Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
adityabp wrote: Fri Jul 12, 2019 10:46
Nah, skrg saya yg gak ngerti kenapa om malah nyaranin gak perlu ritual bleeding.
ya karena mayoritas cooling system mobil jepang bukan vakum dan tidak ada bleeding nipple-nya.
isi air/coolant saja sudah cukup asalkan prosedurnya bener.
selama ini saya nggak pernah nunggu sampe thermostat terbuka penuh + electric fan nyala untuk yakin ngga ada angin terperangkap. dan tidak pernah ada masalah asalkan coolant level terpantau.
Buka kap mesin, reservoir penuh ampe luber. Ada tetesan coolant sepanjang jalan yg saya lewatin.
saya nemu kejadian kaya gini tapi di mobil yang radiatornya tidak ada cap/tutup (bukan mobil jepang).
kalau di radiator yang ada tutupnya, pasti akan narik air di reservoir kalau sampe kekurangan air.
pernah berapa tahum silam nemu kasus mobil jepang, volume reservoir selalu bertambah dan volume coolant radiator berkurang, setelah diperiksa, ada bocor di cyl. head gasket.
Buka kap mesin, reservoir penuh ampe luber. Ada tetesan coolant sepanjang jalan yg saya lewatin.
saya nemu kejadian kaya gini tapi di mobil yang radiatornya tidak ada cap/tutup (bukan mobil jepang).
kalau di radiator yang ada tutupnya, pasti akan narik air di reservoir kalau sampe kekurangan air.
pernah berapa tahum silam nemu kasus mobil jepang, volume reservoir selalu bertambah dan volume coolant radiator berkurang, setelah diperiksa, ada bocor di cyl. head gasket.
Akar masalah 2 kasus om ini sebenarnya sama : ada udara/gas yg terperangkap "di dalam" coolant dalam jumlah yg besar.
Tinggal dicari dari mana asal udara/gas ini kok bisa terperangkap di jalur coolant.
Kalo ketika kita ngisi radiator sampai penuh, tapi ada udara terperangkap di selang bawah radiator atau di blok silinder bagian bawah, sdh pasti udara ini akan mendorong coolant di atasnya. Kalo radiatornya ditutup, maka tekanan coolant akan naik yg mengakibatkan coolant yg terdorong akan hijrah semuanya ke reservoir sampai si udara bebas.
Itulah kenapa saya setuju kalau ritual bleeding tetap harus dilakukan setelah proses ganti coolant selesai.
Kaleng wrote: Fri Jul 12, 2019 10:29
rekomendasi merk air radiator yang bagus dan gak bikin kantong jebol apa kira2 ya om?
kl ganti sendiri sehh mau merek apa aj jg sebenernya ga ad yg mahal2 amat koq.. mau yg pahe yahh bsa pake yg seiken, ini bawaan honda jg pake ini.. segalon 100an rbu beli di toda, prestone galon kuning jg kisaran sgituan..
btw perihal pijet selang, utk ahond enjin L15Z yg uda cvt, ati2 pas pjet2 selang, perhatiin selang yg masuk ke dalem gearbox nya (atf warmer), ntuh kualitas nya caur atau cacat design, kl ud beberapa taon bsa melar sendiri trus rembes coolant dari sana.. jd kl pemakai enjin tsb mendadak coolant nya drop, monggo cek tuh selang laknat..
Kaleng wrote: Fri Jul 12, 2019 10:29
rekomendasi merk air radiator yang bagus dan gak bikin kantong jebol apa kira2 ya om?
kl ganti sendiri sehh mau merek apa aj jg sebenernya ga ad yg mahal2 amat koq.. mau yg pahe yahh bsa pake yg seiken, ini bawaan honda jg pake ini.. segalon 100an rbu beli di toda, prestone galon kuning jg kisaran sgituan..
sempat tny ke beres honda, ada 2 jenis mau yang long life atau yang standard. menurut om kalau buat mobil pribadi sendiri antara standard sama long life ini apakah memang ada beda signifikan seandainya selalu kuras air radiator maks per 50rb km atau 3 thn?
sempat tny ke beres honda, ada 2 jenis mau yang long life atau yang standard. menurut om kalau buat mobil pribadi sendiri antara standard sama long life ini apakah memang ada beda signifikan seandainya selalu kuras air radiator maks per 50rb km atau 3 thn?
Kalau pake honda long life type-2 (50%), kuras tiap 5 tahun aja. Kalau pake yg biasa (30%) 2-3 tahun.
Sbagai catatan yg longlife bs 5 tahun, asal selama ini top up selalu pake type 2 juga dan pas serpis berkala, ntuh BeRes kagak nambah2in pake air ledeng yahh ada aja yg BeRes nakal nambahin pake air biasa...
Kaleng wrote: Fri Jul 12, 2019 10:29
rekomendasi merk air radiator yang bagus dan gak bikin kantong jebol apa kira2 ya om?
kl ganti sendiri sehh mau merek apa aj jg sebenernya ga ad yg mahal2 amat koq.. mau yg pahe yahh bsa pake yg seiken, ini bawaan honda jg pake ini.. segalon 100an rbu beli di toda, prestone galon kuning jg kisaran sgituan..
sempat tny ke beres honda, ada 2 jenis mau yang long life atau yang standard. menurut om kalau buat mobil pribadi sendiri antara standard sama long life ini apakah memang ada beda signifikan seandainya selalu kuras air radiator maks per 50rb km atau 3 thn?
itu coolant ahond ane perna bandingin ama galonan yg seiken, yg 30 ama 50 % kandungan nya.. warna ama bau bau nya persis plek kl d compare side by side.. cuman yg long life (warna biru), kandungan konsentrat nya lebi tinggi aj (50%)
btw sejauh ini sehh mau pake coolant apapun, ane rule of thumb nya kuras tiap 2 taon skali, kcuali garage queen.. ini mahh bsa 5 taon skali.. dan smua nya masi gapapa, ga ad bocor, rembes, jebol dsb.. cuman biarpun ud coolant dr lahir, resiko karat tetep ad.. ipah ane yg dari lahir pake coolant toyota aj pas buka water pump ntuh ad karat nya dikit..
Numpang tanya ttg kuras radiator dong. Nemu topic ttg radiator cuman ini soale
Apakah tutorial cara kuras radiator di video ini bener? Terutama pas dialirin air keran buat bener bener bersihin sisa coolant lama? Klo salah, gimana cara yang bener nya ya?
Kebetulan mobilnya sama, avanza juga
Setelah baca komen2 diatas, mhn advice Om2 skalian.
Saya user HRV ud 2 taon. Dr awal jika air radiator berkurang saya nambahin pake air mineral. Trkhr pake air aki yg ad tulisan bs utk air radiator ( #anak polos wkwkwk ).
Skg mw taubat balik ke jln yg bnar ( pake coolant) mumpung blm kelamaan slh jalan.
Mhn advice sebaiknya apa yg dilakukan? Krn was2 jg klo gnti ke coolant spt komen2 diatas jd bocor n problem dsna sni.
Diatas saya baca di nawilis ad jasa kuras pake vacum. Apakah itu membantu agar gngguan2 yg trjdi krn kuras n ganti coolant jd terhindari? Thank you
Saya user HRV ud 2 taon. Dr awal jika air radiator berkurang saya nambahin pake air mineral. Trkhr pake air aki yg ad tulisan bs utk air radiator ( #anak polos wkwkwk ).
Skg mw taubat balik ke jln yg bnar ( pake coolant) mumpung blm kelamaan slh jalan.
Mhn advice sebaiknya apa yg dilakukan? Krn was2 jg klo gnti ke coolant spt komen2 diatas jd bocor n problem dsna sni.
Diatas saya baca di nawilis ad jasa kuras pake vacum. Apakah itu membantu agar gngguan2 yg trjdi krn kuras n ganti coolant jd terhindari? Thank you
Saya pernah d nawilis, di-vacuum itu biar bersih aja karena kesedot semuanya. Kalau mau ganti sendiri aja, baut drain hrv/brio/lio keliatan kok. Saya biasa pake Prestone yg dah galonan.
Saya user HRV ud 2 taon. Dr awal jika air radiator berkurang saya nambahin pake air mineral. Trkhr pake air aki yg ad tulisan bs utk air radiator ( #anak polos wkwkwk ).
Skg mw taubat balik ke jln yg bnar ( pake coolant) mumpung blm kelamaan slh jalan.
Mhn advice sebaiknya apa yg dilakukan? Krn was2 jg klo gnti ke coolant spt komen2 diatas jd bocor n problem dsna sni.
Diatas saya baca di nawilis ad jasa kuras pake vacum. Apakah itu membantu agar gngguan2 yg trjdi krn kuras n ganti coolant jd terhindari? Thank you
Saya pernah d nawilis, di-vacuum itu biar bersih aja karena kesedot semuanya. Kalau mau ganti sendiri aja, baut drain hrv/brio/lio keliatan kok. Saya biasa pake Prestone yg dah galonan.
SG58 wrote: Tue Jul 30, 2019 0:01
Sedot ini membantu menghindari resiko2 gnti ke coolant krn karat atau korosi? Thanks
Ga dua2nya, cuman lebi bersih aja n kalau mau ganti tipe coolant, sisa yg lama ga akan kecampur. Kalau mau ngmg karat/korosi, vacuum bs bantu cek apakah ada lubang karena karat/korosi atau ndak. Kalau ada lubang, pasti tekanan vacuumnya akan turun perlahan2.
SG58 wrote: Tue Jul 30, 2019 0:01
Sedot ini membantu menghindari resiko2 gnti ke coolant krn karat atau korosi? Thanks
Ga dua2nya, cuman lebi bersih aja n kalau mau ganti tipe coolant, sisa yg lama ga akan kecampur. Kalau mau ngmg karat/korosi, vacuum bs bantu cek apakah ada lubang karena karat/korosi atau ndak. Kalau ada lubang, pasti tekanan vacuumnya akan turun perlahan2.
SG58 wrote: Tue Jul 30, 2019 0:26
Jdi deg2an mau taubat ganti ke coolant wkwkwkkw
Santai om, hrv taun berapa ya? Sbenernya tinggal buka tutup radiator (bukan reservoir). Asal warna ga ada keruh/coklat sih, mestinya ga ada karat yg gimana banget.
HRV tahun 2017 Om...msi kinyis2.. br saja menyentuh 30rb KM
josomba wrote:
SG58 wrote: Tue Jul 30, 2019 0:26
Jdi deg2an mau taubat ganti ke coolant wkwkwkkw
Santai om, hrv taun berapa ya? Sbenernya tinggal buka tutup radiator (bukan reservoir). Asal warna ga ada keruh/coklat sih, mestinya ga ada karat yg gimana banget.
SG58 wrote: Tue Jul 30, 2019 0:52
HRV tahun 2017 Om...msi kinyis2.. br saja menyentuh 30rb KM
oooo, aman lah ga ada karat mestinya itu baru 2 tahun.....toh bukan isi air ledeng/tanah kan? hehehe. Dah vacuum aja kalau mau aman, nawilis pake Seiken.....ya itu bawaan Ahond juga, minta yg 50/50 kalau mau biar setara long life-nya Honda. Kalau isi yg premixed 30% sih ga masalah, tp tiap 2 tahun ganti.
SG58 wrote: Tue Jul 30, 2019 0:26
Jdi deg2an mau taubat ganti ke coolant wkwkwkkw
josomba wrote:
SG58 wrote: Tue Jul 30, 2019 0:01
Sedot ini membantu menghindari resiko2 gnti ke coolant krn karat atau korosi? Thanks
Ga dua2nya, cuman lebi bersih aja n kalau mau ganti tipe coolant, sisa yg lama ga akan kecampur. Kalau mau ngmg karat/korosi, vacuum bs bantu cek apakah ada lubang karena karat/korosi atau ndak. Kalau ada lubang, pasti tekanan vacuumnya akan turun perlahan2.
Aman kok om, saya ada great corolla tobat juga dari air ledeng ke coolant. Aman2 aja, tp sebelum ganti coolant sih radiator diservis dulu 'korok'
Sejauh ini aman2 aja, ngga ada masalah, udah pernah kuras juga warna nya tetep sama, ngga ada karat yg rontok atau gimana.
Digeber jakarta-malang juga no problem kemaren itu
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Om Josomba, coolant honda yg type 2 (biru) itu bisa di substitusi sama seiken 50/50 kah? Kalau kuras pake Honda mahal juga seliter rata2 110k, kalau butuh 5 liter jatuhnya lumayan. Walau ganti tiap 4-5 tahun.
SG58 wrote: Tue Jul 30, 2019 0:52
HRV tahun 2017 Om...msi kinyis2.. br saja menyentuh 30rb KM
oooo, aman lah ga ada karat mestinya itu baru 2 tahun.....toh bukan isi air ledeng/tanah kan? hehehe. Dah vacuum aja kalau mau aman, nawilis pake Seiken.....ya itu bawaan Ahond juga, minta yg 50/50 kalau mau biar setara long life-nya Honda. Kalau isi yg premixed 30% sih ga masalah, tp tiap 2 tahun ganti.