Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
- Location: Pagedangan
- Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT
Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
selamat siang warga SM sekalian, kebetulan pas tadi pagi saya mau ke pasar cari makan ngelewatin flavor bliss, ternyata ada test drive ANF dan ANKI disitu.. jadi saya lgsg belokkan mobil masuk ke dalam flavor bliss utk melihat-lihat dan mencoba ANF ini.. saya hanya sempat foto sedikit dan TD pun hanya muter2 diarea flavor bliss, jd saya tidak bisa explore penuh kemampuan ANF bensin ini.. jadi, saya akan mencoba membuat review bedasarkan pengalaman short TD tadi.. so, let's started..
1. exterior
menurut saya desain ANF ini cukup macho, dan lebih bisa dicerna dibanding desain ANPS.. meskipun sepertinya utk bagian mukanya terlalu banyak chrome, sementara bagian sampingnya malah terlihat terlalu polos jika tidak diberikan chrome seperti gambar diatas.. (yg saya foto tipe G yg kebetulan jadi unit display karena tidak memungkinkan utk memfoto tipe SRZ mengingat banyaknya pengunjung).. yang saya kecewa, penggunaan rem belakang yang masih teromol serta bagian kolong yang belum dilengkapi peredam atau inner filling, even tipe SRZ pun belum ada (saya tidak tau tipe VRZ ada apa tidak karena display unit VRZ ada didalam dan saya tidak masuk kedalam)
2. interior dan fitur
yang difoto tsb merupakan unit display 2.4 G A/T.. menurut saya utk kualitas pengerjaan dan material tidak berbeda dgn tipe SRZ, masih banyak material hard plastic, meskipun kualitasnya diatas fortuner lama.. utk material soft touch, hanya ada dibagian glove box yg posisinya di depan penumpang, lis yg membingkai audio dan pengotrolan AC, serta dibagian atas speedometer.. dan bagusnya material soft touch tsb dilapisi bahan semacam kulit sintetis, jadi terasa lebih mewah saat diraba.. utk build quality sendiri cukup oke, meskipun sepertinya harusnya bisa ditingkatkan lagi mengingat harganya sudah tembus 500 juta utk tipe SRZ dan 4x4..
utk tipe SRZ, yang saya sayangkan adalah absennya leather seats dan electric seats, padahal di tipe VRZ 4x2 yang harganya lebih murah sudah ada.. saya tidak mengerti apa maksud toyota menyunat leather seats dan electric seats di tipe SRZ.. sisanya bisa dikatakan sama persis dgn tipe VRZ, seperti bi-beam LED headlamp with DRL, follow me home, welcome light, keyless entry and start system, auto power window for all windows, power back door with memory, roof monitor, auto lamp, paddle shift, dll.. sementara utk 7 airbags, VSC, HSA, dll., menurut salesnya hanya terdapat di tipe VRZ.. dan memang saat saya TD tidak ada tombol utk mematikan atau mengaktifkan VSC.. lagi2 saya tidak mengerti mengapa toyota hanya memberikan fitur keselamatan lengkap di tipe VRZ, padahal seharusnya utk fitur keselamatan lengkap sudah harus tersedia di semua tipe..
3. driving impression
karena yang saya coba tipe SRZ, maka saya tidak berharap banyak akan tenaganya.. dan benar saja, saat saya mencoba gaspol dari gigi 1 dgn mengaktifkan power mode, badan saya tetap anteng di kursi.. tidak ada tarikan yang menjambak, even tarikan xtrail 2.5 CVT menurut saya masih lebih berasa dibanding tarikan ANF bensin ini.. engine note mirip innova bensin, dan rasanya suara mesin masih masuk kedalam kabin (saya jg heran kenapa mobil ini tidak terlalu kedap utk urusan suara mesin, pdhl ini bensin, bukan diesel).. konsumsi BBM bisa dilihat di foto diatas, average di angka 13/100, which is sekitaran 1/8, ya masih okelah utk ukuran ANF bensin..
handling sendiri masih cukup limbung, yang mengejutkan ada setirnya yg enteng.. even dibanding CRV RE 2.4 masih lebih enteng ini.. saya pertama kali kira mobil ini menggunakan EPS, ternyata tidak.. pengereman sendiri membaik dibanding fortuner sebelumnya, cuma bagian depan masih seperti "mengangguk-angguk" kalau kita melakukan hard braking..
4. verdict
setelah mencoba ANF ini, saya rasa tidak perlulah beli tipe VRZ, karena tipe G pun menurut saya sudah sangat cukup.. sementara tipe SRZ sendiri.. ummm.. no comment deh (padahal saya nyoba yg ini )
sekian review short TD ANF dari saya, kalo masih banyak salah mohon dimaafkan karena baru kali ini saya bikin review haha..
1. exterior
menurut saya desain ANF ini cukup macho, dan lebih bisa dicerna dibanding desain ANPS.. meskipun sepertinya utk bagian mukanya terlalu banyak chrome, sementara bagian sampingnya malah terlihat terlalu polos jika tidak diberikan chrome seperti gambar diatas.. (yg saya foto tipe G yg kebetulan jadi unit display karena tidak memungkinkan utk memfoto tipe SRZ mengingat banyaknya pengunjung).. yang saya kecewa, penggunaan rem belakang yang masih teromol serta bagian kolong yang belum dilengkapi peredam atau inner filling, even tipe SRZ pun belum ada (saya tidak tau tipe VRZ ada apa tidak karena display unit VRZ ada didalam dan saya tidak masuk kedalam)
2. interior dan fitur
yang difoto tsb merupakan unit display 2.4 G A/T.. menurut saya utk kualitas pengerjaan dan material tidak berbeda dgn tipe SRZ, masih banyak material hard plastic, meskipun kualitasnya diatas fortuner lama.. utk material soft touch, hanya ada dibagian glove box yg posisinya di depan penumpang, lis yg membingkai audio dan pengotrolan AC, serta dibagian atas speedometer.. dan bagusnya material soft touch tsb dilapisi bahan semacam kulit sintetis, jadi terasa lebih mewah saat diraba.. utk build quality sendiri cukup oke, meskipun sepertinya harusnya bisa ditingkatkan lagi mengingat harganya sudah tembus 500 juta utk tipe SRZ dan 4x4..
utk tipe SRZ, yang saya sayangkan adalah absennya leather seats dan electric seats, padahal di tipe VRZ 4x2 yang harganya lebih murah sudah ada.. saya tidak mengerti apa maksud toyota menyunat leather seats dan electric seats di tipe SRZ.. sisanya bisa dikatakan sama persis dgn tipe VRZ, seperti bi-beam LED headlamp with DRL, follow me home, welcome light, keyless entry and start system, auto power window for all windows, power back door with memory, roof monitor, auto lamp, paddle shift, dll.. sementara utk 7 airbags, VSC, HSA, dll., menurut salesnya hanya terdapat di tipe VRZ.. dan memang saat saya TD tidak ada tombol utk mematikan atau mengaktifkan VSC.. lagi2 saya tidak mengerti mengapa toyota hanya memberikan fitur keselamatan lengkap di tipe VRZ, padahal seharusnya utk fitur keselamatan lengkap sudah harus tersedia di semua tipe..
3. driving impression
karena yang saya coba tipe SRZ, maka saya tidak berharap banyak akan tenaganya.. dan benar saja, saat saya mencoba gaspol dari gigi 1 dgn mengaktifkan power mode, badan saya tetap anteng di kursi.. tidak ada tarikan yang menjambak, even tarikan xtrail 2.5 CVT menurut saya masih lebih berasa dibanding tarikan ANF bensin ini.. engine note mirip innova bensin, dan rasanya suara mesin masih masuk kedalam kabin (saya jg heran kenapa mobil ini tidak terlalu kedap utk urusan suara mesin, pdhl ini bensin, bukan diesel).. konsumsi BBM bisa dilihat di foto diatas, average di angka 13/100, which is sekitaran 1/8, ya masih okelah utk ukuran ANF bensin..
handling sendiri masih cukup limbung, yang mengejutkan ada setirnya yg enteng.. even dibanding CRV RE 2.4 masih lebih enteng ini.. saya pertama kali kira mobil ini menggunakan EPS, ternyata tidak.. pengereman sendiri membaik dibanding fortuner sebelumnya, cuma bagian depan masih seperti "mengangguk-angguk" kalau kita melakukan hard braking..
4. verdict
setelah mencoba ANF ini, saya rasa tidak perlulah beli tipe VRZ, karena tipe G pun menurut saya sudah sangat cukup.. sementara tipe SRZ sendiri.. ummm.. no comment deh (padahal saya nyoba yg ini )
sekian review short TD ANF dari saya, kalo masih banyak salah mohon dimaafkan karena baru kali ini saya bikin review haha..
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
Mantep reviewnya Om. Sampe kapan TD ini ada di Flavor Bliss? Lalu dari G ke VRZ 4x2, terasa bedanya ga?
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
- Location: Pagedangan
- Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
sampe besok oom.. yang ngadain astrido.. karena saya ga masuk ke yg VRZ, cuma yg SRZ, jadi begitu masuk ke tipe G ga terlalu berasa beda jauh.. jok sama2 fabric, cuma beda yg SRZ udh ada keyless, sama power windownya auto semua.. ohya, model lampu kabinnya juga beda, cuma saya ga meratiin tadi ada ambient lightnya spt ANKI apa tidak..ripratama wrote:Mantep reviewnya Om. Sampe kapan TD ini ada di Flavor Bliss? Lalu dari G ke VRZ 4x2, terasa bedanya ga?
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
Kaya nya lbh tinggi drpd fortune lawas ya om
- apple, banana, & grape -
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5727
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
Cantik jg modelnya dari sudut ini.
Kayak SUV Infinity QX series yang beberapa tahun lalu ada di Indo.
Kayak SUV Infinity QX series yang beberapa tahun lalu ada di Indo.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 930
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
Barusan juga liat Fortuner tipe G di Flavor Bliss Alsut. Kesan pertama sih keren tp lama2 juga biasa aja, cuma berasa makin dan makin bongsor.
Masuk ke dalam....masih berasa sempit *apa emg trah mobil2 begini headroomnya sempit ya*, dan jujur aja ga betah lama2 karena headroomnya....
Tipe G dash atasnya masih keras, cuma saya juga suka sama aksen kayunya berasa mewah dan solid juga presisi. Daripada ANKI sih saya prefer Fortie sekalian even tipe G
Masuk ke dalam....masih berasa sempit *apa emg trah mobil2 begini headroomnya sempit ya*, dan jujur aja ga betah lama2 karena headroomnya....
Tipe G dash atasnya masih keras, cuma saya juga suka sama aksen kayunya berasa mewah dan solid juga presisi. Daripada ANKI sih saya prefer Fortie sekalian even tipe G
Penikmat roti tawar beroda
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Wed Jan 23, 2013 16:35
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
Nice info oom
Boleh juga tuh astrido bikin TD session
Dealer lain pada belum sampe sesi TD soalnya
Liat2 doang bolehnya
Boleh juga tuh astrido bikin TD session
Dealer lain pada belum sampe sesi TD soalnya
Liat2 doang bolehnya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
Bisa juga buruin tipe 2,4G 5MT.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1091
- Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
- Location: JakartaBarat
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
Kalau yg srz dibanding dgn yg tipe vrz downgradenya apa yah?
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 532
- Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
- Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
- Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
Hi om semua.. Sorry bangkitin trit lama, lagi cari info tentang ini mobil.. Ada bbrp review sih di youtube tp pgn tau dr pemakai real langsung.
Om om disini Di tahun 2020 ini ada yang sudah pakai fortuner srz bensin ini ?
Fuel cosumption nya gmn ya real nya? Pajak nya brp setaon?
harga seken nya lumayan lebih murah dibanding vrz dgn taun yang sama
Dgn Selisih harga mending srz apa vrz mnurt om2 semua? AtaU mending 2.4 G ? Pemakaian sehari2 paling 50km pp.. Cuman type G seken nya agak susah euy..
Om om disini Di tahun 2020 ini ada yang sudah pakai fortuner srz bensin ini ?
Fuel cosumption nya gmn ya real nya? Pajak nya brp setaon?
harga seken nya lumayan lebih murah dibanding vrz dgn taun yang sama
Dgn Selisih harga mending srz apa vrz mnurt om2 semua? AtaU mending 2.4 G ? Pemakaian sehari2 paling 50km pp.. Cuman type G seken nya agak susah euy..
For everything, there is a season, there is a reason...
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 460
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
Nice review Soal gerungan knalpot mesin TR memang sangat khas. Dulu saya punya Innova 1TR manual tahun 2005 tipe G kopong. Suaranya sangat masuk ke kabin sampai kalau jalan di toll agak bikin pusing kalau RPM sudah diatas 2500 dan dipakai jarak jauh. Tapi suaranya memang saya akui gahar sekali dan keren Akhirnya ganti tipe V 2005 matic dan rasanya lebih sunyi sedikit dan raungannya kayak tertahan, mungkin faktor peredaman tipe V yang lebih baik dan karakter AT yang lebih berputar di RPM rendah.
Sampai sekarang kalau liat Fortuner 2.7 atau Innova 2.0, masih aja suaranya khas dan kedengaran dari jauh
Untuk diatas saya, sebaiknya ambil Diesel saja. Pengalaman nyobain Innova bensin vs diesel, iritan dan jauh lebih enak tenaga yang diesel. Kawan-kawan pedagang mobkas juga pada suruh hindarin Fortuner yang bensin.
Sampai sekarang kalau liat Fortuner 2.7 atau Innova 2.0, masih aja suaranya khas dan kedengaran dari jauh
Untuk diatas saya, sebaiknya ambil Diesel saja. Pengalaman nyobain Innova bensin vs diesel, iritan dan jauh lebih enak tenaga yang diesel. Kawan-kawan pedagang mobkas juga pada suruh hindarin Fortuner yang bensin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2117
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
jika dibandingkan konsumsi BBM ANKI 2.0 bensin dengan ANF SRZ 2.7 bensin, lebih irit mana ya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Short Test Drive - All New Fortuner SRZ
Fortuner cocoknya utk mesin bensin pakai yg V6 4000cc kalo pakai yg 2.7 lemot bgt bahkan di thailand sdh dihapus dari lineup fortuner.
Seandainya innova 2.7 dijual lagi bakalan jadi alternatif konsumen, mesin bensin 2.0 yg lemot dan boros tapi gk mau mesin diesel yg berisik tapi irit.
Seandainya innova 2.7 dijual lagi bakalan jadi alternatif konsumen, mesin bensin 2.0 yg lemot dan boros tapi gk mau mesin diesel yg berisik tapi irit.