Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17
Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Good Day All,
Started from this thread, viewtopic.php?f=64&t=27136
Akhirnya dipilihlah New Tucson GLS A/T lansiran 2012 dengan Kilometer 83.[cencored]
And as I promised on that thread, here is the review*
*)Disclaimer: All said here is purely subjective opinion of mine, others might experience different on this car.
Sejujurnya pilih opsi ini tanpa test drive mendalam, cuma sekedar keliling parkiran ruko.. dan sebelumnya sangat jarang punya pengalaman dengan mobil korea.. tp karena mayoritas temen2 di seraya menyarankan pilih ini daripada OGL, so here it is..
---
INTERIOR
Pengalaman pertama mendalam dengan mobil ini saat ambil dari tempat lamanya.. daerah jakarta timur dan langsung menuju ke kantor cabang di alam sutera untuk pengurusan administrasi C.O.P
AC-nya sepertinya kurang mumpuni (angin untuk mendinginkan kabin yang saat itu sedang panas - panasnya (Jam 11 SIang) ditambah jalanan merayap
Turns out that memang ac-nya suka bermasalah klo jalannya merayap.. something to do with magnetic parts in the ac system..
Tapi as soon as The Tucson Touch down di tol yang cukup lenggang, semburan ac jadi seakan makin kenceng dan makin dingin.. Anehh..
Nothing special with the dash.. hard plastic everywhere, warnanya yang coklat dan mengkilap cukup menggangu klo jalan siang2 terik..
tapi doortrim-nya lumayan.. karena ada sedikit sentuhan softpad disana, dimana klo dijadikan sendrean tangan sambil nyetir cukup nyaman.. tapi jaraknya yang cukup jauh bikin saya enggan nyenderin tangan disana (Atau mungkin saya terbiasa dengan doortrim gogon yang "sangat" dekat ya?)
Headroom, Legroom, and other room is soooooo satisfying.. No complain on this section.. also the NVH in the cabin, entah karena terbiasa sama Gogon yang kabinnya cukup bersuara, atau karena memang ini mobil cukup kedap yah..
Oh iya, pedal gas-nya model mobil eropa yang nempel di lantai, bukan ngegantung.. Niceeee...
EKSTERIOR
Komentar temen kantor ane (cewe) waktu pertama kali liat, "Kok kayak mazda tipe yang suv itu yah?"
Well tampilan samping ke belakangnya memang cukup mirip sama si CX5, entah siapa yang mereferensi siapa..
yang jelas, naik si Tucson ini beda experience-nya sama naik si Gogon.. well, at least security di tempat kopi langganan yang biasanya jutek pada saat bukain portal (mungkin karena ngeliat kaleng biskuit khong guan dipakein roda) klo saya mau masuk, berubah jadi sangat ramah sambil senyum dan melontarkan kalimat khas, "Bossss"
KAKI KAKI & HANDLING
Luckily, unit ini masih cukup sehat untuk mobil dengan umur yang sudah memasuki 6 tahun, ga ada masalah sama sekali melewati tambalan aspal atau lubang di sepanjang jalan, sedikit yang jadi catatan adalah ada sensasi diaduk2 di dalam mobil klo jalanan bumpy-nya nanggung, yang kalau dianalisa sepertinya karena jika travel shocknya pendek2, maka rebound si shock cepet.
Namun jika travel shock cukup panjang, seperti ngelewatin poldur nanggung tanpa rem tanpa gas dengan kecepatan sktr 20kpj, maka reboundnya ga secepat itu.. Anehh lagi..
Handlingnya so - so.. ga seperti GOLF TSI yang ban-nya serasa dilumuri lem aica aibon yang bikin serasa lengket banget di jalan..
Juga tidak seperti my ex daily driven, GOGON R yang klo belok tiba2 saat menghindari lubang, serasa hampir terbalik itu mobil, Temen konvoi Gogon aja pernah ngmg dia shock waktu liat si GOgon bermanuver menghindari lubang..
ENGINE
What can I say? biasanya manual 1.000cc jadi matic 2.000cc
Belum terbiasa sama feeling pedal gas-nya cukup sukses bikin istri dan anak2 yg duduknya ga senderan, langsung terhempas ke jok..
The Gas is so responsive, dan penambahan injakan di pedal gas sangat detail (respon rpm-nya berasa walaupun gas diinjak sedikit banget), and it's totally different from Gogon yang gasnya berasa kopong dan bahkan lebih kopong lagi si calya matic operasional kantor..
Tadi siang baru selesai flushing ATF + Ganti Oli Mesin Gulf 5w - 30, dan hasilnya jadi semakin enak.. respon gas jadi lebih smooth meanwhile tarikan juga makin berisi..
Konsumsi bensin dalkot with 50% portion of traffic, ada di 1L:8km-9km which is buat saya itu belum bisa dibilang boros (OGL ane & Veloz cenggo kantor juga cuma di 1:10), sedangkan di Tol, dengan mudah mencapai angka 1:12
Berapapun passenger yang diangkut (with or without AC), sepertinya ga bikin tenaga mesin berkurang, beda banget sama LCGC di pasaran yang begitu diisi 4 orang penuh dan nyalain AC, langsung berasa kurang.
One thing i like from the engine is, the sound.. saat kita jalan santai, suaranya sperti biasa.. mesin 4 silinder seperti mobil lainnya.. Tapi pada saat pedal to the metal, whoaaaaaaaaaa......
tapi lagi - lagi, entah karena terbiasa sama suara mesin si Gogon yang cuma 3cyl economic engine, atau karena memang suara mesin si tucson yang sangat enak didengar..
FINAL WORDS...
Mobil ini ENAK! tapi mungkin saja karena saya yang sehari - hari naik LCGC jadi begitu naik si Tucson ini berasa enak..
Dengan potongan cukup besar yang saya dapat, mobil ini worthed banget.. tapi walaupun saya beli di harga normal pasarannya, saya masih bisa bilang mobil ini layak dibeli.. with around 130mio, anda akan dapat ABS - Single airbag safety features, responsive 2.0L engine, spacious and silent cabin, and good looking car
Thanks all for reading, any critics and discussion are welcomed..
Started from this thread, viewtopic.php?f=64&t=27136
Akhirnya dipilihlah New Tucson GLS A/T lansiran 2012 dengan Kilometer 83.[cencored]
And as I promised on that thread, here is the review*
*)Disclaimer: All said here is purely subjective opinion of mine, others might experience different on this car.
Sejujurnya pilih opsi ini tanpa test drive mendalam, cuma sekedar keliling parkiran ruko.. dan sebelumnya sangat jarang punya pengalaman dengan mobil korea.. tp karena mayoritas temen2 di seraya menyarankan pilih ini daripada OGL, so here it is..
---
INTERIOR
Pengalaman pertama mendalam dengan mobil ini saat ambil dari tempat lamanya.. daerah jakarta timur dan langsung menuju ke kantor cabang di alam sutera untuk pengurusan administrasi C.O.P
AC-nya sepertinya kurang mumpuni (angin untuk mendinginkan kabin yang saat itu sedang panas - panasnya (Jam 11 SIang) ditambah jalanan merayap
Turns out that memang ac-nya suka bermasalah klo jalannya merayap.. something to do with magnetic parts in the ac system..
Tapi as soon as The Tucson Touch down di tol yang cukup lenggang, semburan ac jadi seakan makin kenceng dan makin dingin.. Anehh..
Nothing special with the dash.. hard plastic everywhere, warnanya yang coklat dan mengkilap cukup menggangu klo jalan siang2 terik..
tapi doortrim-nya lumayan.. karena ada sedikit sentuhan softpad disana, dimana klo dijadikan sendrean tangan sambil nyetir cukup nyaman.. tapi jaraknya yang cukup jauh bikin saya enggan nyenderin tangan disana (Atau mungkin saya terbiasa dengan doortrim gogon yang "sangat" dekat ya?)
Headroom, Legroom, and other room is soooooo satisfying.. No complain on this section.. also the NVH in the cabin, entah karena terbiasa sama Gogon yang kabinnya cukup bersuara, atau karena memang ini mobil cukup kedap yah..
Oh iya, pedal gas-nya model mobil eropa yang nempel di lantai, bukan ngegantung.. Niceeee...
EKSTERIOR
Komentar temen kantor ane (cewe) waktu pertama kali liat, "Kok kayak mazda tipe yang suv itu yah?"
Well tampilan samping ke belakangnya memang cukup mirip sama si CX5, entah siapa yang mereferensi siapa..
yang jelas, naik si Tucson ini beda experience-nya sama naik si Gogon.. well, at least security di tempat kopi langganan yang biasanya jutek pada saat bukain portal (mungkin karena ngeliat kaleng biskuit khong guan dipakein roda) klo saya mau masuk, berubah jadi sangat ramah sambil senyum dan melontarkan kalimat khas, "Bossss"
KAKI KAKI & HANDLING
Luckily, unit ini masih cukup sehat untuk mobil dengan umur yang sudah memasuki 6 tahun, ga ada masalah sama sekali melewati tambalan aspal atau lubang di sepanjang jalan, sedikit yang jadi catatan adalah ada sensasi diaduk2 di dalam mobil klo jalanan bumpy-nya nanggung, yang kalau dianalisa sepertinya karena jika travel shocknya pendek2, maka rebound si shock cepet.
Namun jika travel shock cukup panjang, seperti ngelewatin poldur nanggung tanpa rem tanpa gas dengan kecepatan sktr 20kpj, maka reboundnya ga secepat itu.. Anehh lagi..
Handlingnya so - so.. ga seperti GOLF TSI yang ban-nya serasa dilumuri lem aica aibon yang bikin serasa lengket banget di jalan..
Juga tidak seperti my ex daily driven, GOGON R yang klo belok tiba2 saat menghindari lubang, serasa hampir terbalik itu mobil, Temen konvoi Gogon aja pernah ngmg dia shock waktu liat si GOgon bermanuver menghindari lubang..
ENGINE
What can I say? biasanya manual 1.000cc jadi matic 2.000cc
Belum terbiasa sama feeling pedal gas-nya cukup sukses bikin istri dan anak2 yg duduknya ga senderan, langsung terhempas ke jok..
The Gas is so responsive, dan penambahan injakan di pedal gas sangat detail (respon rpm-nya berasa walaupun gas diinjak sedikit banget), and it's totally different from Gogon yang gasnya berasa kopong dan bahkan lebih kopong lagi si calya matic operasional kantor..
Tadi siang baru selesai flushing ATF + Ganti Oli Mesin Gulf 5w - 30, dan hasilnya jadi semakin enak.. respon gas jadi lebih smooth meanwhile tarikan juga makin berisi..
Konsumsi bensin dalkot with 50% portion of traffic, ada di 1L:8km-9km which is buat saya itu belum bisa dibilang boros (OGL ane & Veloz cenggo kantor juga cuma di 1:10), sedangkan di Tol, dengan mudah mencapai angka 1:12
Berapapun passenger yang diangkut (with or without AC), sepertinya ga bikin tenaga mesin berkurang, beda banget sama LCGC di pasaran yang begitu diisi 4 orang penuh dan nyalain AC, langsung berasa kurang.
One thing i like from the engine is, the sound.. saat kita jalan santai, suaranya sperti biasa.. mesin 4 silinder seperti mobil lainnya.. Tapi pada saat pedal to the metal, whoaaaaaaaaaa......
tapi lagi - lagi, entah karena terbiasa sama suara mesin si Gogon yang cuma 3cyl economic engine, atau karena memang suara mesin si tucson yang sangat enak didengar..
FINAL WORDS...
Mobil ini ENAK! tapi mungkin saja karena saya yang sehari - hari naik LCGC jadi begitu naik si Tucson ini berasa enak..
Dengan potongan cukup besar yang saya dapat, mobil ini worthed banget.. tapi walaupun saya beli di harga normal pasarannya, saya masih bisa bilang mobil ini layak dibeli.. with around 130mio, anda akan dapat ABS - Single airbag safety features, responsive 2.0L engine, spacious and silent cabin, and good looking car
Thanks all for reading, any critics and discussion are welcomed..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Oh iya, Om Vulvy sempet nanyain soal Damage Cost
Well, jajan pertama adalah Oli Mesin + Oli Transmisi Matic
Oli Mesin butuh 4,5L (karena sekalian ganti filter, klo ga ganti filter cuma 4L), dan berhubung ada promo beli 3 gratis 1 untuk merek Gulf 5w-30 (masih nyisa 1L waktu terakhir ganti Oli di Gogon yang cuma butuh 3L), jadi beli lagi oli yang sama dengan harga 139rb/Liter, dan dengan filter oli seharga 42rb, total jadi 459rb
Sedangkan untuk oli transmisi, total pemakaian untuk kuras adalah 8L, menggunakan Oli TOP1 ATF SP-IV (sempet bingung si Tucson sebenernya butuh SP-III atau SP-IV, akhirnya memutuskan pake spek yang lebih bagus aja which is SP-IV) seharga 110rb/Liter, ditambah sama ongkos kuras di TODA seharga 75rb, totalnya jadi 955rb.
Total Rp 1.414.000,- untuk jajan pertama
Next ganti Ban, masih bimbang antara Dunlop, Accelera, Atau achilles.. any advice? (mempertimbangkan 3 itu karena harganya yang cukup sesuai dengan kantong)
Well, jajan pertama adalah Oli Mesin + Oli Transmisi Matic
Oli Mesin butuh 4,5L (karena sekalian ganti filter, klo ga ganti filter cuma 4L), dan berhubung ada promo beli 3 gratis 1 untuk merek Gulf 5w-30 (masih nyisa 1L waktu terakhir ganti Oli di Gogon yang cuma butuh 3L), jadi beli lagi oli yang sama dengan harga 139rb/Liter, dan dengan filter oli seharga 42rb, total jadi 459rb
Sedangkan untuk oli transmisi, total pemakaian untuk kuras adalah 8L, menggunakan Oli TOP1 ATF SP-IV (sempet bingung si Tucson sebenernya butuh SP-III atau SP-IV, akhirnya memutuskan pake spek yang lebih bagus aja which is SP-IV) seharga 110rb/Liter, ditambah sama ongkos kuras di TODA seharga 75rb, totalnya jadi 955rb.
Total Rp 1.414.000,- untuk jajan pertama
Next ganti Ban, masih bimbang antara Dunlop, Accelera, Atau achilles.. any advice? (mempertimbangkan 3 itu karena harganya yang cukup sesuai dengan kantong)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Congrats om untuk mobil barunya..
Yang lama memang ada masalah dengan solenoid AC, partsnya murah sekitar 100 apa 200rb koq. Diganti pasti langsung jadi dingin. Dulu mobil kantor bokap 3 tahun bermasalah sama bahkan sampe ga dingin jd dulu sempet ngegym di mobil.. hehehe..
Untuk oli matic, next mungkin beli Total MVLV om, saya pakai itu di sorento. Maklum kalau Top 1 agak gimana gitu.. hehehe..
Oli mesin gulf rekomen, atau 5w30 apapun juga boleh.
Mungkin next boleh coba di tune up tuh, atau carbon clean plus oil flush. Jangan lupa ganti air radiator, minyak rem karena bagaimanapun uda 6 tahun. Air radiator beli hyundai punya aja, 60rb per L tapi concentrated 100%(campur air ratio 30:70 atau 40:60). Lebih bagus dari air radiator premixed kebanyakan.
Kalau suara mesin mau makin nagih, catalytic di jebol aja om. Dulu mobil kantor bokap ane korek. Suaranya kaya mobil balap kalau di tarik. Kalau idle suaranya agak kaya remus. Hehehe.. makin kenceng pula hempasannya.
Ban jangan beli yang terlalu murah om, gripnya kurang plus suka gampang pecah pecah/retak retak. Tapi untuk ban murah yang ga serasa murahan ya hankook. Awet saya pakai di ertiga.
Thanks
Yang lama memang ada masalah dengan solenoid AC, partsnya murah sekitar 100 apa 200rb koq. Diganti pasti langsung jadi dingin. Dulu mobil kantor bokap 3 tahun bermasalah sama bahkan sampe ga dingin jd dulu sempet ngegym di mobil.. hehehe..
Untuk oli matic, next mungkin beli Total MVLV om, saya pakai itu di sorento. Maklum kalau Top 1 agak gimana gitu.. hehehe..
Oli mesin gulf rekomen, atau 5w30 apapun juga boleh.
Mungkin next boleh coba di tune up tuh, atau carbon clean plus oil flush. Jangan lupa ganti air radiator, minyak rem karena bagaimanapun uda 6 tahun. Air radiator beli hyundai punya aja, 60rb per L tapi concentrated 100%(campur air ratio 30:70 atau 40:60). Lebih bagus dari air radiator premixed kebanyakan.
Kalau suara mesin mau makin nagih, catalytic di jebol aja om. Dulu mobil kantor bokap ane korek. Suaranya kaya mobil balap kalau di tarik. Kalau idle suaranya agak kaya remus. Hehehe.. makin kenceng pula hempasannya.
Ban jangan beli yang terlalu murah om, gripnya kurang plus suka gampang pecah pecah/retak retak. Tapi untuk ban murah yang ga serasa murahan ya hankook. Awet saya pakai di ertiga.
Thanks
Last edited by vp920b on Sat Jul 28, 2018 15:25, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5852
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Nais ripiu om.
Lumayan jg ya untuk mobil harga 130 jeti.
Kalo ane saranin ban ambil Hankook aja om, hatga ga beda jauh sama duo lokal tapi orang2 bilang ngmg lumayan.
Lumayan jg ya untuk mobil harga 130 jeti.
Kalo ane saranin ban ambil Hankook aja om, hatga ga beda jauh sama duo lokal tapi orang2 bilang ngmg lumayan.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Thanks Om.. Congrats jg om utk Tucson diesel-nyavp920b wrote: βSat Jul 28, 2018 15:19 Congrats om untuk mobil barunya..
Yang lama memang ada masalah dengan solenoid AC, partsnya murah sekitar 100 apa 200rb koq. Diganti pasti langsung jadi dingin. Dulu mobil kantor bokap 3 tahun bermasalah sama bahkan sampe ga dingin jd dulu sempet ngegym di mobil.. hehehe..
Untuk oli matic, next mungkin beli Total MVLV om, saya pakai itu di sorento. Maklum kalau Top 1 agak gimana gitu.. hehehe..
Oli mesin gulf rekomen, atau 5w30 apapun juga boleh.
Mungkin next boleh coba di tune up tuh, atau carbon clean plus oil flush. Jangan lupa ganti air radiator, minyak rem karena bagaimanapun uda 6 tahun. Air radiator beli hyundai punya aja, 60rb per L tapi concentrated 100%(campur air ratio 30:70 atau 40:60). Lebih bagus dari air radiator premixed kebanyakan.
Kalau suara mesin mau makin nagih, catalytic di jebol aja om. Dulu mobil kantor bokap ane korek. Suaranya kaya mobil balap kalau di tarik. Kalau idle suaranya agak kaya remus. Hehehe.. makin kenceng pula hempasannya.
Ban jangan beli yang terlalu murah om, gripnya kurang plus suka gampang pecah pecah/retak retak. Tapi untuk ban murah yang ga serasa murahan ya hankook. Awet saya pakai di ertiga.
Thanks
Ini sih sbnrnya ga sampe keringetan.. cm kurang sejuk aja berasanya..
Kebetulan td di TODA cideng cm avail antara TOP1 sama 2 merek lain yg saya lupa apa.. dan beda harganya cukup lumayan.. hehe..
Tapi kata si Bosnya sih TOP1 not bad ya.. jd go for it deh..
Nahh fluida lainnya yg jujur agak kelupaan.. next homework deh..
Oh iya.. sempet disaranin hankook jg sih sama temen.. better itu ya drpd alternatif diatas?
Klo utk exhaust kyknya udah cukup deh, lebih males denger bini komplen soalnya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Thanks Om..
Pasaran sih 130 om.. tp saya tebus less than that..
2 for hankook.. sepertinya harus mulai hunting.. thx for the advie Om..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Mon May 12, 2008 2:07
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
good review om, btw mesin ini sm dengan mesin tucson yg generasi trahir kan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Mantapp om , semoga awet Tucson nya , kalo model ntah Kenapa saya lebih suka saudaranya dari kia , euro look banget
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Wed Mar 14, 2018 4:43
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Honda Beat
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Waah murah bgt itu oom di bawah honda jazz rs ge 8 manual ato matic nik 2012 yg second nya msh aja mahal..selamat om smg awet trs mobilnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Memantau perkembangan ahahahaha
Nice post, bro TS. Jadi ada gambaran..
Ban? Selama Masi ada Savero SUV, saya saranin Savero SUV..
Ukuran 225/65 atau 215/60 ya?
Nice post, bro TS. Jadi ada gambaran..
Ban? Selama Masi ada Savero SUV, saya saranin Savero SUV..
Ukuran 225/65 atau 215/60 ya?
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016
two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016
two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4728
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Congrats om buat mobil barunya. Tucson ini memang desainnya bagus, cuma fitur & RV nya ga sebanyak merek jepang di kelasnya. Btw, worth jg harga sekennya wkwkwk.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Thanks Om.. Amiin..grandis_GT wrote: βSun Jul 29, 2018 4:59 Mantapp om , semoga awet Tucson nya , kalo model ntah Kenapa saya lebih suka saudaranya dari kia , euro look banget
Yepp, Sportage memang lebih euro look..
Basicnya masih sama sih Om.. tapi di gen terakhir banyak perubahan, jadi bisa dibilang mesinnya beda..
Jauh dibawahnya Om..
Ipar ada yg punya RS A/T 2012, klo dibandingin sama tucson yg saya ambil sih beda banget reliability-nya..
Di RS tersebut power window front passenger side sudah modar.. dashboard sudah banyak bunyi, steering wheel sudah terkelupas sana sini, kaki - kaki bunyi parah, tombol A/C rusak, walaupun mesinnya masih enak banget (pdhl perawatan se-ada-nya)
Jangan dipantau aja Om.. mulai cari unit seken-nya lahh.. hehe
Savero itu GT Radial ya?
klo liat spare wheel sih ban-nya hankook.. trus banyak dapet saran hankook juga..
Thanks Om.. Tapi fiturnya banyak bertambah klo dibanding Gogon R saya om..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
GT Radial Savero SUV om.
Untuk ukuran 18 inch sih seban cuma 1juta per biji.
Kalau 16-17 inch harusnya murah, sekitar 700rban kayanya per ban.
Hankook mesti cek cek dulu, atau saya PM ya nomer toko ban Hankook, dia jualan bannya ajah..
Untuk ukuran 18 inch sih seban cuma 1juta per biji.
Kalau 16-17 inch harusnya murah, sekitar 700rban kayanya per ban.
Hankook mesti cek cek dulu, atau saya PM ya nomer toko ban Hankook, dia jualan bannya ajah..
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Nambah lg pengguna korea-an disini... kayaknya ane dan om vp920b sukses menebar ratjoen dimarih ...
Semoga memuaskan tucson nya oom... saya jg puas pake kakaknya meskipun dah high mileage gak ngerepotin banget bwt bikin bagus lg reliability yang baik dan harga bekas nyungsep bikin korea-an jd menarik buat yang gak rela beli mobil kosongan harga mahal...
tp siap-siap aja klo jemput orang awam bakal susah jelasin mobil apa... ane aja kadang harus menerka-nerka orang ini ngerti gak yang namanya hyundai santafe kayak apa...
Semoga memuaskan tucson nya oom... saya jg puas pake kakaknya meskipun dah high mileage gak ngerepotin banget bwt bikin bagus lg reliability yang baik dan harga bekas nyungsep bikin korea-an jd menarik buat yang gak rela beli mobil kosongan harga mahal...
tp siap-siap aja klo jemput orang awam bakal susah jelasin mobil apa... ane aja kadang harus menerka-nerka orang ini ngerti gak yang namanya hyundai santafe kayak apa...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2003
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Ban ukuran brp?satria120s wrote:Oh iya, Om Vulvy sempet nanyain soal Damage Cost
Well, jajan pertama adalah Oli Mesin + Oli Transmisi Matic
Oli Mesin butuh 4,5L (karena sekalian ganti filter, klo ga ganti filter cuma 4L), dan berhubung ada promo beli 3 gratis 1 untuk merek Gulf 5w-30 (masih nyisa 1L waktu terakhir ganti Oli di Gogon yang cuma butuh 3L), jadi beli lagi oli yang sama dengan harga 139rb/Liter, dan dengan filter oli seharga 42rb, total jadi 459rb
Sedangkan untuk oli transmisi, total pemakaian untuk kuras adalah 8L, menggunakan Oli TOP1 ATF SP-IV (sempet bingung si Tucson sebenernya butuh SP-III atau SP-IV, akhirnya memutuskan pake spek yang lebih bagus aja which is SP-IV) seharga 110rb/Liter, ditambah sama ongkos kuras di TODA seharga 75rb, totalnya jadi 955rb.
Total Rp 1.414.000,- untuk jajan pertama
Next ganti Ban, masih bimbang antara Dunlop, Accelera, Atau achilles.. any advice? (mempertimbangkan 3 itu karena harganya yang cukup sesuai dengan kantong)
Kalo ukuran crv (225/65 r17), bs dueler jg bisa om, 900 seban, gaada yg spesial sih tp awet pake bgt. Hankook lbh murah 50rban per ban setau saya
Ban suv beda harga antara merk lokal ama merk established gabeda jauh kok, kcuali michelin mahal sendiri biasanya. Malah kdg gt radial atau bahkan accelera lbh mahal
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Apr 27, 2017 6:48
- Location: Jakarta
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Buat Tucson GLS saya ganti ban Feb tahun 2017 ke Falken Ziex dari sebelumnya bawaan pakai Kumho.
ganti 44 nya dapat harga 950rb/pcs di Auto W''ld, bandung. produksi Des 2016.
Grip/daya cengkram sangat bagus dibandingkan Kumho dan cukup silent., terutama sering bolak balik tol cipularang (cuaca panas & hujan).
Mungkin bisa jadi pertimbangan.
ganti 44 nya dapat harga 950rb/pcs di Auto W''ld, bandung. produksi Des 2016.
Grip/daya cengkram sangat bagus dibandingkan Kumho dan cukup silent., terutama sering bolak balik tol cipularang (cuaca panas & hujan).
Mungkin bisa jadi pertimbangan.
satria120s wrote: βSat Jul 28, 2018 15:44Thanks Om..
Pasaran sih 130 om.. tp saya tebus less than that..
2 for hankook.. sepertinya harus mulai hunting.. thx for the advie Om..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
So Far So Good om.. ga ada yang bisa saya keluhkan dari mobil ini..ChZ wrote: βThu Aug 02, 2018 7:56 Nambah lg pengguna korea-an disini... kayaknya ane dan om vp920b sukses menebar ratjoen dimarih ...
Semoga memuaskan tucson nya oom... saya jg puas pake kakaknya meskipun dah high mileage gak ngerepotin banget bwt bikin bagus lg reliability yang baik dan harga bekas nyungsep bikin korea-an jd menarik buat yang gak rela beli mobil kosongan harga mahal...
tp siap-siap aja klo jemput orang awam bakal susah jelasin mobil apa... ane aja kadang harus menerka-nerka orang ini ngerti gak yang namanya hyundai santafe kayak apa...
yang menarik adalah saya lebih sering ketemu tucson lain di jalan daripada gogonR lain dijalan, seriusan nih..
dan sekeliling saya sih rata2 kenal tucson ini yah, jd ga sesusah itu sih untuk menjelaskan hyundai tucson
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Sepertinya sih 225/60-R17 yah om..alvin23 wrote: βTue Aug 07, 2018 5:39Ban ukuran brp?satria120s wrote:Oh iya, Om Vulvy sempet nanyain soal Damage Cost
Well, jajan pertama adalah Oli Mesin + Oli Transmisi Matic
Oli Mesin butuh 4,5L (karena sekalian ganti filter, klo ga ganti filter cuma 4L), dan berhubung ada promo beli 3 gratis 1 untuk merek Gulf 5w-30 (masih nyisa 1L waktu terakhir ganti Oli di Gogon yang cuma butuh 3L), jadi beli lagi oli yang sama dengan harga 139rb/Liter, dan dengan filter oli seharga 42rb, total jadi 459rb
Sedangkan untuk oli transmisi, total pemakaian untuk kuras adalah 8L, menggunakan Oli TOP1 ATF SP-IV (sempet bingung si Tucson sebenernya butuh SP-III atau SP-IV, akhirnya memutuskan pake spek yang lebih bagus aja which is SP-IV) seharga 110rb/Liter, ditambah sama ongkos kuras di TODA seharga 75rb, totalnya jadi 955rb.
Total Rp 1.414.000,- untuk jajan pertama
Next ganti Ban, masih bimbang antara Dunlop, Accelera, Atau achilles.. any advice? (mempertimbangkan 3 itu karena harganya yang cukup sesuai dengan kantong)
Kalo ukuran crv (225/65 r17), bs dueler jg bisa om, 900 seban, gaada yg spesial sih tp awet pake bgt. Hankook lbh murah 50rban per ban setau saya
Ban suv beda harga antara merk lokal ama merk established gabeda jauh kok, kcuali michelin mahal sendiri biasanya. Malah kdg gt radial atau bahkan accelera lbh mahal
kyknya hankook best option ya?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sat Oct 23, 2010 3:05
- Location: Sepatan, Kalijati, Cikidang
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Mantap om satria,
Kebetulan saya juga lagi hunting.
Dah sreg yg thn 2012 juga warna putih ( malah dah DP ) besok tinggal TD dan bayar.
Semoga awet nih mobil.
Kebetulan saya juga lagi hunting.
Dah sreg yg thn 2012 juga warna putih ( malah dah DP ) besok tinggal TD dan bayar.
Semoga awet nih mobil.
Samba Silver Sangat Standart
BIC 1116 / B 8737 vz :big_deal:
BIC 1116 / B 8737 vz :big_deal:
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
Mau nanya om, kalo air coolant hyundai bs dipake di ertiga ndak ya om? Apa ada usulan merk coolant lain?vp920b wrote: βSat Jul 28, 2018 15:19 =cut=
Mungkin next boleh coba di tune up tuh, atau carbon clean plus oil flush. Jangan lupa ganti air radiator, minyak rem karena bagaimanapun uda 6 tahun. Air radiator beli hyundai punya aja, 60rb per L tapi concentrated 100%(campur air ratio 30:70 atau 40:60). Lebih bagus dari air radiator premixed kebanyakan.
Thanks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 804
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
pajak tahunannya di stnk tertera brp om?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Tue Oct 30, 2018 9:44
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
4 jt An BosKaleng wrote:pajak tahunannya di stnk tertera brp om?
info Hyundai diskon 0852.1833.xxxx
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4334
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Hyundai New Tucson GLS A/T 2012 - 2 Week Old Review
caem reviewnya om,
ane pemakai Kia Rio Pride JB 2010 dpt 2nd juga.
AC nih mobil juga lagi berulah, kalo ngambek otomatis off nya lama banget untuk ON lagi,
butuh di switch off dan on manual dulu, atau di High Rev.
ane pemakai Kia Rio Pride JB 2010 dpt 2nd juga.
AC nih mobil juga lagi berulah, kalo ngambek otomatis off nya lama banget untuk ON lagi,
butuh di switch off dan on manual dulu, atau di High Rev.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223