Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
tonie wrote:pke yg praktis aja prestone yg 4lt langsung tuang jgn lupa untuk di flush dolo.... untuk buang sisa2 kerak+ karatnya
Yg langsung tuang emang lebih praktis dan lebih murah Pak. Tapi yg kemasan biangnya itu, ada logo/tulisan certified/recomended dgn beberapa pabrikan. Kalo yg langsung tuang, nggak ada.
Gw pernah dikasih tahu, kalo antifreeze itu ngk bikin mbl tmbh dingin.
Malahan air lebih ok buat menghantarkan panas dibanding coolant.
Tp air ngk ada anti rust jadi jgn pake air doang. Mesti nambahin anti Rust.
Dan pastiin pake air suling.
Bner ngk sih? Kadang2 makin cari info malah makin bingung, hehehehe.
@Satiragi
masuk akal juga bro, soalnya mungkin anti-freeze sebenernya diperuntukkan supaya air radiator gak beku kalo suhu dibawah 0 C yang sering terjadi di negara2 yang punya 4 musim.
gw juga pakai prestone cuma campurannya 200ml coolant tambah air biasa sampai penuh sekitar 1liter, maklum radiator motor. udah 10thn ngak ada masalah. radiator gw anti karat man dari bahan kuningan sih.
pake coolant ngaruh tuh dinginnya...
mesin Jazz gw nyata lebih lama panas daripada boil temen gw
plus akibatnya mesin seenggaknya bisa lebih tahan main di RPM tinggi,
Menurut gw, pakai radiator coolant yg juga punya fungsi rust protection harus dilakukan sejak mobil dari baru.
Kalo mobil sudah berumur dan dulunya hanya pakai air biasa apalagi kalau sudah banyak karat dalam jalur pendingin radiator .. hmmm trus diflush.. ada resiko kebocoran krn kerak karat terangkat. Penambahan Radiator coolant dan rust protection tidak membuat yg sudah karatan hilang maupun stop.. hanya memperlambat saja proses korosinya.
So lebih baik dari baru sudah pakai radiator coolant yg juga berfungsi sbg rust protection.
StRaDe_Jazz wrote:pake coolant ngaruh tuh dinginnya...
mesin Jazz gw nyata lebih lama panas daripada boil temen gw
plus akibatnya mesin seenggaknya bisa lebih tahan main di RPM tinggi,
Bro strade pake radiator coolant tujuan utamanya biar mobilnya bisa balap lebih lama....bukan karena takut karat....
by the way, mobil gua engga bisa turun tempnya walaupun pake coolant...manteng di setengah terus gak pernah sampe 1/4.
selain pake coolant, kwalitas air juga harus murni, mau air murni paling ok sih pake air hujan, jangan pake air mineral, air biasa juga bisa tapi sebaiknya dimasak terlebih dahulu kemudian endapkan/dinginkan, jangan pake air ledeng karena banyak mengandung zat kimia tambahan, semoga membantu.
itu kalo hujannya deket pabrik kimia kali, secara logika air paling murni alami itu ya air hujan, kalo air hujan tempat ente saja sudah tidak murni lagi apalagi air alami lainnya (seperti air tanah dll). Sebaiknya emang saat hujan kedua kali dan saat hujan deras, kemudian tunggu beberapa saat, baru deh ditampung...sisanya bisa buat isi aki euy... tapi kudu tahu cara menampungnya juga...selamat mencoba.