Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Carbro wrote:om kalo ganti oli cvt di honda hrv itu cuma buang yang lama masukin oli baru ya? atau ada cara lainnya?
kmrn beli oli cvt 4 liter ternyata yg dipake cuma 3,5 liter aja
Carbro wrote:om kalo ganti oli cvt di honda hrv itu cuma buang yang lama masukin oli baru ya? atau ada cara lainnya?
kmrn beli oli cvt 4 liter ternyata yg dipake cuma 3,5 liter aja
Saya penganut aliran kepercayaan, oli Matic tidak perlu di flush, cukup ganti lebih sering aja, toh habis nya juga sama antara di flush dengan 2x ganti.
Jadi logika nya gini, misal Matic kita pakai oli 100, dari 100 yang bisa diganti hanya 60, sisanya 40 "terjebak" di torque converter. Waktu kita ganti yang 60, berarti ada 60 oli baru yang masuk, tercampur dengan 40 oli lama. Nanti mungkin 20-30rb km lagi, masuk 60 baru lagi, tercampur dengan yang lama. Dengan begitu, konsentrasi kotoran dan kualitas oli tetap terjaga karena terus tercampur dengan oli baru.
Paling kalo tetap mau flush, setelah 2-3x ganti oli Matic baru di flush.
Tapi ini kepercayaan dan logika saya sih.. Beda orang beda kepercayaan.. Ha2..
Thanks bro.. gua jd agak paham.. kmren bru gnti pas 30k krn buku manual blg pas 40k.. cman logika gue kelamaan.. nah abis ini gua gnti kyknya per 10k ( saran de toda) krn katanya ga bs kuras matic.
liemivan86 wrote:
SG58 wrote:Pas nih ad pertnyaan terkait HRV. Kebetulan saya pemakai jg dan br mlai bljr rawat mbil.
Kmren br gnti oli CVT Hrv buang dr bawah. Pertnyaan nya, Oli CVt honda ini bsa di flush kah?
Apakah ad bengkel yg bs lakuin flush matic nya? Apa cman beres honda aja yg bsa?
Carbro wrote:om kalo ganti oli cvt di honda hrv itu cuma buang yang lama masukin oli baru ya? atau ada cara lainnya?
kmrn beli oli cvt 4 liter ternyata yg dipake cuma 3,5 liter aja
Saya penganut aliran kepercayaan, oli Matic tidak perlu di flush, cukup ganti lebih sering aja, toh habis nya juga sama antara di flush dengan 2x ganti.
Jadi logika nya gini, misal Matic kita pakai oli 100, dari 100 yang bisa diganti hanya 60, sisanya 40 "terjebak" di torque converter. Waktu kita ganti yang 60, berarti ada 60 oli baru yang masuk, tercampur dengan 40 oli lama. Nanti mungkin 20-30rb km lagi, masuk 60 baru lagi, tercampur dengan yang lama. Dengan begitu, konsentrasi kotoran dan kualitas oli tetap terjaga karena terus tercampur dengan oli baru.
Paling kalo tetap mau flush, setelah 2-3x ganti oli Matic baru di flush.
Tapi ini kepercayaan dan logika saya sih.. Beda orang beda kepercayaan.. Ha2..
SG58 wrote: Sun Jul 21, 2019 6:35
Thanks bro.. gua jd agak paham.. kmren bru gnti pas 30k krn buku manual blg pas 40k.. cman logika gue kelamaan.. nah abis ini gua gnti kyknya per 10k ( saran de toda) krn katanya ga bs kuras matic.
kalau ganti per 10ribu sih terlalu cepet juga ya alias banyak beramal ke bengkel.
Secepet2nya tiap 20 ribu aja om..... toh pabrikan transmisi cem Aisin juga di flyernya selalu sebut 20rb/2 tahun mana duluan.
SG58 wrote: Sun Jul 21, 2019 6:35
Thanks bro.. gua jd agak paham.. kmren bru gnti pas 30k krn buku manual blg pas 40k.. cman logika gue kelamaan.. nah abis ini gua gnti kyknya per 10k ( saran de toda) krn katanya ga bs kuras matic.
kalau ganti per 10ribu sih terlalu cepet juga ya alias banyak beramal ke bengkel.
Secepet2nya tiap 20 ribu aja om..... toh pabrikan transmisi cem Aisin juga di flyernya selalu sebut 20rb/2 tahun mana duluan.
Setuju. Itu bengkel agak keterlaluan sih kalo saran kan 10rb km sekali. Seminimal nya 20rb lah, atau 30rb km pun sebenarnya tidak apa-apa.
Saya penganut ganti mengikuti buku servis, pertama ganti oli cvt di km 16rb ato 2 thn, ganti selanjutnya di km 26rb ato 3,5 thn, itu juga krn pemikiran saya berasa transmisi uda mulai jedug dan jader (sepertinya hanya sugesti kalo jedug), tapi sering baca juga thread oli di SM, kesimpulan saya jadi lebih baik mempercepat ganti oli transmisi daripada ganti cvt, jadinya saya ganti rutin 1 thn sekali ato maksimal 10rb km hehehe
Carbro wrote:om kalo ganti oli cvt di honda hrv itu cuma buang yang lama masukin oli baru ya? atau ada cara lainnya?
kmrn beli oli cvt 4 liter ternyata yg dipake cuma 3,5 liter aja
Sebenernya kalo masih awam...paling gampang service perawatan di bengkel resmi om..tinggal ikutin di buku service..selama masih waktu garansi n max 100rb KM...tentram kog hati..setau saya beres H saranin 20rb KM walau di buku 40rb
epevert wrote: Sun Jul 21, 2019 12:09
Sebenernya kalo masih awam...paling gampang service perawatan di bengkel resmi om..tinggal ikutin di buku service..selama masih waktu garansi n max 100rb KM...tentram kog hati..setau saya beres H saranin 20rb KM walau di buku 40rb
Salah satu BeRes H tegak di domisili saya, nyaranin ganti di 80k KM
epevert wrote: Sun Jul 21, 2019 12:09
Sebenernya kalo masih awam...paling gampang service perawatan di bengkel resmi om..tinggal ikutin di buku service..selama masih waktu garansi n max 100rb KM...tentram kog hati..setau saya beres H saranin 20rb KM walau di buku 40rb
Salah satu BeRes H tegak di domisili saya, nyaranin ganti di 80k KM
Dan SA Nissan menyarankan ganti oli CVT T32 sesuai buku, 100rb km.. Ha2.. Saya harus ngotot minta ganti di 30rb km..
epevert wrote: Sun Jul 21, 2019 12:09
Sebenernya kalo masih awam...paling gampang service perawatan di bengkel resmi om..tinggal ikutin di buku service..selama masih waktu garansi n max 100rb KM...tentram kog hati..setau saya beres H saranin 20rb KM walau di buku 40rb
Salah satu BeRes H tegak di domisili saya, nyaranin ganti di 80k KM
Mantan pegawai T kali om heheheh....dulu apanjah saya disuruh ganti jg di 80k..stau saya di manual book mrk jg 80k..saya minta di 40k aja dulu...
liemivan86 wrote: Sun Jul 21, 2019 14:17
Dan SA Nissan menyarankan ganti oli CVT T32 sesuai buku, 100rb km.. Ha2.. Saya harus ngotot minta ganti di 30rb km..
wah sama om, dari jaman juki taun 2012an sampe t32 yg mulai dipiara 2015, SA di Nissan biasa ogah2an kalau minta ganti.... ujungn2ya pasti di luar BeRes buat ganti.
epevert wrote: Sun Jul 21, 2019 14:18
Mantan pegawai T kali om heheheh....dulu apanjah saya disuruh ganti jg di 80k..stau saya di manual book mrk jg 80k..saya minta di 40k aja dulu...
hahaha entah deh om, itu dulu bermula pas serpis 40K mau ganti oli cvt dibilang ndak usah, nanti aja di 80k.... eh kelupaan ganti terus (niatnya abis dari bengkel itu mau ganti ntuh oli sipiti)....baru akhirnya keganti di 70an ribu KM.
Maklumi saja SA nya sedang berusaha menjalankan prinsip bisnis principal ATPM nya...
Higher repair bills // ganti BPKB = more profit for them...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Kcuali beres H tegak, merek malah menggalakan pengantian oli cvt jauhhh lebi cepat dr schedule.. entah parno atau emg cvt nya ga bgt kuat atau biar laku aj tuh cvt oil nya
Tp kl dbilang ga kuat yah aneh jg krn utk beberapa parts, ini cvt nya masi sharing ama cvt beberapa kelas ahond d atas nya yg make enjin turbo
Pas baru angkat altis 2013 seken, rencana ganti CVT fluid di 75rb km, malah ditanyain sama N*smoco...,
Loh kenapa pak? Apakah ada keluhan?
Ya ngga ada mas, cuma udah jatah ganti aja, bisa toh?
Bisa pak, tapi pake prosedur kalo ada penggantian di dalam unit matic sehingga harus buang minyaknya.
Jadwal rutin ngga ada?
Ngga ada, kecuali untuk penggunaan berat (seperti di manual book) ganti di 100rb km.
Wah ganti aja mas pokoknya. Tap trus buang sampe abis segalon minimal.
Ajaib....ikut-ikutan Toyota USA yang dulu claim Cvt fluid nya lifetime ya untung deh masih nurut dan bisa ganti oli cvt nya.
Sudah ada yang pakai PTT Automat CVT nggak ya, kalau sudah ada yg pake bisa sharing reviewnya. Kalau secara datasheet perbandingan keduanya seperti ada ya om2 diatas kertas?
Makasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
SG58 wrote: Sun Jul 21, 2019 6:35
Thanks bro.. gua jd agak paham.. kmren bru gnti pas 30k krn buku manual blg pas 40k.. cman logika gue kelamaan.. nah abis ini gua gnti kyknya per 10k ( saran de toda) krn katanya ga bs kuras matic.
kalau ganti per 10ribu sih terlalu cepet juga ya alias banyak beramal ke bengkel.
Secepet2nya tiap 20 ribu aja om..... toh pabrikan transmisi cem Aisin juga di flyernya selalu sebut 20rb/2 tahun mana duluan.
iya. makanya saya bgung juga itu masa disuru gnti per 10rb KM. prediksi awal gua mgkin krna ga bsa flush, dia minta 10k awal ganti supaya dibuang lg sama sisa2 kotoran ( positive thinking ) qkkwkwkw.. cman gua akan ganti pas 20rb KM aja deh..
Accrot jadul bokap ane tahun 2002 VTI-L masih jalan sampe skarang, odometer read (90rb). Umur udah 17 tahun. Kaga rusak aneh2, mesin sehat, transmisi sehat (manual), ac dingin. Cuman ganti kaki2 doang + engine mounting + disc brake + kampas. Sama rawatan berkala biasa oli, filter udara, minyak rem, kuras radiator.
Japanese built quality jaman dulu masih pada superb, ketimbang skarang. Dikit-dikit rusak.
Apalagi si nissan. Semenjak gabung sama renault. Jadi ampas kualitasnya wakaka. Udah gitu si Carlos Ghosn dipenjara gara2 ketangkep basah nggelapin duit perusahaan. Double the trouble.
martinnn wrote: Thu May 23, 2019 2:12
kata scotty kilmer transmisi yang paling sering jebol itu buatan jatco dan yang reliable buatan aisin ....
Ngomong2 soal Matic Aisin (masih punya Toyota).
Skarang BMW all-new-series-1 (F40) yg penggeraknya jadi FWD + 4cyl turbo di M135i . Pakenya matic konvensional dari Aisin 8-speed. Ninggalin matic ZF dengan permasalahan mechatronicnya.
Mungkin karena terlalu dihujat sama kustomer for being unreliable driving machine, doi mulai tobat. Pake bbrapa parts yg made in japan. Atau jg BMW group matanya mulai melek semenjak kerjasama sama Toyota ngebangun Supra/Z4. Mereka mulai lihat gimana Toyota dengan cooperate philosophy Kaizen-nya yg mau continue improvement. How to build a long last car, not a car that breaks after the warranty expired. Which is good.
Tapi ga tau kenapa cvt honda saya lebih nyaman....drmh ada cvt nya yasir...kog kayanya kurang greget....mgkin pengaruh powernya yasir ya yg lebih kecil dibanding lio saya....
Kalau saya malah kebalikan oom, gak pernah suka sama matic nya Honda..
Matic di Honda kalau kita push sambil left brake yang ada throtle cut mau di konvensional atau cvt, kalau di mobil lain ndak..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
NYoman wrote: Fri Aug 09, 2019 1:40
Kalau saya malah kebalikan oom, gak pernah suka sama matic nya Honda..
Matic di Honda kalau kita push sambil left brake yang ada throtle cut mau di konvensional atau cvt, kalau di mobil lain ndak..
Berarti cut limiter speed yah? bukan dari sisi transmisi nya.
Honda max memang 150 untuk Mobilio,
CVT jebol ada cerita, bulan lalu serena C26 kantor dipakai ke jogja, odo 70k rutin servis beres, mobil tahun 2015. Waktu arah pulang kembali ke jakarta terpaksa di towing krn mobil mogok, dibawa ke beres nissan cvt nya jebol tagihan 70jt an ganti segelondong. Apakah bener xtronic nissan kalau buat rute tol jauh gini panas ya? penasaran aja saya , kata bengkel ad beberapa kejadian gini alasannya krn sdh diatas 3th (alasan g masuk akal sih hahaa)
marama wrote: Fri Aug 09, 2019 2:52
CVT jebol ada cerita, bulan lalu serena C26 kantor dipakai ke jogja, odo 70k rutin servis beres, mobil tahun 2015. Waktu arah pulang kembali ke jakarta terpaksa di towing krn mobil mogok, dibawa ke beres nissan cvt nya jebol tagihan 70jt an ganti segelondong. Apakah bener xtronic nissan kalau buat rute tol jauh gini panas ya? penasaran aja saya , kata bengkel ad beberapa kejadian gini alasannya krn sdh diatas 3th (alasan g masuk akal sih hahaa)