Kapan harus ganti oli power steering??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
Kapan harus ganti oli power steering??
guys, mau tanya nih. biasanya itu tiap brapa puluh ribu sih oli PS harus diganti?
mobil gw ud jalan 5 taon, dari baru blom pernah ganti itu oli PS. efeknya apa ya?
akhir2 ini di setir kalo dirasakan pake tangan itu kaya ada yg "berdesir" & kalo belok patah juga ada rasa kaya gitu di tangan. itu knapa ya? apa pompa PSnya ud lemah? ato emg cuma harus ganti PS fluid aja?
thx
mobil gw ud jalan 5 taon, dari baru blom pernah ganti itu oli PS. efeknya apa ya?
akhir2 ini di setir kalo dirasakan pake tangan itu kaya ada yg "berdesir" & kalo belok patah juga ada rasa kaya gitu di tangan. itu knapa ya? apa pompa PSnya ud lemah? ato emg cuma harus ganti PS fluid aja?
thx
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
waduh, KM berapa dulu nih bro? ganti aja dulu PS fluidnya, kalo masih bunyi juga, coba cek pump nya (pake pompa ya? baru tau gw)
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
wah, gak ngerti deh... mending dimasukin bengkel aja... daripada power steeringnya mati loh di tengah jalan loh
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
hahaha, gitu deh 

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Yaudah terlanjur sih... Minta tolong ama yg empunya, nanti jg di urusin.. he3...calvin99 wrote:eh, salah kamar ya??r1210g wrote:Wah, harusnya masuk ke forum common topics neh....
Sebelumnya dah search blom tentang P/S?![]()
kayanya sih blom pernah ada yg bahas ini d.. bisa tolong bantuin linknya bro kalo ada.
Wah coba liat aja dulu bro di thread2 lama... Ogud juga kadang2 liat koq... He3...
Oiya, saran ogud, ganti dulu aja fluida nya.. ga seberapa-kan? lumayan juga buat bersih2... Membuat mobil menjadi lebih fresh dikit.....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
5 taon mah kelamaan pak, saya biasa ganti minyak P/S paling lambat 2 tahun sekali or plg cepat 1 tahun sekali.calvin99 wrote:guys, mau tanya nih. biasanya itu tiap brapa puluh ribu sih oli PS harus diganti?
mobil gw ud jalan 5 taon, dari baru blom pernah ganti itu oli PS. efeknya apa ya?
akhir2 ini di setir kalo dirasakan pake tangan itu kaya ada yg "berdesir" & kalo belok patah juga ada rasa kaya gitu di tangan. itu knapa ya? apa pompa PSnya ud lemah? ato emg cuma harus ganti PS fluid aja?
thx
Gantinya gampang, tinggal cabut selang aliran balik minyak P/S le reservoir, mesukkin ujung selang ke botol oli kosong, idupin mesin bbrp menit sampe ga ada lagi minyak yg ngalir keluar dr tu selang, pasang kembali selang, tuang oli ATF baru (kalo Honda minyaknya khusus), lalu hidupkan mesin & tuang terus pelan2 (Top Up) sampai levelnya pas.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
- Location: Surabaya
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
Om Turboman, biasanya klo saya liat di bengkel2 tuh, mereka setelah buang oli ATF lama lalu selang aliran balik nggak langsung dipasang melainkan memanfaatkan oli baru untuk membersihkan oli ATF yang lama yang tersimpan di dlm p/s supaya benar2 bersih katanya ketika saya tanya seorang mekanik disana dan meaknik tsb menggerakan setir ke kanan dan ke kiri untuk menghabiskan oli ATF yang ada di dlm p/s, apakah cara itu memang bener? dan apakah bisa bersih banget dengan menggunakan cara gitu? Terima kasih banget atas jawabannya loooo..Turboman wrote: Gantinya gampang, tinggal cabut selang aliran balik minyak P/S le reservoir, mesukkin ujung selang ke botol oli kosong, idupin mesin bbrp menit sampe ga ada lagi minyak yg ngalir keluar dr tu selang, pasang kembali selang, tuang oli ATF baru (kalo Honda minyaknya khusus), lalu hidupkan mesin & tuang terus pelan2 (Top Up) sampai levelnya pas.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
- Location: Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
- Location: Surabaya
Ya memang ATF tuh automatic transmission fluid. p/s tu ada lah fluidnya sendiri, tapi g tau knapa org2 justru lebih memilih yang ATF drpd non ATF karena katanya lebih enak n aku coba emang ada efeknya sedikit dari berat ato tidaknya steer klo digerakkan.r1210g wrote:ATF bukannya automatic transmission fluid?
P/S emanknya ga punya fluid sendiri?
Selain itu pake apa?
Biasanya sih yang non ATF dulu sebelum saya tau, saya pake STP tapi sekarang setelah tau p/s bisa pake oli ATF, saya pake Mobil 1 ATF, hasilnya steer lebih enak pas digerakkan alias lebih enteng sedikit dan kemungkinan bisa tahan lama. yang biasanya non ATF cmn 20000km. yang pake ATF nisa sampe 25000km. (itu menurut saya sih)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
- Location: Surabaya
Rasanya sih udah lama. saya kebetulan juga kurang tau. cuman pas ganti p/s fluid ditanyain: apa mo ganti yang ATF ato non ATF, lalu saya tanya pada mekanik tsb, apa maksudnya p/s fluid pake ATF ato tidak apke ATF..saya baru tau beberapa bulan ini...he...he...he...coba aja tanya di bengkel2 klo anda ganti.. thanks juga 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
pak turboman, numoang nanya lagi ya. itu kalo oli PS dikuras sampe habis waktu mesin nyala gak kenapa2 ya? apa pompa ps gak perlu pelumasan dari olinya itu?Turboman wrote:5 taon mah kelamaan pak, saya biasa ganti minyak P/S paling lambat 2 tahun sekali or plg cepat 1 tahun sekali.calvin99 wrote:guys, mau tanya nih. biasanya itu tiap brapa puluh ribu sih oli PS harus diganti?
mobil gw ud jalan 5 taon, dari baru blom pernah ganti itu oli PS. efeknya apa ya?
akhir2 ini di setir kalo dirasakan pake tangan itu kaya ada yg "berdesir" & kalo belok patah juga ada rasa kaya gitu di tangan. itu knapa ya? apa pompa PSnya ud lemah? ato emg cuma harus ganti PS fluid aja?
thx
Gantinya gampang, tinggal cabut selang aliran balik minyak P/S le reservoir, mesukkin ujung selang ke botol oli kosong, idupin mesin bbrp menit sampe ga ada lagi minyak yg ngalir keluar dr tu selang, pasang kembali selang, tuang oli ATF baru (kalo Honda minyaknya khusus), lalu hidupkan mesin & tuang terus pelan2 (Top Up) sampai levelnya pas.
trus kira2 kuras gitu abis brapa liter ya? 1 botol yg biasa dijual itu?
besok2 mau coba ah ganti sendiri.. bisa gak ya.hehe
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Jul 14, 2007 21:25
hah!? bisa sampe bertahun2 ya cairannya? Tapi g punya kok tinggal setengah gini? padahal 6 bulan lalu baru diisi?
Bocor dong? tapi kata mekanis Honda (odyssey) nga bocor, soalnya pas kapan itu habis trus diisi sama dia, dan katanya nga masalah. G dah ngeri soalnya kalo bocor harus ganti mesinnya / pompanya bisa 5 jutaan. gimana neeehhh bocor dong brarti?
hiks...
Bocor dong? tapi kata mekanis Honda (odyssey) nga bocor, soalnya pas kapan itu habis trus diisi sama dia, dan katanya nga masalah. G dah ngeri soalnya kalo bocor harus ganti mesinnya / pompanya bisa 5 jutaan. gimana neeehhh bocor dong brarti?
hiks...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Thu Jun 28, 2007 10:23
Tidak semua mobil bisa pakai ATF utk P/S nya. Baca Owners Manual mobilnya supaya tau spec apa yg bener.r1210g wrote:Hah? Pake ATF ya? baru tau gw... Apa smua boil bgt?
Kalo gue sih ga pernah ganti kecuali udah item banget olinya atau pas ada masalah. Lagian oli P/S mah tugasnya ringan dibanding yg lain. Ganti itu kalo gue ngerasa udah cukup lama jd sifat anti corrosion nya udah ilang takut steering rack karatan. Kerja oli P/S mah hanya hidrolik jd ga usah terlalu concern. IMHO.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
Oli PS itu juga akan mengalami degradasi ... ada satu waktu oli PS ini kepanasan dan akan teroksidasi membentuk kotoran (kerak) ... Supaya PS pump Awet dan stir tuned terus ... ada baiknya dikuras setiap 20.000 km ... paling banter hanya menggunakan 1 liter untuk menguras.calvin99 wrote:guys, mau tanya nih. biasanya itu tiap brapa puluh ribu sih oli PS harus diganti?
mobil gw ud jalan 5 taon, dari baru blom pernah ganti itu oli PS. efeknya apa ya?
akhir2 ini di setir kalo dirasakan pake tangan itu kaya ada yg "berdesir" & kalo belok patah juga ada rasa kaya gitu di tangan. itu knapa ya? apa pompa PSnya ud lemah? ato emg cuma harus ganti PS fluid aja?
thx
Jika menggunakan ATF sebagai oli PS ... maka pilih ATF dengan spec DEXRON III ... oli ATF ini cukup murah ... sekitar 27rb s/d 30rb ... gak perlu yang mahal-mahal.
Caranya nguras DIY :
1. Buka tutup reservoir oli PS
2. Hisap (keluarkan) olinya dengan menggunakan selang atau pipet besar atau suntikan besar ... sampai asat.
3. Tuang/isi kembali dengan ATF Dexron III yang baru, kemudian pasang kembali tutupnya.
4. Start mesin dan biarkan idle selama 2 menit. Selama idle itu ... setir digerakkan mentok kekanan dan mentok kekiri. Pada saat mentok kekanan atau kekiri jangan lama-lama (3 s/d 5 detik) ... dilakukan berulang-ulang selama dua menit tadi.
5. Matikan Mesin.
6. Ulangi Prosedur 1 s/d 5 ... sampai 1 liter Oli ATF baru habis ... Oli PS akan menjadi bersih dan Fresh.
Catatan : Lebih baik mengganti/menguras oli PS secara teratur ... ketimbang problem di PS Pump dan atau Rack & Pinion nya hanya gara-gara oli PS nya Kotor.
Semoga membantu ..... dan bermanfaat.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
Thanks bro penyu untuk tipsnya...gw mao coba ah di mobil gw weekend ini....PenyuTurbo wrote:Oli PS itu juga akan mengalami degradasi ... ada satu waktu oli PS ini kepanasan dan akan teroksidasi membentuk kotoran (kerak) ... Supaya PS pump Awet dan stir tuned terus ... ada baiknya dikuras setiap 20.000 km ... paling banter hanya menggunakan 1 liter untuk menguras.calvin99 wrote:guys, mau tanya nih. biasanya itu tiap brapa puluh ribu sih oli PS harus diganti?
mobil gw ud jalan 5 taon, dari baru blom pernah ganti itu oli PS. efeknya apa ya?
akhir2 ini di setir kalo dirasakan pake tangan itu kaya ada yg "berdesir" & kalo belok patah juga ada rasa kaya gitu di tangan. itu knapa ya? apa pompa PSnya ud lemah? ato emg cuma harus ganti PS fluid aja?
thx
Jika menggunakan ATF sebagai oli PS ... maka pilih ATF dengan spec DEXRON III ... oli ATF ini cukup murah ... sekitar 27rb s/d 30rb ... gak perlu yang mahal-mahal.
Caranya nguras DIY :
1. Buka tutup reservoir oli PS
2. Hisap (keluarkan) olinya dengan menggunakan selang atau pipet besar atau suntikan besar ... sampai asat.
3. Tuang/isi kembali dengan ATF Dexron III yang baru, kemudian pasang kembali tutupnya.
4. Start mesin dan biarkan idle selama 2 menit. Selama idle itu ... setir digerakkan mentok kekanan dan mentok kekiri. Pada saat mentok kekanan atau kekiri jangan lama-lama (3 s/d 5 detik) ... dilakukan berulang-ulang selama dua menit tadi.
5. Matikan Mesin.
6. Ulangi Prosedur 1 s/d 5 ... sampai 1 liter Oli ATF baru habis ... Oli PS akan menjadi bersih dan Fresh.
Catatan : Lebih baik mengganti/menguras oli PS secara teratur ... ketimbang problem di PS Pump dan atau Rack & Pinion nya hanya gara-gara oli PS nya Kotor.
Semoga membantu ..... dan bermanfaat.
ini berlaku disemua mobil kan pak?
