Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

Dear All

Spt kita ketahui bersama bahwa pelumas mesin API SM / ILSAC GF-4 adalah pelumas yang paling banyak mendapat kritikan dari para penggemar modifikasi mesin / race ethusiast & pemilik mobil2 tahun lama, karena rendahnya kadar ZDDP dimana ZDDP ini penting bagi perlindungan komponen valve train, khususnya valve tappet / rocker arm type fixed / bukan model Roller rocker.

Pengurangan kadar ZDDP ditujukan utk memperpanjang usia Catalytic Converter, maka itu utk mobil2 Gasoline generasi baru sejak tahun 2004 rata2 mengadopsi sistem roller rocker arm, utk menyesuaikan dengan rendahnya kadar ZDDP dalam pelumas.

Bahkan tidak sedikit hobbyist mobil yg menggunakan mobil2 Gasoline keluaran tahun 2000 awal / mesin2 yg sudah di modif lebih memilih pelumas API SL / pelumas Diesel API CI-4, karena kadar ZDDP API SL masih 1000 - 1100 ppm, sedangkan pelumas Diesel API CI-4 memiliki ZDDP hingga 1300 ppm !!

Artikel kritikan ttg API SM vs. kandungan ZDDP banyak sekali ditemui di Google

Nah......sebentar lagi akan lahir API SN / ILSAC GF-5 yang mana menekankan akan "Phosporous retention" yang diklaim berfungsi ganda yaitu utk meningkatkan kemampuan anti wear protection sekaligus perlindungan catalyst yg lebih baik.

http://www.gf-5.com/ (klik yg Performance additive)

http://corvaircenter.com/phorum/read.php?1,344629 (opini dari forum di luar)

Bahkan pihak Lubrizol mengklaim kalau API SN / ILSAC GF-5 dgn Phosporous retention ini juga boleh digunakan di mesin2 tahun lawas dgn sistem valve tappet non roller rocker !!!

Ini claim dari pihak mereka

Ada pengamat yang mengatakan bahwa standard API SN / ILSAC GF-5 nanti akan menggunakan zat lain utk menggantikan Zinc, spt misalnya Molybdenum, agar kemampuan anti wear bisa sebaik pelumas sebelum era API SM.

Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???

Karena semua paparan baru sebatas teori & test terbatas dari pihak produsen.

Bila ada SMers yang juga mengikuti ttg detail pelumas, yuk kita diskusikan.

Nubie juga perlu pencerahan mengenai korelasi "Phosporous retention" vs perlindungan thd komponen mesin khususnya valve train, bagaimana mekanisme-nya.

Bila ada yg paham sharing yach.

Thx sebelumnya.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Diki_Oke_Deh »

wah ane baru tahu tuh. Btw bagus juga infonya.
Ane udah pakai api sm , total 10w 40 selama 8 tahun ini untuk mobil jadul ane..., itu kandungan sddpnya apakah juga rendah??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

Diki_Oke_Deh wrote:wah ane baru tahu tuh. Btw bagus juga infonya.
Ane udah pakai api sm , total 10w 40 selama 8 tahun ini untuk mobil jadul ane..., itu kandungan sddpnya apakah juga rendah??
Ini TQ 7000 ya ?

kalau dia ada ACEA A3 / B4-nya sih masih agak mendingan, ZDDP nya masih setara API SL

Tapi kalau API SM dan ILSAC GF-4 saja maka ZDDP nya hanya 800 ppm Max

ZDDP = Zinc Dialkyl Dithiophospate

Artikel ttg API SM vs kandungan ZDDP yg redah & impact-nya thd mesin2 dgn valve tappet / rocker arm type fixed / non rocker roller :
http://www.aa1car.com/library/api_motor ... ations.htm
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by aldy »

Wah threat kelas berat nih..Ikutan baca aja.. :big_peace:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Diki_Oke_Deh »

Turboman wrote:Dear All


Ada pengamat yang mengatakan bahwa standard API SN / ILSAC GF-5 nanti akan menggunakan zat lain utk menggantikan Zinc, spt misalnya Molybdenum, agar kemampuan anti wear bisa sebaik pelumas sebelum era API SM.

Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???

Karena semua paparan baru sebatas teori & test terbatas dari pihak produsen.

Bila ada SMers yang juga mengikuti ttg detail pelumas, yuk kita diskusikan.

Ane browsing di website Total Oil ternyata total quartz 7000 sm 10w40 masih belum ilsac gf-4. :e-dance:

Mengenai additive molibdenum udah banyak oil2 yang menggunakannya sebagai additive.
misal yang ane tahu eneos 10 w 40 , atau Top one ( ane pernah pakeh oli ini saat awal2 top one di jual dulu sekitar tahun 1994 di kemasannya untuk yang 20w50 warna hijau tercantum GREEN MOLIBDENUM ORGANIC ). Sekarang ane nggak pernah pakai lagi oli ini.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by asudarsono »

Apa boleh buat, toleransi pembuatan mesin2 modern makin ketat namun material makin ringan.

Kalau saya pribadi nggak akan cepat2 beralih oli. Oli mineral bagi saya sudah cukup bagus karena mobil saya tidak high tech high performance.
Ready to Race
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by ZombiEE »

Ane jg pernah membaca gimana gitu...makanya oli butik tidak mensertifikasi oli nya....:)
cmiiw
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

Diki_Oke_Deh wrote:
Ane browsing di website Total Oil ternyata total quartz 7000 sm 10w40 masih belum ilsac gf-4. :e-dance:

Mengenai additive molibdenum udah banyak oil2 yang menggunakannya sebagai additive.
misal yang ane tahu eneos 10 w 40 , atau Top one ( ane pernah pakeh oli ini saat awal2 top one di jual dulu sekitar tahun 1994 di kemasannya untuk yang 20w50 warna hijau tercantum GREEN MOLIBDENUM ORGANIC ). Sekarang ane nggak pernah pakai lagi oli ini.
Utk aplikasi di berbagai pelumas modern, Molybdenum ditambahkan dalam volume yg sgt kecil, sehingga warna oli-nya juga tetap kuning - coklat bening spt biasa, nggak sampai berwarna hijau.

Kalau oli2 Eropa biasaya memang tidak mengacu ke ILSAC GF, tetapi ke ACEA.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

ZombiEE wrote:Ane jg pernah membaca gimana gitu...makanya oli butik tidak mensertifikasi oli nya....:)
cmiiw
Benar um Zombie

Oli-oli butik umumnya menggunakan zat antiwear dalam jumlah cukup besar, zat spt ZDDP.

Sedangkan API SM mensyaratkan kandungan ZDDP Max. 800 ppm, sedangkan utk keperluan mesin-mesin high performance biasanya disarankan ZDDP minimum adalah 1200 ppm.

Oli-oli butik umumnya memiliki kandungan ZDDP 1200 - 1300 ppm, bahkan yg type utk "Racing" kandungan ZDDP-nya bisa sampai 1500 - 1600 ppm.

Info tambahan :
Sebetulnya oli2 zaman "baheula" itu ZDDP-nya tinggi2, sampai 1300 ppm, spt standard di API SF, tapi zaman dulu jarang oli Synthetic dgn VI tinggi.

Maka itu biasanya para hobbyist mencari oli-oli semi synth / Full Synth dari zaman API SJ / SL, karena merupakan kombinasi oli-oli dgn VI tinggi dan ZDDP yg masih cukup tinggi pula, atau oli Diesel dn API CI-4 karena API CI-4 ini kandungan ZDDP-nya masih 1200 - 1300 ppm.

kalau API CJ-4 kandungan ZDDP nya tinggal 800 ppm.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Dino_lowrider »

Turboman wrote:
ZombiEE wrote:Ane jg pernah membaca gimana gitu...makanya oli butik tidak mensertifikasi oli nya....:)
cmiiw
Benar um Zombie

Oli-oli butik umumnya menggunakan zat antiwear dalam jumlah cukup besar, zat spt ZDDP.

Sedangkan API SM mensyaratkan kandungan ZDDP Max. 800 ppm, sedangkan utk keperluan mesin-mesin high performance biasanya disarankan ZDDP minimum adalah 1200 ppm.

Oli-oli butik umumnya memiliki kandungan ZDDP 1200 - 1300 ppm, bahkan yg type utk "Racing" kandungan ZDDP-nya bisa sampai 1500 - 1600 ppm.

Info tambahan :
Sebetulnya oli2 zaman "baheula" itu ZDDP-nya tinggi2, sampai 1300 ppm, spt standard di API SF, tapi zaman dulu jarang oli Synthetic dgn VI tinggi.

Maka itu biasanya para hobbyist mencari oli-oli semi synth / Full Synth dari zaman API SJ / SL, karena merupakan kombinasi oli-oli dgn VI tinggi dan ZDDP yg masih cukup tinggi pula, atau oli Diesel dn API CI-4 karena API CI-4 ini kandungan ZDDP-nya masih 1200 - 1300 ppm.

kalau API CJ-4 kandungan ZDDP nya tinggal 800 ppm.

Wah ini benar2 info bagus.

Yang lucu ane kemarin coba bertanya - tanya di toko oli mengenai masalah ini , penjualnya berkata bahwa itu hanya berita issue alias bohong. Karena menurut supervisor suplier oli ke tokonya , oli sm memenuhi semua persyaratan oli dibawahnya.



Yang ane tahu , generasi mitsu Eterna tahun 88 dan mitsu t120 ss Cyclone , udah pakai roller rocker arm.
Cuma kelemahannya suaranya mudah kasar mungkin karena ketahanan rollernya atau pelumasannya kurang baik.
Honda supra , tiger dan yamaha baru juga udah pakai roller rocker arm.

Btw rekan2 rekan ada nggak yang tahu mesin2 merk apa aja ya dan pembuatan tahun berapa yang masih memakai rocker arm. Agar kita bisa memilih oli yang sesuai dengan mesin kita.

Yang pasti untuk honda accord maestro , ciello , vtil 2.3 vtec , masih belum memakai roller rocker arm. Kecuali accord 2.4 liter.

Juga untuk stream , city gen 1 dan 2 belum memakai roller CMMIW..... :big_peace:


Ane petik berita dari website luar sbb:

New Motor Oils Are Bad for Older Engines with Flat Tappet Camshafts
camshaft wear
Image
The lobes on this 289 Ford Mustang flat tappet cam suffered excessive wear because the motor oil did not contain adequate levels of ZDDP anti-scuff additive.


If you are driving an older classic muscle car or hot rod that has an engine with a flat tappet camshaft, you should be aware of the fact that today's "SM" rated motor oils contain much lower levels of anti-scuff additive called "ZDDP" (Zinc Dialkyl Dithio Phosphate). The level of ZDDP in current motor oils has been reduced to no more than 0.08% phosphorus to extend the life of the catalytic converter. Phosphorus can contaminate the catalyst over time if the engine uses oil, causing an increase in tailpipe emissions.



The lower ZDDP content is not harmful to late model engines with roller lifters or followers because the loads are much lower on the camshaft lobes. But on pushrod engines with flat tappet cams, the level of ZDDP may be inadequate to prevent cam lobe and lifter wear. In some cases, cam failures have occurred in as little as a few thousand miles of driving! This is even more of a risk in engines if stiffer valve springs and/or higher lift rocker arms are used.

To avoid such problems, you should add a ZDDP additive to the crankcase, or use an oil that meets the previous "SL" service rating, or use diesel motor oil or racing oil that contains adequate levels of ZDDP to protect the camshaft and lifters.

If you are installing a new camshaft in the engine, be sure to use the cam manufacturers assembly lube and follow the recommended break-in procedure. But you will still need to add ZDDP to the crankcase or use an oil that contains adequate levels of ZDDP for continued protection.


Berikut pic rocker arm:

Honda k20 Roller Rocker Arm dan Camshaft / Noken As. Mesin CRV Dohc Ivtec.
Image

Rocker Arn
Image

Roller Rocker Arm dan Rocker arm
Image

Rocker Arn
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by ZombiEE »

Yup oom turbo...ane sudah buktikan..ane memakai delvac 1 utk ipah bensin ane...memang lbh mantap...:)ga tau kalo utk extended usage?

Jd ceritanya API SN akan lbh sedikit zddp nya?:)

apakah perilisian API baru ini akan diikuti ACEA?
Mnrt hemat ane, lbh baik mengacu pada ACEA secara lbh ketat standar nya?cmiiw.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

Hormat dulu ahhh kepada sang General :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: (sang avatar)
ZombiEE wrote:
Jd ceritanya API SN akan lbh sedikit zddp nya?:)

apakah perilisian API baru ini akan diikuti ACEA?
Mnrt hemat ane, lbh baik mengacu pada ACEA secara lbh ketat standar nya?cmiiw.
API SN menggunakan zat ZDDP sama banyaknya spt API SM, hanya saja ditambahkan suatu additive agar si Phospor & ZDDP ini tetap "betah" tinggal di oli walaupun oli udah menempuh jarak yg jauh. (ILSAC GF-5 ada mandatory Phosporous retention = 79%)

Phosporous retention mandatory ini tidak ada di API SM / GF-4

Utk standard low SAPS di ACEA diberi kode ACEA C3 (Passenger vehicle)

Tapi yg mensyaratkan "P" retention ane baca di standard GF-5

CMIIW yak :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

Point plus dr si API SN / GF-5 ini juga ada mandatory "Turbocharger Protection"

Dimana dia harus memiliki kemampuan mencegah terbentuknya "coking" (endapan) di saluran oli ke Turbo, ini utk mengantisipasi jika mesin Turbo sehabis lari kencang lalu dimatikan tanpa tunggu 30 detik.

mandatory ini dengan pertimbangan bahwa populasi mesin2 Gasoline dgn Turbo / GDI Turbo di masa depan akan terus bertambah.

http://www.gf-5.com/

Sementara GM sendiri juga mengembangkan standard dimana merp penyempurnaan dr API SN / GF-5, yaitu Dexos-1, dimana Dexos-1 mensyaratkan kemampuan "anti-wear" yg lebih baik lagi.

Realitanya nanti bagaimana ? tentu kita harapkan hal2 ini bukan hanya sekedar "janji manis"

CMIIW yaks
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by M-90 »

Kritikan2 pd olie API SM sebenarnya krn tidak mengikuti "anjuran" penggunaan oli sesuai teknologi dan tahun pembuatan mobil. Masih banyak yg beranggapan oli dgn kasta API SERVICE tertinggi "sudah pasti cocok" dgn mobil2 jadul atau "teknologi jadul" spt SOHC dgn valve tappet yg banyak kita jumpai pada mesin K Series Kijang Jadul.

Utk mobil2 tahun 2005 ke atas, nggak ada masalah dgn API SM memang lebih baik dari API SL. Dari hasil publisitas testing ASTM thd komparasi API SM dibanding API SL, API SM jelas lebih unggul dalam hal "anti wear" dibanding API SL. Dan semakin tinggi API SERVICEnya biasanya berbanding lurus dengan standar mutu oli lainnnya spt ACEA, ILSAC, MB, dll.

So, yg paling aman sih, sesuaikan penggunaan oli sesuai petunjuk manualnya.
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by c_adhi_k »

waduh ada trit bergizi tinggi
om ini prediksi tentang api SN terbuktikan?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by nugroho bagor »

c_adhi_k wrote:waduh ada trit bergizi tinggi
om ini prediksi tentang api SN terbuktikan?
:mrgreen: Ikut mantau om
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by wenD »

Untuk oli Total API SN dengan API SM,,,
TBN SM lbh tinggi dibanding SN

Malah lbh bagus atau jelek tuh TBN diturunin?
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by solar_kerosen »

kode kode ginian gak perlu didiskusikan yg pentingnya olinya Asli dan agennya ada indonesia , oli yg merk aneh aneh malah jadi alat jualan pedagang oli nakal
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

wenD wrote:Untuk oli Total API SN dengan API SM,,,
TBN SM lbh tinggi dibanding SN

Malah lbh bagus atau jelek tuh TBN diturunin?
Nah buat yg 1 ini mystery bagi ini

buat enaknya sih jika ada yg pake en jalan 7500 Km sample oli bekasnya bawa ke Corelab utk check, kita liat brp TBN akhir-nya

kalo test oli baru-nya akan lebih baik lagi
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

solar_kerosen wrote:kode kode ginian gak perlu didiskusikan yg pentingnya olinya Asli dan agennya ada indonesia , oli yg merk aneh aneh malah jadi alat jualan pedagang oli nakal
In my opinion = that's big mistake

Oli asli = belilah di trusted seller

Oli merek aneh2 justru kemungkinan di palsu itu jarang, pemalsu lebih suka membuat replika oli oli merek populer
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
solar_kerosen wrote:kode kode ginian gak perlu didiskusikan yg pentingnya olinya Asli dan agennya ada indonesia , oli yg merk aneh aneh malah jadi alat jualan pedagang oli nakal
In my opinion = that's big mistake

Oli asli = belilah di trusted seller

Oli merek aneh2 justru kemungkinan di palsu itu jarang, pemalsu lebih suka membuat replika oli oli merek populer
Kedua dua,benar, karena Dari sisi awam, pasti bingung juga kalau ngga pernah tau hal hal teknis beginian.Tapi awam kalau ngga ngerti hal beginian, malah salah kaprah seringnya. Sering terjadi, mobil /motor yang membutuhkan oli cukup hanya dengan API-SG atau SH, malah diisi oli dgn API SN,yang mana bukan semakin bagus, malah jadi rusak dan buang2 duit.


Tapi, oli merek aneh,memang jarang dipalsukan.Coba,lebih laris dipalsuin,yang merk pertamini/kerang/opwan, atau RoyalUngu/FK??


:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

Dalam dunia lubricant engineering utk motor oil, antiwear pada oli adalah zat zat sbg berikut :
- ZDDP / Zinc
- Mo / Molybden
- Bo / Boron
- Ti / Titan (mulai digunakan pada oli API SN, krn sekailigus berfungsi sbg Phospor retention)

Mau dr zaman tahun kude hingga hari ini, ZDDP adalah zat yg paling efektif / cost effective, di era oli low SAPS banyak persh oli yg mengganti sebagian kandungan ZDDP dgn Mo / Bo / Ti, jadi ZDDP nya hanya 800 an ppm, tapi tambahan zat zat lain mendongkrak total jumlah antiwear sampai 1000 - 1100 ppm. (krn ZDDDP dianggap paling meracuni Katalis)

Di web PQIA bisa lihat oli oli mesin yg buatan Amsoil / Mobil dan Kendall (Amsoil OE yg API SN)

Jadi tentu jika kandungan zat2 tsb scr kombinasi lebih besar, kemampuan utk melindungi komponen valvetrain akan lebih baik.

Terlepas mau API Service nya apa, 1+1 = 2 / 2+2 = 4......hukumnya mutlak :mrgreen:
M-90 wrote:Kritikan2 pd olie API SM sebenarnya krn tidak mengikuti "anjuran" penggunaan oli sesuai teknologi dan tahun pembuatan mobil. Masih banyak yg beranggapan oli dgn kasta API SERVICE tertinggi "sudah pasti cocok" dgn mobil2 jadul atau "teknologi jadul" spt SOHC dgn valve tappet yg banyak kita jumpai pada mesin K Series Kijang Jadul.

Utk mobil2 tahun 2005 ke atas, nggak ada masalah dgn API SM memang lebih baik dari API SL. Dari hasil publisitas testing ASTM thd komparasi API SM dibanding API SL, API SM jelas lebih unggul dalam hal "anti wear" dibanding API SL. Dan semakin tinggi API SERVICEnya biasanya berbanding lurus dengan standar mutu oli lainnnya spt ACEA, ILSAC, MB, dll.

So, yg paling aman sih, sesuaikan penggunaan oli sesuai petunjuk manualnya.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

VanzMatic wrote:
Tapi, oli merek aneh,memang jarang dipalsukan.Coba,lebih laris dipalsuin,yang merk pertamini/kerang/opwan, atau RoyalUngu/FK??
:mky_01:
Yg favorit dipalsukan kalo dulu Pertamini / Top1

lalu seiring makin banyaknya brand, Shell masuk dlm daftar, terutama type2 yg laris spt yg botol biru, gak tahu kalo Castrol

pemalsu ingin barangnya cepat berputar
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by MI16 »

Om Turbo, ane masih penasaran dg oli dikemasanya tertera API SL ACEA A3/B3 MB229.1 ILSAC GF3 apakah boleh untuk mesin flat tappet?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

MI16 wrote:Om Turbo, ane masih penasaran dg oli dikemasanya tertera API SL ACEA A3/B3 MB229.1 ILSAC GF3 apakah boleh untuk mesin flat tappet?
Kalo dr tulisan ACEA dan MB nya sih bisa

btw olinya merek apa ?

Btw sebetulnya oli low SAPS buat flat tappet juga kalo cuman sekali aja gak masalah, yg membuat cam aus khan kalo dipake secara terus menerus dan interval ganti olinya sgt jauh, kalo interval ganti olinya pendek2 kayaknya gak masalah juga utk mesin2 flat tappet buatan generasi terkini.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *