ato cek ke bengkel Vw bisa jadi solusi kah

Rencana mau ambil Golf Mk7 2013-2014 tapi karena takut pemakai awal nya ceroboh jadi menyisakan "warisan"

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Om mobil nya langsung berhenti gak bisa jalan lagi walau di Posisi D atau gimana?jujuk wrote: Wed Jun 19, 2019 22:59 Numpang tanya om.. kebetulan saya baru baca forum ini. Saya pake golf 2011, baru ada kejadian pas macet”an trs liat dashboard ternyata indicator kopling kedip” antara gear indicator & gambar kunci pas). Ini confirm mecca’nya minta ganti atau masalah lain?
Ada yg udh pernah ngalamin ini mungkin?
Seingat saya, semua tiguan mk1 (2.0 awd & 1.4 TSI) menggunakan DQ250 alias wet cluth DSG.iwancast wrote: Wed Nov 06, 2019 15:00 Permisi om
Mau nanya klo vw tiguan 2009 2000cc awd
4 motion termasuk dsg yg mana ?
Terima kasih
Info lengkapnya dong om.. Nama bengkel?mrdonealot wrote: Sun Jan 12, 2020 10:32 Untuk problem mecca infonya sih ada bengkel di daerah alam sutera yg bisa repair, mungkin bisa jadi alternatif solusi.
DSG harusnya emang gak delay. kalau delay berarti ada masalah di perkoplingan.kodokngesot99 wrote: Fri Mar 18, 2022 7:59 om-om mau tanya mungkin ada pengalaman yang sama.
klo DSG itu pada saat kick down, harusnya kayak matic biasa aja kan ya, pedal to carpet (sampe kerasa klik switch kickdown) trus kan downshifting nah kita tetep gaspol aja nanti dia akan upshifting lagi kan sambil mobilnya melaju.
nah yang terjadi di tiguan yg saya pakai, belakangan ini pas kick down, setelah downshifting (misal dari D5 dia akan turun ke D2) dan dengan pedal gas tetep saya genjot, posisi gear stuck di D2 gak mau naik lagi, rpm naik, tp mobil berasa ngempos jadi losing power gtu. Jadi saya harus lepas gas nya dikit aja, baru dia mau shifting naik ke D3-D4-D5 lagi dan mobil baru bs melaju lagi. apakah ini gejala kopling slip? atau masalah pada flywheel nya?
selama ini gak ada notifikasi fault, atau lampu juga gak ada muncul, pernah scan jg gak ada muncul. dan untuk pemakaian sehari2 (tanpa mode ugal kickdown) itu juga shifting masih halus bgt. gak ada bunyi jedug pas pindah P-R-N-D-S dan sebaliknya.
boleh tau usia brp dan km brp mobilnya om? udah spt itu.kodokngesot99 wrote: Fri Mar 18, 2022 7:59 om-om mau tanya mungkin ada pengalaman yang sama.
klo DSG itu pada saat kick down, harusnya kayak matic biasa aja kan ya, pedal to carpet (sampe kerasa klik switch kickdown) trus kan downshifting nah kita tetep gaspol aja nanti dia akan upshifting lagi kan sambil mobilnya melaju.
nah yang terjadi di tiguan yg saya pakai, belakangan ini pas kick down, setelah downshifting (misal dari D5 dia akan turun ke D2) dan dengan pedal gas tetep saya genjot, posisi gear stuck di D2 gak mau naik lagi, rpm naik, tp mobil berasa ngempos jadi losing power gtu. Jadi saya harus lepas gas nya dikit aja, baru dia mau shifting naik ke D3-D4-D5 lagi dan mobil baru bs melaju lagi. apakah ini gejala kopling slip? atau masalah pada flywheel nya?
selama ini gak ada notifikasi fault, atau lampu juga gak ada muncul, pernah scan jg gak ada muncul. dan untuk pemakaian sehari2 (tanpa mode ugal kickdown) itu juga shifting masih halus bgt. gak ada bunyi jedug pas pindah P-R-N-D-S dan sebaliknya.
Pernah kuras oli DSG?kodokngesot99 wrote: Fri Mar 18, 2022 7:59 om-om mau tanya mungkin ada pengalaman yang sama.
klo DSG itu pada saat kick down, harusnya kayak matic biasa aja kan ya, pedal to carpet (sampe kerasa klik switch kickdown) trus kan downshifting nah kita tetep gaspol aja nanti dia akan upshifting lagi kan sambil mobilnya melaju.
nah yang terjadi di tiguan yg saya pakai, belakangan ini pas kick down, setelah downshifting (misal dari D5 dia akan turun ke D2) dan dengan pedal gas tetep saya genjot, posisi gear stuck di D2 gak mau naik lagi, rpm naik, tp mobil berasa ngempos jadi losing power gtu. Jadi saya harus lepas gas nya dikit aja, baru dia mau shifting naik ke D3-D4-D5 lagi dan mobil baru bs melaju lagi. apakah ini gejala kopling slip? atau masalah pada flywheel nya?
selama ini gak ada notifikasi fault, atau lampu juga gak ada muncul, pernah scan jg gak ada muncul. dan untuk pemakaian sehari2 (tanpa mode ugal kickdown) itu juga shifting masih halus bgt. gak ada bunyi jedug pas pindah P-R-N-D-S dan sebaliknya.
Terima kasih Infonya suhu...Moonshade wrote: Thu Sep 20, 2018 5:48 Cukup miris setelah melihat banyak sekali orang yang salah kaprah tentang DSG. Tujuan saya membuat thread ini untuk meluruskan issue" salah yang beredar dan untuk berdiskusi tentang transmisi DSG.
Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R
Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).
Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm
Common Question & Answer :
Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.
SOLUSI : Bagi yang belum diremap DSGnya, ketika macet pindah mode manual. Biarkan dia stay di gear 1 ketika merayap dan stop n go.
Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)
Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)
Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.
Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih
Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)
Tips & Trick :
- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.
"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"
Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama.![]()