Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11782
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Omnibus »

Auanz wrote: Thu Dec 26, 2019 7:18 di buku manual ga ada spek nya gan. hahaha makanya om turbo jg kemaren saya tanya binggung. tp cuman barusan tadi service 1000 sekalian tanya. SA nya ngm standarnya oli CVT CRV turbo yang plg baru. bukan yang model lama.
merasa ada yg aneh di spec sheet ..... daya maksimum kok cuma 105kW ya itu kan setara 140an HP.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Thu Dec 26, 2019 1:36
Luther wrote: Valvoline ternyata jg udh support SN Plus n dex 1 gen 2 ya oms...Gmn PDS nya mnrt oms ?
Valvoline SynPower.png
Ca 0,211 mah bukan SN+ dong ah.......

SN+ kadar Ca max 0,12 alias 1200 ppm (digeber di Mg nya)

lain2 nya ok
Maaf Om Turbo, dasarnya apa Ca max 1200 ppm?
Ada literatur nya?

API SN Plus sama sekali tidak mengatur chemical composition untuk menekan LSPI event.
API SN Plus mengatur di jumlah LSPI event pada mesin standar pengujian oli SN Plus, yaitu menggunakan mesin Ford 2012 in-line four cylinder engine with a displacement of 2.0 L, a compression ratio of 9.3:1.
Maksimal 5x terjadi LSPI dalam durasi 400 menit yang terbagi dalam 4x iterasi.
Masing - masing iterasi berdurasi 100 menit.
https://www.intertek.com/automotive/sequence-ix/

Masalah chemical composition diserahkan ke masing - masing produsen oli, walaupun trend nya memang menggunakan pendekatan Ca turun Mg naik mengikuti eksperimen Infineum - GM.

Ini aturan API SN Plus.
Tidak ada sama sekali klausul Ca max 1200 ppm.
API SN+.png
Jadi kalau Valvoline berhasil lolos uji Sequence IX dengan kandungan Ca 2110 ppm, mereka menggunakan pendekatan yang berbeda.
Tidak berarti Ca 2110 ppm tidak bakalan lolos API SN Plus.
kalo baca di PQIA angka Ca biasa sampe 1450 ppm yah utk SN+

make sense

yo wes silakan dilanjut koreksi & penjelasannya om

Saya nonton aja

https://www.infineuminsight.com/en-gb/a ... -ignition/


sep-16-lsp1.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Auanz »

Suryaputra wrote: Thu Dec 26, 2019 9:23
aceagung wrote: Thu Dec 26, 2019 9:18
Auanz wrote:di buku manual ga ada spek nya gan. hahaha makanya om turbo jg kemaren saya tanya binggung. tp cuman barusan tadi service 1000 sekalian tanya. SA nya ngm standarnya oli CVT CRV turbo yang plg baru. bukan yang model lama.
SL 2100 kl gak salah merk shell ada "Shell cvtf sl 2100
ini dong om : https://www.tokopedia.com/partwuling/ol ... r-23574035
Iya itu om. Balik lg td SA yg naganin ane dia blg standar nya honda crv Turbo yg plg baru bs di pake. Krn direct competitornya itu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

dimasapri wrote:Melakukan VOA dan UOA itu bagus sekali, tapi cara baca dan mengambil kesimpulannya juga harus komprehensif.
Jangan sepotong - sepotong.
Ibarat 4 orang buta yang mencoba mengetahui wujud gajah dengan merabanya.
Yang memegang belalainya mengira gajah itu adalah hewan yang panjang seperti ular.
Yang memegang telinganya mengira gajah itu adalah hewan yang sangat pipih dan lebar seperti ikan pari.
Yang memegang perutnya mengira gajah itu seperti bola raksasa.
Yang memegang kakinya mengira gajah itu seperti tiang listrik.
Om bikin Blog yang lengkap dong tentang oli & serba serbi mengenai perkembangan oli

sehingga orang2 awam yang nggak sekolah dan bodoh spt kita2 jadi lebih paham

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Bbrp oli Diesel ada juga yg Low Ca - High Mg

M Delvac1 ESP - 5W40 API CJ4

Seffer 5W40 - API CJ-4

Ca 1250 an ppm

Mg 900 - 950 an ppm

si PTT 10W40 Extra Long Drain API CJ-4 juga low Ca & High Mg (saya lupa angka nya)

Monggo dijelaskan oleh yg Expert, apa tujuan formulasi spt ini

* Ambil bangku & nonton *
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27646
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by DOHC »

numpang sharing,

weekend kmaren mo coba stel klep enjin L15 ane, pas buka tutup klep, kaget daleman mesin masi bersih bener, lebi kaget lg, celah2 klep masi within range smua, padahal slama 108 rebu ga perna stel klep..

btw oli yg dipake mostly oli OEM 5-30, jarang2 eneos yg 0-20.. penggantian di 8000an km
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri »

DOHC wrote: Thu Dec 26, 2019 13:17 numpang sharing,

weekend kmaren mo coba stel klep enjin L15 ane, pas buka tutup klep, kaget daleman mesin masi bersih bener, lebi kaget lg, celah2 klep masi within range smua, padahal slama 108 rebu ga perna stel klep..

btw oli yg dipake mostly oli OEM 5-30, jarang2 eneos yg 0-20.. penggantian di 8000an km
L15 masih butuh stel klep ya?
Perasaan sudah pakai HLA
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Mesin2 honda klepnya adjustable dan udah pake roller rocker cam.
Minim wear and friction :D

Even K24 juga klo gak salah, perlu cek celah klep dalam interval sekian KM.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27646
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by DOHC »

perna baca d tret mana (kl memori ane bener), mbah marmut perna bersabda kl intinya smua klep yah pd akhirnya tetep perlu di stel

cuman beda type yah beda cara, ada yg diputer2 macam enjin2 honda, atau enjin mitsu jadul .. btw enjin isuzu 4JA-1 aj masi perlu stel klep
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by coklatMetalik »

DOHC wrote: Thu Dec 26, 2019 14:03 perna baca d tret mana (kl memori ane bener), mbah marmut perna bersabda kl intinya smua klep yah pd akhirnya tetep perlu di stel

cuman beda type yah beda cara, ada yg diputer2 macam enjin2 honda, atau enjin mitsu jadul .. btw enjin isuzu 4JA-1 aj masi perlu stel klep
7K punya kisul perasaan ga usah disetel klepnya deh. Udah pake hidrolik apaan gitu.... Tp malah bisa masuk angin :ungg:
CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by marmut »

coklatMetalik wrote: Thu Dec 26, 2019 14:18

7K punya kisul perasaan ga usah disetel klepnya deh. Udah pake hidrolik apaan gitu.... Tp malah bisa masuk angin :ungg:
CMIIW

musim ujan emang suka gitu. rutin kasih STMJ sama sesekali dikerokin.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by indeskey »

Om DOHC kalau habis bongkar throttle body gitu TPS nya ngaco nggak ya? Saya semprot2 throttle body abis itu TPS nya ngaco dan harus direset ke beres. (Mesin sama L15)
DOHC wrote:numpang sharing,

weekend kmaren mo coba stel klep enjin L15 ane, pas buka tutup klep, kaget daleman mesin masi bersih bener, lebi kaget lg, celah2 klep masi within range smua, padahal slama 108 rebu ga perna stel klep..

btw oli yg dipake mostly oli OEM 5-30, jarang2 eneos yg 0-20.. penggantian di 8000an km
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27646
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by DOHC »

indeskey wrote: Fri Dec 27, 2019 2:06 Om DOHC kalau habis bongkar throttle body gitu TPS nya ngaco nggak ya? Saya semprot2 throttle body abis itu TPS nya ngaco dan harus direset ke beres. (Mesin sama L15)
DOHC wrote:numpang sharing,

weekend kmaren mo coba stel klep enjin L15 ane, pas buka tutup klep, kaget daleman mesin masi bersih bener, lebi kaget lg, celah2 klep masi within range smua, padahal slama 108 rebu ga perna stel klep..

btw oli yg dipake mostly oli OEM 5-30, jarang2 eneos yg 0-20.. penggantian di 8000an km
TB mobil apapun haram di semprot banjir cleaner om, di lap2 aj pake kain yg ud dbasahin cleaner.. kl ane biasa pas bongkar gt, puter kontak ON, sambil injek tahan pedal gas, ntuh skep kebuka lebar deh, sambil minta bantuan org laen suru lap daleman TB nya..

Jgn kaget nanti pas dinyalain, respon mesin aneh, apalagi kl yg sblomnya TB super jorok, pasti CE nyala.. cabut pasang aki aj, ama coba jalan beberapa hari buat ECU idle learning.. kl mau cepet beli dongle bluetooth scanner buat reset..

Btw isi oli 80 % dipstik aj, ama pake yg embel2 full syn kl ga mau TB cepet jorok
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Luther
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sun Sep 01, 2019 15:42
Location: Medan
Daily Vehicle: ANGL CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Luther »

Oms, saya nemu oli amsoil curah ini di toko ijo...Apa amsoil memang ada oli drum/curah nya?
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by indeskey »

Siyap om sarannya, nanti saya lap2 aja TB nya. makanya skg kapok disemprot2, tp ya itu kotor bgt itu TB. Ini mau lap2 sesuai saran om masih rada parno hehe.
DOHC wrote:
indeskey wrote: Fri Dec 27, 2019 2:06 Om DOHC kalau habis bongkar throttle body gitu TPS nya ngaco nggak ya? Saya semprot2 throttle body abis itu TPS nya ngaco dan harus direset ke beres. (Mesin sama L15)
DOHC wrote:numpang sharing,

weekend kmaren mo coba stel klep enjin L15 ane, pas buka tutup klep, kaget daleman mesin masi bersih bener, lebi kaget lg, celah2 klep masi within range smua, padahal slama 108 rebu ga perna stel klep..

btw oli yg dipake mostly oli OEM 5-30, jarang2 eneos yg 0-20.. penggantian di 8000an km
TB mobil apapun haram di semprot banjir cleaner om, di lap2 aj pake kain yg ud dbasahin cleaner.. kl ane biasa pas bongkar gt, puter kontak ON, sambil injek tahan pedal gas, ntuh skep kebuka lebar deh, sambil minta bantuan org laen suru lap daleman TB nya..

Jgn kaget nanti pas dinyalain, respon mesin aneh, apalagi kl yg sblomnya TB super jorok, pasti CE nyala.. cabut pasang aki aj, ama coba jalan beberapa hari buat ECU idle learning.. kl mau cepet beli dongle bluetooth scanner buat reset..

Btw isi oli 80 % dipstik aj, ama pake yg embel2 full syn kl ga mau TB cepet jorok
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

indeskey wrote:Om DOHC kalau habis bongkar throttle body gitu TPS nya ngaco nggak ya? Saya semprot2 throttle body abis itu TPS nya ngaco dan harus direset ke beres. (Mesin sama L15)
DOHC wrote:numpang sharing,

weekend kmaren mo coba stel klep enjin L15 ane, pas buka tutup klep, kaget daleman mesin masi bersih bener, lebi kaget lg, celah2 klep masi within range smua, padahal slama 108 rebu ga perna stel klep..

btw oli yg dipake mostly oli OEM 5-30, jarang2 eneos yg 0-20.. penggantian di 8000an km
Honda abis bongkar TB maka WAJIB Reset TP Positionet pake Scanner
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Luther wrote:Oms, saya nemu oli amsoil curah ini di toko ijo...Apa amsoil memang ada oli drum/curah nya?
Datangi toko nya om

Cek itu Curah dari Drum atau curah dari kemasan2 yg rusak
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Kalo saya jadi pimpinan lembaga API ya saya pun juga gak akan mensyaratkan komposisi zat2 tertentu harus sekian2, saya hanya akan mensyaratkan HASIL TEST sebuah oli harus memenuhi kriteria yang ditetapkan

Namanya teknik & metoda maju terus, ya siapa tahu ke depannya ada additip package dari zat Tokai kucing / Tokai cicak akan memberikan hasil efektif misalnya........

Dan utk saat ini benchmark kita sbg user ya ke apa yang dilakukan oleh produsen2 kredibel dan udah proven

simple aja
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Thu Dec 26, 2019 1:36
Luther wrote: Valvoline ternyata jg udh support SN Plus n dex 1 gen 2 ya oms...Gmn PDS nya mnrt oms ?
Valvoline SynPower.png
Ca 0,211 mah bukan SN+ dong ah.......

SN+ kadar Ca max 0,12 alias 1200 ppm (digeber di Mg nya)

lain2 nya ok
Maaf Om Turbo, dasarnya apa Ca max 1200 ppm?
Ada literatur nya?

API SN Plus sama sekali tidak mengatur chemical composition untuk menekan LSPI event.
API SN Plus mengatur di jumlah LSPI event pada mesin standar pengujian oli SN Plus, yaitu menggunakan mesin Ford 2012 in-line four cylinder engine with a displacement of 2.0 L, a compression ratio of 9.3:1.
Maksimal 5x terjadi LSPI dalam durasi 400 menit yang terbagi dalam 4x iterasi.
Masing - masing iterasi berdurasi 100 menit.
https://www.intertek.com/automotive/sequence-ix/

Masalah chemical composition diserahkan ke masing - masing produsen oli, walaupun trend nya memang menggunakan pendekatan Ca turun Mg naik mengikuti eksperimen Infineum - GM.

Terlampir di bawah aturan/requirement API SN Plus.
Tidak ada sama sekali klausul Ca max 1200 ppm.
API SN+.png
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Fri Dec 27, 2019 9:49 Kalo saya jadi pimpinan lembaga API ya saya pun juga gak akan mensyaratkan komposisi zat2 tertentu harus sekian2, saya hanya akan mensyaratkan HASIL TEST sebuah oli harus memenuhi kriteria yang ditetapkan

Namanya teknik & metoda maju terus, ya siapa tahu ke depannya ada additip package dari zat Tokai kucing / Tokai cicak akan memberikan hasil efektif misalnya........

Dan utk saat ini benchmark kita sbg user ya ke apa yang dilakukan oleh produsen2 kredibel dan udah proven

simple aja
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Thu Dec 26, 2019 1:36 Ca 0,211 mah bukan SN+ dong ah.......

SN+ kadar Ca max 0,12 alias 1200 ppm (digeber di Mg nya)

lain2 nya ok
Maaf Om Turbo, dasarnya apa Ca max 1200 ppm?
Ada literatur nya?

API SN Plus sama sekali tidak mengatur chemical composition untuk menekan LSPI event.
API SN Plus mengatur di jumlah LSPI event pada mesin standar pengujian oli SN Plus, yaitu menggunakan mesin Ford 2012 in-line four cylinder engine with a displacement of 2.0 L, a compression ratio of 9.3:1.
Maksimal 5x terjadi LSPI dalam durasi 400 menit yang terbagi dalam 4x iterasi.
Masing - masing iterasi berdurasi 100 menit.
https://www.intertek.com/automotive/sequence-ix/

Masalah chemical composition diserahkan ke masing - masing produsen oli, walaupun trend nya memang menggunakan pendekatan Ca turun Mg naik mengikuti eksperimen Infineum - GM.

Terlampir di bawah aturan/requirement API SN Plus.
Tidak ada sama sekali klausul Ca max 1200 ppm.
API SN+.png
Finally you got the point!
Membaca hasil VOA tidak serta merta boleh menyimpulkan API SN Plus wajib Ca max 1200 ppm.
Apalagi sampai menyebarkan kesimpulan keliru di forum - forum online.
Pelajari konteks dan background nya.

Seperti yang sampeyan share sendiri di atas, hasil pengujian Infineum-GM:
- Unsur Calcium (dalam bentuk senyawa apapun) berlaku sebagai LSPI promoter.
- Unsur Sodium berlaku sebagai LSPI promoter yang sangat kuat, melebihi Ca.
- Unsur Magnesium berlaku sebagai LSPI neutral.
- Senyawa ZDDP berlaku sebagai LSPI quencher yang efeknya eksponensial, artinya dengan penambahan sedikit efeknya berlipat ganda alias LSPI quencher yang sangat kuat.

Terkait hasil pengujian ZDDP sebagai LSPI quencher, artinya terbuka pendekatan baru jika bisa menemukan metode phosporus retention yang jauh lebih efektif daripada teknologi saat ini.
Atau material catalyst yang tahan terhadap polusi phosporus.

Karena itu API SN Plus tidak me-lock komposisi chemical harus sekian, karena fenomena LSPI pada mesin Turbo GDI dengan displacement <= 2000 cc ini masih terhitung sangat baru.
Penelitian - penelitian untuk menekan bahkan untuk menghilangkan LSPI ini juga masih sangat prematur dan terbuka lebar segala cara - cara kreatif lainnya.

Yang bisa kita simpulkan:
Yes! Sampai saat ini trend pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan oli adalah Ca lower Mg higher.
Berapa ppm besarnya? Tiap oil formulator menggunakan resep yang berbeda2.
Apakah akan berhenti sampai saat ini saja yaitu Ca lower Mg higher?
Siapa yang bisa tau? Serahkan sama ahli - ahli chemical di perusahaan oli dan otomotif yang mencari cara - cara mutakhir lainnya.
Last edited by dimasapri on Fri Dec 27, 2019 13:21, edited 2 times in total.
Luther
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sun Sep 01, 2019 15:42
Location: Medan
Daily Vehicle: ANGL CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Luther »

Turboman wrote: Fri Dec 27, 2019 4:05
Luther wrote:Oms, saya nemu oli amsoil curah ini di toko ijo...Apa amsoil memang ada oli drum/curah nya?
Datangi toko nya om

Cek itu Curah dari Drum atau curah dari kemasan2 yg rusak
beda pulau om Turbo, saya di sumut, seller nya di depok :big_grin:
TKP : https://www.tokopedia.com/olimesinterba ... rah-eceran
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Kesimpulan keliru apa boss ?

emang nyata kok oli oli API SN+ itu kadar Calcium nya rendah rendah......rata2 cuman sampe di 1200 an ppm........yang umum2 ditemui

kita kan melihat contoh contoh yang REAL aja dr produsen2 kredibel.

Lagian namanya forum diskusi kan semua tulisan sifatnya Disclaimer......gak ada pendapat mutlak......silakan utk Koreksi / Tambahkan.

Kecuali jika ada tulisan yg sifatnya artikel di Blog / Yutub NAH........itu lain cerita

The End
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Fri Dec 27, 2019 9:49 Kalo saya jadi pimpinan lembaga API ya saya pun juga gak akan mensyaratkan komposisi zat2 tertentu harus sekian2, saya hanya akan mensyaratkan HASIL TEST sebuah oli harus memenuhi kriteria yang ditetapkan

Namanya teknik & metoda maju terus, ya siapa tahu ke depannya ada additip package dari zat Tokai kucing / Tokai cicak akan memberikan hasil efektif misalnya........

Dan utk saat ini benchmark kita sbg user ya ke apa yang dilakukan oleh produsen2 kredibel dan udah proven

simple aja
dimasapri wrote: Maaf Om Turbo, dasarnya apa Ca max 1200 ppm?
Ada literatur nya?

API SN Plus sama sekali tidak mengatur chemical composition untuk menekan LSPI event.
API SN Plus mengatur di jumlah LSPI event pada mesin standar pengujian oli SN Plus, yaitu menggunakan mesin Ford 2012 in-line four cylinder engine with a displacement of 2.0 L, a compression ratio of 9.3:1.
Maksimal 5x terjadi LSPI dalam durasi 400 menit yang terbagi dalam 4x iterasi.
Masing - masing iterasi berdurasi 100 menit.
https://www.intertek.com/automotive/sequence-ix/

Masalah chemical composition diserahkan ke masing - masing produsen oli, walaupun trend nya memang menggunakan pendekatan Ca turun Mg naik mengikuti eksperimen Infineum - GM.

Terlampir di bawah aturan/requirement API SN Plus.
Tidak ada sama sekali klausul Ca max 1200 ppm.
API SN+.png
Finally you got the point!
Membaca hasil VOA tidak serta merta boleh menyimpulkan API SN Plus wajib Ca max 1200 ppm.
Apalagi sampai menyebarkan kesimpulan keliru di forum - forum online.
Pelajari konteks dan background nya.

Seperti yang sampeyan share sendiri di atas, hasil pengujian Infineum-GM:
- Unsur Calcium (dalam bentuk senyawa apapun) berlaku sebagai LSPI promoter.
- Unsur Sodium berlaku sebagai LSPI promoter yang sangat kuat, melebihi Ca.
- Unsur Magnesium berlaku sebagai LSPI neutral.
- Senyawa ZDDP berlaku sebagai LSPI quencher yang efeknya eksponensial, artinya dengan penambahan sedikit efeknya berlipat ganda alias LSPI quencher yang sangat kuat.

Terkait hasil pengujian ZDDP sebagai LSPI quencher, artinya terbuka pendekatan baru jika bisa menemukan metode phosporus retention yang jauh lebih efektif daripada teknologi saat ini.
Atau material catalyst yang tahan terhadap polusi phosporus.

Karena itu API SN Plus tidak me-lock komposisi chemical harus sekian, karena fenomena LSPI pada mesin Turbo GDI dengan displacement < 2000 cc ini masih terhitung sangat baru.
Penelitian - penelitian untuk menekan bahkan untuk menghilangkan LSPI ini juga masih sangat prematur dan terbuka lebar segala cara - cara kreatif lainnya.

Yang bisa kita simpulkan:
Yes! Sampai saat ini trend pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan oli adalah Ca lower Mg higher.
Berapa ppm besarnya? Tiap oil formulator menggunakan resep yang berbeda2.
Apakah akan berhenti sampai saat ini saja yaitu Ca lower Mg higher?
Siapa yang bisa tau? Serahkan sama ahli - ahli chemical di perusahaan oli dan otomotif yang mencari cara - cara mutakhir lainnya.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by diveblues »

indeskey wrote: Fri Dec 27, 2019 2:06 Om DOHC kalau habis bongkar throttle body gitu TPS nya ngaco nggak ya? Saya semprot2 throttle body abis itu TPS nya ngaco dan harus direset ke beres. (Mesin sama L15)
DOHC wrote:numpang sharing,

weekend kmaren mo coba stel klep enjin L15 ane, pas buka tutup klep, kaget daleman mesin masi bersih bener, lebi kaget lg, celah2 klep masi within range smua, padahal slama 108 rebu ga perna stel klep..

btw oli yg dipake mostly oli OEM 5-30, jarang2 eneos yg 0-20.. penggantian di 8000an km
kalo di mobil2 yg sudah DBW, setau saya sebelum copot TB, wajib lepas konektor aki dulu. Jadi setelah TB dipasang ulang, ecu bakal learning ulang valve position untuk setting idle-nya, baik idle ac atau non ac. Biasanya butuh waktu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Utk PTT 10W30 API CI-4 juga bisa dibeli

PTT Dynamic Commonrail 10w-30 kemasan 7ltr
https://tokopedia.link/DFfQLwHeL2 di toko Digital Auto ECU Rp600.000
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by marmut »

DOHC wrote: Fri Dec 27, 2019 2:30
TB mobil apapun haram di semprot banjir cleaner om, di lap2 aj pake kain yg ud dbasahin cleaner.. kl ane biasa pas bongkar gt, puter kontak ON, sambil injek tahan pedal gas, ntuh skep kebuka lebar deh, sambil minta bantuan org laen suru lap daleman TB nya..

Jgn kaget nanti pas dinyalain, respon mesin aneh, apalagi kl yg sblomnya TB super jorok, pasti CE nyala.. cabut pasang aki aj, ama coba jalan beberapa hari buat ECU idle learning.. kl mau cepet beli dongle bluetooth scanner buat reset..

Btw isi oli 80 % dipstik aj, ama pake yg embel2 full syn kl ga mau TB cepet jorok

ga masalah disemprot asal dilepas dulu dari intake manifold.
nanti saat sudah terpasang semua, ECU suruh learning dulu. om @Turboman dulu banget pernah ngasi tau caranya. saya udah praktekin di si kembar siam, hondut, masdut dan beberapa lainnya. cuma biskuit aja yang belon dapet kesempetan.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27646
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri Dec 27, 2019 13:54
DOHC wrote: Fri Dec 27, 2019 2:30
TB mobil apapun haram di semprot banjir cleaner om, di lap2 aj pake kain yg ud dbasahin cleaner.. kl ane biasa pas bongkar gt, puter kontak ON, sambil injek tahan pedal gas, ntuh skep kebuka lebar deh, sambil minta bantuan org laen suru lap daleman TB nya..

Jgn kaget nanti pas dinyalain, respon mesin aneh, apalagi kl yg sblomnya TB super jorok, pasti CE nyala.. cabut pasang aki aj, ama coba jalan beberapa hari buat ECU idle learning.. kl mau cepet beli dongle bluetooth scanner buat reset..

Btw isi oli 80 % dipstik aj, ama pake yg embel2 full syn kl ga mau TB cepet jorok

ga masalah disemprot asal dilepas dulu dari intake manifold.
nanti saat sudah terpasang semua, ECU suruh learning dulu. om @Turboman dulu banget pernah ngasi tau caranya. saya udah praktekin di si kembar siam, hondut, masdut dan beberapa lainnya. cuma biskuit aja yang belon dapet kesempetan.
ga smua TB mobil bsa gt mbah.. batu makam laknat ane dl, mengharamkan sgala macam cairan menyentuh diri nya.. jaminan CE kelap kelip ama rpm naek turun macam dangdut pantura

malah TB ipah tuwir ane plg ga rewel, mo disemprot banjir jg gapapa, ga perlu cabut2 aki.. idle learning nya jg cepet, mobil tau diri itu..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: