Kalo kabin biar ga panas iya om, tapi kalo start sepertinya gampang kok
Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
Coba liat supir truk tiap macet pasti matiin mesin
Biar ngirit solar
Biar ngirit solar
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
Dulu naik kereta dr jkt jogja, pas di malioboro kereta jalan pelan, di ajak teman turun. Dia loncat dan sukses, saya ikut loncat jg, dan sukses jg tp plus nyium kerikil rel kereta. Alhasil tangan lecet2 parah.marmut wrote:IGedeAmat wrote: Tue May 21, 2019 2:59Loncat, jaman naik kopaja waktu SMA dulu emang gak pernah nunggu sampe berenti seh,
mobil masih jalan pelan udah loncat aja..
makin kenceng mobilnya waktu kita turun, makin berasa keren gitu....
kayaknya tuh kopaja gak bisa masuk gigi 1, start gigi 2 gak kuat.
makanya sopirnya jaga supaya mobilnya tetap ngegelinding walau pelan,
asal jangan sampai berenti total aja..
ah, jadi merindukan serunya turun kaki kiri duluan dan badan condong ke arah kiri/belakang dengan santai walaupun bis/metromini tetap melaju cukup kencang....
bagi yang tetap mendahulukan kaki kanan sudah pasti jumpalitan kalau diterapkan saat turun dari bis.
Turun kaki kanan dulu, kaki kiri ga siap nerima keseimbangan. Itu pertama kalinya turun dr kereta yg lg jalan, hahahaa.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
Apakah karena pengaruh kompresi mesin diesel besar ya om? Akhir nya berpengaruh ke akiosbertc0ol wrote: Tue May 21, 2019 9:11 Mesin diesel ada yang pas udah panas dimatiin, nyalain nya lagi susah.. kenapa ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
ada pengaruhnya om...makanya diesel rata2 dikasi aki ampere gedeFertille wrote: Wed May 22, 2019 8:17Apakah karena pengaruh kompresi mesin diesel besar ya om? Akhir nya berpengaruh ke akiosbertc0ol wrote: Tue May 21, 2019 9:11 Mesin diesel ada yang pas udah panas dimatiin, nyalain nya lagi susah.. kenapa ya?
tapi dalam kondisi sehat harusnya ga ada masalah nyalain
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
Ini indikator saya buat putbal atau cari rute laen,Zaxis wrote: Tue May 21, 2019 13:01 Coba liat supir truk tiap macet pasti matiin mesin
Biar ngirit solar
kalo nemu macet, dan liat supir truk didepan udah pada matiin mesin,
itu saat yang tepat untuk bilang,
"oh, sh*t..."
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
Ada 2 alasan sih, yang pertama AC, yang kedua turbo. Mesin turbo pamali klo habis dipakai jalan lama langsung dimatikan mesinnya. Karena pelumasan turbonya gabung dengan oli mesin. Sedangkan putaran turbo itu kan bisa berlipat2 dari RPM mesin klo habis jalan lama. Dengan kondisi itu, turbo rawan jebol kalo mesin langsung off sehabis jalan jauh. Makanya ada turbo timer, yang bikin mesin tetap nyala untuk waktu tertentu setelah kontak di OFF kan. Buat ngasih waktu agar putaran turbo turun.Galaxy14 wrote: Tue May 21, 2019 10:18yups haha, oadahal bus sekarang juga udah canggih macam mercy 0500R dan scania yang mulai bertebaranFertille wrote: Tue May 21, 2019 5:49Seperti nya masih terlalu banyak kebiasaan atau mitos yang tidak mengikuti perkembangan teknologi mesin ya om.Galaxy14 wrote: Tue May 21, 2019 5:25 itu kebiasaan bus ya, pernah denger kalo matiin mesin bus minimal 25-30 menit setelah berhenti. Ga tau juga alesannya kenapa.![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
Mesin turbo sudah idle 1-2 menit, sudah aman untuk dimatikan.
Kalau metromini kopaja jarang matikan mesin, karena kalau mesin mati berkesan jalannya masih lama, penumpang pada kabur lagi. Yang kedua, biasanya aki sudah soak jadi harus start dorong.
Kalau metromini kopaja jarang matikan mesin, karena kalau mesin mati berkesan jalannya masih lama, penumpang pada kabur lagi. Yang kedua, biasanya aki sudah soak jadi harus start dorong.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
Hahaha iya nih angkot jg banyak yg suka gini, bilangnya ayo langsung jalan, pas udah naik, ternyata cuma maju dikit terus mundur lg dan matiin mesinilhami wrote: Thu Jul 04, 2019 3:38 Mesin turbo sudah idle 1-2 menit, sudah aman untuk dimatikan.
Kalau metromini kopaja jarang matikan mesin, karena kalau mesin mati berkesan jalannya masih lama, penumpang pada kabur lagi. Yang kedua, biasanya aki sudah soak jadi harus start dorong.


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
- Location: kolong langit
- Daily Vehicle: supra fit
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
jaman sekolah dan kuliahevanbngdor wrote: Thu Jul 04, 2019 4:03Hahaha iya nih angkot jg banyak yg suka gini, bilangnya ayo langsung jalan, pas udah naik, ternyata cuma maju dikit terus mundur lg dan matiin mesinilhami wrote: Thu Jul 04, 2019 3:38 Mesin turbo sudah idle 1-2 menit, sudah aman untuk dimatikan.
Kalau metromini kopaja jarang matikan mesin, karena kalau mesin mati berkesan jalannya masih lama, penumpang pada kabur lagi. Yang kedua, biasanya aki sudah soak jadi harus start dorong.
![]()
![]()
sy pengalaman banget nich sama yang ini, bikin sebel
![Mark F [emo-mark-F]](./images/smilies/2017-scoreF.gif)
tambah sebel lagi ternyata yg belakang ada yg jalan langsung
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
- Location: kota Surabaya
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
asli ngakak aku baca iniilhami wrote: Thu Jul 04, 2019 3:38 Mesin turbo sudah idle 1-2 menit, sudah aman untuk dimatikan.
Kalau metromini kopaja jarang matikan mesin, karena kalau mesin mati berkesan jalannya masih lama, penumpang pada kabur lagi. Yang kedua, biasanya aki sudah soak jadi harus start dorong.


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sun Mar 04, 2018 16:28
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Tern P20 n Gerobak Kroya
Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan
Bukannya"Fuel Diluton" itu acap terjadi ketika mesin loadnya kecil, ketika idle misalnya?