Started from this thread, viewtopic.php?f=64&t=27136
Akhirnya dipilihlah New Tucson GLS A/T lansiran 2012 dengan Kilometer 83.[cencored]
And as I promised on that thread, here is the review*
*)Disclaimer: All said here is purely subjective opinion of mine, others might experience different on this car.
Sejujurnya pilih opsi ini tanpa test drive mendalam, cuma sekedar keliling parkiran ruko.. dan sebelumnya sangat jarang punya pengalaman dengan mobil korea.. tp karena mayoritas temen2 di seraya menyarankan pilih ini daripada OGL, so here it is..
---
INTERIOR
Pengalaman pertama mendalam dengan mobil ini saat ambil dari tempat lamanya.. daerah jakarta timur dan langsung menuju ke kantor cabang di alam sutera untuk pengurusan administrasi C.O.P
AC-nya sepertinya kurang mumpuni (angin untuk mendinginkan kabin yang saat itu sedang panas - panasnya (Jam 11 SIang) ditambah jalanan merayap
Turns out that memang ac-nya suka bermasalah klo jalannya merayap.. something to do with magnetic parts in the ac system..
Tapi as soon as The Tucson Touch down di tol yang cukup lenggang, semburan ac jadi seakan makin kenceng dan makin dingin.. Anehh..

Nothing special with the dash.. hard plastic everywhere, warnanya yang coklat dan mengkilap cukup menggangu klo jalan siang2 terik..
tapi doortrim-nya lumayan.. karena ada sedikit sentuhan softpad disana, dimana klo dijadikan sendrean tangan sambil nyetir cukup nyaman.. tapi jaraknya yang cukup jauh bikin saya enggan nyenderin tangan disana (Atau mungkin saya terbiasa dengan doortrim gogon yang "sangat" dekat ya?)
Headroom, Legroom, and other room is soooooo satisfying..

Oh iya, pedal gas-nya model mobil eropa yang nempel di lantai, bukan ngegantung.. Niceeee...

EKSTERIOR
Komentar temen kantor ane (cewe) waktu pertama kali liat, "Kok kayak mazda tipe yang suv itu yah?"

Well tampilan samping ke belakangnya memang cukup mirip sama si CX5, entah siapa yang mereferensi siapa..
yang jelas, naik si Tucson ini beda experience-nya sama naik si Gogon.. well, at least security di tempat kopi langganan yang biasanya jutek pada saat bukain portal (mungkin karena ngeliat kaleng biskuit khong guan dipakein roda) klo saya mau masuk, berubah jadi sangat ramah sambil senyum dan melontarkan kalimat khas, "Bossss"

KAKI KAKI & HANDLING
Luckily, unit ini masih cukup sehat untuk mobil dengan umur yang sudah memasuki 6 tahun, ga ada masalah sama sekali melewati tambalan aspal atau lubang di sepanjang jalan, sedikit yang jadi catatan adalah ada sensasi diaduk2 di dalam mobil klo jalanan bumpy-nya nanggung, yang kalau dianalisa sepertinya karena jika travel shocknya pendek2, maka rebound si shock cepet.
Namun jika travel shock cukup panjang, seperti ngelewatin poldur nanggung tanpa rem tanpa gas dengan kecepatan sktr 20kpj, maka reboundnya ga secepat itu.. Anehh lagi..
Handlingnya so - so.. ga seperti GOLF TSI yang ban-nya serasa dilumuri lem aica aibon yang bikin serasa lengket banget di jalan..
Juga tidak seperti my ex daily driven, GOGON R yang klo belok tiba2 saat menghindari lubang, serasa hampir terbalik itu mobil, Temen konvoi Gogon aja pernah ngmg dia shock waktu liat si GOgon bermanuver menghindari lubang..
ENGINE
What can I say? biasanya manual 1.000cc jadi matic 2.000cc
Belum terbiasa sama feeling pedal gas-nya cukup sukses bikin istri dan anak2 yg duduknya ga senderan, langsung terhempas ke jok..

The Gas is so responsive, dan penambahan injakan di pedal gas sangat detail (respon rpm-nya berasa walaupun gas diinjak sedikit banget), and it's totally different from Gogon yang gasnya berasa kopong dan bahkan lebih kopong lagi si calya matic operasional kantor..
Tadi siang baru selesai flushing ATF + Ganti Oli Mesin Gulf 5w - 30, dan hasilnya jadi semakin enak.. respon gas jadi lebih smooth meanwhile tarikan juga makin berisi..
Konsumsi bensin dalkot with 50% portion of traffic, ada di 1L:8km-9km which is buat saya itu belum bisa dibilang boros (OGL ane & Veloz cenggo kantor juga cuma di 1:10), sedangkan di Tol, dengan mudah mencapai angka 1:12
Berapapun passenger yang diangkut (with or without AC), sepertinya ga bikin tenaga mesin berkurang, beda banget sama LCGC di pasaran yang begitu diisi 4 orang penuh dan nyalain AC, langsung berasa kurang.

One thing i like from the engine is, the sound.. saat kita jalan santai, suaranya sperti biasa.. mesin 4 silinder seperti mobil lainnya.. Tapi pada saat pedal to the metal, whoaaaaaaaaaa......

tapi lagi - lagi, entah karena terbiasa sama suara mesin si Gogon yang cuma 3cyl economic engine, atau karena memang suara mesin si tucson yang sangat enak didengar..
FINAL WORDS...
Mobil ini ENAK! tapi mungkin saja karena saya yang sehari - hari naik LCGC jadi begitu naik si Tucson ini berasa enak..
Dengan potongan cukup besar yang saya dapat, mobil ini worthed banget.. tapi walaupun saya beli di harga normal pasarannya, saya masih bisa bilang mobil ini layak dibeli.. with around 130mio, anda akan dapat ABS - Single airbag safety features, responsive 2.0L engine, spacious and silent cabin, and good looking car
Thanks all for reading, any critics and discussion are welcomed..