mumpung tinggal setahun lagi, hajarrrnugroho bagor wrote: Wed Aug 29, 2018 11:42Nah kan.............abrof wrote: Wed Aug 29, 2018 11:17 Krn menteri paling berpengaruh di kabinet punya saham di industri sawit, ya mumpung ada kekuasaan ya bikin kebijakan yang paling menguntungkan bagi dia dan kroninya![]()
Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1437
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1437
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
misal toyota support pemakaian B20 karena tau santafe ngga bisa pake b20 ?lemonadelovers wrote: Thu Aug 30, 2018 1:57 klo saya mikir jangan2 ada pemegang merek otomotif yg ikut dukung B20 supaya merek lain ga bisa bersaing krna mesin ga support B20, kan segment passengger dan commercial lagi banyak pendatang baru dgn teknologi baru

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Prepare mobil pake B20 selain mempercepat ganti filter bbm (15000 km max) juga dengan mempercepat ganti oli (5000 -7500 km max). B20 kalo di riset SAE sih membuat oli terkontaminasi biodiesel sampe 35 % (vs 25% solar murni)/19,000 km (12,000 miles). Tapi kemungkinan di Indonesia kontaminasi lebih kecil soalnya diesel di sini belum pakai DPF. Jadi rajin aja monitor dipstik oli seminggu sekali jaga2 kemungkinan oli naek/ nambah.Rbspj wrote: Wed Aug 29, 2018 5:29 Dear Om-om smua, kira2 apa yg perlu disiapkan pengguna mobil diesel pribadi selain kuras tangki, filter solar. Apa oli jg harus ada spesifikasi tertentu?
Yang menikmati ya bukan hanya pengusaha sawit, pengusaha sparepart pasti jg menikmati dan ekonomi terdongkrak(pikiran dangkal saya)
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 720
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Bakalan bnyk yg consider cx5 daripada santafe nih... Pertadex makin lama emg makin busuk
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Mon Nov 14, 2016 2:50
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Kena om, dari genset sampai kapal laut kena semua ...
Solar B0 nanti akan di tarik dari pasaran dan di ganti Solar B20, tahun 2020 berubah lagi jadi B30.
kecuali unit yang di papua, karena area kerja nya suhu nya bisa minus, sedang kan spec B20 ini di suhu 3-4 deg celcius sudah freezing
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Mon Nov 14, 2016 2:50
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Info nya pergantian filter dilakukan saat pertama kali saja, selanjut nya normal.Rbspj wrote: Wed Aug 29, 2018 5:29 Dear Om-om smua, kira2 apa yg perlu disiapkan pengguna mobil diesel pribadi selain kuras tangki, filter solar. Apa oli jg harus ada spesifikasi tertentu?
Yang menikmati ya bukan hanya pengusaha sawit, pengusaha sparepart pasti jg menikmati dan ekonomi terdongkrak(pikiran dangkal saya)
karena B20 ini ada sifat pelarut maka sisa2 sludge dari B0 akan larut.
yang penting jangan biarkan b20 di dalam tangki maks 3 bulan, karena akan membentuk sludge.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Ha ha ha.....Rakean wrote:dampak rusak nya lingkungan ya yang kena duluan yah kita2 juga gan.. ya mestinya ada porsinya lah lahan buat sawit dan hutan.. jangan dibabat terus2an... sedih liat nya dari tahun ke tahun perusakan hutan dilakukan secar masifiwansiagian wrote: Thu Aug 30, 2018 1:20Susah juga sih yaa manusia kalah sama orang utan..Ariazaki wrote: Justru isu itu yg membuat palm oil asal indo di ban di eu. Apalagi semakin banyak ngo asal eu yang ikut melestarikan satwa seperti orang utan...
Kita pelihara hutan, Eropa ga bayar kasih duit buat kita biar hutan kita tetep jadi paru paru dunia.
Kita tebang bakar buat produksi sawit atau Batubara walaupun buat kasih makan petani sawit atau rakyat sekitar di banned.
Diskusi ini kalau diterusin bakalan panjang...
Pertanyaan nya: Any better idea yg menguntungkan pengusaha, masyarakat sekitar kebun, pemerintah, ngo, pecinta lingkungan, masyarakan umum?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Nasi uda jadi bubur, dulu pemerintah terkesan membiarkan hutan dibabat habis jadi perkebunan sawitpaidjho wrote: Thu Aug 30, 2018 11:31Ha ha ha.....Rakean wrote:dampak rusak nya lingkungan ya yang kena duluan yah kita2 juga gan.. ya mestinya ada porsinya lah lahan buat sawit dan hutan.. jangan dibabat terus2an... sedih liat nya dari tahun ke tahun perusakan hutan dilakukan secar masifiwansiagian wrote: Thu Aug 30, 2018 1:20 Susah juga sih yaa manusia kalah sama orang utan..
Kita pelihara hutan, Eropa ga bayar kasih duit buat kita biar hutan kita tetep jadi paru paru dunia.
Kita tebang bakar buat produksi sawit atau Batubara walaupun buat kasih makan petani sawit atau rakyat sekitar di banned.
Diskusi ini kalau diterusin bakalan panjang...
Pertanyaan nya: Any better idea yg menguntungkan pengusaha, masyarakat sekitar kebun, pemerintah, ngo, pecinta lingkungan, masyarakan umum?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Jangan fitnah ya, pemerintah dr dulu itu bukannya membiarkan, tp oknum yg jumlahnya berjibun2 masih jg dibilang oknum justru memfasilitasi even yg ilegal, bakar terus aja, semua cincaiWinz wrote: Thu Aug 30, 2018 14:29Nasi uda jadi bubur, dulu pemerintah terkesan membiarkan hutan dibabat habis jadi perkebunan sawitpaidjho wrote: Thu Aug 30, 2018 11:31Ha ha ha.....Rakean wrote:
dampak rusak nya lingkungan ya yang kena duluan yah kita2 juga gan.. ya mestinya ada porsinya lah lahan buat sawit dan hutan.. jangan dibabat terus2an... sedih liat nya dari tahun ke tahun perusakan hutan dilakukan secar masif
Diskusi ini kalau diterusin bakalan panjang...
Pertanyaan nya: Any better idea yg menguntungkan pengusaha, masyarakat sekitar kebun, pemerintah, ngo, pecinta lingkungan, masyarakan umum?![]()
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
- Location: Indnesia
- Daily Vehicle: Car
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Akhirnya agak sedikit mudeng dgn isu b20 setelah nyimak baca dr page1. Jadi dex jg bakal b20 toh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Klo tegas ya ga mungkin separah ini, sampai kena ban EU saking ngawur’nya gak terkontrol, wkwkwkJoehard30 wrote: Thu Aug 30, 2018 14:35Jangan fitnah ya, pemerintah dr dulu itu bukannya membiarkan, tp oknum yg jumlahnya berjibun2 masih jg dibilang oknum justru memfasilitasi even yg ilegal, bakar terus aja, semua cincaiWinz wrote: Thu Aug 30, 2018 14:29Nasi uda jadi bubur, dulu pemerintah terkesan membiarkan hutan dibabat habis jadi perkebunan sawitpaidjho wrote: Thu Aug 30, 2018 11:31 Ha ha ha.....
Diskusi ini kalau diterusin bakalan panjang...
Pertanyaan nya: Any better idea yg menguntungkan pengusaha, masyarakat sekitar kebun, pemerintah, ngo, pecinta lingkungan, masyarakan umum?![]()
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Manual Book Toyota mengatakan disarankan maximal B5.krniawnhdr wrote:misal toyota support pemakaian B20 karena tau santafe ngga bisa pake b20 ?lemonadelovers wrote: Thu Aug 30, 2018 1:57 klo saya mikir jangan2 ada pemegang merek otomotif yg ikut dukung B20 supaya merek lain ga bisa bersaing krna mesin ga support B20, kan segment passengger dan commercial lagi banyak pendatang baru dgn teknologi baru
Kena edukasi apa lagi bilang support B20?
Atau ntar ngeles, bilang, itu buku manual salah ketik, harusnya B20 [emoji88]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sun Nov 27, 2016 15:59
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Kalo ngomongin masalah penebangn hutan, khususnya sawit sll keingat it ketum pan didamprat sma indiana jones sewaktu doi masih mendudukin posisi mentri..
Malu euy...
Jgn disamain jaman skg dgn jaman penjajahan...
Org" skg sdh berpikir lebih luas..
Malu euy...
Jgn disamain jaman skg dgn jaman penjajahan...
Org" skg sdh berpikir lebih luas..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
babat hutan gak terkontrol. pake aji mumpung harga minyak sawit bagus akhirnya kelebihan stok dan puyeng kwkwkwkwkw. segala peringatan gak digubris. supply dan demand gak dijaga. ya wes terima saja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Hahaha iya om saya sarkasme kok itu..paidjho wrote:Ha ha ha.....Rakean wrote:dampak rusak nya lingkungan ya yang kena duluan yah kita2 juga gan.. ya mestinya ada porsinya lah lahan buat sawit dan hutan.. jangan dibabat terus2an... sedih liat nya dari tahun ke tahun perusakan hutan dilakukan secar masifiwansiagian wrote: Thu Aug 30, 2018 1:20 Susah juga sih yaa manusia kalah sama orang utan..
Kita pelihara hutan, Eropa ga bayar kasih duit buat kita biar hutan kita tetep jadi paru paru dunia.
Kita tebang bakar buat produksi sawit atau Batubara walaupun buat kasih makan petani sawit atau rakyat sekitar di banned.
Diskusi ini kalau diterusin bakalan panjang...
Pertanyaan nya: Any better idea yg menguntungkan pengusaha, masyarakat sekitar kebun, pemerintah, ngo, pecinta lingkungan, masyarakan umum?
Saya pribadi males ketemu model orang Eropa gitu,yang main larang larang tapi ga kasih solusi. Emang gitu dia banned kita mau nurut gitu?? Mau makan apa petani kita.
Kita pelihara hutan kita, mereka nikmati udara nya tapi ga mau bayar. Kalo mau fair kita pelihara deh hutan kita tapi dunia bayar dong opportunity cost yang hilang karena kita ga buka lahan sawit, biar kita bisa bayar masyarakat adat yang punya lahan hutan biar ga alih fungsi jadi lahan sawit atau tambang Batubara.
Trump aja udah males liat Eropa, makanya dia ancam keluar dari nato. Keluar dari Kyoto protocol.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Padahal di Eropa waktu era Revolusi Industri dan Perang Dunia I & II berapa banyak HUtan di Eropa yang dirusak, sayang aja gak ada dokumentasinya. Eeh sekarang mereka yang teriak2 sok suci masalah hutan di Timur jauh sana. Kalo di US juga sekarang udah jarang teriak2 masalah kebakaran hutan, lha disana hampir tiap tahun ada kebakaran hutan hebat sampai makan korban jiwa.
Saya sih penasaran apakah Pemerintah sudah benar2 long term review ujicoba B20 dan apakah jika banyak kendaraan yang trouble setelah penerapan B20 pemerintah berani kasih insentif untuk perbaikan serta convert komponen kendaraan tersebut agar kompatibel dengan B20, seperti waktu itu pemerintah berani kasih insentif untuk konverter BBG.
Saya sih penasaran apakah Pemerintah sudah benar2 long term review ujicoba B20 dan apakah jika banyak kendaraan yang trouble setelah penerapan B20 pemerintah berani kasih insentif untuk perbaikan serta convert komponen kendaraan tersebut agar kompatibel dengan B20, seperti waktu itu pemerintah berani kasih insentif untuk konverter BBG.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Mon Jun 29, 2015 22:23
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Harga minyak hewan saat ini di level 70 an dollar/barrel. Nanti misal turun lagi di angka 30 an apa juga masih tetap B20. Kalo minyak nabati berapa sih harga per barrel nya saat ini.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
bayar mahal2 dex, cuman buat dikasih bonus b20 doang.
sekalian aja pertamax turbo juga ditambahin b20.
sekalian aja pertamax turbo juga ditambahin b20.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
https://www.pertamina.com/id/news-room/ ... -indonesia
Waduh non subsidi solar kena B20 juga..
Jadi DEX pakai B20?
Hmmmmmm... Kacau dah... Di dunia solar maximum cuma dikasih 7.5%.. Cuma di indo dikasih 20%...
Waduh non subsidi solar kena B20 juga..
Jadi DEX pakai B20?
Hmmmmmm... Kacau dah... Di dunia solar maximum cuma dikasih 7.5%.. Cuma di indo dikasih 20%...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Malah 2020 mau b30
suraamm

Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Sebaiknya kalo diesel2 kita sampai bermasalah pakai b20 kita gugat saja pemerintah.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Petani kita??? Atau Pemodal Besar/Perkebunan Besar/Industri Sawit, klo ingat temen salah satu accounting manager salah satu industri besar sawit indonesia. Dia mendaftarkan ribuan mitra petani plasma fiktif, dengan fotokopi KTP asli, untuk apa??? He..he untuk apa?? Banyaklah kegunaannya. Prosentasi lahan petani sawit riil dengan industri, perbedaan kayak bumi langit. Petani riil itu kadang investor kecil-kecilan kayak temen2 dikantor, yang punya lahan max 20 Ha. Yang bener2 riil petani jumlahnya sedikit max lahan paling 2 Ha, dan jadi mitra industri. Mitra petani yang fiktif lebih banyakiwansiagian wrote: Fri Aug 31, 2018 1:28Hahaha iya om saya sarkasme kok itu..paidjho wrote:Ha ha ha.....Rakean wrote:
dampak rusak nya lingkungan ya yang kena duluan yah kita2 juga gan.. ya mestinya ada porsinya lah lahan buat sawit dan hutan.. jangan dibabat terus2an... sedih liat nya dari tahun ke tahun perusakan hutan dilakukan secar masif
Diskusi ini kalau diterusin bakalan panjang...
Pertanyaan nya: Any better idea yg menguntungkan pengusaha, masyarakat sekitar kebun, pemerintah, ngo, pecinta lingkungan, masyarakan umum?
Saya pribadi males ketemu model orang Eropa gitu,yang main larang larang tapi ga kasih solusi. Emang gitu dia banned kita mau nurut gitu?? Mau makan apa petani kita.
Kita pelihara hutan kita, mereka nikmati udara nya tapi ga mau bayar. Kalo mau fair kita pelihara deh hutan kita tapi dunia bayar dong opportunity cost yang hilang karena kita ga buka lahan sawit, biar kita bisa bayar masyarakat adat yang punya lahan hutan biar ga alih fungsi jadi lahan sawit atau tambang Batubara.
Trump aja udah males liat Eropa, makanya dia ancam keluar dari nato. Keluar dari Kyoto protocol.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 419
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Malah tujuannya kalo bisa B100 atau full 100% biosolar:
https://finance.detik.com/energi/d-4144 ... diesel-100
Dengarnya untuk mobil keluaran tahun 2000 dan sebelumnya (Ford, VW) sudah siap & cocok dgn bahan bakar solar B100. Tetapi muncul lembaga lingkungan EPA dan EEA yg mengharuskan pengurangan gas buang dgn membatasi campuran biosolar. Jadinya mesin diesel mobil jaman now hanya mampu menenggak 10%-20% biosolar.
https://www.popularmechanics.com/cars/h ... 6/4311498/
Setuju dengan yang komentar di atas, sebaiknya BBM solar dijual berdasarkan campurannya: Biosolar B100, Dexlite B20, Dex B10.
https://finance.detik.com/energi/d-4144 ... diesel-100
Dengarnya untuk mobil keluaran tahun 2000 dan sebelumnya (Ford, VW) sudah siap & cocok dgn bahan bakar solar B100. Tetapi muncul lembaga lingkungan EPA dan EEA yg mengharuskan pengurangan gas buang dgn membatasi campuran biosolar. Jadinya mesin diesel mobil jaman now hanya mampu menenggak 10%-20% biosolar.
https://www.popularmechanics.com/cars/h ... 6/4311498/
Setuju dengan yang komentar di atas, sebaiknya BBM solar dijual berdasarkan campurannya: Biosolar B100, Dexlite B20, Dex B10.
Last edited by Andhyka on Fri Aug 31, 2018 6:20, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Imhovp920b wrote:https://www.youtube.com/watch?v=ATGSBi1kBl0
Coba disimak dulu tentang B10..
Kalau B20 entahlah..
Ethanol beda ama fame atau biodiesel.
Ethanol buat campuran gasoline.