Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
speedfreak wrote: ↑Wed Mar 06, 2019 6:15
Om Rendr klo gak keberatan mau juga dong di PM beres Suzuki yg bisa bawa oli sendiri.
Kebetulan ignis saya baru mau servis 1000km. Rencana mau ganti oli juga dan prefer pakai oli non SGO klo ternyata oli itu kurang OK.
Penasaran kalau untuk mobil NIK 2018 yg kita beli di 2019 itu oli nya sudah dituang dari awal mobil diproduksi di 2018 atau saat mobil akan dikirim ke pembeli di 2019 itu oli diganti baru semua ya?
Saya cek dipstick oli ignis nya terlihat oli masih kuning bersih seperti oli baru padahal ignis nya NIK 2018.
PM sent ya Oom..
Sepertinya sih itu oli bawaan om, itulah fungsi service 1000 km.. tapi perlu dipastikan oli betul2 diganti baru ya.. ada BeRes nakal malah ga diapa2in..
iwing wrote: ↑Wed Mar 06, 2019 8:10
sgo 5w-30 api sl aman itu om. yang gak boleh justru api sm. kayaknya mesin2 dohc emang gak boleh api sm
Biasanya, untuk service wajib 10k km mereka minta pake oli mereka alias SGO.. kalo kyk gitu pake 5w30 API SN botol biru aja dgn catatan pake max 5rb km.. nah klo kelipatan 5k km udh ga wajib itu kita bisa selipin oli sendiri.. hehehe
Kalo 5w30 SL memang bagus tp TBN nya sepertinya terlampau kecil dibanding yg API SN.. kalo 3-4rb km aja sih aman.. ga semua BeRes suzuki nyetok 5w30 SN botol biru soalnya..
Hampir semua mesin suzuki yg ada skrg itu masih Flat Tappet soalnya om.. butuh oli yg antiwearnya tinggi.. ga cocok sama oli API SM.. ya jadi mie tek tek di mesin..
API SM kurang dalam antiwear apa ya kalau boleh tau? Dari kemarin nyari nyari soal itu juga soalnya buat mesin flat tapped
Kadar zinc dan phosphorus nya terlalu kecil atau karna apa ya?
antiwear agent
kalo API SN ada klausul Phosporous retention, jadi saat oli dipake udah bbrp ribu km andai ada nguap, zat2 additip penting nya tetap stay di oli yg ada
rendr wrote: ↑Thu Mar 07, 2019 4:37
PM sent ya Oom..
Sepertinya sih itu oli bawaan om, itulah fungsi service 1000 km.. tapi perlu dipastikan oli betul2 diganti baru ya.. ada BeRes nakal malah ga diapa2in..
Biasanya, untuk service wajib 10k km mereka minta pake oli mereka alias SGO.. kalo kyk gitu pake 5w30 API SN botol biru aja dgn catatan pake max 5rb km.. nah klo kelipatan 5k km udh ga wajib itu kita bisa selipin oli sendiri.. hehehe
Kalo 5w30 SL memang bagus tp TBN nya sepertinya terlampau kecil dibanding yg API SN.. kalo 3-4rb km aja sih aman.. ga semua BeRes suzuki nyetok 5w30 SN botol biru soalnya..
Hampir semua mesin suzuki yg ada skrg itu masih Flat Tappet soalnya om.. butuh oli yg antiwearnya tinggi.. ga cocok sama oli API SM.. ya jadi mie tek tek di mesin..
API SM kurang dalam antiwear apa ya kalau boleh tau? Dari kemarin nyari nyari soal itu juga soalnya buat mesin flat tapped
Kadar zinc dan phosphorus nya terlalu kecil atau karna apa ya?
antiwear agent
kalo API SN ada klausul Phosporous retention, jadi saat oli dipake udah bbrp ribu km andai ada nguap, zat2 additip penting nya tetap stay di oli yg ada
gugel2 aja
Sip om turbo, masih searching searching saya
Thankyou info nya
DevilS wrote:
API SM kurang dalam antiwear apa ya kalau boleh tau? Dari kemarin nyari nyari soal itu juga soalnya buat mesin flat tapped
Kadar zinc dan phosphorus nya terlalu kecil atau karna apa ya?
antiwear agent
kalo API SN ada klausul Phosporous retention, jadi saat oli dipake udah bbrp ribu km andai ada nguap, zat2 additip penting nya tetap stay di oli yg ada
gugel2 aja
Sip om turbo, masih searching searching saya
Thankyou info nya
Boleh coba baca2 di trit Om Turboman yg lain juga.. hehehe
Turboman wrote: ↑Thu Mar 07, 2019 5:30
antiwear agent
kalo API SN ada klausul Phosporous retention, jadi saat oli dipake udah bbrp ribu km andai ada nguap, zat2 additip penting nya tetap stay di oli yg ada
gugel2 aja
Sip om turbo, masih searching searching saya
Thankyou info nya
Boleh coba baca2 di trit Om Turboman yg lain juga.. hehehe
ikut nimbrung di sini om nambahin pertanyaan. umur berapa/km berapa kira2 mobil perlu di cuci pake oli diesel ya. atau kita lihat dari lubang pengisin oli untuk dilihat ada sludge/mulai kotor aja.
DevilS wrote:Om turbo ada recomendasi oli diesel api CI-4/SL?
Di tokped ad liat Valvoline mnurut om gimana?
Thankyou om
SAE brp ?
utk mesin mobil apa
Kalau yang Valvoline saya nemu 15w40
Buntut 40 atau 30 gpp
Buat mesin bensin sih om yang kemarin buat Crv 2012 saya dan soluna saya.
Crv kemarin cek ud kotor perlu di bersihin, kalau soluna karna baca paper soal mesin convair/flat tapped katanya CI-4/SL kadar zinc dan phosphorus nya lebih baik ya katanya jadi penasaran pengen coba.
Sudah bentar lagi waktunya ganti oli, itu lokasi nya trakindo nya dimana ya om? Mau lab test liat tbn dan metal wear nya di mesin soluna saya hehe
Domisili jakarta saya
Oiya om saya cuci jeroan itu maksudnya di tuang doang buat dorong sisa oli lama atau olinya di pakai beberapa rb km buat ngebersihin internal mesin?
Maap banyak nanya
indeskey wrote:ikut nimbrung di sini om nambahin pertanyaan. umur berapa/km berapa kira2 mobil perlu di cuci pake oli diesel ya. atau kita lihat dari lubang pengisin oli untuk dilihat ada sludge/mulai kotor aja.
Kalau yang Valvoline saya nemu 15w40
Buntut 40 atau 30 gpp
Buat mesin bensin sih om yang kemarin buat Crv 2012 saya dan soluna saya.
Crv kemarin cek ud kotor perlu di bersihin, kalau soluna karna baca paper soal mesin convair/flat tapped katanya CI-4/SL kadar zinc dan phosphorus nya lebih baik ya katanya jadi penasaran pengen coba.
Sudah bentar lagi waktunya ganti oli, itu lokasi nya trakindo nya dimana ya om? Mau lab test liat tbn dan metal wear nya di mesin soluna saya hehe
Domisili jakarta saya
Oiya om saya cuci jeroan itu maksudnya di tuang doang buat dorong sisa oli lama atau olinya di pakai beberapa rb km buat ngebersihin internal mesin?
Maap banyak nanya
kalo gak ada varnish2 keemasan biar udah 200 rb km pun gak perlu cuci2
indeskey wrote:ikut nimbrung di sini om nambahin pertanyaan. umur berapa/km berapa kira2 mobil perlu di cuci pake oli diesel ya. atau kita lihat dari lubang pengisin oli untuk dilihat ada sludge/mulai kotor aja.
makasih om turbo
DevilS wrote:
Kalau yang Valvoline saya nemu 15w40
Buntut 40 atau 30 gpp
Buat mesin bensin sih om yang kemarin buat Crv 2012 saya dan soluna saya.
Crv kemarin cek ud kotor perlu di bersihin, kalau soluna karna baca paper soal mesin convair/flat tapped katanya CI-4/SL kadar zinc dan phosphorus nya lebih baik ya katanya jadi penasaran pengen coba.
Sudah bentar lagi waktunya ganti oli, itu lokasi nya trakindo nya dimana ya om? Mau lab test liat tbn dan metal wear nya di mesin soluna saya hehe
Domisili jakarta saya
Oiya om saya cuci jeroan itu maksudnya di tuang doang buat dorong sisa oli lama atau olinya di pakai beberapa rb km buat ngebersihin internal mesin?
Maap banyak nanya
kalo gak ada varnish2 keemasan biar udah 200 rb km pun gak perlu cuci2
Kalau baca di home page nya mobil delvac 5w40 katanya bisa di pakai buat mobil gasoline juga karna api service nya ada SL nya, buat mobil2 bensin yang buku manualnya bilang tirma api SL bisa pakai itu aman aman saja brarti ya om turbo?
indeskey wrote:ikut nimbrung di sini om nambahin pertanyaan. umur berapa/km berapa kira2 mobil perlu di cuci pake oli diesel ya. atau kita lihat dari lubang pengisin oli untuk dilihat ada sludge/mulai kotor aja.
makasih om turbo
kalo gak ada varnish2 keemasan biar udah 200 rb km pun gak perlu cuci2
Kalau baca di home page nya mobil delvac 5w40 katanya bisa di pakai buat mobil gasoline juga karna api service nya ada SL nya, buat mobil2 bensin yang buku manualnya bilang tirma api SL bisa pakai itu aman aman saja brarti ya om turbo?
pada dasarnya oli Diesel dan bensin itu base oilnya SAMA AJA
yg Beda additip packagenya aja
kalo zaman dulu Diesel TBN dan SAPS super tinggi
oli Diesel zaman now API CJ-4 / CK-4 itu SAPS nya cuman 1% kok....setara MB 229.5
rendr wrote: ↑Wed Mar 06, 2019 2:17
Nambahin om.. Gulf Official Store juga ada di toped..
Nambahin, Lucas oil Indonesian official store
Tambah
- Sentra Pelumas, so far beberapa oli rare macam amsoil, disini yg termurah.
Maaf mau tanya, sentra pelumas dan cakra motor itu terpercaya ya?
Saya lagi nyari amsoil SS dan kebetulan cek di toped dijual dengan harga 180rb an. Kira2 asli ga ya?
DevilS wrote:
Nambahin, Lucas oil Indonesian official store
Tambah
- Sentra Pelumas, so far beberapa oli rare macam amsoil, disini yg termurah.
Maaf mau tanya, sentra pelumas dan cakra motor itu terpercaya ya?
Saya lagi nyari amsoil SS dan kebetulan cek di toped dijual dengan harga 180rb an. Kira2 asli ga ya?
Turboman wrote: ↑Thu Mar 07, 2019 10:19
kalo gak ada varnish2 keemasan biar udah 200 rb km pun gak perlu cuci2
Kalau baca di home page nya mobil delvac 5w40 katanya bisa di pakai buat mobil gasoline juga karna api service nya ada SL nya, buat mobil2 bensin yang buku manualnya bilang tirma api SL bisa pakai itu aman aman saja brarti ya om turbo?
pada dasarnya oli Diesel dan bensin itu base oilnya SAMA AJA
yg Beda additip packagenya aja
kalo zaman dulu Diesel TBN dan SAPS super tinggi
oli Diesel zaman now API CJ-4 / CK-4 itu SAPS nya cuman 1% kok....setara MB 229.5
Turboman wrote: ↑Fri Mar 08, 2019 5:36
pada dasarnya oli Diesel dan bensin itu base oilnya SAMA AJA
yg Beda additip packagenya aja
kalo zaman dulu Diesel TBN dan SAPS super tinggi
oli Diesel zaman now API CJ-4 / CK-4 itu SAPS nya cuman 1% kok....setara MB 229.5
cuman ya tetep detergent oli Diesel lebih kuat
Ikut nanya dong Om Turbo,
Berarti untuk mesin bensin NA lebih mending pilih yang CJ-4 / CK-4 dibanding yang SN ya om ?
Seperti misalkan Unil Opal, mendingan pilih Pallas 2000 5W30 CJ-4 daripada Opaljet Longlife 3 5W30 SN ?
Soalnya harga dua oli itu mirip om.
Thanks om
Izin nambahin.. mohon koreksinya jika ada salah..
Dari yg saya baca2, mungkin ini perlu dipisahkan dulu antara oli HDEO, Mixed fleet dan PCMO..
HDEO (diesel tulen) sama PCMO (bensin tulen) itu umumnya di rentang visco yg sama (misal sama2 5w40) oli HDEO punya kinematic visco yg lebih tinggi dari bensin.. boleh bandingkan bbrp PDS oli HDEO vs PCMO di visco yg sama.. akibatnya oli diesel sedikit lebih berat dari bensin..
Dan ada satu lagi efek samping oli HDEO di mesin bensin jika ga flushing dulu sblm tancep oli diesel, kotoran2 yg rontok bisa nyumbat di jalur2 oli..
Beda case nya untuk oli Mixed Fleet.. misal SN/CF atau CI-4/SL.. keterangan kedua setelah " / " itu sifatnya secondary action aja.. bisa juga..
Pada akhirnya, penggunaan HDEO/mixed fleet boleh di pertimbangkan jika tujuannya untuk "service life" ...
Turboman wrote: ↑Fri Mar 08, 2019 5:36
pada dasarnya oli Diesel dan bensin itu base oilnya SAMA AJA
yg Beda additip packagenya aja
kalo zaman dulu Diesel TBN dan SAPS super tinggi
oli Diesel zaman now API CJ-4 / CK-4 itu SAPS nya cuman 1% kok....setara MB 229.5
cuman ya tetep detergent oli Diesel lebih kuat
Ikut nanya dong Om Turbo,
Berarti untuk mesin bensin NA lebih mending pilih yang CJ-4 / CK-4 dibanding yang SN ya om ?
Seperti misalkan Unil Opal, mendingan pilih Pallas 2000 5W30 CJ-4 daripada Opaljet Longlife 3 5W30 SN ?
Soalnya harga dua oli itu mirip om.
Thanks om
Izin nambahin.. mohon koreksinya jika ada salah..
Dari yg saya baca2, mungkin ini perlu dipisahkan dulu antara oli HDEO, Mixed fleet dan PCMO..
HDEO (diesel tulen) sama PCMO (bensin tulen) itu umumnya di rentang visco yg sama (misal sama2 5w40) oli HDEO punya kinematic visco yg lebih tinggi dari bensin.. boleh bandingkan bbrp PDS oli HDEO vs PCMO di visco yg sama.. akibatnya oli diesel sedikit lebih berat dari bensin..
Dan ada satu lagi efek samping oli HDEO di mesin bensin jika ga flushing dulu sblm tancep oli diesel, kotoran2 yg rontok bisa nyumbat di jalur2 oli..
Beda case nya untuk oli Mixed Fleet.. misal SN/CF atau CI-4/SL.. keterangan kedua setelah " / " itu sifatnya secondary action aja.. bisa juga..
Pada akhirnya, penggunaan HDEO/mixed fleet boleh di pertimbangkan jika tujuannya untuk "service life" ...
CMIIW
endapan / sludge ya kekikis pelan2 atuh ......dan kotoran2 akan end up di filter oli
justru oli API CI-4 sering dipake utk "mencuci" jeroan mesin
Berarti untuk mesin bensin NA lebih mending pilih yang CJ-4 / CK-4 dibanding yang SN ya om ?
Seperti misalkan Unil Opal, mendingan pilih Pallas 2000 5W30 CJ-4 daripada Opaljet Longlife 3 5W30 SN ?
Soalnya harga dua oli itu mirip om.
Thanks om
Izin nambahin.. mohon koreksinya jika ada salah..
Dari yg saya baca2, mungkin ini perlu dipisahkan dulu antara oli HDEO, Mixed fleet dan PCMO..
HDEO (diesel tulen) sama PCMO (bensin tulen) itu umumnya di rentang visco yg sama (misal sama2 5w40) oli HDEO punya kinematic visco yg lebih tinggi dari bensin.. boleh bandingkan bbrp PDS oli HDEO vs PCMO di visco yg sama.. akibatnya oli diesel sedikit lebih berat dari bensin..
Dan ada satu lagi efek samping oli HDEO di mesin bensin jika ga flushing dulu sblm tancep oli diesel, kotoran2 yg rontok bisa nyumbat di jalur2 oli..
Beda case nya untuk oli Mixed Fleet.. misal SN/CF atau CI-4/SL.. keterangan kedua setelah " / " itu sifatnya secondary action aja.. bisa juga..
Pada akhirnya, penggunaan HDEO/mixed fleet boleh di pertimbangkan jika tujuannya untuk "service life" ...
CMIIW
endapan / sludge ya kekikis pelan2 atuh ......dan kotoran2 akan end up di filter oli
justru oli API CI-4 sering dipake utk "mencuci" jeroan mesin
DevilS wrote:
Nambahin, Lucas oil Indonesian official store
Tambah
- Sentra Pelumas, so far beberapa oli rare macam amsoil, disini yg termurah.
Maaf mau tanya, sentra pelumas dan cakra motor itu terpercaya ya?
Saya lagi nyari amsoil SS dan kebetulan cek di toped dijual dengan harga 180rb an. Kira2 asli ga ya?
saya taun lalu beli amsoil turbotruck di sentra pelumas, ori kok. cakra motor belom pernah
Turboman wrote: ↑Fri Mar 08, 2019 5:36
pada dasarnya oli Diesel dan bensin itu base oilnya SAMA AJA
yg Beda additip packagenya aja
kalo zaman dulu Diesel TBN dan SAPS super tinggi
oli Diesel zaman now API CJ-4 / CK-4 itu SAPS nya cuman 1% kok....setara MB 229.5
cuman ya tetep detergent oli Diesel lebih kuat
Ikut nanya dong Om Turbo,
Berarti untuk mesin bensin NA lebih mending pilih yang CJ-4 / CK-4 dibanding yang SN ya om ?
Seperti misalkan Unil Opal, mendingan pilih Pallas 2000 5W30 CJ-4 daripada Opaljet Longlife 3 5W30 SN ?
Soalnya harga dua oli itu mirip om.
Thanks om
Izin nambahin.. mohon koreksinya jika ada salah..
Dari yg saya baca2, mungkin ini perlu dipisahkan dulu antara oli HDEO, Mixed fleet dan PCMO..
HDEO (diesel tulen) sama PCMO (bensin tulen) itu umumnya di rentang visco yg sama (misal sama2 5w40) oli HDEO punya kinematic visco yg lebih tinggi dari bensin.. boleh bandingkan bbrp PDS oli HDEO vs PCMO di visco yg sama.. akibatnya oli diesel sedikit lebih berat dari bensin..
Dan ada satu lagi efek samping oli HDEO di mesin bensin jika ga flushing dulu sblm tancep oli diesel, kotoran2 yg rontok bisa nyumbat di jalur2 oli..
Beda case nya untuk oli Mixed Fleet.. misal SN/CF atau CI-4/SL.. keterangan kedua setelah " / " itu sifatnya secondary action aja.. bisa juga..
Pada akhirnya, penggunaan HDEO/mixed fleet boleh di pertimbangkan jika tujuannya untuk "service life" ...
CMIIW
Mixed fleet brarti yang api nya dua jenis seperti api CI-4/SL aman buat mesin diesel dan mesin bensin ya kan?
Agak penasaran coba oli mixed fleet karna baca baca antiwear nya banyak
Berarti untuk mesin bensin NA lebih mending pilih yang CJ-4 / CK-4 dibanding yang SN ya om ?
Seperti misalkan Unil Opal, mendingan pilih Pallas 2000 5W30 CJ-4 daripada Opaljet Longlife 3 5W30 SN ?
Soalnya harga dua oli itu mirip om.
Thanks om
Izin nambahin.. mohon koreksinya jika ada salah..
Dari yg saya baca2, mungkin ini perlu dipisahkan dulu antara oli HDEO, Mixed fleet dan PCMO..
HDEO (diesel tulen) sama PCMO (bensin tulen) itu umumnya di rentang visco yg sama (misal sama2 5w40) oli HDEO punya kinematic visco yg lebih tinggi dari bensin.. boleh bandingkan bbrp PDS oli HDEO vs PCMO di visco yg sama.. akibatnya oli diesel sedikit lebih berat dari bensin..
Dan ada satu lagi efek samping oli HDEO di mesin bensin jika ga flushing dulu sblm tancep oli diesel, kotoran2 yg rontok bisa nyumbat di jalur2 oli..
Beda case nya untuk oli Mixed Fleet.. misal SN/CF atau CI-4/SL.. keterangan kedua setelah " / " itu sifatnya secondary action aja.. bisa juga..
Pada akhirnya, penggunaan HDEO/mixed fleet boleh di pertimbangkan jika tujuannya untuk "service life" ...
CMIIW
Mixed fleet brarti yang api nya dua jenis seperti api CI-4/SL aman buat mesin diesel dan mesin bensin ya kan?
Agak penasaran coba oli mixed fleet karna baca baca antiwear nya banyak
Yes betul om.. tp buat mesin bensin pastiin TBN nya ga kelewat tinggi aja..
rendr wrote: ↑Fri Mar 08, 2019 12:22
Izin nambahin.. mohon koreksinya jika ada salah..
Dari yg saya baca2, mungkin ini perlu dipisahkan dulu antara oli HDEO, Mixed fleet dan PCMO..
HDEO (diesel tulen) sama PCMO (bensin tulen) itu umumnya di rentang visco yg sama (misal sama2 5w40) oli HDEO punya kinematic visco yg lebih tinggi dari bensin.. boleh bandingkan bbrp PDS oli HDEO vs PCMO di visco yg sama.. akibatnya oli diesel sedikit lebih berat dari bensin..
Dan ada satu lagi efek samping oli HDEO di mesin bensin jika ga flushing dulu sblm tancep oli diesel, kotoran2 yg rontok bisa nyumbat di jalur2 oli..
Beda case nya untuk oli Mixed Fleet.. misal SN/CF atau CI-4/SL.. keterangan kedua setelah " / " itu sifatnya secondary action aja.. bisa juga..
Pada akhirnya, penggunaan HDEO/mixed fleet boleh di pertimbangkan jika tujuannya untuk "service life" ...
CMIIW
Mixed fleet brarti yang api nya dua jenis seperti api CI-4/SL aman buat mesin diesel dan mesin bensin ya kan?
Agak penasaran coba oli mixed fleet karna baca baca antiwear nya banyak
Yes betul om.. tp buat mesin bensin pastiin TBN nya ga kelewat tinggi aja..
utk HDEO 5W30 API CJ-4 modern banyak yang karakterisitik udah mirip oli bensin
Dari yg saya baca2, mungkin ini perlu dipisahkan dulu antara oli HDEO, Mixed fleet dan PCMO..
HDEO (diesel tulen) sama PCMO (bensin tulen) itu umumnya di rentang visco yg sama (misal sama2 5w40) oli HDEO punya kinematic visco yg lebih tinggi dari bensin.. boleh bandingkan bbrp PDS oli HDEO vs PCMO di visco yg sama.. akibatnya oli diesel sedikit lebih berat dari bensin..
Dan ada satu lagi efek samping oli HDEO di mesin bensin jika ga flushing dulu sblm tancep oli diesel, kotoran2 yg rontok bisa nyumbat di jalur2 oli..
Beda case nya untuk oli Mixed Fleet.. misal SN/CF atau CI-4/SL.. keterangan kedua setelah " / " itu sifatnya secondary action aja.. bisa juga..
Pada akhirnya, penggunaan HDEO/mixed fleet boleh di pertimbangkan jika tujuannya untuk "service life" ...
CMIIW
Mixed fleet brarti yang api nya dua jenis seperti api CI-4/SL aman buat mesin diesel dan mesin bensin ya kan?
Agak penasaran coba oli mixed fleet karna baca baca antiwear nya banyak
Yes betul om.. tp buat mesin bensin pastiin TBN nya ga kelewat tinggi aja..
You welcome Om[emoji3]. Semoga setelah membaca MOTOR OIL ENGINEERING TEST DATA ini dapat membuka dan menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang "oli mesin" yg merupakan salah satu fluida terpenting dalam merawat Product Automotive.