Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by DOHC »

ViPerRed wrote: Fri Dec 27, 2019 16:34 senasib om.. HR15 ane setiap bersihin TB lgsg rpm 1k-3k naek turun, udh reset ECU msh aja, msti tunggu beberapa hari nti normal sendiri. dan ini mesin mau di pakein oli apa aja suaranya brisik ya, tp reliable untungnya.

btw, TQ9000 udh ane pake di sx4.. tarikan lbh ringan dr SGO, kehalusan sih sama aja pas udah work temperature. cuma klo wkt start dlm posisi dingin lbh halus TQ9000.
DOHC wrote: Fri Dec 27, 2019 13:59
marmut wrote: Fri Dec 27, 2019 13:54
ga smua TB mobil bsa gt mbah.. batu makam laknat ane dl, mengharamkan sgala macam cairan menyentuh diri nya.. jaminan CE kelap kelip ama rpm naek turun macam dangdut pantura
Reset ECU nya gmana ? Cabut aki aj ? Reset ECU batu makam musti tunggu suhu mesin pas kisaran 80an -90an derajat, kipas nyala 2 kali baru di reset.. dan musti pake scanner
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by DOHC »

Btw mesin HR15 batu makam jgn dikasi buntut 20, womg buntut 30 aj nguap gila2an. Coba aj pasang OCT, nyetir seminggu liat brapa bnyak oli yg ketampung.

Dl HR15 ane pake macem2 oli, plg puas pake Q8 special 5 30, penguapan ga lebay, kuat d hajar ampe 7000an km tanpa glitik, bbm prmios busuk..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Luther wrote: Sat Dec 28, 2019 5:51
Suryaputra wrote: Sat Dec 28, 2019 5:36
Luther wrote: Sat Dec 28, 2019 5:14

Enak ya kl lio emang msh masuk rekomendasi di 0W-20, kl ANGL HR15DE mentok di W-30 om, mau coba takut ga kuat ama spek DOHC over square nya kl digeber2...Accu aja beda sendiri ini mobil kl di SnD garansi nya utk free maintenance (kering), panas nya ga umum ini mesin :big_peace:
Yess better ikutin manual book, om.
0w30 masih ok berarti.
siap om...Total quartz 9000 yg 5W-30 kebetulan nyetok 9 botol ini, untung nya yg PTT 5W-30 cm 3 botol, pas formasi stok nya berarti ya...Yg PTT 10W-30 untung nya yg saya banyakin bln kmrn pas black friday...Unil n schaeffers (dex 1 gen 2) masing2 menyusul 1 dus bln januari thn dpn :mky_01:
Mantap.. Nyetoknya niat amat om :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Riki9988 wrote:Suhu-suhu.. mw tanya nih,, katanya oli diesel 10-30 kurang cocok untuk iklim di indonesia.. yang aman 10-40, apa benar...? Tadinya mw nyoba ptt 10-30..
Kalau untuk 10-40 ada oli mesin merk Aisin,,apa aisin cukup bagus atw sama sama saja dngn brand yg lain...??
Slama ini pakai oli BeRes 15-40,,, odo sudah up 120...Trimakasih sebelumnya...[emoji120]
utk kendaraan apa ?

kalo truk / bus YA pake 15W40

10W30 utk mobil2 Diesel kecil yang di manual book rekomen 5W30 atau spt 2KD boleh 10W30 (paling encer)

* Bukan ajakan Beli *
Riki9988
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sun Dec 22, 2019 7:24
Location: Kuningan
Daily Vehicle: Mobil

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Riki9988 »

Sorry sebut tipe kendaraan om..[emoji1787][emoji1787].. ipah diesel om... Memang di book c tertulis 10-30 om...
Ok.. trimakasih infonya om.. [emoji106]
Turboman wrote:
Riki9988 wrote:Suhu-suhu.. mw tanya nih,, katanya oli diesel 10-30 kurang cocok untuk iklim di indonesia.. yang aman 10-40, apa benar...? Tadinya mw nyoba ptt 10-30..
Kalau untuk 10-40 ada oli mesin merk Aisin,,apa aisin cukup bagus atw sama sama saja dngn brand yg lain...??
Slama ini pakai oli BeRes 15-40,,, odo sudah up 120...Trimakasih sebelumnya...[emoji120]
utk kendaraan apa ?

kalo truk / bus YA pake 15W40

10W30 utk mobil2 Diesel kecil yang di manual book rekomen 5W30 atau spt 2KD boleh 10W30 (paling encer)
Luther
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sun Sep 01, 2019 15:42
Location: Medan
Daily Vehicle: ANGL CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Luther »

Suryaputra wrote: Sat Dec 28, 2019 6:36
Luther wrote: Sat Dec 28, 2019 5:51
Suryaputra wrote: Sat Dec 28, 2019 5:36
Yess better ikutin manual book, om.
0w30 masih ok berarti.
siap om...Total quartz 9000 yg 5W-30 kebetulan nyetok 9 botol ini, untung nya yg PTT 5W-30 cm 3 botol, pas formasi stok nya berarti ya...Yg PTT 10W-30 untung nya yg saya banyakin bln kmrn pas black friday...Unil n schaeffers (dex 1 gen 2) masing2 menyusul 1 dus bln januari thn dpn :mky_01:
Mantap.. Nyetoknya niat amat om :mky_01:
iya om, maklum posisi di sumatera, kl pesan nya buat 1-3 kali ganti oli aja, sayang di ongkir nya kan :mky_04:
Luther
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sun Sep 01, 2019 15:42
Location: Medan
Daily Vehicle: ANGL CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Luther »

DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 6:02 Btw mesin HR15 batu makam jgn dikasi buntut 20, womg buntut 30 aj nguap gila2an. Coba aj pasang OCT, nyetir seminggu liat brapa bnyak oli yg ketampung.

Dl HR15 ane pake macem2 oli, plg puas pake Q8 special 5 30, penguapan ga lebay, kuat d hajar ampe 7000an km tanpa glitik, bbm prmios busuk..
OCT nya ga penuh2 om kl pakai oli FS yg bagus (kata nya sih) :big_grin: Q8 yg dexos 2 kah om?
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ViPerRed »

nah ga tau om gmn caranya
klo ane sih bawa ke beres, nti di reset dgn cara puter2 kunci kontak+injek2 gas. dan itu kurang manjur sih, baru 2-3 hari RPM bisa normal lagi.. apa ada cara lain om??
DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 5:58
ViPerRed wrote: Fri Dec 27, 2019 16:34 senasib om.. HR15 ane setiap bersihin TB lgsg rpm 1k-3k naek turun, udh reset ECU msh aja, msti tunggu beberapa hari nti normal sendiri. dan ini mesin mau di pakein oli apa aja suaranya brisik ya, tp reliable untungnya.

btw, TQ9000 udh ane pake di sx4.. tarikan lbh ringan dr SGO, kehalusan sih sama aja pas udah work temperature. cuma klo wkt start dlm posisi dingin lbh halus TQ9000.
DOHC wrote: Fri Dec 27, 2019 13:59

ga smua TB mobil bsa gt mbah.. batu makam laknat ane dl, mengharamkan sgala macam cairan menyentuh diri nya.. jaminan CE kelap kelip ama rpm naek turun macam dangdut pantura
Reset ECU nya gmana ? Cabut aki aj ? Reset ECU batu makam musti tunggu suhu mesin pas kisaran 80an -90an derajat, kipas nyala 2 kali baru di reset.. dan musti pake scanner
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ViPerRed »

ane pake buntut 40 malah om
buntut 30 ga pernah, wong montir beres blg kemungkinan ada trouble kl di kasih 30.. tadinya ane ngotot pgn 30.. bangke kan..
DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 6:02 Btw mesin HR15 batu makam jgn dikasi buntut 20, womg buntut 30 aj nguap gila2an. Coba aj pasang OCT, nyetir seminggu liat brapa bnyak oli yg ketampung.

Dl HR15 ane pake macem2 oli, plg puas pake Q8 special 5 30, penguapan ga lebay, kuat d hajar ampe 7000an km tanpa glitik, bbm prmios busuk..
Luther
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sun Sep 01, 2019 15:42
Location: Medan
Daily Vehicle: ANGL CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Luther »

ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 8:27 ane pake buntut 40 malah om
buntut 30 ga pernah, wong montir beres blg kemungkinan ada trouble kl di kasih 30.. tadinya ane ngotot pgn 30.. bangke kan..
DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 6:02 Btw mesin HR15 batu makam jgn dikasi buntut 20, womg buntut 30 aj nguap gila2an. Coba aj pasang OCT, nyetir seminggu liat brapa bnyak oli yg ketampung.

Dl HR15 ane pake macem2 oli, plg puas pake Q8 special 5 30, penguapan ga lebay, kuat d hajar ampe 7000an km tanpa glitik, bbm prmios busuk..
Alamat sering ngelitik n cepat kotor dong TB nya ya om pakai W-40 nya beres :big_think: emang km udh tinggi?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by maastricht889 »

ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 8:27 ane pake buntut 40 malah om
buntut 30 ga pernah, wong montir beres blg kemungkinan ada trouble kl di kasih 30.. tadinya ane ngotot pgn 30.. bangke kan..
DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 6:02 Btw mesin HR15 batu makam jgn dikasi buntut 20, womg buntut 30 aj nguap gila2an. Coba aj pasang OCT, nyetir seminggu liat brapa bnyak oli yg ketampung.

Dl HR15 ane pake macem2 oli, plg puas pake Q8 special 5 30, penguapan ga lebay, kuat d hajar ampe 7000an km tanpa glitik, bbm prmios busuk..
Coba om iseng ditanyain itu montirnya kemungkinan trouble yg gimana, rata2 sih biasanya ngejawab nya muter2 ya hahahhahahaha. Tp balik lagi om, coba cek dl di tutup tmpt pengisian oli dah ada sludge nya apa blm (amit2 sih ini, tp ada baiknya ttp diliat dl)
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ViPerRed »

KM 90rb+ om.. blm tinggi lah ya
wah ngilitik parah HR ini, tiap di carbon clean aja parah kotornya. pake NGO cuma sekali om, dr baru selalu HX7 tp rada trauma pake ini oli, byk palsu disini. skrg lg cobain mobil 10w40 yg dijual di BeRes.

Luther wrote: Sat Dec 28, 2019 8:32
ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 8:27 ane pake buntut 40 malah om
buntut 30 ga pernah, wong montir beres blg kemungkinan ada trouble kl di kasih 30.. tadinya ane ngotot pgn 30.. bangke kan..
DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 6:02 Btw mesin HR15 batu makam jgn dikasi buntut 20, womg buntut 30 aj nguap gila2an. Coba aj pasang OCT, nyetir seminggu liat brapa bnyak oli yg ketampung.

Dl HR15 ane pake macem2 oli, plg puas pake Q8 special 5 30, penguapan ga lebay, kuat d hajar ampe 7000an km tanpa glitik, bbm prmios busuk..
Alamat sering ngelitik n cepat kotor dong TB nya ya om pakai W-40 nya beres :big_think: emang km udh tinggi?
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ViPerRed »

hooh om, ane tau ada yg maksud terselubung. huahaha.. tp nyokap ane iya2 aja, jadi di cekokin lah ini pake w40, ber hub ane lagi kerja bkn ane yg service.

daleman msh bersih kok om
bebas sludge atau warna2 aneh.
cm ngelitiknya yg laknat
erwinign wrote: Sat Dec 28, 2019 8:58
ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 8:27 ane pake buntut 40 malah om
buntut 30 ga pernah, wong montir beres blg kemungkinan ada trouble kl di kasih 30.. tadinya ane ngotot pgn 30.. bangke kan..
DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 6:02 Btw mesin HR15 batu makam jgn dikasi buntut 20, womg buntut 30 aj nguap gila2an. Coba aj pasang OCT, nyetir seminggu liat brapa bnyak oli yg ketampung.

Dl HR15 ane pake macem2 oli, plg puas pake Q8 special 5 30, penguapan ga lebay, kuat d hajar ampe 7000an km tanpa glitik, bbm prmios busuk..
Coba om iseng ditanyain itu montirnya kemungkinan trouble yg gimana, rata2 sih biasanya ngejawab nya muter2 ya hahahhahahaha. Tp balik lagi om, coba cek dl di tutup tmpt pengisian oli dah ada sludge nya apa blm (amit2 sih ini, tp ada baiknya ttp diliat dl)
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Post by yanuarra »

Suhu-suhu disini..mau tanya.. mesin 1nz dah mau umur 10 taun dipakein amsoil 0w-30 sso ada kendala nggak ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by DOHC »

ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 8:23 nah ga tau om gmn caranya
klo ane sih bawa ke beres, nti di reset dgn cara puter2 kunci kontak+injek2 gas. dan itu kurang manjur sih, baru 2-3 hari RPM bisa normal lagi.. apa ada cara lain om??
DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 5:58
ViPerRed wrote: Fri Dec 27, 2019 16:34 senasib om.. HR15 ane setiap bersihin TB lgsg rpm 1k-3k naek turun, udh reset ECU msh aja, msti tunggu beberapa hari nti normal sendiri. dan ini mesin mau di pakein oli apa aja suaranya brisik ya, tp reliable untungnya.

btw, TQ9000 udh ane pake di sx4.. tarikan lbh ringan dr SGO, kehalusan sih sama aja pas udah work temperature. cuma klo wkt start dlm posisi dingin lbh halus TQ9000.

Reset ECU nya gmana ? Cabut aki aj ? Reset ECU batu makam musti tunggu suhu mesin pas kisaran 80an -90an derajat, kipas nyala 2 kali baru di reset.. dan musti pake scanner
itu beres ga bsa reset ECU, montir nya sambit pake konci inggris aj..

wong bengkel2 kemayoran aj pada bsa, ga pake puter2 konci kontak sgala..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by DOHC »

enjin HR15 batu makam itu buntut 30 aj.. jgn 20 atau 40.. di buku primbon aseli dari jepun sana nya aj suru buntut 30

modalin oli full syn yg bagusan, ini mesin rada manja, suka perbudak owner nya.. tp kl dicekokin oli bagus, umur bakal panjang koq, HR15 itu buatan aseli jepun diimport (entah kl L11 punya masi aseli jepun atau ud buatan mana)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ViPerRed »

TQ9000 5w30 gmn ya klo di isi ke HR15?
secara umum ok sih mesin ini, menurut ane untuk pemakaian kota kecil di lampung, overall ini mesin lbh ok di banding M15 ato 2NR. cm ngelitiknya dan penguapan oli aja parah banget.

jd reset si ECU masti pake scanner di saat suhu mesin sudah 90an Celcius gitu om?
DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 11:09 enjin HR15 batu makam itu buntut 30 aj.. jgn 20 atau 40.. di buku primbon aseli dari jepun sana nya aj suru buntut 30

modalin oli full syn yg bagusan, ini mesin rada manja, suka perbudak owner nya.. tp kl dicekokin oli bagus, umur bakal panjang koq, HR15 itu buatan aseli jepun diimport (entah kl L11 punya masi aseli jepun atau ud buatan mana)
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 11:32 TQ9000 5w30 gmn ya klo di isi ke HR15?
secara umum ok sih mesin ini, menurut ane untuk pemakaian kota kecil di lampung, overall ini mesin lbh ok di banding M15 ato 2NR. cm ngelitiknya dan penguapan oli aja parah banget.

jd reset si ECU masti pake scanner di saat suhu mesin sudah 90an Celcius gitu om?
DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 11:09 enjin HR15 batu makam itu buntut 30 aj.. jgn 20 atau 40.. di buku primbon aseli dari jepun sana nya aj suru buntut 30

modalin oli full syn yg bagusan, ini mesin rada manja, suka perbudak owner nya.. tp kl dicekokin oli bagus, umur bakal panjang koq, HR15 itu buatan aseli jepun diimport (entah kl L11 punya masi aseli jepun atau ud buatan mana)
temen saya pk HR15.
ngelitiknya minim klo diminumin pertamax turbo (ron 95 ke atas) :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by rendr »

ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 4:52 coba dibawa lg ke beres om
minta reset ECU. biasa sih oke ga lama setelah reset

rendr wrote: Sat Dec 28, 2019 4:12
ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 2:04 sudah reset ECU om?
soesoeki apa ini? r3?
jd inget, TB sx4 prnh di lepas beres, dibersihin pake kuas+bensin. mantab.


Sx4 scross om... Gapake reset2 deh kyknya.. agak nyesel jg balik ke BeRes yg deket PIM sini..
Noted om.. thank you..
gaspol resing tim
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ViPerRed »

di kota ane cuma ada 2 pertamina yg jual pertabo
dan jauh bgt dari rumah ane. hahaha.

Suryaputra wrote: Sat Dec 28, 2019 12:14
ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 11:32 TQ9000 5w30 gmn ya klo di isi ke HR15?
secara umum ok sih mesin ini, menurut ane untuk pemakaian kota kecil di lampung, overall ini mesin lbh ok di banding M15 ato 2NR. cm ngelitiknya dan penguapan oli aja parah banget.

jd reset si ECU masti pake scanner di saat suhu mesin sudah 90an Celcius gitu om?
DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 11:09 enjin HR15 batu makam itu buntut 30 aj.. jgn 20 atau 40.. di buku primbon aseli dari jepun sana nya aj suru buntut 30

modalin oli full syn yg bagusan, ini mesin rada manja, suka perbudak owner nya.. tp kl dicekokin oli bagus, umur bakal panjang koq, HR15 itu buatan aseli jepun diimport (entah kl L11 punya masi aseli jepun atau ud buatan mana)
temen saya pk HR15.
ngelitiknya minim klo diminumin pertamax turbo (ron 95 ke atas) :upss:
Luther
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sun Sep 01, 2019 15:42
Location: Medan
Daily Vehicle: ANGL CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Luther »

Suryaputra wrote: Sat Dec 28, 2019 12:14
ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 11:32 TQ9000 5w30 gmn ya klo di isi ke HR15?
secara umum ok sih mesin ini, menurut ane untuk pemakaian kota kecil di lampung, overall ini mesin lbh ok di banding M15 ato 2NR. cm ngelitiknya dan penguapan oli aja parah banget.

jd reset si ECU masti pake scanner di saat suhu mesin sudah 90an Celcius gitu om?
temen saya pk HR15.
ngelitiknya minim klo diminumin pertamax turbo (ron 95 ke atas) :upss:
ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 11:32 di kota ane cuma ada 2 pertamina yg jual pertabo
dan jauh bgt dari rumah ane. hahaha.
pakai aditif BBM nya om, merk schaeffers itu spt nya layak dicoba selain redline.. :big_grin:
1trfe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Thu Aug 23, 2018 2:21
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by 1trfe »

Suryaputra wrote: Sat Dec 28, 2019 12:14
ViPerRed wrote: Sat Dec 28, 2019 11:32 TQ9000 5w30 gmn ya klo di isi ke HR15?
secara umum ok sih mesin ini, menurut ane untuk pemakaian kota kecil di lampung, overall ini mesin lbh ok di banding M15 ato 2NR. cm ngelitiknya dan penguapan oli aja parah banget.

jd reset si ECU masti pake scanner di saat suhu mesin sudah 90an Celcius gitu om?
DOHC wrote: Sat Dec 28, 2019 11:09 enjin HR15 batu makam itu buntut 30 aj.. jgn 20 atau 40.. di buku primbon aseli dari jepun sana nya aj suru buntut 30

modalin oli full syn yg bagusan, ini mesin rada manja, suka perbudak owner nya.. tp kl dicekokin oli bagus, umur bakal panjang koq, HR15 itu buatan aseli jepun diimport (entah kl L11 punya masi aseli jepun atau ud buatan mana)
temen saya pk HR15.
ngelitiknya minim klo diminumin pertamax turbo (ron 95 ke atas) :upss:
Hahaha. Bener banget om. Cuma dompet ny yg jd ngelitik :ungg:
Auror
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Dec 22, 2019 17:40
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Auror »

Om Turbo tolong tanya, innova diesel selama ini pake tmo. Habis baca2 tulisan om jd pengen ganti ptt 10w30. Nah ganti oli sae nya beda langsung ganti atau ada perlakuan khusus?

Thanks om
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Fri Dec 27, 2019 13:31 Kesimpulan keliru apa boss ?

emang nyata kok oli oli API SN+ itu kadar Calcium nya rendah rendah......rata2 cuman sampe di 1200 an ppm........yang umum2 ditemui

kita kan melihat contoh contoh yang REAL aja dr produsen2 kredibel.

Lagian namanya forum diskusi kan semua tulisan sifatnya Disclaimer......gak ada pendapat mutlak......silakan utk Koreksi / Tambahkan.

Kecuali jika ada tulisan yg sifatnya artikel di Blog / Yutub NAH........itu lain cerita

The End
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Fri Dec 27, 2019 9:49 Kalo saya jadi pimpinan lembaga API ya saya pun juga gak akan mensyaratkan komposisi zat2 tertentu harus sekian2, saya hanya akan mensyaratkan HASIL TEST sebuah oli harus memenuhi kriteria yang ditetapkan

Namanya teknik & metoda maju terus, ya siapa tahu ke depannya ada additip package dari zat Tokai kucing / Tokai cicak akan memberikan hasil efektif misalnya........

Dan utk saat ini benchmark kita sbg user ya ke apa yang dilakukan oleh produsen2 kredibel dan udah proven

simple aja
Finally you got the point!
Membaca hasil VOA tidak serta merta boleh menyimpulkan API SN Plus wajib Ca max 1200 ppm.
Apalagi sampai menyebarkan kesimpulan keliru di forum - forum online.
Pelajari konteks dan background nya.

Seperti yang sampeyan share sendiri di atas, hasil pengujian Infineum-GM:
- Unsur Calcium (dalam bentuk senyawa apapun) berlaku sebagai LSPI promoter.
- Unsur Sodium berlaku sebagai LSPI promoter yang sangat kuat, melebihi Ca.
- Unsur Magnesium berlaku sebagai LSPI neutral.
- Senyawa ZDDP berlaku sebagai LSPI quencher yang efeknya eksponensial, artinya dengan penambahan sedikit efeknya berlipat ganda alias LSPI quencher yang sangat kuat.

Terkait hasil pengujian ZDDP sebagai LSPI quencher, artinya terbuka pendekatan baru jika bisa menemukan metode phosporus retention yang jauh lebih efektif daripada teknologi saat ini.
Atau material catalyst yang tahan terhadap polusi phosporus.

Karena itu API SN Plus tidak me-lock komposisi chemical harus sekian, karena fenomena LSPI pada mesin Turbo GDI dengan displacement < 2000 cc ini masih terhitung sangat baru.
Penelitian - penelitian untuk menekan bahkan untuk menghilangkan LSPI ini juga masih sangat prematur dan terbuka lebar segala cara - cara kreatif lainnya.

Yang bisa kita simpulkan:
Yes! Sampai saat ini trend pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan oli adalah Ca lower Mg higher.
Berapa ppm besarnya? Tiap oil formulator menggunakan resep yang berbeda2.
Apakah akan berhenti sampai saat ini saja yaitu Ca lower Mg higher?
Siapa yang bisa tau? Serahkan sama ahli - ahli chemical di perusahaan oli dan otomotif yang mencari cara - cara mutakhir lainnya.
ya ya ya ya ya.... cuma lihat beberapa VOA dan langsung simpulkan Ca max 1200 ppm?
Rata - rata itu sangat beda dengan maksimum boss.
Mengatakan API SN Plus maksimum Ca 1200 ppm itu sangat misleading.
Lihat langsung ke data primer nya yaitu tabel requirement SN Plus yang dikeluarkan API Institute.

- the end -

Saya sudah paham cara sampeyan berpikir dan menarik kesimpulan yang ternyata lebih mengedepankan asumsi dan konon...dan endingnya berlindung dibalik kata disclaimer.
Benar - benar diskusi yang luar biasa dan wasting time ...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Kalo point of view saya

1. Saya lebih senang pembuktian REAL makanya saya mayan sering test UOA dari masih di CORELAB lalu ke Petrolab sampe Trakindo (VOA & UOA).......baik yg test sendiri maupun patungan ama kawan.....murni hobby aja

2. Kalo soal formulasi tertentu utk spek ACEA / API tertentu, saya pribadi juga lebih suka mengacu kepada Realitas di lapangan aja, pabrikan2 oli menyusun Formula udah pasti utk hasil Kebaikan produk mereka dan Gak Akan mungkin utk BUNUH DIRI

Namanya Teknik & Metoda akan selalu berubah ubah dari waktu ke waktu, ya kita ikuti saja

Anda sertakan data resmi dari API.org ya sy sgt appreciate. Kalo saya pribadi biasa suka buka data syarat ACEA & API tertentu dr web Lubrizol & Infineum,

Ya wes lah.....point of view setiap orang berbeda, jika anda lebih suka jalur Teoritis ya monggo........kalo saya lebih suka jalur Realita dan Teori-nya less than 50% aja

Btw kenapa anda gak nulis artikel2 di Blog aja ? Jadi bisa mencerahkan bagi orang2 awam spt kami kami ini

di milis Panther dulu Saya punya 1 kawan yg sy sgt appreciate krn beliau banyak menulis, saya bisa tahu soal Coal to Liquid - Syn Fuel / Hydrogenated Diesel NEXtBTL / zat EHN2 - CN boost dari beliau........nama beliau : Pak Hino Tantiyo....... sy sgt suka baca artikel ilmiah

Thanks

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Fri Dec 27, 2019 13:31 Kesimpulan keliru apa boss ?

emang nyata kok oli oli API SN+ itu kadar Calcium nya rendah rendah......rata2 cuman sampe di 1200 an ppm........yang umum2 ditemui

kita kan melihat contoh contoh yang REAL aja dr produsen2 kredibel.

Lagian namanya forum diskusi kan semua tulisan sifatnya Disclaimer......gak ada pendapat mutlak......silakan utk Koreksi / Tambahkan.

Kecuali jika ada tulisan yg sifatnya artikel di Blog / Yutub NAH........itu lain cerita

The End
dimasapri wrote: Finally you got the point!
Membaca hasil VOA tidak serta merta boleh menyimpulkan API SN Plus wajib Ca max 1200 ppm.
Apalagi sampai menyebarkan kesimpulan keliru di forum - forum online.
Pelajari konteks dan background nya.

Seperti yang sampeyan share sendiri di atas, hasil pengujian Infineum-GM:
- Unsur Calcium (dalam bentuk senyawa apapun) berlaku sebagai LSPI promoter.
- Unsur Sodium berlaku sebagai LSPI promoter yang sangat kuat, melebihi Ca.
- Unsur Magnesium berlaku sebagai LSPI neutral.
- Senyawa ZDDP berlaku sebagai LSPI quencher yang efeknya eksponensial, artinya dengan penambahan sedikit efeknya berlipat ganda alias LSPI quencher yang sangat kuat.

Terkait hasil pengujian ZDDP sebagai LSPI quencher, artinya terbuka pendekatan baru jika bisa menemukan metode phosporus retention yang jauh lebih efektif daripada teknologi saat ini.
Atau material catalyst yang tahan terhadap polusi phosporus.

Karena itu API SN Plus tidak me-lock komposisi chemical harus sekian, karena fenomena LSPI pada mesin Turbo GDI dengan displacement < 2000 cc ini masih terhitung sangat baru.
Penelitian - penelitian untuk menekan bahkan untuk menghilangkan LSPI ini juga masih sangat prematur dan terbuka lebar segala cara - cara kreatif lainnya.

Yang bisa kita simpulkan:
Yes! Sampai saat ini trend pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan oli adalah Ca lower Mg higher.
Berapa ppm besarnya? Tiap oil formulator menggunakan resep yang berbeda2.
Apakah akan berhenti sampai saat ini saja yaitu Ca lower Mg higher?
Siapa yang bisa tau? Serahkan sama ahli - ahli chemical di perusahaan oli dan otomotif yang mencari cara - cara mutakhir lainnya.
ya ya ya ya ya.... cuma lihat beberapa VOA dan langsung simpulkan Ca max 1200 ppm?
Rata - rata itu sangat beda dengan maksimum boss.
Mengatakan API SN Plus maksimum Ca 1200 ppm itu sangat misleading.
Lihat langsung ke data primer nya yaitu tabel requirement SN Plus yang dikeluarkan API Institute.

- the end -
saya sudah paham cara sampeyan berpikir dan menarik kesimpulan yang ternyata lebih mengedapankan asumsi dan konon...
* Bukan ajakan Beli *