Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
Location: semarang

Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by larakifulgura »

Malam SM,

Saya sering membaca artikel tentang mengganti velg&ban mobil. Tp mayoritas hanya fokus pada ukuran yg lebih besar. Kebanyakan menyarankan naik max 2" dengan pertimbangan kenyamanan&safety. Okay saya tdk akan berdebat mengenai itu.

Karena sangat minim artikel mengenai mengganti ke ukuran velg lebih kecil dan tentu saja krn rasa penasaran sy. Apakah pertimbangan2 ketika akan menurunkan diameter velg?

Sy sempat menonton video fitra eri, tidak merekomendasikan ganti velg ukuran lebih kecil. Tp sayang tdk ada penjelasannya.

Thank you
Last edited by larakifulgura on Sat Apr 07, 2018 13:26, edited 2 times in total.
2017 Toyota Camry 2.5V
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by martinnn »

mungkin efek kegantengan menurun....
:big_biglaugh:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5717
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by sintoni »

Menurut ane ada plus minusnya sih om kalo kecilin velg:

+:
Lebih irit + respnsip untuk stop n go secara yang digelundungin lebih kecil
Beli ban lebih murah

-:
Estetika berkurang
Kestabilan mobil berkurang
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by efact »

Utk sedan.. kayanya kalo downsize ukuran velg ga pantes.. antara bannya jd tebel atau tampangnya yg jd cungkring
Tp utk suv atau jip atau sejenisnya.. banyak kok.. rata2 downsize velg supaya muat ban tebel a/t dan emang bakalan keren kalo ukurannya pass.. efek negatif.. paling jd lebi limbung aja kali ya.. positif nya.. kalo bannya tambah tebel.. logika nya makin empukk..dan ukuran velg lebi kecil dari oe spek harusnya jarak ngerem juga lebih bagus..selama ga mentok ke kaliper wkwkwkw
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
Location: semarang

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by larakifulgura »

sintoni wrote: Sat Apr 07, 2018 13:24 Menurut ane ada plus minusnya sih om kalo kecilin velg:

+:
Lebih irit + respnsip untuk stop n go secara yang digelundungin lebih kecil
Beli ban lebih murah

-:
Estetika berkurang
Kestabilan mobil berkurang
+:
Lebih irit?
Radius putar lebih minim asal diameter ban lebih kecil?
Lebih empuk asal ban lebih tebal dari aslinya
Ceper ala kere hore?

-:
Estetika :(
Stability berkurang tp mngkn tdk masalah seandainya pny lebar ban yg setidaknya sama?
2017 Toyota Camry 2.5V
larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
Location: semarang

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by larakifulgura »

efact wrote: Sat Apr 07, 2018 13:28 Utk sedan.. kayanya kalo downsize ukuran velg ga pantes.. antara bannya jd tebel atau tampangnya yg jd cungkring
Tp utk suv atau jip atau sejenisnya.. banyak kok.. rata2 downsize velg supaya muat ban tebel a/t dan emang bakalan keren kalo ukurannya pass.. efek negatif.. paling jd lebi limbung aja kali ya.. positif nya.. kalo bannya tambah tebel.. logika nya makin empukk..dan ukuran velg lebi kecil dari oe spek harusnya jarak ngerem juga lebih bagus..selama ga mentok ke kaliper wkwkwkw
Kita sepemahaman :big_deal:

Cuma sy masih penasaran sama "tidak merekomendasikan". Klo fitra eri sy yakin alasannya bkn krn estetika
2017 Toyota Camry 2.5V
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2918
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by josomba »

larakifulgura wrote: Sat Apr 07, 2018 13:36
Kita sepemahaman :big_deal:

Cuma sy masih penasaran sama "tidak merekomendasikan". Klo fitra eri sy yakin alasannya bkn krn estetika
Sebenernya intinya cuman Standard/Low Profile tyres berubah menjadi High Profile Tyre kan (meninggikan tinggi dinding/sidewall). Overall Diameter harus +/- 2% soalnya (either lebih besar 2% atau ga lebih kecil 1-2% optimalnya).

https://forums.anandtech.com/threads/lo ... s.2322104/ --> Ini kalau low profile, kalau high profile tinggal "di-antonim-kan" saja

https://www.pistonheads.com/gassing/top ... 30&t=66558

https://mechanics.stackexchange.com/que ... file-tires


Kalau ngutip salah satu komentar orang:

"Caveat: all of the following information is heavily dependent on the tire construction, tread pattern, application, etc. If you care more about a particular application, you should research that specifically:

A higher profile tire will potentially affect the following factors:

Comfort: increased - you've increased the vertical air space in the tire, allowing the tire to adapt to small bumps pneumatically before they hit the suspension.

Handling: decreased - a taller, less stiff sidewall will generally reduce turn-in ability and responsiveness (i.e., in back-to-back comparison, you'll notice a distinct lag between turning the wheel and seeing the car turn).

Deep snow performance: increased - a tall thin tire is better able to dig down into a deep pile of snow than a wider shorter tire.

Speedometer reading: different - the rolling circumference between the two tires will almost certainly be different.

Regarding that last point: there are plenty of rolling circumference calculators on the web. I plugged your numbers into this one and it thinks that the difference at the highest level would be 20 millimeters of circumference. The calculator estimates that there would be a difference of about 1 kph (i.e., too small for most people to observe on a standard speedometer).

Now, considering your specific example, Tire Rack does list both of these sizes as valid choices for winter tires. Its default search does not show that size but that may be more of an assessment of their customer base than a judgment.

Using all of the above, if this was my vehicle where I live (i.e., I buy all-weather tires since deep snow is rare), I would not go with a taller tire. There are plenty of tire vendors, brands and applications available for me to select a stock size tire without sacrificing our mutual criteria (comfort for her and handling for me)."
Image
User avatar
eridek
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by eridek »

belum pernah lihat mobil pake ban 'cacing' seperti motor...
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by Duvebriliant0 »

eridek wrote: Sat Apr 07, 2018 14:27 belum pernah lihat mobil pake ban 'cacing' seperti motor...
Mobil yang make ban cadangan space saver tuh oom, sering dijalanan
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11360
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by Omnibus »

- odometer reading lebih cepat muternya dibanding jarak tempuh yg sesungguhnya (if overall dia. ban + velg lbh kecil)

- kaliper rem mentok ke bagian dalam velg

- aquaplanning bisa lbh parah
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by bismo16 »

Sx4 saya pake ban ring 15 (aslinya 16) tapi ban saya besarin ukurannya. Saya pasang ban AT karena seneng saya pake main ke jalan tanah. So far handling di aspal masih dalam toleransi, karena naiknya juga nggak banyak dari standard nya (± up 3 cm).
Cuma akselerasi lebih lemot & bbm lebih haus dikit
journeytohell
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
Location: Jkt
Daily Vehicle: Anki Q_W221

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by journeytohell »

Diameter lebih kecil maksudnya overall diameter atau hanya diameter velg??

Kalau diameter velg lebih kecil tapi overall diameter sama dengan std;

Positifnya ban lebih tebal, lebih empuk, velg lebih kecil kemungkinan grepes dan peyang apabila kena lubang, tarikan bisa jadi lebih ringan apabila lebar tapak berkurang (gaya gesek berkurang)

Negatifnya mobil jadi lebih limbung, tampilan lebih gak sporty, velg bisa mentok kaliper rem alias belum tentu muat
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5717
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by sintoni »

larakifulgura wrote: Sat Apr 07, 2018 13:33
sintoni wrote: Sat Apr 07, 2018 13:24 Menurut ane ada plus minusnya sih om kalo kecilin velg:

+:
Lebih irit + respnsip untuk stop n go secara yang digelundungin lebih kecil
Beli ban lebih murah

-:
Estetika berkurang
Kestabilan mobil berkurang
+:
Lebih irit?
Radius putar lebih minim asal diameter ban lebih kecil?
Lebih empuk asal ban lebih tebal dari aslinya
Ceper ala kere hore?

-:
Estetika :(
Stability berkurang tp mngkn tdk masalah seandainya pny lebar ban yg setidaknya sama?
Rata2 kalo diameter ring berkurang lebar jg berkurang om.

Jadi untuk ngelundunginnya lebih gampang, jadi lebih irit.

Berat kan jg berkurang dikit.
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by bismo16 »

sintoni wrote:
larakifulgura wrote: Sat Apr 07, 2018 13:33
sintoni wrote: Sat Apr 07, 2018 13:24 Menurut ane ada plus minusnya sih om kalo kecilin velg:

+:
Lebih irit + respnsip untuk stop n go secara yang digelundungin lebih kecil
Beli ban lebih murah

-:
Estetika berkurang
Kestabilan mobil berkurang
+:
Lebih irit?
Radius putar lebih minim asal diameter ban lebih kecil?
Lebih empuk asal ban lebih tebal dari aslinya
Ceper ala kere hore?

-:
Estetika :(
Stability berkurang tp mngkn tdk masalah seandainya pny lebar ban yg setidaknya sama?
Rata2 kalo diameter ring berkurang lebar jg berkurang om.

Jadi untuk ngelundunginnya lebih gampang, jadi lebih irit.

Berat kan jg berkurang dikit.
Punya saya ring dikecilkan, tapi overall diameter roda jadi lebih besar dari standard, karena ukuran & profil ban saya naikkan. Jadi ya agak boros dikit bbm nya
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by silentIm2 »

ya bisa positif dan negatif sih. faktor ukuran ban bisa pengaruh ke lebar contact patch, inersia, dan torsi tenaga roda, sehingga efeknya:

+:
respon akselerasi meningkat. berat lebih enteng tentu mengurangi inersia ban. Jarak pengereman berkurang: asumsi traksi ban gede dan kecil sama, berkurangnya inersia dapat mengurangi jarak pengereman, selama tidak ngunci bannya.
Kalo di truk roda kecil lebih enteng angkat beban.

-:
kenyamanan kurang. Di motor matic vs bebek saja terasa kok, ring 17 lebih enak hajar lubang daripada ring 14.
Contact patch Lebhlih kecil tentu mengurangi ke traksi akselerasi, lebih gampang spin dan pengereman gampang ngunci, sehingga jarak rem bertambah.
top speed berkurang. rpm lebih tinggi untuk cruising speed sehingga lebih boros.
Kapasitas beban berkurang.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
rito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Mar 12, 2012 4:28

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by rito »

Kalo menurut saya, lebih pada kemampuan maksimal ban dalam menahan bobot mobil (mobil dan isi di dalamnya). Kalo ga salah tiap ban kan ada kemampuan maksimalnya dalam menahan bobot. Jika ban nya diganti dengan yang lebih kecil, berarti kecepatan maksimal yang didukung ban menurun, kemudian maksimal menahan bobot juga turun. Jadinya bisa menurunkan angka keselamatan
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by antonyaulia »

nanti pengukuran di speedometer jadi ngaco loh kalo ga di kalibrasi ulang, di MID atau papan speedo menunjukkan 100km/jam padahal sebenere baru sampai 80km/jam.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by ChZ »

Profil sidewall lebih tebal jelas akan meningkatkan potensi body roll di jalan raya... body roll gak cuma diakibatkan oleh chassis tapi juga ban. Mungkin alasan om FE tidak merekomendasikan lebih ke ini, dan kalibrasi speedometer jadi kacau. Dengan asumsi outer diameter lebih kecil maka bacaan speedometer akan lebih lambat dibanding aslinya. Sedangkan kalo velg besar sebaliknya : bacaan speedometer lebih cepat daripada aslinya.

Meskipun sebenernya ini gak akan jadi krusial asal gak ekstrim misal turun 3 inch atau naik 3 inch lebih... kalo dari sekedar 16 ke 15 ya gak pengaruh...

Solusi klo turun size, cari yang lebar tapaknya sama...

tapi sebaliknya performa di jalan gravel justru lebih baik pake ban dengan sidewall tebal. Makanya gak ada mobil reli dengan velg besar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by octafiantos »

Taksi itu bukannya kecilin ukuran ban 1"
Kavling kosong, bisa dikridit.
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by efact »

ChZ wrote: Sun Apr 08, 2018 6:30 -cut-
Dengan asumsi outer diameter lebih kecil maka bacaan speedometer akan lebih lambat dibanding aslinya. Sedangkan kalo velg besar sebaliknya : bacaan speedometer lebih cepat daripada aslinya.
-cut-
Kebolak oom..overall diameter membesar bacaan sppedo justru jd lebih lambat karna putarannya lebih sedikit untuk stiap 1 km nya...
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by bismo16 »

efact wrote:
ChZ wrote: Sun Apr 08, 2018 6:30 -cut-
Dengan asumsi outer diameter lebih kecil maka bacaan speedometer akan lebih lambat dibanding aslinya. Sedangkan kalo velg besar sebaliknya : bacaan speedometer lebih cepat daripada aslinya.
-cut-
Kebolak oom..overall diameter membesar bacaan sppedo justru jd lebih lambat karna putarannya lebih sedikit untuk stiap 1 km nya...
Mobilnya awet muda dong [emoji16]
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by idlamahilang »

Mending dibesarin daripada dikecilin hehehe..
Pernah iseng ganti velg bawaan merc w202 yg std nya 15 dan 16 inch ke 14 inch.. Mentok di kaliper rem. Yaudah gajadi downsize.. Lagipulak keliatan jelek kalo dikecilin velgnya.
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by hehe001 »

Maaf, saya masih bingung dengan penjelasan penjelasan di thread ini. Jadi jawabannya apa hehehe
BotolKecap
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat May 06, 2017 14:22
Location: Kebumen
Daily Vehicle: HondaBoledwantufaif

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by BotolKecap »

Om momod tlg klo berkenan judul thread ini direvisi...bukan "diameter mobil" tapi "diameter roda mobil"


Klo dibaca Agak gimanaaa gitu :upss:
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by aabx »

Maaf bangkitin trit lama karena saya juga termasuk dari segelintir orang yang suka kecil2.

Kalo di saya kasusnya bukan diameter velg, tapi overall diameter ban dikecilin dari 195 60 15 ke 195 55. Alasannya karena profil 60 sangat gak sporty hehe. Ini pernah ada yang ulas juga kalau ban profil 45-55 paling optimal untuk handling. Profil 195 55 juga lebih banyak pilihan ban bagus daripada 195 60.

Yang pasti kerasa limbung berkurang. Tiap lobang lebih berasa tapi anehnya bantingan jadi agak empuk dibanding std dan pernah pake 205 55 16 (padahal sidewall lebih tebal 16), pengaruh bobot ban+velg kah?

Saya juga penasaran sama perhitungan mobil2 issom sentul biasanya yang kelas hatchback 1500 macam jazz yaris yang standarnya ring 16 diameter total yang dipake balap jauh lebih kecil dari oem nya (bahkan oem 15 nya masih lebih besar). Hampir semua pake profil 195 50 15. Apa ngincer bobot + sidewall tipis, ban yang tersedia, atau gimana dengan perhitungan rasio gigi dll