Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
wismatata wrote: Thu Mar 05, 2020 11:22
Dear para senior
Apakah ban standart diganti ban yang lebar akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar menjadi botod?
Hatur nuhun
boros maksudnya? mestinya si iya, karena biasanya handling/akselerasi berasa lebih berat. tapi selama ini saya ga pernah hitung, jadi saya anggap sama saja.
draxx13 wrote: Thu Mar 05, 2020 14:27
Akhirnya td sore jadi ganti ke LM 705 om di otopac bekasi, dapet harga 649 per biji
Kesan pertama setelah ganti 2 biji yg depan enak dan ga berisik hehe
Yg belakang masih pake BS TECHNO yg umurnya belum ada setaun
ban baru mestinya dipasang di belakang. dan biasanya terasa lebih hening karena kalau peredaman masih standard pabrikan, biasanya bagian depan memang lebih banyak peredama daripada bagian belakang kendaraan.
draxx13 wrote: Wed Mar 04, 2020 17:03
CC6 kisaran harga brapa ya om?
Kalo dibekasi kira2 bisa dapet di toko mana?
Kl mau niat dikit ke permaisuri/aneka speed om (satu grup ini), mereka stoknya conti melimpah.
LM705 bs dicoba jg itu om, kl saya flashback wkt cobain LM704 jg not that bad dr performance-price wise nya. Empuknya pas dan nggak berisik, grip oke juga. Bs nanya2 di tokped, udah ada toko yg posting iklan lm705 size buat livina kok om.
Kl conti CC6 lebih ke comfort, berdasar pattern tapaknya yg rapet banget.
Alt lain bisa falken sincera, cuma ini kelas ban eco jd ga bs berharap banyak dibanding LM705. Padahal harga ngga beda jauh sama LM dan CC6. Tp buat ukuran eco, sincera ini oke. Empuk sama noisenya good.
Avoid = ecopia, achilles, enasave, forceum
Akhirnya td sore jadi ganti ke LM 705 om di otopac bekasi, dapet harga 649 per biji
Kesan pertama setelah ganti 2 biji yg depan enak dan ga berisik hehe
Yg belakang masih pake BS TECHNO yg umurnya belum ada setaun
Kalo saya, dunlop yg baru di belakang om. Apalg posisi skrg yg belakang BS techno kan krg enak om, taruh depan aja biar cpt abis. Krn ban pasti yg abis dulu pasti posisi di depan. Yakin deh, itu BSnya ditaruh belakang menurut saya bs2 sampe 60rban kilo lg masih tebel hahaahaha, dan ke depannya umur karet yg techno lebih tua, takut getas = amit2 meletus. Dan jg sayang kalo yg dunlop dg posisi gt jatuhnya nanti habis duluan.
Sy percaya gt krn udah coba. Dulu ban bawaan ertiga habis yg depan duluan (GT champiro eco), ganti ke falken 912 sy taruh belakang (ini diganti 2016). GT champiro yg awalnya di blkg sy pindah depan biar cpt abis, eh bener 10rban kilo abis jg. Sy ganti falken 912 lagi taruh langsung di depan (penggantian 2017).
Keadaannya hari ini? Yg falken di depan udah dkt TWI, yg posisi di belakang masih tebel banget. Panduan spt itu jg udah dijelasin sama mas fitra di otodriver yg lbh logis. Jgn percaya sama orang toko ban soal taruh2 posisi ban baru
Kl mau niat dikit ke permaisuri/aneka speed om (satu grup ini), mereka stoknya conti melimpah.
LM705 bs dicoba jg itu om, kl saya flashback wkt cobain LM704 jg not that bad dr performance-price wise nya. Empuknya pas dan nggak berisik, grip oke juga. Bs nanya2 di tokped, udah ada toko yg posting iklan lm705 size buat livina kok om.
Kl conti CC6 lebih ke comfort, berdasar pattern tapaknya yg rapet banget.
Alt lain bisa falken sincera, cuma ini kelas ban eco jd ga bs berharap banyak dibanding LM705. Padahal harga ngga beda jauh sama LM dan CC6. Tp buat ukuran eco, sincera ini oke. Empuk sama noisenya good.
Avoid = ecopia, achilles, enasave, forceum
Akhirnya td sore jadi ganti ke LM 705 om di otopac bekasi, dapet harga 649 per biji
Kesan pertama setelah ganti 2 biji yg depan enak dan ga berisik hehe
Yg belakang masih pake BS TECHNO yg umurnya belum ada setaun
Kalo saya, dunlop yg baru di belakang om. Apalg posisi skrg yg belakang BS techno kan krg enak om, taruh depan aja biar cpt abis. Krn ban pasti yg abis dulu pasti posisi di depan. Yakin deh, itu BSnya ditaruh belakang menurut saya bs2 sampe 60rban kilo lg masih tebel hahaahaha, dan ke depannya umur karet yg techno lebih tua, takut getas = amit2 meletus. Dan jg sayang kalo yg dunlop dg posisi gt jatuhnya nanti habis duluan.
Sy percaya gt krn udah coba. Dulu ban bawaan ertiga habis yg depan duluan (GT champiro eco), ganti ke falken 912 sy taruh belakang (ini diganti 2016). GT champiro yg awalnya di blkg sy pindah depan biar cpt abis, eh bener 10rban kilo abis jg. Sy ganti falken 912 lagi taruh langsung di depan (penggantian 2017).
Keadaannya hari ini? Yg falken di depan udah dkt TWI, yg posisi di belakang masih tebel banget. Panduan spt itu jg udah dijelasin sama mas fitra di otodriver yg lbh logis. Jgn percaya sama orang toko ban soal taruh2 posisi ban baru
Ok om misal tinggal tuker aja tanpa perlu balancing lg kan ya?
Akhirnya td sore jadi ganti ke LM 705 om di otopac bekasi, dapet harga 649 per biji
Kesan pertama setelah ganti 2 biji yg depan enak dan ga berisik hehe
Yg belakang masih pake BS TECHNO yg umurnya belum ada setaun
Kalo saya, dunlop yg baru di belakang om. Apalg posisi skrg yg belakang BS techno kan krg enak om, taruh depan aja biar cpt abis. Krn ban pasti yg abis dulu pasti posisi di depan. Yakin deh, itu BSnya ditaruh belakang menurut saya bs2 sampe 60rban kilo lg masih tebel hahaahaha, dan ke depannya umur karet yg techno lebih tua, takut getas = amit2 meletus. Dan jg sayang kalo yg dunlop dg posisi gt jatuhnya nanti habis duluan.
Sy percaya gt krn udah coba. Dulu ban bawaan ertiga habis yg depan duluan (GT champiro eco), ganti ke falken 912 sy taruh belakang (ini diganti 2016). GT champiro yg awalnya di blkg sy pindah depan biar cpt abis, eh bener 10rban kilo abis jg. Sy ganti falken 912 lagi taruh langsung di depan (penggantian 2017).
Keadaannya hari ini? Yg falken di depan udah dkt TWI, yg posisi di belakang masih tebel banget. Panduan spt itu jg udah dijelasin sama mas fitra di otodriver yg lbh logis. Jgn percaya sama orang toko ban soal taruh2 posisi ban baru
Ok om misal tinggal tuker aja tanpa perlu balancing lg kan ya?
Yg BS techno balancing lg aja om, krn chamber roda depan-belakang beda dan udah jalan setaun BS-nya. Kmrn mindah ban belakang ke depan di crv saya, yg sy rasain agak dengung dikit. Makanya sy pikir hrs di balancing. Yg dunlop br pasang mestinya ngga usah
Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.
Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.
Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09
Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.
Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.
Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
Coba consider ke primacy 4 om kl masuk t005a ke pilihan. Kadang harganya primacy 4 sama t005a size innova beda tipis. Kmrn smpt liat di blibli
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09
Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.
Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.
Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
busett panjang umur banget om si ecopia nya, palagi tol terus
itu ban nya ud botak plontos atau masi blom kena TWI nya
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09
Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.
Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.
Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
busett panjang umur banget om si ecopia nya, palagi tol terus
itu ban nya ud botak plontos atau masi blom kena TWI nya
Mungkin jalannya gak sering gas dan rem. Akselerasinya tidak mendadak. Ngerem juga tidak mendadak
Atas rekomendasi suhu2 disini blom lama ganti enasave bawaan mazda2 sky ke hankook ventus prime 3. ...Wusss kayak langit dan bumi ..jauh lebih senyap dan empuk, grip basah juga lumayan.
Faktor terpenting juga harganya yg terjangkau bgt,..
kmrn ambil di garasi.id pas ada promo awal tahun jatohnya 580an sebiji.
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09
Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.
Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.
Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
Coba consider ke primacy 4 om kl masuk t005a ke pilihan. Kadang harganya primacy 4 sama t005a size innova beda tipis. Kmrn smpt liat di blibli
Emang harga nya beda lumayan..
Dulu pernah pake ar20 di nissan gl, feel nya beda terutama saat pengereman..
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09
Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.
Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.
Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
busett panjang umur banget om si ecopia nya, palagi tol terus
itu ban nya ud botak plontos atau masi blom kena TWI nya
Ban depan udah hampir kena TWI om, yg belakang lebih tebel sedikit.
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09
Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.
Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.
Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
busett panjang umur banget om si ecopia nya, palagi tol terus
itu ban nya ud botak plontos atau masi blom kena TWI nya
Mungkin jalannya gak sering gas dan rem. Akselerasinya tidak mendadak. Ngerem juga tidak mendadak
Bener om, jarang akselerasi dan rem mendadak.
Bejek gas juga kebanyakan di jalan yg relatif lurus aja, jagorawi & Akses tol priok.
DJanto wrote: Fri Mar 06, 2020 15:32
Atas rekomendasi suhu2 disini blom lama ganti enasave bawaan mazda2 sky ke hankook ventus prime 3. ...Wusss kayak langit dan bumi ..jauh lebih senyap dan empuk, grip basah juga lumayan.
Faktor terpenting juga harganya yg terjangkau bgt,..
kmrn ambil di garasi.id pas ada promo awal tahun jatohnya 580an sebiji.
Mantap kan?
Saya juga pake perdana ni merk, tinggal pantengin ni ban gampang bunting pa kagak
Tp seandainya harga ni ban mepet michin ps4 seh.... Tetep pilih michin
DJanto wrote: Fri Mar 06, 2020 15:32
Atas rekomendasi suhu2 disini blom lama ganti enasave bawaan mazda2 sky ke hankook ventus prime 3. ...Wusss kayak langit dan bumi ..jauh lebih senyap dan empuk, grip basah juga lumayan.
Faktor terpenting juga harganya yg terjangkau bgt,..
kmrn ambil di garasi.id pas ada promo awal tahun jatohnya 580an sebiji.
+1. Memang bumi dan langit bedanya. Baru ganti jyga bulan 2 kemarin.
kunaskun wrote: Thu Mar 05, 2020 15:01
ban baru mestinya dipasang di belakang. dan biasanya terasa lebih hening karena kalau peredaman masih standard pabrikan, biasanya bagian depan memang lebih banyak peredama daripada bagian belakang kendaraan.
kunaskun wrote: Thu Mar 05, 2020 15:01
ban baru mestinya dipasang di belakang. dan biasanya terasa lebih hening karena kalau peredaman masih standard pabrikan, biasanya bagian depan memang lebih banyak peredama daripada bagian belakang kendaraan.
Kenapa koq di belakang?
Udah saya jelasin di bbrp post sblm ini om. Pertimbangan utama lbh ke umur karet sebenernya, krn kita tau ban pasti yg abis di dpn dulu. Jd yg karetnya lbh tua taruh depan pas ngeganti ban, biar cpt habis (apalagi kl ban yg lbh tua itu ban jelek).
Kl amit2 ban yg tua meletus, kl ttp di belakang lbh susah kendaliin om, kl di depan msh dikontrol driver lbh mendingan. Dan biasanya, ban yg lbh tua taruh di belakang = tapak ngga abis2, mungkin malah ban yg lbh baru taruh di depan itu bs2 habis duluan. Udah ada videonya dr fitra eri, dan saya jg udah nyoba kl ban baru taruh di depan. Ganti ban taruh depan 3th lalu, ban yg di depan udah mulai tipis. Yg posisi di belakang ganti 4th lalu, masih tebel banget
Alfrz wrote: Fri Mar 06, 2020 13:09
Gak lama lagi ganti ban bawaan anki, BS Ecopia..
Udah jalan 75rb, 95% jalan tol..
Serepnya udah turun, gantiin ban depan kiri yg udah tambelan di 60rb-an kilometer.
Pilihan antara LM704 (kalo dapet LM705) atau T005.
Dari 4 ban sejauh ini gak ada benjol, mgkn juga karna banyak jalan tol & gak banyak hajar lubang.
busett panjang umur banget om si ecopia nya, palagi tol terus
itu ban nya ud botak plontos atau masi blom kena TWI nya
Ban depan udah hampir kena TWI om, yg belakang lebih tebel sedikit.
wah awet bener yah
ane punya anki (ecopia jg) baru 42 rebu aj depan blakang ud abis 50 % kira2.. belom kena TWI sehh
nyetir jg jarang kebut2
andrejunior wrote: Sun Mar 08, 2020 3:20
Kenapa koq di belakang?
grip and handling. common myth misconception di indo kok ini. saya aja kalau ganti ban dimana gitu, pasti mekanik bingung, malah ada aja yg nanya ga rugi taro ban baru di belakang?
erwinign wrote: Sun Mar 08, 2020 4:10
Udah saya jelasin di bbrp post sblm ini om. Pertimbangan utama lbh ke umur karet sebenernya, krn kita tau ban pasti yg abis di dpn dulu. Jd yg karetnya lbh tua taruh depan pas ngeganti ban, biar cpt habis (apalagi kl ban yg lbh tua itu ban jelek).
Kl amit2 ban yg tua meletus, kl ttp di belakang lbh susah kendaliin om, kl di depan msh dikontrol driver lbh mendingan. Dan biasanya, ban yg lbh tua taruh di belakang = tapak ngga abis2, mungkin malah ban yg lbh baru taruh di depan itu bs2 habis duluan. Udah ada videonya dr fitra eri, dan saya jg udah nyoba kl ban baru taruh di depan. Ganti ban taruh depan 3th lalu, ban yg di depan udah mulai tipis. Yg posisi di belakang ganti 4th lalu, masih tebel banget
sebenernya si soal habis depan duluan relatif mobil. RWD modern pun habisnya rata. cuma emang biasanya mobil habis depan duluan. apalagi mobil jaman dulu, berat di depan biarpun RWD.
andrejunior wrote: Sun Mar 08, 2020 3:20
Kenapa koq di belakang?
grip and handling. common myth misconception di indo kok ini. saya aja kalau ganti ban dimana gitu, pasti mekanik bingung, malah ada aja yg nanya ga rugi taro ban baru di belakang?
erwinign wrote: Sun Mar 08, 2020 4:10
Udah saya jelasin di bbrp post sblm ini om. Pertimbangan utama lbh ke umur karet sebenernya, krn kita tau ban pasti yg abis di dpn dulu. Jd yg karetnya lbh tua taruh depan pas ngeganti ban, biar cpt habis (apalagi kl ban yg lbh tua itu ban jelek).
Kl amit2 ban yg tua meletus, kl ttp di belakang lbh susah kendaliin om, kl di depan msh dikontrol driver lbh mendingan. Dan biasanya, ban yg lbh tua taruh di belakang = tapak ngga abis2, mungkin malah ban yg lbh baru taruh di depan itu bs2 habis duluan. Udah ada videonya dr fitra eri, dan saya jg udah nyoba kl ban baru taruh di depan. Ganti ban taruh depan 3th lalu, ban yg di depan udah mulai tipis. Yg posisi di belakang ganti 4th lalu, masih tebel banget
sebenernya si soal habis depan duluan relatif mobil. RWD modern pun habisnya rata. cuma emang biasanya mobil habis depan duluan. apalagi mobil jaman dulu, berat di depan biarpun RWD.
Yg tak pikir itu gr2 di depan dia punya beban lbh berat om (braking, mesin) jd ban bakal lbh keteken ke aspal. Tp kl RWD setuju sih, habis hampir barengan. Cuman beda cerita lg kyk BMW/mercy2nan yg size depan belakang beda, nah itu br yg diganti baru sesuai tmptnya.
Soal misconception ya sering gitu om, saya kemarinan ganti ban ya masnya yg ngganti tanya gt. Tak tolak, trs dia pake alesan2 "biasanya ini yg di blkg bntr lagi bkl abis" ttp tak suru taruh belakang yg ban baru, bodo amat hahahaah.
Tp yg telaten jg ada yg tiap servis berkala rotasi ban, biar abis barengan. Itu malah jadi imbang kl liat kondisi ban di akhir, krn ngganti semua hahaahah