SippSuryaputra wrote: Tue Mar 17, 2020 3:56coba dicek om
klo saya baca manual book, bilangnya Ganti tiap 4 tahun / 80rb KM
takut ajah filter bensinnya bolong![]()
Nanti ane coba bongkar deh pas weekend
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
SippSuryaputra wrote: Tue Mar 17, 2020 3:56coba dicek om
klo saya baca manual book, bilangnya Ganti tiap 4 tahun / 80rb KM
takut ajah filter bensinnya bolong![]()
DOHC wrote: Tue Mar 17, 2020 7:16SippSuryaputra wrote: Tue Mar 17, 2020 3:56coba dicek omDOHC wrote: Tue Mar 17, 2020 1:07
Nga sehh om
Pertalite mostly
Pedal gas coba d betot2 om, kl mesin ga ad brebet2 atau rpm naek kontan mustinya sehh supply bensin lancar
klo saya baca manual book, bilangnya Ganti tiap 4 tahun / 80rb KM
takut ajah filter bensinnya bolong![]()
Nanti ane coba bongkar deh pas weekend
Kayaknya sudah banyak keraknya ya om. Ini sampe 79k km baru ganti om.Profith83 wrote:Berikut penampakan busi di Mobilio, ganti waku KM Mobil 79.[cencored] KM
Apakah artinya kondisi mesin baik baik saja?
Mobil terasa enak 2x saja, tidak ada nglitik pakai BBM premium
sepertinya dulu di KM 40rb sempat ganti juga.indeskey wrote: Wed Mar 25, 2020 7:04Kayaknya sudah banyak keraknya ya om. Ini sampe 79k km baru ganti om.Profith83 wrote:Berikut penampakan busi di Mobilio, ganti waku KM Mobil 79.[cencored] KM
Apakah artinya kondisi mesin baik baik saja?
Mobil terasa enak 2x saja, tidak ada nglitik pakai BBM premium
Busi Mar-2020 KM 79rb.jpg
Kalau busi nikel biasa max 40-50k km mestinya udah ganti om. Cmiiw ya
Profith83 wrote: Wed Mar 25, 2020 8:23sepertinya dulu di KM 40rb sempat ganti juga.indeskey wrote: Wed Mar 25, 2020 7:04Kayaknya sudah banyak keraknya ya om. Ini sampe 79k km baru ganti om.Profith83 wrote:Berikut penampakan busi di Mobilio, ganti waku KM Mobil 79.[cencored] KM
Apakah artinya kondisi mesin baik baik saja?
Mobil terasa enak 2x saja, tidak ada nglitik pakai BBM premium
Busi Mar-2020 KM 79rb.jpg
Kalau busi nikel biasa max 40-50k km mestinya udah ganti om. Cmiiw ya
Kerak normal om sptnya karena di pinggir busi. Di keramiknya tetap putih. ujung satuya juga putih kecoklatan
Setujuh, harga gak seberapa. tp hati pikiran tenangDOHC wrote: Thu Mar 26, 2020 9:00 Busi nikel mah murah
Ganti aj tiap 20 rebu, lebi ngeri2 sedap kl mendadak mati
bisa jadi:indeskey wrote: Thu Mar 26, 2020 8:36 sekalian nanya disini, kebetulan td pagi mau manasin mobil aki tekor. jadi sudah hampir 2 minggu total mobil nggak jalan, terakhir dipanasin hari sabtu kemaren. total selama 2 minggu cuma dipanasin 2x. sebelumnya rencana seminggu 2x dipanasin (kurlep 5 menit)
aki umur 10 bln, 13k km. Aki pake merk B*SCH AMS.
Mobil biasanya dipake anter jemput sekolah rutin. jadi baru ini nih diem lama.
ada yg pernah ngalamin nggak ya, buat maintenance yg paling mungkin kek gimana ya buat nggak tekor lg. Rencana sih bakal tiap hari manasin mobil nih. atau ada saran lain.
aki skg lagi di charge. semoga bisa jrenggg....
Ganti tiap 20 rebu kmProfith83 wrote: Thu Mar 26, 2020 10:44 Air radiator lihat di buku mobilio thn 2015.
Jadwal pergantian adalah 10 thn atau 200 rb KM.
Pengalaman disini sekalian berapa KM atau berapa thn ganti air radiator?
Pada waktu ganti kondisinya bagaimana?
Ganti dengan type 1 yah?
DOHC wrote: Thu Mar 26, 2020 9:00 Busi nikel mah murah
Ganti aj tiap 20 rebu, lebi ngeri2 sedap kl mendadak mati
Makasih om input nya.Omnibus wrote:bisa jadi:indeskey wrote: Thu Mar 26, 2020 8:36 sekalian nanya disini, kebetulan td pagi mau manasin mobil aki tekor. jadi sudah hampir 2 minggu total mobil nggak jalan, terakhir dipanasin hari sabtu kemaren. total selama 2 minggu cuma dipanasin 2x. sebelumnya rencana seminggu 2x dipanasin (kurlep 5 menit)
aki umur 10 bln, 13k km. Aki pake merk B*SCH AMS.
Mobil biasanya dipake anter jemput sekolah rutin. jadi baru ini nih diem lama.
ada yg pernah ngalamin nggak ya, buat maintenance yg paling mungkin kek gimana ya buat nggak tekor lg. Rencana sih bakal tiap hari manasin mobil nih. atau ada saran lain.
aki skg lagi di charge. semoga bisa jrenggg....
1. aki nya emang udah jelek
2. kondisinya low charge (krn sering trip pendek2)
3. ada aksesoris electronic yg bikin parasitic draw
hrsnya 2 minggu ga dipanasin ga bikin tekor selama tdk ada parasitic draw dan kondisi aki ok (health & state of charge nya)
kl utk ga tekor misal didiemin 1 bulan, bisa cabut kabel negatif nya. dengan begitu ga ada external load thd aki, cuma internal resistance dia aja dan itu nilainya kecil jd bisa keep dia punya state of charge lbh lama. konsekuensinya alarm n central lock ga nyala dan nanti musti setting jam sm radio lagi.
Dah perna ngerasain mbah, dl perna busi patah
ECU nya mungkin masuk safe mode tuh, matiin mesin ketika ac nyala.DOHC wrote: Fri Mar 27, 2020 4:53Dah perna ngerasain mbah, dl perna busi patah
Mesin geter2 lebi parah dr agya, nyalain ac malah mati mesin
aki kering ya...perkiraan saya bisa jadi ni aki stock lama..jadi umur-nya udah jalan jauh sblm dibeliindeskey wrote: Thu Mar 26, 2020 8:36 sekalian nanya disini, kebetulan td pagi mau manasin mobil aki tekor. jadi sudah hampir 2 minggu total mobil nggak jalan, terakhir dipanasin hari sabtu kemaren. total selama 2 minggu cuma dipanasin 2x. sebelumnya rencana seminggu 2x dipanasin (kurlep 5 menit)
aki umur 10 bln, 13k km. Aki pake merk B*SCH AMS.
Mobil biasanya dipake anter jemput sekolah rutin. jadi baru ini nih diem lama.
ada yg pernah ngalamin nggak ya, buat maintenance yg paling mungkin kek gimana ya buat nggak tekor lg. Rencana sih bakal tiap hari manasin mobil nih. atau ada saran lain.
aki skg lagi di charge. semoga bisa jrenggg....
MSU wrote: Fri Mar 27, 2020 5:35aki kering ya...perkiraan saya bisa jadi ni aki stock lama..jadi umur-nya udah jalan jauh sblm dibeliindeskey wrote: Thu Mar 26, 2020 8:36 sekalian nanya disini, kebetulan td pagi mau manasin mobil aki tekor. jadi sudah hampir 2 minggu total mobil nggak jalan, terakhir dipanasin hari sabtu kemaren. total selama 2 minggu cuma dipanasin 2x. sebelumnya rencana seminggu 2x dipanasin (kurlep 5 menit)
aki umur 10 bln, 13k km. Aki pake merk B*SCH AMS.
Mobil biasanya dipake anter jemput sekolah rutin. jadi baru ini nih diem lama.
ada yg pernah ngalamin nggak ya, buat maintenance yg paling mungkin kek gimana ya buat nggak tekor lg. Rencana sih bakal tiap hari manasin mobil nih. atau ada saran lain.
aki skg lagi di charge. semoga bisa jrenggg....
mobil sy yg dipake bini juga utk trip pendek2..aki basah GS premium tahan 4thn itupun blm soak
ni berhubung anak sekolah libur...sy manasin mobil sktr 10mnt tiap 2hr iseng aja
kalo mau parkir lebih lama, mungkin beli aja charger aki, seminggu sekali di charge..murah koq sktr 150rb-an di ol shop
kl ga salah ingat, terakhir bukannya nyolokin dongle OBD ELM327 ya ke connector OBD? Udah dicabut lagi belom? jangan2 itu yg ngabisin setrum.indeskey wrote: Fri Mar 27, 2020 6:54 bener om aki kering, saya curiga ya begitu, next mending beli merk yg pasaran aja hehe.
kalau hari2 sih sebenernya nggak masuk kategori trip pendek, tiap jalan 12 km.
kebetulan saya sudah ada charge aki dirumah. cuma ya penasaran aja seminggu gak dipake kok kosong akinya. barusan saya cek pake multimeter sih pas di start aki turun tapi nggak sampe dibawah 10 volt dan pelan2 naik ke 14.5 volt yang kayaknya normal.
Omg... Iyak om blm nyabut itu. Set dah... Hatur tengkiu matur suwun omsssss...Omnibus wrote:kl ga salah ingat, terakhir bukannya nyolokin dongle OBD ELM327 ya ke connector OBD? Udah dicabut lagi belom? jangan2 itu yg ngabisin setrum.indeskey wrote: Fri Mar 27, 2020 6:54 bener om aki kering, saya curiga ya begitu, next mending beli merk yg pasaran aja hehe.
kalau hari2 sih sebenernya nggak masuk kategori trip pendek, tiap jalan 12 km.
kebetulan saya sudah ada charge aki dirumah. cuma ya penasaran aja seminggu gak dipake kok kosong akinya. barusan saya cek pake multimeter sih pas di start aki turun tapi nggak sampe dibawah 10 volt dan pelan2 naik ke 14.5 volt yang kayaknya normal.
indeskey wrote:Omg... Iyak om blm nyabut itu. Set dah... Hatur tengkiu matur suwun omsssss...Omnibus wrote:kl ga salah ingat, terakhir bukannya nyolokin dongle OBD ELM327 ya ke connector OBD? Udah dicabut lagi belom? jangan2 itu yg ngabisin setrum.indeskey wrote: Fri Mar 27, 2020 6:54 bener om aki kering, saya curiga ya begitu, next mending beli merk yg pasaran aja hehe.
kalau hari2 sih sebenernya nggak masuk kategori trip pendek, tiap jalan 12 km.
kebetulan saya sudah ada charge aki dirumah. cuma ya penasaran aja seminggu gak dipake kok kosong akinya. barusan saya cek pake multimeter sih pas di start aki turun tapi nggak sampe dibawah 10 volt dan pelan2 naik ke 14.5 volt yang kayaknya normal.
Btw, kirain kalau kita nggak connect ke hp itu barang nggak ada powernya om. Hadeh...
[emoji106][emoji120][emoji120][emoji120][emoji120]
Perna 2 kl kejadian, 2 2 nya ga nyala CESuryaputra wrote: Fri Mar 27, 2020 5:20ECU nya mungkin masuk safe mode tuh, matiin mesin ketika ac nyala.
lagian mesin 4 cyl, yg nyala cuman 3,
ya lbh parah geter2nya dibanding mesin 3 cyl beneran![]()
glad to helpindeskey wrote: Fri Mar 27, 2020 9:49 Om Omnibus, iyak itu obd powernya nyala dan anget. Hadeh.
Saya dah sempet muter2 mobil ngliatin lampu mana tau ada yg short.
Makasih om, love you hahahaa...
Beruntung saya ama forum ini [emoji7][emoji120][emoji106]
1TR ga nyala CE bro? padahal coilnya 4 pin lho ada sinyal IgF nya yg warn ecu kl busi ga sparking stlh ignited.DOHC wrote: Fri Mar 27, 2020 10:28
Perna 2 kl kejadian, 2 2 nya ga nyala CE
Satu di 7K injeksi, satu lg 1TR tuwir ane