Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Outlander Sport 2015
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
mlenceng dkit tp msih sama2 oli... wkwk. om turbo.. kalo oli rem yg baik buat outlander sport apa ya om? disarankannya DOT3 atau DOT4.
kalau prestone or stp bagus gk sih?
kalau prestone or stp bagus gk sih?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Bebas mau pakea2agarage wrote:mlenceng dkit tp msih sama2 oli... wkwk. om turbo.. kalo oli rem yg baik buat outlander sport apa ya om? disarankannya DOT3 atau DOT4.
kalau prestone or stp bagus gk sih?
DOT 3 / 4 / 5.1
krn semua Glycol based dan aman utk karet3
DOT makin tinggi = Higher Boiling point, kalo jalan jauh kinerja rem lebih stabil
Cuman DOT makin tinggi biasa makin higroskopis
Tapi saya pernah pake ATE DOT 4 - SL 6 sih kinerja stabil 2 tahun
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
ini ajah : https://www.blibli.com/p/dijaminmurah-p ... 0030-00001
PTT Lubricant Synthetic Brake Fluid Dot 4
PTT Lubricant Synthetic Brake Fluid Dot 4
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 367
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Saya pengguna 1nz-fe biasa pakai oli kerang 5-30 atau 10-40, ganti oli setiap 3000km , seperti nya enak enak aja. Tidak pernah engine flush. Odo sudah 100k.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Outlander Sport 2015
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
om turbo dan suhu2 sm... mo bntu mnanyakan kendala yg dialami temen ane.. kaya gini..
kilometer 83.000. Sudah turun mesin(full) & ganti ring piston, packing set, PCV. Tp masih ngebul asep tipis kalo rpm tinggi. Itu kira2 kenapa lagi ya?
skrng diminumin eneos 5w30.. (outlander sport 2013)
kilometer 83.000. Sudah turun mesin(full) & ganti ring piston, packing set, PCV. Tp masih ngebul asep tipis kalo rpm tinggi. Itu kira2 kenapa lagi ya?
skrng diminumin eneos 5w30.. (outlander sport 2013)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27642
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Buset itu bijimane bsa ampe turun mesin om, enjin mitsu 4B11 itu termasuk robust lohh dan panjanggggg umur, kcuali pake oli jelek mulu trus rante keteng nya ampe melara2agarage wrote: Sun Apr 05, 2020 5:07 om turbo dan suhu2 sm... mo bntu mnanyakan kendala yg dialami temen ane.. kaya gini..
kilometer 83.000. Sudah turun mesin(full) & ganti ring piston, packing set, PCV. Tp masih ngebul asep tipis kalo rpm tinggi. Itu kira2 kenapa lagi ya?
skrng diminumin eneos 5w30.. (outlander sport 2013)
Btw dah coba cek kompresi dl ? Ntar ketauan ad bocor kompresi di silinder ga, cek gampang koq itu, bengkel2 mustinya pd bsa
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Outlander Sport 2015
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
itu dia om... katanya kalo pas rpm tinggi ngebul... macem pickup2 aja wkwk... [emoji23][emoji23] skrng udh 1000km on going... masih gtu punya tmen aneDOHC wrote:Buset itu bijimane bsa ampe turun mesin om, enjin mitsu 4B11 itu termasuk robust lohh dan panjanggggg umur, kcuali pake oli jelek mulu trus rante keteng nya ampe melara2agarage wrote: Sun Apr 05, 2020 5:07 om turbo dan suhu2 sm... mo bntu mnanyakan kendala yg dialami temen ane.. kaya gini..
kilometer 83.000. Sudah turun mesin(full) & ganti ring piston, packing set, PCV. Tp masih ngebul asep tipis kalo rpm tinggi. Itu kira2 kenapa lagi ya?
skrng diminumin eneos 5w30.. (outlander sport 2013)
Btw dah coba cek kompresi dl ? Ntar ketauan ad bocor kompresi di silinder ga, cek gampang koq itu, bengkel2 mustinya pd bsa
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
a2agarage wrote: Sun Apr 05, 2020 5:07 om turbo dan suhu2 sm... mo bntu mnanyakan kendala yg dialami temen ane.. kaya gini..
kilometer 83.000. Sudah turun mesin(full) & ganti ring piston, packing set, PCV. Tp masih ngebul asep tipis kalo rpm tinggi. Itu kira2 kenapa lagi ya?
skrng diminumin eneos 5w30.. (outlander sport 2013)
hanya saat RPM tinggi dan tipis? antara seal klep, bos klep, atau liner sudah ngantong. atau bisa juga kombinasi dari semua.
saat turun mesin kondisi batang klep beserta bos klep diukur dengan micrometer apa tidak? diameter liner / boring diukur apa tidak?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
prosedur pengerjaan OH nya bener gak ?a2agarage wrote:om turbo dan suhu2 sm... mo bntu mnanyakan kendala yg dialami temen ane.. kaya gini..
kilometer 83.000. Sudah turun mesin(full) & ganti ring piston, packing set, PCV. Tp masih ngebul asep tipis kalo rpm tinggi. Itu kira2 kenapa lagi ya?
skrng diminumin eneos 5w30.. (outlander sport 2013)
yakin gak dipasangin parts Kw ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27642
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Mbah,marmut wrote: Sun Apr 05, 2020 7:16a2agarage wrote: Sun Apr 05, 2020 5:07 om turbo dan suhu2 sm... mo bntu mnanyakan kendala yg dialami temen ane.. kaya gini..
kilometer 83.000. Sudah turun mesin(full) & ganti ring piston, packing set, PCV. Tp masih ngebul asep tipis kalo rpm tinggi. Itu kira2 kenapa lagi ya?
skrng diminumin eneos 5w30.. (outlander sport 2013)
hanya saat RPM tinggi dan tipis? antara seal klep, bos klep, atau liner sudah ngantong. atau bisa juga kombinasi dari semua.
saat turun mesin kondisi batang klep beserta bos klep diukur dengan micrometer apa tidak? diameter liner / boring diukur apa tidak?
Itu yg mbah jabarkan, harus rpm tinggi yah baru bsa bkin ngebul ? Ane kira pas rpm rendah atau sedang ud bsa ketauan kl mesin ud nyala beberapa saat
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
DOHC wrote: Sun Apr 05, 2020 7:47
Mbah,
Itu yg mbah jabarkan, harus rpm tinggi yah baru bsa bkin ngebul ? Ane kira pas rpm rendah atau sedang ud bsa ketauan kl mesin ud nyala beberapa saat
tidak mutlak, tapi umumnya seperti itu.
karena ada kasus juga seal klep sudah keras seperti batu, saat RPM rendah ngebul tipis.
maka dari itu saat mesin dibongkar, semua tanpa kecuali musti diperiksa dan diukur dengan alat ukur yang semestinya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Bener nih pengalaman saya pake minyak rem dengan merek yg sama antara DOT3 dan DOT4 itu selama 20rb km pemakaian, kandungan air nya lebih banyak DOT4, meskipun masih batas wajar sih.Turboman wrote: Sat Apr 04, 2020 2:55Bebas mau pakea2agarage wrote:mlenceng dkit tp msih sama2 oli... wkwk. om turbo.. kalo oli rem yg baik buat outlander sport apa ya om? disarankannya DOT3 atau DOT4.
kalau prestone or stp bagus gk sih?
DOT 3 / 4 / 5.1
krn semua Glycol based dan aman utk karet3
DOT makin tinggi = Higher Boiling point, kalo jalan jauh kinerja rem lebih stabil
Cuman DOT makin tinggi biasa makin higroskopis
Tapi saya pernah pake ATE DOT 4 - SL 6 sih kinerja stabil 2 tahun
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
utk minyak rem DOT 4 so far yg enak (pakem)
MOTUL DOT 4 / 3
enak
tapi harganya ya mmg gitu deh......heheh
MOTUL DOT 4 / 3
enak
tapi harganya ya mmg gitu deh......heheh
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27642
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Waduh, curiga ipah tua ane kaya nya seal klep nya ud keras kl yah mbah, mobil ud 14 taon odo jg 200 rebu, tp blm perna turun mesin mbah, oli jg pake 5-30 ga ad ngebul cuman tiap 1000 km nambah oli 300 cc.. itu kira2 ud keras kl yah mbah ?marmut wrote: Sun Apr 05, 2020 9:06DOHC wrote: Sun Apr 05, 2020 7:47
Mbah,
Itu yg mbah jabarkan, harus rpm tinggi yah baru bsa bkin ngebul ? Ane kira pas rpm rendah atau sedang ud bsa ketauan kl mesin ud nyala beberapa saat
tidak mutlak, tapi umumnya seperti itu.
karena ada kasus juga seal klep sudah keras seperti batu, saat RPM rendah ngebul tipis.
maka dari itu saat mesin dibongkar, semua tanpa kecuali musti diperiksa dan diukur dengan alat ukur yang semestinya.
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
DOHC wrote: Sun Apr 05, 2020 13:09
Waduh, curiga ipah tua ane kaya nya seal klep nya ud keras kl yah mbah, mobil ud 14 taon odo jg 200 rebu, tp blm perna turun mesin mbah, oli jg pake 5-30 ga ad ngebul cuman tiap 1000 km nambah oli 300 cc.. itu kira2 ud keras kl yah mbah ?
bisa jadi.
angkat head aja skir klep. nanti pas head udah kelepas kan ketauan kondisi ring piston masih sehat apa enggak, sama diliat kondisi liner masih ada garis bekas honing apa udah mengkilat.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27642
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Wahh kl garis honing d liner mahh mustinya ud ilang kl yah mbah, kan mobil ud odo tinggimarmut wrote: Sun Apr 05, 2020 13:20DOHC wrote: Sun Apr 05, 2020 13:09
Waduh, curiga ipah tua ane kaya nya seal klep nya ud keras kl yah mbah, mobil ud 14 taon odo jg 200 rebu, tp blm perna turun mesin mbah, oli jg pake 5-30 ga ad ngebul cuman tiap 1000 km nambah oli 300 cc.. itu kira2 ud keras kl yah mbah ?
bisa jadi.
angkat head aja skir klep. nanti pas head udah kelepas kan ketauan kondisi ring piston masih sehat apa enggak, sama diliat kondisi liner masih ada garis bekas honing apa udah mengkilat.
Turun stengah mesin yah, ini kl seandainya parts2 masi bagus, cuman perlu ganti seal2 klep ama enjin gasket doank kan yah mbah ? Ga perlu bubut apapun ?
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
kyknya gara2 pake oli mitsu niha2agarage wrote: Sun Apr 05, 2020 5:07 om turbo dan suhu2 sm... mo bntu mnanyakan kendala yg dialami temen ane.. kaya gini..
kilometer 83.000. Sudah turun mesin(full) & ganti ring piston, packing set, PCV. Tp masih ngebul asep tipis kalo rpm tinggi. Itu kira2 kenapa lagi ya?
skrng diminumin eneos 5w30.. (outlander sport 2013)
soalnya kata sesepuh di SM oli mitsu kualitas agak kacau
pernah liat mirage odo 72rb Km udah ngebul bgt di bengkel
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
ane tahu nehJambangan wrote:kyknya gara2 pake oli mitsu niha2agarage wrote: Sun Apr 05, 2020 5:07 om turbo dan suhu2 sm... mo bntu mnanyakan kendala yg dialami temen ane.. kaya gini..
kilometer 83.000. Sudah turun mesin(full) & ganti ring piston, packing set, PCV. Tp masih ngebul asep tipis kalo rpm tinggi. Itu kira2 kenapa lagi ya?
skrng diminumin eneos 5w30.. (outlander sport 2013)
soalnya kata sesepuh di SM oli mitsu kualitas agak kacau
pernah liat mirage odo 72rb Km udah ngebul bgt di bengkel
kayaknya kata papanya FRD
ya MGO buat pake 5 - 6000 km aja
wkwkwkw
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
DOHC wrote: Mon Apr 06, 2020 0:03
Wahh kl garis honing d liner mahh mustinya ud ilang kl yah mbah, kan mobil ud odo tinggi
Turun stengah mesin yah, ini kl seandainya parts2 masi bagus, cuman perlu ganti seal2 klep ama enjin gasket doank kan yah mbah ? Ga perlu bubut apapun ?
belum tentu, paling enak diliat langsung atau diintip pake borescope masih ada nggak garis honing-nya.
sempetin periksa bos klep, umumnya sering kelewat bagian 1 ini. kalo oke semua, yang dibeli ya paking top set. pengerjaan ya skir klep sama bersih-bersih yang musti dibersihin.
Jambangan wrote: Mon Apr 06, 2020 2:51
kyknya gara2 pake oli mitsu nih
soalnya kata sesepuh di SM oli mitsu kualitas agak kacau
pernah liat mirage odo 72rb Km udah ngebul bgt di bengkel
ada sultan, sungkem dulu biar nggak kuwalat.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27642
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Sipp mbah
Ngumpulin ilmu ama nyawa dl baru coba eksekusi.. kl ga perlu ngebubut sgala, kayanya bongkar sendiri bsa sehh
Btw oli atpm mah jgn jauh2, mau merek mitsu, ahond, batu makam, sama aj..
Ngumpulin ilmu ama nyawa dl baru coba eksekusi.. kl ga perlu ngebubut sgala, kayanya bongkar sendiri bsa sehh
Btw oli atpm mah jgn jauh2, mau merek mitsu, ahond, batu makam, sama aj..
marmut wrote: Mon Apr 06, 2020 3:37DOHC wrote: Mon Apr 06, 2020 0:03
Wahh kl garis honing d liner mahh mustinya ud ilang kl yah mbah, kan mobil ud odo tinggi
Turun stengah mesin yah, ini kl seandainya parts2 masi bagus, cuman perlu ganti seal2 klep ama enjin gasket doank kan yah mbah ? Ga perlu bubut apapun ?
belum tentu, paling enak diliat langsung atau diintip pake borescope masih ada nggak garis honing-nya.
sempetin periksa bos klep, umumnya sering kelewat bagian 1 ini. kalo oke semua, yang dibeli ya paking top set. pengerjaan ya skir klep sama bersih-bersih yang musti dibersihin.
Jambangan wrote: Mon Apr 06, 2020 2:51
kyknya gara2 pake oli mitsu nih
soalnya kata sesepuh di SM oli mitsu kualitas agak kacau
pernah liat mirage odo 72rb Km udah ngebul bgt di bengkel
ada sultan, sungkem dulu biar nggak kuwalat.
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kecuali OEM oilDOHC wrote:Sipp mbah
Ngumpulin ilmu ama nyawa dl baru coba eksekusi.. kl ga perlu ngebubut sgala, kayanya bongkar sendiri bsa sehh
Btw oli atpm mah jgn jauh2, mau merek mitsu, ahond, batu makam, sama aj..
marmut wrote: Mon Apr 06, 2020 3:37DOHC wrote: Mon Apr 06, 2020 0:03
Wahh kl garis honing d liner mahh mustinya ud ilang kl yah mbah, kan mobil ud odo tinggi
Turun stengah mesin yah, ini kl seandainya parts2 masi bagus, cuman perlu ganti seal2 klep ama enjin gasket doank kan yah mbah ? Ga perlu bubut apapun ?
belum tentu, paling enak diliat langsung atau diintip pake borescope masih ada nggak garis honing-nya.
sempetin periksa bos klep, umumnya sering kelewat bagian 1 ini. kalo oke semua, yang dibeli ya paking top set. pengerjaan ya skir klep sama bersih-bersih yang musti dibersihin.
Jambangan wrote: Mon Apr 06, 2020 2:51
kyknya gara2 pake oli mitsu nih
soalnya kata sesepuh di SM oli mitsu kualitas agak kacau
pernah liat mirage odo 72rb Km udah ngebul bgt di bengkel
ada sultan, sungkem dulu biar nggak kuwalat.
Merc Benz - MB 229.5
BMW LL-01
Nah itu sih 10.000 km aja enteng (Max 12 bulan)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
numpang nanya lg om
klo pertanyaan rada melenceng dikit gpp ya.
tentang oli matic nih. klo ane mau top up/ganti oli matic tanpa flush pakai Aisin AFW+ boleh ga ya?? mengingat di AT ane isi nya 3317 BeRes, ane flush 10 liter, 7000km yg lalu..
oh ya nanya lagi.
kok oli matic ane sisa setengah ya di indikator H??
ane cek stelah ane pakai keliling2 dikit mobilnya..
ga ada kebocoran sih kata BeRes
apa oli matic bsa nguap jg kyk oli mesin??
klo pertanyaan rada melenceng dikit gpp ya.
tentang oli matic nih. klo ane mau top up/ganti oli matic tanpa flush pakai Aisin AFW+ boleh ga ya?? mengingat di AT ane isi nya 3317 BeRes, ane flush 10 liter, 7000km yg lalu..
oh ya nanya lagi.
kok oli matic ane sisa setengah ya di indikator H??
ane cek stelah ane pakai keliling2 dikit mobilnya..
ga ada kebocoran sih kata BeRes
apa oli matic bsa nguap jg kyk oli mesin??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Ganti drain n refill oli matic biasanya masi sisa setengah dr yg lama. Beda ama ganti oli mobil, nyisa palingan ga sampe seliter (kalau divacuum/dorong palingan segelas aqua).ViPerRed wrote: Mon Apr 06, 2020 6:37 numpang nanya lg om
klo pertanyaan rada melenceng dikit gpp ya.
tentang oli matic nih. klo ane mau top up/ganti oli matic tanpa flush pakai Aisin AFW+ boleh ga ya?? mengingat di AT ane isi nya 3317 BeRes, ane flush 10 liter, 7000km yg lalu..
oh ya nanya lagi.
kok oli matic ane sisa setengah ya di indikator H??
ane cek stelah ane pakai keliling2 dikit mobilnya..
ga ada kebocoran sih kata BeRes
apa oli matic bsa nguap jg kyk oli mesin??
Better flush / gerlong sih ... Atau kalau di sekitaran domisili om ndak ada alat or bs ngerjain, yahh terpaksa buang terus isi .... Pake jalan bentar, buang terus isi lg sih .. ini cara bodoh2an menurut owe sih... CMIIW

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
kmrn sih di flush pake mesin di bengkel biasa
cm ini ane liat oli matic nya kurang, sisa stengah
ilang kemana ya ATF nya
mau di top up tp oli 3317 beres ga ready, ada yg jual AFW tp tkut ga cocok klo ke mix gni.
cm ini ane liat oli matic nya kurang, sisa stengah
ilang kemana ya ATF nya
mau di top up tp oli 3317 beres ga ready, ada yg jual AFW tp tkut ga cocok klo ke mix gni.
josomba wrote: Mon Apr 06, 2020 6:57Ganti drain n refill oli matic biasanya masi sisa setengah dr yg lama. Beda ama ganti oli mobil, nyisa palingan ga sampe seliter (kalau divacuum/dorong palingan segelas aqua).ViPerRed wrote: Mon Apr 06, 2020 6:37 numpang nanya lg om
klo pertanyaan rada melenceng dikit gpp ya.
tentang oli matic nih. klo ane mau top up/ganti oli matic tanpa flush pakai Aisin AFW+ boleh ga ya?? mengingat di AT ane isi nya 3317 BeRes, ane flush 10 liter, 7000km yg lalu..
oh ya nanya lagi.
kok oli matic ane sisa setengah ya di indikator H??
ane cek stelah ane pakai keliling2 dikit mobilnya..
ga ada kebocoran sih kata BeRes
apa oli matic bsa nguap jg kyk oli mesin??
Better flush / gerlong sih ... Atau kalau di sekitaran domisili om ndak ada alat or bs ngerjain, yahh terpaksa buang terus isi .... Pake jalan bentar, buang terus isi lg sih .. ini cara bodoh2an menurut owe sih... CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Ini belom ada seller oli yg banting harga lagi ya..
gaspol resing tim