Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Jambangan wrote:
kyknya gara2 pake oli mitsu nih
soalnya kata sesepuh di SM oli mitsu kualitas agak kacau
pernah liat mirage odo 72rb Km udah ngebul bgt di bengkel
a2agarage wrote: Sun Apr 05, 2020 5:07
om turbo dan suhu2 sm... mo bntu mnanyakan kendala yg dialami temen ane.. kaya gini..
kilometer 83.000. Sudah turun mesin(full) & ganti ring piston, packing set, PCV. Tp masih ngebul asep tipis kalo rpm tinggi. Itu kira2 kenapa lagi ya?
skrng diminumin eneos 5w30.. (outlander sport 2013)
kyknya gara2 pake oli mitsu nih
soalnya kata sesepuh di SM oli mitsu kualitas agak kacau
pernah liat mirage odo 72rb Km udah ngebul bgt di bengkel
duh serem juga nih oli mitsu... moga OS ane gk knapa2... liat historynya selalu diminumin oli mitsu 5w-30 9000-an km interval 6bulanan....
oli atpm jgn d hajar tinggi2.. dulu di forum tetangga aj perna ad yg post Old Nissan Grand Livina HR15DE single CVTC (harap maklum, ini metode penulisan baku utk merujuk pd batu makam lipindut) enjin head nya pd penuh sludge, padahal ybs slalu pake oli atpm servis berkala per 10 rebu km
ane lngsung mendadak pusing om... macem mana pula ya srvice di dealer resmi msti ngsih interval pnggantian 10rb km... malah kalo dibengkel (yg jualan) oli cuma khusus pnggantian oli aja.. bisa ngasih interval pnggantian tiap 5rb km pdhal yg kita beli katakanlah milih oli yg bagus [emoji30][emoji30][emoji30]
DOHC wrote: Mon Apr 06, 2020 14:10
oli atpm jgn d hajar tinggi2.. dulu di forum tetangga aj perna ad yg post Old Nissan Grand Livina HR15DE single CVTC (harap maklum, ini metode penulisan baku utk merujuk pd batu makam lipindut) enjin head nya pd penuh sludge, padahal ybs slalu pake oli atpm servis berkala per 10 rebu km
bukan bermaksud membela oli atpm, tapi cooling system yang buruk juga berperan dalam pembentukan sludge.
belum lama owe nemu mesin k3ve penuh sludge padahal oli rutin ganti per 5rb KM dalam jangka waktu kurang dari 4 bulan. setelah ditelusur, motor fan radiator sudah senen kemis muternya....
DOHC wrote: Mon Apr 06, 2020 14:10
oli atpm jgn d hajar tinggi2.. dulu di forum tetangga aj perna ad yg post Old Nissan Grand Livina HR15DE single CVTC (harap maklum, ini metode penulisan baku utk merujuk pd batu makam lipindut) enjin head nya pd penuh sludge, padahal ybs slalu pake oli atpm servis berkala per 10 rebu km
bukan bermaksud membela oli atpm, tapi cooling system yang buruk juga berperan dalam pembentukan sludge.
belum lama owe nemu mesin k3ve penuh sludge padahal oli rutin ganti per 5rb KM dalam jangka waktu kurang dari 4 bulan. setelah ditelusur, motor fan radiator sudah senen kemis muternya....
stuju mbah
tp kl untuk kasus Old Nissan Grand Livina HR15DE dengan single CVTC dan single Injector, cooling system sehat tp kenapa tetep bsa nge sludge mesin yah mbah, padahal kapasitas coolant nya ckup gede loh utk ukuran 1500cc, bahkan L15 honda aj kalah gede kapasitas nya
btw itu K3VE masi hoki yah mbah, at least masi senen kemis nyala
dl K3VE ane skali nya lgs matot, pas macet2 pula.. untung head blom sempet melengkung
DOHC wrote: Mon Apr 06, 2020 14:10
oli atpm jgn d hajar tinggi2.. dulu di forum tetangga aj perna ad yg post Old Nissan Grand Livina HR15DE single CVTC (harap maklum, ini metode penulisan baku utk merujuk pd batu makam lipindut) enjin head nya pd penuh sludge, padahal ybs slalu pake oli atpm servis berkala per 10 rebu km
bukan bermaksud membela oli atpm, tapi cooling system yang buruk juga berperan dalam pembentukan sludge.
belum lama owe nemu mesin k3ve penuh sludge padahal oli rutin ganti per 5rb KM dalam jangka waktu kurang dari 4 bulan. setelah ditelusur, motor fan radiator sudah senen kemis muternya....
stuju mbah
tp kl untuk kasus Old Nissan Grand Livina HR15DE dengan single CVTC dan single Injector, cooling system sehat tp kenapa tetep bsa nge sludge mesin yah mbah, padahal kapasitas coolant nya ckup gede loh utk ukuran 1500cc, bahkan L15 honda aj kalah gede kapasitas nya
btw itu K3VE masi hoki yah mbah, at least masi senen kemis nyala
dl K3VE ane skali nya lgs matot, pas macet2 pula.. untung head blom sempet melengkung
HR15DE kayaknya mesin yang rada panas tenp-nya..bahkan aki aja jarang yg mau kasi garansi utk mesin jenis ini..kl ga salah mesin jazz (lupa gen brp) jg pd ga mau kasi garansi. Aki cpt mati krn suhu di ruang mesin panas bgt.
MSU wrote: Tue Apr 07, 2020 0:17
HR15DE kayaknya mesin yang rada panas tenp-nya..bahkan aki aja jarang yg mau kasi garansi utk mesin jenis ini..kl ga salah mesin jazz (lupa gen brp) jg pd ga mau kasi garansi. Aki cpt mati krn suhu di ruang mesin panas bgt.
Mesinnya memang cenderung panas. Tapi dulu pelihara ogl, aki bawaan pabrik bertahan sampai 4thn (sekitar 70rb km) belum mati. Akhirnya diganti duluan daripada mogok di jalan
MSU wrote: Tue Apr 07, 2020 0:17
HR15DE kayaknya mesin yang rada panas tenp-nya..bahkan aki aja jarang yg mau kasi garansi utk mesin jenis ini..kl ga salah mesin jazz (lupa gen brp) jg pd ga mau kasi garansi. Aki cpt mati krn suhu di ruang mesin panas bgt.
Mesinnya memang cenderung panas. Tapi dulu pelihara ogl, aki bawaan pabrik bertahan sampai 4thn (sekitar 70rb km) belum mati. Akhirnya diganti duluan daripada mogok di jalan
Anomali om haha...sy seringnya dengar user yg ganti tiap tahun haha.
Dulu pernah bejek ogl a/t di tol merak...seingat sy dpt 160kmh (atau lebih ya)...superior ni mobil..driving position jg sy cocok...cm stir aja bunyi kletek2..
Versi m/t-nya pernah test...kagok kayak belajar bawa
MSU wrote: Tue Apr 07, 2020 0:17
HR15DE kayaknya mesin yang rada panas tenp-nya..bahkan aki aja jarang yg mau kasi garansi utk mesin jenis ini..kl ga salah mesin jazz (lupa gen brp) jg pd ga mau kasi garansi. Aki cpt mati krn suhu di ruang mesin panas bgt.
Mesinnya memang cenderung panas. Tapi dulu pelihara ogl, aki bawaan pabrik bertahan sampai 4thn (sekitar 70rb km) belum mati. Akhirnya diganti duluan daripada mogok di jalan
Anomali om haha...sy seringnya dengar user yg ganti tiap tahun haha.
Dulu pernah bejek ogl a/t di tol merak...seingat sy dpt 160kmh (atau lebih ya)...superior ni mobil..driving position jg sy cocok...cm stir aja bunyi kletek2..
Versi m/t-nya pernah test...kagok kayak belajar bawa
Wah sepikir sama saya ini om. OGL itu mobil enak. Pny saya wkt itu 1.5 XV manual 2007, inden 6 bulan. Di tol 140 nggak kerasa, ertiga saya udah mulai berat kl 140. Aki dulu tiap 6 bulan ganti, kl om dohc punya warbyasah dah (pas dpt unit bagus). Selain itu slang kopling udah berkali2 ganti juga krn ketetesan air aki (posisi di bwh aki persis)
rendr wrote: Tue Apr 07, 2020 9:43
Nah sama ini gara2 WFH odo emg ga muter tp udh lama ngendep ni oli di mesin... Crude oil anjlok kyknya kurang berasa sama harga2 disini..
Btw itu kixx 0w30 di botolnya keliatan ga om buatan mana tuh olinya?
20200407_190026-picsay.jpg
Buatan negara K-Pop om by GS Caltex.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
pengendiesel wrote: Tue Apr 07, 2020 10:22
Mesinnya memang cenderung panas. Tapi dulu pelihara ogl, aki bawaan pabrik bertahan sampai 4thn (sekitar 70rb km) belum mati. Akhirnya diganti duluan daripada mogok di jalan
Anomali om haha...sy seringnya dengar user yg ganti tiap tahun haha.
Dulu pernah bejek ogl a/t di tol merak...seingat sy dpt 160kmh (atau lebih ya)...superior ni mobil..driving position jg sy cocok...cm stir aja bunyi kletek2..
Versi m/t-nya pernah test...kagok kayak belajar bawa
Wah sepikir sama saya ini om. OGL itu mobil enak. Pny saya wkt itu 1.5 XV manual 2007, inden 6 bulan. Di tol 140 nggak kerasa, ertiga saya udah mulai berat kl 140. Aki dulu tiap 6 bulan ganti, kl om dohc punya warbyasah dah (pas dpt unit bagus). Selain itu slang kopling udah berkali2 ganti juga krn ketetesan air aki (posisi di bwh aki persis)
Umur aki di mobil Nissan yg OGL saya tidak tahu, tapi di ANGL pengalaman saya umur akinya pertama bawaan soak setelah 2 1/2 tahun dan sekarang saya pakai Aki Yuasa dan sudah saya kasih Pelindung Accu mobil disekeliling aki nya umurnya skrg sudah lewat 3 tahun lebih masih tokcer saat starter mobil. Dan satu lagi kalau long life coolant Nissan yg warna biru untuk top up coolant nya mobil, saya tidak pernah campur air lagi, tapi langsung saya tuang saja dan so far sampai 6 tahun pemakaiannya mobil belum pernah sekalipun ngalami overheat.
a2agarage wrote: Wed Apr 08, 2020 7:57
berhubung gk tau harga normal pasarannya jd gk ngerti bedanya udh didiskon apa belum wkwk... Screenshot_20200408-144912_Otocare.jpg
Diskon hingga 60% itu Om, ngga semua barang 60%. Udah saya cek sih di garda mall ya tetep lebih mahal jg
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
rendr wrote: Tue Apr 07, 2020 9:43
Nah sama ini gara2 WFH odo emg ga muter tp udh lama ngendep ni oli di mesin... Crude oil anjlok kyknya kurang berasa sama harga2 disini..
Btw itu kixx 0w30 di botolnya keliatan ga om buatan mana tuh olinya?
20200407_190026-picsay.jpg
Buatan negara K-Pop om by GS Caltex.
Oww masih buatan sana lgsg.. kudunya ga jauh beda sama yg di forum rusia itu ya speknya..
Dibanding sama PTT, 0w30 KIXX msh paling murah, kalo liat2 dari antiwear total kyknya lebih banyak dari PTT, Ca juga lbh tinggi dikit, cuman KV nya lebih kentel...
Cuman KIXX nya produksi kapan dan udh ikut SNI belom ya...
repsol produksi 2004 yg pernah ane pake blm sebulan udh jd sludge di mesin wkwkwk
rendr wrote: Wed Apr 08, 2020 14:23
Oww masih buatan sana lgsg.. kudunya ga jauh beda sama yg di forum rusia itu ya speknya..
Dibanding sama PTT, 0w30 KIXX msh paling murah, kalo liat2 dari antiwear total kyknya lebih banyak dari PTT, Ca juga lbh tinggi dikit, cuman KV nya lebih kentel...
Cuman KIXX nya produksi kapan dan udh ikut SNI belom ya...
repsol produksi 2004 yg pernah ane pake blm sebulan udh jd sludge di mesin wkwkwk
Kalau liat d manufacturing date-nya sih, 2017 ya... Masih aman harusnya, belum 5 tahun haha..
kalo flush pake amsoil ini apakah bagus utk kondisi engine sperti apa atau sama saja? atau ada referensi flush engine dgn merk2 tertentu utk kondisi mesin tertentu... ehmm.... lebih umum sih butuh gambaran ilmu ttg flush...
mohon ptunjuk para suhu.
Screenshot_20200409-144717_Tokopedia.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kalo flush pake amsoil ini apakah bagus utk kondisi engine sperti apa atau sama saja? atau ada referensi flush engine dgn merk2 tertentu utk kondisi mesin tertentu... ehmm.... lebih umum sih butuh gambaran ilmu ttg flush...
mohon ptunjuk para suhu.Screenshot_20200409-144717_Tokopedia.jpg
masukin cairan engine flush kedalam mesin hanya dilakukan sebagai opsi terakhir, atau saat sludge / lumpur sudah tidak bisa tertolong lagi.
coba lubang pengisian oli dan ujung dipstick difoto lalu posting disini, nanti baru bisa ketauan apa langkah berikutnya.
sukur-sukur bisa foto mesin dalam keadaan valve cover terbuka supaya lebih jelas.