Mohon Saran ANPS atau ANF
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Mohon Saran ANPS atau ANF
Dear all,
Mohon bantuan saran/masukan para pembaca SM, rencana saya akan ganti mobil (tidak buru-buru, bahkan mungkin bisa tahun depan) karena mobil yang lama sudah berumur 6 tahun km 110 ribu, Fortuner VNT upgrade power 230 HP. Selama ini tidak ada masalah yang mengganggui. Hanya pernah ganti 1 piston cakram depan dan ganti kopel join. Selama ini puas pake VNT.
Expectasi saya:
1. Kuat buat turing AKAP (Antar kota, propinsi, pulau), naik gunung turun gunung dan pantai full load 5-8 orang + barang2
2. Kuat di upgrade power daily use 230-250 HP (remap maupun piggy) dan bisa terasa enak/kuat di rpm bawah seperti Fortie VNT
3. Bisa/kuat nenggak solar subsidi dan mudah perawatanya
4. Mobil akan dipake minimal 5 tahun
Untuk poin 3 tidak usah dikomen karena belum ada larangan dari pemerintah. Saya tidak perlu TD karena power akan di upgrade dan handling tidak menjadi masalah buat saya.
Pilihan mengerucut ANPS dan ANF. Awalnya suka interior ANF tapi pas lihat interior ANPS di GIIAS Surabaya yang serba hitam jadi kepincut, terlihat modern dan bagus, lihat interior ANF jadi agak bosan. Dulu saat launching awal ANPS pernah TD rpm dibawah 2000 kurang terasa torsinya.
Kedua-duanya sudah sama-sama pernah naik jadi penumpang berdua sama sopir tiap bulan minimal 4 kali long trip (carter travel)/lebih sering dapat unit ANF daripada ANPS. Kenyamanan keduanya tidak ada masalah buat saya, ANPS lebih terasa cepat membuat saya tertidur selama dalam perjalanan.
Mohon bantuan teman-teman semua mana pilihan yang terbaik terutama para pengguna ANPS/ANF yang sudah upgrade power.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
Mohon bantuan saran/masukan para pembaca SM, rencana saya akan ganti mobil (tidak buru-buru, bahkan mungkin bisa tahun depan) karena mobil yang lama sudah berumur 6 tahun km 110 ribu, Fortuner VNT upgrade power 230 HP. Selama ini tidak ada masalah yang mengganggui. Hanya pernah ganti 1 piston cakram depan dan ganti kopel join. Selama ini puas pake VNT.
Expectasi saya:
1. Kuat buat turing AKAP (Antar kota, propinsi, pulau), naik gunung turun gunung dan pantai full load 5-8 orang + barang2
2. Kuat di upgrade power daily use 230-250 HP (remap maupun piggy) dan bisa terasa enak/kuat di rpm bawah seperti Fortie VNT
3. Bisa/kuat nenggak solar subsidi dan mudah perawatanya
4. Mobil akan dipake minimal 5 tahun
Untuk poin 3 tidak usah dikomen karena belum ada larangan dari pemerintah. Saya tidak perlu TD karena power akan di upgrade dan handling tidak menjadi masalah buat saya.
Pilihan mengerucut ANPS dan ANF. Awalnya suka interior ANF tapi pas lihat interior ANPS di GIIAS Surabaya yang serba hitam jadi kepincut, terlihat modern dan bagus, lihat interior ANF jadi agak bosan. Dulu saat launching awal ANPS pernah TD rpm dibawah 2000 kurang terasa torsinya.
Kedua-duanya sudah sama-sama pernah naik jadi penumpang berdua sama sopir tiap bulan minimal 4 kali long trip (carter travel)/lebih sering dapat unit ANF daripada ANPS. Kenyamanan keduanya tidak ada masalah buat saya, ANPS lebih terasa cepat membuat saya tertidur selama dalam perjalanan.
Mohon bantuan teman-teman semua mana pilihan yang terbaik terutama para pengguna ANPS/ANF yang sudah upgrade power.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Point no 2. ANF standaran di remap/piggy mang bisa dapet segitu?
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Saran saya? Gausah jual VNT nya ommm, nambah aja boleh lahh karena sensasi opreknya mungkin ga akan seasyik VNT
saya sih mending ANPS ya, meskipun kendala di handling yakni karena sok blakang tralu empuk. Cuma ga tau, apa ANPS masi ada kendala sama stir nya yg suka jeduk ato haus oli ga ya? Kalo ANF sih aku no, pasti tau knapa kalo dijejerin sama ANPS secara fitur dan harga 




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
O ya ya, berarti harus ganti 1 GD turbo ya......b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 3:27 Point no 2. ANF standaran di remap/piggy mang bisa dapet segitu?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Kalo ganti 1 GD turbo + remap only bisakah ? dapat berap HP
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.Kuroboy wrote: Sun Apr 07, 2019 3:37 Saran saya? Gausah jual VNT nya ommm, nambah aja boleh lahh karena sensasi opreknya mungkin ga akan seasyik VNTsaya sih mending ANPS ya, meskipun kendala di handling yakni karena sok blakang tralu empuk. Cuma ga tau, apa ANPS masi ada kendala sama stir nya yg suka jeduk ato haus oli ga ya? Kalo ANF sih aku no, pasti tau knapa kalo dijejerin sama ANPS secara fitur dan harga
![]()
Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Turbo standar tu cm bisa 190-195hp. Turbo 1gd cm nambah 20hp. Mslhnya bukan cm diturbonya saja. Design head, design pompa solar, dll. Utk target 250hp sih tanpa rombakan mayan mahal agak mustahil kecuali pake jampi" FRD.
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
1. ANPSongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 2:14 Dear all,
Mohon bantuan saran/masukan para pembaca SM, rencana saya akan ganti mobil (tidak buru-buru, bahkan mungkin bisa tahun depan) karena mobil yang lama sudah berumur 6 tahun km 110 ribu, Fortuner VNT upgrade power 230 HP. Selama ini tidak ada masalah yang mengganggui. Hanya pernah ganti 1 piston cakram depan dan ganti kopel join. Selama ini puas pake VNT.
Expectasi saya:
1. Kuat buat turing AKAP (Antar kota, propinsi, pulau), naik gunung turun gunung dan pantai full load 5-8 orang + barang2
2. Kuat di upgrade power daily use 230-250 HP (remap maupun piggy) dan bisa terasa enak/kuat di rpm bawah seperti Fortie VNT
3. Bisa/kuat nenggak solar subsidi dan mudah perawatanya
4. Mobil akan dipake minimal 5 tahun
Untuk poin 3 tidak usah dikomen karena belum ada larangan dari pemerintah. Saya tidak perlu TD karena power akan di upgrade dan handling tidak menjadi masalah buat saya.
Pilihan mengerucut ANPS dan ANF. Awalnya suka interior ANF tapi pas lihat interior ANPS di GIIAS Surabaya yang serba hitam jadi kepincut, terlihat modern dan bagus, lihat interior ANF jadi agak bosan. Dulu saat launching awal ANPS pernah TD rpm dibawah 2000 kurang terasa torsinya.
Kedua-duanya sudah sama-sama pernah naik jadi penumpang berdua sama sopir tiap bulan minimal 4 kali long trip (carter travel)/lebih sering dapat unit ANF daripada ANPS. Kenyamanan keduanya tidak ada masalah buat saya, ANPS lebih terasa cepat membuat saya tertidur selama dalam perjalanan.
Mohon bantuan teman-teman semua mana pilihan yang terbaik terutama para pengguna ANPS/ANF yang sudah upgrade power.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
2. ANPS sudah pasti, threshold terbukti
3. ANPS, rajin ganti filter BBM & purging periodik
4. ANPS
kebetulan topik ini jumat lalu juga sudah saya bahas secara langsung dengan suhu @b8099ok di padepokan ACT
sudah nambah saja, nggak masalah selama parkirnya di dalam rumah dan bukan numpang di bahu jalan kampung. nggak ada untungnya meladeni orang sirik.Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.
Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Saya mantan pengguna VNTurbo 2013 TRDSportivoh ..dijual 2016 lalu dan ganti VRZ ..dan skarang malah agak menyesal kenapa dulu VNTurbo di jual yah...?ongisnade wrote:Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.Kuroboy wrote: Sun Apr 07, 2019 3:37 Saran saya? Gausah jual VNT nya ommm, nambah aja boleh lahh karena sensasi opreknya mungkin ga akan seasyik VNTsaya sih mending ANPS ya, meskipun kendala di handling yakni karena sok blakang tralu empuk. Cuma ga tau, apa ANPS masi ada kendala sama stir nya yg suka jeduk ato haus oli ga ya? Kalo ANF sih aku no, pasti tau knapa kalo dijejerin sama ANPS secara fitur dan harga
![]()
Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
Padahal VNT nambah VRZ aja gapapa ...
VNT memang terasa badak banget, kangen jg kadang2 hehehe..
Untuk saran mau ANF atau ANPS, kalo menurut saya pribadi 2 2 nya sama aja...bisa memenuhi kritetia yg dibutuhkan karena saya tau betul ANPS sudah terbukti tangguh.. Coba om ikutin instagram atau Youtube nya Journey of Wonder yg saat ini masih keliling dunia pake ANPS, kalo ga salah skarang posisi mereka di Iran.. tapi saya jg ga bilang kalo ANF ngga bisa diajak spt itu, karena saya pribadi sudah bawa ANF ini dari Ujung Barat Aceh ke Ujung Timur Flores.. saya yakin kalo dibawa lebih jauh lagi jg sanggup..
Malah pertanyaan nya bukan :
Sanggup kah Mobil nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?
Tapi justru pertanyaan nya berubah jadi :
Sanggup kan Orang/Driver nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?
[emoji23]
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Uji ketangguhan sebuah kendaraan yang paling mutlak adalah menarik FRD sejauh 100 meter tanpa kendala sama sekali omF 272 wrote: Sun Apr 07, 2019 4:39Saya mantan pengguna VNTurbo 2013 TRDSportivoh ..dijual 2016 lalu dan ganti VRZ ..dan skarang malah agak menyesal kenapa dulu VNTurbo di jual yah...?ongisnade wrote:Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.Kuroboy wrote: Sun Apr 07, 2019 3:37 Saran saya? Gausah jual VNT nya ommm, nambah aja boleh lahh karena sensasi opreknya mungkin ga akan seasyik VNTsaya sih mending ANPS ya, meskipun kendala di handling yakni karena sok blakang tralu empuk. Cuma ga tau, apa ANPS masi ada kendala sama stir nya yg suka jeduk ato haus oli ga ya? Kalo ANF sih aku no, pasti tau knapa kalo dijejerin sama ANPS secara fitur dan harga
![]()
Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
Padahal VNT nambah VRZ aja gapapa ...
VNT memang terasa badak banget, kangen jg kadang2 hehehe..
Untuk saran mau ANF atau ANPS, kalo menurut saya pribadi 2 2 nya sama aja...bisa memenuhi kritetia yg dibutuhkan karena saya tau betul ANPS sudah terbukti tangguh.. Coba om ikutin instagram atau Youtube nya Journey of Wonder yg saat ini masih keliling dunia pake ANPS, kalo ga salah skarang posisi mereka di Iran.. tapi saya jg ga bilang kalo ANF ngga bisa diajak spt itu, karena saya pribadi sudah bawa ANF ini dari Ujung Barat Aceh ke Ujung Timur Flores.. saya yakin kalo dibawa lebih jauh lagi jg sanggup..
Malah pertanyaan nya bukan :
Sanggup kah Mobil nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?
Tapi justru pertanyaan nya berubah jadi :
Sanggup kan Orang/Driver nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?
[emoji23]

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Itumah nyiksa om [emoji23]b8099ok wrote:Uji ketangguhan sebuah kendaraan yang paling mutlak adalah menarik FRD sejauh 100 meter tanpa kendala sama sekali omF 272 wrote: Sun Apr 07, 2019 4:39Saya mantan pengguna VNTurbo 2013 TRDSportivoh ..dijual 2016 lalu dan ganti VRZ ..dan skarang malah agak menyesal kenapa dulu VNTurbo di jual yah...?ongisnade wrote:
Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.
Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
Padahal VNT nambah VRZ aja gapapa ...
VNT memang terasa badak banget, kangen jg kadang2 hehehe..
Untuk saran mau ANF atau ANPS, kalo menurut saya pribadi 2 2 nya sama aja...bisa memenuhi kritetia yg dibutuhkan karena saya tau betul ANPS sudah terbukti tangguh.. Coba om ikutin instagram atau Youtube nya Journey of Wonder yg saat ini masih keliling dunia pake ANPS, kalo ga salah skarang posisi mereka di Iran.. tapi saya jg ga bilang kalo ANF ngga bisa diajak spt itu, karena saya pribadi sudah bawa ANF ini dari Ujung Barat Aceh ke Ujung Timur Flores.. saya yakin kalo dibawa lebih jauh lagi jg sanggup..
Malah pertanyaan nya bukan :
Sanggup kah Mobil nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?
Tapi justru pertanyaan nya berubah jadi :
Sanggup kan Orang/Driver nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?
[emoji23]
Kasian mobil nya.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Waduh harus banyak rombakan ya. Kalau ANPS remap dapat brp HP dan torsi bro ? Yang aman buat daily use.b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 3:58Turbo standar tu cm bisa 190-195hp. Turbo 1gd cm nambah 20hp. Mslhnya bukan cm diturbonya saja. Design head, design pompa solar, dll. Utk target 250hp sih tanpa rombakan mayan mahal agak mustahil kecuali pake jampi" FRD.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
ANPS kecil om naiknya, paling gede cm 250hp 560nm buat daily aman. Klo FRD bisa 700hp om. Tp harus ke malang.ongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 7:17Waduh harus banyak rombakan ya. Kalau ANPS remap dapat brp HP dan torsi bro ? Yang aman buat daily use.b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 3:58Turbo standar tu cm bisa 190-195hp. Turbo 1gd cm nambah 20hp. Mslhnya bukan cm diturbonya saja. Design head, design pompa solar, dll. Utk target 250hp sih tanpa rombakan mayan mahal agak mustahil kecuali pake jampi" FRD.
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Wah bisa 250 hp ya. Lha FRD ndek ngalam yo tonggo ku sam.b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 7:43ANPS kecil om naiknya, paling gede cm 250hp 560nm buat daily aman. Klo FRD bisa 700hp om. Tp harus ke malang.ongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 7:17Waduh harus banyak rombakan ya. Kalau ANPS remap dapat brp HP dan torsi bro ? Yang aman buat daily use.b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 3:58
Turbo standar tu cm bisa 190-195hp. Turbo 1gd cm nambah 20hp. Mslhnya bukan cm diturbonya saja. Design head, design pompa solar, dll. Utk target 250hp sih tanpa rombakan mayan mahal agak mustahil kecuali pake jampi" FRD.
OK kalo gitu buat semuanya terima kasih sudah ngasih masukan. Confirmed ANF harus banyak rombakan buat naik 250 HP. Jadi kesimpulannya saya akan pilih ANPS buat gantiin VNT.
Sekali lagi terima kasih buat semuanya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1703
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Klo saya ambil ANPS coz ambil VRZ mesin transmisi n sasis sama aja kayak innova kesannya MPV beda bentuk dan diganti ban besar jadilah SUV
Imho yaa
Imho yaa
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
- Location: Solo
- Daily Vehicle: GerobakPerang
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Kalo saya pake ANPS 2017 CKD dan adik pake ANF, semua standar dan kita beberapa kali tukeran. Tapi punya adik G manual bukan VRZ ya, saya dakkar biasa. Kalo yang masalah di remap maupun piggy saya gak mudeng dan belum pernah coba, saya mau cerita standaran saja.
ANPS sudah saya bawa jelajahi Jawa Bali lombok Beberapa kali, ini mobil nyaman banget bawaannya, nggak bikin capek di badan, masalahnya cuma di rpm bawah agak lemot sebentar, selebihnya mau lari di tol dengan full loaded (saya sering ke bali 4 orang dan belakang full contoh dagangan) tanpa melihat MID tau tau ngelirik MID udah 170 aja dan nggak ngeden sama sekali, tapi habis itu pasti saya kurangin speed ke 140, saya takut soalnya.
Oya, rumus BBM saya kalo isi 200rb biosol + 100rb Dex. kalo pas gak ada Dex ya full biosol, ganti filter 10rb KM sekali. sekarang sudah 26rb KM an.
Pengalaman tukeran ANF, saya kalo tukeran bisa berhari2 tapi paling ke luar kotanya deket2 gak sampai long trip, BBM pake full biosol. Tarikan merata di semua rpm tapi gak secepet ANPS padahal manual lho. Kenyamanan mengemudi sama sama enak, sedikit lebih keras dari ANPS di peredaman tapi lebih anteng dan lebih tidak limbung saat menikung di exit toll yang melingkar gitu. Anps jalan 50 aja terasa banget limbungnya. Keiritan BBM jelas ANF juara, sama persis kayak innova diesel saya yg lama.
Tapi itu kan cerita standaran ya, gak pake remap remapan, silahkan mau pilih mana, kalo saya ya vote ANPS sih.
ANPS sudah saya bawa jelajahi Jawa Bali lombok Beberapa kali, ini mobil nyaman banget bawaannya, nggak bikin capek di badan, masalahnya cuma di rpm bawah agak lemot sebentar, selebihnya mau lari di tol dengan full loaded (saya sering ke bali 4 orang dan belakang full contoh dagangan) tanpa melihat MID tau tau ngelirik MID udah 170 aja dan nggak ngeden sama sekali, tapi habis itu pasti saya kurangin speed ke 140, saya takut soalnya.
Oya, rumus BBM saya kalo isi 200rb biosol + 100rb Dex. kalo pas gak ada Dex ya full biosol, ganti filter 10rb KM sekali. sekarang sudah 26rb KM an.
Pengalaman tukeran ANF, saya kalo tukeran bisa berhari2 tapi paling ke luar kotanya deket2 gak sampai long trip, BBM pake full biosol. Tarikan merata di semua rpm tapi gak secepet ANPS padahal manual lho. Kenyamanan mengemudi sama sama enak, sedikit lebih keras dari ANPS di peredaman tapi lebih anteng dan lebih tidak limbung saat menikung di exit toll yang melingkar gitu. Anps jalan 50 aja terasa banget limbungnya. Keiritan BBM jelas ANF juara, sama persis kayak innova diesel saya yg lama.
Tapi itu kan cerita standaran ya, gak pake remap remapan, silahkan mau pilih mana, kalo saya ya vote ANPS sih.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 394
- Joined: Tue May 20, 2014 11:41
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
setahu saya, ANPS tidak disarankan pake solar busuk krn injectornya sudah sejenis seperti injector dieselnya SantaFe/BMW yg mewajibkan minum dex IMHO(info dari sales). Jadi otomatis coret ANPS
Buat ANF, mesin 2gdnya bisa minum solar busuk, saya waktu nyewa innova di banyuwangi, km sudah 88 ribuan diisi selalu solar busuk kata supirnya, gapernah ada masalah hanya ikut service rutin di beres, tapi waktu saya naik mobil itu ada bunyi jangkrik dari mesinnya (seperti waktunya timming belt ganti). Tapi kok saya naik ANF malah kurang sreg, berasa sempit kabinnya.
Dulu saya sempat ngalami kegalauan seperti TS, dan akhirnya pilihan jatuh ke ANPS, pertimbangannya tenaganya paling oke walaupun kondisi standart tanpa dikobel2(remap). buat saya sih buat keluar kota/mudik sudah cukup sekali tenaganya( saya biasa mudik ke semarang tiap tahun, awal tahun kemarin jkt-palembang diisi 4 orang dewasa 1 anak sd+barang. Dan ini mobil lebih sering dipake weekend/jalan jauh. Kalo ngantor harian sih pake anki diesel kantor, rute cilandak-scbd dapet avg 1:10.5 full solar busuk.
Buat ANF, mesin 2gdnya bisa minum solar busuk, saya waktu nyewa innova di banyuwangi, km sudah 88 ribuan diisi selalu solar busuk kata supirnya, gapernah ada masalah hanya ikut service rutin di beres, tapi waktu saya naik mobil itu ada bunyi jangkrik dari mesinnya (seperti waktunya timming belt ganti). Tapi kok saya naik ANF malah kurang sreg, berasa sempit kabinnya.
Dulu saya sempat ngalami kegalauan seperti TS, dan akhirnya pilihan jatuh ke ANPS, pertimbangannya tenaganya paling oke walaupun kondisi standart tanpa dikobel2(remap). buat saya sih buat keluar kota/mudik sudah cukup sekali tenaganya( saya biasa mudik ke semarang tiap tahun, awal tahun kemarin jkt-palembang diisi 4 orang dewasa 1 anak sd+barang. Dan ini mobil lebih sering dipake weekend/jalan jauh. Kalo ngantor harian sih pake anki diesel kantor, rute cilandak-scbd dapet avg 1:10.5 full solar busuk.
'You can go fast, But I can go anywhere'
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Vnt jgn dijual dl. Krn nantinya klo ada kejadian B50 cm dia yg bisa. Ragu klo anps/anf dikasi b50. Bisa keselek ampe muntah darah.ongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 8:20Wah bisa 250 hp ya. Lha FRD ndek ngalam yo tonggo ku sam.
OK kalo gitu buat semuanya terima kasih sudah ngasih masukan. Confirmed ANF harus banyak rombakan buat naik 250 HP. Jadi kesimpulannya saya akan pilih ANPS buat gantiin VNT.
Sekali lagi terima kasih buat semuanya.
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Hihihihihi 2gd di push emg bisa seberapa tembus ya
So smua point ya anps sih

So smua point ya anps sih

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Waduhh, mbah kok belum puas puas sih bully calon mantu sendiri...b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 5:17Uji ketangguhan sebuah kendaraan yang paling mutlak adalah menarik FRD sejauh 100 meter tanpa kendala sama sekali omF 272 wrote: Sun Apr 07, 2019 4:39Saya mantan pengguna VNTurbo 2013 TRDSportivoh ..dijual 2016 lalu dan ganti VRZ ..dan skarang malah agak menyesal kenapa dulu VNTurbo di jual yah...?ongisnade wrote:
Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.
Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
Padahal VNT nambah VRZ aja gapapa ...
VNT memang terasa badak banget, kangen jg kadang2 hehehe..
Untuk saran mau ANF atau ANPS, kalo menurut saya pribadi 2 2 nya sama aja...bisa memenuhi kritetia yg dibutuhkan karena saya tau betul ANPS sudah terbukti tangguh.. Coba om ikutin instagram atau Youtube nya Journey of Wonder yg saat ini masih keliling dunia pake ANPS, kalo ga salah skarang posisi mereka di Iran.. tapi saya jg ga bilang kalo ANF ngga bisa diajak spt itu, karena saya pribadi sudah bawa ANF ini dari Ujung Barat Aceh ke Ujung Timur Flores.. saya yakin kalo dibawa lebih jauh lagi jg sanggup..
Malah pertanyaan nya bukan :
Sanggup kah Mobil nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?
Tapi justru pertanyaan nya berubah jadi :
Sanggup kan Orang/Driver nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?
[emoji23]![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
- Daily Vehicle: Pajero 4N15
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
1. ANPS
2. Gak tahu
3. VRZ --> utk ANPS gak bakal tahan solar busuk, mau pake jamu2an atau interval ganti filter diperpendek pun, secara jangka panjang akan ada effek..
karena ANPS pake injector Piezzo, sementara VRZ masih pake solenoid injector.. solar busuk kandungan air dan asamnya tinggi, tidak cocok di injector Piezzo yg canggih, cepat, akurat, tapi sangat sensitif terhadap fuel..
Santa fee generasi sebelumnya yg pake injector Piezzo saja balik ke teknologi solenoid injector utk New Santa fee terbaru..
4. ANPS
# Just IMHO, dari pemakai ANPS di surabaya
2. Gak tahu
3. VRZ --> utk ANPS gak bakal tahan solar busuk, mau pake jamu2an atau interval ganti filter diperpendek pun, secara jangka panjang akan ada effek..
karena ANPS pake injector Piezzo, sementara VRZ masih pake solenoid injector.. solar busuk kandungan air dan asamnya tinggi, tidak cocok di injector Piezzo yg canggih, cepat, akurat, tapi sangat sensitif terhadap fuel..
Santa fee generasi sebelumnya yg pake injector Piezzo saja balik ke teknologi solenoid injector utk New Santa fee terbaru..
4. ANPS
# Just IMHO, dari pemakai ANPS di surabaya
Last edited by gerobak nippon on Sun Apr 07, 2019 18:47, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Sekedar informasi saja. Anps sy sampe saat ini msh menikmati bio solar krn mengandung FRD 20%. Anps temen sy (belinya bareng ama sy), saat ini sudah menyentuh odo 198rb kilometer (rute akap jkt smg sby dps), beliau jg pake bio solar krn menurut beliau msh blm mampu (klo dah mampu uda beli perari). Melihat fakta spt itu, sy sih msh berani tenggak bio solar utk anps.gerobak nippon wrote: Sun Apr 07, 2019 17:13 1. ANPS
2. Gak tahu
3. FRZ --> utk ANPS gak bakal tahan solar busuk, mau pake jamu2an atau interval ganti filter diperpendek pun, secara jangka panjang akan ada effek..
karena ANPS pake injector Piezzo, sementara VRZ masih pake solenoid injector.. solar busuk kandungan air dan asamnya tinggi, tidak cocok di injector Piezzo yg canggih, cepat, akurat, tapi sangat sensitif terhadap fuel..
Santa fee generasi sebelumnya yg pake injector Piezzo saja balik ke teknologi solenoid injector utk New Santa fee terbaru..
4. ANPS
# Just IMHO, dari pemakai ANPS di surabaya
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
- Daily Vehicle: Pajero 4N15
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Saya pengalaman beli solar 5050 sebanyak 200 ribu, saya jejalin ke Anps dalam kondisi tanki hampir kosong..b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 18:03Sekedar informasi saja. Anps sy sampe saat ini msh menikmati bio solar krn mengandung FRD 20%. Anps temen sy (belinya bareng ama sy), saat ini sudah menyentuh odo 198rb kilometer (rute akap jkt smg sby dps), beliau jg pake bio solar krn menurut beliau msh blm mampu (klo dah mampu uda beli perari). Melihat fakta spt itu, sy sih msh berani tenggak bio solar utk anps.gerobak nippon wrote: Sun Apr 07, 2019 17:13 1. ANPS
2. Gak tahu
3. FRZ --> utk ANPS gak bakal tahan solar busuk, mau pake jamu2an atau interval ganti filter diperpendek pun, secara jangka panjang akan ada effek..
karena ANPS pake injector Piezzo, sementara VRZ masih pake solenoid injector.. solar busuk kandungan air dan asamnya tinggi, tidak cocok di injector Piezzo yg canggih, cepat, akurat, tapi sangat sensitif terhadap fuel..
Santa fee generasi sebelumnya yg pake injector Piezzo saja balik ke teknologi solenoid injector utk New Santa fee terbaru..
4. ANPS
# Just IMHO, dari pemakai ANPS di surabaya
Saat jalan, itu mobil serasa ngangkat beban puluhan ton ! mungkin bahasa member sini ; "..serasa ngangkut 10 orang penumpang FRD semua.."
Dan juga suara mesin sudah rame seperti komentator capres di tv..
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
Mungkin tergantung dr kualitas pomnya, disini sih sejauh ini perbedaan sangat sedikit ya. Yah klo narik FRD msh bisa sih.gerobak nippon wrote: Sun Apr 07, 2019 18:46Saya pengalaman beli solar 5050 sebanyak 200 ribu, saya jejalin ke Anps dalam kondisi tanki hampir kosong..b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 18:03Sekedar informasi saja. Anps sy sampe saat ini msh menikmati bio solar krn mengandung FRD 20%. Anps temen sy (belinya bareng ama sy), saat ini sudah menyentuh odo 198rb kilometer (rute akap jkt smg sby dps), beliau jg pake bio solar krn menurut beliau msh blm mampu (klo dah mampu uda beli perari). Melihat fakta spt itu, sy sih msh berani tenggak bio solar utk anps.gerobak nippon wrote: Sun Apr 07, 2019 17:13 1. ANPS
2. Gak tahu
3. FRZ --> utk ANPS gak bakal tahan solar busuk, mau pake jamu2an atau interval ganti filter diperpendek pun, secara jangka panjang akan ada effek..
karena ANPS pake injector Piezzo, sementara VRZ masih pake solenoid injector.. solar busuk kandungan air dan asamnya tinggi, tidak cocok di injector Piezzo yg canggih, cepat, akurat, tapi sangat sensitif terhadap fuel..
Santa fee generasi sebelumnya yg pake injector Piezzo saja balik ke teknologi solenoid injector utk New Santa fee terbaru..
4. ANPS
# Just IMHO, dari pemakai ANPS di surabaya
Saat jalan, itu mobil serasa ngangkat beban puluhan ton ! mungkin bahasa member sini ; "..serasa ngangkut 10 orang penumpang FRD semua.."
Dan juga suara mesin sudah rame seperti komentator capres di tv..
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Mohon Saran ANPS atau ANF
b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 20:29 - cut -
Mungkin tergantung dr kualitas pomnya, disini sih sejauh ini perbedaan sangat sedikit ya. Yah klo narik FRD msh bisa sih.
Setuju... saya 0 KM sd 50.000-an KM itu Filter Solar belum ada indikasi kotor, lalu saya ganti Filter Solar yang baru karena Jaga2 saja ..sekedar antisipasi karena saat itu mau Jelajah muterin Pulau Sumatera sampe ke Aceh, daripada di jalan mampet ...
Eh Filter solar baru ini hanya tahan sampai 80.000-an KM saja.. artinya cuma 30.000 KM an sudah mampet..lampu indikator nyala.. akhir nya ganti lagi Filter Solar baru...
50.000 vs 30.000
Nah ini saya sinyalir POM di Pulau Sumatera kualitas nya tidak sebaik POM di Jawa dan sekitar nya.. apalagi saya waktu itu pake jalur Pesisir Barat Pantai Sumatera dari Aceh - Meulaboh - Subulussalam - Sidikalang - Danau Toba - Padangsidimpuan - Bukittinggi - Padang - Bengkulu - Lampung.. itu jalur sepi lalu-lintas ... tapi SPBU masih banyak tersedia SOlar, jika habis..kita tinggal maju saja ke SPBU berikut nya sudah ada lagi SPBU yang menyediakan solar... tapi ya begitu mungkin kualitasnya bikin filter solar cepat kotor dan mampet..

Foto : di sebuah SPBU jalur Pesisir Barat Pantai Sumatera