Mobil daily driven under 300 mio

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Iriawans
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by Iriawans »

FU27 wrote: Fri Sep 06, 2019 14:07 Jazz RS atau S Cross.

CVT nya honda enak kok. Responsif tapi tetep irit. Klo main di S dan pakai paddle shift itu enak banget buat nyalip. Serasa manual. Masalah rattling? Sudah ditemukan double tape untuk solusinya :big_grin:
Maaf Om nyimpang dikit dari thread, boleh share solusi double tape buat atasi rattling dashboard di atas speedometer GK5. Bisa dikerjakan sendiri? Tks
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by FU27 »

Iriawans wrote: Sat Sep 07, 2019 12:52
FU27 wrote: Fri Sep 06, 2019 14:07 Jazz RS atau S Cross.

CVT nya honda enak kok. Responsif tapi tetep irit. Klo main di S dan pakai paddle shift itu enak banget buat nyalip. Serasa manual. Masalah rattling? Sudah ditemukan double tape untuk solusinya :big_grin:
Maaf Om nyimpang dikit dari thread, boleh share solusi double tape buat atasi rattling dashboard di atas speedometer GK5. Bisa dikerjakan sendiri? Tks
Bisa sih oom, pakai double tape ijo yang murah aja. Biar klo dicopot lg gampang. Cara buka panelnya coba lihat di youtube aja. Sambil buka, sambil perhatiin bagian mana yang bergesekan.
Iriawans
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by Iriawans »

FU27 wrote: Sat Sep 07, 2019 15:20
Iriawans wrote: Sat Sep 07, 2019 12:52
FU27 wrote: Fri Sep 06, 2019 14:07 Jazz RS atau S Cross.

CVT nya honda enak kok. Responsif tapi tetep irit. Klo main di S dan pakai paddle shift itu enak banget buat nyalip. Serasa manual. Masalah rattling? Sudah ditemukan double tape untuk solusinya :big_grin:
Maaf Om nyimpang dikit dari thread, boleh share solusi double tape buat atasi rattling dashboard di atas speedometer GK5. Bisa dikerjakan sendiri? Tks
Bisa sih oom, pakai double tape ijo yang murah aja. Biar klo dicopot lg gampang. Cara buka panelnya coba lihat di youtube aja. Sambil buka, sambil perhatiin bagian mana yang bergesekan.
Noted & tks buat tips nya Om :big_deal:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4913
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by Pboyz97 »

Kalau om TS orangnya sensitif sm bunyi2an mending jangan ambil honda deh, kalau yg sesuai kriteria sih saya saranin jangan ambil honda. GK5 emang oke, fitur lumayan , CVT responsif, dan paling lega buat ukuran hatchback, tapi kalau fun to drive kayanya gak terlalu ya, masih lebih fun to drive GE8, sama material dan road noisenya juga masih bagusan GE8 dibanding GK5. Kalau alternatif, ada S-cross, bentuk emang bukan selera semua orang, tapi all rounder lah, reliable karena part lumayan banyak , fitur lumayan, walaupun naikannya biasa2 aja. Kalau pengen 7 seater , saya vote Xpander, tipe ultimate masuk budget, udah ada cruise control, dan termasuk fun to drive juga buat ukuran LMPV. Kalau udah biasa melihara avanza harusnya gak kaget lah ya buat miara xpander karena 1 kelas dan biaya servisnya pasti mirip2. Punya saya, tipe ultimate tahun 2017, sampe km 20rb blm ada masalah aneh2, cuma masalah idle up aja dan udh solve di beres
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Sat Sep 07, 2019 6:45 Di US justru ford lebih kuat, F150 masih bestselling truck. Kalo ford US gak terkenal lemon, kalo Ford europe baru deh.

Ford europe : fiesta focus mondeo gt2. Makanya dihentikan skrg.

GM product di US si masih bertahan karena nama besar dan nationality jg, mobilnya masih dipake US govt gitu2.

Iklan GM juga ketauan suka fraud, coba cari yang "real people" commercial nya
malah baru tahu, saya kira semua Ford ga reliabel seperti GM. tapi GM memang ketolong jualan ke nasionalis.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by zzzprince »

ericksip wrote: Fri Sep 06, 2019 3:04
toyota memang seperti itu. terkenal resale dan durability tapi tidak efisien dan tidak modern.
honda terkenal mahal parts nya tapi lebih efisien dalam hal tenaga dan fuel consumption (dibandingkkan tenaga yg didapat) walaupun resale so-so
merk lain resale jeblok tapi fun-to-drive, modern
jadi kalo dibilang toyota the best value karena resale ga jeblok dan awet menurut saya itu hanyalah opini lama yg selalu didengungkan oleh orang2 jaman tua yg sekarang satu persatu digantikan oleh generasi X dan Y yg lebih modern dan kritis
so kita harus pilih mana yg kita mau dan jangan didikte oleh mainstream
iya om, buat mobil harian rencananya mau beralih ke merk selain toyota deh. kalau menurut om erick, merk2 cina apa sama seperti yang diiklankan? ane ada rencana buat TD mobcin yg lagi rame dibincangkan :mky_03:
marama wrote: Fri Sep 06, 2019 3:05 HRV E non SE after diskon dpt kl ya, kalau mau memenuhi sebagian kriteria ya itu all round paket walaupun bosen banget kalau parkir ke mall bisa salah masuk mobil krn pasaran
sejujurnya ane agak menghindari HRV om, entah kenapa kurang suka sama layout kursi depannya sama agak serem denger trouble2 nya. maka dari itu ngelirik si adik, yaitu GK5 hehehe. no offense HRV user/owner
ericksip wrote: Fri Sep 06, 2019 3:13
well kalo pengen perawatan murah dan ok secara overall untuk budget segitu (image, reliability, keiritan, resale, kenyamanan) saat ini expander jelas ga ada lawannya
kalo ingin lebih (dalam hal fun-to-drive dan mengorbankan resale) cx3 saran yg baik
siap om erick ditampung sarannya :big_smile]
ChZ wrote: Fri Sep 06, 2019 3:29
ajaibnya kalo dapet yang bagus bisa tahan sampe ratusan ribu dipake onlen :mky_01:

rattling... kalo "beruntung" ya since day 1 pake, kalo nggak sering kena jalan keriting. Tp in case sial aja sih, nyatanya se kacrut kacrutnya HRV adek ane 2015 gak ada rattling.

pasti ditulis dan kalopun hidden biasanya model faceliftnya yang dibedain. Misal ane pernah pergokin CR-V gen 4 facelift kode part number shock belakang beda dengan yang non-facelift. Tapi gak tau beda partnya dimana wkwkwkw sekilas sama-sama aja. Beda nomor seri belakang doang sih.

saya adanya di jateng om wkwkwkwk kalo ngambilnya sih kayaknya makin deket akhir taun makin bagus, tapi gak jaminan jg, cuma Honda skrg diskonnya minimal 2 digit bisa sih.

S-Cross padahal desain orang jepang dan waktu konsepnya muncul bagus, giliran jadi malah ancur. yang feslip pun nggak terlalu bagus. naikannya gmn yah... bukan mobil yang gak enak juga sih tapi ya gitu, membosankan. Mau dioprek jg gak banyak yang main...
berarti unit2 honda ini termasuk agak kurang yaa di build qualitynya om? kalau misal pingin menghindari dapet unit lemon, dari pengalaman om chz apa buyer diperbolehkan handpicked unit langsung dari gudang?

kalau dari pengalaman ane piara bbrp unit kembar toyo-dai, enaknya part daihatsu bisa diakses umum. buat cari improvement partsnya mudah dan jadi argument kuat ke kabeng/SA kalau mau claim. udah nemu bbrp parts yg beda 1 digit aja parts numbernya, tapi ternyata setelah penggantian parts, masalah solved.

oke deh om saya coba main2 ke dealer honda terdekat, siapa tau bisa TD gk5 anyar. :big_love:

hhahaha tipikal suzuki om, 2nd batch product nya yg paling oke. owe perhatiin mulai ertiga 1st batch ke 2nd batch double blower. SX4 1st batch lampu non xenon, ke xenon. entah kenapa owe sendiri kurang sreg sama scross anyar ini :big_dunno: walaupun yg global productnya sangat menggiurkan
gar69 wrote: Fri Sep 06, 2019 3:33 Saya ex user GK5 RS non facelift 2017 dan current user HRV E SE 2018, pendapat saya kalo melihat dari sekilas cerita agan sepertinya cukup peka ya terhadap bunyi2an dan printilan di mobil, sehingga saran saya baiknya pertimbangkan lagi ambil honda, soalnya banyak hal kecil yg bikin hati kesel gan terutama bunyi2an. Rattling di GK5 saya sih lumayan parah di dasbor kiri, muncul dari KM 10rb an hingga trakhir dijual di 29k makin terdengar.

Skrg di HRV pake 7 bln KM 11k rattle ada sedikit di doortrim kanan, cuma ga seannoying di GK5 dulu... dan ya skrg di HRV saya masalahnya itu driveshaft dan suspensi blkg bunyi2.
hallo om gar69, jujur owe agak peka sama bunyi2an, dan memang akhir2 ini mulai terbiasa sama rattlingnya calya. untuk problen driveshaft sendiri apa sudah solved om? kebetulan ada sodara yg kena trouble yg sama, bunyi beradu driveshaft kedengeran pas mobil mundur.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by zzzprince »

silentIm2 wrote: Fri Sep 06, 2019 4:17
Kalo poin 6 mau kompromi ya bisa dipertimbangkan Chevrolet Trax. Sekarang free service 30 bulan/ 50 ribu km. Belum ada trobel yang viral.

poin 1 fun to drivenya dapet bgt. salah satu dari sedikit mobil di bawah 300 juta akselerasi 0-100 km/h di bawah 9 detik. mesin 1.4 liter turbo tapi masih MPI (bukan GDI), jadi min pertamax 92, recommened 98. Apple carplay dan android auto standar, airbag 6,ESC, dan sunroof. Cuma nih mobil ga irit2 amat, paling 9-10km/l.

Alternatif lain ya, VW Polo 1.2 TSI VRS. akselerasi 8 detik, harga 308 juta. kalo adiknya 1.2 TSI akselerasi 10 detik harganya 270 jutaan kalo ga salah. Turbo juga jadi min pertamax 92, walopun recommendednya ya 98. Kalo TSI karena direct injection (GDI) biasanya lebih irit.

Ya.. cuma agan harus bisa kompromi dengan merek yang ga mainstream.
hmm trax ya om? kebetulan di kota ane yg sekarang, dealernya udah tutup dan entah pindah kemana kalau mau claim warranty, produk sih oke dan dari TD singkat ane, fun to drive nya diatas GK5 lama sih,

buat merk europe blm mikir kesana om, :big_childish:
fikrirukmanaa wrote: Fri Sep 06, 2019 4:25 Jazz GK sih om. Modelnya ga bosenin walaupun memang udah tua (launch di indo 2014). Ambil warna kuning sekalian biar ngejreng terus. Dashboard juga udah banyak softpad, walaupun memang masih medioker dibanding rivalnya. Headunit udah ga nonjol lg. AC memang touch panel sih tp selama ini ane blm pernah denger touch panel AC honda ada yg rusak (sodara ada beberapa yg pake hrv dengan touch panel). Jazz GK termasuk yg ga terlalu rewel kok. Tp memang, ni mobil berisik.
+1 buat jazz ya om? mmg asik sih warna kuningnya, apalagi yg paling baru, jadi keinget livery spoon euy..
buat berisiknya apa bisa diatasi pakai peredam atau lainnya om? tks
hchung wrote: Fri Sep 06, 2019 7:22
Setuju nih, coba masukkan chevrolet trax di dalam list. Utk compact crossover saat ini rasanya mobil ini yg paling value to money. Varian tertinggi msh dibawah 300 juta setelah diskon.

Plus pointnya dr mobil ini ada di fitur berlimpah, mesin bertenaga & harga yg sangat kompetitif. Minus pointnya mungkin di resale value & jaringan ass yg ga seluas pabrikan jepang. Utk biaya perawatan saya ga yakin crossover jepang spt honda & mazda bs lbh murah krn HRV saya terakhir service rutin 30K habis 2,2 juta.

Kalau cari yg fun to drive rasanya ga ada LMVP atau ladder frame MVP yg lbh baik dr trax. Utk resale value, menurut saya mobil dibeli utk dinikmati bukan utk dijual kembali (kecuali pedagang). Test drive dulu aja utk tahu rasa berkendaranya.
emang sih product line chevy menggiurkan ya om, owe perhatiin dari trailblazer yg start 43x - 480an buat top trim nya, jaman spin juga gitu, lmpv diesel satu2nya. belum lagi trax dkk,
oke deh ane tampung saran Traxnya. toh perawatan mobil sekarang cukup rutin ganti oli pakai spec yg oke kan ya :big_think:
rencana buat mobil yg bakal dibeli ini bakalan ane pake sampe gak enak om, jadi gak seberapa mikir resale value..
Profith83 wrote: Fri Sep 06, 2019 9:40 Kalau saya daripada GK5 yang pendek mending HRV sih.

HRV sangat mirip feel berkendara dengan jazz baru tetapi bonus tinggi dan lebih lebar, bagasi juga lebih lega.
HRV type e CVT harsunya bulan Sept ini diskon cukup gede.
Saya beli HRV 2018 bulan Maret(perakitan akhir 2017) dapatnya kalau gak salah 295 jt.

HRV kasih minum pertamax plus vitamin di Ace sudah enak.
owe sempet mikir ke HRV sih om, tapi berhubung kurang suka sama layout bangku depannya, jadi masih blm masuk list, dan sedang menghindari unit yg ada trouble viralnya :big_childish:
hackers11 wrote: Fri Sep 06, 2019 9:52 Saran saya scross aja. Trax bagus cuma agak miris bengkelnya tutup satu2. Sering disebut member grup fbnya(iya, saya join disana).
Penyakit memang ga ada yg aneh tp kalo mau rawatan beres ya susah juga.
Perhondaan menurut salah satu member sm kalo rakitan thai lbh ok, dan jazz udah rakitan Indonesia ya. Upgrade ke city mungkin?
sara ditampung om, dan mmg benar kenyataannya beres chevy di kota ane sekarang udah tutup dan bengkel authorizednya entah pindah kemana. kalau untuk city apakah masih rakitan thai? tks
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by zzzprince »

FR6 wrote: Fri Sep 06, 2019 11:45 Xpander/Livina Om kalo pengen ada CC nya. Atau nambah dikit ambil Trax (harus P-turbo). Kalo Honda di bawah 300 jangan deh, kalo di tol pasti orkestra itu dari ban.
iyah om, xp jga oke sih dari modelnya, cuma masalah idling up apa udah solved ya, dan beberapa kali denger shock absorbernya rusak prematur, apa jangan2 vendornya sama2 supply ke TAM-ADM? :big_slap:

buat ban, apa ban bawaan gk5 masih pakai turanza ER37?
FU27 wrote: Fri Sep 06, 2019 14:07 Jazz RS atau S Cross.

CVT nya honda enak kok. Responsif tapi tetep irit. Klo main di S dan pakai paddle shift itu enak banget buat nyalip. Serasa manual. Masalah rattling? Sudah ditemukan double tape untuk solusinya :big_grin:
dari reply2 member yg sebelumnya, kebanyakan ane perhatiin memang mengarah ke dua unit tsb sih om, cuma si om lebih saran ke GK5 yaa sepertinya eheheh. mungkin boleh di share pengalaman fix rattlingnya om?
sprint07 wrote: Sat Sep 07, 2019 3:19
Kalau harga honda di malang coba bandingkan antara mandalasena dan sukun. Coba juga bandingkan dengan surabaya di citraland, minta harga nett setelah dikurangi biaya pelanggaran wilayah. Kadang bisa lebih murah 5jt, semua tergantung stok.

Pengalaman piara brv yg rattle dari awal datang, klaim bbrp kali ke dealer katanya selalu dikerjakan tp tetap saja tidak ada solusi, ga tau apa yg dibenerin sama mereka. Maklum aja lah mobil honda spt itu, wong mobil eropa baru aja bisa rattle juga, cuma punya honda lumayan berirama haha

Maka pilihan terbaik utk ts menurut saya tetap honda jazz rs cvt. Jangan coba mazda klo mikirin part dan keawetannya
iya om, rencana mau main2 ke dealer honda di malang, cma blm sempet aja. nanti ane coba jg deh ke dealernya sby siapa tau dapet harga lebih bagus daripada di mlg

pakai brv tahun berapa om, untuk impresinya bagaimana om? tks
Carbro wrote: Sat Sep 07, 2019 4:52 Kalo saya sih pilihan antara Jazz GK5 RS matic atau HRV E cvt , ga usah tipe SE

Dua-duanya mobil enak kok , irit , lumayan bertenaga
kalo masalah road noise di GK5 atau HRV tinggal ganti ban aja yang bagusan lumayan berkurang
iya om dua duanya driver oriented yaa,buat road noisenya honda apakah mmg parah om? masih bisa diminimalisir atau mmg bawaan orok yg susah dihilangkan? tks
zanira wrote: Sat Sep 07, 2019 12:36 Pilih line up honda aja om, baik jazz or hrv :e-whistle:

Saat running di tol kisaran speed 150 up, matikan radio / HU mobil, om akan mendengar sensasi suara ivtec, suara berisik dr ban seperti pesawat mau take off, di jamin ga boring klo lg cruissing :big_exellent:
gk5 manual + full exhaust lari 150 juga enteng om,tapi entah gimana suaranya gk5 cvt pas hi speed blm pernah coba dengerin...
Pboyz97 wrote: Sat Sep 07, 2019 16:42 Kalau om TS orangnya sensitif sm bunyi2an mending jangan ambil honda deh, kalau yg sesuai kriteria sih saya saranin jangan ambil honda. GK5 emang oke, fitur lumayan , CVT responsif, dan paling lega buat ukuran hatchback, tapi kalau fun to drive kayanya gak terlalu ya, masih lebih fun to drive GE8, sama material dan road noisenya juga masih bagusan GE8 dibanding GK5. Kalau alternatif, ada S-cross, bentuk emang bukan selera semua orang, tapi all rounder lah, reliable karena part lumayan banyak , fitur lumayan, walaupun naikannya biasa2 aja. Kalau pengen 7 seater , saya vote Xpander, tipe ultimate masuk budget, udah ada cruise control, dan termasuk fun to drive juga buat ukuran LMPV. Kalau udah biasa melihara avanza harusnya gak kaget lah ya buat miara xpander karena 1 kelas dan biaya servisnya pasti mirip2. Punya saya, tipe ultimate tahun 2017, sampe km 20rb blm ada masalah aneh2, cuma masalah idle up aja dan udh solve di beres
hallo om pboyz97, emang ane agak sensitif sama bunyi2an sih, dan udah mulai terbiasa dgn rattling. yaa sukur2 dapet unit yg gak rattling hehehe. kalo sampe rattling pun ane udh persiapan tambahin peredam/foam tape spt yang disarankan om FU27 hehehe. tapi balik lagi sukur2 dapet unit yg gak trouble deh, btw thank you sarannya dan penjelasannya. sangat jelas dan mudah dipahami bagi nubie kaya ane.. emang sih GE8 lebih iconic yaa dibanding GK5. tapi balik lagi ane rencananya mau ambil baru aja biar gak worry free, masih warranty dan masih ada rasa2 barunya gitu hahaha. udah ngerasain manfaat dari warranty soalnya, apalagi mobil2 sekarang QC nya juga gak kaya dulu ya, yg mana unit2 ane dulu juaraaang banget ada kendala kaya unit2 yg akhir2 ini ane pake. maka dari itu ane cari yg reliable, ato separah2nya kalo perlu claim, gak perlu tarik urat dulu hehehe

back to topic,emang sih yaa ane perhatiin scross sama gk5 di indo ini punya beberapa kemiripan, fitur berlimpah, mesin "jadul" jadi less problem dan scr langsung battle proven dan parts masih banyak d pasaran :mky_01:

dan buat idling up nya solved dgn cara reflash ecu atau replace ecu om? mobil diinapkan atau bs rawat jalan saja? tks
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by zzzprince »

UPDATE..

Abis jalan jalan di mall dan kebetulan ane ketemu sama wuling almaz. karena mmg penasaran akhirnya coba intip-intip. akhirnya didatangi salesnya dan ditawarkan coba masuk ke kabin. buka2 obrolan dan chit chat sampe akhirnya bahas Head unit, dimana menurut ane ini salah satu poin yg bikin kurang tertarik sama model ini. tapi menurut si sales HU almaz udah diimprove untuk menghindari hang, dan menurut sales HU almaz 1st gen pun ikut di upgrade firmware untuk penyempurnaan, ane sih masih kurang yakin..

tapi melihat pricelistnya 342jt buat tipe tertinggi sebelum disc, menurut ane ini suatu bargain, dengan asumsi dapet barang baru dan naik kelas ke SUV monokok, 7 seater, bisa icip2 turbo sama fitur lain yg ga ada di gk5 atau scross, ditambah unit ini di rebrand ke captiva buat dipasarkan di thai, agak mupeng juga jadinya :big_slap:

dengan asumsi harga gk5 tipe tertinggi cvt 291 jt an blm disc, belum lagi pernak pernik tambahan yg bakal macam audio, head unit aftermarket yg support carplay, apakah worthy nambah sejumlah uang buat up ke almaz? soalnya ane masih blm dapet info sama sekali dari sodara atau temen2 terkait impresi atau brand nya sendiri. thanks
gar69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Mon Feb 01, 2016 17:31

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by gar69 »

zzzprince wrote: Thu Sep 12, 2019 18:25 hallo om gar69, jujur owe agak peka sama bunyi2an, dan memang akhir2 ini mulai terbiasa sama rattlingnya calya. untuk problen driveshaft sendiri apa sudah solved om? kebetulan ada sodara yg kena trouble yg sama, bunyi beradu driveshaft kedengeran pas mobil mundur.
Belum nih om. Dulu claim driveshaft di 4-5K KM, skrg posisi hampir 12K KM sudah bunyi2 lagi... bulan lalu servis 10K sudah saya komplain tapi dibilang normal, dah males jadinya :mky_01:
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by silentIm2 »

zzzprince wrote:UPDATE..

Abis jalan jalan di mall dan kebetulan ane ketemu sama wuling almaz. karena mmg penasaran akhirnya coba intip-intip. akhirnya didatangi salesnya dan ditawarkan coba masuk ke kabin. buka2 obrolan dan chit chat sampe akhirnya bahas Head unit, dimana menurut ane ini salah satu poin yg bikin kurang tertarik sama model ini. tapi menurut si sales HU almaz udah diimprove untuk menghindari hang, dan menurut sales HU almaz 1st gen pun ikut di upgrade firmware untuk penyempurnaan, ane sih masih kurang yakin..

tapi melihat pricelistnya 342jt buat tipe tertinggi sebelum disc, menurut ane ini suatu bargain, dengan asumsi dapet barang baru dan naik kelas ke SUV monokok, 7 seater, bisa icip2 turbo sama fitur lain yg ga ada di gk5 atau scross, ditambah unit ini di rebrand ke captiva buat dipasarkan di thai, agak mupeng juga jadinya :big_slap:

dengan asumsi harga gk5 tipe tertinggi cvt 291 jt an blm disc, belum lagi pernak pernik tambahan yg bakal macam audio, head unit aftermarket yg support carplay, apakah worthy nambah sejumlah uang buat up ke almaz? soalnya ane masih blm dapet info sama sekali dari sodara atau temen2 terkait impresi atau brand nya sendiri. thanks
Saya sendiri belum pernah nyetir, tapi katanya response gasnya agak ngelag, namun cukup kedap dan sangat nyaman serta safety tinggi. Konsumsi BBM agak boros, kira2 sama dengan innova bensin/ Suzuki grand vitara. Bukan mobil fun untuk pengemudi, tapi enak jadi penumpang. Standar businya merek minyak rambut kena recall gratis, ganti merek senter (torch). ikutan grup wuling aja di facebook biar tanya plus minusnya sesama pengguna.

Oh ya om, bicara mobil fun to drive, dan ternyata om bisa bujet 350 jutaan, dan kayaknya domisili malang ya, ga tertarik Suzuki Jimny? Tapi fun to drivenya pas di Bromo, atau explore kawah Wurung di dekat gunung Ijen, ato di kebun teh Lawang.

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
marr
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by marr »

mpv : anki (ganti model bisa 8 tahun lagi), xpander (ganteng bet)
hatchback : jazz rs
crossover : hrv
tinggal pilih aja cocoknya sama yg mana
n00bie
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Mar 31, 2016 9:36

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by n00bie »

zzzprince wrote: Thu Sep 12, 2019 19:15 UPDATE..

Abis jalan jalan di mall dan kebetulan ane ketemu sama wuling almaz. karena mmg penasaran akhirnya coba intip-intip. akhirnya didatangi salesnya dan ditawarkan coba masuk ke kabin. buka2 obrolan dan chit chat sampe akhirnya bahas Head unit, dimana menurut ane ini salah satu poin yg bikin kurang tertarik sama model ini. tapi menurut si sales HU almaz udah diimprove untuk menghindari hang, dan menurut sales HU almaz 1st gen pun ikut di upgrade firmware untuk penyempurnaan, ane sih masih kurang yakin..

tapi melihat pricelistnya 342jt buat tipe tertinggi sebelum disc, menurut ane ini suatu bargain, dengan asumsi dapet barang baru dan naik kelas ke SUV monokok, 7 seater, bisa icip2 turbo sama fitur lain yg ga ada di gk5 atau scross, ditambah unit ini di rebrand ke captiva buat dipasarkan di thai, agak mupeng juga jadinya :big_slap:

dengan asumsi harga gk5 tipe tertinggi cvt 291 jt an blm disc, belum lagi pernak pernik tambahan yg bakal macam audio, head unit aftermarket yg support carplay, apakah worthy nambah sejumlah uang buat up ke almaz? soalnya ane masih blm dapet info sama sekali dari sodara atau temen2 terkait impresi atau brand nya sendiri. thanks
Serayamotor kayanya agak anti sama merk ini Om, hehehe. Join grup FBnya dulu aja di WALI untuk tahu keluhan2nya. Saya sendiri lagi ngincer, tapi maju mundur gara-gara bbrp hal :
1. Konsumsi bensin (borosss)
2. body precision
3. Engine jadul diturboin plus suaranya kasar banget (ga kedengeran dari dalem sih)
4. Kejadian busi pecah sampai akhirnya silent recall.

Oya, Almaz belum ada diskon, cuman banyak kasih bonus. Saya di jogja sih cukup confident sama Wuling karena sudah ada 2 showroom di sini, dan Magelang juga ada Bengkel Resmi yang gede banget.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by Profith83 »

Wah kalau sampai naik ke Almaz harga 340 jute manding All New Kijang Innova 2400 CC Turbo intercooler diesel.

Itu pakai Solar 5150 per liter. 1 Liter bisa 24 KM di toll …
Pas ke Banyuwangi dari Surabaya Tol + jalan provinsi bisa dapat 1L=17KM. Diisi 5 penumpang dan full barang.

Sudah murah solar nya dan tetap irit
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by ChZ »

zzzprince wrote: Thu Sep 12, 2019 18:25
berarti unit2 honda ini termasuk agak kurang yaa di build qualitynya om? kalau misal pingin menghindari dapet unit lemon, dari pengalaman om chz apa buyer diperbolehkan handpicked unit langsung dari gudang?

kalau dari pengalaman ane piara bbrp unit kembar toyo-dai, enaknya part daihatsu bisa diakses umum. buat cari improvement partsnya mudah dan jadi argument kuat ke kabeng/SA kalau mau claim. udah nemu bbrp parts yg beda 1 digit aja parts numbernya, tapi ternyata setelah penggantian parts, masalah solved.

oke deh om saya coba main2 ke dealer honda terdekat, siapa tau bisa TD gk5 anyar. :big_love:

hhahaha tipikal suzuki om, 2nd batch product nya yg paling oke. owe perhatiin mulai ertiga 1st batch ke 2nd batch double blower. SX4 1st batch lampu non xenon, ke xenon. entah kenapa owe sendiri kurang sreg sama scross anyar ini :big_dunno: walaupun yg global productnya sangat menggiurkan
Kalo saya si pake CRV Civic HRV masih bebas dari rattle (kabin) ya... beberapa kali curiga rattle eh ternyata barang atau koin...

coba nego sama salesnya aja kalau itu, agak susah kalo mau deteksi nggak rattle krn mesti test drive juga kan. Yang sulit masa unit dari gudang dicobain satu satu hahahaha.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4913
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by Pboyz97 »

zzzprince wrote: Thu Sep 12, 2019 18:58

hallo om pboyz97, emang ane agak sensitif sama bunyi2an sih, dan udah mulai terbiasa dgn rattling. yaa sukur2 dapet unit yg gak rattling hehehe. kalo sampe rattling pun ane udh persiapan tambahin peredam/foam tape spt yang disarankan om FU27 hehehe. tapi balik lagi sukur2 dapet unit yg gak trouble deh, btw thank you sarannya dan penjelasannya. sangat jelas dan mudah dipahami bagi nubie kaya ane.. emang sih GE8 lebih iconic yaa dibanding GK5. tapi balik lagi ane rencananya mau ambil baru aja biar gak worry free, masih warranty dan masih ada rasa2 barunya gitu hahaha. udah ngerasain manfaat dari warranty soalnya, apalagi mobil2 sekarang QC nya juga gak kaya dulu ya, yg mana unit2 ane dulu juaraaang banget ada kendala kaya unit2 yg akhir2 ini ane pake. maka dari itu ane cari yg reliable, ato separah2nya kalo perlu claim, gak perlu tarik urat dulu hehehe

back to topic,emang sih yaa ane perhatiin scross sama gk5 di indo ini punya beberapa kemiripan, fitur berlimpah, mesin "jadul" jadi less problem dan scr langsung battle proven dan parts masih banyak d pasaran :mky_01:

dan buat idling up nya solved dgn cara reflash ecu atau replace ecu om? mobil diinapkan atau bs rawat jalan saja? tks
Reflach ecu om, rawat jalan saja cukup , gak perlu nginep di beres
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by Mozawa »

kebetulan saya pengguna gk5 2015 cvt yg bebas rattling...sekarang km udah 100 ribu lebih...no problem.

kalo utk mobil kecil jazz sih ok..lincah gesit irit..

kalo sx4 denger2 boros ama keras naikannya ya?????

pilihan lain yg bisa dipilih, yaris , hrv , expander atau ertiga sport. Sama2 bagusnya dan worry free...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by FR6 »

zzzprince wrote: Thu Sep 12, 2019 18:58
FR6 wrote: Fri Sep 06, 2019 11:45 Xpander/Livina Om kalo pengen ada CC nya. Atau nambah dikit ambil Trax (harus P-turbo). Kalo Honda di bawah 300 jangan deh, kalo di tol pasti orkestra itu dari ban.
iyah om, xp jga oke sih dari modelnya, cuma masalah idling up apa udah solved ya, dan beberapa kali denger shock absorbernya rusak prematur, apa jangan2 vendornya sama2 supply ke TAM-ADM? :big_slap:

buat ban, apa ban bawaan gk5 masih pakai turanza ER37?
Saya ada Xpander awal 2019, udh ga ada idling up kok. skrg udh 12rb KM juga belum ngerasain ada shock bocor.
Agak was2 di Shocknya, kalau udh lewat warranty mah berasa bgt ganti shock 4 biji :mky_01:
Tp kebayar bgt sama nyamannya Om, kalau ambil Livina lebih enak lagi, ga perlu modif supaya ada DRL
Saya adanya City Om, ban nya turanza, lupa ER37 atau ER33, seinget saya ER33.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by ChZ »

Mozawa wrote:kebetulan saya pengguna gk5 2015 cvt yg bebas rattling...sekarang km udah 100 ribu lebih...no problem.

kalo utk mobil kecil jazz sih ok..lincah gesit irit..

kalo sx4 denger2 boros ama keras naikannya ya?????

pilihan lain yg bisa dipilih, yaris , hrv , expander atau ertiga sport. Sama2 bagusnya dan worry free...
SX4 bantingannya masih mirip sama yang lama... Keras... Ndak terlalu enak kalo dibanding GK.

Yang gak nyenengin dari miara suzuki penggerak fwd itu kaki kakinya kurang senyap... Suara glodakan subframe suspensi di jalan gak rata berisik bgt. Racksteernya jg paling ringkih sepengalaman saya... Paling cepet klotak klotak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7