All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by qushay20019 »

Misi om & sis penghuni SM,
Ane mo minta pendapat nih. Jadi sedikit latar belakang ane, usia 30an, dah merit + 2 bocah usia TK, kerjaan dosen PNS di kota Makassar. Ane ada BRV E MT yg sehari2 jadi kaki ane. Kadang juga ane tuker2an pake SX4 X-Over MT punya bini. Karena Makassar macetnya makin lama makin mirip kota2 besar di Jawa, ane mo upgrade ke mobil matic. O ya, BRV E MT '16 dipake '17, jok sopir ganti genuine leather + tambah busa jok 20 cm lebih tinggi + tambah peredam lantai jadi 2 lapis. Jadi tuh BRV lumayan irit (1:11an) on pertalite campur Redline TAPI rasanya nih mobil baru acceptable setelah dimodif banyak. Gear ratio 6MT menurut terlalu rapat, dan yg paling krusial, BQ-nya ancuuuurrrr [emo-mark-F]
SX4 X-Over MT '12 bini gak dimodif & kesan ane lumayan enak buat disetir santai, BQ lumayan ok, tapi gak irit2 amat (1:9an) on pertalite campur Redline. Part ori rada mahal tapi gak susah dicari


Selain BRV & X-Over di atas, ane juga ada pengalaman pake & ikut ngerawat mobil2 di bawah ini. Berikut kesan2 ane dgn masing2 mobil:

Avanza G 1.3 MT '04, gak dimodif
--> cukupan buat ngangkut orang/barang dalam kota, sama perawatan mudah & murah, TAPI rasa nyetir biasaaaa banget & udah susah dibawa luar kota

- Mazda2 V non-sky AT '14 gak dimodif
--> nikmat banget disetir, BQ solid banget, bisa pertalite, part gak susah ane dapat TAPI harga part mahal abiessss & diler cuman 1 di seluruh Sul-Sel.

- City VTEC GD8 MT '07 gak dimodif
--> nikmat banget disetir, BQ oke, bisa premium, ada handrest sopir, ada dual glove box, part gampang TAPI rada mahal, sama bikin pegel kalo macet

- Fiesta Trend MT '11 pake ban 205/55/R16
--> paling enak dari semua buat disetir, kedap, BQ solid, bisa pertalite. Interior, fitur, eksterior & finishing cat paling ane suka dari semua mobil di post ini, TAPI part susah & mahalnya kayak Mazda, diler part resmi cuman 1 di kota ini & juga mereka males nyetok barang

- HRV E AT '17 gak dimodif
--> gak ada nilai positifnya mobil ini dimata ane, soalnya kaki2nya rese' bunyi mulu biar diapain. Gak irit juga, entah kenapa cuma dapet 1:8an on pertalite. BQ gak layak buat 280-300jutaan.

- Escudo 1.6 MT '06 ban H/T 235/70/R15, mesin & transmisi dll standar
--> enak, empuk, gagah, mewah, fitur lengkap (ada power 12 V volt di bagasi; jaraaang banget di mobil sekarang), bisa premium, TAPI perseneling suka turun sendiri dari gigi 3 sama FC rada boros, apalagi dengan ban yg udah digedein, & part ori rada mahal.

- OPJS Dakar 4x4 '14 gak dimodif
--> ngangkut orang ato barang ayo2 aja, BQ lumayan, biaya pemakaian lumayan murah TAPI ane gak demen bawa ladder frame biar kata mesinnya kenceng & empuk buat jalan keriting. Selain itu, ane gak demen diesel.

- Trooper diesel LS 3 pintu 4x4 '86 mesin & transmisi standar tapi suspensi lifted, ban 33, roof rack, lampu2 tembak, bemper ARB palsu dpn blkg,dll
--> mobil yg paling gak ane ngerti. Satu2nya nilai tambah mobil ini cuma kemampuan 4x4 nya. Itupun teknologi purba + tukang ngompol oli + tukang kentut sulfur diesel. Sayang yg punya gak bolehin buat dijokul.

Brio MT jenis lupa taun lupa
--> gak pernah nyetir, gak pernah naik, cuman pernah bantu ipar nambah air radiator soalnya sempit banget ruang mesinnya dibanding semua di atas :agrue: :mad:

Nah, dengan background seperti di atas, ane rencana jual BRV ane yg udah jalan 3 taun. Mungkin kalo bini mau, ane sekalian jual SX4 nya bini. Alasan ane mau jual 2 mobil sekalian ialah krn ane & bini gak tiap hari keluar (kadang ane kerja dari rumah aja lewat email/WA dsb). Selain itu biar ane gak perlu nyicil (maklum dosen PNS gaji mepet :mky_01: ) & ngurangin biaya operasional 2 mobil jadi 1 mobil aja. Ane pikir kalopun butuh > 1 mobil, bisa nyewa/ ojol aja.

Kriteria ane:
- 7 seater. Bakal jadi mobil satu2nya di keluarga kecil ane jadi ya gitu deh...
- No ladder frame.
- Harus baru (ane udah ngeresto abis2an City & Fiesta di atas dlm 2 taun terakhir, jadi skip dululah buat sekenan)
- Budget 250-270 jt (harga Makassar) dari hasil jual 2 mobil.
- Pabrikan Japs. Ane udah kenyang main T & H, tapi belum berani main US/ Korean/ Euro/ Cungkwo + kapok abis ngelayanin tuan putri Fiesta. Jadi pabrikan yg tersisa cuman S kotak2, triple berlian merah, M wing, ato batu makam.
- BBM pertalite/ pertamax. Absolutely no diesel soalnya kalo gak bau pasti mahal.
- Build quality harus solid. Ane alergi ama ancurnya BQ ahond keluaran 2015 kesini. Kalopun "harus" ada rattle, itu baru bisa ane toleransi buat mobil > 6 taun (macam X-Over bini ane.
- Harus matic, antara CVT ataupun geared AT juga boleh. No DCT/ DSG (costly maintenance), no AMT/AGS (jerky & quirky to use).

Dari kriteria di atas, ane mengerucut ke Ertiga Sport AT sama All-new Livina AT (type VE ato VL). Ertiga karna ane fanboy S kotak, AN Livina krn kemakan racun reviewer yutup :mky_01:
Dari ketiga tipe di atas, ane udah bikin scoring nya semalam dan spertinya ngerucut ke Livina VL. Cumaaaan, ane harus mastiin dulu bini ane redho 1000% dgn rencana ane, baru ane bisa ke diler.

Soo, menurut temen2 bagusnya gimana?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by sintoni »

Kalau ane pribadi sih secara kualitas kalau ga mikirin budget sih ambil Livina om.

Kalo R3 ga suka banget model eksteriornya.

Tapi dengan budget 250-270 beli R3 sih bisa dapat kembalian banyak banget buat ditabung.

Jadi abis ditimbang2 mending beli R3 aja om, secara mikir sisa uang bisa ditabung.

R3 sendiri bukan mobil yang jelek kok, cuma emang model eksterior terutama lampu belakang bukan selera saya.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by qushay20019 »

O ya, yg mo iseng liat tabel scoring ane, ada skrinsut nya di sini (ga tau kenapa ane aplod ke gdrive tapi linknya gak bisa dibuka dari SM):
scoring 1.jpg
scoring 2.jpg
scoring 3.jpg
sintoni wrote: Sat Apr 06, 2019 3:19 ...mending beli R3 aja om, ... cuma emang model eksterior terutama lampu belakang bukan selera saya.
Naah, itu dia om, Ertiga Sport emang kalah jauh banget dari ANL dari segi desain & kepraktisan, cuman harga juga ya lumayan sih bedanya seperti yg on toni bilang. Tapi kalopun bini gak mau SX4 dijokul, tetep ane harus nyicil kayaknya, & sepertinya kalo dicicil beda harga ANL & ES AT gak bakalan jauh... * tambah bimbang :wkkk:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
bejosupangat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by bejosupangat »

Livina saja pak, peliharanya tidak pusing (free service & parts up to 50,000 km / 4 years). Accessories & parts juga melimpah karena common dengan Xpander.

Banyak fitur yang sehari-hari selalu terpakai (daytime running light; stability control; hill start assist; head unit with smartphone connectivity apple carplay atau android auto; audio steering switch; tilt & telescopic steering adjuster; kamera mundur; sensor parkir).

Kalau tidak terlalu mementingkan jok kulit, start/stop button, chrome di spion & lis pintu, lebih baik ambil tipe VE.
Last edited by bejosupangat on Sat Apr 06, 2019 3:40, edited 1 time in total.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by sintoni »

qushay20019 wrote: Sat Apr 06, 2019 3:20
Naah, itu dia om, Ertiga Sport emang kalah jauh banget dari ANL dari segi desain & kepraktisan, cuman harga juga ya lumayan sih bedanya seperti yg on toni bilang. Tapi kalopun bini gak mau SX4 dijokul, tetep ane harus nyicil kayaknya, & sepertinya kalo dicicil beda harga ANL & ES AT gak bakalan jauh... * tambah bimbang :wkkk:
Kalo ane pribadi om, perbedaan antara LMPV ga terlalu banyak sih. Masing2 punya keunggulan sendiri. Hehe.

Emang Livina keliatan cantik banget fitur super lengkap terus suspensi pas, tapi R3 menurut ane secara fitur sudah cukup jg untuk LMPV, kenyamanan jg oke banget cuma kalah sama duo Xp/Liv.

Kalo buat ane sih kalau ambil LMPV yang pertama harga sih, tapi emang kalau dicicil jadi ga terlalu terasa disparitas harganya.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by qushay20019 »

bejosupangat wrote: Sat Apr 06, 2019 3:37 Kalau tidak terlalu mementingkan jok kulit, start/stop button, chrome di spion & lis pintu, lebih baik ambil tipe VE.
Ane sepakat sama om bejo, kecuali jok kulit itu esensial sih menurut ane om. Soalnya kalo fabric rawan muntahan anak kecil ane, kalo synth. leather macem embitek gitu2 panas om, sekali nyetir pasti basah punggung ane. Di BRV pas baru beberapa bulan ane nekat pasangin genuine leather di jok supir aja *egois alias kere :big_slap: :big_biglaugh:
sintoni wrote: Sat Apr 06, 2019 3:39 Kalo buat ane sih kalau ambil LMPV yang pertama harga sih, tapi emang kalau dicicil jadi ga terlalu terasa disparitas harganya.
Sip om toni, thx buat pertimbangannya :big_deal:
bejosupangat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by bejosupangat »

qushay20019 wrote: Sat Apr 06, 2019 4:09
bejosupangat wrote: Sat Apr 06, 2019 3:37 Kalau tidak terlalu mementingkan jok kulit, start/stop button, chrome di spion & lis pintu, lebih baik ambil tipe VE.
Ane sepakat sama om bejo, kecuali jok kulit itu esensial sih menurut ane om. Soalnya kalo fabric rawan muntahan anak kecil ane, kalo synth. leather macem embitek gitu2 panas om, sekali nyetir pasti basah punggung ane. Di BRV pas baru beberapa bulan ane nekat pasangin genuine leather di jok supir aja *egois alias kere :big_slap: :big_biglaugh:
sintoni wrote: Sat Apr 06, 2019 3:39 Kalo buat ane sih kalau ambil LMPV yang pertama harga sih, tapi emang kalau dicicil jadi ga terlalu terasa disparitas harganya.
Sip om toni, thx buat pertimbangannya :big_deal:
Setahu saya Nissan kasih promo tipe VE dikasih jok kulit (jangan lupa kain fabric aslinya diminta, mahal harganya). Coba bisa dicek ke Pettarani atau Latimojong.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by ricz »

Kalo prefer jok kulit sih coba cek jok kulit livina itu jok kulit asli ato sintetik om... kalo jok kulit sintetik sih mending cari yg diskonnya plg gede aja diantara itu 2, terus selisih diskonnya buat bekleed jok...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by Boeds »

Ada ya mobil di bawah 300 atau 400 jt pakai kok kulit hewan asli?
Setau saya semua kulit imitasi.

Mengatasi punggung panas, di semua mobil saya pakai lumbar support tambahan yg bentuk jaring².
Karena saya suka keringetan di punggung.

Di Ace banyak yg jual. Sering diskon 1 get 1.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by FU27 »

Klo saya sih ertiga, lebih gesit. Itu yang paling penting. Pernah TD new ertiga ma xpander matic. Ertiga terasa lebih sigap. Klo xpander terasa lebih mewah dan telescopic steernya serta cruise control akan bermanfaat banget buat yang suka jalan jauh.

Tapi klo dah jalan, pilih ertiga deh. Klo cuma masalah jok kulit, kayanya kelas 500jt keatas deh yang pakai kulit asli, kelas2 300jt kebawah mah pasti kulit imitasi.

Klo ngomong fitur, ertiga akan kalah jauh dari xpander/livina. Tapi ada beberapa fitur krusial yang malah ada di r3, ga ada di X/L, yaitu headlight projector dan cupholder yang bisa jadi cooler. Klo buat saya, itu bermanfaat banget.

Saran buat TS, lebih baik test drive keduanya. Lihat lebih enak yang mana, dan keluarga lebih suka yang mana. Karena klo dah ngomong mobil keluarga, pilihan keluarga akan lebih penting daripada ego pribadi
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by PRBS »

FU27 wrote: Sat Apr 06, 2019 5:49
Klo ngomong fitur, ertiga akan kalah jauh dari xpander/livina. Tapi ada beberapa fitur krusial yang malah ada di r3, ga ada di X/L, yaitu headlight projector dan cupholder yang bisa jadi cooler. Klo buat saya, itu bermanfaat banget.
Fitur ertiga bukannya 11/12 sama livina/xpander ya? Sama2 sudah ABS,EBD,ESP & HSA.. powerstartbutton dkk.. dan malah lebih unggul ertiga karena ACnya sudah auto climate single zone.. minusnya cc hanya di livina, HU lebih canggih livina, dan pengaturan steer lebih lengkap livina

Brochure ertiga
https://www.suzuki.co.id/uploads/brochu ... ochure.pdf

Brochure livina
https://ik.imagekit.io/hj8sm3kk7/brochu ... 380766.pdf

Btt, kalau pilihan TS allnew ertiga sport dan livina, saya vote ertiga.. black interiornya menurut saya mewah, aksen wood panelnya bagus.. tapi, exterior saya big no, too ricer for me (rasany kalau punya ANE sport, pingin dicopot2in itu bodykitnya)

Mesin juga lebih lincah, karena pernah TD yg versi sebelum improvement.. dibanding xpander yg pernah saya TD juga, lebih lincah ertiga (xpander ngeden)..

Coba TD bareng istri, biar kesepakatan bersama..
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1432
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by mike22 »

Om ini kan mobilnya banyak, udah pengalaman restorasi juga. Imho drpd dari kelas lmpv ke lmpv lagi, mungkin coba wuling almaz biar dpt feel mobil kelas medium..
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1703
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by lemonadelovers »

Klo diliat om orangnya suka utak atik upgrade mending sekalian livina VL udah full spek termasuk jok kulit, ga perlu nambah2 ini itu
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by qushay20019 »

bejosupangat wrote: Sat Apr 06, 2019 4:17 Setahu saya Nissan kasih promo tipe VE dikasih jok kulit (jangan lupa kain fabric aslinya diminta, mahal harganya). Coba bisa dicek ke Pettarani atau Latimojong.
O gitu ya om, sip thanks infonya. Ntar ane cek ke diler. Apa ada SA/ sales yg om rekomen di Nissan Pettarani ato Latimojong?
ricz wrote: Sat Apr 06, 2019 4:40 ...cari yg diskonnya plg gede aja diantara itu 2, terus selisih diskonnya buat bekleed jok...
Boeds wrote: Sat Apr 06, 2019 5:19 Mengatasi punggung panas, di semua mobil saya pakai lumbar support tambahan yg bentuk jaring². Karena saya suka keringetan di punggung. Di Ace banyak yg jual. Sering diskon 1 get 1.
Iya sih, kalo jok kulit mobil "rakyat" paling yg sintetis dikasihnya. Kalo mo genuine harus pesan & bekleed khusus lagi. Kalo yg lumbar support jaring2 ane blum pernah nyoba sih, nanti deh coba cek di ACE. Thanks sarannya om ricz & om Boeds.
FU27 wrote: Sat Apr 06, 2019 5:49 Klo saya sih ertiga, lebih gesit. --------------cut-------------------
Karena klo dah ngomong mobil keluarga, pilihan keluarga akan lebih penting daripada ego pribadi
O gesitan Ertiga ya om? Ane emang blum TD sih satupun dari semua mobil itu sih. Dulu ane TD BRV juga cuman sendiri, tapi kayaknya emang bagusan boyong keluarga rame2 ya kalo niatnya jadi mobil keluarga. Thanks om FU27
PRBS wrote: Sat Apr 06, 2019 7:49 Fitur ertiga bukannya 11/12 sama livina/xpander ya? Btt, kalau pilihan TS allnew ertiga sport dan livina, saya vote ertiga.. black interiornya menurut saya mewah, aksen wood panelnya bagus.. tapi, exterior saya big no, too ricer for me (rasany kalau punya ANE sport, pingin dicopot2in itu bodykitnya). Mesin juga lebih lincah, karena pernah TD yg versi sebelum improvement.. dibanding xpander yg pernah saya TD juga, lebih lincah ertiga (xpander ngeden).. Coba TD bareng istri, biar kesepakatan bersama..

Betul om PRBS, fitur emang saling gak ada yang 100% lengkap antara ANE Sport AT ama ANL VL.
Yang ane sayangkan dari ANE Sport: gak ada variable intermittent wiper depan, armrest, center console, laci bawah jok baris kedua, power outlet baris ketiga. Nah semua ini kayaknya gak bisa ditambahkan dengan mudah di bengkel variasi. Kalo velg bisa sih upgrade dari R15 ke R16.
Sementara itu, yang ane sayangkan dari ANL VL: gak ada rear defogger, AC digital, climate control, cupholder berpendingin, sama power mesin yg (menurut om2 & review2) lebih lemot di ANL.
lemonadelovers wrote: Sat Apr 06, 2019 8:54 Klo diliat om orangnya suka utak atik upgrade mending sekalian livina VL udah full spek termasuk jok kulit, ga perlu nambah2 ini itu
Naah, itu dia om lemonade, krn ane udah pengalaman di BRV ane harus nambah ini itu banyaaak banget baru bisa "kena" rasa nyetirnya, makanya skarang ane mikirnya mending yg paling lengkap skalian fitur2nya biar gak harus nambah banyak lagi. Kalo dulu pembenaran ane bolak-balik bengkel adalah krn masih buta total soal mobil, cuman yg kerasa itu banyak waktu yang abis sama peace of mind yg susah dapetnya dgn perlunya nambah ini itu.
_________________________________________________________________________________________

Okelah, sepertinya on-paper comparison udah mentok sampe sini. Next step harus TD bareng keluarga. :big_okay:
O ya kalo dirangkum pilihan om2 sejauh ini masih menang ANE Sport AT; unggul 1 suara dengan catatan exterior ala2 ricer-nya dikurangin :big_biglaugh:

Terima kasih sekali lagi atas semua masukan om2. Nanti ane update lagi deh kalo udah TD. C u all
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by wenD »

Permasalahan sama nih dengan ane
Pilih ANL atau AN Ertiga Sport

Ertiga impresi berkendaranya ntah kenapa lbh nyaman dibanding Livina, mgkn krn Power lbh bsr dan berat lbh ringan
Tp bahan plastik ertiga bikin agak annoying diperhatiinny
Dan penampilan luarny terlalu “alay” utk umur yg 30an
Ertiga unggul diharga yg selisih kurang lbh 30jtan

Klo livina interior n eksterior udh pas
Tapi yaa itu, harga lbh mahal dan impresi msh kalah dibanding ertiga (menurut ane)
budidarmj1
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Jul 20, 2018 5:14
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xenia

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by budidarmj1 »

Sekalian TD glory 560 jg om kalo ketemu unit TD nya.. :mky_01:
Dasbor ala cx-5 kw, serta bokong ala land rover jiplak :mky_07: .
Harga sih bisa lbh murah dr kandidat2 om TS kyknya..
:big_childish:
soerya0711
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by soerya0711 »

Numpang share pengalaman ya om,
Temen saya tadinya pake Grand Livina lama (2011), trus dia ganti ke Xpander Ultimate, dia komplain klo xpander lbh boros dari Old GL, dimana old GL itu blom CVT. Tp kondisi compare nya, si xpander nya msh kisaran 1000km.
Saya jg uda sempet bandingin antara xpander temen sama new ertiga GX (pre improvement) sodara pny, klo jalan lewat jalan berlubang dengan kecepatan lumayan sekitar 30-40an, xpander kaki2nya berasa lbh berisik dr ANE (apa cuma perasaan saya juga).

asumsi New Livina itu kembar dengan xpander (rangka, mesin, suspensi).
bagi saya, pembeda yg agak vital antara New Livina sama ANE itu Projector lamp, terangnya lbh fokus, apalagi klo ganti yg LED / HID, bagi saya lampu utama livina / xpander itu kurang terang, buat nyetir malam hari (terutama buat umur 30 keatas) masih berasa gelap, apalagi klo lg jalan antar kota / propinsi.
Pertimbangan lain, mesin & tenaga, lbh unggul di ANE.
Lalu Harga beda 10 jt ya (matic), dan lagi, setau saya ertiga diskon lumayan gede buat yg GX, harusnya yg sport pasti ada diskon walo ga segede GX.
Klo total selisih ampe 30-35 jt itu signifikan banget sebagai pertimbangan.

saya pengguna Ertiga lama, rencana taon depan mau upgrade antara 2 pilihan seperti om.
Kalau untuk sekarang, saya pegang ANE sport, tp klo taon depan xpander ada Facelift dgn fitur yg lbh ok, terutama sektor lampu, mungkin baru pindah hati deh.
Last edited by soerya0711 on Sat Apr 06, 2019 14:37, edited 1 time in total.
Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by Escaflowne »

Vote Ertiga Sport yang sekarang, modelnya terlihat jadi lebih menarik dan selisih harga yang lumayan dibanding Livina.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by qushay20019 »

Wow, ternyata yg nyaranin ANE Sport banyak juga ya, di trit ini aja udah unggul 3 suara dari ANL
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by Winz »

qushay20019 wrote: Sat Apr 06, 2019 22:22 Wow, ternyata yg nyaranin ANE Sport banyak juga ya, di trit ini aja udah unggul 3 suara dari ANL
Klo biasa bawa BR-V takutnya ANL terasa lemot

ANE lebih lincah soal’nya bobot mobil lebih ringan

Oiya, VE sama VL ada beda di MID tft dan setir kulit jg

Jok kulit ANL ini mirip banget sama punya ANPS sekarang

Mungkin juga sama coz yang rakit dua2nya pabrik yg sama
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by PRBS »

qushay20019 wrote: Sat Apr 06, 2019 22:22 Wow, ternyata yg nyaranin ANE Sport banyak juga ya, di trit ini aja udah unggul 3 suara dari ANL
fitur emang saling gak ada yang 100% lengkap antara ANE Sport AT ama ANL VL.
Yang ane sayangkan dari ANE Sport: gak ada variable intermittent wiper depan, armrest, center console, laci bawah jok baris kedua, power outlet baris ketiga. Nah semua ini kayaknya gak bisa ditambahkan dengan mudah di bengkel variasi
Armrest dan center console bisa ditambahkan di bengkel variasi sih.. dan setuju, jok row 2 nya ANE tergolong lebar, sangt disayangkan kenapa ga ada armrest.. bikin jok jadi plain.
ngeja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Jan 30, 2017 6:41

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by ngeja »

wenD wrote: Sat Apr 06, 2019 13:23 Permasalahan sama nih dengan ane
Pilih ANL atau AN Ertiga Sport

Ertiga impresi berkendaranya ntah kenapa lbh nyaman dibanding Livina, mgkn krn Power lbh bsr dan berat lbh ringan
Tp bahan plastik ertiga bikin agak annoying diperhatiinny
Dan penampilan luarny terlalu “alay” utk umur yg 30an
Ertiga unggul diharga yg selisih kurang lbh 30jtan

Klo livina interior n eksterior udh pas
Tapi yaa itu, harga lbh mahal dan impresi msh kalah dibanding ertiga (menurut ane)
Iya nih di kota ane pricelist nya:
ANE SPORT AT 263 - 30 (CASHBACK) = 233
LIVINA VL AT (no CASHBACK ) = 265

Selisih 32 jt worth ga sih ANE?
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by liat2aja »

Interior New Ertiga tapi sebelum improvement menurut saya kurang ya, sebagai pemakai Toyota Sienta 2016 dan Mitsu Xpander 2018. Tapi om datang dari Honda BR-V yg built materialnya buruk, mestinya Ertiga lebih baik. Sebelum ambil Sienta saya mau ambil BR-V tapi bini ga kasih karena interiornya jelek menurut dia.

Balik2 kalau cari fun to drive, sebaiknya test drive. Kalau cuma fitur dan lega saya vote Livina (sebagai pemakai Xpander)
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by halooo »

Sy pernah punya xpander ultimate. Pernah punya ertiga lama. Pernah juga test drive ertiga terbaru.

Kseimpulan : feel nyetir xpander terasa mobil besar, fitur ya kekinian lah. Ertiga mesin lebih responsif, mungkin krn ukuran body lebih kecil, jd dibawa nya lebih lincah, waktu rest d4lrive ertiga gx at sy kickdown.
Kemarin lihat ertiga sport dgn ac digital sudah mendongkrak jauh dr yg masih kenop, interior full black kesannya dewasa.
Point lebih penting soal harga, ertiga sport sudah kasih diskon jd selisih harga 30 an dgn livina tentu sj pilih yg lebih murah itu uang banyak loh. Kursng suka ertiga sport cuma 1 body kit suzuki biasanya fiber dan penyakitnya kl sdh lama jd kusam itu bodykit kl pernah lihat apv luxury. Tp mungkin ini hal yg berbeda. So go for ertiga sport kl saya
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: All New Livina AT atau Ertiga Sport AT atau...

Post by sintoni »

ANE yang jadi masalah ini desainnya sih.

Baik eksterior (lampu belakang) maupun interior (terutama dashboard kayu).

Ane jauh lebih prefer design eskterior + interior Ertiga lama.

Yang lain sih sudah sip.