Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18967
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman » 10 Oct 2019, 16:21

nizamuddinaulia wrote:sedih hatiku
di negeri ini dikasih biosolar masih jalan
Fastron diesel juga kelas nyaudah bagus
di negeri sebelah merek loka punya nya Meditran LE API CK-4/SN bosssss
wakakakak

https://basauto.com.au/product/meditran-le-ultimate/
Oz udah Euro 5

wajib API CJ-4 / CK-4

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 711
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra » 10 Oct 2019, 16:23

ntar dah "effort" besar pertamina bikin buat standard euro 5/6 dst,
tapi gak dibeli / dipake sm market indo.

& malah pakai produk tetangga, kan sedih juga mereka
coba voting, brp orang warga sini yg pakai oli dalam negri? :ngacir:
*Colek Me if I'm Wrong

nizamuddinaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 18 Apr 2018, 13:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by nizamuddinaulia » 10 Oct 2019, 16:31

ane sih menunggu biosol euro 4 gimana khabarnya
sebenernya untuk diesel lebih gampang, lama2 ilangin solar jadi B100 jg bisa tembus Euro 6, kalo bener.
2021 kalo bener diesel Euro 4 ya lumayan lah
yang lucu harga mobil diesel disini sengaja di set lebih tinggi biar yang bensin nggak mati
padahal harga mesin nya (buying price di Manufacturing) cuma beda 100-200 dollar untuk kubikasi yang ga jauh beda(CMIIW)

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18967
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman » 10 Oct 2019, 16:49

nizamuddinaulia wrote:ane sih menunggu biosol euro 4 gimana khabarnya
sebenernya untuk diesel lebih gampang, lama2 ilangin solar jadi B100 jg bisa tembus Euro 6, kalo bener.
2021 kalo bener diesel Euro 4 ya lumayan lah
yang lucu harga mobil diesel disini sengaja di set lebih tinggi biar yang bensin nggak mati
padahal harga mesin nya (buying price di Manufacturing) cuma beda 100-200 dollar untuk kubikasi yang ga jauh beda(CMIIW)
B100 mau Euro 6 harus yg Hydrogenated

Std Eur bukan soal sulphur aja, tapi gimana angka Destilasi dll juga

nizamuddinaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 18 Apr 2018, 13:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by nizamuddinaulia » 10 Oct 2019, 17:31

Turboman wrote:
10 Oct 2019, 16:49
nizamuddinaulia wrote:ane sih menunggu biosol euro 4 gimana khabarnya
sebenernya untuk diesel lebih gampang, lama2 ilangin solar jadi B100 jg bisa tembus Euro 6, kalo bener.
2021 kalo bener diesel Euro 4 ya lumayan lah
yang lucu harga mobil diesel disini sengaja di set lebih tinggi biar yang bensin nggak mati
padahal harga mesin nya (buying price di Manufacturing) cuma beda 100-200 dollar untuk kubikasi yang ga jauh beda(CMIIW)
B100 mau Euro 6 harus yg Hydrogenated

Std Eur bukan soal sulphur aja, tapi gimana angka Destilasi dll juga
Betul om yang hydrotreated
Ntah kapan punya udara bersih tp mobilitas juga ga kenganggu
Ntah Methane diesel atau biodiesel murni
Seenggaknya ganti olinya lebih panjang, sudah begah ganti oli max 10 rebu 😂 ,Rasanya cepet bgt
Pernah naik bus listrik tp kok rasanya kalo traffic di jkt ya tekor tuh batere buat AC doang

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18967
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman » 10 Oct 2019, 19:58

nizamuddinaulia wrote:
Turboman wrote:
10 Oct 2019, 16:49
nizamuddinaulia wrote:ane sih menunggu biosol euro 4 gimana khabarnya
sebenernya untuk diesel lebih gampang, lama2 ilangin solar jadi B100 jg bisa tembus Euro 6, kalo bener.
2021 kalo bener diesel Euro 4 ya lumayan lah
yang lucu harga mobil diesel disini sengaja di set lebih tinggi biar yang bensin nggak mati
padahal harga mesin nya (buying price di Manufacturing) cuma beda 100-200 dollar untuk kubikasi yang ga jauh beda(CMIIW)
B100 mau Euro 6 harus yg Hydrogenated

Std Eur bukan soal sulphur aja, tapi gimana angka Destilasi dll juga
Betul om yang hydrotreated
Ntah kapan punya udara bersih tp mobilitas juga ga kenganggu
Ntah Methane diesel atau biodiesel murni
Seenggaknya ganti olinya lebih panjang, sudah begah ganti oli max 10 rebu Image ,Rasanya cepet bgt
Pernah naik bus listrik tp kok rasanya kalo traffic di jkt ya tekor tuh batere buat AC doang
baik

mari kita kembali ke diskusi ttg oli mesin

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18967
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman » 10 Oct 2019, 20:00

Gimana dgn toko2 oli yg punya stok barang lama ya

wkwkwkwwk


Mulai ditindak, begini skema penertiban pelumas tak ber-SNI

Oleh: Muhammad Julian

Selasa, 10 September 2019 19:43 WIB

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Setelah sebelumnya melalaui masa transisi, ketentuan SNI pelumas mulai diterapkan secara wajib hari ini (10/09). Meski demikian, hal ini bukan berarti bahwa semua pelumas kendaraan bermotor yang telah beredar sebelumnya akan ditarik dan dimusnahkan secara serentak.

Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Taufiek Bawazier Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Taufiek Bawazier mengatakan bahwa produsen pelumas kendaraan bermotor yang sudah terlanjur menyebarluaskan produknya yang belum bersertifikat SNI akan diberi kesempatan untuk melapor ke pemerintah, dalam hal ini tim gabungan antara Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Dari laporan yang masuk, produk pelumas kendaraan bermotor yang belum memiliki Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT) SNI akan didata dan diproses secara administrasi untuk kemudian ditarik secara bertahap dari peredaran.

https://industri.kontan.co.id/news/mula ... ak-ber-sni

exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by exflowly » 10 Oct 2019, 20:20

Wah busyet... mending disc abiz dah ah

User avatar
Slowslowglow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 13 Aug 2019, 10:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Slowslowglow » 10 Oct 2019, 20:29

Turboman wrote:
10 Oct 2019, 20:00
Gimana dgn toko2 oli yg punya stok barang lama ya

wkwkwkwwk


Mulai ditindak, begini skema penertiban pelumas tak ber-SNI

Oleh: Muhammad Julian

Selasa, 10 September 2019 19:43 WIB

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Setelah sebelumnya melalaui masa transisi, ketentuan SNI pelumas mulai diterapkan secara wajib hari ini (10/09). Meski demikian, hal ini bukan berarti bahwa semua pelumas kendaraan bermotor yang telah beredar sebelumnya akan ditarik dan dimusnahkan secara serentak.

Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Taufiek Bawazier Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Taufiek Bawazier mengatakan bahwa produsen pelumas kendaraan bermotor yang sudah terlanjur menyebarluaskan produknya yang belum bersertifikat SNI akan diberi kesempatan untuk melapor ke pemerintah, dalam hal ini tim gabungan antara Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Dari laporan yang masuk, produk pelumas kendaraan bermotor yang belum memiliki Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT) SNI akan didata dan diproses secara administrasi untuk kemudian ditarik secara bertahap dari peredaran.

https://industri.kontan.co.id/news/mula ... ak-ber-sni
Berarti ga lama lg akan makin banyak oli2 dijual BEP harga pabrik..

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 711
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra » 10 Oct 2019, 20:34

UOA seffer supreme 9000 5w30 VS Mobil 1 5w30

https://www.bobistheoilguy.com/forums/u ... 98m_with_S

pake dlm jarak <10rb km & cuman 4 - 5 bln.
TBN dah di kisaran 3 - 4.

notes: di mesin twin turboh ford 3.5L
*Colek Me if I'm Wrong

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18967
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman » 10 Oct 2019, 21:38

Turboman wrote:Gimana dgn toko2 oli yg punya stok barang lama ya

wkwkwkwwk


Mulai ditindak, begini skema penertiban pelumas tak ber-SNI

Oleh: Muhammad Julian

Selasa, 10 September 2019 19:43 WIB

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Setelah sebelumnya melalaui masa transisi, ketentuan SNI pelumas mulai diterapkan secara wajib hari ini (10/09). Meski demikian, hal ini bukan berarti bahwa semua pelumas kendaraan bermotor yang telah beredar sebelumnya akan ditarik dan dimusnahkan secara serentak.

Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Taufiek Bawazier Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Taufiek Bawazier mengatakan bahwa produsen pelumas kendaraan bermotor yang sudah terlanjur menyebarluaskan produknya yang belum bersertifikat SNI akan diberi kesempatan untuk melapor ke pemerintah, dalam hal ini tim gabungan antara Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Dari laporan yang masuk, produk pelumas kendaraan bermotor yang belum memiliki Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT) SNI akan didata dan diproses secara administrasi untuk kemudian ditarik secara bertahap dari peredaran.

https://industri.kontan.co.id/news/mula ... ak-ber-sni
Update

masa tenggang waktu oli tak ber SNI utk dijual konon sampe Nov 2019

Mudah2 an aja diperpanjang, tergantung ini effort Perdippi gimana utk memperjuangkan

Last edited by Turboman on 10 Oct 2019, 21:38, edited 1 time in total.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18967
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman » 10 Oct 2019, 21:40

Slowslowglow wrote:
Turboman wrote:
10 Oct 2019, 20:00
Gimana dgn toko2 oli yg punya stok barang lama ya

wkwkwkwwk


Mulai ditindak, begini skema penertiban pelumas tak ber-SNI

Oleh: Muhammad Julian

Selasa, 10 September 2019 19:43 WIB

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Setelah sebelumnya melalaui masa transisi, ketentuan SNI pelumas mulai diterapkan secara wajib hari ini (10/09). Meski demikian, hal ini bukan berarti bahwa semua pelumas kendaraan bermotor yang telah beredar sebelumnya akan ditarik dan dimusnahkan secara serentak.

Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Taufiek Bawazier Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Taufiek Bawazier mengatakan bahwa produsen pelumas kendaraan bermotor yang sudah terlanjur menyebarluaskan produknya yang belum bersertifikat SNI akan diberi kesempatan untuk melapor ke pemerintah, dalam hal ini tim gabungan antara Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Dari laporan yang masuk, produk pelumas kendaraan bermotor yang belum memiliki Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT) SNI akan didata dan diproses secara administrasi untuk kemudian ditarik secara bertahap dari peredaran.

https://industri.kontan.co.id/news/mula ... ak-ber-sni
Berarti ga lama lg akan makin banyak oli2 dijual BEP harga pabrik..
Jual rugi malah

User avatar
Slowslowglow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 13 Aug 2019, 10:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Slowslowglow » 10 Oct 2019, 21:47

Siap2 bikin daftar belanja oli2 bagus... Spek tinggi harga murah..
Rekomen oli merk apa nih yg bakal ga ikutan sni

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18967
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman » 10 Oct 2019, 21:58

Suryaputra wrote:UOA seffer supreme 9000 5w30 VS Mobil 1 5w30

https://www.bobistheoilguy.com/forums/u ... 98m_with_S

pake dlm jarak <10rb km & cuman 4 - 5 bln.
TBN dah di kisaran 3 - 4.

notes: di mesin twin turboh ford 3.5L
wajar aja si

krn si 5W30 ini TBN baru nya di 7,5

Batas aman bawah TBN kan 2,5 mg KOH

kalo bagi saya sih jika udah 3 kecil ya ganti



Givrun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Givrun » 10 Oct 2019, 22:31

Slowslowglow wrote:
10 Oct 2019, 21:47
Siap2 bikin daftar belanja oli2 bagus... Spek tinggi harga murah..
Rekomen oli merk apa nih yg bakal ga ikutan sni
baru punya satu list

schaeffer 9000 5w40

*ikut nyimak

severmaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 27 Mar 2017, 08:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by severmaya » 10 Oct 2019, 22:37

Malah kemarin sempet nanya kendall ke graha sakti katanya ditarik dulu lagi diurus SNI sama distributornya, ga tau bener ngganya.

MSU
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 275
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by MSU » 11 Oct 2019, 07:10

Turboman wrote:
10 Oct 2019, 21:38
Turboman wrote:Gimana dgn toko2 oli yg punya stok barang lama ya

wkwkwkwwk


Mulai ditindak, begini skema penertiban pelumas tak ber-SNI

Oleh: Muhammad Julian

Selasa, 10 September 2019 19:43 WIB

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Setelah sebelumnya melalaui masa transisi, ketentuan SNI pelumas mulai diterapkan secara wajib hari ini (10/09). Meski demikian, hal ini bukan berarti bahwa semua pelumas kendaraan bermotor yang telah beredar sebelumnya akan ditarik dan dimusnahkan secara serentak.

Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Taufiek Bawazier Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Taufiek Bawazier mengatakan bahwa produsen pelumas kendaraan bermotor yang sudah terlanjur menyebarluaskan produknya yang belum bersertifikat SNI akan diberi kesempatan untuk melapor ke pemerintah, dalam hal ini tim gabungan antara Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Dari laporan yang masuk, produk pelumas kendaraan bermotor yang belum memiliki Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT) SNI akan didata dan diproses secara administrasi untuk kemudian ditarik secara bertahap dari peredaran.

https://industri.kontan.co.id/news/mula ... ak-ber-sni
Update

masa tenggang waktu oli tak ber SNI utk dijual konon sampe Nov 2019

Mudah2 an aja diperpanjang, tergantung ini effort Perdippi gimana utk memperjuangkan
masalahnya ga ada kejelasan masa tenggang ini...
seller udah males terima oli stock lama non sni..ujung2nya kasian produsennya
yang lebih apes udah banyak oli palsu pake label terbaru (ada SNI-nya)...

User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: 23 Oct 2012, 16:42
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by diveblues » 11 Oct 2019, 10:48

Turboman wrote:
10 Oct 2019, 20:00
Gimana dgn toko2 oli yg punya stok barang lama ya

wkwkwkwwk


Mulai ditindak, begini skema penertiban pelumas tak ber-SNI

Oleh: Muhammad Julian

Selasa, 10 September 2019 19:43 WIB

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Setelah sebelumnya melalaui masa transisi, ketentuan SNI pelumas mulai diterapkan secara wajib hari ini (10/09). Meski demikian, hal ini bukan berarti bahwa semua pelumas kendaraan bermotor yang telah beredar sebelumnya akan ditarik dan dimusnahkan secara serentak.

Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Taufiek Bawazier Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Taufiek Bawazier mengatakan bahwa produsen pelumas kendaraan bermotor yang sudah terlanjur menyebarluaskan produknya yang belum bersertifikat SNI akan diberi kesempatan untuk melapor ke pemerintah, dalam hal ini tim gabungan antara Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Dari laporan yang masuk, produk pelumas kendaraan bermotor yang belum memiliki Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT) SNI akan didata dan diproses secara administrasi untuk kemudian ditarik secara bertahap dari peredaran.

https://industri.kontan.co.id/news/mula ... ak-ber-sni
biasanya tindakan cepat gini, karena kenceng duitnya :mky_03:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18967
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman » 11 Oct 2019, 16:32

Btw bagi yg merasa cocok dgn oli2 yg gak lanjut SNI

boleh simpan kontak number Agen nya masing2

jadi jika stok2 mrk masi byk yg belom terjual di akhir Nov, padahal akhir Nov oli2 non SNI udah mesti ditarik dr pasar, bisa kontak mereka utk beli langsung

* Sekedar saran *


User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18967
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman » 11 Oct 2019, 18:53

si BIZOL spt nya udah mulai diskon2 bbrp item (engine oil)

di Offc store nya

BIZOLOIL_ONLINE - Kota Administrasi Jakarta Selatan | Tokopedia

https://tokopedia.link/viAEopSkH0

dimasapri
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: 02 Jan 2009, 14:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri » 11 Oct 2019, 19:49

Turboman wrote:
10 Oct 2019, 20:00
Gimana dgn toko2 oli yg punya stok barang lama ya

wkwkwkwwk


Mulai ditindak, begini skema penertiban pelumas tak ber-SNI

Oleh: Muhammad Julian

Selasa, 10 September 2019 19:43 WIB

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Setelah sebelumnya melalaui masa transisi, ketentuan SNI pelumas mulai diterapkan secara wajib hari ini (10/09). Meski demikian, hal ini bukan berarti bahwa semua pelumas kendaraan bermotor yang telah beredar sebelumnya akan ditarik dan dimusnahkan secara serentak.

Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Taufiek Bawazier Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Taufiek Bawazier mengatakan bahwa produsen pelumas kendaraan bermotor yang sudah terlanjur menyebarluaskan produknya yang belum bersertifikat SNI akan diberi kesempatan untuk melapor ke pemerintah, dalam hal ini tim gabungan antara Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Dari laporan yang masuk, produk pelumas kendaraan bermotor yang belum memiliki Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT) SNI akan didata dan diproses secara administrasi untuk kemudian ditarik secara bertahap dari peredaran.

https://industri.kontan.co.id/news/mula ... ak-ber-sni
Aturan konyol.
Bisa2nya membatalkan ijin yg sdh terlanjur diberikan.
Kalau begini caranya bagaimana bisa bersaing?
Aturan, yg terikat SNI adalah yg dijual setelah SNI diberlakukan.
Yg sdh terlanjur dijual tapi belum laku, secara fair seharusnya gak kena aturan baru.

dimasapri
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: 02 Jan 2009, 14:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri » 11 Oct 2019, 20:14

Turboman wrote:
10 Oct 2019, 14:59
Dengar2 biaya SNI itu mengerikan

uji test kimia yg skg aja per item bisa kena 30 jt

2 tahun lagi diberlakukan Engine Performance test per item bisa kena 100 jt

SNI juga wajib audit setiap tahun

jadi saat Eng Perf test diberlakukan mungkin akan banyak yg gak lanjut juga.....kalo omzet kecil & barangnya impor dr negara yg jauh

Kalo yg udah blend di lokal ya biaya jauh lebih ringan spt nya, terutama saat audit tahunan

Ini mmg Pem spt memaksa oli2 utk dibuat di dalam negeri dgn aturan yg gak bentrok dgn WTO

CMIIW
Tinggal menunggu tindakan balasan boikot produk2 export dari Indonesia.
Usaha melindungi industri dalam negeri sampai segitunya

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18967
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman » 12 Oct 2019, 10:07

Update

jika ada yg merasa cocok dgn produk2 dari M*ll*rs Oil, selama bisa dibeli ya boleh beli segera

* kode *

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18967
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman » 12 Oct 2019, 10:31

dimasapri wrote:
Turboman wrote:
10 Oct 2019, 14:59
Dengar2 biaya SNI itu mengerikan

uji test kimia yg skg aja per item bisa kena 30 jt

2 tahun lagi diberlakukan Engine Performance test per item bisa kena 100 jt

SNI juga wajib audit setiap tahun

jadi saat Eng Perf test diberlakukan mungkin akan banyak yg gak lanjut juga.....kalo omzet kecil & barangnya impor dr negara yg jauh

Kalo yg udah blend di lokal ya biaya jauh lebih ringan spt nya, terutama saat audit tahunan

Ini mmg Pem spt memaksa oli2 utk dibuat di dalam negeri dgn aturan yg gak bentrok dgn WTO

CMIIW
Tinggal menunggu tindakan balasan boikot produk2 export dari Indonesia.
Usaha melindungi industri dalam negeri sampai segitunya
memang aneh

padahal banyak industri lain di Indo yg udah babak belur / udah byk yg tutup gara3 kena hajar barang impor murah, tapi tindakan minim......barang2 impor tsb tetap bisa masuk dgn leluasa tanpa syarat aneh2

spt nya SNI oli ini ada Inisiator nya dan para inisiator nya mempunyai kemampuan lobby yg amat sgt kuat sekali

CMIIW

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3066
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by marmut » 12 Oct 2019, 10:39

Turboman wrote:
12 Oct 2019, 10:31

-


spt nya SNI oli ini ada Inisiator nya dan para inisiator nya mempunyai kemampuan lobby yg amat sgt kuat sekali

CMIIW

you know who laaah.....
pipes - cigars - coffee

Post Reply