Mohon Saran ANPS atau ANF

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by ongisnade »

Dear all,
Mohon bantuan saran/masukan para pembaca SM, rencana saya akan ganti mobil (tidak buru-buru, bahkan mungkin bisa tahun depan) karena mobil yang lama sudah berumur 6 tahun km 110 ribu, Fortuner VNT upgrade power 230 HP. Selama ini tidak ada masalah yang mengganggui. Hanya pernah ganti 1 piston cakram depan dan ganti kopel join. Selama ini puas pake VNT.

Expectasi saya:
1. Kuat buat turing AKAP (Antar kota, propinsi, pulau), naik gunung turun gunung dan pantai full load 5-8 orang + barang2
2. Kuat di upgrade power daily use 230-250 HP (remap maupun piggy) dan bisa terasa enak/kuat di rpm bawah seperti Fortie VNT
3. Bisa/kuat nenggak solar subsidi dan mudah perawatanya
4. Mobil akan dipake minimal 5 tahun

Untuk poin 3 tidak usah dikomen karena belum ada larangan dari pemerintah. Saya tidak perlu TD karena power akan di upgrade dan handling tidak menjadi masalah buat saya.
Pilihan mengerucut ANPS dan ANF. Awalnya suka interior ANF tapi pas lihat interior ANPS di GIIAS Surabaya yang serba hitam jadi kepincut, terlihat modern dan bagus, lihat interior ANF jadi agak bosan. Dulu saat launching awal ANPS pernah TD rpm dibawah 2000 kurang terasa torsinya.

Kedua-duanya sudah sama-sama pernah naik jadi penumpang berdua sama sopir tiap bulan minimal 4 kali long trip (carter travel)/lebih sering dapat unit ANF daripada ANPS. Kenyamanan keduanya tidak ada masalah buat saya, ANPS lebih terasa cepat membuat saya tertidur selama dalam perjalanan.
Mohon bantuan teman-teman semua mana pilihan yang terbaik terutama para pengguna ANPS/ANF yang sudah upgrade power.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by b8099ok »

Point no 2. ANF standaran di remap/piggy mang bisa dapet segitu?
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by Kuroboy »

Saran saya? Gausah jual VNT nya ommm, nambah aja boleh lahh karena sensasi opreknya mungkin ga akan seasyik VNT :mky_03: saya sih mending ANPS ya, meskipun kendala di handling yakni karena sok blakang tralu empuk. Cuma ga tau, apa ANPS masi ada kendala sama stir nya yg suka jeduk ato haus oli ga ya? Kalo ANF sih aku no, pasti tau knapa kalo dijejerin sama ANPS secara fitur dan harga :mky_04:
:frm_snipper: :snipersmile:
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by ongisnade »

b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 3:27 Point no 2. ANF standaran di remap/piggy mang bisa dapet segitu?
O ya ya, berarti harus ganti 1 GD turbo ya......
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by ongisnade »

Kalo ganti 1 GD turbo + remap only bisakah ? dapat berap HP
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by ongisnade »

Kuroboy wrote: Sun Apr 07, 2019 3:37 Saran saya? Gausah jual VNT nya ommm, nambah aja boleh lahh karena sensasi opreknya mungkin ga akan seasyik VNT :mky_03: saya sih mending ANPS ya, meskipun kendala di handling yakni karena sok blakang tralu empuk. Cuma ga tau, apa ANPS masi ada kendala sama stir nya yg suka jeduk ato haus oli ga ya? Kalo ANF sih aku no, pasti tau knapa kalo dijejerin sama ANPS secara fitur dan harga :mky_04:
Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.

Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by b8099ok »

ongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 3:44 Kalo ganti 1 GD turbo + remap only bisakah ? dapat berap HP
Turbo standar tu cm bisa 190-195hp. Turbo 1gd cm nambah 20hp. Mslhnya bukan cm diturbonya saja. Design head, design pompa solar, dll. Utk target 250hp sih tanpa rombakan mayan mahal agak mustahil kecuali pake jampi" FRD.
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by dizco »

ongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 2:14 Dear all,
Mohon bantuan saran/masukan para pembaca SM, rencana saya akan ganti mobil (tidak buru-buru, bahkan mungkin bisa tahun depan) karena mobil yang lama sudah berumur 6 tahun km 110 ribu, Fortuner VNT upgrade power 230 HP. Selama ini tidak ada masalah yang mengganggui. Hanya pernah ganti 1 piston cakram depan dan ganti kopel join. Selama ini puas pake VNT.

Expectasi saya:
1. Kuat buat turing AKAP (Antar kota, propinsi, pulau), naik gunung turun gunung dan pantai full load 5-8 orang + barang2
2. Kuat di upgrade power daily use 230-250 HP (remap maupun piggy) dan bisa terasa enak/kuat di rpm bawah seperti Fortie VNT
3. Bisa/kuat nenggak solar subsidi dan mudah perawatanya
4. Mobil akan dipake minimal 5 tahun

Untuk poin 3 tidak usah dikomen karena belum ada larangan dari pemerintah. Saya tidak perlu TD karena power akan di upgrade dan handling tidak menjadi masalah buat saya.
Pilihan mengerucut ANPS dan ANF. Awalnya suka interior ANF tapi pas lihat interior ANPS di GIIAS Surabaya yang serba hitam jadi kepincut, terlihat modern dan bagus, lihat interior ANF jadi agak bosan. Dulu saat launching awal ANPS pernah TD rpm dibawah 2000 kurang terasa torsinya.

Kedua-duanya sudah sama-sama pernah naik jadi penumpang berdua sama sopir tiap bulan minimal 4 kali long trip (carter travel)/lebih sering dapat unit ANF daripada ANPS. Kenyamanan keduanya tidak ada masalah buat saya, ANPS lebih terasa cepat membuat saya tertidur selama dalam perjalanan.
Mohon bantuan teman-teman semua mana pilihan yang terbaik terutama para pengguna ANPS/ANF yang sudah upgrade power.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
1. ANPS
2. ANPS sudah pasti, threshold terbukti
3. ANPS, rajin ganti filter BBM & purging periodik
4. ANPS

kebetulan topik ini jumat lalu juga sudah saya bahas secara langsung dengan suhu @b8099ok di padepokan ACT
Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.

Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
sudah nambah saja, nggak masalah selama parkirnya di dalam rumah dan bukan numpang di bahu jalan kampung. nggak ada untungnya meladeni orang sirik.
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4727
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by F272 »

ongisnade wrote:
Kuroboy wrote: Sun Apr 07, 2019 3:37 Saran saya? Gausah jual VNT nya ommm, nambah aja boleh lahh karena sensasi opreknya mungkin ga akan seasyik VNT :mky_03: saya sih mending ANPS ya, meskipun kendala di handling yakni karena sok blakang tralu empuk. Cuma ga tau, apa ANPS masi ada kendala sama stir nya yg suka jeduk ato haus oli ga ya? Kalo ANF sih aku no, pasti tau knapa kalo dijejerin sama ANPS secara fitur dan harga :mky_04:
Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.

Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
Saya mantan pengguna VNTurbo 2013 TRDSportivoh ..dijual 2016 lalu dan ganti VRZ ..dan skarang malah agak menyesal kenapa dulu VNTurbo di jual yah...?

Padahal VNT nambah VRZ aja gapapa ...

VNT memang terasa badak banget, kangen jg kadang2 hehehe..

Untuk saran mau ANF atau ANPS, kalo menurut saya pribadi 2 2 nya sama aja...bisa memenuhi kritetia yg dibutuhkan karena saya tau betul ANPS sudah terbukti tangguh.. Coba om ikutin instagram atau Youtube nya Journey of Wonder yg saat ini masih keliling dunia pake ANPS, kalo ga salah skarang posisi mereka di Iran.. tapi saya jg ga bilang kalo ANF ngga bisa diajak spt itu, karena saya pribadi sudah bawa ANF ini dari Ujung Barat Aceh ke Ujung Timur Flores.. saya yakin kalo dibawa lebih jauh lagi jg sanggup..

Malah pertanyaan nya bukan :
Sanggup kah Mobil nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?

Tapi justru pertanyaan nya berubah jadi :
Sanggup kan Orang/Driver nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?

[emoji23]
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by b8099ok »

F 272 wrote: Sun Apr 07, 2019 4:39
ongisnade wrote:
Kuroboy wrote: Sun Apr 07, 2019 3:37 Saran saya? Gausah jual VNT nya ommm, nambah aja boleh lahh karena sensasi opreknya mungkin ga akan seasyik VNT :mky_03: saya sih mending ANPS ya, meskipun kendala di handling yakni karena sok blakang tralu empuk. Cuma ga tau, apa ANPS masi ada kendala sama stir nya yg suka jeduk ato haus oli ga ya? Kalo ANF sih aku no, pasti tau knapa kalo dijejerin sama ANPS secara fitur dan harga :mky_04:
Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.

Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
Saya mantan pengguna VNTurbo 2013 TRDSportivoh ..dijual 2016 lalu dan ganti VRZ ..dan skarang malah agak menyesal kenapa dulu VNTurbo di jual yah...?

Padahal VNT nambah VRZ aja gapapa ...

VNT memang terasa badak banget, kangen jg kadang2 hehehe..

Untuk saran mau ANF atau ANPS, kalo menurut saya pribadi 2 2 nya sama aja...bisa memenuhi kritetia yg dibutuhkan karena saya tau betul ANPS sudah terbukti tangguh.. Coba om ikutin instagram atau Youtube nya Journey of Wonder yg saat ini masih keliling dunia pake ANPS, kalo ga salah skarang posisi mereka di Iran.. tapi saya jg ga bilang kalo ANF ngga bisa diajak spt itu, karena saya pribadi sudah bawa ANF ini dari Ujung Barat Aceh ke Ujung Timur Flores.. saya yakin kalo dibawa lebih jauh lagi jg sanggup..

Malah pertanyaan nya bukan :
Sanggup kah Mobil nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?

Tapi justru pertanyaan nya berubah jadi :
Sanggup kan Orang/Driver nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?

[emoji23]
Uji ketangguhan sebuah kendaraan yang paling mutlak adalah menarik FRD sejauh 100 meter tanpa kendala sama sekali om :big_smoking:
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4727
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by F272 »

b8099ok wrote:
F 272 wrote: Sun Apr 07, 2019 4:39
ongisnade wrote:
Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.

Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
Saya mantan pengguna VNTurbo 2013 TRDSportivoh ..dijual 2016 lalu dan ganti VRZ ..dan skarang malah agak menyesal kenapa dulu VNTurbo di jual yah...?

Padahal VNT nambah VRZ aja gapapa ...

VNT memang terasa badak banget, kangen jg kadang2 hehehe..

Untuk saran mau ANF atau ANPS, kalo menurut saya pribadi 2 2 nya sama aja...bisa memenuhi kritetia yg dibutuhkan karena saya tau betul ANPS sudah terbukti tangguh.. Coba om ikutin instagram atau Youtube nya Journey of Wonder yg saat ini masih keliling dunia pake ANPS, kalo ga salah skarang posisi mereka di Iran.. tapi saya jg ga bilang kalo ANF ngga bisa diajak spt itu, karena saya pribadi sudah bawa ANF ini dari Ujung Barat Aceh ke Ujung Timur Flores.. saya yakin kalo dibawa lebih jauh lagi jg sanggup..

Malah pertanyaan nya bukan :
Sanggup kah Mobil nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?

Tapi justru pertanyaan nya berubah jadi :
Sanggup kan Orang/Driver nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?

[emoji23]
Uji ketangguhan sebuah kendaraan yang paling mutlak adalah menarik FRD sejauh 100 meter tanpa kendala sama sekali om :big_smoking:
Itumah nyiksa om [emoji23]


Kasian mobil nya.....
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by ongisnade »

b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 3:58
ongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 3:44 Kalo ganti 1 GD turbo + remap only bisakah ? dapat berap HP
Turbo standar tu cm bisa 190-195hp. Turbo 1gd cm nambah 20hp. Mslhnya bukan cm diturbonya saja. Design head, design pompa solar, dll. Utk target 250hp sih tanpa rombakan mayan mahal agak mustahil kecuali pake jampi" FRD.
Waduh harus banyak rombakan ya. Kalau ANPS remap dapat brp HP dan torsi bro ? Yang aman buat daily use.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by b8099ok »

ongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 7:17
b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 3:58
ongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 3:44 Kalo ganti 1 GD turbo + remap only bisakah ? dapat berap HP
Turbo standar tu cm bisa 190-195hp. Turbo 1gd cm nambah 20hp. Mslhnya bukan cm diturbonya saja. Design head, design pompa solar, dll. Utk target 250hp sih tanpa rombakan mayan mahal agak mustahil kecuali pake jampi" FRD.
Waduh harus banyak rombakan ya. Kalau ANPS remap dapat brp HP dan torsi bro ? Yang aman buat daily use.
ANPS kecil om naiknya, paling gede cm 250hp 560nm buat daily aman. Klo FRD bisa 700hp om. Tp harus ke malang.
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by ongisnade »

b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 7:43
ongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 7:17
b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 3:58

Turbo standar tu cm bisa 190-195hp. Turbo 1gd cm nambah 20hp. Mslhnya bukan cm diturbonya saja. Design head, design pompa solar, dll. Utk target 250hp sih tanpa rombakan mayan mahal agak mustahil kecuali pake jampi" FRD.
Waduh harus banyak rombakan ya. Kalau ANPS remap dapat brp HP dan torsi bro ? Yang aman buat daily use.
ANPS kecil om naiknya, paling gede cm 250hp 560nm buat daily aman. Klo FRD bisa 700hp om. Tp harus ke malang.
Wah bisa 250 hp ya. Lha FRD ndek ngalam yo tonggo ku sam.

OK kalo gitu buat semuanya terima kasih sudah ngasih masukan. Confirmed ANF harus banyak rombakan buat naik 250 HP. Jadi kesimpulannya saya akan pilih ANPS buat gantiin VNT.

Sekali lagi terima kasih buat semuanya.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1564
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by lemonadelovers »

Klo saya ambil ANPS coz ambil VRZ mesin transmisi n sasis sama aja kayak innova kesannya MPV beda bentuk dan diganti ban besar jadilah SUV

Imho yaa
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by antonyaulia »

Kalo saya pake ANPS 2017 CKD dan adik pake ANF, semua standar dan kita beberapa kali tukeran. Tapi punya adik G manual bukan VRZ ya, saya dakkar biasa. Kalo yang masalah di remap maupun piggy saya gak mudeng dan belum pernah coba, saya mau cerita standaran saja.

ANPS sudah saya bawa jelajahi Jawa Bali lombok Beberapa kali, ini mobil nyaman banget bawaannya, nggak bikin capek di badan, masalahnya cuma di rpm bawah agak lemot sebentar, selebihnya mau lari di tol dengan full loaded (saya sering ke bali 4 orang dan belakang full contoh dagangan) tanpa melihat MID tau tau ngelirik MID udah 170 aja dan nggak ngeden sama sekali, tapi habis itu pasti saya kurangin speed ke 140, saya takut soalnya.

Oya, rumus BBM saya kalo isi 200rb biosol + 100rb Dex. kalo pas gak ada Dex ya full biosol, ganti filter 10rb KM sekali. sekarang sudah 26rb KM an.

Pengalaman tukeran ANF, saya kalo tukeran bisa berhari2 tapi paling ke luar kotanya deket2 gak sampai long trip, BBM pake full biosol. Tarikan merata di semua rpm tapi gak secepet ANPS padahal manual lho. Kenyamanan mengemudi sama sama enak, sedikit lebih keras dari ANPS di peredaman tapi lebih anteng dan lebih tidak limbung saat menikung di exit toll yang melingkar gitu. Anps jalan 50 aja terasa banget limbungnya. Keiritan BBM jelas ANF juara, sama persis kayak innova diesel saya yg lama.

Tapi itu kan cerita standaran ya, gak pake remap remapan, silahkan mau pilih mana, kalo saya ya vote ANPS sih.
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by jakanjc »

setahu saya, ANPS tidak disarankan pake solar busuk krn injectornya sudah sejenis seperti injector dieselnya SantaFe/BMW yg mewajibkan minum dex IMHO(info dari sales). Jadi otomatis coret ANPS
Buat ANF, mesin 2gdnya bisa minum solar busuk, saya waktu nyewa innova di banyuwangi, km sudah 88 ribuan diisi selalu solar busuk kata supirnya, gapernah ada masalah hanya ikut service rutin di beres, tapi waktu saya naik mobil itu ada bunyi jangkrik dari mesinnya (seperti waktunya timming belt ganti). Tapi kok saya naik ANF malah kurang sreg, berasa sempit kabinnya.

Dulu saya sempat ngalami kegalauan seperti TS, dan akhirnya pilihan jatuh ke ANPS, pertimbangannya tenaganya paling oke walaupun kondisi standart tanpa dikobel2(remap). buat saya sih buat keluar kota/mudik sudah cukup sekali tenaganya( saya biasa mudik ke semarang tiap tahun, awal tahun kemarin jkt-palembang diisi 4 orang dewasa 1 anak sd+barang. Dan ini mobil lebih sering dipake weekend/jalan jauh. Kalo ngantor harian sih pake anki diesel kantor, rute cilandak-scbd dapet avg 1:10.5 full solar busuk.
'You can go fast, But I can go anywhere'
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by b8099ok »

ongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 8:20
b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 7:43
ongisnade wrote: Sun Apr 07, 2019 7:17

Waduh harus banyak rombakan ya. Kalau ANPS remap dapat brp HP dan torsi bro ? Yang aman buat daily use.
ANPS kecil om naiknya, paling gede cm 250hp 560nm buat daily aman. Klo FRD bisa 700hp om. Tp harus ke malang.
Wah bisa 250 hp ya. Lha FRD ndek ngalam yo tonggo ku sam.

OK kalo gitu buat semuanya terima kasih sudah ngasih masukan. Confirmed ANF harus banyak rombakan buat naik 250 HP. Jadi kesimpulannya saya akan pilih ANPS buat gantiin VNT.

Sekali lagi terima kasih buat semuanya.
Vnt jgn dijual dl. Krn nantinya klo ada kejadian B50 cm dia yg bisa. Ragu klo anps/anf dikasi b50. Bisa keselek ampe muntah darah.
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by ak4ng »

Hihihihihi 2gd di push emg bisa seberapa tembus ya :big_biglaugh:

So smua point ya anps sih :big_smoking:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by ginting »

b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 5:17
F 272 wrote: Sun Apr 07, 2019 4:39
ongisnade wrote:
Thanks om saranya. Sejujurnya ya sayang untuk dijual, dengan 230 hp sudah enak sekali awet gak pernah rewel biaya rawat juga murah bbm cukup biosolar. Tapi lama-kelamaan gak tahan godaan juga lihat ANPS/ANF.

Kalo nambah 1 lagi gak enak om tinggal dikampung mobil jadi 3, bilang orang "saru". Punya 2 aja kadang rasa gak enak sama tetangga.
Saya mantan pengguna VNTurbo 2013 TRDSportivoh ..dijual 2016 lalu dan ganti VRZ ..dan skarang malah agak menyesal kenapa dulu VNTurbo di jual yah...?

Padahal VNT nambah VRZ aja gapapa ...

VNT memang terasa badak banget, kangen jg kadang2 hehehe..

Untuk saran mau ANF atau ANPS, kalo menurut saya pribadi 2 2 nya sama aja...bisa memenuhi kritetia yg dibutuhkan karena saya tau betul ANPS sudah terbukti tangguh.. Coba om ikutin instagram atau Youtube nya Journey of Wonder yg saat ini masih keliling dunia pake ANPS, kalo ga salah skarang posisi mereka di Iran.. tapi saya jg ga bilang kalo ANF ngga bisa diajak spt itu, karena saya pribadi sudah bawa ANF ini dari Ujung Barat Aceh ke Ujung Timur Flores.. saya yakin kalo dibawa lebih jauh lagi jg sanggup..

Malah pertanyaan nya bukan :
Sanggup kah Mobil nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?

Tapi justru pertanyaan nya berubah jadi :
Sanggup kan Orang/Driver nya jalan kesini..kesini..kesini..? Begini..begini..begini.. ?

[emoji23]
Uji ketangguhan sebuah kendaraan yang paling mutlak adalah menarik FRD sejauh 100 meter tanpa kendala sama sekali om :big_smoking:
Waduhh, mbah kok belum puas puas sih bully calon mantu sendiri...
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by gerobak nippon »

1. ANPS
2. Gak tahu
3. VRZ --> utk ANPS gak bakal tahan solar busuk, mau pake jamu2an atau interval ganti filter diperpendek pun, secara jangka panjang akan ada effek..
karena ANPS pake injector Piezzo, sementara VRZ masih pake solenoid injector.. solar busuk kandungan air dan asamnya tinggi, tidak cocok di injector Piezzo yg canggih, cepat, akurat, tapi sangat sensitif terhadap fuel..
Santa fee generasi sebelumnya yg pake injector Piezzo saja balik ke teknologi solenoid injector utk New Santa fee terbaru..
4. ANPS

# Just IMHO, dari pemakai ANPS di surabaya
Last edited by gerobak nippon on Sun Apr 07, 2019 18:47, edited 1 time in total.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by b8099ok »

gerobak nippon wrote: Sun Apr 07, 2019 17:13 1. ANPS
2. Gak tahu
3. FRZ --> utk ANPS gak bakal tahan solar busuk, mau pake jamu2an atau interval ganti filter diperpendek pun, secara jangka panjang akan ada effek..
karena ANPS pake injector Piezzo, sementara VRZ masih pake solenoid injector.. solar busuk kandungan air dan asamnya tinggi, tidak cocok di injector Piezzo yg canggih, cepat, akurat, tapi sangat sensitif terhadap fuel..
Santa fee generasi sebelumnya yg pake injector Piezzo saja balik ke teknologi solenoid injector utk New Santa fee terbaru..
4. ANPS

# Just IMHO, dari pemakai ANPS di surabaya
Sekedar informasi saja. Anps sy sampe saat ini msh menikmati bio solar krn mengandung FRD 20%. Anps temen sy (belinya bareng ama sy), saat ini sudah menyentuh odo 198rb kilometer (rute akap jkt smg sby dps), beliau jg pake bio solar krn menurut beliau msh blm mampu (klo dah mampu uda beli perari). Melihat fakta spt itu, sy sih msh berani tenggak bio solar utk anps.
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by gerobak nippon »

b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 18:03
gerobak nippon wrote: Sun Apr 07, 2019 17:13 1. ANPS
2. Gak tahu
3. FRZ --> utk ANPS gak bakal tahan solar busuk, mau pake jamu2an atau interval ganti filter diperpendek pun, secara jangka panjang akan ada effek..
karena ANPS pake injector Piezzo, sementara VRZ masih pake solenoid injector.. solar busuk kandungan air dan asamnya tinggi, tidak cocok di injector Piezzo yg canggih, cepat, akurat, tapi sangat sensitif terhadap fuel..
Santa fee generasi sebelumnya yg pake injector Piezzo saja balik ke teknologi solenoid injector utk New Santa fee terbaru..
4. ANPS

# Just IMHO, dari pemakai ANPS di surabaya
Sekedar informasi saja. Anps sy sampe saat ini msh menikmati bio solar krn mengandung FRD 20%. Anps temen sy (belinya bareng ama sy), saat ini sudah menyentuh odo 198rb kilometer (rute akap jkt smg sby dps), beliau jg pake bio solar krn menurut beliau msh blm mampu (klo dah mampu uda beli perari). Melihat fakta spt itu, sy sih msh berani tenggak bio solar utk anps.
Saya pengalaman beli solar 5050 sebanyak 200 ribu, saya jejalin ke Anps dalam kondisi tanki hampir kosong..
Saat jalan, itu mobil serasa ngangkat beban puluhan ton ! mungkin bahasa member sini ; "..serasa ngangkut 10 orang penumpang FRD semua.."
Dan juga suara mesin sudah rame seperti komentator capres di tv..
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by b8099ok »

gerobak nippon wrote: Sun Apr 07, 2019 18:46
b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 18:03
gerobak nippon wrote: Sun Apr 07, 2019 17:13 1. ANPS
2. Gak tahu
3. FRZ --> utk ANPS gak bakal tahan solar busuk, mau pake jamu2an atau interval ganti filter diperpendek pun, secara jangka panjang akan ada effek..
karena ANPS pake injector Piezzo, sementara VRZ masih pake solenoid injector.. solar busuk kandungan air dan asamnya tinggi, tidak cocok di injector Piezzo yg canggih, cepat, akurat, tapi sangat sensitif terhadap fuel..
Santa fee generasi sebelumnya yg pake injector Piezzo saja balik ke teknologi solenoid injector utk New Santa fee terbaru..
4. ANPS

# Just IMHO, dari pemakai ANPS di surabaya
Sekedar informasi saja. Anps sy sampe saat ini msh menikmati bio solar krn mengandung FRD 20%. Anps temen sy (belinya bareng ama sy), saat ini sudah menyentuh odo 198rb kilometer (rute akap jkt smg sby dps), beliau jg pake bio solar krn menurut beliau msh blm mampu (klo dah mampu uda beli perari). Melihat fakta spt itu, sy sih msh berani tenggak bio solar utk anps.
Saya pengalaman beli solar 5050 sebanyak 200 ribu, saya jejalin ke Anps dalam kondisi tanki hampir kosong..
Saat jalan, itu mobil serasa ngangkat beban puluhan ton ! mungkin bahasa member sini ; "..serasa ngangkut 10 orang penumpang FRD semua.."
Dan juga suara mesin sudah rame seperti komentator capres di tv..
Mungkin tergantung dr kualitas pomnya, disini sih sejauh ini perbedaan sangat sedikit ya. Yah klo narik FRD msh bisa sih.
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4727
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Mohon Saran ANPS atau ANF

Post by F272 »

b8099ok wrote: Sun Apr 07, 2019 20:29 - cut -
Mungkin tergantung dr kualitas pomnya, disini sih sejauh ini perbedaan sangat sedikit ya. Yah klo narik FRD msh bisa sih.

Setuju... saya 0 KM sd 50.000-an KM itu Filter Solar belum ada indikasi kotor, lalu saya ganti Filter Solar yang baru karena Jaga2 saja ..sekedar antisipasi karena saat itu mau Jelajah muterin Pulau Sumatera sampe ke Aceh, daripada di jalan mampet ...

Eh Filter solar baru ini hanya tahan sampai 80.000-an KM saja.. artinya cuma 30.000 KM an sudah mampet..lampu indikator nyala.. akhir nya ganti lagi Filter Solar baru...

50.000 vs 30.000

Nah ini saya sinyalir POM di Pulau Sumatera kualitas nya tidak sebaik POM di Jawa dan sekitar nya.. apalagi saya waktu itu pake jalur Pesisir Barat Pantai Sumatera dari Aceh - Meulaboh - Subulussalam - Sidikalang - Danau Toba - Padangsidimpuan - Bukittinggi - Padang - Bengkulu - Lampung.. itu jalur sepi lalu-lintas ... tapi SPBU masih banyak tersedia SOlar, jika habis..kita tinggal maju saja ke SPBU berikut nya sudah ada lagi SPBU yang menyediakan solar... tapi ya begitu mungkin kualitasnya bikin filter solar cepat kotor dan mampet..

Image
Foto : di sebuah SPBU jalur Pesisir Barat Pantai Sumatera