Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
- Location: semarang
Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Malam SM,
Saya sering membaca artikel tentang mengganti velg&ban mobil. Tp mayoritas hanya fokus pada ukuran yg lebih besar. Kebanyakan menyarankan naik max 2" dengan pertimbangan kenyamanan&safety. Okay saya tdk akan berdebat mengenai itu.
Karena sangat minim artikel mengenai mengganti ke ukuran velg lebih kecil dan tentu saja krn rasa penasaran sy. Apakah pertimbangan2 ketika akan menurunkan diameter velg?
Sy sempat menonton video fitra eri, tidak merekomendasikan ganti velg ukuran lebih kecil. Tp sayang tdk ada penjelasannya.
Thank you
Saya sering membaca artikel tentang mengganti velg&ban mobil. Tp mayoritas hanya fokus pada ukuran yg lebih besar. Kebanyakan menyarankan naik max 2" dengan pertimbangan kenyamanan&safety. Okay saya tdk akan berdebat mengenai itu.
Karena sangat minim artikel mengenai mengganti ke ukuran velg lebih kecil dan tentu saja krn rasa penasaran sy. Apakah pertimbangan2 ketika akan menurunkan diameter velg?
Sy sempat menonton video fitra eri, tidak merekomendasikan ganti velg ukuran lebih kecil. Tp sayang tdk ada penjelasannya.
Thank you
Last edited by larakifulgura on Sat Apr 07, 2018 13:26, edited 2 times in total.
2017 Toyota Camry 2.5V
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Menurut ane ada plus minusnya sih om kalo kecilin velg:
+:
Lebih irit + respnsip untuk stop n go secara yang digelundungin lebih kecil
Beli ban lebih murah
-:
Estetika berkurang
Kestabilan mobil berkurang
+:
Lebih irit + respnsip untuk stop n go secara yang digelundungin lebih kecil
Beli ban lebih murah
-:
Estetika berkurang
Kestabilan mobil berkurang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Utk sedan.. kayanya kalo downsize ukuran velg ga pantes.. antara bannya jd tebel atau tampangnya yg jd cungkring
Tp utk suv atau jip atau sejenisnya.. banyak kok.. rata2 downsize velg supaya muat ban tebel a/t dan emang bakalan keren kalo ukurannya pass.. efek negatif.. paling jd lebi limbung aja kali ya.. positif nya.. kalo bannya tambah tebel.. logika nya makin empukk..dan ukuran velg lebi kecil dari oe spek harusnya jarak ngerem juga lebih bagus..selama ga mentok ke kaliper wkwkwkw
Tp utk suv atau jip atau sejenisnya.. banyak kok.. rata2 downsize velg supaya muat ban tebel a/t dan emang bakalan keren kalo ukurannya pass.. efek negatif.. paling jd lebi limbung aja kali ya.. positif nya.. kalo bannya tambah tebel.. logika nya makin empukk..dan ukuran velg lebi kecil dari oe spek harusnya jarak ngerem juga lebih bagus..selama ga mentok ke kaliper wkwkwkw
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
- Location: semarang
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
+:sintoni wrote: Sat Apr 07, 2018 13:24 Menurut ane ada plus minusnya sih om kalo kecilin velg:
+:
Lebih irit + respnsip untuk stop n go secara yang digelundungin lebih kecil
Beli ban lebih murah
-:
Estetika berkurang
Kestabilan mobil berkurang
Lebih irit?
Radius putar lebih minim asal diameter ban lebih kecil?
Lebih empuk asal ban lebih tebal dari aslinya
Ceper ala kere hore?
-:
Estetika

Stability berkurang tp mngkn tdk masalah seandainya pny lebar ban yg setidaknya sama?
2017 Toyota Camry 2.5V
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
- Location: semarang
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Kita sepemahamanefact wrote: Sat Apr 07, 2018 13:28 Utk sedan.. kayanya kalo downsize ukuran velg ga pantes.. antara bannya jd tebel atau tampangnya yg jd cungkring
Tp utk suv atau jip atau sejenisnya.. banyak kok.. rata2 downsize velg supaya muat ban tebel a/t dan emang bakalan keren kalo ukurannya pass.. efek negatif.. paling jd lebi limbung aja kali ya.. positif nya.. kalo bannya tambah tebel.. logika nya makin empukk..dan ukuran velg lebi kecil dari oe spek harusnya jarak ngerem juga lebih bagus..selama ga mentok ke kaliper wkwkwkw

Cuma sy masih penasaran sama "tidak merekomendasikan". Klo fitra eri sy yakin alasannya bkn krn estetika
2017 Toyota Camry 2.5V
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Sebenernya intinya cuman Standard/Low Profile tyres berubah menjadi High Profile Tyre kan (meninggikan tinggi dinding/sidewall). Overall Diameter harus +/- 2% soalnya (either lebih besar 2% atau ga lebih kecil 1-2% optimalnya).larakifulgura wrote: Sat Apr 07, 2018 13:36
Kita sepemahaman
Cuma sy masih penasaran sama "tidak merekomendasikan". Klo fitra eri sy yakin alasannya bkn krn estetika
https://forums.anandtech.com/threads/lo ... s.2322104/ --> Ini kalau low profile, kalau high profile tinggal "di-antonim-kan" saja
https://www.pistonheads.com/gassing/top ... 30&t=66558
https://mechanics.stackexchange.com/que ... file-tires
Kalau ngutip salah satu komentar orang:
"Caveat: all of the following information is heavily dependent on the tire construction, tread pattern, application, etc. If you care more about a particular application, you should research that specifically:
A higher profile tire will potentially affect the following factors:
Comfort: increased - you've increased the vertical air space in the tire, allowing the tire to adapt to small bumps pneumatically before they hit the suspension.
Handling: decreased - a taller, less stiff sidewall will generally reduce turn-in ability and responsiveness (i.e., in back-to-back comparison, you'll notice a distinct lag between turning the wheel and seeing the car turn).
Deep snow performance: increased - a tall thin tire is better able to dig down into a deep pile of snow than a wider shorter tire.
Speedometer reading: different - the rolling circumference between the two tires will almost certainly be different.
Regarding that last point: there are plenty of rolling circumference calculators on the web. I plugged your numbers into this one and it thinks that the difference at the highest level would be 20 millimeters of circumference. The calculator estimates that there would be a difference of about 1 kph (i.e., too small for most people to observe on a standard speedometer).
Now, considering your specific example, Tire Rack does list both of these sizes as valid choices for winter tires. Its default search does not show that size but that may be more of an assessment of their customer base than a judgment.
Using all of the above, if this was my vehicle where I live (i.e., I buy all-weather tires since deep snow is rare), I would not go with a taller tire. There are plenty of tire vendors, brands and applications available for me to select a stock size tire without sacrificing our mutual criteria (comfort for her and handling for me)."

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
belum pernah lihat mobil pake ban 'cacing' seperti motor...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Mobil yang make ban cadangan space saver tuh oom, sering dijalanan
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
- odometer reading lebih cepat muternya dibanding jarak tempuh yg sesungguhnya (if overall dia. ban + velg lbh kecil)
- kaliper rem mentok ke bagian dalam velg
- aquaplanning bisa lbh parah
- kaliper rem mentok ke bagian dalam velg
- aquaplanning bisa lbh parah
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Sx4 saya pake ban ring 15 (aslinya 16) tapi ban saya besarin ukurannya. Saya pasang ban AT karena seneng saya pake main ke jalan tanah. So far handling di aspal masih dalam toleransi, karena naiknya juga nggak banyak dari standard nya (± up 3 cm).
Cuma akselerasi lebih lemot & bbm lebih haus dikit
Cuma akselerasi lebih lemot & bbm lebih haus dikit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 136
- Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: Anki Q_W221
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Diameter lebih kecil maksudnya overall diameter atau hanya diameter velg??
Kalau diameter velg lebih kecil tapi overall diameter sama dengan std;
Positifnya ban lebih tebal, lebih empuk, velg lebih kecil kemungkinan grepes dan peyang apabila kena lubang, tarikan bisa jadi lebih ringan apabila lebar tapak berkurang (gaya gesek berkurang)
Negatifnya mobil jadi lebih limbung, tampilan lebih gak sporty, velg bisa mentok kaliper rem alias belum tentu muat
Kalau diameter velg lebih kecil tapi overall diameter sama dengan std;
Positifnya ban lebih tebal, lebih empuk, velg lebih kecil kemungkinan grepes dan peyang apabila kena lubang, tarikan bisa jadi lebih ringan apabila lebar tapak berkurang (gaya gesek berkurang)
Negatifnya mobil jadi lebih limbung, tampilan lebih gak sporty, velg bisa mentok kaliper rem alias belum tentu muat
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Rata2 kalo diameter ring berkurang lebar jg berkurang om.larakifulgura wrote: Sat Apr 07, 2018 13:33+:sintoni wrote: Sat Apr 07, 2018 13:24 Menurut ane ada plus minusnya sih om kalo kecilin velg:
+:
Lebih irit + respnsip untuk stop n go secara yang digelundungin lebih kecil
Beli ban lebih murah
-:
Estetika berkurang
Kestabilan mobil berkurang
Lebih irit?
Radius putar lebih minim asal diameter ban lebih kecil?
Lebih empuk asal ban lebih tebal dari aslinya
Ceper ala kere hore?
-:
Estetika
Stability berkurang tp mngkn tdk masalah seandainya pny lebar ban yg setidaknya sama?
Jadi untuk ngelundunginnya lebih gampang, jadi lebih irit.
Berat kan jg berkurang dikit.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Punya saya ring dikecilkan, tapi overall diameter roda jadi lebih besar dari standard, karena ukuran & profil ban saya naikkan. Jadi ya agak boros dikit bbm nyasintoni wrote:Rata2 kalo diameter ring berkurang lebar jg berkurang om.larakifulgura wrote: Sat Apr 07, 2018 13:33+:sintoni wrote: Sat Apr 07, 2018 13:24 Menurut ane ada plus minusnya sih om kalo kecilin velg:
+:
Lebih irit + respnsip untuk stop n go secara yang digelundungin lebih kecil
Beli ban lebih murah
-:
Estetika berkurang
Kestabilan mobil berkurang
Lebih irit?
Radius putar lebih minim asal diameter ban lebih kecil?
Lebih empuk asal ban lebih tebal dari aslinya
Ceper ala kere hore?
-:
Estetika
Stability berkurang tp mngkn tdk masalah seandainya pny lebar ban yg setidaknya sama?
Jadi untuk ngelundunginnya lebih gampang, jadi lebih irit.
Berat kan jg berkurang dikit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
ya bisa positif dan negatif sih. faktor ukuran ban bisa pengaruh ke lebar contact patch, inersia, dan torsi tenaga roda, sehingga efeknya:
+:
respon akselerasi meningkat. berat lebih enteng tentu mengurangi inersia ban. Jarak pengereman berkurang: asumsi traksi ban gede dan kecil sama, berkurangnya inersia dapat mengurangi jarak pengereman, selama tidak ngunci bannya.
Kalo di truk roda kecil lebih enteng angkat beban.
-:
kenyamanan kurang. Di motor matic vs bebek saja terasa kok, ring 17 lebih enak hajar lubang daripada ring 14.
Contact patch Lebhlih kecil tentu mengurangi ke traksi akselerasi, lebih gampang spin dan pengereman gampang ngunci, sehingga jarak rem bertambah.
top speed berkurang. rpm lebih tinggi untuk cruising speed sehingga lebih boros.
Kapasitas beban berkurang.
+:
respon akselerasi meningkat. berat lebih enteng tentu mengurangi inersia ban. Jarak pengereman berkurang: asumsi traksi ban gede dan kecil sama, berkurangnya inersia dapat mengurangi jarak pengereman, selama tidak ngunci bannya.
Kalo di truk roda kecil lebih enteng angkat beban.
-:
kenyamanan kurang. Di motor matic vs bebek saja terasa kok, ring 17 lebih enak hajar lubang daripada ring 14.
Contact patch Lebhlih kecil tentu mengurangi ke traksi akselerasi, lebih gampang spin dan pengereman gampang ngunci, sehingga jarak rem bertambah.
top speed berkurang. rpm lebih tinggi untuk cruising speed sehingga lebih boros.
Kapasitas beban berkurang.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Mon Mar 12, 2012 4:28
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Kalo menurut saya, lebih pada kemampuan maksimal ban dalam menahan bobot mobil (mobil dan isi di dalamnya). Kalo ga salah tiap ban kan ada kemampuan maksimalnya dalam menahan bobot. Jika ban nya diganti dengan yang lebih kecil, berarti kecepatan maksimal yang didukung ban menurun, kemudian maksimal menahan bobot juga turun. Jadinya bisa menurunkan angka keselamatan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
- Location: Solo
- Daily Vehicle: GerobakPerang
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
nanti pengukuran di speedometer jadi ngaco loh kalo ga di kalibrasi ulang, di MID atau papan speedo menunjukkan 100km/jam padahal sebenere baru sampai 80km/jam.
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Profil sidewall lebih tebal jelas akan meningkatkan potensi body roll di jalan raya... body roll gak cuma diakibatkan oleh chassis tapi juga ban. Mungkin alasan om FE tidak merekomendasikan lebih ke ini, dan kalibrasi speedometer jadi kacau. Dengan asumsi outer diameter lebih kecil maka bacaan speedometer akan lebih lambat dibanding aslinya. Sedangkan kalo velg besar sebaliknya : bacaan speedometer lebih cepat daripada aslinya.
Meskipun sebenernya ini gak akan jadi krusial asal gak ekstrim misal turun 3 inch atau naik 3 inch lebih... kalo dari sekedar 16 ke 15 ya gak pengaruh...
Solusi klo turun size, cari yang lebar tapaknya sama...
tapi sebaliknya performa di jalan gravel justru lebih baik pake ban dengan sidewall tebal. Makanya gak ada mobil reli dengan velg besar.
Meskipun sebenernya ini gak akan jadi krusial asal gak ekstrim misal turun 3 inch atau naik 3 inch lebih... kalo dari sekedar 16 ke 15 ya gak pengaruh...
Solusi klo turun size, cari yang lebar tapaknya sama...
tapi sebaliknya performa di jalan gravel justru lebih baik pake ban dengan sidewall tebal. Makanya gak ada mobil reli dengan velg besar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Taksi itu bukannya kecilin ukuran ban 1"
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Kebolak oom..overall diameter membesar bacaan sppedo justru jd lebih lambat karna putarannya lebih sedikit untuk stiap 1 km nya...ChZ wrote: Sun Apr 08, 2018 6:30 -cut-
Dengan asumsi outer diameter lebih kecil maka bacaan speedometer akan lebih lambat dibanding aslinya. Sedangkan kalo velg besar sebaliknya : bacaan speedometer lebih cepat daripada aslinya.
-cut-
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Mobilnya awet muda dong [emoji16]efact wrote:Kebolak oom..overall diameter membesar bacaan sppedo justru jd lebih lambat karna putarannya lebih sedikit untuk stiap 1 km nya...ChZ wrote: Sun Apr 08, 2018 6:30 -cut-
Dengan asumsi outer diameter lebih kecil maka bacaan speedometer akan lebih lambat dibanding aslinya. Sedangkan kalo velg besar sebaliknya : bacaan speedometer lebih cepat daripada aslinya.
-cut-
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Mending dibesarin daripada dikecilin hehehe..
Pernah iseng ganti velg bawaan merc w202 yg std nya 15 dan 16 inch ke 14 inch.. Mentok di kaliper rem. Yaudah gajadi downsize.. Lagipulak keliatan jelek kalo dikecilin velgnya.
Pernah iseng ganti velg bawaan merc w202 yg std nya 15 dan 16 inch ke 14 inch.. Mentok di kaliper rem. Yaudah gajadi downsize.. Lagipulak keliatan jelek kalo dikecilin velgnya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Maaf, saya masih bingung dengan penjelasan penjelasan di thread ini. Jadi jawabannya apa hehehe
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sat May 06, 2017 14:22
- Location: Kebumen
- Daily Vehicle: HondaBoledwantufaif
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Om momod tlg klo berkenan judul thread ini direvisi...bukan "diameter mobil" tapi "diameter roda mobil"
Klo dibaca Agak gimanaaa gitu
Klo dibaca Agak gimanaaa gitu

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil
Maaf bangkitin trit lama karena saya juga termasuk dari segelintir orang yang suka kecil2.
Kalo di saya kasusnya bukan diameter velg, tapi overall diameter ban dikecilin dari 195 60 15 ke 195 55. Alasannya karena profil 60 sangat gak sporty hehe. Ini pernah ada yang ulas juga kalau ban profil 45-55 paling optimal untuk handling. Profil 195 55 juga lebih banyak pilihan ban bagus daripada 195 60.
Yang pasti kerasa limbung berkurang. Tiap lobang lebih berasa tapi anehnya bantingan jadi agak empuk dibanding std dan pernah pake 205 55 16 (padahal sidewall lebih tebal 16), pengaruh bobot ban+velg kah?
Saya juga penasaran sama perhitungan mobil2 issom sentul biasanya yang kelas hatchback 1500 macam jazz yaris yang standarnya ring 16 diameter total yang dipake balap jauh lebih kecil dari oem nya (bahkan oem 15 nya masih lebih besar). Hampir semua pake profil 195 50 15. Apa ngincer bobot + sidewall tipis, ban yang tersedia, atau gimana dengan perhitungan rasio gigi dll
Kalo di saya kasusnya bukan diameter velg, tapi overall diameter ban dikecilin dari 195 60 15 ke 195 55. Alasannya karena profil 60 sangat gak sporty hehe. Ini pernah ada yang ulas juga kalau ban profil 45-55 paling optimal untuk handling. Profil 195 55 juga lebih banyak pilihan ban bagus daripada 195 60.
Yang pasti kerasa limbung berkurang. Tiap lobang lebih berasa tapi anehnya bantingan jadi agak empuk dibanding std dan pernah pake 205 55 16 (padahal sidewall lebih tebal 16), pengaruh bobot ban+velg kah?
Saya juga penasaran sama perhitungan mobil2 issom sentul biasanya yang kelas hatchback 1500 macam jazz yaris yang standarnya ring 16 diameter total yang dipake balap jauh lebih kecil dari oem nya (bahkan oem 15 nya masih lebih besar). Hampir semua pake profil 195 50 15. Apa ngincer bobot + sidewall tipis, ban yang tersedia, atau gimana dengan perhitungan rasio gigi dll