Mobil daily driven under 300 mio

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ericksip
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sun Jul 14, 2019 13:51
Daily Vehicle: X3 BMW

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by ericksip »

zzzprince wrote: Thu Sep 05, 2019 20:38 Permisi rekan-rekan serayamotor sekalian, izin tanya nih, dulu saya pernah bikin thread mengenai saran kendaran 150jt an buat kuliahan. Akhirnya pilihan yg diambil untuk saat itu yaitu brand new econobox Toyota Calya G MT 2017. Berhubung taun ini udah kelar dan ada sedikit rezeki dan mobil yg udh dibeli td bakal dihibahkan ke adik2 yg jg baru kuliah, rencana mau cari kendaraan lagi buat pergi harian dalam kota dan luar kota dikit2 atas dasar tuntutan kerjaan :big_childish:

adapun poin2 yg ane butuh buat mobil baru ini antara lain:
1. Reliable dan fun to drive. Pernah dikasih kesempatan piara avanza, avega,sx4, dan yg terakhir ini calya, rasanya dgn duid tabungan skrg mau cari yg agak enakan sikit bawaannya, dan gak rewelan alias baperan macam calya yg dari pabrikan minta minum 92dan kalo diitung2 baru dikit claim warrantynya : head unit 1x, steering rack 1x, arm belakang 1x, shock absorber kiri kanan 1x, otw 2x karna udh bocor lagi :mky_01: dan improvement parts yaitu rear brake shoe(kampas rem blkg). Pingin punya mobil yg gak ngehabisin energi dan waktu buat claim.

2. Buat kapasitas gak perlu yg bisa muat semua macam granmax, yang penting bagasi cukup 2 koper medium sama 2nd row agak manusiawi. Malah pas pake calya dulu karna mobil keliatan gede jadi pada nebeng di ane semua.

3. Irit, ya kalau bisa sih tenaga dan kons bbm sebanding, ga kaya calya yg dalkot pake ban 185/70 dan peredam kons bbm nya ancur jadi 12kpl dalkot, mirip2 ama gk5 manual temen yg pake fullsystem exhaust.

4. masih enak dipake kurang lebih 5 tahun kedepan. Mungkin karna dari dulu pakai mobil so so, jadi aga bosenan, harapannya mobil ini gak ngebosenin sampe 5thn kedepan.

5. Fitur oke, yg sebanding sama harga dan gak bikin pusing, ane ngehindarin banget mobil yg pake HU model tesla Gitu. Kadang kepikiran kalo HU nya error apa system ac masih bs kerja?

6. Bengkel resmi ada dan gampang urus kalo ada claim2 nya, uda capek debat sama beres di daerah yg ribet claim warrantynya

7. Matic dan cruise control, bakal sering pake tol soalnya

Budget yg ane sediain sih 300jt an, ga harus dihabisin siapa tau aja ada pilihan under angka segitu yg cocok sama kebutuan nubie. prefer baru aja biar dapat warranty dan worry free kalo lagi di jalan.

Mungkin dari rekan-rekan ada saran mubil apa yg cocok sama nubie, thanks
toyota memang seperti itu. terkenal resale dan durability tapi tidak efisien dan tidak modern.
honda terkenal mahal parts nya tapi lebih efisien dalam hal tenaga dan fuel consumption (dibandingkkan tenaga yg didapat) walaupun resale so-so
merk lain resale jeblok tapi fun-to-drive, modern
jadi kalo dibilang toyota the best value karena resale ga jeblok dan awet menurut saya itu hanyalah opini lama yg selalu didengungkan oleh orang2 jaman tua yg sekarang satu persatu digantikan oleh generasi X dan Y yg lebih modern dan kritis
so kita harus pilih mana yg kita mau dan jangan didikte oleh mainstream
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by marama »

HRV E non SE after diskon dpt kl ya, kalau mau memenuhi sebagian kriteria ya itu all round paket walaupun bosen banget kalau parkir ke mall bisa salah masuk mobil krn pasaran
ericksip
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sun Jul 14, 2019 13:51
Daily Vehicle: X3 BMW

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by ericksip »

zzzprince wrote: Fri Sep 06, 2019 2:14
nah itu dia om ancur FC nya setelah ane ganti ban ke 185/70 R14. Masa nambah peredam sekujur body sama stabilizer fullset ngaruh fc sampai segitu om? nah 2GD matic aja bisa 1:20 lukotnya kan. iya om secara xpander kalo duidnya dibeliin calya hampir dapet 2 hehehe. buat biaya perawatan gimana om kalo m2, beda jauh kah, let's say perawatannya dibading dgn honda
well kalo pengen perawatan murah dan ok secara overall untuk budget segitu (image, reliability, keiritan, resale, kenyamanan) saat ini expander jelas ga ada lawannya
kalo ingin lebih (dalam hal fun-to-drive dan mengorbankan resale) cx3 saran yg baik
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by ChZ »

zzzprince wrote: Fri Sep 06, 2019 2:55
emang tuh TAM cari cuan jago banget, ane itung pemakaian 6 bulanan aja itu mobil enak rasanya. Selebihnya mulai deh permasalahan ajaib muncul, yang HU nya error lah, steering rack glodakan, shock bocor lah, sampe debat sama kabeng supaya dapet arm belakang versi improvement dan akhirnya di approve setelah ane sodorin parts catalog daihatsu yg ada parts improventnya, sama VIN unit kawan yg kebetulan udh dari pabrikannya dapet part improve dan ga ada masalah jeduk. malahan shock yg sekarang baru 3 bulanan ganti udh bocor lagi, kiri kanan :mky_07:

balik ke laptop om, jazz gk5 troublenya di rattling aja kan ya? pemakaian brp lama tuh om? dan kalo mau diclaim apa honda dengan senang hati melayani dan mau troubleshoot?

untuk parts improvement honda, pasti ditulis ya om, atau minimal pas ada jadwal facelift gitu kan? kalo di merk sebelah kan diem2, eh taunya pas di cek di parts catalog, ada subtitusinya dan terbukti unit selanjutnya udh beda parts nya, dan problemnya solved.

kalau ekse langsung, baiknya ambil kapan biar dapet disc bagus om? atau ada kenalan sales daerah malang - jatim area? thanks

iyah om gk5 itu asik lah, shifting manualnya pendek2, pake full exhaust yg agak bermerk pun suaranya mayan merdu, dan model cakep lah

hahaha secara scross ada darah2 indihenya om pas pertama keluar, sementara sx4 hidup di europe sana
ajaibnya kalo dapet yang bagus bisa tahan sampe ratusan ribu dipake onlen :mky_01:

rattling... kalo "beruntung" ya since day 1 pake, kalo nggak sering kena jalan keriting. Tp in case sial aja sih, nyatanya se kacrut kacrutnya HRV adek ane 2015 gak ada rattling.

pasti ditulis dan kalopun hidden biasanya model faceliftnya yang dibedain. Misal ane pernah pergokin CR-V gen 4 facelift kode part number shock belakang beda dengan yang non-facelift. Tapi gak tau beda partnya dimana wkwkwkw sekilas sama-sama aja. Beda nomor seri belakang doang sih.

saya adanya di jateng om wkwkwkwk kalo ngambilnya sih kayaknya makin deket akhir taun makin bagus, tapi gak jaminan jg, cuma Honda skrg diskonnya minimal 2 digit bisa sih.

S-Cross padahal desain orang jepang dan waktu konsepnya muncul bagus, giliran jadi malah ancur. yang feslip pun nggak terlalu bagus. naikannya gmn yah... bukan mobil yang gak enak juga sih tapi ya gitu, membosankan. Mau dioprek jg gak banyak yang main...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gar69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Mon Feb 01, 2016 17:31

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by gar69 »

Saya ex user GK5 RS non facelift 2017 dan current user HRV E SE 2018, pendapat saya kalo melihat dari sekilas cerita agan sepertinya cukup peka ya terhadap bunyi2an dan printilan di mobil, sehingga saran saya baiknya pertimbangkan lagi ambil honda, soalnya banyak hal kecil yg bikin hati kesel gan terutama bunyi2an. Rattling di GK5 saya sih lumayan parah di dasbor kiri, muncul dari KM 10rb an hingga trakhir dijual di 29k makin terdengar.

Skrg di HRV pake 7 bln KM 11k rattle ada sedikit di doortrim kanan, cuma ga seannoying di GK5 dulu... dan ya skrg di HRV saya masalahnya itu driveshaft dan suspensi blkg bunyi2.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by ChZ »

ericksip wrote: Fri Sep 06, 2019 3:04
toyota memang seperti itu. terkenal resale dan durability tapi tidak efisien dan tidak modern.
honda terkenal mahal parts nya tapi lebih efisien dalam hal tenaga dan fuel consumption (dibandingkkan tenaga yg didapat) walaupun resale so-so
merk lain resale jeblok tapi fun-to-drive, modern
jadi kalo dibilang toyota the best value karena resale ga jeblok dan awet menurut saya itu hanyalah opini lama yg selalu didengungkan oleh orang2 jaman tua yg sekarang satu persatu digantikan oleh generasi X dan Y yg lebih modern dan kritis
so kita harus pilih mana yg kita mau dan jangan didikte oleh mainstream
Toyota si sekarang udah keliatan berusaha menggaet generasi muda kok oom. Terutama di lineup atas-atas yang desainnya makin dinamis. Lexus bahkan sekarang cenderung modern sporty ketimbang tradisional elegant. Mereka nggak lagi bikin mobil yang simply works tapi juga menarik.

Kijang pun dulu identik dengan orang tua, sekarang Kijang malah jadi mainan anak muda karena mesin KD dan GD terkenal gampang dioprek.

Saya nggak tau tapi kalo cari mobil yang simply works dan bisa tahan sampe 10-15 tahun dipake ya emang pilihannya biasanya Toyota. Gak gampang saingan sama Toyota terutama kalo pabrikan gurem.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by silentIm2 »


zzzprince wrote:Permisi rekan-rekan serayamotor sekalian, izin tanya nih, dulu saya pernah bikin thread mengenai saran kendaran 150jt an buat kuliahan. Akhirnya pilihan yg diambil untuk saat itu yaitu brand new econobox Toyota Calya G MT 2017. Berhubung taun ini udah kelar dan ada sedikit rezeki dan mobil yg udh dibeli td bakal dihibahkan ke adik2 yg jg baru kuliah, rencana mau cari kendaraan lagi buat pergi harian dalam kota dan luar kota dikit2 atas dasar tuntutan kerjaan :big_childish:

adapun poin2 yg ane butuh buat mobil baru ini antara lain:
1. Reliable dan fun to drive. Pernah dikasih kesempatan piara avanza, avega,sx4, dan yg terakhir ini calya, rasanya dgn duid tabungan skrg mau cari yg agak enakan sikit bawaannya, dan gak rewelan alias baperan macam calya yg dari pabrikan minta minum 92dan kalo diitung2 baru dikit claim warrantynya : head unit 1x, steering rack 1x, arm belakang 1x, shock absorber kiri kanan 1x, otw 2x karna udh bocor lagi :mky_01: dan improvement parts yaitu rear brake shoe(kampas rem blkg). Pingin punya mobil yg gak ngehabisin energi dan waktu buat claim.

2. Buat kapasitas gak perlu yg bisa muat semua macam granmax, yang penting bagasi cukup 2 koper medium sama 2nd row agak manusiawi. Malah pas pake calya dulu karna mobil keliatan gede jadi pada nebeng di ane semua.

3. Irit, ya kalau bisa sih tenaga dan kons bbm sebanding, ga kaya calya yg dalkot pake ban 185/70 dan peredam kons bbm nya ancur jadi 12kpl dalkot, mirip2 ama gk5 manual temen yg pake fullsystem exhaust.

4. masih enak dipake kurang lebih 5 tahun kedepan. Mungkin karna dari dulu pakai mobil so so, jadi aga bosenan, harapannya mobil ini gak ngebosenin sampe 5thn kedepan.

5. Fitur oke, yg sebanding sama harga dan gak bikin pusing, ane ngehindarin banget mobil yg pake HU model tesla Gitu. Kadang kepikiran kalo HU nya error apa system ac masih bs kerja?

6. Bengkel resmi ada dan gampang urus kalo ada claim2 nya, uda capek debat sama beres di daerah yg ribet claim warrantynya

7. Matic dan cruise control, bakal sering pake tol soalnya

Budget yg ane sediain sih 300jt an, ga harus dihabisin siapa tau aja ada pilihan under angka segitu yg cocok sama kebutuan nubie. prefer baru aja biar dapat warranty dan worry free kalo lagi di jalan.

Mungkin dari rekan-rekan ada saran mubil apa yg cocok sama nubie, thanks
Kalo poin 6 mau kompromi ya bisa dipertimbangkan Chevrolet Trax. Sekarang free service 30 bulan/ 50 ribu km. Belum ada trobel yang viral.

poin 1 fun to drivenya dapet bgt. salah satu dari sedikit mobil di bawah 300 juta akselerasi 0-100 km/h di bawah 9 detik. mesin 1.4 liter turbo tapi masih MPI (bukan GDI), jadi min pertamax 92, recommened 98. Apple carplay dan android auto standar, airbag 6,ESC, dan sunroof. Cuma nih mobil ga irit2 amat, paling 9-10km/l.

Alternatif lain ya, VW Polo 1.2 TSI VRS. akselerasi 8 detik, harga 308 juta. kalo adiknya 1.2 TSI akselerasi 10 detik harganya 270 jutaan kalo ga salah. Turbo juga jadi min pertamax 92, walopun recommendednya ya 98. Kalo TSI karena direct injection (GDI) biasanya lebih irit.

Ya.. cuma agan harus bisa kompromi dengan merek yang ga mainstream.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by fikrirukmanaa »

Jazz GK sih om. Modelnya ga bosenin walaupun memang udah tua (launch di indo 2014). Ambil warna kuning sekalian biar ngejreng terus. Dashboard juga udah banyak softpad, walaupun memang masih medioker dibanding rivalnya. Headunit udah ga nonjol lg. AC memang touch panel sih tp selama ini ane blm pernah denger touch panel AC honda ada yg rusak (sodara ada beberapa yg pake hrv dengan touch panel). Jazz GK termasuk yg ga terlalu rewel kok. Tp memang, ni mobil berisik.
hchung
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Jul 16, 2015 0:07

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by hchung »

silentIm2 wrote:
zzzprince wrote:Permisi rekan-rekan serayamotor sekalian, izin tanya nih, dulu saya pernah bikin thread mengenai saran kendaran 150jt an buat kuliahan. Akhirnya pilihan yg diambil untuk saat itu yaitu brand new econobox Toyota Calya G MT 2017. Berhubung taun ini udah kelar dan ada sedikit rezeki dan mobil yg udh dibeli td bakal dihibahkan ke adik2 yg jg baru kuliah, rencana mau cari kendaraan lagi buat pergi harian dalam kota dan luar kota dikit2 atas dasar tuntutan kerjaan :big_childish:

adapun poin2 yg ane butuh buat mobil baru ini antara lain:
1. Reliable dan fun to drive. Pernah dikasih kesempatan piara avanza, avega,sx4, dan yg terakhir ini calya, rasanya dgn duid tabungan skrg mau cari yg agak enakan sikit bawaannya, dan gak rewelan alias baperan macam calya yg dari pabrikan minta minum 92dan kalo diitung2 baru dikit claim warrantynya : head unit 1x, steering rack 1x, arm belakang 1x, shock absorber kiri kanan 1x, otw 2x karna udh bocor lagi :mky_01: dan improvement parts yaitu rear brake shoe(kampas rem blkg). Pingin punya mobil yg gak ngehabisin energi dan waktu buat claim.

2. Buat kapasitas gak perlu yg bisa muat semua macam granmax, yang penting bagasi cukup 2 koper medium sama 2nd row agak manusiawi. Malah pas pake calya dulu karna mobil keliatan gede jadi pada nebeng di ane semua.

3. Irit, ya kalau bisa sih tenaga dan kons bbm sebanding, ga kaya calya yg dalkot pake ban 185/70 dan peredam kons bbm nya ancur jadi 12kpl dalkot, mirip2 ama gk5 manual temen yg pake fullsystem exhaust.

4. masih enak dipake kurang lebih 5 tahun kedepan. Mungkin karna dari dulu pakai mobil so so, jadi aga bosenan, harapannya mobil ini gak ngebosenin sampe 5thn kedepan.

5. Fitur oke, yg sebanding sama harga dan gak bikin pusing, ane ngehindarin banget mobil yg pake HU model tesla Gitu. Kadang kepikiran kalo HU nya error apa system ac masih bs kerja?

6. Bengkel resmi ada dan gampang urus kalo ada claim2 nya, uda capek debat sama beres di daerah yg ribet claim warrantynya

7. Matic dan cruise control, bakal sering pake tol soalnya

Budget yg ane sediain sih 300jt an, ga harus dihabisin siapa tau aja ada pilihan under angka segitu yg cocok sama kebutuan nubie. prefer baru aja biar dapat warranty dan worry free kalo lagi di jalan.

Mungkin dari rekan-rekan ada saran mubil apa yg cocok sama nubie, thanks
Kalo poin 6 mau kompromi ya bisa dipertimbangkan Chevrolet Trax. Sekarang free service 30 bulan/ 50 ribu km. Belum ada trobel yang viral.

poin 1 fun to drivenya dapet bgt. salah satu dari sedikit mobil di bawah 300 juta akselerasi 0-100 km/h di bawah 9 detik. mesin 1.4 liter turbo tapi masih MPI (bukan GDI), jadi min pertamax 92, recommened 98. Apple carplay dan android auto standar, airbag 6,ESC, dan sunroof. Cuma nih mobil ga irit2 amat, paling 9-10km/l.

Alternatif lain ya, VW Polo 1.2 TSI VRS. akselerasi 8 detik, harga 308 juta. kalo adiknya 1.2 TSI akselerasi 10 detik harganya 270 jutaan kalo ga salah. Turbo juga jadi min pertamax 92, walopun recommendednya ya 98. Kalo TSI karena direct injection (GDI) biasanya lebih irit.

Ya.. cuma agan harus bisa kompromi dengan merek yang ga mainstream.
Setuju nih, coba masukkan chevrolet trax di dalam list. Utk compact crossover saat ini rasanya mobil ini yg paling value to money. Varian tertinggi msh dibawah 300 juta setelah diskon.

Plus pointnya dr mobil ini ada di fitur berlimpah, mesin bertenaga & harga yg sangat kompetitif. Minus pointnya mungkin di resale value & jaringan ass yg ga seluas pabrikan jepang. Utk biaya perawatan saya ga yakin crossover jepang spt honda & mazda bs lbh murah krn HRV saya terakhir service rutin 30K habis 2,2 juta.

Kalau cari yg fun to drive rasanya ga ada LMVP atau ladder frame MVP yg lbh baik dr trax. Utk resale value, menurut saya mobil dibeli utk dinikmati bukan utk dijual kembali (kecuali pedagang). Test drive dulu aja utk tahu rasa berkendaranya.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by evanbngdor »

ginting wrote: Thu Sep 05, 2019 23:48
sugarpot wrote:Saya mewakili keluarga besar SM akan merekomendasikan sudah pasti TOYOTA INNOVA DIESEL hahahaha :mky_02: ,cuman modal solar goceng,mesin badak,untuk 5 taun kedepan juga pasti gaakan masalah harusnya,yang ane maksud innova diesel yang lama ya gan tinggal cari unitnya yang bagus sisa duitnya pasangin turbo,dastek/remap,dkk.Estimasi dapet >250hp di mesin. :emo-big_love:
nahh..dengan demikian trit sdh bisa ditutup...
ibarat skripsi, ini udah bab V yaitu kesimpulan
ha ha ha
:wkkk: :wkkk:

Dari pendahuluan langsung kesimpulan ya. Ngga pake dasar teori, pengolahan data, analisis dll.

Singkat padat jelas
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by Profith83 »

Kalau saya daripada GK5 yang pendek mending HRV sih.

HRV sangat mirip feel berkendara dengan jazz baru tetapi bonus tinggi dan lebih lebar, bagasi juga lebih lega.
HRV type e CVT harsunya bulan Sept ini diskon cukup gede.
Saya beli HRV 2018 bulan Maret(perakitan akhir 2017) dapatnya kalau gak salah 295 jt.

HRV kasih minum pertamax plus vitamin di Ace sudah enak.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 714
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by hackers11 »

Saran saya scross aja. Trax bagus cuma agak miris bengkelnya tutup satu2. Sering disebut member grup fbnya(iya, saya join disana).
Penyakit memang ga ada yg aneh tp kalo mau rawatan beres ya susah juga.
Perhondaan menurut salah satu member sm kalo rakitan thai lbh ok, dan jazz udah rakitan Indonesia ya. Upgrade ke city mungkin?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by ChZ »

hackers11 wrote:Saran saya scross aja. Trax bagus cuma agak miris bengkelnya tutup satu2. Sering disebut member grup fbnya(iya, saya join disana).
Penyakit memang ga ada yg aneh tp kalo mau rawatan beres ya susah juga.
Perhondaan menurut salah satu member sm kalo rakitan thai lbh ok, dan jazz udah rakitan Indonesia ya. Upgrade ke city mungkin?
Ya... Brand chevy eksistensinya agak agak mengkhawatirkan. Di kota saya sudah 100% jadi merek lima beling.

Yah GM sendiri juga reputasinya downfall banget globally, produknya terkenal tidak reliabel.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by silentIm2 »


ChZ wrote:
hackers11 wrote:Saran saya scross aja. Trax bagus cuma agak miris bengkelnya tutup satu2. Sering disebut member grup fbnya(iya, saya join disana).
Penyakit memang ga ada yg aneh tp kalo mau rawatan beres ya susah juga.
Perhondaan menurut salah satu member sm kalo rakitan thai lbh ok, dan jazz udah rakitan Indonesia ya. Upgrade ke city mungkin?
Ya... Brand chevy eksistensinya agak agak mengkhawatirkan. Di kota saya sudah 100% jadi merek lima beling.

Yah GM sendiri juga reputasinya downfall banget globally, produknya terkenal tidak reliabel.
Ironis.. karena Wuling sendiri adalah patungan usaha SAIC dan GM.

bahkan mesin Wuling Confero sendiri adalah rebrand dari STEC 3, tipe L2B desain Daewoo alias GM Korea. Wuling Almaz, mesin LL5 juga dari family STC3 desain Daewoo.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by FR6 »

Xpander/Livina Om kalo pengen ada CC nya. Atau nambah dikit ambil Trax (harus P-turbo). Kalo Honda di bawah 300 jangan deh, kalo di tol pasti orkestra itu dari ban.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by ChZ »


silentIm2 wrote: Ironis.. karena Wuling sendiri adalah patungan usaha SAIC dan GM.

bahkan mesin Wuling Confero sendiri adalah rebrand dari STEC 3, tipe L2B desain Daewoo alias GM Korea. Wuling Almaz, mesin LL5 juga dari family STC3 desain Daewoo.
Yup dan sayangnya wuling juga nggak dipegang GM indo.

Di jateng, kalo nggak 1/2 chev 1/2 wuling ya 100% jualan wuling.

GM indo kan emang merek galau. Jualan gonta ganti lineup terus. Lineup nya gak ada yang longlast sampe 2 generasi kayaknya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by FU27 »

Jazz RS atau S Cross.

CVT nya honda enak kok. Responsif tapi tetep irit. Klo main di S dan pakai paddle shift itu enak banget buat nyalip. Serasa manual. Masalah rattling? Sudah ditemukan double tape untuk solusinya :big_grin:
Last edited by FU27 on Fri Sep 06, 2019 14:54, edited 1 time in total.
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by Astargea »

ericksip wrote: Fri Sep 06, 2019 3:04 toyota memang seperti itu. terkenal resale dan durability tapi tidak efisien dan tidak modern.
honda terkenal mahal parts nya tapi lebih efisien dalam hal tenaga dan fuel consumption (dibandingkkan tenaga yg didapat) walaupun resale so-so
merk lain resale jeblok tapi fun-to-drive, modern
jadi kalo dibilang toyota the best value karena resale ga jeblok dan awet menurut saya itu hanyalah opini lama yg selalu didengungkan oleh orang2 jaman tua yg sekarang satu persatu digantikan oleh generasi X dan Y yg lebih modern dan kritis
so kita harus pilih mana yg kita mau dan jangan didikte oleh mainstream
Waduh meragukan resale value Honda? Saya taun lalu jual GK5 3 jam laku loh... Bisa dicek juga lah sekennya Brio nyaris gaada yang dibawah 100, Jazz juga paling mahal diantara hatchback lain yang sekelas dengan tahun setara, begitu pula HR-V, CR-V...
sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Sat May 10, 2014 13:56
Location: Surabaya

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by sprint07 »

zzzprince wrote: Fri Sep 06, 2019 2:55 emang tuh TAM cari cuan jago banget, ane itung pemakaian 6 bulanan aja itu mobil enak rasanya. Selebihnya mulai deh permasalahan ajaib muncul, yang HU nya error lah, steering rack glodakan, shock bocor lah, sampe debat sama kabeng supaya dapet arm belakang versi improvement dan akhirnya di approve setelah ane sodorin parts catalog daihatsu yg ada parts improventnya, sama VIN unit kawan yg kebetulan udh dari pabrikannya dapet part improve dan ga ada masalah jeduk. malahan shock yg sekarang baru 3 bulanan ganti udh bocor lagi, kiri kanan :mky_07:

balik ke laptop om, jazz gk5 troublenya di rattling aja kan ya? pemakaian brp lama tuh om? dan kalo mau diclaim apa honda dengan senang hati melayani dan mau troubleshoot?

untuk parts improvement honda, pasti ditulis ya om, atau minimal pas ada jadwal facelift gitu kan? kalo di merk sebelah kan diem2, eh taunya pas di cek di parts catalog, ada subtitusinya dan terbukti unit selanjutnya udh beda parts nya, dan problemnya solved.

kalau ekse langsung, baiknya ambil kapan biar dapet disc bagus om? atau ada kenalan sales daerah malang - jatim area? thanks

iyah om gk5 itu asik lah, shifting manualnya pendek2, pake full exhaust yg agak bermerk pun suaranya mayan merdu, dan model cakep lah

hahaha secara scross ada darah2 indihenya om pas pertama keluar, sementara sx4 hidup di europe sana
Kalau harga honda di malang coba bandingkan antara mandalasena dan sukun. Coba juga bandingkan dengan surabaya di citraland, minta harga nett setelah dikurangi biaya pelanggaran wilayah. Kadang bisa lebih murah 5jt, semua tergantung stok.

Pengalaman piara brv yg rattle dari awal datang, klaim bbrp kali ke dealer katanya selalu dikerjakan tp tetap saja tidak ada solusi, ga tau apa yg dibenerin sama mereka. Maklum aja lah mobil honda spt itu, wong mobil eropa baru aja bisa rattle juga, cuma punya honda lumayan berirama haha

Maka pilihan terbaik utk ts menurut saya tetap honda jazz rs cvt. Jangan coba mazda klo mikirin part dan keawetannya
Carbro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: Wed Apr 18, 2018 14:05
Location: Jakarta

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by Carbro »

Kalo saya sih pilihan antara Jazz GK5 RS matic atau HRV E cvt , ga usah tipe SE

Dua-duanya mobil enak kok , irit , lumayan bertenaga
kalo masalah road noise di GK5 atau HRV tinggal ganti ban aja yang bagusan lumayan berkurang
Cars more than just a tools to some :big_smoking:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Fri Sep 06, 2019 11:22Ya... Brand chevy eksistensinya agak agak mengkhawatirkan. Di kota saya sudah 100% jadi merek lima beling.

Yah GM sendiri juga reputasinya downfall banget globally, produknya terkenal tidak reliabel.
mungkin main halus, mundur pelan2... :mky_02:
GM Group kalau bukan karena market USDM dan CDM, mungkin sudah lenyap kali. :mky_06:
kalau reliability di USA sendiri kayanya lebih mendingan daripada Ford. apalagi untuk MPV/Truck mereka ya. semacam Suburban gitu2. kalau global agak sulit selain merek Chevy sendiri, Opel dan Vauxhall sudah dijual ke grup PSA = Peugeot Citroen.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by ChZ »


kunaskun wrote:
ChZ wrote: Fri Sep 06, 2019 11:22Ya... Brand chevy eksistensinya agak agak mengkhawatirkan. Di kota saya sudah 100% jadi merek lima beling.

Yah GM sendiri juga reputasinya downfall banget globally, produknya terkenal tidak reliabel.
mungkin main halus, mundur pelan2... :mky_02:
GM Group kalau bukan karena market USDM dan CDM, mungkin sudah lenyap kali. :mky_06:
kalau reliability di USA sendiri kayanya lebih mendingan daripada Ford. apalagi untuk MPV/Truck mereka ya. semacam Suburban gitu2. kalau global agak sulit selain merek Chevy sendiri, Opel dan Vauxhall sudah dijual ke grup PSA = Peugeot Citroen.
Di US justru ford lebih kuat, F150 masih bestselling truck. Kalo ford US gak terkenal lemon, kalo Ford europe baru deh.

Ford europe : fiesta focus mondeo gt2. Makanya dihentikan skrg.

GM product di US si masih bertahan karena nama besar dan nationality jg, mobilnya masih dipake US govt gitu2.

Iklan GM juga ketauan suka fraud, coba cari yang "real people" commercial nya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by silentIm2 »

ChZ wrote:
kunaskun wrote:
ChZ wrote: Fri Sep 06, 2019 11:22Ya... Brand chevy eksistensinya agak agak mengkhawatirkan. Di kota saya sudah 100% jadi merek lima beling.

Yah GM sendiri juga reputasinya downfall banget globally, produknya terkenal tidak reliabel.
mungkin main halus, mundur pelan2... :mky_02:
GM Group kalau bukan karena market USDM dan CDM, mungkin sudah lenyap kali. :mky_06:
kalau reliability di USA sendiri kayanya lebih mendingan daripada Ford. apalagi untuk MPV/Truck mereka ya. semacam Suburban gitu2. kalau global agak sulit selain merek Chevy sendiri, Opel dan Vauxhall sudah dijual ke grup PSA = Peugeot Citroen.
Di US justru ford lebih kuat, F150 masih bestselling truck. Kalo ford US gak terkenal lemon, kalo Ford europe baru deh.

Ford europe : fiesta focus mondeo gt2. Makanya dihentikan skrg.

GM product di US si masih bertahan karena nama besar dan nationality jg, mobilnya masih dipake US govt gitu2.

Iklan GM juga ketauan suka fraud, coba cari yang "real people" commercial nya
Itu kan dari sisi brand toh om..

real people commercial kan untuk konsumsi market USA, bukan sini.

Gimanapun kalo perusahaan ga laku jualannya walopun produk dah maksimal, pasti ya mundur teratur. Kan perusahaan harus profit juga. Dari sisi reliability menurut Consumer Report GM pasca bangkrut ada perbaikan kok. memang belum sebanding Toyota, tapi masih lebih bagus daripada Mercedes dan BMW.

Balik lagi ke obyektifitas mobilnya sendiri, yaitu Trax. Selama ini ga ada trobel yang sampe viral. Dari sisi platform juga cukup mature, sudah 4 tahunan.

Trailblazer yang 1 platform dengan MUX juga trouble free, bahkan termasuk best seller di Australia.

Ga kaya Spin dulu ato Captiva, yaitu dari GM sebelum bangkrut dan restrukturisasi.

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by ChZ »


silentIm2 wrote:
ChZ wrote:
kunaskun wrote:
mungkin main halus, mundur pelan2... :mky_02:
GM Group kalau bukan karena market USDM dan CDM, mungkin sudah lenyap kali. :mky_06:
kalau reliability di USA sendiri kayanya lebih mendingan daripada Ford. apalagi untuk MPV/Truck mereka ya. semacam Suburban gitu2. kalau global agak sulit selain merek Chevy sendiri, Opel dan Vauxhall sudah dijual ke grup PSA = Peugeot Citroen.
Di US justru ford lebih kuat, F150 masih bestselling truck. Kalo ford US gak terkenal lemon, kalo Ford europe baru deh.

Ford europe : fiesta focus mondeo gt2. Makanya dihentikan skrg.

GM product di US si masih bertahan karena nama besar dan nationality jg, mobilnya masih dipake US govt gitu2.

Iklan GM juga ketauan suka fraud, coba cari yang "real people" commercial nya
Itu kan dari sisi brand toh om..

real people commercial kan untuk konsumsi market USA, bukan sini.

Gimanapun kalo perusahaan ga laku jualannya walopun produk dah maksimal, pasti ya mundur teratur. Kan perusahaan harus profit juga. Dari sisi reliability menurut Consumer Report GM pasca bangkrut ada perbaikan kok. memang belum sebanding Toyota, tapi masih lebih bagus daripada Mercedes dan BMW.

Balik lagi ke obyektifitas mobilnya sendiri, yaitu Trax. Selama ini ga ada trobel yang sampe viral. Dari sisi platform juga cukup mature, sudah 4 tahunan.

Trailblazer yang 1 platform dengan MUX juga trouble free, bahkan termasuk best seller di Australia.

Ga kaya Spin dulu ato Captiva, yaitu dari GM sebelum bangkrut dan restrukturisasi.
Kan emang kebetulan lg nyambung ke USA om hehe. Om kunaskun blg ford usa ane jg nyambungin ke GM USA.

Gak tau yah kalo saya liat track record GM di indo dan skrg nasib mereknya begini juga agak waswas ya. Kemarin gak ikut GIIAS padahal sekelas DFSK aja ikut.

Buat saya milih mobil pasti liat nasib mereknya juga, kelangsungan hidup merek gimana, long term history nya. Itu saya pribadi yah.

Ford sebelum hengkang juga "kayaknya" baik baik aja, malah "kayaknya" penjualan barangnya lebih bagus dari chevrolet indo dan lebih jelas jualan apa. Productnya lebih jalan setidaknya Ranger dan Everest.

Tp kalau Trax gak lemon ya bagus lah....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Oct 01, 2016 11:33

Re: Mobil daily driven under 300 mio

Post by zanira »

Pilih line up honda aja om, baik jazz or hrv :e-whistle:

Saat running di tol kisaran speed 150 up, matikan radio / HU mobil, om akan mendengar sensasi suara ivtec, suara berisik dr ban seperti pesawat mau take off, di jamin ga boring klo lg cruissing :big_exellent: