Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Sesuai judul, apakah benar jika mesin diesel lebih baik dalam keadaan langsam jika dipakai untuk jarak jauh? Apakah teori nya sama untuk mesin diesel walau dipakai untuk kendaraan non komersil? Saya tertarik membahas ini karena ada korelasi dengan penggunaan oli.
cmiiw...menurut saya penjelasan narasumber itu kurang tepat..yang penting kalo udh cukup idle-nya dimatikan pun harusnya gpp..
di bus2 menurut saya jarang dimatikan karena faktor ac...supaya kabin tetap dingin karena mungkin ga semua penumpang turun.
saya pun kalo hanya berhenti sebentar juga mending idle..daripada sering2 mati / nyalakan mesin, asumsi saya supaya aki lebih tahan lama
kalo penggunaan oli, mungkin cocok apabila dihubungkan ke engine hour mesin
MSU wrote: Mon May 20, 2019 5:59
cmiiw...menurut saya penjelasan narasumber itu kurang tepat..yang penting kalo udh cukup idle-nya dimatikan pun harusnya gpp..
di bus2 menurut saya jarang dimatikan karena faktor ac...supaya kabin tetap dingin karena mungkin ga semua penumpang turun.
saya pun kalo hanya berhenti sebentar juga mending idle..daripada sering2 mati / nyalakan mesin, asumsi saya supaya aki lebih tahan lama
kalo penggunaan oli, mungkin cocok apabila dihubungkan ke engine hour mesin
Memang menurut sayapun kurang tepat om. Karena itu saya coba up agar bisa diluruskan para pakar nya. Sebagai orang awan dunia otomatif tentu mesin tidak dimatikan membuat komponen jauh lebih cepat aus, disamping penurunan viskositas oli itu sendiri.
slowipah wrote: Mon May 20, 2019 6:30
narasumber2 di artikel masih byk yang old school/jadul pengetahuannya.. kyk supir2 pribadi sering ane liat msh pagi2 panasin mobil lamaaa bgt..
Mungkin ini masih terbawa teknologi karburator ya om? Ada juga yang masih naikkan rpm sebelum mematikan mobil. Padahal teknologi sudah injeksi.
slowipah wrote: Mon May 20, 2019 6:30
narasumber2 di artikel masih byk yang old school/jadul pengetahuannya.. kyk supir2 pribadi sering ane liat msh pagi2 panasin mobil lamaaa bgt..
slowipah wrote: Mon May 20, 2019 6:30
narasumber2 di artikel masih byk yang old school/jadul pengetahuannya.. kyk supir2 pribadi sering ane liat msh pagi2 panasin mobil lamaaa bgt..
atau geber2 kenceng sblm matiin mobil
Dari dulu penasaran banget logika di balik kegiatan ini. Sempat tanya ke temen yang punya hobi ini, dijawab : ah susah jelasinnya ke kamu.
Hmmm...kayaknya dia sendiri juga gak ngerti kenapa harus reving sebelum matiin mesin
Biar AC tetap dingin
Ga ada resiko ga bisa start klo aki ternyata udah ga bagus (ga mungkin jumper kan)
kebiasaan lama
Klo starter kayaknya getarannya bikin ga nyaman
Klo idle mesin diesel irit banget kok, dan solar jg tanggungan perusahaan ngapain diirit2
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
slowipah wrote: Mon May 20, 2019 6:30
narasumber2 di artikel masih byk yang old school/jadul pengetahuannya.. kyk supir2 pribadi sering ane liat msh pagi2 panasin mobil lamaaa bgt..
atau geber2 kenceng sblm matiin mobil
Dari dulu penasaran banget logika di balik kegiatan ini. Sempat tanya ke temen yang punya hobi ini, dijawab : ah susah jelasinnya ke kamu.
Hmmm...kayaknya dia sendiri juga gak ngerti kenapa harus reving sebelum matiin mesin
kata orang sih biar aki nya ngisi dulu sebelum mesin mati....
Kebiasaan mesin diesel yang tidak dimatikan klo berhenti itu sepertinya dari kebiasaan bus. Klo di bus kan biar AC tetap aktif, selain itu juga biar turbonya idling dulu. Karena pelumasan turbo kan ikut pelumasan mesin, tapi putarannya kan ga ikut mesin, mesin mati aja turbo masih mutar.
Dari dulu penasaran banget logika di balik kegiatan ini. Sempat tanya ke temen yang punya hobi ini, dijawab : ah susah jelasinnya ke kamu.
Hmmm...kayaknya dia sendiri juga gak ngerti kenapa harus reving sebelum matiin mesin
kata orang sih biar aki nya ngisi dulu sebelum mesin mati....
Entah sumber dari mana. Saya pernah dengar agar bensin nyangkut di karburator. Jadi start awal langsung jreeng. Tapi itu dulu jaman karburator.
di tempat kerja ada tracktor yang digunakan untuk memindahkan barang antar gudang. tracktor ini menarik rangkaian kereta bikinan sendiri. waktu masih baru, tracktor ini sering nyala mati seperti umum nya mobil lah. gak lama, gigi roda gila (kalo gak salah namanya) itu rompal. sejak itu klo tracktor ini nyala, gak pernah mati kecuali kalo memang mati nya bakalan lama
Karakter mesin diesel sendiri kan memang mengandalkan panas hasil kompresi utk membakar solar.
Makanya biar pembakaran tetap optimal, mesin harus tetap panas.
Alasan lainnya, khususnya utk bis/truk, ya biar akinya awet atau malah krn akinya udah soak tapi blom mau ganti.
Jadi inget pengalaman naik Kopaja waktu SMA dulu,
sopirnya seruntulan banget, gak mau berenti, gak mau ngalah sama mobil laen,
waktu ada penumpang negur, sopirnya jawab;
"kopeling ku rusak bang, kalo sampe berenti, bakal mogok ini,
harus dorong kau.. "
Kaleng wrote: Tue May 21, 2019 2:53
Turunnya gimana tuh om kalau bisnya tidak boleh berhenti?
Loncat, jaman naik kopaja waktu SMA dulu emang gak pernah nunggu sampe berenti seh,
mobil masih jalan pelan udah loncat aja..
makin kenceng mobilnya waktu kita turun, makin berasa keren gitu....
kayaknya tuh kopaja gak bisa masuk gigi 1, start gigi 2 gak kuat.
makanya sopirnya jaga supaya mobilnya tetap ngegelinding walau pelan,
asal jangan sampai berenti total aja..
Kaleng wrote: Tue May 21, 2019 2:53
Turunnya gimana tuh om kalau bisnya tidak boleh berhenti?
Loncat, jaman naik kopaja waktu SMA dulu emang gak pernah nunggu sampe berenti seh,
mobil masih jalan pelan udah loncat aja..
makin kenceng mobilnya waktu kita turun, makin berasa keren gitu....
kayaknya tuh kopaja gak bisa masuk gigi 1, start gigi 2 gak kuat.
makanya sopirnya jaga supaya mobilnya tetap ngegelinding walau pelan,
asal jangan sampai berenti total aja..
ah, jadi merindukan serunya turun kaki kiri duluan dan badan condong ke arah kiri/belakang dengan santai walaupun bis/metromini tetap melaju cukup kencang....
bagi yang tetap mendahulukan kaki kanan sudah pasti jumpalitan kalau diterapkan saat turun dari bis.
Galaxy14 wrote: Tue May 21, 2019 5:25
itu kebiasaan bus ya, pernah denger kalo matiin mesin bus minimal 25-30 menit setelah berhenti. Ga tau juga alesannya kenapa.
Seperti nya masih terlalu banyak kebiasaan atau mitos yang tidak mengikuti perkembangan teknologi mesin ya om.
Dari dulu penasaran banget logika di balik kegiatan ini. Sempat tanya ke temen yang punya hobi ini, dijawab : ah susah jelasinnya ke kamu.
Hmmm...kayaknya dia sendiri juga gak ngerti kenapa harus reving sebelum matiin mesin
kata orang sih biar aki nya ngisi dulu sebelum mesin mati....
Entah sumber dari mana. Saya pernah dengar agar bensin nyangkut di karburator. Jadi start awal langsung jreeng. Tapi itu dulu jaman karburator.
Saya jg gatau kenapa harus gini..Kakek saya pake jazz vtec juga gini sebelom mati di reving
Galaxy14 wrote: Tue May 21, 2019 5:25
itu kebiasaan bus ya, pernah denger kalo matiin mesin bus minimal 25-30 menit setelah berhenti. Ga tau juga alesannya kenapa.
Susah start nya lagi spertinya, juga penumpang protes kabinnya panas
Kaleng wrote: Tue May 21, 2019 2:53
Turunnya gimana tuh om kalau bisnya tidak boleh berhenti?
Loncat, jaman naik kopaja waktu SMA dulu emang gak pernah nunggu sampe berenti seh,
mobil masih jalan pelan udah loncat aja..
makin kenceng mobilnya waktu kita turun, makin berasa keren gitu....
kayaknya tuh kopaja gak bisa masuk gigi 1, start gigi 2 gak kuat.
makanya sopirnya jaga supaya mobilnya tetap ngegelinding walau pelan,
asal jangan sampai berenti total aja..
ah, jadi merindukan serunya turun kaki kiri duluan dan badan condong ke arah kiri/belakang dengan santai walaupun bis/metromini tetap melaju cukup kencang....
bagi yang tetap mendahulukan kaki kanan sudah pasti jumpalitan kalau diterapkan saat turun dari bis.
diiringi teriakan dari bang kenek,
"kaki kiri.. !! kaki kiri..!!"
kalo anak muda tapi turunnya lelet, ditambah teriakan..
"tahan... nenek-nenek bunt*ng gendong anak...."
Saya pengguna mobil diesel, dan saya jarang banget mematikan mesin waktu perjalanan jauh.
Tapi alasannya bukan karena yg tertulis di artikel tersebut, alasannya ya karena seringkali non stop perjalanan, kalaupun berhenti paling cuma buang air. Biarin aja mesin nyala&AC nyala biar tetep dingin kabinnya
Pernah belasan jam lebih ngga matiin mesin sama sekali, pas nyampe tujuan baru dimatiin mesinnya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Galaxy14 wrote: Tue May 21, 2019 5:25
itu kebiasaan bus ya, pernah denger kalo matiin mesin bus minimal 25-30 menit setelah berhenti. Ga tau juga alesannya kenapa.
Seperti nya masih terlalu banyak kebiasaan atau mitos yang tidak mengikuti perkembangan teknologi mesin ya om.
yups haha, oadahal bus sekarang juga udah canggih macam mercy 0500R dan scania yang mulai bertebaran