Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Alat berat /bego gitu juga ikut kena dampak ga si?
engine roaring!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
biar gak dipake ke b20 harusnya pemerintah menggalakkan makan gorengan




-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
- Location: Bandung
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Jangan jangan yang menyarankan pakai minyak goreng buat oli sama lagi tujuannya supaya harga sawit naik
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Yang menikmati sawit tinggi, berapa %dari yang jebol mesin dieselnya, kebijakan yang aneh, dan makin aneh
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Thu Jan 26, 2017 17:56
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Dear Om-om smua, kira2 apa yg perlu disiapkan pengguna mobil diesel pribadi selain kuras tangki, filter solar. Apa oli jg harus ada spesifikasi tertentu?
Yang menikmati ya bukan hanya pengusaha sawit, pengusaha sparepart pasti jg menikmati dan ekonomi terdongkrak(pikiran dangkal saya)
Yang menikmati ya bukan hanya pengusaha sawit, pengusaha sparepart pasti jg menikmati dan ekonomi terdongkrak(pikiran dangkal saya)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Disisi lain perkebunan sawit juga merusak alam, dengan membabat hutan2Ingkak wrote: Tue Aug 28, 2018 16:06 Buah simalakama... B20 gak diterapin, rakyat sawit di sumatera, kalimantan, sulawesi & papua menjerit. Harga sawit ada di posisi terendah karena produksi berlebih banyak dan seiring panen bunga matahari dan wijen di eropa dan amerika (eropa dan amerika kampanye anti sawit ya intinya melindungi komoditas mereka ini) sehingga murni china dan india pemakai produk minyak sawit kita. Pemerintah pusing kepala bagaimana optimalisasi produk minyak sawit ini, dapatlah B20 ini. Tapi klo di terapin di seluruh jenis solar di Indonesia ya kasian mesin diesel modern, dengan solar sekarang aja sudah banyak triton dan double cab lainnya yg terkapar karena injectornya jebol. Makanya gak heran organda dan pengusaha bus triak ttg kebijakan B 20 ini. Di detik siang tadi pemilim PO SAN (kurnia lesani adnan) juga protes apabila B20 ini diterapkan, karen mesin armada SAN rata2 adalah mesin kekinian dari mercedes dan scania
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Yang untung dari biodiesel ya pemerintah (import berkurang jadi defisit neraca perdagangan berkurang) dan perusahaan sawit (harga sawit naik, sales naik, profit naik). Yang jadi korban ya produsen mobil dan pemakai mobil. Buat yang lainnya keuntungannya penurunan IDR sedikit tertahan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Jangan2 pencetus ide nyampur minyak goreng ke oli mesin juga ada hubungannya ama yang ini ?
#teorikontrasepsi
#teorikontrasepsi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Bisa jadi Oom ... seperti ungkapan : Half a truth is often a great lie (Benjamin Franklin)IGedeAmat wrote: Wed Aug 29, 2018 9:39 Jangan2 pencetus ide nyampur minyak goreng ke oli mesin juga ada hubungannya ama yang ini ?
#teorikontrasepsi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Krn menteri paling berpengaruh di kabinet punya saham di industri sawit, ya mumpung ada kekuasaan ya bikin kebijakan yang paling menguntungkan bagi dia dan kroninya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Nah kan.............abrof wrote: Wed Aug 29, 2018 11:17 Krn menteri paling berpengaruh di kabinet punya saham di industri sawit, ya mumpung ada kekuasaan ya bikin kebijakan yang paling menguntungkan bagi dia dan kroninya

-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Saya sendiri lbh setuju apabila bio solar adalah dr olahan FRD,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Solar subsidi boleh lah b20
Kalo dex harus nya jangan campur fame lah
Jadi mobil2 mahal dan canggih yg takut rontok injector nya bisa pake dex
Sekalian kurangin subsidi
Kalo dex harus nya jangan campur fame lah
Jadi mobil2 mahal dan canggih yg takut rontok injector nya bisa pake dex
Sekalian kurangin subsidi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Setuju, paling enggak mobil pribadi beralih ke DexLiteZaxis wrote: Wed Aug 29, 2018 12:27 Solar subsidi boleh lah b20
Kalo dex harus nya jangan campur fame lah
Jadi mobil2 mahal dan canggih yg takut rontok injector nya bisa pake dex
Sekalian kurangin subsidi
Biar mobil2 niaga buat usaha aja yang pakai BioSol B20
Toh subsidi berkurang beban negara juga berkurang kan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Biosol harga jual Naik kan saja. Atau klo takut stabilitas eko terganggu. Spt tmn2 blg biosol aj oplos b20. Dexlite b10 n Dex pure lah.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Wed Mar 08, 2017 13:46
- Location: Pekanbaru
- Daily Vehicle: Grandlivina
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Bener siii merusak, tapi ya gimana lgi. Hutan sudah berubah fungsi jd kebun sawit semua, masyarakat mayoritas riau, jambi, sumsel,kalteng,kaltim,kalbar,sulsel,sulbar,sulteng,bahkan papua sudah bergantung hidup pada sawit. Produksi sawit melimpah tapi serapan produk ini rendah di tingkat lokal ataupun internasional, stok yg melimpah mengakibatkan produksi dari pabrik sawit pun dibatasi hanya senin-jumat padahal biasanya 24jam x7. Saat ini dengan anjloknya harga sawit, kami2 yg di daerah ini merasakan langsung efeknya karena sawit udh menjadi salah satu sektor penopang perekonomian di daerah. Karena perputaran uang menjadi terbatas di daerah akibat rendahnya harga sawit,tingkat konsumsi mjdi rendah, utang bank/leasing pada nunggak. Hal ini berbeda dengan kondisi dimana harga sawit 1800-2500, ekonomi bergerak, tingkat konsumsi meningkat, kredit bank or leasing meningkat.Rakean wrote: Wed Aug 29, 2018 7:28Disisi lain perkebunan sawit juga merusak alam, dengan membabat hutan2Ingkak wrote: Tue Aug 28, 2018 16:06 Buah simalakama... B20 gak diterapin, rakyat sawit di sumatera, kalimantan, sulawesi & papua menjerit. Harga sawit ada di posisi terendah karena produksi berlebih banyak dan seiring panen bunga matahari dan wijen di eropa dan amerika (eropa dan amerika kampanye anti sawit ya intinya melindungi komoditas mereka ini) sehingga murni china dan india pemakai produk minyak sawit kita. Pemerintah pusing kepala bagaimana optimalisasi produk minyak sawit ini, dapatlah B20 ini. Tapi klo di terapin di seluruh jenis solar di Indonesia ya kasian mesin diesel modern, dengan solar sekarang aja sudah banyak triton dan double cab lainnya yg terkapar karena injectornya jebol. Makanya gak heran organda dan pengusaha bus triak ttg kebijakan B 20 ini. Di detik siang tadi pemilim PO SAN (kurnia lesani adnan) juga protes apabila B20 ini diterapkan, karen mesin armada SAN rata2 adalah mesin kekinian dari mercedes dan scania
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Ini sebenernya yang grade nya jadi B20 cuma di solar busuk apa juga ke dexlite-pertadex ya? Di berita2 ndak ada penjelasan ke arah bbm diesel apa aja yang bakal B20, agak simpang siur
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 206
- Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Justru isu itu yg membuat palm oil asal indo di ban di eu. Apalagi semakin banyak ngo asal eu yang ikut melestarikan satwa seperti orang utan...Ingkak wrote: Wed Aug 29, 2018 16:23Bener siii merusak, tapi ya gimana lgi. Hutan sudah berubah fungsi jd kebun sawit semua, masyarakat mayoritas riau, jambi, sumsel,kalteng,kaltim,kalbar,sulsel,sulbar,sulteng,bahkan papua sudah bergantung hidup pada sawit. Produksi sawit melimpah tapi serapan produk ini rendah di tingkat lokal ataupun internasional, stok yg melimpah mengakibatkan produksi dari pabrik sawit pun dibatasi hanya senin-jumat padahal biasanya 24jam x7. Saat ini dengan anjloknya harga sawit, kami2 yg di daerah ini merasakan langsung efeknya karena sawit udh menjadi salah satu sektor penopang perekonomian di daerah. Karena perputaran uang menjadi terbatas di daerah akibat rendahnya harga sawit,tingkat konsumsi mjdi rendah, utang bank/leasing pada nunggak. Hal ini berbeda dengan kondisi dimana harga sawit 1800-2500, ekonomi bergerak, tingkat konsumsi meningkat, kredit bank or leasing meningkat.Rakean wrote: Wed Aug 29, 2018 7:28Disisi lain perkebunan sawit juga merusak alam, dengan membabat hutan2Ingkak wrote: Tue Aug 28, 2018 16:06 Buah simalakama... B20 gak diterapin, rakyat sawit di sumatera, kalimantan, sulawesi & papua menjerit. Harga sawit ada di posisi terendah karena produksi berlebih banyak dan seiring panen bunga matahari dan wijen di eropa dan amerika (eropa dan amerika kampanye anti sawit ya intinya melindungi komoditas mereka ini) sehingga murni china dan india pemakai produk minyak sawit kita. Pemerintah pusing kepala bagaimana optimalisasi produk minyak sawit ini, dapatlah B20 ini. Tapi klo di terapin di seluruh jenis solar di Indonesia ya kasian mesin diesel modern, dengan solar sekarang aja sudah banyak triton dan double cab lainnya yg terkapar karena injectornya jebol. Makanya gak heran organda dan pengusaha bus triak ttg kebijakan B 20 ini. Di detik siang tadi pemilim PO SAN (kurnia lesani adnan) juga protes apabila B20 ini diterapkan, karen mesin armada SAN rata2 adalah mesin kekinian dari mercedes dan scania
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
betul bbrp alasan eropa melarang sawit dari indonesia karena indonesia membuka lahan nya dengan cara bakar hutan dan ini salah satu penyebab besar pemanasan global. alasan lain ya merusak ekosistem hewan yang hanya di kawasan tertentu, seperti orang utan
ini nanti misal jadi diterapkan B20 trus banyak mesin diesel yang rontok, bisa2 masyarakat banyak yang beralih ke mesin bensin. kalo udah kayak gitu, kurang laku lagi dong solar nya. yang make cuma truk dan bus di jalan kwkwkwkwk
ini nanti misal jadi diterapkan B20 trus banyak mesin diesel yang rontok, bisa2 masyarakat banyak yang beralih ke mesin bensin. kalo udah kayak gitu, kurang laku lagi dong solar nya. yang make cuma truk dan bus di jalan kwkwkwkwk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Susah juga sih yaa manusia kalah sama orang utan..Ariazaki wrote:Justru isu itu yg membuat palm oil asal indo di ban di eu. Apalagi semakin banyak ngo asal eu yang ikut melestarikan satwa seperti orang utan...Ingkak wrote: Wed Aug 29, 2018 16:23Bener siii merusak, tapi ya gimana lgi. Hutan sudah berubah fungsi jd kebun sawit semua, masyarakat mayoritas riau, jambi, sumsel,kalteng,kaltim,kalbar,sulsel,sulbar,sulteng,bahkan papua sudah bergantung hidup pada sawit. Produksi sawit melimpah tapi serapan produk ini rendah di tingkat lokal ataupun internasional, stok yg melimpah mengakibatkan produksi dari pabrik sawit pun dibatasi hanya senin-jumat padahal biasanya 24jam x7. Saat ini dengan anjloknya harga sawit, kami2 yg di daerah ini merasakan langsung efeknya karena sawit udh menjadi salah satu sektor penopang perekonomian di daerah. Karena perputaran uang menjadi terbatas di daerah akibat rendahnya harga sawit,tingkat konsumsi mjdi rendah, utang bank/leasing pada nunggak. Hal ini berbeda dengan kondisi dimana harga sawit 1800-2500, ekonomi bergerak, tingkat konsumsi meningkat, kredit bank or leasing meningkat.Rakean wrote: Wed Aug 29, 2018 7:28 Disisi lain perkebunan sawit juga merusak alam, dengan membabat hutan2

Kita pelihara hutan, Eropa ga bayar kasih duit buat kita biar hutan kita tetep jadi paru paru dunia.
Kita tebang bakar buat produksi sawit atau Batubara walaupun buat kasih makan petani sawit atau rakyat sekitar di banned.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Ini simpang siur gimana nasib Dex sama DexLite, ini ga subsidi loh, cuan berapa pemerintah klo 20% oplos, per liter hemat 2000aniwing wrote: Wed Aug 29, 2018 23:32 betul bbrp alasan eropa melarang sawit dari indonesia karena indonesia membuka lahan nya dengan cara bakar hutan dan ini salah satu penyebab besar pemanasan global. alasan lain ya merusak ekosistem hewan yang hanya di kawasan tertentu, seperti orang utan
ini nanti misal jadi diterapkan B20 trus banyak mesin diesel yang rontok, bisa2 masyarakat banyak yang beralih ke mesin bensin. kalo udah kayak gitu, kurang laku lagi dong solar nya. yang make cuma truk dan bus di jalan kwkwkwkwk
Benernya cukup Biosol aja B20, itu kan bisa jadi senjata biar mobil pribadi ga mau pakai BioSol lagi, jadi mikir2, Subsidi tepat sasaran
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
klo saya mikir jangan2 ada pemegang merek otomotif yg ikut dukung B20 supaya merek lain ga bisa bersaing krna mesin ga support B20, kan segment passengger dan commercial lagi banyak pendatang baru dgn teknologi baru
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
setuju bgt..Winz wrote: Thu Aug 30, 2018 1:46Ini simpang siur gimana nasib Dex sama DexLite, ini ga subsidi loh, cuan berapa pemerintah klo 20% oplos, per liter hemat 2000aniwing wrote: Wed Aug 29, 2018 23:32 betul bbrp alasan eropa melarang sawit dari indonesia karena indonesia membuka lahan nya dengan cara bakar hutan dan ini salah satu penyebab besar pemanasan global. alasan lain ya merusak ekosistem hewan yang hanya di kawasan tertentu, seperti orang utan
ini nanti misal jadi diterapkan B20 trus banyak mesin diesel yang rontok, bisa2 masyarakat banyak yang beralih ke mesin bensin. kalo udah kayak gitu, kurang laku lagi dong solar nya. yang make cuma truk dan bus di jalan kwkwkwkwk
Benernya cukup Biosol aja B20, itu kan bisa jadi senjata biar mobil pribadi ga mau pakai BioSol lagi, jadi mikir2, Subsidi tepat sasaran
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
Paling ntar juga bermunculan additive solar B20 yang claimnya bisa netralisir bad effect palm oil di bbm.
Untung masih simpen OPS exceed, Innova 2KD, dan panther LS A/T.
Operasional pake Solbus mau B50 atau B80, panther aja yg jalan.
[emoji6]
Untung masih simpen OPS exceed, Innova 2KD, dan panther LS A/T.
Operasional pake Solbus mau B50 atau B80, panther aja yg jalan.
[emoji6]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20
dampak rusak nya lingkungan ya yang kena duluan yah kita2 juga gan.. ya mestinya ada porsinya lah lahan buat sawit dan hutan.. jangan dibabat terus2an... sedih liat nya dari tahun ke tahun perusakan hutan dilakukan secar masifiwansiagian wrote: Thu Aug 30, 2018 1:20Susah juga sih yaa manusia kalah sama orang utan..Ariazaki wrote:Justru isu itu yg membuat palm oil asal indo di ban di eu. Apalagi semakin banyak ngo asal eu yang ikut melestarikan satwa seperti orang utan...Ingkak wrote: Wed Aug 29, 2018 16:23
Bener siii merusak, tapi ya gimana lgi. Hutan sudah berubah fungsi jd kebun sawit semua, masyarakat mayoritas riau, jambi, sumsel,kalteng,kaltim,kalbar,sulsel,sulbar,sulteng,bahkan papua sudah bergantung hidup pada sawit. Produksi sawit melimpah tapi serapan produk ini rendah di tingkat lokal ataupun internasional, stok yg melimpah mengakibatkan produksi dari pabrik sawit pun dibatasi hanya senin-jumat padahal biasanya 24jam x7. Saat ini dengan anjloknya harga sawit, kami2 yg di daerah ini merasakan langsung efeknya karena sawit udh menjadi salah satu sektor penopang perekonomian di daerah. Karena perputaran uang menjadi terbatas di daerah akibat rendahnya harga sawit,tingkat konsumsi mjdi rendah, utang bank/leasing pada nunggak. Hal ini berbeda dengan kondisi dimana harga sawit 1800-2500, ekonomi bergerak, tingkat konsumsi meningkat, kredit bank or leasing meningkat.
Kita pelihara hutan, Eropa ga bayar kasih duit buat kita biar hutan kita tetep jadi paru paru dunia.
Kita tebang bakar buat produksi sawit atau Batubara walaupun buat kasih makan petani sawit atau rakyat sekitar di banned.
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)