Penyebab transmisi CVT jebol
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Sat Dec 08, 2018 7:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Ignis
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Kalau standar pabrik CVT ada lifetimenya gak?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
gak ada pabrikan yg berani klaim lifetimenya oomNewmember2018 wrote:Kalau standar pabrik CVT ada lifetimenya gak?
beraninya kasih warranty wkwkwk
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon May 27, 2019 1:24
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 00 toyota echo
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Waah termasuk user yang beruntung itu temen om, sebenernya nissan itu untung2an setau saya(dari kasus yg sering saya denger) dan memang yang sering bermasalah itu cvt yang 2000 dan 2500 cc, yang diatasnya malah kuat, saya selama pake t31 udah sealus2nya pakemya, ga pernah masih jalan tuker gigi r atau d, dan ganti oli juga, di km 125 rb masih tetep kena cvtnya, tapi temen saya yang kasar pakenya dan ga pernah ganti oli malah ga kenapa2 padahal kmnya udah 190 rb, dan malah ada yg tembus 210 rb no prob cvtnya, dan yang saya tau cvt buatan jatco yang dipake di nissan ini juga dipake di outlander sport sama lancer ex, dan beberapa model chrysler/jeep, dan di os juga kejadiannya sama.kunaskun wrote: Sat Aug 10, 2019 4:16teman saya dulu pake C26. 5 tahun 140 ribu km kurleb, lalu dijual. hanya ganti CVT Fluid satu kali di km berapa saya lupa, itu saja sudah paksa beres untuk ganti karena beres berpegangan ke Scanner untuk baca sensor CVTF Detoriate yg kasih info nilainya berapa, kalau memang muncul ganti baru diganti.. sedangkan dia punya di scan masih masuk range normal katanya. C26 ini daily usage untuk toll sekali jalan bisa 80 km pp, service besar yang saya ingat hanya pernah overheat nyala karena extra fan mati satu dan satu kali ga bisa start karena aki tewas kehabisan air = lokasi aki susah banget di akses untuk cek air aki (driver's car ya). sekarang sudah ganti ke C27.jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 2:13 btw ada user nissan kah disini dg odo up 100/120k up yg masih pake cvt bawaan aslinya?
bc" weakness point dr nissan adlh quality gearboks CVT nya yg lemah, meski ex perawatan kelas dewa beres.
soal transmisi matik si, untuk saya pribadi ga terlalu percaya omongan orang2, karena banyak juga user error, yg disalahin merek mobilnya, atau beres error yang disalahin user atau mereknya. gitu juga dengan CVT. hal sederhana saja, tidak usah soal ganti oli transmisi, banyak yg pas nanjak malah pamer: nih mobil hebat loh, di tanjakan masuk D, lepas gas dan rem ga mundur/melorot ke belakang...atau pas lampu merah masuk P atau pas parkir pede banget modal P doang tanpa parking brake ga peduli itu tempat parkir rata atau ngga, dsb...
mendingan ganti oli transmisi rutin. berat di dompet, tenang di hati.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
ya makanya saya blg saya ga terlalu percaya omongan org2 ini itu bla2 nah kalau soal beruntung gini jadi bingungRidhobramantio wrote: Sat Aug 10, 2019 6:57 Waah termasuk user yang beruntung itu temen om, sebenernya nissan itu untung2an setau saya(dari kasus yg sering saya denger) dan memang yang sering bermasalah itu cvt yang 2000 dan 2500 cc, yang diatasnya malah kuat, saya selama pake t31 udah sealus2nya pakemya, ga pernah masih jalan tuker gigi r atau d, dan ganti oli juga, di km 125 rb masih tetep kena cvtnya, tapi temen saya yang kasar pakenya dan ga pernah ganti oli malah ga kenapa2 padahal kmnya udah 190 rb, dan malah ada yg tembus 210 rb no prob cvtnya, dan yang saya tau cvt buatan jatco yang dipake di nissan ini juga dipake di outlander sport sama lancer ex, dan beberapa model chrysler/jeep, dan di os juga kejadiannya sama.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
diatas sekedar open discuss sj, bkn open flame.kunaskun wrote: Sat Aug 10, 2019 8:14ya makanya saya blg saya ga terlalu percaya omongan org2 ini itu bla2 nah kalau soal beruntung gini jadi bingungRidhobramantio wrote: Sat Aug 10, 2019 6:57 Waah termasuk user yang beruntung itu temen om, sebenernya nissan itu untung2an setau saya(dari kasus yg sering saya denger) dan memang yang sering bermasalah itu cvt yang 2000 dan 2500 cc, yang diatasnya malah kuat, saya selama pake t31 udah sealus2nya pakemya, ga pernah masih jalan tuker gigi r atau d, dan ganti oli juga, di km 125 rb masih tetep kena cvtnya, tapi temen saya yang kasar pakenya dan ga pernah ganti oli malah ga kenapa2 padahal kmnya udah 190 rb, dan malah ada yg tembus 210 rb no prob cvtnya, dan yang saya tau cvt buatan jatco yang dipake di nissan ini juga dipake di outlander sport sama lancer ex, dan beberapa model chrysler/jeep, dan di os juga kejadiannya sama.![]()
asumsi normal average usage driving n well regular maintenance....cvt nissan akan flaws duluan by percentage population compare yg lainnya, klo scoty kilmer blgnya the most crappy cvt fm nissan/jatco, hal yg sama dg transmisi bbrp merk yg dsbt diatas, utk jatco sendiri sy pengalaman pernah 2x overhaoul di 2unit audi A3 sy.
cb kita liat k depan...by population brp unit yg kuat tanpa penggantian gb bawaannya. utk liat case by case atopun omongon satu dua org ...sama pendapatnya dg sy, ngga perlu di dengerin atopun d jadikan patokan.
*mungkin mirip kek transmisi dct ford, mrk tau persisis transmisi mrk b'mslh, tapi tetap jln terus dpasarkan, dg policy ksh waranty sembari b'jon, dan b'harap seiring waktu usernya sendiri sdh cape k bnegkel. yg sblmnya ksh statement "transmisi sy kuat khok, nda ada masalah..itu mah tergantung gmn ngerawatnya"
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
CVT matic sebenernya ad jg koq yg kuat2.. ntuh yg dipake corolla, subbie, ama ahond (gen 2 dgn embel2 earthdream) relatif banyak yg pecah telor 100 rebuan km ga masalah.. dan mengenai CVT nya jatco, perna baca di forum2 lancer aussie, emg ad beberapa kes cvt nya overheat pdahal odo blom terbang2 amat, solusi nya bisa di coba ganti filter ama upgrade ke ATF yg full syn
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
spendapat om klep.
*pointnya bukan d mslh:
-type transmisinya
krn msg" type transmisi punya + & - nya baik MT, TC, DCT, atpun CVT.
-bukan pula krn made in jatco, krn bs jd ada prod gb jatco yg t'bukti kuat. sy sendiri br tau dr postingan om diatas bhw cvtnya dr jatco, dan kebetulan sj bbrp merk yg d dsbt memang b'mslh, hal yg sama dg pengalaman d mbl saya yg pake jatco, ini pun blm bs kita jadikan patokan
akan tambah binun nantinya "jika seandainya" cvt tyt/subie/honda yg suply jg dr jatco tapi khok bs mudah tembus 100k. (sy ngga tau tyt subi, ahond supply cvt nya inhouse ato dr luar)
-bukan pula krn cara pemakain/perawatan yg salah
*subjectnya lbh k quality atonggak flaws dsign
sy posting brgkt dg info d kepala (bc" dr luar)
1.avoid any nissan cvt
2 bc 2pages terakhir trid ini yg kbanyaka cvt nissan yg pd jebol. sementara honda(excd gen1), tyt,subie relatif adem n baik" sj n punya keyakinan bukan hal yg susah buat cvt mrk utk tembus diatas 150k.
*pointnya bukan d mslh:
-type transmisinya
krn msg" type transmisi punya + & - nya baik MT, TC, DCT, atpun CVT.
-bukan pula krn made in jatco, krn bs jd ada prod gb jatco yg t'bukti kuat. sy sendiri br tau dr postingan om diatas bhw cvtnya dr jatco, dan kebetulan sj bbrp merk yg d dsbt memang b'mslh, hal yg sama dg pengalaman d mbl saya yg pake jatco, ini pun blm bs kita jadikan patokan
akan tambah binun nantinya "jika seandainya" cvt tyt/subie/honda yg suply jg dr jatco tapi khok bs mudah tembus 100k. (sy ngga tau tyt subi, ahond supply cvt nya inhouse ato dr luar)
-bukan pula krn cara pemakain/perawatan yg salah
*subjectnya lbh k quality atonggak flaws dsign
sy posting brgkt dg info d kepala (bc" dr luar)
1.avoid any nissan cvt
2 bc 2pages terakhir trid ini yg kbanyaka cvt nissan yg pd jebol. sementara honda(excd gen1), tyt,subie relatif adem n baik" sj n punya keyakinan bukan hal yg susah buat cvt mrk utk tembus diatas 150k.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
bus saya transmisi cvt kuat ah...
sampe skrg udah kilometer dikit lagi 80 ribu....msh bejek sembarangan aja...
kadang klo di tol main manual...ampe mentokin rpm lari 160-180...
pancen oye....masih jalan tuh busnya..
mitos alias hoakzz ah...

sampe skrg udah kilometer dikit lagi 80 ribu....msh bejek sembarangan aja...
kadang klo di tol main manual...ampe mentokin rpm lari 160-180...
pancen oye....masih jalan tuh busnya..

mitos alias hoakzz ah...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
nah ini maksud saya, makanya saya blg: saya ga terlalu percaya omongan orang2, kemudian di reply om Ridho bahwa ngalamin sendiri dan berkaitan dengan keberuntungan = saya jadi bingung sendiri mau komen apalagi.jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 8:42 diatas sekedar open discuss sj, bkn open flame.
asumsi normal average usage driving n well regular maintenance....cvt nissan akan flaws duluan by percentage population compare yg lainnya, klo scoty kilmer blgnya the most crappy cvt fm nissan/jatco, hal yg sama dg transmisi bbrp merk yg dsbt diatas, utk jatco sendiri sy pengalaman pernah 2x overhaoul di 2unit audi A3 sy.
cb kita liat k depan...by population brp unit yg kuat tanpa penggantian gb bawaannya. utk liat case by case atopun omongon satu dua org ...sama pendapatnya dg sy, ngga perlu di dengerin atopun d jadikan patokan.
*mungkin mirip kek transmisi dct ford, mrk tau persisis transmisi mrk b'mslh, tapi tetap jln terus dpasarkan, dg policy ksh waranty sembari b'jon, dan b'harap seiring waktu usernya sendiri sdh cape k bnegkel. yg sblmnya ksh statement "transmisi sy kuat khok, nda ada masalah..itu mah tergantung gmn ngerawatnya"
dan setahu saya Jatco itu memang nomor satu dunia untuk urusan CVT. selalu terdepan. mirip Aisin untuk Geared AT.
kalau ford DCT menurut saya memang level junk, karena pabrikannya sendiri sampe mesti kasih extend warranty, kalau tidak salah VW Audi DSG juga sama kan. Sedangkan Nissan CVT (Jatco) ini sendiri kan berbeda.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
update,
tyt cvt...all supply by aisin
honda cvt..all inhouse by honda
subaru cvt..all inhouse by fujiheavyindustries
nissan cvt..all supply by jatco
jatco per 2015 ..is the largest cvt supplier that mostly comes fm nissanrenault line up.

tyt cvt...all supply by aisin
honda cvt..all inhouse by honda
subaru cvt..all inhouse by fujiheavyindustries
nissan cvt..all supply by jatco
jatco per 2015 ..is the largest cvt supplier that mostly comes fm nissanrenault line up.
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jualAs of March 2015, JATCO is 75% owned by Nissan, 15% owned by Mitsubishi Motors, and 10% owned by Suzuki.

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Haha tanda keramatnya (kalau ga pernah ganti atf) keknya memang di sekitaran 90k ya....jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 16:37
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jual![]()
Anyway, nissin T32 lineup kasus cvt jebol agak jarang ketimbang T31....walau ada aja sih 1-2 user report di forum sebelah... Apakah mungkin dah ganti tipe juga sipiti-nya?
T32 di rumah udah jalan hampir 60k masih oke ntuh sipiti sih. Pernah flush awal tahun lalu di todut. Keluar2 waktu itu juga dah hitam (38k-3 tahun).....

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
seharus nya (dan selayak nya) sehh pabrikan mengupdate kualiti cvt nya, misal di ahond yg cvt gen 1 nya acak kadut (e.g. bahkan di malon problem nya lebi buanyakkk dibanding sini), skrg yg cvt earthdream nya ud much better, bahkan saking pede nya di taruh di ampir smua line up jualan nya ahond, krn engineer nya ud pede ama improvement kualitas belt dan pulley nya (2 masalah utama di gen 1 cvt mreka).
mustinya sehh hal serupa jg sama di jatco, palagi sperti kata om kun ama jivos, produsen cvt numero uno di dunia utk cvt.. kl ampe skrg masi bermasalah yah siap2 aj gulung tikar..
btw soal ketahanan cvt nya unik jg yahh, perna baca crita om kompre punya alpard cvt nya jebol, tp stelah diganti (atau di btulin), skrg ud gapapa pdahal pedal to metal always.. baca2 pej blakang ad jg crv turbo baru yg cvt nya ud jebol, pdahal hrv ane ud ampir 100 rebu masi smooth.
mustinya sehh hal serupa jg sama di jatco, palagi sperti kata om kun ama jivos, produsen cvt numero uno di dunia utk cvt.. kl ampe skrg masi bermasalah yah siap2 aj gulung tikar..
btw soal ketahanan cvt nya unik jg yahh, perna baca crita om kompre punya alpard cvt nya jebol, tp stelah diganti (atau di btulin), skrg ud gapapa pdahal pedal to metal always.. baca2 pej blakang ad jg crv turbo baru yg cvt nya ud jebol, pdahal hrv ane ud ampir 100 rebu masi smooth.
numpang lewat aja....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Jadi emang bener kata om scotty kilmer. Cvt buatan jatco memang sering bermasalah. Makanya dia bilang di US, nissan terkenal dengan durability transmisi cvt yg buruk.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Oct 02, 2017 5:43
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Kelihatannya emang harus sering ganti oli cvt lebih sering daripada anjuran pabrikan. Dulu ganti Freed 5AT di 30K udah banyak gram yg nempel di baut magnet. CVT dah pasti frictionnya lebih gede.jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 16:37 update,
tyt cvt...all supply by aisin
honda cvt..all inhouse by honda
subaru cvt..all inhouse by fujiheavyindustries
nissan cvt..all supply by jatco
jatco per 2015 ..is the largest cvt supplier that mostly comes fm nissanrenault line up.
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jualAs of March 2015, JATCO is 75% owned by Nissan, 15% owned by Mitsubishi Motors, and 10% owned by Suzuki.![]()
Btw apakah Mitsu outlander juga pake Jatco??
Last edited by iritpoll on Sun Aug 11, 2019 5:13, edited 1 time in total.
1K1FS-K14B-4AT-AISIN
T32-QR25DE-CVT-JATCO
T32-QR25DE-CVT-JATCO
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon May 27, 2019 1:24
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 00 toyota echo
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Mitsu outlander, lancer ex, serena c26, xtrail 2,0 cvtnya sama om setau saya CMIIW, karna yang 2000 cc ini banyak model sama mungkin, nissan pun nyediain assy cvt hanya untuk 2000 cc yang saya denger dari salah satu sa nissaniritpoll wrote: Sun Aug 11, 2019 5:05Kelihatannya emang harus sering ganti oli cvt lebih sering daripada anjuran pabrikan. Dulu ganti Freed 30K udah banyak gram yg nempel di baut magnet. CVT dah pasti frictionnya lebih gede.jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 16:37 update,
tyt cvt...all supply by aisin
honda cvt..all inhouse by honda
subaru cvt..all inhouse by fujiheavyindustries
nissan cvt..all supply by jatco
jatco per 2015 ..is the largest cvt supplier that mostly comes fm nissanrenault line up.
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jualAs of March 2015, JATCO is 75% owned by Nissan, 15% owned by Mitsubishi Motors, and 10% owned by Suzuki.![]()
Btw apakah Mitsu outlander juga pake Jatco??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
cvt gk5 ane masih sehat.dan smooth.usia mobil 4 tahun.
km 100.000 an..
ganti oli 1 di 20.000 ,2 di 50.000 dan 3 di 100.000km..
yang terakhir telat ganti oli...hahahah.....
km 100.000 an..
ganti oli 1 di 20.000 ,2 di 50.000 dan 3 di 100.000km..
yang terakhir telat ganti oli...hahahah.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Wed Mar 27, 2019 6:11
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Jazz taun 2014 ya?Mozawa wrote: Sun Aug 25, 2019 13:37 cvt gk5 ane masih sehat.dan smooth.usia mobil 4 tahun.
km 100.000 an..
ganti oli 1 di 20.000 ,2 di 50.000 dan 3 di 100.000km..
yang terakhir telat ganti oli...hahahah.....
Ganti olinya hatisnya yiap 20kkm sekali?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
kompresorz wrote: Sat Aug 10, 2019 13:55 bus saya transmisi cvt kuat ah...
sampe skrg udah kilometer dikit lagi 80 ribu....msh bejek sembarangan aja...
kadang klo di tol main manual...ampe mentokin rpm lari 160-180...
pancen oye....masih jalan tuh busnya..![]()
mitos alias hoakzz ah...
![]()
Nah kan.....jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 16:37 update,
tyt cvt...all supply by aisin
honda cvt..all inhouse by honda
subaru cvt..all inhouse by fujiheavyindustries
nissan cvt..all supply by jatco
jatco per 2015 ..is the largest cvt supplier that mostly comes fm nissanrenault line up.
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jualAs of March 2015, JATCO is 75% owned by Nissan, 15% owned by Mitsubishi Motors, and 10% owned by Suzuki.![]()
Satu tambahan point lagi buat toyota made by aisin....

Kebetulan kah aisin soal durability????

Sekalian made by yang AT nya dong ummss???
Suzuki inhouse apa OEM juga yaaa?????
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Jadi yang made by aisin itu yang durability paling bagus om?Fertille wrote: Tue Aug 27, 2019 3:43kompresorz wrote: Sat Aug 10, 2019 13:55 bus saya transmisi cvt kuat ah...
sampe skrg udah kilometer dikit lagi 80 ribu....msh bejek sembarangan aja...
kadang klo di tol main manual...ampe mentokin rpm lari 160-180...
pancen oye....masih jalan tuh busnya..![]()
mitos alias hoakzz ah...
Nah kan.....jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 16:37 update,
tyt cvt...all supply by aisin
honda cvt..all inhouse by honda
subaru cvt..all inhouse by fujiheavyindustries
nissan cvt..all supply by jatco
jatco per 2015 ..is the largest cvt supplier that mostly comes fm nissanrenault line up.
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jualAs of March 2015, JATCO is 75% owned by Nissan, 15% owned by Mitsubishi Motors, and 10% owned by Suzuki.![]()
Satu tambahan point lagi buat toyota made by aisin....
Kebetulan kah aisin soal durability????
Sekalian made by yang AT nya dong ummss???
Suzuki inhouse apa OEM juga yaaa?????
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
https://www.jatco.co.jp/english/products/cvt7.html (scroll ke paling bawah)Fertille wrote: Tue Aug 27, 2019 3:43 Nah kan.....
Satu tambahan point lagi buat toyota made by aisin....
Kebetulan kah aisin soal durability????
Sekalian made by yang AT nya dong ummss???
Suzuki inhouse apa OEM juga yaaa?????
Sizuki ignis n all new swift jg pake jatco
Bahkan chevrolet spark jg pake cvt buatan jatco

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Ertiga AT made by mana ya ummss??arfs wrote: Tue Aug 27, 2019 3:52https://www.jatco.co.jp/english/products/cvt7.html (scroll ke paling bawah)Fertille wrote: Tue Aug 27, 2019 3:43 Nah kan.....
Satu tambahan point lagi buat toyota made by aisin....
Kebetulan kah aisin soal durability????
Sekalian made by yang AT nya dong ummss???
Suzuki inhouse apa OEM juga yaaa?????
Sizuki ignis n all new swift jg pake jatco
Bahkan chevrolet spark jg pake cvt buatan jatco![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Om, om kompre service CVT-nya dimana nih?DOHC wrote: Sat Aug 10, 2019 23:56
btw soal ketahanan cvt nya unik jg yahh, perna baca crita om kompre punya alpard cvt nya jebol, tp stelah diganti (atau di btulin), skrg ud gapapa pdahal pedal to metal always..
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Transmisi AT biasa yang katanya lebih "bulletproof" minta overhaul di 130-150k juga ada... jd sebenernya agak random case juga ya.jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 8:42diatas sekedar open discuss sj, bkn open flame.kunaskun wrote: Sat Aug 10, 2019 8:14ya makanya saya blg saya ga terlalu percaya omongan org2 ini itu bla2 nah kalau soal beruntung gini jadi bingungRidhobramantio wrote: Sat Aug 10, 2019 6:57 Waah termasuk user yang beruntung itu temen om, sebenernya nissan itu untung2an setau saya(dari kasus yg sering saya denger) dan memang yang sering bermasalah itu cvt yang 2000 dan 2500 cc, yang diatasnya malah kuat, saya selama pake t31 udah sealus2nya pakemya, ga pernah masih jalan tuker gigi r atau d, dan ganti oli juga, di km 125 rb masih tetep kena cvtnya, tapi temen saya yang kasar pakenya dan ga pernah ganti oli malah ga kenapa2 padahal kmnya udah 190 rb, dan malah ada yg tembus 210 rb no prob cvtnya, dan yang saya tau cvt buatan jatco yang dipake di nissan ini juga dipake di outlander sport sama lancer ex, dan beberapa model chrysler/jeep, dan di os juga kejadiannya sama.![]()
asumsi normal average usage driving n well regular maintenance....cvt nissan akan flaws duluan by percentage population compare yg lainnya, klo scoty kilmer blgnya the most crappy cvt fm nissan/jatco, hal yg sama dg transmisi bbrp merk yg dsbt diatas, utk jatco sendiri sy pengalaman pernah 2x overhaoul di 2unit audi A3 sy.
cb kita liat k depan...by population brp unit yg kuat tanpa penggantian gb bawaannya. utk liat case by case atopun omongon satu dua org ...sama pendapatnya dg sy, ngga perlu di dengerin atopun d jadikan patokan.
*mungkin mirip kek transmisi dct ford, mrk tau persisis transmisi mrk b'mslh, tapi tetap jln terus dpasarkan, dg policy ksh waranty sembari b'jon, dan b'harap seiring waktu usernya sendiri sdh cape k bnegkel. yg sblmnya ksh statement "transmisi sy kuat khok, nda ada masalah..itu mah tergantung gmn ngerawatnya"
Honda Odyssey RA temen saya di 130k kalo nggak salah overhaul. Tapi CR-V gen 1 temen saya sampe 180k malah blm pernah overhaul.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
m'cb jwb pertanyaan um" diatas, dg asumsi perawatan n pemakain benar, versi sy y:
1.utk gb AT & cvt
gb Aisin defect error n longevitya by population dr total produksinya..paling minim n relatif b'umur panjang.
2. the worst gb type AT//CVT//DCT adlh:
gb keluaran jatco n haldex
jatco at/cvt/dct...t'pasang d nisssanrenault group, mitsubisi, n suzuki, serta aliansi groupnya, subaru sblm era cvt..pk jatco AT n lemah gb nya.
haldex at/cvt/dct..t'pasang d vag group, ford, volvo, dan aliansinya...lupa sy sapa lg yg pake.
3. utk honda...baik AT geared /CVT nya inhouse honda, catatan utk transmisi keluaran" awal longevety nya rada kurang d banding dg gb aisin yg mmg spesialis bermain d industri transmisi.
klo dr sisi reliability itu ..yg ideal adlh:
engine ....pake honda
transmisi..pake toyota(aisin)
trus mblnya d ksh nama HONDTA ato TOYONDA
1.utk gb AT & cvt
gb Aisin defect error n longevitya by population dr total produksinya..paling minim n relatif b'umur panjang.
2. the worst gb type AT//CVT//DCT adlh:
gb keluaran jatco n haldex
jatco at/cvt/dct...t'pasang d nisssanrenault group, mitsubisi, n suzuki, serta aliansi groupnya, subaru sblm era cvt..pk jatco AT n lemah gb nya.
haldex at/cvt/dct..t'pasang d vag group, ford, volvo, dan aliansinya...lupa sy sapa lg yg pake.
3. utk honda...baik AT geared /CVT nya inhouse honda, catatan utk transmisi keluaran" awal longevety nya rada kurang d banding dg gb aisin yg mmg spesialis bermain d industri transmisi.
klo dr sisi reliability itu ..yg ideal adlh:
engine ....pake honda
transmisi..pake toyota(aisin)
trus mblnya d ksh nama HONDTA ato TOYONDA

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
kayanya di beres om, kl baca dr tret ininewcity_vtec wrote: Tue Aug 27, 2019 4:47Om, om kompre service CVT-nya dimana nih?DOHC wrote: Sat Aug 10, 2019 23:56
btw soal ketahanan cvt nya unik jg yahh, perna baca crita om kompre punya alpard cvt nya jebol, tp stelah diganti (atau di btulin), skrg ud gapapa pdahal pedal to metal always..
viewtopic.php?f=4&t=27884&start=25
numpang lewat aja....

