AFW / AFW+ bisasatukata wrote:Tanya om suhu turbo,
Avanza 2016,
Oli metik, di manual ditulis atf T-IV,
kalo pake atf aisin, pake yg afw+ ?
trims sblmnya..
AFW bisa utk JWS 3309 / T-4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
AFW / AFW+ bisasatukata wrote:Tanya om suhu turbo,
Avanza 2016,
Oli metik, di manual ditulis atf T-IV,
kalo pake atf aisin, pake yg afw+ ?
trims sblmnya..
Siap om turbo,Turboman wrote: Tue Mar 12, 2019 7:07AFW / AFW+ bisasatukata wrote:Tanya om suhu turbo,
Avanza 2016,
Oli metik, di manual ditulis atf T-IV,
kalo pake atf aisin, pake yg afw+ ?
trims sblmnya..
AFW bisa utk JWS 3309 / T-4
Jadi sudah akur ya bahwa operating temp mesin diesel pada umumnya lebih rendah daripada mesin bensin, dan maka dari itu oli yang di mesin diesel pada umumnya juga tidak perlu tahan panas/high temp kayak di mesin bensin.rendr wrote: Sun Mar 10, 2019 0:04
Oke.. hanya analogi saya begini, kompresi bakar mesin diesel lebih tinggi dari bensin right? Jika dipersamaan gas ideal P(tekanan) semakin tinggi maka T(suhu) akan semakin tinggi pula? Kalo di fluida memang akan berbanding terbalik...
Ini untuk case mesin yg sama2 naturally aspirated, kalo forced induction tentu akan beda hasilnya..
ZDDP 1400ppm (seperti level D1) seperti di presentasi itu menyebabkan wear di timing chain dengan sesuai di presentasi. Saya juga tidak tahu apakah memang timing chain M52 sama bahannya dengan timing chain di VW. Mungkin juga ada benarnya, karena ZDDP sifatnya "keras" dan bisa jadi bantalan dari senyawa ZDDP itu malah jadi terlalu keras untuk timing chain sehingga dia jadi lebih cepat aus. Namun, biasanya timing chain wear di mesin yang pernah saya temui... jarang sekali casenya... kalo pernah skip satu gigi sproket cam itu lumayan sering. Camnya lecet-lecet juga iya... journalnya, atau mungkin malah metal duduk dll... tapi kalo timing chain hampir pasti kalau diganti pun cuman gara-gara stretch jadi timingnya "lari".rendr wrote: Sun Mar 10, 2019 0:04
Sorry2 ralat, maksud saya ZDDP bukan TBN.. betul memang boron nitrade itu yg dibutuhkan untuk alusil n nikasil block nya bmw.. tapi...
ZDDP terlampau tinggi akibatnya buruk buat timing chain.. saya lihat hasil riset yg pernah di post oom turboman..
Mohon koreksinya kembali..
Sekedar sharing om rudy, kalo saya mau cek endapan dari oli, selain dari dipstick dan pas ganti oli, saya juga bersihin tutup lubang pengisian oli mesin. Jadi saya bersihin dulu tu bagian dalem tutupnya, pake sabun yang bisa melarutkan kerak-kerak oli (Superclean kalo dari Amrik, bisa juga cairan sabun yang biasanya dicemplungin ke ruang bakar buat bersihin kerak-kerak ruang bakar, busi, dll) sehingga plastik/bagian dalemnya bener-bener bersih. Nah, nanti pake olinya deh.... setelah kurang lebih 1000rb km, boleh deh tuh bagian dalemnya tutup oli mesin itu kita bersihin/lap pake tissue. Kalo olinya bagus, biasanya cuman ada uap-uap oli nempel/basah dan warnanya lumayan jernih. Kalo olinya gak tahan panas, biasanya bagian dalam tutupnya oli itu sudah ada kerak2x oli coklat agak ketuaan warnanya (walaupun hanya sedikit ~ karena kmnya masih rendah).rudyzanetti wrote: Sun Mar 10, 2019 1:24 Sy sekarang lagi pake kendall diesel 10w-30 di k3ve xenia. Uda jalan 1000an km. Jalan 2bulan.
Ntr coba saya liat, ada endapan ato engga.
Sebelumnya pake kixx 5w30.
Kl di mobil ini, oli nya sering disiksa. Oli temp nya sering tembus 110 c.
Ini om arfs sludgenya di mana ya? Sludge itu kayak cairan minyak goreng yang dah butek dan kentel...arfs wrote: Sun Mar 10, 2019 1:59 Ikut nimbrung juga mengenai pemakaian Diesel Engine Oil on Gasoline Engine.
Kondisi PTT Dynamic Commonrail 10W30 (Semi Synthetic) sedang dipakai di HR15DE ver.2 sudah berjalan 2.351 km selama dua bulan kurang sedikit.
Tarikan masih enak sama seperti ketika baru ganti oli. Penguapan tetap ada dikit(*karena karakter mesin sepertinya?). Warna oli masih ok. Sludge di plat penuangan oli nya masih ada juga
.
Utk LCGC sih scr umum saya lebih pilih 5W30 krn kapasitas radiator pas2 anzzzprince wrote:Ada yang punya hasil testing VOA/UOA oli PTT performa 5w30 dan q8 formula ultra 0w20? Kebetulan lagi galau antara 2 oli ini untuk dituang ke calya ogut
Kebetulan pegang 2 calya, satu unit dari km 4rb Sampe 22rb kemarin pakai q8 0w20, sofar so good, sampai akhirnya kemarin mau perjalanan jauh, Akhirnya coba pakai PTT 5w30. Suara mesin saat 3k rpm di tol lebih halus, dibanding saat pakai 0w, dengan konsekuensi tarikan awal dalkot dan akselerasi jadi agak lemot omAuanz wrote:kalo di calya 0w bole ya ambil yang q8 aja. om turbo lbi mencondong kesitu sih dan ane percaya.
Betul om, radiatornya calya itu cuma separo dari ukuran bumpernya, 3.5l kapasitas nya. Sofar sih pakai 0w gak ada penguapan, cuma kemarin Memang penasaran aja sama PTT sama mau jalan jauh, makanya nyoba hehehe. Emang efek pakai 5w lebih berat di tarikan awal ya om? Konsumsi BBM blm saya hitung antara pakai 0w dan 5w. Oh ya biasanya saya kalau ganti oli selalu tuang 1lt Mesran 20w buat buang oli kotornya. Berhubung kemarin abis, saya pakai primaxp gak masalah ya om?Turboman wrote:Utk LCGC sih scr umum saya lebih pilih 5W30 krn kapasitas radiator pas2 anzzzprince wrote:Ada yang punya hasil testing VOA/UOA oli PTT performa 5w30 dan q8 formula ultra 0w20? Kebetulan lagi galau antara 2 oli ini untuk dituang ke calya ogut
PTT 5W30 safe for 9000 km
Di foto yang kedua.exflowly wrote: Wed Mar 13, 2019 6:59 Ini om arfs sludgenya di mana ya? Sludge itu kayak cairan minyak goreng yang dah butek dan kentel...
Apa maksudnya mau ngilangin varnish/kekuning-kuningan/coklat? Kalau iya, sepertinya oli diesel pada umumnya pun gak bisa ilangin deh...kecuali mungkin Valvoline Blue Restore (tapi nggak ada di Indo). Bisa coba pake oli yang grupnya atas saja (IV - full synth atau V ~ ester) supaya varnishnya jadi kinclong lagi, selain tentunya bisa coba pake produk kayak Marvel Mystery Oil atau semacamnya... sebenarnya sabun mekanik yang saya sebutkan di atas juga bisa kalo ngilangin varnish saja si... tapi ya gak buat dicemplungin tempat pengisian oli ya.
Mantep om sharing nyarudyzanetti wrote: Wed Mar 13, 2019 9:17 Update, oli kendall dxa 10w30 di xenia k3ve.
Pake oli kendall ini mulai 19 januari kemarin di kilometer 141400.
Pertanggal 13 maret ini (2bulan) uda jalan 143230.
Jadi oli ini uda jalan hampir 2rb km dalam waktu 2 bulan.
Kalo ngeliat pake mata telanjang sih blm ada tanda ada sludge dan semacemnya ya.
Dibawah ini ada foto lobang pengisian oli, ama tutup olinya.
Kalo dari foto si sudah lumayan bersih ya? Kapasitas oli 3 liter kah?arfs wrote: Wed Mar 13, 2019 8:15
Di foto yang kedua.
Mau ilangin sludge lumpur , sebelum nuang ud dikasi engine flush++ pake solar (Do it at your own risk - so far mesin ttp kering kgk ada yg rembes) 2 liter campur oli murah 1 liter dinyalain idle 5 menit lalu buang drain, isi begitu lagi diulangi 2 kali.
Lalu terakhir di kuras lagi dgn full oli murah sebelum dituang PTT Dynamic Commonrail ini.
Memang jadi lebih smooth suara mesin sama tarikan mesin jg lebih enak.
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
Aman kalau liat dari foto yak... terima kasih atas sharingnya om rudy.rudyzanetti wrote: Wed Mar 13, 2019 9:17 Update, oli kendall dxa 10w30 di xenia k3ve.
Pake oli kendall ini mulai 19 januari kemarin di kilometer 141400.
Pertanggal 13 maret ini (2bulan) uda jalan 143230.
Jadi oli ini uda jalan hampir 2rb km dalam waktu 2 bulan.
Kalo ngeliat pake mata telanjang sih blm ada tanda ada sludge dan semacemnya ya.
Dibawah ini ada foto lobang pengisian oli, ama tutup olinya.
Wah bersih tuh om untuk mobil odo 140rban KMrudyzanetti wrote: Wed Mar 13, 2019 9:17 Update, oli kendall dxa 10w30 di xenia k3ve.
Pake oli kendall ini mulai 19 januari kemarin di kilometer 141400.
Pertanggal 13 maret ini (2bulan) uda jalan 143230.
Jadi oli ini uda jalan hampir 2rb km dalam waktu 2 bulan.
Kalo ngeliat pake mata telanjang sih blm ada tanda ada sludge dan semacemnya ya.
Dibawah ini ada foto lobang pengisian oli, ama tutup olinya.
Taun 2009 om. Juli bsk pas 10 taunJambangan wrote: Thu Mar 14, 2019 11:24Wah bersih tuh om untuk mobil odo 140rban KMrudyzanetti wrote: Wed Mar 13, 2019 9:17 Update, oli kendall dxa 10w30 di xenia k3ve.
Pake oli kendall ini mulai 19 januari kemarin di kilometer 141400.
Pertanggal 13 maret ini (2bulan) uda jalan 143230.
Jadi oli ini uda jalan hampir 2rb km dalam waktu 2 bulan.
Kalo ngeliat pake mata telanjang sih blm ada tanda ada sludge dan semacemnya ya.
Dibawah ini ada foto lobang pengisian oli, ama tutup olinya.
Btw xenia tahun brp om?
Mobilnya / mesinnya apa ?bemaiself wrote:Untuk oli mesin Diesel yg cocok untuk pemakaian yg bisa nonstop 8 jam sekali jalan apa ya om? Oli yg dipakai skrg Shell Helix HX-5 dan olinya selalu kurang. Oli lainnya yg tersedia di daerah saya :
1. Meditran SX 15/40
2. Fastron Diesel 15/40
3. Deltalube SAE 40
4. Mobil Delvac MX 15/40
5. Shell Rimula R4
Ada saran pakai oli yg mana yg bisa tahan dengan pemakaian seperti ini?
Oh iya maaf kurang lengkap infonya. Mobilnya Hilux D4d om Turbo.Turboman wrote: Fri Mar 15, 2019 1:39Mobilnya / mesinnya apa ?bemaiself wrote:Untuk oli mesin Diesel yg cocok untuk pemakaian yg bisa nonstop 8 jam sekali jalan apa ya om? Oli yg dipakai skrg Shell Helix HX-5 dan olinya selalu kurang. Oli lainnya yg tersedia di daerah saya :
1. Meditran SX 15/40
2. Fastron Diesel 15/40
3. Deltalube SAE 40
4. Mobil Delvac MX 15/40
5. Shell Rimula R4
Ada saran pakai oli yg mana yg bisa tahan dengan pemakaian seperti ini?
pake HX7 aja utk Dieselnya juga bisaMSU wrote:jadi sebetulnya pake oli diesel di mesin bensin tu aman ya...ga ada efek negatifnya..
kebetulan sy piara kijang 7K & kuda diesel...selama ini pake hx7 & rimula r4x..
mungkin bagus juga kalo oli mesinnya bisa disatuin jadi rimula r4x semua..
Rimula r4x api nya mixed Fleet?MSU wrote: Fri Mar 15, 2019 1:26 jadi sebetulnya pake oli diesel di mesin bensin tu aman ya...ga ada efek negatifnya..
kebetulan sy piara kijang 7K & kuda diesel...selama ini pake hx7 & rimula r4x..
mungkin bagus juga kalo oli mesinnya bisa disatuin jadi rimula r4x semua..
Kalo si duniaoli (ToPed) sih barang amanDevilS wrote:Q8 excel 5w40 aman ACDC kan ya?
Nemu di tokped 370rb 4liter
tertulis ini om : API: CI-4, CH-4, CG-4, CF-4, CF. SL; ACEA: E7, E5, E3; Global: DHD-1; Caterpillar: ECF-2, ECF-1-A; Cummins: CES 20078, 77, 76 ,75, 72 ,71; DDC: 93K215; Deutz: DQC III-10; IVECO: T1 (Meets requirements);JASO: DH-1; Mack EO-M+, EO-M; MAN: M3275-1; MB-Approval 228.3; MTU: Category 2; Renault Trucks: RLD-2; Volvo: VDS-3;DevilS wrote: Fri Mar 15, 2019 2:28Rimula r4x api nya mixed Fleet?MSU wrote: Fri Mar 15, 2019 1:26 jadi sebetulnya pake oli diesel di mesin bensin tu aman ya...ga ada efek negatifnya..
kebetulan sy piara kijang 7K & kuda diesel...selama ini pake hx7 & rimula r4x..
mungkin bagus juga kalo oli mesinnya bisa disatuin jadi rimula r4x semua..
Iya bener om ambil dr situTurboman wrote: Fri Mar 15, 2019 3:30Kalo si duniaoli (ToPed) sih barang amanDevilS wrote:Q8 excel 5w40 aman ACDC kan ya?
Nemu di tokped 370rb 4liter