah itu bisa rentan bikin carbon fouling dr pembakaran tdk sempurna.
kl sludge dan kerak ada engine yg emang doyannya bikin itu mau diapain jg. paling bisa menjaganya dgn pake oli full syn group iv pao-based dan interval gantinya jgn lewat 7000 km.
ingat2 pepatah "rubbish in, rubbish out" kl masukin oli cupu ya hasilnya amsyiong
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kl berhasil tlg kasi tau gmana caranya omOmnibus wrote: Sun Apr 26, 2020 7:07 konon buat bersihin ruang bakar water vapor lbh efektif drpd solvent cleaner macam carb spray atau injector cleaner. lg mau coba gmn uap air dr water boiler bisa ane masukin lewat throttle body. ada sih alat steam generator tp agak mehong.
sisanya mesin dlm penggunaan sehari2 hrs antara 2000-4000 rpm ..... sesekali geber ke 5000 rpm. dibawah itu bisa rentan bikin carbon fouling dr pembakaran tdk sempurna.
kl sludge dan kerak ada engine yg emang doyannya bikin itu mau diapain jg. paling bisa menjaganya dgn pake oli full syn group iv pao-based dan interval gantinya jgn lewat 7000 km.
ingat2 pepatah "rubbish in, rubbish out" kl masukin oli cupu ya hasilnya amsyiong
Ane biasa sehh tiap ganti oli slalu semprot2 carbjet sjenisnya
Kl mau langsam d 2000 rpm sehh ga masalah d mobil manual ataua geared at, yg susah d mobil cvt, lah maunya di 1000an rpm mulu
Tp perihal sludge, hrv ane yg doyan rpm 1000an, pas buka tutup klep sehh aman jaya sentosa sehh, varnish aj ga ad.. oli pun cuman sekelas total 9000, eneos, atau yg murah2 aj..
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Sharing report test lab PTT 5W40 Commonrail Full Syn jalan 10.100 km dalam durasi 8,5 bulan
Mesin = 2KD EDU 3 - 153 Bhp
BBM = Full BioSol / AKRASOL B30 + Racun
Result :
TBN akhir = 9,1 mg KOH (batas kritis di 2,5 mg KOH)
Kekentalan akhir = masih di zona SAE 40 walau sudah di batas bawah range SAE 40 (12,5 cSt)
Oxidasi di angka 13 saja (sgt rendah)
Kesimpulan =
Utk dipake di 2KD = 10.000 Km / 12 bulan Max
Kalo misal dipake di 2GD bisa 12 - 13.000 km / 12 bulan Max
Demikian sharing
Mesin = 2KD EDU 3 - 153 Bhp
BBM = Full BioSol / AKRASOL B30 + Racun
Result :
TBN akhir = 9,1 mg KOH (batas kritis di 2,5 mg KOH)
Kekentalan akhir = masih di zona SAE 40 walau sudah di batas bawah range SAE 40 (12,5 cSt)
Oxidasi di angka 13 saja (sgt rendah)
Kesimpulan =
Utk dipake di 2KD = 10.000 Km / 12 bulan Max
Kalo misal dipake di 2GD bisa 12 - 13.000 km / 12 bulan Max
Demikian sharing
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *