

1. Background
Mobil yang saya pengin review adalah mobil yang setelah baca - baca postingan SM taun 2009 mayan fenomenal


Yang saya inget pokoknya kaca film bawaan dealer skkb (Sparta atau anti gores), karpet beludru Freed, sama udah. cuma itu doang

serena waktu itu kakek kurang sreg karena C24 ibarat makanan udah lebih basi dari kimchi, sedangkan ipah ga muat sama pintu garasi even setelah semua spion dilipet.. what the


Setelah itu mobil sangat.. sangat jarang dipakai hingga sempat hampir setahun tidak dipakai 2013 akhir - 2014. Diputuskan mobil dimutasi ke jakarta 2015 awal karena gw sudah punya SIM dan mobil jakarta penyet ketabrak sumber kencon*


2. Outside


Ketika pertama ngeliat mobil ini (masi bocah) ngerasanya kok ni mobil kecil banget... gw muat kaga ya

panjang = 4215 mm
lebar = 1700 mm
yang berarti cuma beda 100 mm sama yaris lele dan lebar sama persis


- ada Alarm
- Power Retractable Mirror
- ini nih yg paling bikin ngelus dada.. Automatic Digital Climate Control gantiin kompor
akses penumpang masuk.. untuk pintu depan no problem, nah untuk pintu tengah sliding, kaki harus agak manjat sedikit.. nenek saya biasanya naik pakai dingklik dulu satu step pertama baru lantai mobil. buat pintu bagasi bisa rendah banget ya lantainya.. naik turunin koper gampang banget bibir pintu sama lantai mobil rata

oiya, Freed punya kelemahan besar di lampu belakangnya yang bagian atasnya agak ke ekspos karena tempat buat rel pintu. Bagian ini rentan retak rambut dan biasanya lampu mati dan air langsung nggenang di dalem jadi warna item bagian bawahnya.. punya saya untung belom pernah putus / retak mikanya.. tapi cat disekitarnya kok kaya ngelotok ya? aneh banget


3. Inside

awas sakit mata liat kompornya


untuk kabin, konsep open cafe emang bagus... bikin dasbor bertingkat kaya meja & kaca depan segede gaban. Cakep buat jepun, horor buat di Indo. Mobil ini ga pake kf depan sejak 2009, ga usah ditanya panasnya kaya apa mana dasbornya full plastic hitam.. tapi keluhannya malah dasbornya kok kaya ga properly installed gitu ya? kalo lewat jalan rada geruduk2 tu dasbor goyang ke atas ke bawah joget terutama bagian atasnya.. plastik yang dipake pun keras.. doortrim ga ada fabric sama sekali meski jadi mayan sih buat bersihinnya gampang bener dan ga ada lagi kejadian kaya dulu sempet pelihara cbu atoyot dasbor full soft touch lama2 lengket terus retak sendiri



untuk posisi mengemudi... postur saya 180/70 dan begitu make, baru nyadar 1 kelemahan fatal = mobil ini ga punya seat adjuster




baris kedua kaki sama2 aagak ngegantung, dan baris ketiga harus nego sama baris kedua kalo sayang kakinya. baris ketiga even bisa recline dan menurut gue cukup rebah untuk sekadar bobo2 nanggung.
saya kurang ngerti audio, tapi HU sudah pake Kenwood ada DTA dan bisa usb/cd/iPod dengan suara yang.. menurut saya lebih bagus dari HU MMC v2 pakai JVC. Freed punya masalah besar di sliding doornya yang kadang2 bunyi kletek tek dan sampe skrg ajaibnya saya cuma pernah sekali denger taun kemarin dan ga muncul lagi. masalah biasa paling karet pintu rada ngeras kreyet2 diolesin semir ban hilang deh. Komplain palingan dari cara ngelipet bangku baris tiga harus diangkat tanpa per jadi lumayan berat.
Masalah krusial lain adalah A/C. Nasib nasib... gen1 ga ada auto climatenya, dan buat bangku baris ketiga even tetep ngerasanya ya angin sisaan doang. Untung mobil ini hampir ga pernah full load paling cuma ber 5 jadi blm pernah ada yang complain. Buat commute tiap hari tetep dingin dan blm pernah servis ac (perlu apa ga sih?

4. While Driving


Freed ini setelah sampe Jakarta, lihat record service... gila sudah 3 tahun ga ganti oli dan ajaib masih bisa jalan



seperti yang udah dibilang diatas, visibilitas mobil ini top berasa naik akuarium dan EPS nya ringan banget. hambar. rasanya aneh aja kalo kebiasa bawa hydrolik terus pake EPS meski tetep paling aneh ya EPS nya picanto. Meski kerasanya lifeless, responnya masih lumayan dan cukup akurat (cukup). Untuk masalah boyo, ga begitu merhatiin karena ga suka ngebut meski kalo nyalip di tol, nyokap mulai nyanyi nada tinggi dan kakak gw bilang " kamu ngegas tapi kok ga maju sih? aku geregetan banget daritadi"
Untuk suspensi, mobil ini udah 7 tahun jadi udah mulai beda karakternya. Tahun kemaren muncul suara "nyet nyet" dan "gludug" dari depan kalo lewat jalan gelombang kecil2 dicek ke honda clinic tanda link stabil mulai lemah padahal mobil ini saat itu baru jalan 19ribuan

untuk sound insulation.... untuk mesin hampir ga pernah kedengeran, tapi samping buset dah motor matic aja suaranya masih kedengeran. Ban udah diganti jadi SP Touring tapi dengung buanget kalo jalanan kering, apa karakternya gini ya? pingin nambah peredam / ganti conti comfort contact

di Jakarta, mobil mayoritas dipake weekend, dan kadang saya pake ke kampus PP rawamangun - depok lewat pancoran pasar minggu, FC yang didapet 9,8 - 11,4 tergantung lagi bete apa ngga dan sekarang regular perawatannya:upss:
5. Additional
Mobil ini sudah ditambah kaca film 3M CR40 & BB80 yang menurut saya... sampingnya kegelapan


6. Kesimpulan
Setelah make Freed, rasanya susah berpaling ke mobil lain. suer. Mobil ini kecil tapi lega bener, tuas transmisi di dash ngebantu banget karena parkiran rumah harus mepet ke pintu driver jadi masuk lewat penumpang depan yang di mobil normal horor karena kaki saya panjang... pintu sliding door yang awal ngiranya cuma buat gimmick doang, tapi setelah lama pake sangat guna apalagi buat ibu2 kalo kondangan pake kain tinggal slepet duduk manis.. seriously kelemahan mobil ini menurut saya ya gedein sedikit mesinnya, pake R18A kek atau vtec turbo (gosipnya kencengan yang ini ya?)
mobil sudah setahun dan selama setahun sudah dipake kira2 10 ribu km, sekarang ada di 25 ribu sekian.. kalo ada opsi lain untuk ganti mobil, kayaknya ya Freed lagi yang Gen2 atau liat2 Sienta nanti. Untuk sekarang, mobil ini puas banget pakenya.
yang grand civic udah dijual di km 20 ribuan (sudah lupa) yang GD8, sekarang betul2 ga pernah dipakai sudah 3 tahun. Pengen nego u/ bawa ke jakarta tapi garasi cuma muat sebiji..


sekian post pertama saya, maaf kalo rada asal asalan nulisnya
