Nih gw coba rangkum ya modifan 2gd..
Yg ningkatin powerrr, tp mesin tetep awet. Enggak terlalu extreme
Tahap 1 :
Downpipe catless = 1.5 jutaan
Air filter replacement = 1 jutaan (merk k&n)
Remap ecu = kurleb 4-5 juta tergantung bengkel.
Sisanya stok internal mesin, turbo, injektor, intercooler standart ting ting pabrik...
Tenaga bisa dpt sekitar 200-210 hp dari standart yg 150hp
Total skitar 7 jt udah josss innova/fortuner 2gd nya.
Bisa juga nambah pasang :
atf cooler biar awet transmisi = 1.5 jutaan
fuel cooler = 1.5 jutaan jg
Jadi total 10jt buat light tuning mesin awet, transmisi awet buat pake harian... bener tuh itungan om kompre.
Sisanya benerin sektor kaki2 biar lebih stabil.
Shock bilstein, per lowering kit (kalo demen ceper) , paketan swaybar buat chasis tuning. Ban bagus macem michelin, toyo, yokohama (buat innova) ban fortuner std dah bagus.
Itungan kasar:
Shock bilstein = 7 jutaan
Lowering kit = 4 jutaan
Chassis tuning = 5 jutaan
Ban spek bagus 1jt x 4 pcs = 4 jutaan (innova reborn)
20 juta tuh buat kaki kaki enak...
Ditambah tadi yg hitungan tahap 1 10jt . Total smua 30 jt udah enak banget mobil buat harian.
Lanjutt... Tahap 2 (mulai extreme):
Mau ngejer 240-250hp
Turbo ganti punya 1GD + paket downpipe = 12-15 jt
Pasang ecushop monmax + tuning = 14-15jt
Jadi kluar duit lagi kurleb 30jt buat ngejer 250an hp...
Lebih ekonomis yg tahap 1 + upgrade sektor kaki2 biayanya mnurut gw..
Mobil cukupan 210hp, bisa lari 200 km/h, awet buat harian, bisa minum solar goceng, kaki kaki jg bagus buat nikung enak, drive quality jelas ningkat jauh.
The real sheer driving pleasureeeee
