Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by imansyx »

Selamat siang rekan2 SM semua,

Kebetulan ada rencana untuk menambah kendaraan di rumah Solo, Jateng, dengan kriteria dan kondisi sebagai berikut:

Kondisi:
1. Saat ini ada Avanza 2011 beli 2nd dari Jakarta yang kondisinya.... sudah agak kurang dan City 2003 yang hanya muat 5 orang;
2. Kendaraan tersebut digunakan untuk sehari-hari Nenek, dengan yang mengemudi adalah adik ibu saya;
3. Akan sangat jarang digunakan. Freed 2009 yang saya pakai sekarang adalah ex-Nenek dengan odo saat saya terima di 2015 on-going 15 ribuan KM; City saat ini 23 ribuan KM, asumsi pemakaian kendaraan baru kurang lebih sama.
4. Beliau duduk di belakang dan membutuhkan akses yang mudah;
5. Yang merawat awam dunia otomotif.

oleh sebab itu, kriteria terhadap kendaraan baru ini adalah:
1. Budget maksimal 300 juta & kendaraan baru;
2. Dimensi kompak namun 7 seat;
3. Konsumsi BBM tidak masalah;
4. Empuk dan NVH juara, fun to drive nomor kesekian;
5. Akses kabin mudah;
6. Harus bisa minim perawatan (servis berkala ikut waktu);
7. Dan 1 lagi paling penting, mutlak harus transmisi manual.

Sudah sempat test drive Terios, nyatanya Nenek saya ga bisa naik :big_slap: Ertiga tidak mau, Xpander sudah kenyang dengan masalah di unit saya, pun kembarannya si Livina transmisi manual hanya ada tipe rendah. Minggu depan saya mudik ke Solo dan rencana test drive mendatangkan Cortez dan Sienta ke rumah untuk dicoba akses Nenek saya. Untuk Cortez ini jujur saya bingung sampai ada 3 pilihan mesin transmisi manual.

Dari 1.5, 1.5T dan 1.8 pilihan paling make sense untuk dalam kota & mobil yang ditinggal, mesin yang mana ya? dan apakah ada rekomendasi mobil lain...

Terima kasih :big_blushing:
Squamega
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Apr 25, 2019 2:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Luxury - XV50

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by Squamega »

imansyx wrote: Wed May 29, 2019 7:51 Selamat siang rekan2 SM semua,

Kebetulan ada rencana untuk menambah kendaraan di rumah Solo, Jateng, dengan kriteria dan kondisi sebagai berikut:

Kondisi:
1. Saat ini ada Avanza 2011 beli 2nd dari Jakarta yang kondisinya.... sudah agak kurang dan City 2003 yang hanya muat 5 orang;
2. Kendaraan tersebut digunakan untuk sehari-hari Nenek, dengan yang mengemudi adalah adik ibu saya;
3. Akan sangat jarang digunakan. Freed 2009 yang saya pakai sekarang adalah ex-Nenek dengan odo saat saya terima di 2015 on-going 15 ribuan KM; City saat ini 23 ribuan KM, asumsi pemakaian kendaraan baru kurang lebih sama.
4. Beliau duduk di belakang dan membutuhkan akses yang mudah;
5. Yang merawat awam dunia otomotif.

oleh sebab itu, kriteria terhadap kendaraan baru ini adalah:
1. Budget maksimal 300 juta & kendaraan baru;
2. Dimensi kompak namun 7 seat;
3. Konsumsi BBM tidak masalah;
4. Empuk dan NVH juara, fun to drive nomor kesekian;
5. Akses kabin mudah;
6. Harus bisa minim perawatan (servis berkala ikut waktu);
7. Dan 1 lagi paling penting, mutlak harus transmisi manual.

Sudah sempat test drive Terios, nyatanya Nenek saya ga bisa naik :big_slap: Ertiga tidak mau, Xpander sudah kenyang dengan masalah di unit saya, pun kembarannya si Livina transmisi manual hanya ada tipe rendah. Minggu depan saya mudik ke Solo dan rencana test drive mendatangkan Cortez dan Sienta ke rumah untuk dicoba akses Nenek saya. Untuk Cortez ini jujur saya bingung sampai ada 3 pilihan mesin transmisi manual.

Dari 1.5, 1.5T dan 1.8 pilihan paling make sense untuk dalam kota & mobil yang ditinggal, mesin yang mana ya? dan apakah ada rekomendasi mobil lain...

Terima kasih :big_blushing:
klo saya sih lebih milih sienta 1,5 V (itu ada manualnya) dan harga sekitar 264jtan. minggu lalu sempet test drive sienta iseng2 sekalian nunggu XV50 saya service di beres, dan lumayan kok om. untuk akses menurut saya jg mudah untuk nenek om karna ga begitu tinggi, cuma ya dalemnya sumpek dan menurut saya mirip2 sama freed. dan 1 lagi beres toyota ada dimana mana pastinya ketimbang wuling.
User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Wed May 03, 2017 6:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by demonicorchestra »

Klo udh ada pengalaman ngerawat avanza, mending ambil sienta aja, plus sliding doornya kerasa ngemudahin akses masuk bgt dan bentuknya paling compact dibanding cortez yg dimensinya agak bongsor setara innova/grandis
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by Winz »

Toyota Sienta aja, om, ada sliding door

Asal bisa komprosi aja sama Eksterior'nya

Karena mmg bukan Selera Konsumen Indo DM

Bdw apa aja penyakit bawaan 1st batch Esblender?
User avatar
pendoli
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1316
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by pendoli »

Sienta V aja.. minta diskon yg guede. Beli 2nd muda juga gpp om masi mulus n sehat kebanyakan
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by Jindanjun »

Sienta manual om nyaman dan ga ribet rawatnya
ap kt nt aj
medkintos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Wed Apr 20, 2016 16:23
Location: jakarta
Daily Vehicle: C180 W204

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by medkintos »

sienta manual li...
mari ber Kendara! web | youtube
------
W204 C180 '11 | W211 E280 ‘09 | W166 GLE400 '17 | W244 B170 ‘08 | Dodge Journey '11 | HR-V E '16 | T32 '17 | Harrier XU30 ‘12 | Ranger Wildtrak ‘14 | Mazda8 | Q5 '10
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by ak4ng »

Cortez 1.8 manual dong ah, value for money and antimainstream, harga parts juga so so
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by liemivan86 »

imansyx wrote:Selamat siang rekan2 SM semua,

Kebetulan ada rencana untuk menambah kendaraan di rumah Solo, Jateng, dengan kriteria dan kondisi sebagai berikut:

Kondisi:
1. Saat ini ada Avanza 2011 beli 2nd dari Jakarta yang kondisinya.... sudah agak kurang dan City 2003 yang hanya muat 5 orang;
2. Kendaraan tersebut digunakan untuk sehari-hari Nenek, dengan yang mengemudi adalah adik ibu saya;
3. Akan sangat jarang digunakan. Freed 2009 yang saya pakai sekarang adalah ex-Nenek dengan odo saat saya terima di 2015 on-going 15 ribuan KM; City saat ini 23 ribuan KM, asumsi pemakaian kendaraan baru kurang lebih sama.
4. Beliau duduk di belakang dan membutuhkan akses yang mudah;
5. Yang merawat awam dunia otomotif.

oleh sebab itu, kriteria terhadap kendaraan baru ini adalah:
1. Budget maksimal 300 juta & kendaraan baru;
2. Dimensi kompak namun 7 seat;
3. Konsumsi BBM tidak masalah;
4. Empuk dan NVH juara, fun to drive nomor kesekian;
5. Akses kabin mudah;
6. Harus bisa minim perawatan (servis berkala ikut waktu);
7. Dan 1 lagi paling penting, mutlak harus transmisi manual.

Sudah sempat test drive Terios, nyatanya Nenek saya ga bisa naik :big_slap: Ertiga tidak mau, Xpander sudah kenyang dengan masalah di unit saya, pun kembarannya si Livina transmisi manual hanya ada tipe rendah. Minggu depan saya mudik ke Solo dan rencana test drive mendatangkan Cortez dan Sienta ke rumah untuk dicoba akses Nenek saya. Untuk Cortez ini jujur saya bingung sampai ada 3 pilihan mesin transmisi manual.

Dari 1.5, 1.5T dan 1.8 pilihan paling make sense untuk dalam kota & mobil yang ditinggal, mesin yang mana ya? dan apakah ada rekomendasi mobil lain...

Terima kasih :big_blushing:
Sebenarnya kalo lihat dari kriteria nya sih ini cocok banget dengan Cortez. Cari yang empuk, nyaman, tidak peduli dengan fun to drive. Saya juga pengguna Cortez, dan so far ini mobil yang enak, nyaman, perawatan juga murah.

Saran saya sih, kalo ada budget sampai 300 dan cari manual, ambil 1.8 manual L lux+. Gimana2 Mesin NA pasti lebih bandel dibanding mesin Turbo, dan tenaga juga lebih instan, tidak ada Turbo lag. Kalo cari Matic, saya sarankan CT CVT. Tipe L untuk yang full independent suspension dan lux+ untuk yang captain seat.

Kalo dibanding sienta, mungkin bisa dibandingkan dimensi nya saja, mana yang lebih disukai. Yang pasti, Cortez ini panjang banget, lebih panjang dari Innova lama.
Majira
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Dec 07, 2015 7:11

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by Majira »

Coba TD cortez deh om, budget segitu bs dapet tertingginya, empuk, didalem juga senyap, dibelakang nyaman karena independent suspension nya, kabin juga luas, kalo manual mending coba yg 1.8 aja
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by kunaskun »

imansyx wrote: Wed May 29, 2019 7:51 Selamat siang rekan2 SM semua,

Kebetulan ada rencana untuk menambah kendaraan di rumah Solo, Jateng, dengan kriteria dan kondisi sebagai berikut:

Kondisi:
1. Saat ini ada Avanza 2011 beli 2nd dari Jakarta yang kondisinya.... sudah agak kurang dan City 2003 yang hanya muat 5 orang;
2. Kendaraan tersebut digunakan untuk sehari-hari Nenek, dengan yang mengemudi adalah adik ibu saya;
3. Akan sangat jarang digunakan. Freed 2009 yang saya pakai sekarang adalah ex-Nenek dengan odo saat saya terima di 2015 on-going 15 ribuan KM; City saat ini 23 ribuan KM, asumsi pemakaian kendaraan baru kurang lebih sama.
4. Beliau duduk di belakang dan membutuhkan akses yang mudah;
5. Yang merawat awam dunia otomotif.

oleh sebab itu, kriteria terhadap kendaraan baru ini adalah:
1. Budget maksimal 300 juta & kendaraan baru;
2. Dimensi kompak namun 7 seat;
3. Konsumsi BBM tidak masalah;
4. Empuk dan NVH juara, fun to drive nomor kesekian;
5. Akses kabin mudah;
6. Harus bisa minim perawatan (servis berkala ikut waktu);
7. Dan 1 lagi paling penting, mutlak harus transmisi manual.
2. sienta terbaik, 7 seat, untuk bangku terakhir pun karena ketolong khas body kotak jadi lumayan banget untuk headroom, walau terbatas di shoulder room karena faktor ukuran lebar kendaraan.
5. saya rasa akses paling mudah sienta, karena seingat saya cortez itu rasanya ketika naik lebih tinggi dari confero, agak mirip ertiga kayanya.
6. nah ini jagonya toyota, apalagi sienta itu mesinnya akan jadi the next legend daitoyo. tapi ya ga bsia dibilang confero jelek juga, karena kan masih baru.
7. seingat saya sienta manual 6 spped ini banyak dipuji Fitra eri, karena karakternya short shift, gear ratio pendek2, berasa sporty.

Sudah sempat test drive Terios, nyatanya Nenek saya ga bisa naik :big_slap: Ertiga tidak mau, Xpander sudah kenyang dengan masalah di unit saya, pun kembarannya si Livina transmisi manual hanya ada tipe rendah. Minggu depan saya mudik ke Solo dan rencana test drive mendatangkan Cortez dan Sienta ke rumah untuk dicoba akses Nenek saya. Untuk Cortez ini jujur saya bingung sampai ada 3 pilihan mesin transmisi manual.

Dari 1.5, 1.5T dan 1.8 pilihan paling make sense untuk dalam kota & mobil yang ditinggal, mesin yang mana ya? dan apakah ada rekomendasi mobil lain...

Terima kasih :big_blushing:
dari sekian banyak varian untuk dalkot saya pilih 1.8, lebih boros dari 1.5 dan 1.5T tapi pulling power di rpm rendah pasti lebih enak, karena secara natural mesin bensin kapasitas besar kan gitu, kalau yang 1.5T power & torque lebih besar tapi dari pantauan di youtube dsb tetap ada lag khas turbo jadi rasanya kruang nyaman ya untuk dalkot, dikit2 seperti nyentak terlebih dikombo dengan manual.
--

btw saya malah pengen tahu masalah di xpander apalagi? yang paling umum setahu saya sok belakang yang gampang bocor?.
RollinBoss5009
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Jun 02, 2016 21:52

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by RollinBoss5009 »

Sienta. Saya pake Q matic yah. Problem sama, ayah saya on the wrong side of 70 yah, abis bypass ada problem ama mobilitas. Dulu biasa mobil operasional beliau rush, cmn naik turun jadi susah apalagi kl pas harus kontrolnya ke rs. William booth surabaya krn salah satu dr.nya prakteknya disana. Lainnya setim di premier semua kl kontrol. Nah kl sienta ini selain sliding door, ini aga kontroversial yah.. krn disini memuja captain seat. Tp kl situasinya harus bawa manula dan kondisi mobilitas terbatas, bench seatnya sienta nolong banget. Bisa masuk kanan, keluar kiri tinggal geser gampang ataupun sebaliknya.. meskipun bawa tongkat segala. Kl masalah neneknya butuh sandaran tangan, solusinya.. bantal sofa ruang tamu pindahin atu ato dua kemobil ✌️😅. Trs bangku belakang kl dilipat, akses buat load/unload kursi roda itu nyaman banget, krn dia ngelipetnya rata kedepan bukan kanan kiri keatas ala freed, ipah, ma fortie.. yg lumayan bikin challenging utk muat kursi roda plus bagasi lain2nya. Plus row 3 sienta, biarpun g ideal.. surprisingly comfy dan manusiawi utk 175cm. Dibanding kompetitornya direntang harga ini yah. Kl cortez benernya saiznya ipah plus jd g bisa head to head. Trs sienta, krn dia toyota.. dan kebetulan g sbrp laku.. mestinya diskonnya lumayan banget.. dulu pas bungkus pas jaman diskon 45an 😅. Plus aftersalesnya yah tipikal toyota yah. Spareparts utk yg kw kurang tau krn selama ini rutin servis auto2000. Tp kl jateng kan dipegang nasmoco yah. Jd mungkin agak beda. Tp ini faktor luck siy.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by kunaskun »

RollinBoss5009 wrote: Wed May 29, 2019 15:11 Sienta. Saya pake Q matic yah. Problem sama, ayah saya on the wrong side of 70 yah, abis bypass ada problem ama mobilitas. Dulu biasa mobil operasional beliau rush, cmn naik turun jadi susah apalagi kl pas harus kontrolnya ke rs. William booth surabaya krn salah satu dr.nya prakteknya disana. Lainnya setim di premier semua kl kontrol. Nah kl sienta ini selain sliding door, ini aga kontroversial yah.. krn disini memuja captain seat. Tp kl situasinya harus bawa manula dan kondisi mobilitas terbatas, bench seatnya sienta nolong banget. Bisa masuk kanan, keluar kiri tinggal geser gampang ataupun sebaliknya.. meskipun bawa tongkat segala. Kl masalah neneknya butuh sandaran tangan, solusinya.. bantal sofa ruang tamu pindahin atu ato dua kemobil ✌️😅. Trs bangku belakang kl dilipat, akses buat load/unload kursi roda itu nyaman banget, krn dia ngelipetnya rata kedepan bukan kanan kiri keatas ala freed, ipah, ma fortie.. yg lumayan bikin challenging utk muat kursi roda plus bagasi lain2nya. Plus row 3 sienta, biarpun g ideal.. surprisingly comfy dan manusiawi utk 175cm. Dibanding kompetitornya direntang harga ini yah. Kl cortez benernya saiznya ipah plus jd g bisa head to head. Trs sienta, krn dia toyota.. dan kebetulan g sbrp laku.. mestinya diskonnya lumayan banget.. dulu pas bungkus pas jaman diskon 45an 😅. Plus aftersalesnya yah tipikal toyota yah. Spareparts utk yg kw kurang tau krn selama ini rutin servis auto2000. Tp kl jateng kan dipegang nasmoco yah. Jd mungkin agak beda. Tp ini faktor luck siy.
bisa sharing sedikit soal driving experience? saya penasaran soal driving experience Sienta ini, googling sana sini dan di youtuber malah hanya dibahas sebentar, jrg banget yang bahas ini mobil. selama ini mau TD ga pernah kesampaian. yang saya tangkap hanya banyak yg blg nanjak susah untuk generasi awal = solusi pasang belalai dari intake ke grill supaya dapat fresh air langsung (sudah diperbaiki di improvement 2018?), kalau masih susah juga coba klaim ganti ECU. sisanya ga ada :mky_01: penasaran aja barang asli JDM ini seberapa menarik.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by Syauqi »

Setuju sama komentarnya om RollinBoss5009 diatas tentang sienta. Apalagi beliau sbg user langsung.
Yang jelas, kalo soal dimensi-nvh-comfort-valueformoney cortez ga ada yg ngalahin. Dan denger" biaya servis berkalanya wuling murah banget. In conclusion, menurut saya sienta ini bukan pilihan yg buruk. Value for moneynya lumayan (apalagi kalo udh ditambah diskon) walaupun jelas masih kalah dgn cortez. Soal ketiadaan armrest bisa diakali pake bantal lah ya hehehe.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by liemivan86 »

Syauqi wrote:Setuju sama komentarnya om RollinBoss5009 diatas tentang sienta. Apalagi beliau sbg user langsung.
Yang jelas, kalo soal dimensi-nvh-comfort-valueformoney cortez ga ada yg ngalahin. Dan denger" biaya servis berkalanya wuling murah banget. In conclusion, menurut saya sienta ini bukan pilihan yg buruk. Value for moneynya lumayan (apalagi kalo udh ditambah diskon) walaupun jelas masih kalah dgn cortez. Soal ketiadaan armrest bisa diakali pake bantal lah ya hehehe.
Btw, diskon sienta masih besar ya skr? Kelihatannya koq akhir2 ini mulai turun diskon nya, tidak segila dulu lagi. Dulu saya sempat cek, sales buka langsung di atas 30 jt. Entah skr ya..
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by martinnn »

cortez turbo saja.... lebih besar dan cukup reliable
:big_biglaugh:
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by JukeJoken »

kunaskun wrote: Wed May 29, 2019 17:19
RollinBoss5009 wrote: Wed May 29, 2019 15:11 Sienta. Saya pake Q matic yah. Problem sama, ayah saya on the wrong side of 70 yah, abis bypass ada problem ama mobilitas. Dulu biasa mobil operasional beliau rush, cmn naik turun jadi susah apalagi kl pas harus kontrolnya ke rs. William booth surabaya krn salah satu dr.nya prakteknya disana. Lainnya setim di premier semua kl kontrol. Nah kl sienta ini selain sliding door, ini aga kontroversial yah.. krn disini memuja captain seat. Tp kl situasinya harus bawa manula dan kondisi mobilitas terbatas, bench seatnya sienta nolong banget. Bisa masuk kanan, keluar kiri tinggal geser gampang ataupun sebaliknya.. meskipun bawa tongkat segala. Kl masalah neneknya butuh sandaran tangan, solusinya.. bantal sofa ruang tamu pindahin atu ato dua kemobil ✌️😅. Trs bangku belakang kl dilipat, akses buat load/unload kursi roda itu nyaman banget, krn dia ngelipetnya rata kedepan bukan kanan kiri keatas ala freed, ipah, ma fortie.. yg lumayan bikin challenging utk muat kursi roda plus bagasi lain2nya. Plus row 3 sienta, biarpun g ideal.. surprisingly comfy dan manusiawi utk 175cm. Dibanding kompetitornya direntang harga ini yah. Kl cortez benernya saiznya ipah plus jd g bisa head to head. Trs sienta, krn dia toyota.. dan kebetulan g sbrp laku.. mestinya diskonnya lumayan banget.. dulu pas bungkus pas jaman diskon 45an 😅. Plus aftersalesnya yah tipikal toyota yah. Spareparts utk yg kw kurang tau krn selama ini rutin servis auto2000. Tp kl jateng kan dipegang nasmoco yah. Jd mungkin agak beda. Tp ini faktor luck siy.
bisa sharing sedikit soal driving experience? saya penasaran soal driving experience Sienta ini, googling sana sini dan di youtuber malah hanya dibahas sebentar, jrg banget yang bahas ini mobil. selama ini mau TD ga pernah kesampaian. yang saya tangkap hanya banyak yg blg nanjak susah untuk generasi awal = solusi pasang belalai dari intake ke grill supaya dapat fresh air langsung (sudah diperbaiki di improvement 2018?), kalau masih susah juga coba klaim ganti ECU. sisanya ga ada :mky_01: penasaran aja barang asli JDM ini seberapa menarik.
Saya pake Sienta V CVT 2017. Driving Experiencenya rasanya kayak bawa yaris yang suspensinya diperlimbung :big_grin: Larinya sih lumayan , CVTnya juga responnya gak lemot. 2 tahun pake sampe 56000 KM belom pernah ada ngalamin susah nanjak sih , masuk mode manual tahan di gigi 1 cukup buat nanjak. Suspensinya kalau menurut saya enak , bantingan suspensinya berasa mewah :big_grin:
RollinBoss5009
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Jun 02, 2016 21:52

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by RollinBoss5009 »

JukeJoken wrote: Thu May 30, 2019 3:56
kunaskun wrote: Wed May 29, 2019 17:19
RollinBoss5009 wrote: Wed May 29, 2019 15:11 Sienta. Saya pake Q matic yah. Problem sama, ayah saya on the wrong side of 70 yah, abis bypass ada problem ama mobilitas. Dulu biasa mobil operasional beliau rush, cmn naik turun jadi susah apalagi kl pas harus kontrolnya ke rs. William booth surabaya krn salah satu dr.nya prakteknya disana. Lainnya setim di premier semua kl kontrol. Nah kl sienta ini selain sliding door, ini aga kontroversial yah.. krn disini memuja captain seat. Tp kl situasinya harus bawa manula dan kondisi mobilitas terbatas, bench seatnya sienta nolong banget. Bisa masuk kanan, keluar kiri tinggal geser gampang ataupun sebaliknya.. meskipun bawa tongkat segala. Kl masalah neneknya butuh sandaran tangan, solusinya.. bantal sofa ruang tamu pindahin atu ato dua kemobil ✌️😅. Trs bangku belakang kl dilipat, akses buat load/unload kursi roda itu nyaman banget, krn dia ngelipetnya rata kedepan bukan kanan kiri keatas ala freed, ipah, ma fortie.. yg lumayan bikin challenging utk muat kursi roda plus bagasi lain2nya. Plus row 3 sienta, biarpun g ideal.. surprisingly comfy dan manusiawi utk 175cm. Dibanding kompetitornya direntang harga ini yah. Kl cortez benernya saiznya ipah plus jd g bisa head to head. Trs sienta, krn dia toyota.. dan kebetulan g sbrp laku.. mestinya diskonnya lumayan banget.. dulu pas bungkus pas jaman diskon 45an 😅. Plus aftersalesnya yah tipikal toyota yah. Spareparts utk yg kw kurang tau krn selama ini rutin servis auto2000. Tp kl jateng kan dipegang nasmoco yah. Jd mungkin agak beda. Tp ini faktor luck siy.
bisa sharing sedikit soal driving experience? saya penasaran soal driving experience Sienta ini, googling sana sini dan di youtuber malah hanya dibahas sebentar, jrg banget yang bahas ini mobil. selama ini mau TD ga pernah kesampaian. yang saya tangkap hanya banyak yg blg nanjak susah untuk generasi awal = solusi pasang belalai dari intake ke grill supaya dapat fresh air langsung (sudah diperbaiki di improvement 2018?), kalau masih susah juga coba klaim ganti ECU. sisanya ga ada :mky_01: penasaran aja barang asli JDM ini seberapa menarik.
Saya pake Sienta V CVT 2017. Driving Experiencenya rasanya kayak bawa yaris yang suspensinya diperlimbung :big_grin: Larinya sih lumayan , CVTnya juga responnya gak lemot. 2 tahun pake sampe 56000 KM belom pernah ada ngalamin susah nanjak sih , masuk mode manual tahan di gigi 1 cukup buat nanjak. Suspensinya kalau menurut saya enak , bantingan suspensinya berasa mewah :big_grin:
Idem.. keluhannya cuman radius putar sebelas dua belas ama yaris lele. Biar badannya kecil, tp brasa bawa ipah kl parkir ato blusukan. Ini kebalikan panther, bodi bongsor tp urusan parkir ama blusukan brasa bodinya sesienta 😅 Kl manuver ama limbung, itu relatif perspective masing2 ya.. beli sienta dipake apa dulu. Kl ekspetasinya older people mover ato city car krn sliding doornya ama kapasitas bawa barang maxi dgn bodi mini. Ya alhamdulillah enak banget. Dipake berlima mudik taun lalu ke joglosemar nyobain toll baru masih nyaman. Yah soal kapten seat sih g deal breaker banget yah. Kl punya balita.. they'll outgrow the space between kl kita bicara saiz se freed ama sienta. My duo 14-16yrs old girls prefer bench seat yah.. apalagi yg tua stlh bisa setir, suka baikin opanya pinjem mobil.. soalnya bisa muat satu genk kl keluyuran.. kl CR-V maknya 5 seater.. sisa temennya taro bagasi, blm lagi kl pinjem ke maknya pada ngegas dua-duanya ✌️🤣✌️
albertkartono
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Mon Mar 12, 2018 3:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by albertkartono »

Vote sienta om
1.masuk bujet ambl tipe v manual msh sisa uang bisa buat tambah peredam biar tambah senyap
2.kompak dan muat 7 seaters iya
3.konsumsi bbm ckup irit
4.empuk lumayan enak suspensiny, nvh hmmm so2 utk mobil jepang tp better drpd H tegak
5.akses mudah krn ud psd dan low floor
6.perawatan mudah mesinny sama kyk avanza yaris dkk
7.tipe V manual lumayan om
:mky_02: :big_exellent: :big_smoking:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by kunaskun »

JukeJoken wrote: Thu May 30, 2019 3:56 Saya pake Sienta V CVT 2017. Driving Experiencenya rasanya kayak bawa yaris yang suspensinya diperlimbung :big_grin: Larinya sih lumayan , CVTnya juga responnya gak lemot. 2 tahun pake sampe 56000 KM belom pernah ada ngalamin susah nanjak sih , masuk mode manual tahan di gigi 1 cukup buat nanjak. Suspensinya kalau menurut saya enak , bantingan suspensinya berasa mewah :big_grin:
sip om, berarti not bad ya, masih ada rasa JDM ya :mky_01:
RollinBoss5009 wrote: Thu May 30, 2019 7:23 Idem.. keluhannya cuman radius putar sebelas dua belas ama yaris lele. Biar badannya kecil, tp brasa bawa ipah kl parkir ato blusukan. Ini kebalikan panther, bodi bongsor tp urusan parkir ama blusukan brasa bodinya sesienta 😅 Kl manuver ama limbung, itu relatif perspective masing2 ya.. beli sienta dipake apa dulu. Kl ekspetasinya older people mover ato city car krn sliding doornya ama kapasitas bawa barang maxi dgn bodi mini. Ya alhamdulillah enak banget. Dipake berlima mudik taun lalu ke joglosemar nyobain toll baru masih nyaman. Yah soal kapten seat sih g deal breaker banget yah. Kl punya balita.. they'll outgrow the space between kl kita bicara saiz se freed ama sienta. My duo 14-16yrs old girls prefer bench seat yah.. apalagi yg tua stlh bisa setir, suka baikin opanya pinjem mobil.. soalnya bisa muat satu genk kl keluyuran.. kl CR-V maknya 5 seater.. sisa temennya taro bagasi, blm lagi kl pinjem ke maknya pada ngegas dua-duanya ✌️🤣✌️
soal radius putar meamng kayanya trend mobil sekarang si ya.
kalau emak2 sudah approved seperti ini, berarti nyamanlah, karena emak2 bisa kan sensi urusan bantingan dan bangku, keras dikit ngomel :mky_08:

iya, soal ga captain seat buat saya ga masalah, karena captain seat yang enak ya yg gede dan ottoman style mestinya. tapi ya inilah indo, captain seat = mahal dan terkadang menambah sedikit adrenalin di jalan raya dengan biarkan bocah bolak balik di celah captain seat :mky_08:
albertkartono wrote: Thu May 30, 2019 9:37 Vote sienta om
1.masuk bujet ambl tipe v manual msh sisa uang bisa buat tambah peredam biar tambah senyap
2.kompak dan muat 7 seaters iya
3.konsumsi bbm ckup irit
4.empuk lumayan enak suspensiny, nvh hmmm so2 utk mobil jepang tp better drpd H tegak
sip, berarti oke ya, karena NVHkadang daitoyo sekenanya saja, walau tentu lebih parah H Tegak.
5.akses mudah krn ud psd dan low floor
6.perawatan mudah mesinny sama kyk avanza yaris dkk
7.tipe V manual lumayan om
sip. trims untuk tambahannya. :mky_01:
RollinBoss5009
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Jun 02, 2016 21:52

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by RollinBoss5009 »

Oiya...

Plus buat toyota sienta...
Ini g ada di duo lavender ama wuling yah.. sempet td yg cortez ama almaz pas pameran digrandcity brp bulan lalu.

Hal kecil benernya.. tp kl biasa ada fitur ini dimobilnya. Pas butuh stress jadinya 😅😅😅

Defogger. ✌️
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by imansyx »

Squamega wrote: Wed May 29, 2019 8:05
klo saya sih lebih milih sienta 1,5 V (itu ada manualnya) dan harga sekitar 264jtan. minggu lalu sempet test drive sienta iseng2 sekalian nunggu XV50 saya service di beres, dan lumayan kok om. untuk akses menurut saya jg mudah untuk nenek om karna ga begitu tinggi, cuma ya dalemnya sumpek dan menurut saya mirip2 sama freed. dan 1 lagi beres toyota ada dimana mana pastinya ketimbang wuling.
Iya makanya baru inget malah saya kalau sienta ada manualnya. Biar test drive aja dulu deh biar semua pihak puas hehe
demonicorchestra wrote: Wed May 29, 2019 8:16 Klo udh ada pengalaman ngerawat avanza, mending ambil sienta aja, plus sliding doornya kerasa ngemudahin akses masuk bgt dan bentuknya paling compact dibanding cortez yg dimensinya agak bongsor setara innova/grandis
saya baru pernah lihat di pameran aja dan itupun di kelapa gading mall dan banyak orang jadi belum kebayang real world sizenya cortez itu seberapa ya kalau ternyata sebesar itu kok agak mematikan juga ya :e-wall:
pendoli wrote: Wed May 29, 2019 9:10 Sienta V aja.. minta diskon yg guede. Beli 2nd muda juga gpp om masi mulus n sehat kebanyakan
berapaan ya om diskon sienta sekarang? sempet denger 35 up ya?
Jindanjun wrote: Wed May 29, 2019 10:45 Sienta manual om nyaman dan ga ribet rawatnya
iya om tapi mau test drive dulu nih mastiin akses masuknya..
medkintos wrote: Wed May 29, 2019 11:16 sienta manual li...
wah suhu media otomotif bersabda :upss:
ak4ng wrote: Wed May 29, 2019 11:22 Cortez 1.8 manual dong ah, value for money and antimainstream, harga parts juga so so
Dengan 1.8 bukannya, contoh kebutuhan oli jadi lebih banyak juga ya om? untuk cortez ini ada service inclusivenya seperti xpander gitu atau gimana yah?
liemivan86 wrote: Wed May 29, 2019 11:58 Sebenarnya kalo lihat dari kriteria nya sih ini cocok banget dengan Cortez. Cari yang empuk, nyaman, tidak peduli dengan fun to drive. Saya juga pengguna Cortez, dan so far ini mobil yang enak, nyaman, perawatan juga murah.

Saran saya sih, kalo ada budget sampai 300 dan cari manual, ambil 1.8 manual L lux+. Gimana2 Mesin NA pasti lebih bandel dibanding mesin Turbo, dan tenaga juga lebih instan, tidak ada Turbo lag. Kalo cari Matic, saya sarankan CT CVT. Tipe L untuk yang full independent suspension dan lux+ untuk yang captain seat.

Kalo dibanding sienta, mungkin bisa dibandingkan dimensi nya saja, mana yang lebih disukai. Yang pasti, Cortez ini panjang banget, lebih panjang dari Innova lama.
laahh iya baru melototin brosur ternyata tipe C sama tipe L suspensi belakangnya beda :glodak: semoga pas TD nanti ada 2-2nya deh biar bisa dibandingin.
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by imansyx »

Majira wrote: Wed May 29, 2019 12:35 Coba TD cortez deh om, budget segitu bs dapet tertingginya, empuk, didalem juga senyap, dibelakang nyaman karena independent suspension nya, kabin juga luas, kalo manual mending coba yg 1.8 aja
makasih om sarannya, nanti setelah TD saya laporan disini lagi hehe
RollinBoss5009 wrote: Wed May 29, 2019 15:11 Sienta. Saya pake Q matic yah. Problem sama, ayah saya on the wrong side of 70 yah, abis bypass ada problem ama mobilitas. Dulu biasa mobil operasional beliau rush, cmn naik turun jadi susah apalagi kl pas harus kontrolnya ke rs. William booth surabaya krn salah satu dr.nya prakteknya disana. Lainnya setim di premier semua kl kontrol. Nah kl sienta ini selain sliding door, ini aga kontroversial yah.. krn disini memuja captain seat. Tp kl situasinya harus bawa manula dan kondisi mobilitas terbatas, bench seatnya sienta nolong banget. Bisa masuk kanan, keluar kiri tinggal geser gampang ataupun sebaliknya.. meskipun bawa tongkat segala. Kl masalah neneknya butuh sandaran tangan, solusinya.. bantal sofa ruang tamu pindahin atu ato dua kemobil ✌️😅. Trs bangku belakang kl dilipat, akses buat load/unload kursi roda itu nyaman banget, krn dia ngelipetnya rata kedepan bukan kanan kiri keatas ala freed, ipah, ma fortie.. yg lumayan bikin challenging utk muat kursi roda plus bagasi lain2nya. Plus row 3 sienta, biarpun g ideal.. surprisingly comfy dan manusiawi utk 175cm. Dibanding kompetitornya direntang harga ini yah. Kl cortez benernya saiznya ipah plus jd g bisa head to head. Trs sienta, krn dia toyota.. dan kebetulan g sbrp laku.. mestinya diskonnya lumayan banget.. dulu pas bungkus pas jaman diskon 45an 😅. Plus aftersalesnya yah tipikal toyota yah. Spareparts utk yg kw kurang tau krn selama ini rutin servis auto2000. Tp kl jateng kan dipegang nasmoco yah. Jd mungkin agak beda. Tp ini faktor luck siy.
JukeJoken wrote: Thu May 30, 2019 3:56
Saya pake Sienta V CVT 2017. Driving Experiencenya rasanya kayak bawa yaris yang suspensinya diperlimbung :big_grin: Larinya sih lumayan , CVTnya juga responnya gak lemot. 2 tahun pake sampe 56000 KM belom pernah ada ngalamin susah nanjak sih , masuk mode manual tahan di gigi 1 cukup buat nanjak. Suspensinya kalau menurut saya enak , bantingan suspensinya berasa mewah :big_grin:
RollinBoss5009 wrote: Thu May 30, 2019 7:23
Idem.. keluhannya cuman radius putar sebelas dua belas ama yaris lele. Biar badannya kecil, tp brasa bawa ipah kl parkir ato blusukan. Ini kebalikan panther, bodi bongsor tp urusan parkir ama blusukan brasa bodinya sesienta 😅 Kl manuver ama limbung, itu relatif perspective masing2 ya.. beli sienta dipake apa dulu. Kl ekspetasinya older people mover ato city car krn sliding doornya ama kapasitas bawa barang maxi dgn bodi mini. Ya alhamdulillah enak banget. Dipake berlima mudik taun lalu ke joglosemar nyobain toll baru masih nyaman. Yah soal kapten seat sih g deal breaker banget yah. Kl punya balita.. they'll outgrow the space between kl kita bicara saiz se freed ama sienta. My duo 14-16yrs old girls prefer bench seat yah.. apalagi yg tua stlh bisa setir, suka baikin opanya pinjem mobil.. soalnya bisa muat satu genk kl keluyuran.. kl CR-V maknya 5 seater.. sisa temennya taro bagasi, blm lagi kl pinjem ke maknya pada ngegas dua-duanya ✌️🤣✌️

nahh makasih om.. bener makanya rush dicoret langsung, soalnya Nenek saya sebelumnya pakai freed dan beliau ga kesusahan aksesnya.. iya untuk Jateng Nasmoco only. Untuk kursi roda, itu bibir bagasi ke lantai bagasi sienta rata kah om-om? jadi kursi roda bisa tinggal ditarik keluar, tidak diangkat - angkat lagi kah? untuk radius putar lagi-lagi harus saya cobain sendiri TD biar kebayang separah apa ya :mky_01:
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by imansyx »

kunaskun wrote: Wed May 29, 2019 13:00
btw saya malah pengen tahu masalah di xpander apalagi? yang paling umum setahu saya sok belakang yang gampang bocor?.
masalah yg saya temuin:

1. Shock belakang agak bocor - belum diklaim
2. Bunyi blubuk2 kecil seperti suara support shock honda waktunya ganti - sudah komplain, muncul lagi
3. Idle up kecil ketika creeping / mundur perlahan - sudah update ecu terbaru tetap sama
4. Power window driver side mati total ketika kaca pengemudi terbuka lebar - sudah diklaim, diganti switch p/w nya emergency tengah malam oleh Mitsubishi karena garasi saya kanopi atas saja.

begitulah om nasib unit saya...
User avatar
masione
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Sun Mar 18, 2018 4:14
Location: jatim
Daily Vehicle: mobilio - agya - sienta - civic vtis

Re: Cortez CT/1.8 atau Sienta?

Post by masione »

imansyx wrote:
Majira wrote: Wed May 29, 2019 12:35 Coba TD cortez deh om, budget segitu bs dapet tertingginya, empuk, didalem juga senyap, dibelakang nyaman karena independent suspension nya, kabin juga luas, kalo manual mending coba yg 1.8 aja
makasih om sarannya, nanti setelah TD saya laporan disini lagi hehe
RollinBoss5009 wrote: Wed May 29, 2019 15:11 Sienta. Saya pake Q matic yah. Problem sama, ayah saya on the wrong side of 70 yah, abis bypass ada problem ama mobilitas. Dulu biasa mobil operasional beliau rush, cmn naik turun jadi susah apalagi kl pas harus kontrolnya ke rs. William booth surabaya krn salah satu dr.nya prakteknya disana. Lainnya setim di premier semua kl kontrol. Nah kl sienta ini selain sliding door, ini aga kontroversial yah.. krn disini memuja captain seat. Tp kl situasinya harus bawa manula dan kondisi mobilitas terbatas, bench seatnya sienta nolong banget. Bisa masuk kanan, keluar kiri tinggal geser gampang ataupun sebaliknya.. meskipun bawa tongkat segala. Kl masalah neneknya butuh sandaran tangan, solusinya.. bantal sofa ruang tamu pindahin atu ato dua kemobil [emoji3577][emoji28]. Trs bangku belakang kl dilipat, akses buat load/unload kursi roda itu nyaman banget, krn dia ngelipetnya rata kedepan bukan kanan kiri keatas ala freed, ipah, ma fortie.. yg lumayan bikin challenging utk muat kursi roda plus bagasi lain2nya. Plus row 3 sienta, biarpun g ideal.. surprisingly comfy dan manusiawi utk 175cm. Dibanding kompetitornya direntang harga ini yah. Kl cortez benernya saiznya ipah plus jd g bisa head to head. Trs sienta, krn dia toyota.. dan kebetulan g sbrp laku.. mestinya diskonnya lumayan banget.. dulu pas bungkus pas jaman diskon 45an [emoji28]. Plus aftersalesnya yah tipikal toyota yah. Spareparts utk yg kw kurang tau krn selama ini rutin servis auto2000. Tp kl jateng kan dipegang nasmoco yah. Jd mungkin agak beda. Tp ini faktor luck siy.
JukeJoken wrote: Thu May 30, 2019 3:56
Saya pake Sienta V CVT 2017. Driving Experiencenya rasanya kayak bawa yaris yang suspensinya diperlimbung :big_grin: Larinya sih lumayan , CVTnya juga responnya gak lemot. 2 tahun pake sampe 56000 KM belom pernah ada ngalamin susah nanjak sih , masuk mode manual tahan di gigi 1 cukup buat nanjak. Suspensinya kalau menurut saya enak , bantingan suspensinya berasa mewah :big_grin:
RollinBoss5009 wrote: Thu May 30, 2019 7:23
Idem.. keluhannya cuman radius putar sebelas dua belas ama yaris lele. Biar badannya kecil, tp brasa bawa ipah kl parkir ato blusukan. Ini kebalikan panther, bodi bongsor tp urusan parkir ama blusukan brasa bodinya sesienta [emoji28] Kl manuver ama limbung, itu relatif perspective masing2 ya.. beli sienta dipake apa dulu. Kl ekspetasinya older people mover ato city car krn sliding doornya ama kapasitas bawa barang maxi dgn bodi mini. Ya alhamdulillah enak banget. Dipake berlima mudik taun lalu ke joglosemar nyobain toll baru masih nyaman. Yah soal kapten seat sih g deal breaker banget yah. Kl punya balita.. they'll outgrow the space between kl kita bicara saiz se freed ama sienta. My duo 14-16yrs old girls prefer bench seat yah.. apalagi yg tua stlh bisa setir, suka baikin opanya pinjem mobil.. soalnya bisa muat satu genk kl keluyuran.. kl CR-V maknya 5 seater.. sisa temennya taro bagasi, blm lagi kl pinjem ke maknya pada ngegas dua-duanya [emoji3577][emoji1787][emoji3577]

nahh makasih om.. bener makanya rush dicoret langsung, soalnya Nenek saya sebelumnya pakai freed dan beliau ga kesusahan aksesnya.. iya untuk Jateng Nasmoco only. Untuk kursi roda, itu bibir bagasi ke lantai bagasi sienta rata kah om-om? jadi kursi roda bisa tinggal ditarik keluar, tidak diangkat - angkat lagi kah? untuk radius putar lagi-lagi harus saya cobain sendiri TD biar kebayang separah apa ya :mky_01:
Utk bagasi belakang sienta rata om...jadi kalo ada barang tinggal tarik geser aja...
Selama setahun pake sienta matic ini blm ada keluhan...buat tanjakan di ketep.pas merapi penumpang 5dewasa 2anak bisa dilibas dgn mode manual, utk bbm menurut saya lumayan irit koq