Bli.. apikmen iki hasile [emoji9][emoji9]nescafe wrote:Weekend kemarin iseng2 bebersih avanza bokap![]()
Preparationnya hanya dicuci saja menggunakan shampoo mobil + iron remover
untuk koreksinya menggunakan rupes wool polishing pad + rupes Uno (all in one) dengan mesin flex vrg 3401
sedangkan pada kaca saya menggunakan zegen glass compund + glass polishing block serta repellent carlack
berikut hasilnya![]()
![]()
Car Detailing Lounge - PART 07
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 331
- Joined: Wed Oct 14, 2015 8:16
- Location: Bogor Kota
- Daily Vehicle: Yaris Off-road
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
sent from ladies room 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Bah...... Ini sih gokil mantap banget om..josomba wrote: Fri Jan 03, 2020 1:11Saya biasa apply yg kedua besoknya (kalau di autogeekonline atau autopia biasa pada nunggu >=8 jam). Karena emang demen apply wax/sealant, jd ga tentu kadang bisa 2 bulan sekali kadang bisa sebulan sekali. Kalau weekly basis, ga ada semprot detailer/quick wax, hanya cuci mobil biasa pake megs nxt/sonax/mothers 2x seminggu.indeskey wrote: Fri Jan 03, 2020 0:57 Iya om di timpa. Kalau power lock applikasi ke2 nunggu berapa lama om dari yg pertama.
Btw kalau om Josomba dengan kondisi indonesia applikasi powerlock 2x ini dilakukan tiap berapa lama? Dan untuk maintenance mingguan/habis cucinya pake apa?
Pernah test poles mobil temen, Powerlock kalau apply 2x gini biasa tahan lah 3-6 bulan (perawatannya mirip yg biasa saya lakukan). Musim hujan biasa waterbeads cuman 1-2 bulan, kalau lg rutin terus tol tiap hari sheet and beads (nyeplak) pas bulan 3. Kalau lg kemarau beading bisa 3+ bulan, air bener2 nyeplak (ga ada sheeting/beads sama sekali) biasa bulan ke-4 atau 5 sih.
20191215_212541.jpg
Ada rekomendasi best budget QD om?
gaspol resing tim
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
matur nuwun masseeeB3M0 wrote: Fri Jan 31, 2020 0:51Bli.. apikmen iki hasile [emoji9][emoji9]nescafe wrote:Weekend kemarin iseng2 bebersih avanza bokap![]()
Preparationnya hanya dicuci saja menggunakan shampoo mobil + iron remover
untuk koreksinya menggunakan rupes wool polishing pad + rupes Uno (all in one) dengan mesin flex vrg 3401
sedangkan pada kaca saya menggunakan zegen glass compund + glass polishing block serta repellent carlack
berikut hasilnya![]()
![]()
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Bisa pakai meguiars last touch oom, di dilute dengan air 1:1

Permisii
............................. 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Om-om ada solusi gak yah untuk ini? Mobil sy sarungin, trus 2 hari kena ujan terus menerus.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Saran nubie mungkin bisa pake clay bar dibantu dengan pelumas quick detailer om.
Saya saran mobil kalau di sarung pas ujan mending dibuka, karena bikin jamuran.
Saya saran mobil kalau di sarung pas ujan mending dibuka, karena bikin jamuran.
yanuarra wrote:Om-om ada solusi gak yah untuk ini? Mobil sy sarungin, trus 2 hari kena ujan terus menerus.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Oke om ntr sy coba. Tp masih bingung itu jamur atau bkn.. jgn2 catnya luntur.. atau jgn2 covernya yg luntur..indeskey wrote:Saran nubie mungkin bisa pake clay bar dibantu dengan pelumas quick detailer om.
Saya saran mobil kalau di sarung pas ujan mending dibuka, karena bikin jamuran.yanuarra wrote:Om-om ada solusi gak yah untuk ini? Mobil sy sarungin, trus 2 hari kena ujan terus menerus.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Thank you om...rendr wrote: Fri Jan 31, 2020 0:55
Bah...... Ini sih gokil mantap banget om..
Ada rekomendasi best budget QD om?
Saya ga pake qd om beberapa tahun terakhir, mending rutin apply 2-3 bulan sekali aja sealant gitu. Kalau lg kemarau, sebulan sekali apply carnauba wax biar wetlook terus (walau kalau liat baik2, swirl tipis tetep kelihatan)

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Ga mempan omindeskey wrote:Saran nubie mungkin bisa pake clay bar dibantu dengan pelumas quick detailer om.
Saya saran mobil kalau di sarung pas ujan mending dibuka, karena bikin jamuran.yanuarra wrote:Om-om ada solusi gak yah untuk ini? Mobil sy sarungin, trus 2 hari kena ujan terus menerus.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
khasnya mobil yg disarungin kena hujan dan tembus jadi lembab. kalau kata temen detailer itu cat dari cover yang luntur ke clear coat. solusi dia, coba di polishing dulu, kalau ga mempan ya compound d.yanuarra wrote: Fri Jan 31, 2020 17:15Oke om ntr sy coba. Tp masih bingung itu jamur atau bkn.. jgn2 catnya luntur.. atau jgn2 covernya yg luntur..indeskey wrote:Saran nubie mungkin bisa pake clay bar dibantu dengan pelumas quick detailer om.
Saya saran mobil kalau di sarung pas ujan mending dibuka, karena bikin jamuran.yanuarra wrote:Om-om ada solusi gak yah untuk ini? Mobil sy sarungin, trus 2 hari kena ujan terus menerus.IMG_20200105_171503.jpeg
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Waduh, bisa diikutin saran om kunaskun. Poles dulu, kalau masih bandel ya di compon. Masih blm ya masak harus sampe di amplas?
yanuarra wrote:Ga mempan omindeskey wrote:Saran nubie mungkin bisa pake clay bar dibantu dengan pelumas quick detailer om.
Saya saran mobil kalau di sarung pas ujan mending dibuka, karena bikin jamuran.yanuarra wrote:Om-om ada solusi gak yah untuk ini? Mobil sy sarungin, trus 2 hari kena ujan terus menerus.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Malam2 om semua, ini mobil ane belum lama ini kena tetesan air AC, sampe sekarang biar sudah dicuci kok tetap ga bisa hilang ya.
Ada solusi murah meriah tidak ya?
Terima kasih.
Ada solusi murah meriah tidak ya?
Terima kasih.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Itu moisture/kelembaban yg masuk ke dlm cat-nya. Klo dijemur matahari (kena panas), bisa hilang sendiri. Sebaiknya jgn dipoles, dsb, krena dgn kondisi empuk spt itu bisa merusak catnya.yanuarra wrote: Fri Jan 31, 2020 2:23 Om-om ada solusi gak yah untuk ini? Mobil sy sarungin, trus 2 hari kena ujan terus menerus.IMG_20200105_171503.jpeg
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Mastah2 detailing
Nubie mau konsul, jd critanya ane mau beli mesin poles, yg murmer aj d toped buat belajar moles, slama ini moles pake tangan hasil nya kurang banget, palagi buat mobil yg warna gelap berkerak jamur parah
Kira2 pad yg spons buat apa yah, trus yg wool buat apa yah..
Utk obat2 nya, ane ad kit kaleng kuning baru beli, mothers yg step 2 ama 3, sanpoly, kompon putih.. nyuci nya pake megs nxt
Mohon petunjuk nya
Nubie mau konsul, jd critanya ane mau beli mesin poles, yg murmer aj d toped buat belajar moles, slama ini moles pake tangan hasil nya kurang banget, palagi buat mobil yg warna gelap berkerak jamur parah
Kira2 pad yg spons buat apa yah, trus yg wool buat apa yah..
Utk obat2 nya, ane ad kit kaleng kuning baru beli, mothers yg step 2 ama 3, sanpoly, kompon putih.. nyuci nya pake megs nxt
Mohon petunjuk nya
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Sori om saya super newbie mau kasih saran. Kalau mesin yg murmer di toped biasanya rotari (mirip bor) lebih powerful buat yg sudah pro, untuk belajar mending pake mesin DA dual action, lebih aman. Kalau rotari lbh bisa bikin cat burn. Cuma mesin DA plng murah harganya lebih mahal dibanding rotari yg murmer. Saya blm pernah pake rotari, skg pake mesin DA impor dari china, tp kualitas nya ambyar haha. Mending beli merk yg udah pasaran di ind merk shinem*te.DOHC wrote:Mastah2 detailing
Nubie mau konsul, jd critanya ane mau beli mesin poles, yg murmer aj d toped buat belajar moles, slama ini moles pake tangan hasil nya kurang banget, palagi buat mobil yg warna gelap berkerak jamur parah
Kira2 pad yg spons buat apa yah, trus yg wool buat apa yah..
Utk obat2 nya, ane ad kit kaleng kuning baru beli, mothers yg step 2 ama 3, sanpoly, kompon putih.. nyuci nya pake megs nxt
Mohon petunjuk nya
Pad wool mestinya lbh abrasif dibanding yg sponge.
Kalau obat ada yg jual eceran di toped isi 100ml meg. M105 (compon) dan M205 (poles). Ini sudah cukup buat koreksi.
Cmiiw semua ya hehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 6 2017
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Suhu2 mau nanya, rencana mau coating ford fiesta ane yang baru aja kelar dari bengkel cat. Terkait banyaknya bengkel detailing dan obat coating merk A sampai Z
Adakah tips memilih toko, obat, dan jasa yg ditawarkan buat ane biar ga rugi dengan uang yg dikuarin? Budget 4 juta, lokasi ane tangerang sekitar.
Misal dgn 4 juta harusnya sudah dpt
A,b,c,d , dll kalo di toko X ga dpt service “d” berarti ga worth
Adakah tips memilih toko, obat, dan jasa yg ditawarkan buat ane biar ga rugi dengan uang yg dikuarin? Budget 4 juta, lokasi ane tangerang sekitar.
Misal dgn 4 juta harusnya sudah dpt
A,b,c,d , dll kalo di toko X ga dpt service “d” berarti ga worth
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Ahh makasih ilmu nya om..
Hampir aj terjerumus beli rotary, buang duit nubie d
Kl gt ane coba hunting DA dl deh
Hampir aj terjerumus beli rotary, buang duit nubie d
Kl gt ane coba hunting DA dl deh
indeskey wrote: Fri Mar 27, 2020 0:20Sori om saya super newbie mau kasih saran. Kalau mesin yg murmer di toped biasanya rotari (mirip bor) lebih powerful buat yg sudah pro, untuk belajar mending pake mesin DA dual action, lebih aman. Kalau rotari lbh bisa bikin cat burn. Cuma mesin DA plng murah harganya lebih mahal dibanding rotari yg murmer. Saya blm pernah pake rotari, skg pake mesin DA impor dari china, tp kualitas nya ambyar haha. Mending beli merk yg udah pasaran di ind merk shinem*te.DOHC wrote:Mastah2 detailing
Nubie mau konsul, jd critanya ane mau beli mesin poles, yg murmer aj d toped buat belajar moles, slama ini moles pake tangan hasil nya kurang banget, palagi buat mobil yg warna gelap berkerak jamur parah
Kira2 pad yg spons buat apa yah, trus yg wool buat apa yah..
Utk obat2 nya, ane ad kit kaleng kuning baru beli, mothers yg step 2 ama 3, sanpoly, kompon putih.. nyuci nya pake megs nxt
Mohon petunjuk nya
Pad wool mestinya lbh abrasif dibanding yg sponge.
Kalau obat ada yg jual eceran di toped isi 100ml meg. M105 (compon) dan M205 (poles). Ini sudah cukup buat koreksi.
Cmiiw semua ya hehe
numpang lewat aja....


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Maaf mengganggu mau tanya dan semoga tidak salah kamar, umumnya cat / pernis ulang kendaraan tiap berapa tahun ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
setiap tahun?hotoriii wrote: Tue Mar 31, 2020 12:23 Maaf mengganggu mau tanya dan semoga tidak salah kamar, umumnya cat / pernis ulang kendaraan tiap berapa tahun ya?

seriously, repaint mobil untuk apa ya?
tapi DA relatif lamban ya. misal pakai rotary per panel butuh waktu 1-2 menit, DA butuh waktu 2-3x lebih lama. tapi karena lamban jadi lebih safe, dan user error free. detailer pro juga banyak yang pake DA untuk polishing karena lebih lamban jadi bisa lebih teliti, pemakaian material juga lebih efisien.DOHC wrote: Sat Mar 28, 2020 0:13 Ahh makasih ilmu nya om..
Hampir aj terjerumus beli rotary, buang duit nubie d
Kl gt ane coba hunting DA dl deh
DA yang rekomen jelas Rupes. kalau hanya sesekali pakai beli saja merek2 murmernya seperti shinemate.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
agar mobil yg cat sdh kusam terlihat wetlook kembali dan tidak jorok pak hehe (saya agak clean freak / germophobic). saya pakai rush 2011 yg sdh tidak kinclong catnya, mau saya betulkan biar kelihatan pantas
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
nah itu kira2 step2 nya kapan mobil harus repaint / recoat, kapan cukup bawa ke detailer atau bagaimana, itu tanda2 nya bagaimana dan sberapa sering ya? pertanyaan saya yg pertama itu sbenarnya arahnya kesini karena saya ga faham sama sekali hehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Wah saya malah kebalikan. Kalau saya pribadi kok malah lebih seneng DA asal throw minimal 15mm... Rotary saya terakhir pake ntuh 2 tahun lalu pas ngerjain mobil tg heavy swirls n waterspot parah bener.kunaskun wrote: Tue Mar 31, 2020 13:51
tapi DA relatif lamban ya. misal pakai rotary per panel butuh waktu 1-2 menit, DA butuh waktu 2-3x lebih lama. tapi karena lamban jadi lebih safe, dan user error free. detailer pro juga banyak yang pake DA untuk polishing karena lebih lamban jadi bisa lebih teliti, pemakaian material juga lebih efisien.
DA yang rekomen jelas Rupes. kalau hanya sesekali pakai beli saja merek2 murmernya seperti shinemate.
Saya merasa pake rotary malah lama, karena kudu gradual speed naik, terus gradual speed turun. Udah gitu kalau d mobil hitam masih wajib lanjut finishing polish biar bener2 bersih dr buffer trail/light marks. Kalau pake DA, di mobil hitam terkadang medium cut polish (cem menz pf2500/mc2400) dah cukup....bahkan terkadang FG400 n lgsg sealant/wax juga cukup.
Iseng share stok foto lama, FG400 + Menz Powerlock n shinemate ex610 di "British Racing Green"
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Sebenernya kalo yang bikin kusam itu kerak/jamur dan lapisan vernish nya masih aman ya cukup dipoles aja Om. Kecuali udah keseringan dipoles sampe vernish nya udah abis ya beda cerita.hotoriii wrote: Tue Mar 31, 2020 14:52agar mobil yg cat sdh kusam terlihat wetlook kembali dan tidak jorok pak hehe (saya agak clean freak / germophobic). saya pakai rush 2011 yg sdh tidak kinclong catnya, mau saya betulkan biar kelihatan pantas![]()
nah itu kira2 step2 nya kapan mobil harus repaint / recoat, kapan cukup bawa ke detailer atau bagaimana, itu tanda2 nya bagaimana dan sberapa sering ya? pertanyaan saya yg pertama itu sbenarnya arahnya kesini karena saya ga faham sama sekali hehehe
Atau kalo memang udah banyak baret sampe ke cat dasar nya ya mau gak mau mesti cat ulang kalo mau keliatan mulus lg
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
nah yang pro sudah turunjosomba wrote: Tue Mar 31, 2020 15:27 Wah saya malah kebalikan. Kalau saya pribadi kok malah lebih seneng DA asal throw minimal 15mm... Rotary saya terakhir pake ntuh 2 tahun lalu pas ngerjain mobil tg heavy swirls n waterspot parah bener.
Saya merasa pake rotary malah lama, karena kudu gradual speed naik, terus gradual speed turun. Udah gitu kalau d mobil hitam masih wajib lanjut finishing polish biar bener2 bersih dr buffer trail/light marks. Kalau pake DA, di mobil hitam terkadang medium cut polish (cem menz pf2500/mc2400) dah cukup....bahkan terkadang FG400 n lgsg sealant/wax juga cukup.
Iseng share stok foto lama, FG400 + Menz Powerlock n shinemate ex610 di "British Racing Green"
20200331_222552.jpg

pengalaman rotary hanya satu panel dulu banget, setelah itu nyerah, karena ujung2nya lama di polishing, karena ya namanya saja amatir rotary untuk compound + compound foam. ngobrol2 dengan teman, ya kesimpulan saya: rotary for pro lah, karena bisa cepat dan bagus, sedangkan DA ga bisa cepat dan sama bagusnya. tapi ternyata ga juga ya

kalau detailing ya tergantung cuaca sehari-hari itu kendaraan + cara cuci dan interval cuci mobil + ekspektasi seberapa + mau bayar berapa.hotoriii wrote: Tue Mar 31, 2020 14:52 agar mobil yg cat sdh kusam terlihat wetlook kembali dan tidak jorok pak hehe (saya agak clean freak / germophobic). saya pakai rush 2011 yg sdh tidak kinclong catnya, mau saya betulkan biar kelihatan pantas![]()
nah itu kira2 step2 nya kapan mobil harus repaint / recoat, kapan cukup bawa ke detailer atau bagaimana, itu tanda2 nya bagaimana dan sberapa sering ya? pertanyaan saya yg pertama itu sbenarnya arahnya kesini karena saya ga faham sama sekali hehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
ga pro, cmn seasonal detailer aja saya om... ni belakangan lg vacuum nyari order, mager... hahahakunaskun wrote: Wed Apr 01, 2020 5:54
nah yang pro sudah turun![]()
pengalaman rotary hanya satu panel dulu banget, setelah itu nyerah, karena ujung2nya lama di polishing, karena ya namanya saja amatir rotary untuk compound + compound foam. ngobrol2 dengan teman, ya kesimpulan saya: rotary for pro lah, karena bisa cepat dan bagus, sedangkan DA ga bisa cepat dan sama bagusnya. tapi ternyata ga juga ya![]()
Anw, lebih ke arah preferensi ya....paling enak sih ya punya 2-2nya hahahaa...kalau DA dah ga mempan, yauda rotary dikeluarin ... Paling pas kalau punya flex forced rotation, tp berisiknya macem potong ubin ....

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Mumpung lg bahas mesin
Kl seandainya rotary segitu ganas nya makan cat
Gmana kl mesin2 poles kenmaster yg biasa di kerfor atau ace jual punya, itu kl cuman sekedar poles ringan ama buat ngewax gmana ?
Kl seandainya rotary segitu ganas nya makan cat
Gmana kl mesin2 poles kenmaster yg biasa di kerfor atau ace jual punya, itu kl cuman sekedar poles ringan ama buat ngewax gmana ?
numpang lewat aja....

