Ane mo minta pendapat nih. Jadi sedikit latar belakang ane, usia 30an, dah merit + 2 bocah usia TK, kerjaan dosen PNS di kota Makassar. Ane ada BRV E MT yg sehari2 jadi kaki ane. Kadang juga ane tuker2an pake SX4 X-Over MT punya bini. Karena Makassar macetnya makin lama makin mirip kota2 besar di Jawa, ane mo upgrade ke mobil matic. O ya, BRV E MT '16 dipake '17, jok sopir ganti genuine leather + tambah busa jok 20 cm lebih tinggi + tambah peredam lantai jadi 2 lapis. Jadi tuh BRV lumayan irit (1:11an) on pertalite campur Redline TAPI rasanya nih mobil baru acceptable setelah dimodif banyak. Gear ratio 6MT menurut terlalu rapat, dan yg paling krusial, BQ-nya ancuuuurrrr
![Mark F [emo-mark-F]](./images/smilies/2017-scoreF.gif)
SX4 X-Over MT '12 bini gak dimodif & kesan ane lumayan enak buat disetir santai, BQ lumayan ok, tapi gak irit2 amat (1:9an) on pertalite campur Redline. Part ori rada mahal tapi gak susah dicari
Selain BRV & X-Over di atas, ane juga ada pengalaman pake & ikut ngerawat mobil2 di bawah ini. Berikut kesan2 ane dgn masing2 mobil:
Avanza G 1.3 MT '04, gak dimodif
--> cukupan buat ngangkut orang/barang dalam kota, sama perawatan mudah & murah, TAPI rasa nyetir biasaaaa banget & udah susah dibawa luar kota
- Mazda2 V non-sky AT '14 gak dimodif
--> nikmat banget disetir, BQ solid banget, bisa pertalite, part gak susah ane dapat TAPI harga part mahal abiessss & diler cuman 1 di seluruh Sul-Sel.
- City VTEC GD8 MT '07 gak dimodif
--> nikmat banget disetir, BQ oke, bisa premium, ada handrest sopir, ada dual glove box, part gampang TAPI rada mahal, sama bikin pegel kalo macet
- Fiesta Trend MT '11 pake ban 205/55/R16
--> paling enak dari semua buat disetir, kedap, BQ solid, bisa pertalite. Interior, fitur, eksterior & finishing cat paling ane suka dari semua mobil di post ini, TAPI part susah & mahalnya kayak Mazda, diler part resmi cuman 1 di kota ini & juga mereka males nyetok barang
- HRV E AT '17 gak dimodif
--> gak ada nilai positifnya mobil ini dimata ane, soalnya kaki2nya rese' bunyi mulu biar diapain. Gak irit juga, entah kenapa cuma dapet 1:8an on pertalite. BQ gak layak buat 280-300jutaan.
- Escudo 1.6 MT '06 ban H/T 235/70/R15, mesin & transmisi dll standar
--> enak, empuk, gagah, mewah, fitur lengkap (ada power 12 V volt di bagasi; jaraaang banget di mobil sekarang), bisa premium, TAPI perseneling suka turun sendiri dari gigi 3 sama FC rada boros, apalagi dengan ban yg udah digedein, & part ori rada mahal.
- OPJS Dakar 4x4 '14 gak dimodif
--> ngangkut orang ato barang ayo2 aja, BQ lumayan, biaya pemakaian lumayan murah TAPI ane gak demen bawa ladder frame biar kata mesinnya kenceng & empuk buat jalan keriting. Selain itu, ane gak demen diesel.
- Trooper diesel LS 3 pintu 4x4 '86 mesin & transmisi standar tapi suspensi lifted, ban 33, roof rack, lampu2 tembak, bemper ARB palsu dpn blkg,dll
--> mobil yg paling gak ane ngerti. Satu2nya nilai tambah mobil ini cuma kemampuan 4x4 nya. Itupun teknologi purba + tukang ngompol oli + tukang kentut sulfur diesel. Sayang yg punya gak bolehin buat dijokul.
Brio MT jenis lupa taun lupa
--> gak pernah nyetir, gak pernah naik, cuman pernah bantu ipar nambah air radiator soalnya sempit banget ruang mesinnya dibanding semua di atas


Nah, dengan background seperti di atas, ane rencana jual BRV ane yg udah jalan 3 taun. Mungkin kalo bini mau, ane sekalian jual SX4 nya bini. Alasan ane mau jual 2 mobil sekalian ialah krn ane & bini gak tiap hari keluar (kadang ane kerja dari rumah aja lewat email/WA dsb). Selain itu biar ane gak perlu nyicil (maklum dosen PNS gaji mepet

Kriteria ane:
- 7 seater. Bakal jadi mobil satu2nya di keluarga kecil ane jadi ya gitu deh...
- No ladder frame.
- Harus baru (ane udah ngeresto abis2an City & Fiesta di atas dlm 2 taun terakhir, jadi skip dululah buat sekenan)
- Budget 250-270 jt (harga Makassar) dari hasil jual 2 mobil.
- Pabrikan Japs. Ane udah kenyang main T & H, tapi belum berani main US/ Korean/ Euro/ Cungkwo + kapok abis ngelayanin tuan putri Fiesta. Jadi pabrikan yg tersisa cuman S kotak2, triple berlian merah, M wing, ato batu makam.
- BBM pertalite/ pertamax. Absolutely no diesel soalnya kalo gak bau pasti mahal.
- Build quality harus solid. Ane alergi ama ancurnya BQ ahond keluaran 2015 kesini. Kalopun "harus" ada rattle, itu baru bisa ane toleransi buat mobil > 6 taun (macam X-Over bini ane.
- Harus matic, antara CVT ataupun geared AT juga boleh. No DCT/ DSG (costly maintenance), no AMT/AGS (jerky & quirky to use).
Dari kriteria di atas, ane mengerucut ke Ertiga Sport AT sama All-new Livina AT (type VE ato VL). Ertiga karna ane fanboy S kotak, AN Livina krn kemakan racun reviewer yutup

Dari ketiga tipe di atas, ane udah bikin scoring nya semalam dan spertinya ngerucut ke Livina VL. Cumaaaan, ane harus mastiin dulu bini ane redho 1000% dgn rencana ane, baru ane bisa ke diler.
Soo, menurut temen2 bagusnya gimana?