all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

deng37
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Mar 21, 2011 16:33

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by deng37 »

Suhu2, mau tanya cara deteksi DSG Golf Mk7 bermasalah atau tidak bagaimana ya? apakah coba test drive jalanan macet bisa langsung ketahuan
ato cek ke bengkel Vw bisa jadi solusi kah :e-think:

Rencana mau ambil Golf Mk7 2013-2014 tapi karena takut pemakai awal nya ceroboh jadi menyisakan "warisan" :e-doh:
k4sus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Tue Sep 18, 2012 11:56

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by k4sus »

coba pake U-turn pake D2, lalu akserasi sedang jangan sampai down shift ke D1, terasa getar gak? kalau terasa, itu clutch nya udah tipis.
jujuk
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Jun 19, 2019 22:49

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by jujuk »

Numpang tanya om.. kebetulan saya baru baca forum ini. Saya pake golf 2011, baru ada kejadian pas macet”an trs liat dashboard ternyata indicator kopling kedip” antara gear indicator & gambar kunci pas). Ini confirm mecca’nya minta ganti atau masalah lain?
Ada yg udh pernah ngalamin ini mungkin?
streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Jul 27, 2018 7:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by streetrod60 »

jujuk wrote: Wed Jun 19, 2019 22:59 Numpang tanya om.. kebetulan saya baru baca forum ini. Saya pake golf 2011, baru ada kejadian pas macet”an trs liat dashboard ternyata indicator kopling kedip” antara gear indicator & gambar kunci pas). Ini confirm mecca’nya minta ganti atau masalah lain?
Ada yg udh pernah ngalamin ini mungkin?
Om mobil nya langsung berhenti gak bisa jalan lagi walau di Posisi D atau gimana?
Kawan saya ada kejadian serupa, tapi dia berhenti di tol, mobil nya gak bisa jalan. Akhirnya di tow ke rumah. Didiamkan beberapa hari. Sampai skrg (ud sekitar sebulan) ud normal lagi tanpa ada yang di benerin.
Krisdianta
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Jul 25, 2019 16:50
Location: Indonesia
Daily Vehicle: SLK 200 r171

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Krisdianta »

Om mau tanya juga dong..

Kalo pada transmisi DSG muncul warning clutch overheaing itu wajar atau ada sesuatu yg salah / rusak ya?
tommylee87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Jan 18, 2019 15:23
Location: Tegal
Daily Vehicle: Agya

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by tommylee87 »

Ia turbo + supercharger... mobil saya paing berani mentok 130..
iwancast
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Nov 06, 2019 14:51

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by iwancast »

Permisi om
Mau nanya klo vw tiguan 2009 2000cc awd
4 motion termasuk dsg yg mana ?
Terima kasih
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 474
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by gadjahalphien »

iwancast wrote: Wed Nov 06, 2019 15:00 Permisi om
Mau nanya klo vw tiguan 2009 2000cc awd
4 motion termasuk dsg yg mana ?
Terima kasih
Seingat saya, semua tiguan mk1 (2.0 awd & 1.4 TSI) menggunakan DQ250 alias wet cluth DSG.
Sama seperti miliknya Golf GTI mk 6.

Berdasarkan history, DSG tipe ini lebih awet dibandingkan DQ200 yg terpasang di VW lainnya.
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
iwancast
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Nov 06, 2019 14:51

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by iwancast »

Siap om
Terima kasih yah om
:big_deal: :big_deal: :big_deal:
mrdonealot
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Jan 12, 2020 10:17

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by mrdonealot »

Untuk problem mecca infonya sih ada bengkel di daerah alam sutera yg bisa repair, mungkin bisa jadi alternatif solusi.
Hadiya
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu May 21, 2020 5:26
Daily Vehicle: VW TIGUAN

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Hadiya »

mrdonealot wrote: Sun Jan 12, 2020 10:32 Untuk problem mecca infonya sih ada bengkel di daerah alam sutera yg bisa repair, mungkin bisa jadi alternatif solusi.
Info lengkapnya dong om.. Nama bengkel?
kodokngesot99
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Aug 24, 2015 12:46

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by kodokngesot99 »

om-om mau tanya mungkin ada pengalaman yang sama.

klo DSG itu pada saat kick down, harusnya kayak matic biasa aja kan ya, pedal to carpet (sampe kerasa klik switch kickdown) trus kan downshifting nah kita tetep gaspol aja nanti dia akan upshifting lagi kan sambil mobilnya melaju.

nah yang terjadi di tiguan yg saya pakai, belakangan ini pas kick down, setelah downshifting (misal dari D5 dia akan turun ke D2) dan dengan pedal gas tetep saya genjot, posisi gear stuck di D2 gak mau naik lagi, rpm naik, tp mobil berasa ngempos jadi losing power gtu. Jadi saya harus lepas gas nya dikit aja, baru dia mau shifting naik ke D3-D4-D5 lagi dan mobil baru bs melaju lagi. apakah ini gejala kopling slip? atau masalah pada flywheel nya?

selama ini gak ada notifikasi fault, atau lampu juga gak ada muncul, pernah scan jg gak ada muncul. dan untuk pemakaian sehari2 (tanpa mode ugal kickdown) itu juga shifting masih halus bgt. gak ada bunyi jedug pas pindah P-R-N-D-S dan sebaliknya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by ChZ »

kodokngesot99 wrote: Fri Mar 18, 2022 7:59 om-om mau tanya mungkin ada pengalaman yang sama.

klo DSG itu pada saat kick down, harusnya kayak matic biasa aja kan ya, pedal to carpet (sampe kerasa klik switch kickdown) trus kan downshifting nah kita tetep gaspol aja nanti dia akan upshifting lagi kan sambil mobilnya melaju.

nah yang terjadi di tiguan yg saya pakai, belakangan ini pas kick down, setelah downshifting (misal dari D5 dia akan turun ke D2) dan dengan pedal gas tetep saya genjot, posisi gear stuck di D2 gak mau naik lagi, rpm naik, tp mobil berasa ngempos jadi losing power gtu. Jadi saya harus lepas gas nya dikit aja, baru dia mau shifting naik ke D3-D4-D5 lagi dan mobil baru bs melaju lagi. apakah ini gejala kopling slip? atau masalah pada flywheel nya?

selama ini gak ada notifikasi fault, atau lampu juga gak ada muncul, pernah scan jg gak ada muncul. dan untuk pemakaian sehari2 (tanpa mode ugal kickdown) itu juga shifting masih halus bgt. gak ada bunyi jedug pas pindah P-R-N-D-S dan sebaliknya.
DSG harusnya emang gak delay. kalau delay berarti ada masalah di perkoplingan.

kalau ngempos berarti kopling slip. rpm naik tapi speed gak nambah alias gak mau nge-lock / lambat ngelocknya macem kita manual kopling slip udah turun gigi tp rpmnya cuma treak.

selip bisa dari kopling atau flywheel. rata rata kalo VW penyakitnya ini sih flywheelnya cepet kalah soalnya kerja keras banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11777
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by Omnibus »

kodokngesot99 wrote: Fri Mar 18, 2022 7:59 om-om mau tanya mungkin ada pengalaman yang sama.

klo DSG itu pada saat kick down, harusnya kayak matic biasa aja kan ya, pedal to carpet (sampe kerasa klik switch kickdown) trus kan downshifting nah kita tetep gaspol aja nanti dia akan upshifting lagi kan sambil mobilnya melaju.

nah yang terjadi di tiguan yg saya pakai, belakangan ini pas kick down, setelah downshifting (misal dari D5 dia akan turun ke D2) dan dengan pedal gas tetep saya genjot, posisi gear stuck di D2 gak mau naik lagi, rpm naik, tp mobil berasa ngempos jadi losing power gtu. Jadi saya harus lepas gas nya dikit aja, baru dia mau shifting naik ke D3-D4-D5 lagi dan mobil baru bs melaju lagi. apakah ini gejala kopling slip? atau masalah pada flywheel nya?

selama ini gak ada notifikasi fault, atau lampu juga gak ada muncul, pernah scan jg gak ada muncul. dan untuk pemakaian sehari2 (tanpa mode ugal kickdown) itu juga shifting masih halus bgt. gak ada bunyi jedug pas pindah P-R-N-D-S dan sebaliknya.
boleh tau usia brp dan km brp mobilnya om? udah spt itu.
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
Location: Bogor

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by jazzretro7 »

alo om suhu mau tanya di golf mk6 sy ini klo dari diem trs creeping ato pas parkir itu kok ada suara besi gesekan ya..tp klo cruising normal2 aja..prnh mcu di vw kemayoran kt kabengnya suara flywheelnya udah kena.. apakah ada prnh ngalamin kejadian yg sama disini?

oya cara aktifin autohold itu dgn injek pedal rem 2x bisa aktifin autoholnya betul ndak om?
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 204
Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by BrianK3 »

kodokngesot99 wrote: Fri Mar 18, 2022 7:59 om-om mau tanya mungkin ada pengalaman yang sama.

klo DSG itu pada saat kick down, harusnya kayak matic biasa aja kan ya, pedal to carpet (sampe kerasa klik switch kickdown) trus kan downshifting nah kita tetep gaspol aja nanti dia akan upshifting lagi kan sambil mobilnya melaju.

nah yang terjadi di tiguan yg saya pakai, belakangan ini pas kick down, setelah downshifting (misal dari D5 dia akan turun ke D2) dan dengan pedal gas tetep saya genjot, posisi gear stuck di D2 gak mau naik lagi, rpm naik, tp mobil berasa ngempos jadi losing power gtu. Jadi saya harus lepas gas nya dikit aja, baru dia mau shifting naik ke D3-D4-D5 lagi dan mobil baru bs melaju lagi. apakah ini gejala kopling slip? atau masalah pada flywheel nya?

selama ini gak ada notifikasi fault, atau lampu juga gak ada muncul, pernah scan jg gak ada muncul. dan untuk pemakaian sehari2 (tanpa mode ugal kickdown) itu juga shifting masih halus bgt. gak ada bunyi jedug pas pindah P-R-N-D-S dan sebaliknya.
Pernah kuras oli DSG?
VW Tiguan TSI Highline 2014
Honda HR-V SE 2024
RvD
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Feb 17, 2025 2:15
Location: Jakarta

Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)

Post by RvD »

Moonshade wrote: Thu Sep 20, 2018 5:48 Cukup miris setelah melihat banyak sekali orang yang salah kaprah tentang DSG. Tujuan saya membuat thread ini untuk meluruskan issue" salah yang beredar dan untuk berdiskusi tentang transmisi DSG.

Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R

Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).

Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm

Common Question & Answer :

Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.
SOLUSI : Bagi yang belum diremap DSGnya, ketika macet pindah mode manual. Biarkan dia stay di gear 1 ketika merayap dan stop n go.

Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)

Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)

Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.

Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih

Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)

Tips & Trick :

- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.

"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"

Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama. :emo-flowerforyou:
Terima kasih Infonya suhu... :big_love: