Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

satukata wrote:Tanya om suhu turbo,
Avanza 2016,
Oli metik, di manual ditulis atf T-IV,
kalo pake atf aisin, pake yg afw+ ?
trims sblmnya..
AFW / AFW+ bisa

AFW bisa utk JWS 3309 / T-4
* Bukan ajakan Beli *
satukata
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Tue Jul 29, 2014 10:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by satukata »

Turboman wrote: Tue Mar 12, 2019 7:07
satukata wrote:Tanya om suhu turbo,
Avanza 2016,
Oli metik, di manual ditulis atf T-IV,
kalo pake atf aisin, pake yg afw+ ?
trims sblmnya..
AFW / AFW+ bisa

AFW bisa utk JWS 3309 / T-4
Siap om turbo,
Terimakasih infonya..
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

rendr wrote: Sun Mar 10, 2019 0:04
Oke.. hanya analogi saya begini, kompresi bakar mesin diesel lebih tinggi dari bensin right? Jika dipersamaan gas ideal P(tekanan) semakin tinggi maka T(suhu) akan semakin tinggi pula? Kalo di fluida memang akan berbanding terbalik...
Ini untuk case mesin yg sama2 naturally aspirated, kalo forced induction tentu akan beda hasilnya..
Jadi sudah akur ya bahwa operating temp mesin diesel pada umumnya lebih rendah daripada mesin bensin, dan maka dari itu oli yang di mesin diesel pada umumnya juga tidak perlu tahan panas/high temp kayak di mesin bensin.
rendr wrote: Sun Mar 10, 2019 0:04
Sorry2 ralat, maksud saya ZDDP bukan TBN.. betul memang boron nitrade itu yg dibutuhkan untuk alusil n nikasil block nya bmw.. tapi...
ZDDP terlampau tinggi akibatnya buruk buat timing chain.. saya lihat hasil riset yg pernah di post oom turboman..

Mohon koreksinya kembali..
ZDDP 1400ppm (seperti level D1) seperti di presentasi itu menyebabkan wear di timing chain dengan sesuai di presentasi. Saya juga tidak tahu apakah memang timing chain M52 sama bahannya dengan timing chain di VW. Mungkin juga ada benarnya, karena ZDDP sifatnya "keras" dan bisa jadi bantalan dari senyawa ZDDP itu malah jadi terlalu keras untuk timing chain sehingga dia jadi lebih cepat aus. Namun, biasanya timing chain wear di mesin yang pernah saya temui... jarang sekali casenya... kalo pernah skip satu gigi sproket cam itu lumayan sering. Camnya lecet-lecet juga iya... journalnya, atau mungkin malah metal duduk dll... tapi kalo timing chain hampir pasti kalau diganti pun cuman gara-gara stretch jadi timingnya "lari".

Dari spec sebenarya M1 0w40 paling pas memang... tapi ngeliat uoa report M1 di luar kok gak bagus-bagus amat ya.
rudyzanetti wrote: Sun Mar 10, 2019 1:24 Sy sekarang lagi pake kendall diesel 10w-30 di k3ve xenia. Uda jalan 1000an km. Jalan 2bulan.
Ntr coba saya liat, ada endapan ato engga.
Sebelumnya pake kixx 5w30.
Kl di mobil ini, oli nya sering disiksa. Oli temp nya sering tembus 110 c.
Sekedar sharing om rudy, kalo saya mau cek endapan dari oli, selain dari dipstick dan pas ganti oli, saya juga bersihin tutup lubang pengisian oli mesin. Jadi saya bersihin dulu tu bagian dalem tutupnya, pake sabun yang bisa melarutkan kerak-kerak oli (Superclean kalo dari Amrik, bisa juga cairan sabun yang biasanya dicemplungin ke ruang bakar buat bersihin kerak-kerak ruang bakar, busi, dll) sehingga plastik/bagian dalemnya bener-bener bersih. Nah, nanti pake olinya deh.... setelah kurang lebih 1000rb km, boleh deh tuh bagian dalemnya tutup oli mesin itu kita bersihin/lap pake tissue. Kalo olinya bagus, biasanya cuman ada uap-uap oli nempel/basah dan warnanya lumayan jernih. Kalo olinya gak tahan panas, biasanya bagian dalam tutupnya oli itu sudah ada kerak2x oli coklat agak ketuaan warnanya (walaupun hanya sedikit ~ karena kmnya masih rendah).

Pengalaman saya pake Kendall yang full synth (0w20) sama Delvac 1 tutup olinya masih bersih padahal dah jalan lebih dari 1000km. Kalo Kendall 10w30 lumayan banyak endapan pas di km 1000-2000km. Saya ganti di 2000km lebih dikit.
arfs wrote: Sun Mar 10, 2019 1:59 Ikut nimbrung juga mengenai pemakaian Diesel Engine Oil on Gasoline Engine.
Kondisi PTT Dynamic Commonrail 10W30 (Semi Synthetic) sedang dipakai di HR15DE ver.2 sudah berjalan 2.351 km selama dua bulan kurang sedikit.
Tarikan masih enak sama seperti ketika baru ganti oli. Penguapan tetap ada dikit :frm_bang_head: (*karena karakter mesin sepertinya?). Warna oli masih ok. Sludge di plat penuangan oli nya masih ada juga :roll:.
Ini om arfs sludgenya di mana ya? Sludge itu kayak cairan minyak goreng yang dah butek dan kentel...

Apa maksudnya mau ngilangin varnish/kekuning-kuningan/coklat? Kalau iya, sepertinya oli diesel pada umumnya pun gak bisa ilangin deh...kecuali mungkin Valvoline Blue Restore (tapi nggak ada di Indo). Bisa coba pake oli yang grupnya atas saja (IV - full synth atau V ~ ester) supaya varnishnya jadi kinclong lagi, selain tentunya bisa coba pake produk kayak Marvel Mystery Oil atau semacamnya... sebenarnya sabun mekanik yang saya sebutkan di atas juga bisa kalo ngilangin varnish saja si... tapi ya gak buat dicemplungin tempat pengisian oli ya.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by zzzprince »

Ada yang punya hasil testing VOA/UOA oli PTT performa 5w30 dan q8 formula ultra 0w20? Kebetulan lagi galau antara 2 oli ini untuk dituang ke calya ogut
IMG_20190313_145222.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Auanz »

kalo di calya 0w bole ya ambil yang q8 aja. om turbo lbi mencondong kesitu sih dan ane percaya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

zzzprince wrote:Ada yang punya hasil testing VOA/UOA oli PTT performa 5w30 dan q8 formula ultra 0w20? Kebetulan lagi galau antara 2 oli ini untuk dituang ke calya ogut
IMG_20190313_145222.jpeg
Utk LCGC sih scr umum saya lebih pilih 5W30 krn kapasitas radiator pas2 an

kecuali kalo jalannya trip pendek2 aja ya oke 0W20

PTT 5W30 safe for 9000 km
* Bukan ajakan Beli *
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by zzzprince »


Auanz wrote:kalo di calya 0w bole ya ambil yang q8 aja. om turbo lbi mencondong kesitu sih dan ane percaya.
Kebetulan pegang 2 calya, satu unit dari km 4rb Sampe 22rb kemarin pakai q8 0w20, sofar so good, sampai akhirnya kemarin mau perjalanan jauh, Akhirnya coba pakai PTT 5w30. Suara mesin saat 3k rpm di tol lebih halus, dibanding saat pakai 0w, dengan konsekuensi tarikan awal dalkot dan akselerasi jadi agak lemot om
Turboman wrote:
zzzprince wrote:Ada yang punya hasil testing VOA/UOA oli PTT performa 5w30 dan q8 formula ultra 0w20? Kebetulan lagi galau antara 2 oli ini untuk dituang ke calya ogut
IMG_20190313_145222.jpeg
Utk LCGC sih scr umum saya lebih pilih 5W30 krn kapasitas radiator pas2 an

PTT 5W30 safe for 9000 km
Betul om, radiatornya calya itu cuma separo dari ukuran bumpernya, 3.5l kapasitas nya. Sofar sih pakai 0w gak ada penguapan, cuma kemarin Memang penasaran aja sama PTT sama mau jalan jauh, makanya nyoba hehehe. Emang efek pakai 5w lebih berat di tarikan awal ya om? Konsumsi BBM blm saya hitung antara pakai 0w dan 5w. Oh ya biasanya saya kalau ganti oli selalu tuang 1lt Mesran 20w buat buang oli kotornya. Berhubung kemarin abis, saya pakai primaxp gak masalah ya om?



Last edited by zzzprince on Wed Mar 13, 2019 8:14, edited 1 time in total.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by arfs »

exflowly wrote: Wed Mar 13, 2019 6:59 Ini om arfs sludgenya di mana ya? Sludge itu kayak cairan minyak goreng yang dah butek dan kentel...

Apa maksudnya mau ngilangin varnish/kekuning-kuningan/coklat? Kalau iya, sepertinya oli diesel pada umumnya pun gak bisa ilangin deh...kecuali mungkin Valvoline Blue Restore (tapi nggak ada di Indo). Bisa coba pake oli yang grupnya atas saja (IV - full synth atau V ~ ester) supaya varnishnya jadi kinclong lagi, selain tentunya bisa coba pake produk kayak Marvel Mystery Oil atau semacamnya... sebenarnya sabun mekanik yang saya sebutkan di atas juga bisa kalo ngilangin varnish saja si... tapi ya gak buat dicemplungin tempat pengisian oli ya.
Di foto yang kedua.
Mau ilangin sludge lumpur , sebelum nuang ud dikasi engine flush++ pake solar (Do it at your own risk - so far mesin ttp kering kgk ada yg rembes) 2 liter campur oli murah 1 liter dinyalain idle 5 menit lalu buang drain, isi begitu lagi diulangi 2 kali.
Lalu terakhir di kuras lagi dgn full oli murah sebelum dituang PTT Dynamic Commonrail ini.
Memang jadi lebih smooth suara mesin sama tarikan mesin jg lebih enak.
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rudyzanetti »

Update, oli kendall dxa 10w30 di xenia k3ve.
Pake oli kendall ini mulai 19 januari kemarin di kilometer 141400.
Pertanggal 13 maret ini (2bulan) uda jalan 143230.
Jadi oli ini uda jalan hampir 2rb km dalam waktu 2 bulan.
Kalo ngeliat pake mata telanjang sih blm ada tanda ada sludge dan semacemnya ya.
Dibawah ini ada foto lobang pengisian oli, ama tutup olinya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

rudyzanetti wrote: Wed Mar 13, 2019 9:17 Update, oli kendall dxa 10w30 di xenia k3ve.
Pake oli kendall ini mulai 19 januari kemarin di kilometer 141400.
Pertanggal 13 maret ini (2bulan) uda jalan 143230.
Jadi oli ini uda jalan hampir 2rb km dalam waktu 2 bulan.
Kalo ngeliat pake mata telanjang sih blm ada tanda ada sludge dan semacemnya ya.
Dibawah ini ada foto lobang pengisian oli, ama tutup olinya.
Mantep om sharing nya :frm_salut:
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

arfs wrote: Wed Mar 13, 2019 8:15
Di foto yang kedua.
Mau ilangin sludge lumpur , sebelum nuang ud dikasi engine flush++ pake solar (Do it at your own risk - so far mesin ttp kering kgk ada yg rembes) 2 liter campur oli murah 1 liter dinyalain idle 5 menit lalu buang drain, isi begitu lagi diulangi 2 kali.
Lalu terakhir di kuras lagi dgn full oli murah sebelum dituang PTT Dynamic Commonrail ini.
Memang jadi lebih smooth suara mesin sama tarikan mesin jg lebih enak.
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Kalo dari foto si sudah lumayan bersih ya? Kapasitas oli 3 liter kah?
rudyzanetti wrote: Wed Mar 13, 2019 9:17 Update, oli kendall dxa 10w30 di xenia k3ve.
Pake oli kendall ini mulai 19 januari kemarin di kilometer 141400.
Pertanggal 13 maret ini (2bulan) uda jalan 143230.
Jadi oli ini uda jalan hampir 2rb km dalam waktu 2 bulan.
Kalo ngeliat pake mata telanjang sih blm ada tanda ada sludge dan semacemnya ya.
Dibawah ini ada foto lobang pengisian oli, ama tutup olinya.
Aman kalau liat dari foto yak... terima kasih atas sharingnya om rudy.
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rudyzanetti »

Mungkin beda mesin, beda hasil ya...
Tp coba ntr sy pantau terus 6 sampai 7 bulan mendatang. Karena biasanya saya ganti oli di kisaran itu.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Jambangan »

rudyzanetti wrote: Wed Mar 13, 2019 9:17 Update, oli kendall dxa 10w30 di xenia k3ve.
Pake oli kendall ini mulai 19 januari kemarin di kilometer 141400.
Pertanggal 13 maret ini (2bulan) uda jalan 143230.
Jadi oli ini uda jalan hampir 2rb km dalam waktu 2 bulan.
Kalo ngeliat pake mata telanjang sih blm ada tanda ada sludge dan semacemnya ya.
Dibawah ini ada foto lobang pengisian oli, ama tutup olinya.
Wah bersih tuh om untuk mobil odo 140rban KM
Btw xenia tahun brp om?
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rudyzanetti »

Jambangan wrote: Thu Mar 14, 2019 11:24
rudyzanetti wrote: Wed Mar 13, 2019 9:17 Update, oli kendall dxa 10w30 di xenia k3ve.
Pake oli kendall ini mulai 19 januari kemarin di kilometer 141400.
Pertanggal 13 maret ini (2bulan) uda jalan 143230.
Jadi oli ini uda jalan hampir 2rb km dalam waktu 2 bulan.
Kalo ngeliat pake mata telanjang sih blm ada tanda ada sludge dan semacemnya ya.
Dibawah ini ada foto lobang pengisian oli, ama tutup olinya.
Wah bersih tuh om untuk mobil odo 140rban KM
Btw xenia tahun brp om?
Taun 2009 om. Juli bsk pas 10 taun 😀. Pegangan sendiri dari baru
Dari lobang oli sih masih bersih. Tuh foto kl di zoom, masih keliatan titik cat bawaan pabriknya. Tp ntah ya kl dibuka total. Haha
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Tampanman »

Mau nanya pertanyaan dasar aja om, oli sama2 full syn, merk sama, kekentalan 5w30 dengan 10w40, biasanya mana yang lebih awet?
bemaiself
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Oct 15, 2015 2:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by bemaiself »

Untuk oli mesin Diesel yg cocok untuk pemakaian yg bisa nonstop 8 jam sekali jalan apa ya om? Oli yg dipakai skrg Shell Helix HX-5 dan olinya selalu kurang. Oli lainnya yg tersedia di daerah saya :
1. Meditran SX 15/40
2. Fastron Diesel 15/40
3. Deltalube SAE 40
4. Mobil Delvac MX 15/40
5. Shell Rimula R4

Ada saran pakai oli yg mana yg bisa tahan dengan pemakaian seperti ini?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1529
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by MSU »

jadi sebetulnya pake oli diesel di mesin bensin tu aman ya...ga ada efek negatifnya..
kebetulan sy piara kijang 7K & kuda diesel...selama ini pake hx7 & rimula r4x..
mungkin bagus juga kalo oli mesinnya bisa disatuin jadi rimula r4x semua..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

bemaiself wrote:Untuk oli mesin Diesel yg cocok untuk pemakaian yg bisa nonstop 8 jam sekali jalan apa ya om? Oli yg dipakai skrg Shell Helix HX-5 dan olinya selalu kurang. Oli lainnya yg tersedia di daerah saya :
1. Meditran SX 15/40
2. Fastron Diesel 15/40
3. Deltalube SAE 40
4. Mobil Delvac MX 15/40
5. Shell Rimula R4

Ada saran pakai oli yg mana yg bisa tahan dengan pemakaian seperti ini?
Mobilnya / mesinnya apa ?

di antara piluhan di atas yg oke yah
- Delvac MX
- Fastron Dies

dibanding yg lain2

pastikan aja olinya ASLI
Last edited by Turboman on Fri Mar 15, 2019 1:39, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
bemaiself
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Oct 15, 2015 2:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by bemaiself »

Turboman wrote: Fri Mar 15, 2019 1:39
bemaiself wrote:Untuk oli mesin Diesel yg cocok untuk pemakaian yg bisa nonstop 8 jam sekali jalan apa ya om? Oli yg dipakai skrg Shell Helix HX-5 dan olinya selalu kurang. Oli lainnya yg tersedia di daerah saya :
1. Meditran SX 15/40
2. Fastron Diesel 15/40
3. Deltalube SAE 40
4. Mobil Delvac MX 15/40
5. Shell Rimula R4

Ada saran pakai oli yg mana yg bisa tahan dengan pemakaian seperti ini?
Mobilnya / mesinnya apa ?
Oh iya maaf kurang lengkap infonya. Mobilnya Hilux D4d om Turbo.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

MSU wrote:jadi sebetulnya pake oli diesel di mesin bensin tu aman ya...ga ada efek negatifnya..
kebetulan sy piara kijang 7K & kuda diesel...selama ini pake hx7 & rimula r4x..
mungkin bagus juga kalo oli mesinnya bisa disatuin jadi rimula r4x semua..
pake HX7 aja utk Dieselnya juga bisa

yg penting pastikan olinya ASLI
* Bukan ajakan Beli *
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

MSU wrote: Fri Mar 15, 2019 1:26 jadi sebetulnya pake oli diesel di mesin bensin tu aman ya...ga ada efek negatifnya..
kebetulan sy piara kijang 7K & kuda diesel...selama ini pake hx7 & rimula r4x..
mungkin bagus juga kalo oli mesinnya bisa disatuin jadi rimula r4x semua..
Rimula r4x api nya mixed Fleet?
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

Q8 excel 5w40 aman ACDC kan ya?
Nemu di tokped 370rb 4liter
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

DevilS wrote:Q8 excel 5w40 aman ACDC kan ya?
Nemu di tokped 370rb 4liter
Kalo si duniaoli (ToPed) sih barang aman

* Bukan ajakan Beli *
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1529
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by MSU »

DevilS wrote: Fri Mar 15, 2019 2:28
MSU wrote: Fri Mar 15, 2019 1:26 jadi sebetulnya pake oli diesel di mesin bensin tu aman ya...ga ada efek negatifnya..
kebetulan sy piara kijang 7K & kuda diesel...selama ini pake hx7 & rimula r4x..
mungkin bagus juga kalo oli mesinnya bisa disatuin jadi rimula r4x semua..
Rimula r4x api nya mixed Fleet?
tertulis ini om : API: CI-4, CH-4, CG-4, CF-4, CF. SL; ACEA: E7, E5, E3; Global: DHD-1; Caterpillar: ECF-2, ECF-1-A; Cummins: CES 20078, 77, 76 ,75, 72 ,71; DDC: 93K215; Deutz: DQC III-10; IVECO: T1 (Meets requirements);JASO: DH-1; Mack EO-M+, EO-M; MAN: M3275-1; MB-Approval 228.3; MTU: Category 2; Renault Trucks: RLD-2; Volvo: VDS-3;

CI & SL-nya harusnya benar mixed fleet ya
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

Turboman wrote: Fri Mar 15, 2019 3:30
DevilS wrote:Q8 excel 5w40 aman ACDC kan ya?
Nemu di tokped 370rb 4liter
Kalo si duniaoli (ToPed) sih barang aman
Iya bener om ambil dr situ
Thankyou om info nya :big_peace: