Resah Suspensi SX4 *ganti judul aja deh*

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

€lj€p€ wrote:
johnlegend wrote: mmh.. kl inden skrg kyk nya bakal lama.. coba telp langsung ato dateng k dealer nya.. sekalian coba test drive.. hehehe.. kalo kaga salah, kapan hari dikasi tau ama yg ngater mobil nya.. sx4 kl pesen skrg, dateng nya mungkin bisa beberapa bulan dari skrg..

Kadang saya bingung dengan statement-2 dari para sales... karena awal Mei saya ke Suzuki Pondok Indah... melihat buanyak sekali SX4 di tempat parkir... dan Jum'at kemarin (1 bulan kemudian), saya lihat juga masih segitu-segitu juga... Apakah itu pesanan perorangan atau pesanan sub-dealer (showroom independent) yang belum ditebus. Kalau ditanya ke sales di sana sih bilangnya sudah "pesanan" saja. Jadi kemungkinan banyak juga yang hanya inden tapi tidak menebus.. hehheee...

unibody = unit body = monocoque = single shell = mobil yang tidak pakai besi kanan-kiri seperti tangga yang biasa disebut ladder frame / chassis.. seperti mobil jaman dulu.. sekarang hanya jip off-road atau truck yang masih pakai chassis.
oo ic ic.. makasi penjelasan nya..
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

piterr wrote:
johnlegend wrote:eh ralaattt... ternyata suspensi sx4 enakk.. tadi sempet ragu2 juga.. ternyata empuk.. tp tetep rigid..

pertama2 saya ngrasa keras itu soal nya suara kaki2 nya yg kedengeran.. jd sugesti suspensi keras muncul.. tp bis muter2 kira 50km.. ternyataaaa.. empukk.. hehehehe.. *walaupun ga seempuk livina*

trus sx4 hemat abis.. ganti gigi nya kaga kerasaa..

dari bokap, nyokap.. semua bilang dengan harga segini.. kaga rugi.. hehehe.. *seriously*

cuman pas mobil pertama dateng kudu dicek baek baekk baek baekkk.. jgn sampe kyk pengalaman gw.. bt banget..
gue punya juga udah mendarat di garasi bro.... tanpa indent soalnya kemarin pas ada satu unit azure grey dateng yang pesan gak kasih kabar setelah 3 hari... so... gue sikat aja..... SX4 MT, sengaja pilih yang manual karena coba test yang matic kalo pas kick down tarikan kurang sip perpindahan giginya... ngedrop banget dari gigi 2 ke 3 nya... ( 6500 an RPM ke 4000, berasa banget dropnya - apalagi dibandingin ama CVT nya jazz- buat yang suka performa - go manual tranny) secara overall memang puasss banget pake nih mobil..... lebih asyik dibanding jazz vtec AT 2005 gue.... untuk harga yang dibayar.... heran juga bisa dapet mobil selengkap ini di indo. ntar gue review lagi dech... soalnya belum banyak pake.... maklum nomor belum keluar.....
Gile, gigi 2 sampai 6500 RPM? nggak nggereng tuh? Sepanjang pake mobil, aku jarang banget gigi 2 sampai di atas 3500 RPM
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

johnlegend wrote:
MILL wrote:
johnlegend wrote:huehuehue.. mr Mill pesen nya baru2 ini yah? di kota apa?

baru aja putar2 lagi.. hehehe.. suspensi emang keras.. tp ngga sekeras CRV kok.. n ngga limbung.. rigid..

duh surat jalan dari polda lama bener.. grr.. kalo kelamaan ya rugi d beli surat jalan.. tar lagi plat nomer juga keluar.. 350rb sia2 d..
Iya bong john.
Lagi kemaren akhir mei.
Dapetnya Oktober. G indent di cempaka putih jakpus.
Dari Testi bung john kayaknya semakin bikin ga sabar nih.....
Menurut bung John, dashboradnya gimana?
Dari penampakan kok kayak punya avanza ya?

Dari hasiljalan2 konsumsi BBM dapet berapa nih? Trus pake RON 90 apa 88?

Siap-Siap Bergabung SX4ers
wah lama juga yah.. saya kapan hari indent pas 2 hari setelah peluncuran SX4..

tentang dashboard, saya kira ngga ada bunyi aneh2 kok.. *mungkin belum ya* tapi kalau sampai ada bunyi, coba cek perkakas kerja yang terletak dibawah kursi penumpang depan.. nah disitu ada laci yg bisa ditarik keluar.. n voila.. u might find the problem..

hari ini baru aja sls pasang kaca film.. coz my car is black.. jd pasang yg item juga.. punya johnson.. *murah tp kualitas nya lumayan bagus..* value for money nya oke.. similar to the car :P

mmh.. dashboard nya bgs kok.. warna lampu interior nya eye catching banget.. ngga membosankan si.. a bit sporty look..

ttg bbm, isi premium aja.. hehehehe.. kl pertamax mahal.. lagian, ama sales nya dibolehin minum premium kok.. btw kalo bisa hindari octan booster.. katanya si ngga baek pake kyk gitu.. oh trus kalo lagi cruising speed around 50-60km/h.. *pas ngga accelerasi.. konsumsi bbm yg tertera di MID bisa 30km per liter.. hemat abis.. ya belajar buat drive secara ekonomis lah.. hehehe..

mudah2an membantu.. :)
Mayoritas sales akan bilang, "Boleh pake premium", maksudnya "Standarnya sih pertamax, mau pakai premium sih boleh... tapi...",... hehehe...
Untuk mobil yang ada catalytic converternya, on board computer akan komposisi gas buang dan juga getaran di mesin (knocking), titik/derajat pengapian akan dirubah sesuai bacaan yang didapat. Setting SX4 aslinya untuk pertamax, jadi kalau pakai premium emang boleh, tapi performance-nya tidak akan sesuai dengan yang dijanjikan di brosur...
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

johnlegend wrote:
MILL wrote:
johnlegend wrote:h oh trus kalo lagi cruising speed around 50-60km/h.. *pas ngga accelerasi.. konsumsi bbm yg tertera di MID bisa 30km per liter.. hemat abis.. ya belajar buat drive secara ekonomis lah.. hehehe..

mudah2an membantu.. :)
Kalau gas dilepas, pada saat mobil masih jalan, mustinya fuel supply di-cut off, alias tinggal engine break. Nampaknya angka 30 ini hanya sekedar agar angkanya tidak unlimited, dimana mobil jalan kencang, tapi ndak minum BBM setetespun. Grand Vitara saya juga menunjukkan angka 30 klo pedal gas dilepas pada saat mobil masih jalan...
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

€lj€p€ wrote:
Kadang saya bingung dengan statement-2 dari para sales... karena awal Mei saya ke Suzuki Pondok Indah... melihat buanyak sekali SX4 di tempat parkir... dan Jum'at kemarin (1 bulan kemudian), saya lihat juga masih segitu-segitu juga... Apakah itu pesanan perorangan atau pesanan sub-dealer (showroom independent) yang belum ditebus. Kalau ditanya ke sales di sana sih bilangnya sudah "pesanan" saja. Jadi kemungkinan banyak juga yang hanya inden tapi tidak menebus.. hehheee...
Sebelum di-antar ke customer kan perlu PDI, pre-delivery inspection, dengan banyaknya unit, mungkin perlu 1-2 hari, kemungkinan emang pesanan orang...
MILL
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
Location: Kelapa Gading

Post by MILL »

[/quote]

Mayoritas sales akan bilang, "Boleh pake premium", maksudnya "Standarnya sih pertamax, mau pakai premium sih boleh... tapi...",... hehehe...
Untuk mobil yang ada catalytic converternya, on board computer akan komposisi gas buang dan juga getaran di mesin (knocking), titik/derajat pengapian akan dirubah sesuai bacaan yang didapat. Setting SX4 aslinya untuk pertamax, jadi kalau pakai premium emang boleh, tapi performance-nya tidak akan sesuai dengan yang dijanjikan di brosur...[/quote]

Tapi pernah saya tanya ke salesnya tidak menggugurkan garansi. ini yang penting. Dan yang penting tetep harus pake unleaded gasoline.
Menghitung bulan......
Juni....
Juli....
AGustus...
Kok lama ya?
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

id-grand-vitara wrote: Sebelum di-antar ke customer kan perlu PDI, pre-delivery inspection, dengan banyaknya unit, mungkin perlu 1-2 hari, kemungkinan emang pesanan orang...


setiap hari lewat situ dan ngelihat.... lama-2 tertarik juga dengan SX-4. Tapi kalau dengar harus indent, jadinya malas ... maunya cash and carry...... hehheheeeee... sabar-sabar in deh.... nunggu dividen tahun depan aja ....... semoga suzuki punya pikiran seperti nissan waktu kasus nya x-trail... CBU 2.0L -> CKD 2.5 L... kalau SX-4 ini CBU 1.5L -> CKD 2.0 L (mesin GV)... DREAM ON...........
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Gw penasaran nih, SX4 AWD yg kata pihak suzuki indo bisa dipesan seharga Rp. 340 jt itu sdh laku brapa unit ya? Does anyone know?<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

yup2.. ada yg 340jt.. 9speakers.. silver roof rail.. trus.. apa lagi yah.. hehehe.. liat di website luar negeri..
naldo

Post by naldo »

Kalau mau inden mungkin bisa 2000CC 4WD untuk SX4... Di indonesia sudah 2 unit terjual, karena sewaktu launching SX4 4WD sudah di jual n langsung pada hari pertama kejual dua unit.
Yang masuk ke Indonesia tidak mempunyai Speaker maupun radio, jadi yang masuk hanya entry level...
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

iya.. kapan hari saya liat di dealer UMC sby.. katanya punya manajer nya..

oh iya, mr naldo, mo tanya saran neh, kalo pengen meredam suara suspensi yg sedang bekerja enak nya diapain yah? suara peredaman nya masuk kabin.. jd ngga pede buat jalan kenceng.. mmh.. kl disemprot anti karat di bagian bawah ngaruh kaga ya? ato pasang karpet peredam? *takut nya tar pas pasang lagi jadi bergetar semua gitu*

any suggestion?

thx
naldo

Post by naldo »

untuk peredaman saya tidak berani recomended macem2... Palingan semprot peredam itu hanya menolong sedikit..
Btw, kalau mau kenceng, kenceng aja mas... Saya pke SX4 standar punya kantor bokap, di tikungan berani aja lari 80-100km/j... Lurusan dah pernah coba 140km/j... Tidak usah takut... Dijamin mobil aman... Tapi di surabya bisa ngebut dmana y?? Kebetulan minggu depan mau ke surabaya
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

wah.. kl buat ngebut di tol ato jalan yg mulus SX4 emang enakkkkkk banget.. kemudi nya mantap banget.. emang stabil.. tp kalo tiba2 kena lubang itu yg bikin dag dig dug.. sayank mobil nya..

kemudi nya emang akurat.. buat kecepatan tinggi okehhhh... perna coba di tol.. ngga kerasa.. dikirain 80km/h.. ternyata uda 120km/h.. kaga kerasa limbung sama sekali..

kl di sby ngebut mmh.. plg kalo malem di polisi istimewa sampe dr soetomo.. trus masuk indragiri.. keluar mayjen.. itu buat ngebut jalan nya masi memungkinkan.. ato kalo malem lewat a yani or raya darmo, diponegoro.. uhuk.. *ati2 polisi sih*

kalo yg jalan yg parah abis tuh di kertajaya n raya manyar.. bweh.. jamin mobil hancur..
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

johnlegend wrote:wah.. kl buat ngebut di tol ato jalan yg mulus SX4 emang enakkkkkk banget.. kemudi nya mantap banget.. emang stabil.. tp kalo tiba2 kena lubang itu yg bikin dag dig dug.. sayank mobil nya..

kemudi nya emang akurat.. buat kecepatan tinggi okehhhh... perna coba di tol.. ngga kerasa.. dikirain 80km/h.. ternyata uda 120km/h.. kaga kerasa limbung sama sekali..

kl di sby ngebut mmh.. plg kalo malem di polisi istimewa sampe dr soetomo.. trus masuk indragiri.. keluar mayjen.. itu buat ngebut jalan nya masi memungkinkan.. ato kalo malem lewat a yani or raya darmo, diponegoro.. uhuk.. *ati2 polisi sih*

kalo yg jalan yg parah abis tuh di kertajaya n raya manyar.. bweh.. jamin mobil hancur..
ketahuan yang sering geber-geberan tengah malem. ati-ati orang nyebrang pak heuheuehu
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

Yusaku wrote:
johnlegend wrote:wah.. kl buat ngebut di tol ato jalan yg mulus SX4 emang enakkkkkk banget.. kemudi nya mantap banget.. emang stabil.. tp kalo tiba2 kena lubang itu yg bikin dag dig dug.. sayank mobil nya..

kemudi nya emang akurat.. buat kecepatan tinggi okehhhh... perna coba di tol.. ngga kerasa.. dikirain 80km/h.. ternyata uda 120km/h.. kaga kerasa limbung sama sekali..

kl di sby ngebut mmh.. plg kalo malem di polisi istimewa sampe dr soetomo.. trus masuk indragiri.. keluar mayjen.. itu buat ngebut jalan nya masi memungkinkan.. ato kalo malem lewat a yani or raya darmo, diponegoro.. uhuk.. *ati2 polisi sih*

kalo yg jalan yg parah abis tuh di kertajaya n raya manyar.. bweh.. jamin mobil hancur..
ketahuan yang sering geber-geberan tengah malem. ati-ati orang nyebrang pak heuheuehu
huehuehue.. engga kok.. kl nyetir kalem aja.. kcuali kalo jalan kosong.. paling ya jln 80kmh doank lha.. araya to mayjen 12mnt bisa.. *pas malem lho.. kl siang mah 40mnt*
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

johnlegend wrote:
Yusaku wrote:
johnlegend wrote:wah.. kl buat ngebut di tol ato jalan yg mulus SX4 emang enakkkkkk banget.. kemudi nya mantap banget.. emang stabil.. tp kalo tiba2 kena lubang itu yg bikin dag dig dug.. sayank mobil nya..

kemudi nya emang akurat.. buat kecepatan tinggi okehhhh... perna coba di tol.. ngga kerasa.. dikirain 80km/h.. ternyata uda 120km/h.. kaga kerasa limbung sama sekali..

kl di sby ngebut mmh.. plg kalo malem di polisi istimewa sampe dr soetomo.. trus masuk indragiri.. keluar mayjen.. itu buat ngebut jalan nya masi memungkinkan.. ato kalo malem lewat a yani or raya darmo, diponegoro.. uhuk.. *ati2 polisi sih*

kalo yg jalan yg parah abis tuh di kertajaya n raya manyar.. bweh.. jamin mobil hancur..
ketahuan yang sering geber-geberan tengah malem. ati-ati orang nyebrang pak heuheuehu
huehuehue.. engga kok.. kl nyetir kalem aja.. kcuali kalo jalan kosong.. paling ya jln 80kmh doank lha.. araya to mayjen 12mnt bisa.. *pas malem lho.. kl siang mah 40mnt*
hueh cepat rek :lol: , kalo siang nyerah dech, banyak sepeda motor pucinnk apalagi sore jam pulang kantor di indragiri huehuehhue
MILL
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
Location: Kelapa Gading

Post by MILL »

johnlegend wrote:wah.. kl buat ngebut di tol ato jalan yg mulus SX4 emang enakkkkkk banget.. kemudi nya mantap banget.. emang stabil.. tp kalo tiba2 kena lubang itu yg bikin dag dig dug.. sayank mobil nya..
Loh kan calon mobil WRC....... Bejek abis......


Juni..
Juli...
....
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

wrc si wrc.. tp sayank donk.. kl kena polisi tidur aja jalan kaga sampe 10kmh.. mmh.. suspensi nya agak keras.. kl dipake di jalan mulus si enak.. tp...
sand86wich
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sun May 27, 2007 3:41

Post by sand86wich »

buat yang ambil sx4, begitu dapat langsung cek angin ban nya deh..
gw merasa suspensi kok keras banget, setelah gw cek angin ternyata angin depan 48psi !!!! belakang 46psi !!!! hebat banget kan ?
ga ngerti gimana kok bisa sampe segitu.. pickup aja ga sampe segitu.
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

kelamaan di gudang pabrik kali bro, jadi ban dikencengin biar tahan lama anginnye :-)
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

Mike wrote:*garuk2 pala*

jadi kepengen SX-4 nih....
gak nyesel deh beli SX4, jazz VTEC jadi jarang di kebut....
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

id-grand-vitara wrote:
piterr wrote:
johnlegend wrote:eh ralaattt... ternyata suspensi sx4 enakk.. tadi sempet ragu2 juga.. ternyata empuk.. tp tetep rigid..

pertama2 saya ngrasa keras itu soal nya suara kaki2 nya yg kedengeran.. jd sugesti suspensi keras muncul.. tp bis muter2 kira 50km.. ternyataaaa.. empukk.. hehehehe.. *walaupun ga seempuk livina*

trus sx4 hemat abis.. ganti gigi nya kaga kerasaa..

dari bokap, nyokap.. semua bilang dengan harga segini.. kaga rugi.. hehehe.. *seriously*

cuman pas mobil pertama dateng kudu dicek baek baekk baek baekkk.. jgn sampe kyk pengalaman gw.. bt banget..
gue punya juga udah mendarat di garasi bro.... tanpa indent soalnya kemarin pas ada satu unit azure grey dateng yang pesan gak kasih kabar setelah 3 hari... so... gue sikat aja..... SX4 MT, sengaja pilih yang manual karena coba test yang matic kalo pas kick down tarikan kurang sip perpindahan giginya... ngedrop banget dari gigi 2 ke 3 nya... ( 6500 an RPM ke 4000, berasa banget dropnya - apalagi dibandingin ama CVT nya jazz- buat yang suka performa - go manual tranny) secara overall memang puasss banget pake nih mobil..... lebih asyik dibanding jazz vtec AT 2005 gue.... untuk harga yang dibayar.... heran juga bisa dapet mobil selengkap ini di indo. ntar gue review lagi dech... soalnya belum banyak pake.... maklum nomor belum keluar.....
Gile, gigi 2 sampai 6500 RPM? nggak nggereng tuh? Sepanjang pake mobil, aku jarang banget gigi 2 sampai di atas 3500 RPM
mesin kalo di 4500RPM keatas pastilah menjerit bro... justru suara nya asyik banget waktu di rentang RPM tsb hehehe apalagi pake JAZZ yang CVT, kalo udah kick down manteng terus di 6300 RPM suara nya oke berat.... hehehe
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

johnlegend wrote:yup2.. ada yg 340jt.. 9speakers.. silver roof rail.. trus.. apa lagi yah.. hehehe.. liat di website luar negeri..
9 speakers? depan ada 2 mid dan 2 tweeter, belakang ada 2mid dan 2 tweeter. dijumlah baru 8 biji, yang satu nya ditaruh dimana bro? center spkr?
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

gubraks wrote:
conan wrote:SX4 memang ladder-frame, karena aslinya sebagai crossover AWD dirancang untuk bisa mild offroad juga.
Koreksi Bung Conan, SX4 pakai unibody kok...sharing ama swift.. nggak pake ladder:
"The chassis of the SX4 sedan evolved from the award-winning Suzuki Swift... The SX4 sedan features a rigid steel unibody underpinned by a well-controlled chassis that was fine-tuned in Europe to provide stability, crisp and responsive handling and braking, and minimal body roll".
huehehe iya bener monocoque koq, habis baca quote nya bro Conan langsung lari ke garasi ngeliat kolong mobil.... sambil senyum dalem ati bergumam: selamet selamet.... kagak jadi depet ladder frame.... khan ini bukan phanter ato Fortuner ya hehehehe
User avatar
udz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed May 16, 2007 15:19

Post by udz »

johnlegend wrote:
Yusaku wrote:
johnlegend wrote:wah.. kl buat ngebut di tol ato jalan yg mulus SX4 emang enakkkkkk banget.. kemudi nya mantap banget.. emang stabil.. tp kalo tiba2 kena lubang itu yg bikin dag dig dug.. sayank mobil nya..

kemudi nya emang akurat.. buat kecepatan tinggi okehhhh... perna coba di tol.. ngga kerasa.. dikirain 80km/h.. ternyata uda 120km/h.. kaga kerasa limbung sama sekali..

kl di sby ngebut mmh.. plg kalo malem di polisi istimewa sampe dr soetomo.. trus masuk indragiri.. keluar mayjen.. itu buat ngebut jalan nya masi memungkinkan.. ato kalo malem lewat a yani or raya darmo, diponegoro.. uhuk.. *ati2 polisi sih*

kalo yg jalan yg parah abis tuh di kertajaya n raya manyar.. bweh.. jamin mobil hancur..
ketahuan yang sering geber-geberan tengah malem. ati-ati orang nyebrang pak heuheuehu
huehuehue.. engga kok.. kl nyetir kalem aja.. kcuali kalo jalan kosong.. paling ya jln 80kmh doank lha.. araya to mayjen 12mnt bisa.. *pas malem lho.. kl siang mah 40mnt*
kalo lewat kertajaya n manyar, itu bisa buat tes shock bos.
pake x-over dr araya-mayjend bisa 12mnt bos, wah2, lampu merah di trabas ae yo?