tenaga bebek 125 vs sport 125
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Wed Jul 06, 2005 8:07
- Location: Depok City
itu girbox(eh, girbox ya namanya?dibawah blok mesin) thunder gede banget berarti flywheelnya juga gede. gw pikir ini berpengaruh ama tarikan dan top speednya. kalo flywheelnya gede tarikan jadi ngelambat, coz mesin harus kerja keras ngayun itu bandul. kalo 125sp kan flywheelnya ga segede thunder, ngayun lebih gampang n tarikan lebih yahut. keuntungan thunder, dipake boncengan akselerasi berkurang ga jauh dengan sendirian.cmiiw.
1+1 = ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
kalah bukan berarti tenaganya lebih kecil,coba aja balapan naik tanjakan curam (yang bener-bener curam, jangan hanya di puncak) ma boncengan, dijamin si sport menang dari bebek (note: joki sama-sama ahli). Tapi emang bebek dicipta untuk dipake di kecepatan rendah-menengah, jadi torsi didapat pada putaran rendah meski lebih kecil, jadi terikan lebih cepat. Sedang sport rata-rata torsi pada rpm lebih tinggi, emang lebih lambat, tapi pas dh sama-sama melaju, untuk naikin rpm lebih cepat tuh. Coba aja kalo mesin dh diset up (ganti sprocket) pasti yang sport lebih unggul meskipun lebih berat dikit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
soal Thunder 125 dan Shogun 125..
Shogun 125 punya stroke lbh panjang drpd Thunder 125.
secara teori..
mesin motor stroke lbh panjang torsi lbh cepat didapat pd rpm rendah.
speknya..
Thunder 125 punya stroke 49mm lbh pendek drpd Shogun 125 stroke 55mm.
jadi..
wajar aja klo Thunder 125 baru dpt torsi max pd putaran 8000rpm dibanding Shogun 125 yg cuma perlu 6000rpm udah dpt torsi max sbsr 1.3Nm.
Shogun 125 punya stroke lbh panjang drpd Thunder 125.
secara teori..
mesin motor stroke lbh panjang torsi lbh cepat didapat pd rpm rendah.
speknya..
Thunder 125 punya stroke 49mm lbh pendek drpd Shogun 125 stroke 55mm.
jadi..
wajar aja klo Thunder 125 baru dpt torsi max pd putaran 8000rpm dibanding Shogun 125 yg cuma perlu 6000rpm udah dpt torsi max sbsr 1.3Nm.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Sun Dec 11, 2005 5:56
- Location: bandung
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Sun Nov 06, 2005 6:16
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
udah jelas klo motor sport 125cc emang motor tanggung atau istilahnya motor 'banci' gitu deh..
makanya tenaganya serba tanggung..buat lari keberatan body tp buat jalan2 santai jg ga bisa krn bodynya berat itu. contohnya motor thn 80-an Honda GL-125 ga bs lari kenceng.
Yamaha RX-125 aja terkenal dgn istilah banci..atau RX 'banci' gitu biasa org2 nyebutnya..tp..bukan berarti yg naik jg banci lho..
makanya tenaganya serba tanggung..buat lari keberatan body tp buat jalan2 santai jg ga bisa krn bodynya berat itu. contohnya motor thn 80-an Honda GL-125 ga bs lari kenceng.
Yamaha RX-125 aja terkenal dgn istilah banci..atau RX 'banci' gitu biasa org2 nyebutnya..tp..bukan berarti yg naik jg banci lho..

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Sun Nov 06, 2005 6:16
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
dari yg udah2 hampir semua motor sport 125cc disini kurang diminati umum deh..kecuali Thunder 125 yg skrg ini kayanya udah mulai diminati umum..mungkin krn tongkrongannya yg kaya moge kali ya?
soal performa King ama RX-125? ibarat langit dan bumi deh..jauh..apalagi skrg RX-125 udah ga diproduksi..susah cari spare-partnya.
soal performa King ama RX-125? ibarat langit dan bumi deh..jauh..apalagi skrg RX-125 udah ga diproduksi..susah cari spare-partnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
GL-Max itu pistonnya udah High kompresi loh, doi ama Mega-Pro aja tarikan awalnya sih pasti menang, memang untuk jarak jauh pasti keuber ama Mega-Pro karena CC lebih besar, jd klo untuk performance Shogun VS GL-Max, sudah pasti GL-Max lebih kencang.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
GL-Max itu pistonnya udah High kompresi loh, doi ama Mega-Pro aja tarikan awalnya sih pasti menang, memang untuk jarak jauh pasti keuber ama Mega-Pro karena CC lebih besar, jd klo untuk performance Shogun VS GL-Max, sudah pasti GL-Max lebih kencang.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
- Location: Jakarta
brati GL MAX kompresinya lebih tinggi dari Mega Pro dong?.....
ngemeng2 kompresi kenapa yg si jupi MX kompresi tinggi bisa minum premium? padahal kl di bandingin F150 lumayan jg bedanya.
apa karena pake radiator?
apa emang harusnya minum bengsin oktan >90, karena ada unsur srategi jualan ya BISA minum premium.
ngemeng2 kompresi kenapa yg si jupi MX kompresi tinggi bisa minum premium? padahal kl di bandingin F150 lumayan jg bedanya.
apa karena pake radiator?
apa emang harusnya minum bengsin oktan >90, karena ada unsur srategi jualan ya BISA minum premium.
A/T vehicle.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
mungkin krn kapasitasnya sbg motor dlm kota kli yg bikin tarikan awal GL-MAX enteng..beda dgn Mega Pro yg bodynya bongsor plus berat jelas2 kalah ditarikan awal..dado wrote:GL-Max itu pistonnya udah High kompresi loh, doi ama Mega-Pro aja tarikan awalnya sih pasti menang, memang untuk jarak jauh pasti keuber ama Mega-Pro karena CC lebih besar, jd klo untuk performance Shogun VS GL-Max, sudah pasti GL-Max lebih kencang.
GL-MAX vs. Shogun?
Shogun yg mana nih? 110 apa 125?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
^
Kalo dilihat dari speknya sih gw tetep milih GL Max....
gl max:
Berat kosong : 106 kg
Daya maksimum : 11,83 HP (12,1 PS) @10.000 rpm
Torsi : 1 kgf.m @7.500 rpm
Taken from: http://www.daya-adira.com/portal/page?_ ... dppc_id=35
Shogun 125 SP:
Berat kosong : 108 kg
Daya maksimum : 9.79 HP (7.30 Kw) @8000 rpm
Torsi : 0.98 kgf.m (9.7 Nm) @6000 rpm
taken from: http://www.suzuki.co.id/
Kalo dilihat dari speknya sih gw tetep milih GL Max....
gl max:
Berat kosong : 106 kg
Daya maksimum : 11,83 HP (12,1 PS) @10.000 rpm
Torsi : 1 kgf.m @7.500 rpm
Taken from: http://www.daya-adira.com/portal/page?_ ... dppc_id=35
Shogun 125 SP:
Berat kosong : 108 kg
Daya maksimum : 9.79 HP (7.30 Kw) @8000 rpm
Torsi : 0.98 kgf.m (9.7 Nm) @6000 rpm
taken from: http://www.suzuki.co.id/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
- Location: Neo Venezia