sukerdan02 wrote: Mon Nov 18, 2019 7:52
Intinya sih, rawat mobil non mainstream, user juga harus lebih pinter daripada bengkelnya.. Minimal ga ngikut aja apa kata benkel wkwkwk..
OOT,
sayang trax diesel ga masuk sini sih.. Baca brosur versi brazil menggoda juga.. power sih cuma 134 hp, tapi torsi lumayan 320Nm, dari mesin 1600cc
betul om, selama kita sebagai usernya teliti dan banyak nanya ya pasti SAnya ga brani macam2, ini juga berlaku utk semua brand ya baik itu mainstream atau non-mainstream berdasarkan pengalaman saya sih..
Saya biasanya saat register servis berkala di counter SA beres (dari jamannya kuda, ipah, ops sampe anf&anps kantor)selalu saya tanyakan estimasi biasa serpisnya brp meskipun sudah dipasang tuh di tembok blakang counter SAnya list kisaran biaya yg terjadi dengan catatan kondisi mobil normal2 aja ya. Jadi si SA nanti akan cari history serpis user2 sebelumnya yg sama km-nya dgn saat sy serpis dan sy minta printnya utk saya review dan tanya2 ke SA perlu ga serpis ini-itu ganti ini-itu, krn kalau ikut panduan buku serpis pastinya akan dicek semua.
Pernah jg saat sy serpis rutin ipah kebetulan mo ganti kopling set krn dah 4thnan pakai dr baru itu ya sy tanyakan dulu brp harga partnya, setelah ok bru spk diprint utk dikerjakan, nah lucunya saat byr kok jatuhnya lebih mahal dari saat awal diskus dgn SAnya dan ternyata ada tambahan biaya jasa diluar biaya serpis rutin. Begitu juga saat saya ganti kampas rem dakar ada jasa tambahan lagi utk ganti part tsb, dan memang diluar serpis rutin manakala ada penggantian slow moving part (kopling set, kampas rem, bersihin egr klo diesel) akan dikenakan biaya jasa tambahan dan itu normal2 aja tergantung kitanya mau pa ga..gt aja..tp ini tergantung jaringan beresnya sih ada yg dikenakan biaya terpisah ada yg free
Sekarang aja ya let say ambil basic serpis di beres utk dakar ato anf biasanya km2 ganjil --> ganti oli 7L@70K=490k + filter oli 70k + jasa 500K total 1jtan, belum cairan2 pembersih macam engine flush 150rb sudah 1.2jtan tp ya apa harus serpis basic terus di km2 selanjutnya kan ga.. klo pas serpis besar di 40K dan klipatan lebih banyak lg yg dkuras macam ATF oil, engine oil, water coolant, brake fluid, oli gardan, plus filter2nya dah brp tuh..plus jasa biasanya lebih mahal dri biasanya jd ya wajar sih berkisar 3-5jtaan. Karena teknisinya bekerja sesuai SOP pabrikan dan jasa mahal itu krn ada penggunaan scan ecu via obd dutk injector flushing dan memastikan tdk ada malfunction di system mobil itu