Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun »

wismatata wrote: Thu Mar 05, 2020 11:22 Dear para senior

Apakah ban standart diganti ban yang lebar akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar menjadi botod?

Hatur nuhun
boros maksudnya? mestinya si iya, karena biasanya handling/akselerasi berasa lebih berat. tapi selama ini saya ga pernah hitung, jadi saya anggap sama saja.
draxx13 wrote: Thu Mar 05, 2020 14:27 Akhirnya td sore jadi ganti ke LM 705 om di otopac bekasi, dapet harga 649 per biji
Kesan pertama setelah ganti 2 biji yg depan enak dan ga berisik hehe
Yg belakang masih pake BS TECHNO yg umurnya belum ada setaun
ban baru mestinya dipasang di belakang. dan biasanya terasa lebih hening karena kalau peredaman masih standard pabrikan, biasanya bagian depan memang lebih banyak peredama daripada bagian belakang kendaraan.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

draxx13 wrote: Thu Mar 05, 2020 14:27
erwinign wrote: Wed Mar 04, 2020 17:19
draxx13 wrote: Wed Mar 04, 2020 17:03
CC6 kisaran harga brapa ya om?
Kalo dibekasi kira2 bisa dapet di toko mana?
Kl mau niat dikit ke permaisuri/aneka speed om (satu grup ini), mereka stoknya conti melimpah.

LM705 bs dicoba jg itu om, kl saya flashback wkt cobain LM704 jg not that bad dr performance-price wise nya. Empuknya pas dan nggak berisik, grip oke juga. Bs nanya2 di tokped, udah ada toko yg posting iklan lm705 size buat livina kok om.

Kl conti CC6 lebih ke comfort, berdasar pattern tapaknya yg rapet banget.

Alt lain bisa falken sincera, cuma ini kelas ban eco jd ga bs berharap banyak dibanding LM705. Padahal harga ngga beda jauh sama LM dan CC6. Tp buat ukuran eco, sincera ini oke. Empuk sama noisenya good.

Avoid = ecopia, achilles, enasave, forceum
Akhirnya td sore jadi ganti ke LM 705 om di otopac bekasi, dapet harga 649 per biji
Kesan pertama setelah ganti 2 biji yg depan enak dan ga berisik hehe
Yg belakang masih pake BS TECHNO yg umurnya belum ada setaun
Kalo saya, dunlop yg baru di belakang om. Apalg posisi skrg yg belakang BS techno kan krg enak om, taruh depan aja biar cpt abis. Krn ban pasti yg abis dulu pasti posisi di depan. Yakin deh, itu BSnya ditaruh belakang menurut saya bs2 sampe 60rban kilo lg masih tebel hahaahaha, dan ke depannya umur karet yg techno lebih tua, takut getas = amit2 meletus. Dan jg sayang kalo yg dunlop dg posisi gt jatuhnya nanti habis duluan.

Sy percaya gt krn udah coba. Dulu ban bawaan ertiga habis yg depan duluan (GT champiro eco), ganti ke falken 912 sy taruh belakang (ini diganti 2016). GT champiro yg awalnya di blkg sy pindah depan biar cpt abis, eh bener 10rban kilo abis jg. Sy ganti falken 912 lagi taruh langsung di depan (penggantian 2017).

Keadaannya hari ini? Yg falken di depan udah dkt TWI, yg posisi di belakang masih tebel banget. Panduan spt itu jg udah dijelasin sama mas fitra di otodriver yg lbh logis. Jgn percaya sama orang toko ban soal taruh2 posisi ban baru
draxx13
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by draxx13 »

erwinign wrote: Thu Mar 05, 2020 15:06
draxx13 wrote: Thu Mar 05, 2020 14:27
erwinign wrote: Wed Mar 04, 2020 17:19

Kl mau niat dikit ke permaisuri/aneka speed om (satu grup ini), mereka stoknya conti melimpah.

LM705 bs dicoba jg itu om, kl saya flashback wkt cobain LM704 jg not that bad dr performance-price wise nya. Empuknya pas dan nggak berisik, grip oke juga. Bs nanya2 di tokped, udah ada toko yg posting iklan lm705 size buat livina kok om.

Kl conti CC6 lebih ke comfort, berdasar pattern tapaknya yg rapet banget.

Alt lain bisa falken sincera, cuma ini kelas ban eco jd ga bs berharap banyak dibanding LM705. Padahal harga ngga beda jauh sama LM dan CC6. Tp buat ukuran eco, sincera ini oke. Empuk sama noisenya good.

Avoid = ecopia, achilles, enasave, forceum
Akhirnya td sore jadi ganti ke LM 705 om di otopac bekasi, dapet harga 649 per biji
Kesan pertama setelah ganti 2 biji yg depan enak dan ga berisik hehe
Yg belakang masih pake BS TECHNO yg umurnya belum ada setaun
Kalo saya, dunlop yg baru di belakang om. Apalg posisi skrg yg belakang BS techno kan krg enak om, taruh depan aja biar cpt abis. Krn ban pasti yg abis dulu pasti posisi di depan. Yakin deh, itu BSnya ditaruh belakang menurut saya bs2 sampe 60rban kilo lg masih tebel hahaahaha, dan ke depannya umur karet yg techno lebih tua, takut getas = amit2 meletus. Dan jg sayang kalo yg dunlop dg posisi gt jatuhnya nanti habis duluan.

Sy percaya gt krn udah coba. Dulu ban bawaan ertiga habis yg depan duluan (GT champiro eco), ganti ke falken 912 sy taruh belakang (ini diganti 2016). GT champiro yg awalnya di blkg sy pindah depan biar cpt abis, eh bener 10rban kilo abis jg. Sy ganti falken 912 lagi taruh langsung di depan (penggantian 2017).

Keadaannya hari ini? Yg falken di depan udah dkt TWI, yg posisi di belakang masih tebel banget. Panduan spt itu jg udah dijelasin sama mas fitra di otodriver yg lbh logis. Jgn percaya sama orang toko ban soal taruh2 posisi ban baru
Ok om misal tinggal tuker aja tanpa perlu balancing lg kan ya?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

draxx13 wrote: Thu Mar 05, 2020 15:21
erwinign wrote: Thu Mar 05, 2020 15:06
draxx13 wrote: Thu Mar 05, 2020 14:27

Akhirnya td sore jadi ganti ke LM 705 om di otopac bekasi, dapet harga 649 per biji
Kesan pertama setelah ganti 2 biji yg depan enak dan ga berisik hehe
Yg belakang masih pake BS TECHNO yg umurnya belum ada setaun
Kalo saya, dunlop yg baru di belakang om. Apalg posisi skrg yg belakang BS techno kan krg enak om, taruh depan aja biar cpt abis. Krn ban pasti yg abis dulu pasti posisi di depan. Yakin deh, itu BSnya ditaruh belakang menurut saya bs2 sampe 60rban kilo lg masih tebel hahaahaha, dan ke depannya umur karet yg techno lebih tua, takut getas = amit2 meletus. Dan jg sayang kalo yg dunlop dg posisi gt jatuhnya nanti habis duluan.

Sy percaya gt krn udah coba. Dulu ban bawaan ertiga habis yg depan duluan (GT champiro eco), ganti ke falken 912 sy taruh belakang (ini diganti 2016). GT champiro yg awalnya di blkg sy pindah depan biar cpt abis, eh bener 10rban kilo abis jg. Sy ganti falken 912 lagi taruh langsung di depan (penggantian 2017).

Keadaannya hari ini? Yg falken di depan udah dkt TWI, yg posisi di belakang masih tebel banget. Panduan spt itu jg udah dijelasin sama mas fitra di otodriver yg lbh logis. Jgn percaya sama orang toko ban soal taruh2 posisi ban baru
Ok om misal tinggal tuker aja tanpa perlu balancing lg kan ya?
Yg BS techno balancing lg aja om, krn chamber roda depan-belakang beda dan udah jalan setaun BS-nya. Kmrn mindah ban belakang ke depan di crv saya, yg sy rasain agak dengung dikit. Makanya sy pikir hrs di balancing. Yg dunlop br pasang mestinya ngga usah
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Thu Mar 05, 2020 13:02 jahh, td ud ganti ama ecopia lg, biar mirip ama 3 ban laen nya..

mungkin si t005 buat ipah tuwir ane aj kl, gantiin si yokohama cdrive2, jalan 60 rebu hajar sana sini baru botak tp no bunting


ya lah udah pake turanza potenza dueler...


ky gak ada kerjaan bolak balik ganti ban.... :big_slap:


:ngacir:
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by bembenk95 »

ah ane pake murmer, hankook kinergy 185/70 r14 buat panther kotak gambot ane, sehari2 tol jkt-cikarang. dah 5 bln. kadang buat ngebut gas pol.
kinergy ex dpt 420 rb/ea , di hankook master
mudah2an ngak benjol spt kakak nya yg ventus di hatchback ane
Iseng Nyoba LM704 taruh depan, d hatchback dah umur 5 bln juga, eh benjol juga kena hajar lubang :big_slap:
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Alfrz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu May 24, 2018 4:12
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANKI Diesel

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Alfrz »

Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.

Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.

Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09 Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.

Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.

Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
Coba consider ke primacy 4 om kl masuk t005a ke pilihan. Kadang harganya primacy 4 sama t005a size innova beda tipis. Kmrn smpt liat di blibli
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Profith83 »

Primacy 4 ada r16 yah?
Ingat saya mulai r17 keatas
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC »

Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09 Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.

Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.

Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
busett panjang umur banget om si ecopia nya, palagi tol terus

itu ban nya ud botak plontos atau masi blom kena TWI nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

Profith83 wrote: Fri Mar 06, 2020 13:36 Primacy 4 ada r16 yah?
Ingat saya mulai r17 keatas
Plg kecil 195/60/R15 sama 205/65/R15 oom
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Fri Mar 06, 2020 13:43
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09 Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.

Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.

Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
busett panjang umur banget om si ecopia nya, palagi tol terus

itu ban nya ud botak plontos atau masi blom kena TWI nya
Mungkin jalannya gak sering gas dan rem. Akselerasinya tidak mendadak. Ngerem juga tidak mendadak
DJanto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Dec 05, 2017 17:34

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DJanto »

Atas rekomendasi suhu2 disini blom lama ganti enasave bawaan mazda2 sky ke hankook ventus prime 3. ...Wusss kayak langit dan bumi ..jauh lebih senyap dan empuk, grip basah juga lumayan.

Faktor terpenting juga harganya yg terjangkau bgt,..
kmrn ambil di garasi.id pas ada promo awal tahun jatohnya 580an sebiji.
Alfrz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu May 24, 2018 4:12
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANKI Diesel

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Alfrz »

erwinign wrote:
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09 Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.

Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.

Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
Coba consider ke primacy 4 om kl masuk t005a ke pilihan. Kadang harganya primacy 4 sama t005a size innova beda tipis. Kmrn smpt liat di blibli
Emang harga nya beda lumayan..
Dulu pernah pake ar20 di nissan gl, feel nya beda terutama saat pengereman..
Alfrz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu May 24, 2018 4:12
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANKI Diesel

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Alfrz »

DOHC wrote:
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09 Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.

Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.

Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
busett panjang umur banget om si ecopia nya, palagi tol terus

itu ban nya ud botak plontos atau masi blom kena TWI nya
Ban depan udah hampir kena TWI om, yg belakang lebih tebel sedikit.
Alfrz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu May 24, 2018 4:12
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANKI Diesel

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Alfrz »

Profith83 wrote:
DOHC wrote: Fri Mar 06, 2020 13:43
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09 Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.

Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.

Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
busett panjang umur banget om si ecopia nya, palagi tol terus

itu ban nya ud botak plontos atau masi blom kena TWI nya
Mungkin jalannya gak sering gas dan rem. Akselerasinya tidak mendadak. Ngerem juga tidak mendadak
Bener om, jarang akselerasi dan rem mendadak.
Bejek gas juga kebanyakan di jalan yg relatif lurus aja, jagorawi & Akses tol priok.

Anki umur 2th 1 bulan.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2923
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

DJanto wrote: Fri Mar 06, 2020 15:32 Atas rekomendasi suhu2 disini blom lama ganti enasave bawaan mazda2 sky ke hankook ventus prime 3. ...Wusss kayak langit dan bumi ..jauh lebih senyap dan empuk, grip basah juga lumayan.

Faktor terpenting juga harganya yg terjangkau bgt,..
kmrn ambil di garasi.id pas ada promo awal tahun jatohnya 580an sebiji.
Mantap kan? :big_grin:

Saya juga pake perdana ni merk, tinggal pantengin ni ban gampang bunting pa kagak :big_biglaugh:

Tp seandainya harga ni ban mepet michin ps4 seh.... Tetep pilih michin :big_childish:
Image
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Mz175 »

DJanto wrote: Fri Mar 06, 2020 15:32 Atas rekomendasi suhu2 disini blom lama ganti enasave bawaan mazda2 sky ke hankook ventus prime 3. ...Wusss kayak langit dan bumi ..jauh lebih senyap dan empuk, grip basah juga lumayan.

Faktor terpenting juga harganya yg terjangkau bgt,..
kmrn ambil di garasi.id pas ada promo awal tahun jatohnya 580an sebiji.
+1. Memang bumi dan langit bedanya. Baru ganti jyga bulan 2 kemarin.
andrejunior
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by andrejunior »

kunaskun wrote: Thu Mar 05, 2020 15:01
ban baru mestinya dipasang di belakang. dan biasanya terasa lebih hening karena kalau peredaman masih standard pabrikan, biasanya bagian depan memang lebih banyak peredama daripada bagian belakang kendaraan.
Kenapa koq di belakang?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

andrejunior wrote: Sun Mar 08, 2020 3:20
kunaskun wrote: Thu Mar 05, 2020 15:01
ban baru mestinya dipasang di belakang. dan biasanya terasa lebih hening karena kalau peredaman masih standard pabrikan, biasanya bagian depan memang lebih banyak peredama daripada bagian belakang kendaraan.
Kenapa koq di belakang?
Udah saya jelasin di bbrp post sblm ini om. Pertimbangan utama lbh ke umur karet sebenernya, krn kita tau ban pasti yg abis di dpn dulu. Jd yg karetnya lbh tua taruh depan pas ngeganti ban, biar cpt habis (apalagi kl ban yg lbh tua itu ban jelek).

Kl amit2 ban yg tua meletus, kl ttp di belakang lbh susah kendaliin om, kl di depan msh dikontrol driver lbh mendingan. Dan biasanya, ban yg lbh tua taruh di belakang = tapak ngga abis2, mungkin malah ban yg lbh baru taruh di depan itu bs2 habis duluan. Udah ada videonya dr fitra eri, dan saya jg udah nyoba kl ban baru taruh di depan. Ganti ban taruh depan 3th lalu, ban yg di depan udah mulai tipis. Yg posisi di belakang ganti 4th lalu, masih tebel banget
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9808
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Suryaputra »

tergantung mobil nya.

klo mobil2 RWD spt avanza terios kijang forti dkk yg gerak belakang, biasanya habisnya imbang antara depan atau belakang.

tapi klo sering geber dan kebut2, biasanya belakang duluan habis.
Last edited by Suryaputra on Sun Mar 08, 2020 6:08, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC »

Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 22:59
DOHC wrote:
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09 Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.

Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.

Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
busett panjang umur banget om si ecopia nya, palagi tol terus

itu ban nya ud botak plontos atau masi blom kena TWI nya
Ban depan udah hampir kena TWI om, yg belakang lebih tebel sedikit.
wah awet bener yah

ane punya anki (ecopia jg) baru 42 rebu aj depan blakang ud abis 50 % kira2.. belom kena TWI sehh
nyetir jg jarang kebut2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun »

andrejunior wrote: Sun Mar 08, 2020 3:20 Kenapa koq di belakang?
grip and handling. common myth misconception di indo kok ini. saya aja kalau ganti ban dimana gitu, pasti mekanik bingung, malah ada aja yg nanya ga rugi taro ban baru di belakang? :upss:

https://www.youtube.com/watch?v=tUW6KmvhyjU

erwinign wrote: Sun Mar 08, 2020 4:10 Udah saya jelasin di bbrp post sblm ini om. Pertimbangan utama lbh ke umur karet sebenernya, krn kita tau ban pasti yg abis di dpn dulu. Jd yg karetnya lbh tua taruh depan pas ngeganti ban, biar cpt habis (apalagi kl ban yg lbh tua itu ban jelek).

Kl amit2 ban yg tua meletus, kl ttp di belakang lbh susah kendaliin om, kl di depan msh dikontrol driver lbh mendingan. Dan biasanya, ban yg lbh tua taruh di belakang = tapak ngga abis2, mungkin malah ban yg lbh baru taruh di depan itu bs2 habis duluan. Udah ada videonya dr fitra eri, dan saya jg udah nyoba kl ban baru taruh di depan. Ganti ban taruh depan 3th lalu, ban yg di depan udah mulai tipis. Yg posisi di belakang ganti 4th lalu, masih tebel banget
sebenernya si soal habis depan duluan relatif mobil. RWD modern pun habisnya rata. cuma emang biasanya mobil habis depan duluan. apalagi mobil jaman dulu, berat di depan biarpun RWD.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

kunaskun wrote: Sun Mar 08, 2020 5:58
andrejunior wrote: Sun Mar 08, 2020 3:20 Kenapa koq di belakang?
grip and handling. common myth misconception di indo kok ini. saya aja kalau ganti ban dimana gitu, pasti mekanik bingung, malah ada aja yg nanya ga rugi taro ban baru di belakang? :upss:

https://www.youtube.com/watch?v=tUW6KmvhyjU

erwinign wrote: Sun Mar 08, 2020 4:10 Udah saya jelasin di bbrp post sblm ini om. Pertimbangan utama lbh ke umur karet sebenernya, krn kita tau ban pasti yg abis di dpn dulu. Jd yg karetnya lbh tua taruh depan pas ngeganti ban, biar cpt habis (apalagi kl ban yg lbh tua itu ban jelek).

Kl amit2 ban yg tua meletus, kl ttp di belakang lbh susah kendaliin om, kl di depan msh dikontrol driver lbh mendingan. Dan biasanya, ban yg lbh tua taruh di belakang = tapak ngga abis2, mungkin malah ban yg lbh baru taruh di depan itu bs2 habis duluan. Udah ada videonya dr fitra eri, dan saya jg udah nyoba kl ban baru taruh di depan. Ganti ban taruh depan 3th lalu, ban yg di depan udah mulai tipis. Yg posisi di belakang ganti 4th lalu, masih tebel banget
sebenernya si soal habis depan duluan relatif mobil. RWD modern pun habisnya rata. cuma emang biasanya mobil habis depan duluan. apalagi mobil jaman dulu, berat di depan biarpun RWD.
Yg tak pikir itu gr2 di depan dia punya beban lbh berat om (braking, mesin) jd ban bakal lbh keteken ke aspal. Tp kl RWD setuju sih, habis hampir barengan. Cuman beda cerita lg kyk BMW/mercy2nan yg size depan belakang beda, nah itu br yg diganti baru sesuai tmptnya.

Soal misconception ya sering gitu om, saya kemarinan ganti ban ya masnya yg ngganti tanya gt. Tak tolak, trs dia pake alesan2 "biasanya ini yg di blkg bntr lagi bkl abis" ttp tak suru taruh belakang yg ban baru, bodo amat hahahaah.

Tp yg telaten jg ada yg tiap servis berkala rotasi ban, biar abis barengan. Itu malah jadi imbang kl liat kondisi ban di akhir, krn ngganti semua hahaahah
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9808
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Suryaputra »

oem tyrenya X5 4.0i : BS alenza..

Image

mantep jg tuh alenza bukan kaleng2 :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri