imansyx wrote: Mon Mar 21, 2016 15:31
Halo.... setelah sekian lama nubi jaadi reader doang dan kadang2 sok2an nimbrung ga jelas disini akhirnya saya putusin bikin postingan pertama jadi kalo elek ya dimaafin ya
1. Background
Mobil yang saya pengin review adalah mobil yang setelah baca - baca postingan SM taun 2009 mayan fenomenal

either you hate it or love it despite it's weakness. Mobil ini adalah tangan ke - 2 dan tangan pertama adalah alm. Kakek saya dan sempet berbulan2 ga dipake.. mobil ini seinget saya dibeli tahun 2009 di Solo dengan harga 257 juta (? agak lupa waktu itu masih bocah smp

) tanpa bonus apapun sama diskon.
Yang saya inget pokoknya kaca film bawaan dealer skkb (Sparta atau anti gores), karpet beludru Freed, sama udah. cuma itu doang

awal - awal cerita beli Freed dulu butuh mobil keluarga kalo pada mudik pulang ke Solo (Alm. pny mobil sedan semua... Grand Civic '88 sama City GD8 '03 jadi mesti misah mobil kalo jalan - jalan) oleh karena itu 2008 akhir diputusin u/ cari mobil yang 7 seater & muat semua. Kandidat saat itu paling mendekati yaa.. cuma ipah atau biskuit serena.
serena waktu itu kakek kurang sreg karena C24 ibarat makanan udah lebih basi dari kimchi, sedangkan ipah ga muat sama pintu garasi even setelah semua spion dilipet.. what the

disaat ini baru keluar desas desus, Honda lagi bikin mpv berbasis GE dan karena dimensi GE muat di garasi diputusin nunggu launch di Indo sampe akhirnya Alm. nunjukin ke saya sdh dapet brosur Freed dan akan pesen tipe yg ada sliding door warna Red Wine. Awal 2009, kakek divonis kena CA, dan kemampuan bicaranya menurun.. akhirnya sy bilang ke Ibu bahwa sebelum kakek sudah ga bs komunikasi itu pesan dia ke saya terakhir (kakek ngasih brosur bookletnya ke saya) dan jreng... bulan september sudah muncul di garasi.. dan Alm senang sekali sempat jalan2 sblm akhirnya berpulang bulan Des..
Setelah itu mobil sangat.. sangat jarang dipakai hingga sempat hampir setahun tidak dipakai 2013 akhir - 2014. Diputuskan mobil dimutasi ke jakarta 2015 awal karena gw sudah punya SIM dan mobil jakarta penyet ketabrak sumber kencon*
2. Outside
Ketika pertama ngeliat mobil ini (masi bocah) ngerasanya kok ni mobil kecil banget... gw muat kaga ya

setelah kuliah.. tetep sama aja... kok saya muat ya even di 3rd row sekalipun... bagian yg saya apresiasi dari mobil ini konsep triangle + boxnya, betul2 kecil itu mesin muat disitu dan even aura kabinnya lebih relax dibanding ipah (IMO) kayanya gara2 gear selector ada di dash jadi ada gang senggol. mobil ini punya:
panjang = 4215 mm
lebar = 1700 mm
yang berarti cuma beda 100 mm sama yaris lele dan lebar sama persis

untuk masalah desain, mobil ini tarikan garisnya clean ga neko2 kaya mobilio yang salah gunting. Dan bentuknya bener2 jdm kotak kecil pintu geser dimana sampe sekarang (Mar '16) belum punya kompetitor di Indonesia

cocok buat yang garasinya sempit kaya saya... oh iya karena ini adalah Freed paling awal, ada perbedaan sama MMC v1 Juli 2010:
- ada Alarm
- Power Retractable Mirror
- ini nih yg paling bikin ngelus dada.. Automatic Digital Climate Control gantiin kompor
akses penumpang masuk.. untuk pintu depan no problem, nah untuk pintu tengah sliding, kaki harus agak manjat sedikit.. nenek saya biasanya naik pakai dingklik dulu satu step pertama baru lantai mobil. buat pintu bagasi bisa rendah banget ya lantainya.. naik turunin koper gampang banget bibir pintu sama lantai mobil rata
oiya, Freed punya kelemahan besar di lampu belakangnya yang bagian atasnya agak ke ekspos karena tempat buat rel pintu. Bagian ini rentan retak rambut dan biasanya lampu mati dan air langsung nggenang di dalem jadi warna item bagian bawahnya.. punya saya untung belom pernah putus / retak mikanya.. tapi cat disekitarnya kok kaya ngelotok ya? aneh banget
3. Inside
awas sakit mata liat kompornya
untuk kabin, konsep open cafe emang bagus... bikin dasbor bertingkat kaya meja & kaca depan segede gaban. Cakep buat jepun, horor buat di Indo. Mobil ini ga pake kf depan sejak 2009, ga usah ditanya panasnya kaya apa mana dasbornya full plastic hitam.. tapi keluhannya malah dasbornya kok kaya ga properly installed gitu ya? kalo lewat jalan rada geruduk2 tu dasbor goyang ke atas ke bawah joget terutama bagian atasnya.. plastik yang dipake pun keras.. doortrim ga ada fabric sama sekali meski jadi mayan sih buat bersihinnya gampang bener dan ga ada lagi kejadian kaya dulu sempet pelihara cbu atoyot dasbor full soft touch lama2 lengket terus retak sendiri

mobil ini 0% keluhan ruang kepala dan buat legroom mesti pinter2 atur tiap row biar kebagian.. mobil sudah dipasang karpet dasar syntethic dan jok kulit syntethic juga (gatau merknya

tapi mayan ena)
untuk posisi mengemudi... postur saya 180/70 dan begitu make, baru nyadar 1 kelemahan fatal = mobil ini ga punya seat adjuster

posisi mengemudi canggung banget ketinggian dan setir ga telescopic, kalo mentok mundur tangan ga nyampe, kalo dimajuin tangan nyampe kaki nekuk ga jelas. dan kursinya ngegantung posisi paha ujung ga di kursi... baru deh di MMC v2 dikeluarin seat adjusternya

nyoba punya temen baru kerasa pas duduknya... untuk all around view no problem

blind spot hampir ga ada bahkan itu kaca belakang gede bener.. ga heran hampir semua temen yang make... cewe dan gw satu2nya yang pake warna maroon
baris kedua kaki sama2 aagak ngegantung, dan baris ketiga harus nego sama baris kedua kalo sayang kakinya. baris ketiga even bisa recline dan menurut gue cukup rebah untuk sekadar bobo2 nanggung.
saya kurang ngerti audio, tapi HU sudah pake Kenwood ada DTA dan bisa usb/cd/iPod dengan suara yang.. menurut saya lebih bagus dari HU MMC v2 pakai JVC. Freed punya masalah besar di sliding doornya yang kadang2 bunyi kletek tek dan sampe skrg ajaibnya saya cuma pernah sekali denger taun kemarin dan ga muncul lagi. masalah biasa paling karet pintu rada ngeras kreyet2 diolesin semir ban hilang deh. Komplain palingan dari cara ngelipet bangku baris tiga harus diangkat tanpa per jadi lumayan berat.
Masalah krusial lain adalah A/C. Nasib nasib... gen1 ga ada auto climatenya, dan buat bangku baris ketiga even tetep ngerasanya ya angin sisaan doang. Untung mobil ini hampir ga pernah full load paling cuma ber 5 jadi blm pernah ada yang complain. Buat commute tiap hari tetep dingin dan blm pernah servis ac (perlu apa ga sih?

)
4. While Driving
Freed ini setelah sampe Jakarta, lihat record service... gila sudah 3 tahun ga ganti oli dan ajaib masih bisa jalan

langsung lari ke SnD buat ganti oli Htech sama filter+ tap oli matic 3,5 liter + kuras radiator ganti dg Prestone + kuras brake fluid + ganti filter mesin + ganti filter A/C. Sedari dulu mobil ini minum P/P+ dan setelah ganti oli baru berasa enakan. startup, langsung ngeh suaranya dinamonya kok beda ya sama GE? bukannya sama sama L15A ya meski beda torsi

pindah ke D dan.... bukan boyonya yg agak bikin sebel, kadang2 kerasa kaya selip banget... 5ATnya. kadang2 malah ternyata udah lockup jadi suka ga ketebak di macet buat sundul sundulan

(saatnya Flush atf?) begitu sampe di cruising speed dalkot, 20-60 barulah kerasa rasio giginya mobil ini buat apa.. cruising bisa rendah banget buset rpmnya. even lukot sekalipun. oh iya feeling gear selector v1 dan v2 itu beda banget, v1 kalo pindah "dug" dan berasa bgt mekanisnya. kalo v2 udah nyoba di 2 mobil jauh lebih ringan dan suaranya "klok" entah apa yg berubah
seperti yang udah dibilang diatas, visibilitas mobil ini top berasa naik akuarium dan EPS nya ringan banget. hambar. rasanya aneh aja kalo kebiasa bawa hydrolik terus pake EPS meski tetep paling aneh ya EPS nya picanto. Meski kerasanya lifeless, responnya masih lumayan dan cukup akurat (cukup). Untuk masalah boyo, ga begitu merhatiin karena ga suka ngebut meski kalo nyalip di tol, nyokap mulai nyanyi nada tinggi dan kakak gw bilang " kamu ngegas tapi kok ga maju sih? aku geregetan banget daritadi"
Untuk suspensi, mobil ini udah 7 tahun jadi udah mulai beda karakternya. Tahun kemaren muncul suara "nyet nyet" dan "gludug" dari depan kalo lewat jalan gelombang kecil2 dicek ke honda clinic tanda link stabil mulai lemah padahal mobil ini saat itu baru jalan 19ribuan

namun feelnya menurut saya masih sama, suspensinya firm dan chassisnya juga dibanding laddernya ipah. Lebih percaya diri bawanya buat belok2 dibanding ipah yang agak diving sana sini bodinya. Another problem pernah di jalan tiba2 "D" kedip kedip dan 2 minggu lagi muncul. di Scan tulisannya dari trans. gear switch. direset habis itu ga pernah muncul lagi..
untuk sound insulation.... untuk mesin hampir ga pernah kedengeran, tapi samping buset dah motor matic aja suaranya masih kedengeran. Ban udah diganti jadi SP Touring tapi dengung buanget kalo jalanan kering, apa karakternya gini ya? pingin nambah peredam / ganti conti comfort contact
di Jakarta, mobil mayoritas dipake weekend, dan kadang saya pake ke kampus PP rawamangun - depok lewat pancoran pasar minggu, FC yang didapet 9,8 - 11,4 tergantung lagi bete apa ngga dan sekarang regular perawatannya:upss:
5. Additional
Mobil ini sudah ditambah kaca film 3M CR40 & BB80 yang menurut saya... sampingnya kegelapan

dan nambahin biar jadi kaya MMC v1, power retractable + auto folding mirror dan spoiler belakang (pelit banget buset dulu ga dikasi) overall rada2 tergoda untuk ganti R17 macem RPF biar ga disangka cewek yang bawa tapi ga suka banget mobil yang keras dampingnya / dan buset dah racunnya banyak bener asesorisnya

harus tahan godaan kalo punya
6. Kesimpulan
Setelah make Freed, rasanya susah berpaling ke mobil lain. suer. Mobil ini kecil tapi lega bener, tuas transmisi di dash ngebantu banget karena parkiran rumah harus mepet ke pintu driver jadi masuk lewat penumpang depan yang di mobil normal horor karena kaki saya panjang... pintu sliding door yang awal ngiranya cuma buat gimmick doang, tapi setelah lama pake sangat guna apalagi buat ibu2 kalo kondangan pake kain tinggal slepet duduk manis.. seriously kelemahan mobil ini menurut saya ya gedein sedikit mesinnya, pake R18A kek atau vtec turbo (gosipnya kencengan yang ini ya?)
mobil sudah setahun dan selama setahun sudah dipake kira2 10 ribu km, sekarang ada di 25 ribu sekian.. kalo ada opsi lain untuk ganti mobil, kayaknya ya Freed lagi yang Gen2 atau liat2 Sienta nanti. Untuk sekarang, mobil ini puas banget pakenya.
yang grand civic udah dijual di km 20 ribuan (sudah lupa) yang GD8, sekarang betul2 ga pernah dipakai sudah 3 tahun. Pengen nego u/ bawa ke jakarta tapi garasi cuma muat sebiji..
sekian post pertama saya, maaf kalo rada asal asalan nulisnya