Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:21
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Vote cortez 1.8 klo ga mikirin rv dan bensin,pernah test drive 60km an doang pke cortez dan lebih enak dibanding rush avanza tapi 11 12 ama xpander.
Turut bersimpati untuk unit xpander yg bnyak masalah ,meskipun unit saya baru 1 tahun 5 bulan (11.000km) ga ad penyakit sama sekali selain lemot
Turut bersimpati untuk unit xpander yg bnyak masalah ,meskipun unit saya baru 1 tahun 5 bulan (11.000km) ga ad penyakit sama sekali selain lemot
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Sori nda bisa potong quote. Entah kenapa aplikasi SM ini tidak bisa potong quote..imansyx wrote:Iya makanya baru inget malah saya kalau sienta ada manualnya. Biar test drive aja dulu deh biar semua pihak puas heheSquamega wrote: Wed May 29, 2019 8:05
klo saya sih lebih milih sienta 1,5 V (itu ada manualnya) dan harga sekitar 264jtan. minggu lalu sempet test drive sienta iseng2 sekalian nunggu XV50 saya service di beres, dan lumayan kok om. untuk akses menurut saya jg mudah untuk nenek om karna ga begitu tinggi, cuma ya dalemnya sumpek dan menurut saya mirip2 sama freed. dan 1 lagi beres toyota ada dimana mana pastinya ketimbang wuling.
saya baru pernah lihat di pameran aja dan itupun di kelapa gading mall dan banyak orang jadi belum kebayang real world sizenya cortez itu seberapa ya kalau ternyata sebesar itu kok agak mematikan juga yademonicorchestra wrote: Wed May 29, 2019 8:16 Klo udh ada pengalaman ngerawat avanza, mending ambil sienta aja, plus sliding doornya kerasa ngemudahin akses masuk bgt dan bentuknya paling compact dibanding cortez yg dimensinya agak bongsor setara innova/grandis![]()
berapaan ya om diskon sienta sekarang? sempet denger 35 up ya?pendoli wrote: Wed May 29, 2019 9:10 Sienta V aja.. minta diskon yg guede. Beli 2nd muda juga gpp om masi mulus n sehat kebanyakan
iya om tapi mau test drive dulu nih mastiin akses masuknya..
wah suhu media otomotif bersabda![]()
Dengan 1.8 bukannya, contoh kebutuhan oli jadi lebih banyak juga ya om? untuk cortez ini ada service inclusivenya seperti xpander gitu atau gimana yah?ak4ng wrote: Wed May 29, 2019 11:22 Cortez 1.8 manual dong ah, value for money and antimainstream, harga parts juga so so
laahh iya baru melototin brosur ternyata tipe C sama tipe L suspensi belakangnya bedaliemivan86 wrote: Wed May 29, 2019 11:58 Sebenarnya kalo lihat dari kriteria nya sih ini cocok banget dengan Cortez. Cari yang empuk, nyaman, tidak peduli dengan fun to drive. Saya juga pengguna Cortez, dan so far ini mobil yang enak, nyaman, perawatan juga murah.
Saran saya sih, kalo ada budget sampai 300 dan cari manual, ambil 1.8 manual L lux+. Gimana2 Mesin NA pasti lebih bandel dibanding mesin Turbo, dan tenaga juga lebih instan, tidak ada Turbo lag. Kalo cari Matic, saya sarankan CT CVT. Tipe L untuk yang full independent suspension dan lux+ untuk yang captain seat.
Kalo dibanding sienta, mungkin bisa dibandingkan dimensi nya saja, mana yang lebih disukai. Yang pasti, Cortez ini panjang banget, lebih panjang dari Innova lama.semoga pas TD nanti ada 2-2nya deh biar bisa dibandingin.
Anyway, menurut saya sih, nda perlu TD yang C. Dengan budget segitu, langsung TD yang L aja, daripada nanti merasa beda tidak banyak, lalu ambil C, nanti malah nyesel kenapa nda ambil L.
Soal dimensi, Cortez sedikit lebih panjang dari Innova lama, tapi radius putar nya ok sih. Jadi setir nya lumayan patah.
Sienta pilihan menarik sih, dulu sempat tertarik buat istri, tapi istri benci banget sm tuas Matic nya yang di lantai. Entah yang manual ya.. Tapi memang lantai nya lebih rendah dari Cortez, jadi keluar masuk harusnya lebih gampang ya. Bibir bagasi juga lebih rendah sienta..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
1. oh ini memang common issue ya.imansyx wrote: Fri May 31, 2019 2:47 masalah yg saya temuin:
1. Shock belakang agak bocor - belum diklaim
2. Bunyi blubuk2 kecil seperti suara support shock honda waktunya ganti - sudah komplain, muncul lagi
3. Idle up kecil ketika creeping / mundur perlahan - sudah update ecu terbaru tetap sama
4. Power window driver side mati total ketika kaca pengemudi terbuka lebar - sudah diklaim, diganti switch p/w nya emergency tengah malam oleh Mitsubishi karena garasi saya kanopi atas saja.
begitulah om nasib unit saya...
2. bunyi ginian memang ngeselin. apalagi FWD yg bikin tambah kerjaan lagi bunyi asli darimana

3. oh saya kira ini sudah solved ya.
4. kalau ini mungkin hanya per unit yang kena ya?
thanks om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Sy barusan ambil unit cortez CT turbo cvt dan mobilnya enak nyaman coy haha
Recommend untuk test drive dan rasakan sendiri hehe
Recommend untuk test drive dan rasakan sendiri hehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Sebenarnya soal nyaman, cortez lebih nyaman seharusnya ya.
Sienta ok kalau soal kemudahan akses keluar masuk untuk orang tua.
6 speed di sienta juga close ratio, jadi lari 100 pun rpm sudah 3000an kalau ga salah.
Sebenernya kalau sienta mending yg CVTnya sih.
Tapi paling enak ajak keluarga untuk TD semua, simulasikan untuk pemakaian kebutuhan harian.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Sienta ok kalau soal kemudahan akses keluar masuk untuk orang tua.
6 speed di sienta juga close ratio, jadi lari 100 pun rpm sudah 3000an kalau ga salah.
Sebenernya kalau sienta mending yg CVTnya sih.
Tapi paling enak ajak keluarga untuk TD semua, simulasikan untuk pemakaian kebutuhan harian.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Fri May 31, 2019 12:07
- Location: Kota Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki Karimun
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Kalo diantara 2 ini meskipun cortez enak tapi entah kenapa kalo saya tetep pilih sienta om, meskipun bisa dibilang modelnya bukan selera semua orang. Tapi entah kenapa lama kelamaan liat modelnya sienta udah biasa dengan "keanehannya" dan interior sienta juga khas JDM pengaturannya bikin saya suka sama ini mobil. Jujur agak kesel kenapa honda ga keluarin freed buat lawan sienta.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Alasannya simpel Om. Kalo freed di harga 300-350 jt an, siapa yang mau beli?yehezkiels98 wrote:Kalo diantara 2 ini meskipun cortez enak tapi entah kenapa kalo saya tetep pilih sienta om, meskipun bisa dibilang modelnya bukan selera semua orang. Tapi entah kenapa lama kelamaan liat modelnya sienta udah biasa dengan "keanehannya" dan interior sienta juga khas JDM pengaturannya bikin saya suka sama ini mobil. Jujur agak kesel kenapa honda ga keluarin freed buat lawan sienta.
Saya pribadi sih setiap lihat freed baru di Jepang, langsung ingat ertiga lama. Terutama kalo dari belakang..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Sun Mar 05, 2017 7:05
- Location: Bandung
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Sebenarnya kan kalo sesuai kriteria yang diinginkan ya pilihannya sienta 
Ukuran compact tapi 7 seat
Akses masuk mudah..bagasi rata lantai...
Bbm juga bisa pertalite
Lumayan Irit juga kok
Perawatan ya worry free ala toyota
Udah 3 thn sy pake..masih ga minat buat ganti ke yang lain....udah pasang belalai soluna+koyo adpower+filter K&N jadi bisa ngacir ngga ngempos ..
Di tol bawa 140 kph juga masih stabil
Kekurangan menurut sy
Radius putar kaya mobil gede
Kalo full 7 orang memang kerasa sempit
Ukuran compact tapi 7 seat
Akses masuk mudah..bagasi rata lantai...
Bbm juga bisa pertalite
Lumayan Irit juga kok
Perawatan ya worry free ala toyota
Udah 3 thn sy pake..masih ga minat buat ganti ke yang lain....udah pasang belalai soluna+koyo adpower+filter K&N jadi bisa ngacir ngga ngempos ..
Di tol bawa 140 kph juga masih stabil
Kekurangan menurut sy
Radius putar kaya mobil gede
Kalo full 7 orang memang kerasa sempit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Koyo adpower berpengaruh om?, Mobilnya jadi gimana?Crossoverjersey wrote: Tue Jun 04, 2019 19:56 Sebenarnya kan kalo sesuai kriteria yang diinginkan ya pilihannya sienta
Ukuran compact tapi 7 seat
Akses masuk mudah..bagasi rata lantai...
Bbm juga bisa pertalite
Lumayan Irit juga kok
Perawatan ya worry free ala toyota
Udah 3 thn sy pake..masih ga minat buat ganti ke yang lain....udah pasang belalai soluna+koyo adpower+filter K&N jadi bisa ngacir ngga ngempos ..
Di tol bawa 140 kph juga masih stabil
Kekurangan menurut sy
Radius putar kaya mobil gede
Kalo full 7 orang memang kerasa sempit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Nah ini yg ingin ane highlight suspensi berasa mewah. Suspensi sienta mnrt ane ok bgt, stabil n ga limbung, kena jln jelek rasanya cm suspensi yg gerak, body mbl ga godek2, berasa mbl mewah hahahaJukeJoken wrote: Thu May 30, 2019 3:56Saya pake Sienta V CVT 2017. Driving Experiencenya rasanya kayak bawa yaris yang suspensinya diperlimbungkunaskun wrote: Wed May 29, 2019 17:19bisa sharing sedikit soal driving experience? saya penasaran soal driving experience Sienta ini, googling sana sini dan di youtuber malah hanya dibahas sebentar, jrg banget yang bahas ini mobil. selama ini mau TD ga pernah kesampaian. yang saya tangkap hanya banyak yg blg nanjak susah untuk generasi awal = solusi pasang belalai dari intake ke grill supaya dapat fresh air langsung (sudah diperbaiki di improvement 2018?), kalau masih susah juga coba klaim ganti ECU. sisanya ga adaRollinBoss5009 wrote: Wed May 29, 2019 15:11 Sienta. Saya pake Q matic yah. Problem sama, ayah saya on the wrong side of 70 yah, abis bypass ada problem ama mobilitas. Dulu biasa mobil operasional beliau rush, cmn naik turun jadi susah apalagi kl pas harus kontrolnya ke rs. William booth surabaya krn salah satu dr.nya prakteknya disana. Lainnya setim di premier semua kl kontrol. Nah kl sienta ini selain sliding door, ini aga kontroversial yah.. krn disini memuja captain seat. Tp kl situasinya harus bawa manula dan kondisi mobilitas terbatas, bench seatnya sienta nolong banget. Bisa masuk kanan, keluar kiri tinggal geser gampang ataupun sebaliknya.. meskipun bawa tongkat segala. Kl masalah neneknya butuh sandaran tangan, solusinya.. bantal sofa ruang tamu pindahin atu ato dua kemobil. Trs bangku belakang kl dilipat, akses buat load/unload kursi roda itu nyaman banget, krn dia ngelipetnya rata kedepan bukan kanan kiri keatas ala freed, ipah, ma fortie.. yg lumayan bikin challenging utk muat kursi roda plus bagasi lain2nya. Plus row 3 sienta, biarpun g ideal.. surprisingly comfy dan manusiawi utk 175cm. Dibanding kompetitornya direntang harga ini yah. Kl cortez benernya saiznya ipah plus jd g bisa head to head. Trs sienta, krn dia toyota.. dan kebetulan g sbrp laku.. mestinya diskonnya lumayan banget.. dulu pas bungkus pas jaman diskon 45an
. Plus aftersalesnya yah tipikal toyota yah. Spareparts utk yg kw kurang tau krn selama ini rutin servis auto2000. Tp kl jateng kan dipegang nasmoco yah. Jd mungkin agak beda. Tp ini faktor luck siy.
penasaran aja barang asli JDM ini seberapa menarik.
Larinya sih lumayan , CVTnya juga responnya gak lemot. 2 tahun pake sampe 56000 KM belom pernah ada ngalamin susah nanjak sih , masuk mode manual tahan di gigi 1 cukup buat nanjak. Suspensinya kalau menurut saya enak , bantingan suspensinya berasa mewah
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Daripada Sienta mending Cortez CT. Atau kalau ga, ambil aja Cortez 1.8 nya.
Itu mobil di-design untuk penumpang kenyamanan nya jauh diatas Sienta.
Saya numpang Sienta milik orang lain, di dalamnya berasa sempit sih.... Dan bantingan/suspensi nya ya seperti mobil kecil hatchback ala² Yaris/Jazz.
Itu mobil di-design untuk penumpang kenyamanan nya jauh diatas Sienta.
Saya numpang Sienta milik orang lain, di dalamnya berasa sempit sih.... Dan bantingan/suspensi nya ya seperti mobil kecil hatchback ala² Yaris/Jazz.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Klo untuk org tua yg membutuhkan akses mudah tentu ambil Sienta aja om. Pintu geser dan tidak tinggi...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Terima kasih om - om sekalian.. kemarin waktu Mudik akhirnya kami membawa Nenek ke berbagai dealer mobil. Dan akhirnya inilah hasilnya khusus untuk akses:
1. Xpander / Livina = Susah!!!! & bibir bagasi rata tapi tinggi untuk akses kursi roda
2. Rush / Terios = Ga bisa naik sama sekali. Harus pakai kursi dingklik untuk tanjakan 1x baru bisa naik. Bibir bagasi tinggi tapi masih ok
3. Sienta = Luar biasa gampang akses 2nd row dan bibir bagasi lebih ceper lagi dibanding Freed
4. Ertiga = Bisa naik dan bibir bagasi bisa ditolerir.
Kandidat lain yang non 7 seat:
1. HR-V = Akses 2nd row susah.
2. S-Cross = Akses 2nd row bisa naik, bibir bagasi bisa ditolerir tapi mepet size kursi roda.
Yang ditunggu - tunggu sebenarnya pengin ke Dealer Wuling akan tetapi lokasinya jauh... dan Nenek saya sudah kecapaian akhirnya batal.
Akhirnya sampai sekarang di post-poned karena saya sudah kembali ke Jakarta
Sejauh ini kandidat adalah Sienta / Ertiga / S-Cross
1. Xpander / Livina = Susah!!!! & bibir bagasi rata tapi tinggi untuk akses kursi roda
2. Rush / Terios = Ga bisa naik sama sekali. Harus pakai kursi dingklik untuk tanjakan 1x baru bisa naik. Bibir bagasi tinggi tapi masih ok
3. Sienta = Luar biasa gampang akses 2nd row dan bibir bagasi lebih ceper lagi dibanding Freed
4. Ertiga = Bisa naik dan bibir bagasi bisa ditolerir.
Kandidat lain yang non 7 seat:
1. HR-V = Akses 2nd row susah.
2. S-Cross = Akses 2nd row bisa naik, bibir bagasi bisa ditolerir tapi mepet size kursi roda.
Yang ditunggu - tunggu sebenarnya pengin ke Dealer Wuling akan tetapi lokasinya jauh... dan Nenek saya sudah kecapaian akhirnya batal.
Akhirnya sampai sekarang di post-poned karena saya sudah kembali ke Jakarta

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
vote sienta om...saya di solo jg...adek pakai sienta Q,kadang saya pakai jg tukeran mbl sama adek...ini sienta mbl enak koq...di tol jg cukup stabil...akses keluar masuk enak kalau ada slidding door gni...aplg lantai nya rendah...untuk ortu dan anak2 cocok dah ini mbl
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Jan 24, 2017 7:50
Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?
Bisa review om Cortez turbo nya pemakaian selama ini, terutama gluduk gluduk di kaki kakinya. Sdh claim apa saja? Thanks.mobilover wrote: Fri May 31, 2019 9:04 Sy barusan ambil unit cortez CT turbo cvt dan mobilnya enak nyaman coy haha
Recommend untuk test drive dan rasakan sendiri hehe